1. TOP
  2. >
  3. Interior & furnitur
  4. >
  5. Dekorasi ruangan
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Kaktus Hias Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Kaktus Hias Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Kaktus Hias Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Kaktus Hias Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Kaktus Hias Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Kaktus Hias Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Kaktus Hias Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Kaktus hias merupakan tanaman cantik yang digunakan untuk menambah nilai estetika dalam ruangan. Aneka macam bentuknya yang khas membuat banyak orang tergiur memiliki tanaman ini. Bila Anda senang mengoleksi atau baru tertarik dengan kaktus hias, jangan lewatkan artikel ini. 


Kami akan membantu Anda menemukan kaktus hias yang bagus. Selain itu, berbagai merek kaktus hias terbaik seperti Aonez juga akan kami ulas. Anda dapat dengan mudah membeli produk kaktus hias tersebut melalui online shop, seperti Shopee, Lazada, atau Bukalapak. Happy shopping!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Manfaat kaktus hias

Manfaat kaktus hias

Tidak hanya sekadar untuk dekorasi, kaktus hias ternyata memiliki banyak manfaat, lho! Berikut ini, kami akan menjabarkannya untuk Anda.


  • Membuat udara menjadi lebih bersih 

Seperti tumbuhan pada umumnya, kaktus juga memerlukan proses fotosintesis. Nah, guna melakukan proses tersebut kaktus akan menyerap karbondioksida. Kemudian, kaktus akan menghasilkan oksigen sehingga udara menjadi lebih segar.


  • Menumpas bakteri dan polutan

Duri yang terdapat pada kaktus diklaim mampu menjerat debu dalam ruangan. Selain itu, kaktus juga dapat menghilangkan bakteri atau polutan yang mengganggu. 


  • Membuat Anda menjadi lebih fokus dan relaks

Untuk Anda yang membutuhkan fokus yang tinggi dalam bekerja, menjadikan kaktus sebagai hiasan di meja adalah langkah yang tepat. Pasalnya, bentuk kaktus yang menawan dan warnanya yang natural dapat membuat Anda lebih tenang. Hasilnya, produktivitas Anda pun kian meningkat.

Cara memilih kaktus hias

Setelah mengetahui manfaatnya, sekarang kami akan memberikan tips memilih kaktus hias terbaik. Agar tak salah membeli, ketahui poin penting yang harus Anda perhatikan saat memilih kaktus hias.

① Pilih berdasarkan jenisnya

Kaktus hias memiliki banyak sekali jenis. Namun, kami hanya akan membahas beberapa varian yang paling banyak diminati. Simak penjelasan kami di bawah ini, ya. 

Echeveria: Kelopaknya berbentuk seperti teratai

Echeveria: Kelopaknya berbentuk seperti teratai

Memiliki bentuk seperti bunga teratai merupakan ciri khas dari kaktus hias Echeveria. Tidak hanya itu, kaktus ini juga memiliki banyak pilihan warna, seperti hijau, pink, merah, dan sebagainya. Hal tersebutlah yang membuat banyak pencinta kaktus suka mengoleksi kaktus jenis ini.

Centong: oval dan imut

Centong: oval dan imut

Sesuai dengan namanya, kaktus hias ini memiliki bentuk seperti centong nasi. Pada permukaan kaktus centong terdapat duri-duri kecil yang membuatnya tampak kian artistik. Kaktus hias dengan nama latin Opuntia cochenillifera ini biasanya memiliki bunga berwarna kemerahan.

Echinocactus Grusonii: Memiliki duri emas pada bagian ujungnya

Echinocactus Grusonii: Memiliki duri emas pada bagian ujungnya

Echinocactus grusonii atau juga dikenal dengan nama golden barrel adalah kaktus yang berasal dari Meksiko. Kaktus ini mempunyai bentuk bulat dengan duri berwarna kuning keemasan pada permukaannya. Bila dirawat dengan benar, kaktus hias yang terbilang langka ini dapat tumbuh hingga 1 meter, lho

Cephalocereus senilis: Terdapat bulu halus yang menutupi permukaannya

Cephalocereus senilis: Terdapat bulu halus yang menutupi permukaannya

Kaktus Cephalocereus senilis terdiri dari satu batang saja alias tidak memiliki cabang. Kaktus hias ini tertutupi oleh bulu panjang berwarna putih yang dapat tumbuh sepanjang 12 cm. Karena bulunya terlihat seperti rambut putih, tanaman ini disebut juga dengan nama kaktus orang tua

Haworthia attenuata: Ada duri kecil pada bagian ujung batangnya

Haworthia attenuata: Ada duri kecil pada bagian ujung batangnya

Haworthia attenuata atau memiliki nama lain zebra haworthia adalah kaktus hias yang berasal dari Afrika Selatan. Tanaman ini memiliki daun meruncing seperti lidah buaya dengan aksen garis-garis putih pada kedua sisinya. Diameter dari kaktus ini berkisar antara 6 cm hingga 12 cm. Kaktus hias ini biasanya berbunga pada bulan November dan Desember. 

Kaktus artifisial: Warnanya terlihat lebih cerah

Kaktus artifisial: Warnanya terlihat lebih cerah

Nah, selain kaktus hidup yang kami jelaskan di atas, ada juga kaktus artifisial. Kaktus ini biasanya dibuat dari bahan plastik atau lateks. Karena kaktus hias ini diwarnai tidak secara alami, pigmen warnanya cenderung lebih cerah. 


Bila Anda ingin memiliki kaktus hias, tetapi tak ingin ribet merawatnya, memilih kaktus artifisal adalah langkah yang tepat. Anda hanya perlu membersihkan kaktus artifisial sesekali saat kaktus mulai berdebu atau kotor

② Periksa ada pot atau tidak

Periksa ada pot atau tidak

Kebanyakan seller menjual kaktus hias hanya bare root alias tanaman saja. Hal tersebut dikarenakan bobot pot yang agak berat sehingga akan memengaruhi ongkos kirimnya. Selain itu, kaktus hias biasanya memerlukan packing dacron dan bahan lainnya agar tanaman tidak rusak saat di kirim. 


Akan tetapi, ada juga seller yang menawarkan kaktus hias sekaligus potnya. Jika begitu, Anda hanya tinggal membeli media tanamnya saja. Pastikanlah ada tidaknya pot dalam setiap paket pembelian. Setelah itu, Anda dapat menyiapkan semua keperluan yang dibutuhkan sembari menanti kaktus hias Anda tiba. 

③ Perhatikan ukurannya

Perhatikan ukurannya

Kaktus hias memiliki ukuran yang variatif. Kaktus hias kecil yang biasanya dipakai untuk hiasan meja, berukuran sekitar 5 cm hingga 10 cm. Kemudian, kaktus hias sedang memiliki diameter kurang lebih 10 cm hingga 15 cm. 


Untuk kaktus hias besar, Anda dapat menemukan produk yang ukurannya berkisar antara 50 cm hingga 60 cm. Dengan memeriksa ukurannya, Anda dapat membayangkan kesesuaian posisi kaktus hias tersebut dengan tempat yang akan Anda dekor. 

10 Rekomendasi kaktus hias terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kaktus hias terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Kaktus Hias Hidup Aneka Warna

 Kaktus Hias Hidup Aneka Warna 1枚目

Banyak pilihan warna dan motif, lho!

2

Aonez

Tanaman Kaktus Hias Artifisial Dengan Pot Keramik

Aonez  Tanaman Kaktus Hias Artifisial Dengan Pot Keramik 1枚目

Termasuk pasir dan pot, siap dipajang

3

Kunataruma

Kaktus Artificial

Kunataruma  Kaktus Artificial 1枚目

Lengkap dengan aksen duri buatan, keren!

4

Kaktus Centong Ukuran Remaja

 Kaktus Centong Ukuran Remaja 1枚目

Fleksibel untuk beragam dekorasi

5

Tanaman Kaktus Koboi Belimbing

 Tanaman Kaktus Koboi Belimbing 1枚目

Kaktus polos, hiasan klasik nan sederhana

6

Kaktus Artifisial Pot Batu

 Kaktus Artifisial Pot Batu 1枚目

Makin natural berkat pot motif batu

7

Tanaman Hias Kaktus Golden Barrel

 Tanaman Hias Kaktus Golden Barrel 1枚目

Sempurna untuk Anda yang hobi merawat kaktus

8

Kaktus Hias Grafting Gymno Impor Empat Warna

 Kaktus Hias Grafting Gymno Impor Empat Warna 1枚目

Sekaligus dapat empat warna, lho!

9

Succulent Haworthia Attenuata

 Succulent Haworthia Attenuata 1枚目

Mulai dari bibit hingga rimbun, semuanya tersedia

10

Kaktus Old Man

 Kaktus Old Man 1枚目

Tonjolkan nuansa shabby chic dengan kaktus putih

Perincian produk
Close
No.1

Kaktus Hias Hidup Aneka Warna

Mulai dari Rp3.000,00

Banyak pilihan warna dan motif, lho!

Produk ini kami hadirkan untuk Anda yang suka mengoleksi tanaman hias sukulen beragam warna. Kaktus hias ini memiliki banyak sekali pilihan warna sehingga koleksi Anda dijamin makin lengkap. Mulai dari warna hijau, merah, biru, hingga kuning, semuanya ada. 


Tidak hanya itu, bentuk kelopaknya juga sangat variatif. Lantas, berapa harga kaktus hias kecil ini? Harga kaktus hias mini ini tidak terlalu mahal. Cukup dengan dana sekitar delapan ribu saja Anda dapat memilikinya. Tunggu apalagi? Segera checkout produk ini sebelum kehabisan!  

No.2

Aonez Tanaman Kaktus Hias Artifisial Dengan Pot Keramik

Mulai dari Rp50.000,00

Termasuk pasir dan pot, siap dipajang

Bila Anda ingin memelihara kaktus cantik, tapi tak ingin ribet membeli pot atau media tanam, produk ini solusinya. Pasalnya, kaktus hias ini dijual sepaket lengkap dengan pasir halus warna kuning dan pot monokrom. Terbuat dari plastik, kaktus hias ini dijamin tidak menimbulkan reaksi alergi apapun sehingga aman untuk Anda yang sensitif. Jadi, Anda bisa langsung memajang kaktus hias ini.

No.3

Kunataruma Kaktus Artificial

Mulai dari Rp52.900,00

Lengkap dengan aksen duri buatan, keren!

Kaktus hias artifisial buatan Kunataruma ini hadir dalam aneka bentuk yang artistik. Kerennya lagi, kaktus ini dibuat lengkap dengan durinya sehingga tampak sangat natural. Terbuat dari bahan lateks, kotoran tidak akan mudah menempel pada kaktus hias ini. Produk ini kami hadirkan untuk Anda yang mencari dekorasi kaktus hias menawan dengan perawatan mudah. 

No.4

Kaktus Centong Ukuran Remaja

Mulai dari Rp10.000,00

Fleksibel untuk beragam dekorasi

Berbentuk oval dengan daun kaktus yang mengelilingi, kaktus hias asli ini tampak imut. Untuk menonjolkan nuansa rustic, Anda dapat memakai media tanam berupa serabut kelapa. Sementara itu, untuk menghadirkan nuansa ceria, Anda dapat memberikan media tanam berupa batu warna-warni. Jika Anda sedang mencari kaktus hias untuk cafe, restoran, atau kantor Anda, produk ini dapat Anda andalkan. 

No.5

Tanaman Kaktus Koboi Belimbing

Mulai dari Rp40.000,00

Kaktus polos, hiasan klasik nan sederhana

Agar dapat tumbuh dengan subur, Anda perlu memupuk kaktus hias ini sebulan sekali. Modelnya yang klasik membuat kaktus ini terlihat vintage dan sederhana. Berukuran sekitar 60 cm, kaktus hias ini cocok digunakan sebagai hiasan di balkon atau teras rumah Anda.


Untuk Anda yang suka kaktus berdesain minimalis, jatuhkan pilihan Anda pada produk ini. Padukan dengan pot cokelat bermotif dan bebatuan warna putih agar kaktus hias Anda kian paripurna. 

No.6

Kaktus Artifisial Pot Batu

Mulai dari Rp30.000,00

Makin natural berkat pot motif batu

Bila pot kaktus hias pada umumnya berbentuk seperti ember, lain halnya dengan produk ini. Wadah kaktus hias buatan ini memiliki bentuk seperti batu yang dihiasi aksen rumput hijau di sela-selanya. 


Tidak hanya kaktus, tanaman sukulen ini juga memiliki beragam pilihan bunga yang estetik, lho! Hal tersebut membuatnya mampu menjadikan ruangan Anda makin cantik. Bagi Anda yang ingin menonjolkan kesan alami dalam ruangan, produk yang satu ini wajib dimiliki.

No.7

Tanaman Hias Kaktus Golden Barrel

Mulai dari Rp65.000,00

Sempurna untuk Anda yang hobi merawat kaktus

Produk ini kami hadirkan untuk Anda yang suka melakukan perawatan pada tanaman. Kaktus golden barrel ini perlu disiram air dua minggu sekali dan dijemur di bawah matahari seminggu sekali. 


Media tanam pada kaktus hias ini juga perlu diganti setidaknya setahun sekali. Anda pun perlu memakai komposisi media tanam yang tepat, seperti campuran sekam bakar, pasir malang, dan pupuk kandang. Dengan begitu, kaktus hias ini akan dapat tahan lama dan tumbuh dengan indah. 

No.8

Kaktus Hias Grafting Gymno Impor Empat Warna

Mulai dari Rp230.000,00

Sekaligus dapat empat warna, lho!

Ketika membeli produk ini, Anda akan mendapatkan empat buah kaktus beda warna sekaligus. Keempat warna tersebut adalah merah, kuning, pink, dan oranye. Kaktus Gymnocalycium impor ini adalah pilihan tepat bagi Anda yang menyukai kaktus berwarna mencolok.


Anda dapat memakai kaktus ini untuk hiasan di kamar rumah atau vila Anda. Dijamin ketika bangun di pagi hari Anda akan mendapat vibe yang menyenangkan. Mood yang baik akan membuat Anda mengawali hari dengan lebih menyenangkan, bukan?

No.9

Succulent Haworthia Attenuata

Mulai dari Rp35.757,00

Mulai dari bibit hingga rimbun, semuanya tersedia

Anda kesusahan menemukan kaktus hias yang ukurannya pas dengan ruangan Anda? Jika ya, produk ini adalah jawabannya. Kaktus hias ini hadir dalam beragam ukuran, mulai dari ukuran mini ±5 cm hingga paling besar 25 cm. Jadi, Anda dapat lebih mudah memilih size sesuai kebutuhan. 


Perlu Anda ketahui, terlalu lama terkena sinar matahari dapat membuat daun kaktus hias ini berubah menjadi putih atau kuning. Oleh sebab itu, Anda hanya perlu menjemur produk ini satu hingga dua minggu sekali. 

No.10

Tonjolkan nuansa shabby chic dengan kaktus putih

Sekilas dilihat, kaktus hias ini tampak menggemaskan karena seperti tertutup salju warna putih. Namun demikian, bulu putih tersebut berguna juga untuk melindungi tanaman hias ini dari matahari. 


Bila Anda suka dengan dekorasi ala Santorini atau shabby chic, lengkapilah interior Anda dengan kaktus hias warna putih ini. Anda dapat memberikan media tanam berupa batuan warna putih dan menempatkannya pada pot warna hitam agar tampak kian cantik. 

Baca juga rekomendasi dekorasi tanaman hias lainnya di sini

Kesimpulan

Kaktus hias tidak hanya berfungsi untuk memperindah ruangan saja, melainkan juga memiliki banyak fungsi. Membuat udara menjadi bersih dan segar adalah salah satu contohnya. Selain itu, bentuknya yang lucu pasti akan membuat Anda senang melihatnya. 


Jangan lupa juga untuk memeriksa ukurannya agar kaktus hias yang Anda beli tidak terlalu besar atau malah kekecilan. Akhir kata, semoga artikel ini berguna bagi Anda yang sedang mencari kaktus hias.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer