• 9 Pintu Terbaik untuk Rumah - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 9 Pintu Terbaik untuk Rumah - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 9 Pintu Terbaik untuk Rumah - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 9 Pintu Terbaik untuk Rumah - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 9 Pintu Terbaik untuk Rumah - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022) 5

9 Pintu Terbaik untuk Rumah - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)

Jika Anda berencana membangun atau merenovasi rumah, Anda wajib baca artikel ini hingga tuntas! Di artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips memilih pintu untuk rumah kepada Anda. Ada juga rekomendasi produk pintu untuk rumah dari berbagai merek, seperti AlphamaxFORTRESS, atau Platindo.


Anda bisa memilih pintu berdasarkan modelnya, mulai dari pintu rumah single, 2 pintu, hingga pintu sliding. Anda juga bisa mempertimbangkan desainnya, baik pintu rumah mewah, minimalis, maupun yang unik sekalipun. Artikel ini sudah ditinjau oleh arsitek kami, Endi Burhan. Jadi, simak terus artikel ini untuk informasi selengkapnya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Endi Burhan
  • Pembaharuan terakhir: 30 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Arsitek, Endi Burhan

Profil pakar: Arsitek, Endi Burhan
Endi Burhan
Arsitek dan 3D architectural visualization artist
Endi Burhan

Burhan adalah seorang arsitek muda yang memiliki SKA aktif dengan kualifikasi Ahli Muda. Ia juga terdaftar sebagai anggota aktif Ikatan Arsitek Indonesia sejak 2016. Burhan menggeluti bidang kerja desain arsitektur, visualisasi arsitektur, dan desain interior sejak 2012.


Burhan memiliki berbagai pengalaman sebagai drafter arsitektur untuk beberapa perseroan dan proyek. Pada 2017, ia membentuk entitas desain dan architectural visualisation specialist bernama P.O.T. Studio sebagai arsitek dan 3D archviz artist. Anda bisa menyapa Burhan melalui Instagram, YouTube, ataupun akun Artstation-nya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih pintu untuk rumah

Sebelum Anda memutuskan membeli pintu untuk rumah, ada baiknya baca dahulu tips dari kami. Semoga tips-tips berikut dapat mengarahkan Anda untuk mendapatkan produk pintu yang tepat.

Pilih model pintu rumah berdasarkan penempatannya

Ada banyak model pintu untuk rumah yang bisa Anda temukan di pasaran. Kami mencoba untuk membaginya dalam tiga kelompok dengan mempertimbangkan penempatan yang cocok. Semoga Anda bisa lebih mudah menentukan model pintu yang pas untuk rumah Anda.

Pintu rumah 2 pintu, cocok untuk pintu depan

Pintu rumah 2 pintu, cocok untuk pintu depan

Pintu rumah dengan dua daun pintu disebut juga dengan double door, pintu kupu-kupu atau pintu tarung. Pintu jenis ini memiliki dua daun pintu di kiri dan kanan sehingga bukaannya berada di tengah.


Pintu ini banyak dipilih oleh penghuni yang membutuhkan bukaan dinding yang besar untuk memasukkan furniture atau kebutuhan spesifik lainnya. Selain itu, double door juga dianggap lebih aman saat terjadi keadaan darurat.


Jika hanya digunakan untuk orang keluar atau masuk, cukup membuka salah satu sisi pintu. Namun, saat hendak memasukkan barang yang besar, Anda bisa membuka kedua sisi pintu. Meski bisa diletakkan di mana saja, pintu jenis ini lebih lazim dipakai untuk pintu depan. Pintu ini bisa memberikan kesan modern, megah, dan mewah.


Bila hendak memilih pintu model ini, pilihlah pintu dengan dimensi 150 cm × 200 cm. Ukuran ini telah memenuhi kriteria keamanan dan kenyamanan yang disyaratkan oleh dinas PU (SNI 03-0675-1989)

Pintu rumah single, pas untuk pintu kamar

Pintu rumah single, pas untuk pintu kamar

Pintu rumah single memiliki satu daun pintu saja. Jenis pintu ini paling banyak digunakan, baik untuk pintu depan, pintu kamar, maupun pintu kamar mandi. Khusus untuk pintu rumah single ini, Anda harus memastikan arah bukaan pintu yang cocok dengan ruangan Anda


Pintu ini memiliki dua pilihan arah bukaan, yakni bukaan kanan dan bukaan kiri. Semua produk pintu single di pasaran dipastikan menyediakan kedua jenis bukaan tersebut. Biasanya, arah bukaan pintu single mengikuti siku dinding ruangan.


Jika Anda memilih pintu model ini, pilihlah pintu dimensi minimal 80 cm × 200 cm. Ukuran ini memenuhi kriteria keamanan dan kenyamanan yang disyaratkan oleh Dinas PU (SNI 03-0675-1989).

Pintu rumah sliding, ideal untuk rumah minimalis

Pintu rumah sliding, ideal untuk rumah minimalis

Bila rumah Anda memiliki ruangan yang tidak terlalu luas dan minimalis, pintu rumah sliding adalah pilihan terbaik. Kelebihan utama jenis pintu ini adalah bisa menghemat tempat


Akan tetapi, pintu sliding juga memiliki beberapa kekurangan. Pintu ini biasanya tidak bisa terlalu rapat dan masih memiliki celah saat kondisi tertutup. Hal itu membuat serangga atau hewan kecil lain bisa masuk ke ruangan dengan mudah.


Dimensi sliding door secara  umum menyesuaikan dengan dimensi pintu biasa baik double maupun single door. Sebelum memasang sliding door, pastikan Anda telah menyiapkan ruang bebas minimal sama dengan lebar daun pintunya.


Pemasangan pintu jenis ini pun terbilang agak rumit serta mudah rusak dan macet di bagian relnya. Untuk itu, saat memilih pintu sliding, pastikan produk yang dipilih berkualitas bagus dan lakukanlah perawatan dengan baik.

Pertimbangkan material pintu yang dipakai

Berikutnya, Anda perlu memperhatikan material yang dipakai. Dengan mengetahui materialnya, Anda dapat mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan pintu yang akan Anda pilih.

Material kayu: Menciptakan nuansa klasik dan alami

Material kayu: Menciptakan nuansa klasik dan alami

Kayu jadi material paling banyak dan umum digunakan untuk pembuatan pintu hingga saat ini. Selain kokoh, pintu berbahan kayu juga mudah dibentuk dan cocok digunakan untuk segala jenis rumah.


Jika Anda suka nuansa klasik dan natural, memilih pintu berbahan kayu sangatlah tepat. Akan tetapi, Anda perlu memilih jenis dan kualitas bahan kayu yang bagus. Bila tidak, pintu berbahan kayu akan mudah berjamur, lapuk, atau bahkan dimakan rayap.


Jenis kayu yang sering dipakai untuk bahan pintu adalah kayu jati, mahoni, meranti, dan lainnya. Pintu berbahan kayu biasanya diproduksi oleh pengrajin tradisional sehingga mudah dijumpai dan lebih flexible dari segi harga. Hal itu juga yang mungkin membuat pintu berbahan kayu agak sulit ditemukan di e-commerce.


Selain kayu solid, saat ini juga banyak tersedia pintu berbahan kayu olahan, seperti teakwood, blockboard, dan papan MDF. Di dalam pengerjaan proyek rumah, pemesanan pintu ini biasanya dilaksanakan di awal sehingga progresnya tetap on schedule. Disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan pengrajin dan arsitek rumah Anda untuk menyesuaikan bahan dan desain yang diinginkan.

Material baja: Modern dan tahan terhadap cuaca

Material baja: Modern dan tahan terhadap cuaca

Bahan baja bisa jadi pilihan alternatif selain kayu. Saat ini ada banyak produsen pintu yang menggunakan bahan ini sehingga produknya pun cukup mudah untuk Anda temukan. Bahan baja banyak dipakai pada bangunan publik atau area tempat tinggal yang membutuhkan bahan yang lebih kuat dari kayu.


Selain kuat, baja juga tahan terhadap cuaca, api, dan rayap. Bahan baja juga lebih mudah untuk dibersihkan ketimbang kayu. Desain dan modelnya pun terlihat lebih modern.


Material baja kerap dikombinasikan dengan material kaca untuk mendapatkan kesan yang lebih soft secara visual. Selain itu, baja juga bisa dipadukan dengan material kayu seperti pada rumah atau bangunan berkonsep barnyard atau redu house.


Lebih dari itu, pintu baja biasanya juga dilengkapi karton yang di-press. Fungsinya adalah sebagai peredam suara dan sebagai penahan agar tidak mudah penyok.

Material kaca: Buat kesan ruangan lebih bersih, luas, dan terang

Material kaca: Buat kesan ruangan lebih bersih, luas, dan terang

Material kaca bisa Anda pilih jika ingin mendapatkan penerangan alami dari luar. Selain membuat ruangan lebih terang, material kaca juga menciptakan kesan ruangan yang lebih luas dan bersih. Anda juga jadi lebih hemat listrik dengan penggunaan lampu yang berkurang.


Untuk pemilihan materialnya, pilihlah kaca dengan tebal minimal 5mm. Jika memungkinkan, gunakan kaca tempered maupun laminate agar mendapatkan ketahanan yang baik dan masa pakai yang maksimal.


Penggunaan material kaca mungkin juga mengurangi tingkat privasi Anda. Untuk itu, Anda bisa menyiasatinya dengan memilih kaca buram. Opsi lainnya adalah dengan menambahkan gorden lace agar bagian dalam rumah tidak terlihat jelas, tetapi tidak menghalangi cahaya matahari.

Material aluminium: Ringan dan mudah dipasang

Material aluminium: Ringan dan mudah dipasang

Bobot yang ringan dan penempatan yang fleksibel jadi kelebihan utama material ini. Oleh karena itu, bila Anda butuh pintu di lantai atas, pintu ini akan lebih mudah dipasang. Material alumunium sering dipilih untuk mensiasati harga pintu berbahan baja yang mahal.


Dengan tingkat kekuatan yang hampir sama, pintu dan kusen aluminium sering menjadi pilihan karena kuat, dan tahan cuaca. Selain itu, material aluminium juga cukup tahan terhadap air sehingga cocok juga dijadikan pintu kamar mandi.


Warna aluminium aslinya pun sudah modern, yakni seperti chrome. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi mewarnainya dengan cat.

Material PVC: Tahan lembap dan banyak warna menarik

Material PVC: Tahan lembap dan banyak warna menarik

Pintu dengan material PVC (Polyvinyl Chloride) mungkin biasa Anda temukan di kamar mandi. Pintu ini memang tidak kokoh jika dipakai untuk pintu utama. Namun, material PVC banyak dipilih sebagai alternatif dari material aluminium dan baja.


PVC punya sifat yang tahan air, cuaca, kelembapan, dan memiliki bobot yang ringan, tetapi harganya lebih terjangkau untuk beberapa merek. Pintu PVC juga mudah dibersihkan. Hal itu membuat bahan ini sangat ideal bila dipakai untuk pintu kamar mandi. Umumnya pintu berbahan PVC juga memiliki berbagai warna dan corak yang menarik, lho!

Periksa ukuran pintu yang cocok

Periksa ukuran pintu yang cocok

Hal lain yang tidak kalah penting adalah memeriksa ukuran pintu yang dibutuhkan. Pintu utama depan tentu berbeda ukuran dengan pintu kamar atau pintu kamar mandi. Terlebih lagi, tiap produk pintu biasanya memiliki ukuran yang berbeda-beda.


Sebaiknya sesuaikan ukuran pintu dengan ukuran dan konsep rumah Anda agar lebih proporsional. Selain itu, jangan lupa pertimbangkan pula ukuran furniture yang akan Anda beli atau yang sudah Anda miliki. 


Untuk pintu utama single, standar ukurannya adalah 80 cm × 210 cm. Sementara itu, produk yang berdaun pintu dua sekitar 120 cm × 210 cm. Untuk pintu kamar, Anda bisa pilih ukuran 80 cm × 200 cm. Untuk pintu kamar mandi, umumnya berukuran mulai dari 40 cm × 180 cm.

Pintu rumah mewah, minimalis, atau yang unik? Pilih sesuai konsep rumah Anda

Pintu rumah mewah, minimalis, atau yang unik? Pilih sesuai konsep rumah Anda

Jangan lupa untuk mempertimbangkan desain pintu yang sesuai dengan konsep rumah Anda. Untuk mendapatkan kesan yang mewah dan elegan, Anda bisa pilih pintu tarung yang tinggi. Anda juga bisa mendapatkan kemewahan dari material pintu dan bentuk ukirannya. Coba saja lihat pintu ukir kayu jati. Mewah dan elegan, bukan?


Sementara itu, Anda juga bisa pilih desain yang unik agar tampak berbeda. Anda bisa mengadopsi gaya dari daerah atau negara lain, seperti pintu khas Bali atau pintu gaya Eropa. Dijamin, rumah Anda akan tampak berbeda dari yang lainnya. Namun, jika Anda suka gaya minimalis, silakan pilih pintu yang simpel, modern, dan fungsional.


Pemilihan material pintu akan sangat bergantung dengan konsep rumah Anda. Untuk hasil yang lebih memuaskan, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan tenaga ahli yang sudah dipilih dan percaya.

9 Rekomendasi pintu terbaik untuk rumah

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sembilan produk pintu terbaik untuk rumah yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sembilan produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Endi Burhan.

9

Tidy Pintu Aluminium Profile Brown 70X200Cm L

Mulai dari Rp 2.578.000,00

ModelPintu rumah single
MaterialAluminium
Ukuran70 cm x 200 cm
Arah bukaanKiri
8
ModelPintu rumah 2 pintu
MaterialPanel, kaca
Ukuran173 cm x 220 cm
Arah bukaanKanan, kiri
7

Pintu Utama Kupu dan Kusen Kayu jati

Mulai dari Rp 8.000.000,00

ModelPintu rumah 2 pintu
MaterialKayu jati
Ukuran(2 x 75 cm) x 240 cm
Arah bukaanTidak disebutkan
6

Knox Pintu Interior Dan Eksterior Eco Series Maple Polos 82X210Cm

Mulai dari Rp 1.050.000,00

ModelPintu rumah single
MaterialHMR board, melamine, kayu engineering
Ukuran82 cm x 210 cm
Arah bukaanTidak disebutkan
5
ModelPintu rumah single
MaterialWPC (wood plastic composite)
UkuranS (70 cm x 195 cm), M (80 cm x 205 cm), L (90 cm x 215 cm), XL (100 cm x 225 cm)
Arah bukaanSesuai request (custom)
4

Pintu Rumah Baja Motif Oval Bulat Minimalis

Mulai dari Rp 1.350.000,00

ModelPintu rumah single
MaterialBaja
Ukuran88 cm x 216 cm
Arah bukaanSesuai request
3
ModelPintu rumah single
MaterialBaja ringan
Ukuran80 cm x 205 cm
Arah bukaanTidak disebutkan
2

FORTRESS Pintu Baja Motif Kayu FULL SET

120.11

Mulai dari Rp 5.000.000,00

ModelPintu rumah 2 pintu
MaterialBaja
Ukuran120 cm x 210 cm
Arah bukaanKanan, kiri
1
ModelPintu rumah single
MaterialPVC, aluminium
Ukuran70 cm x 195 cm
Arah bukaanKanan, kiri

Tabel perbandingan produk pintu terbaik untuk rumah

Gambar produk
1
Alphamax  Boston Door H & V 1

Alphamax

2
FORTRESS  Pintu Baja Motif Kayu FULL SET 1

FORTRESS

3
Set Pintu Rangka Plat Baja  1

4
Pintu Rumah Baja Motif Oval Bulat Minimalis 1

5
Platindo Marina 1

Platindo

6
Knox  Pintu Interior Dan Eksterior Eco Series Maple Polos 82X210Cm 1

Knox

7
Pintu Utama Kupu dan Kusen Kayu jati 1

8
Alphamax Max 7A - KKT - DSSP 1

Alphamax

9
Tidy  Pintu Aluminium Profile Brown 70X200Cm L 1

Tidy

Nama produk

Boston Door H & V

Pintu Baja Motif Kayu FULL SET

Set Pintu Rangka Plat Baja

Pintu Rumah Baja Motif Oval Bulat Minimalis

Marina

Pintu Interior Dan Eksterior Eco Series Maple Polos 82X210Cm

Pintu Utama Kupu dan Kusen Kayu jati

Max 7A - KKT - DSSP

Pintu Aluminium Profile Brown 70X200Cm L

Keunggulan

Dijamin lebih kuat dan tahan lama meski sering terkena air

Desainnya unik, ukurannya pun cukup lebar

Dilapisi cat khusus antipudar dan antikerak

Bebas atur arah bukaan dengan rangka sistem knocked down fleksibel

Bisa custom ukuran pintu sesuai kebutuhan

Terbuat dari bahan HMR berkualitas tinggi

Tampil mewah dengan bahan kayu jati asli

Lebih mewah dan elegan dengan kaca bevel gaya Eropa

Mau indoor ataupun outdoor, Anda bebas meletakkannya

Harga mulai dariRp 879.000,00Rp 5.000.000,00Rp 1.230.000,00Rp 1.350.000,00Rp 1.290.000,00Rp 1.050.000,00Rp 8.000.000,00Rp 10.798.200,00Rp 2.578.000,00
ModelPintu rumah singlePintu rumah 2 pintuPintu rumah singlePintu rumah singlePintu rumah singlePintu rumah singlePintu rumah 2 pintuPintu rumah 2 pintuPintu rumah single
MaterialPVC, aluminiumBajaBaja ringanBajaWPC (wood plastic composite)HMR board, melamine, kayu engineeringKayu jatiPanel, kacaAluminium
Ukuran70 cm x 195 cm120 cm x 210 cm80 cm x 205 cm88 cm x 216 cmS (70 cm x 195 cm), M (80 cm x 205 cm), L (90 cm x 215 cm), XL (100 cm x 225 cm)82 cm x 210 cm(2 x 75 cm) x 240 cm173 cm x 220 cm70 cm x 200 cm
Arah bukaanKanan, kiriKanan, kiriTidak disebutkanSesuai requestSesuai request (custom)Tidak disebutkanTidak disebutkanKanan, kiriKiri
Tautan produk

Baca juga rekomendasi pintu serta aksesori pintu lainnya di sini

Apakah rekomendasi produk di atas membantu Anda untuk menemukan pintu rumah yang cocok? Bila Anda membutuhkan rekomendasi jenis pintu lain ataupun aksesorinya, silakan klik tautan berikut. Kami punya banyak rekomendasi produk yang bagus untuk Anda.

Kesimpulan

Kami harap Anda dapat menemukan pintu terbaik untuk rumah Anda di artikel ini. Memilih pintu yang tepat memang cukup penting sebab memengaruhi tampilan rumah itu sendiri. Selain itu, material dan harga pintu juga memengaruhi bujet serta keawetannya. 


Jadi, pertimbangkan baik-baik tips yang telah kami berikan saat hendak membeli pintu untuk rumah, ya. Kami yakin Anda bisa memiliki rumah impian dengan pintu yang pas, cocok, dan awet. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi MCB Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi MCB Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    MCB atau miniature circuit breaker adalah alat pengaman instalasi listrik yang ada di setiap rumah hingga gedung perkantoran. Alat ini umumnya terletak berdekatan dengan kWh meter PLN. Tidak jarang dalam suatu instalasi listrik diperlukan MCB tambahan untuk membagi beban daya sekaligus pengaman ganda.Ada banyak merek MCB yang populer, seperti Schneider, ABB, Merlin Gerin, Chint, Dutron, dan lainnya. Kami akan membahas tips memilih MCB listrik rumah terbaik dan merekomendasikan berbagai merek MCB yang bagus. Ada juga ukuran MCB listrik untuk 900 watt dan 1300 watt. Simak sampai tuntas, ya!
    Kebutuhan rumah
  • 10 Rekomendasi Mesin Pompa Air Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Pompa Air Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, tidak sedikit rumah yang menggunakan mesin pompa air untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari. Anda tidak perlu repot lagi menimba air dari sumur secara manual sehingga lebih hemat tenaga dan waktu. Jenis mesinnya pun beragam, mulai dari pompa air untuk sumur dangkal, sumur bor, bahkan untuk irigasi.Anda bisa menemukan banyak merek mesin pompa air yang bagus di pasaran. Mesin pompa air Shimizu, Sanyo, dan Honda adalah beberapa merek yang jadi favorit banyak orang. Simak artikel kami kali ini sebab ada tips dan rekomendasi produk mesin pompa air terbaik khusus untuk Anda!
    Kebutuhan rumah
  • 10 Kunci Pintu Rumah Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kunci Pintu Rumah Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    Keberadaan kunci pintu rumah sangatlah krusial agar rumah aman dihuni. Produk futuristis, seperti kunci pintu rumah otomatis, kunci pintu rumah digital, hingga kunci pintu rumah alarm, tersedia di pasaran. Desainnya pun variatif, ada kunci pintu rumah minimalis, modern, tanpa gagang, bulat, dan sebagainya.Cara memilih dan rekomendasi kunci pintu rumah terbaik ada dalam artikel ini. Kunci pintu rumah merek Belluci, Dekkson, Belleza, dan sebagainya, akan Anda temukan. Dengan begitu, kunci pintu rumah yang bagus pun bisa segera Anda pasang. Artikel ini sudah ditinjau oleh arsitek kami, Endi Burhan. Yuk, disimak!
    Kebutuhan rumah
  • 10 Rekomendasi Pewangi Pakaian Downy Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pewangi Pakaian Downy Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Meskipun belum lama hadir di Indonesia, pewangi pakaian Downy sudah memiliki banyak penggemar. Parfum Downy memang sangat beragam dan tahan lama wanginya sehingga wajar bila disukai oleh banyak orang. Downy biru yaitu Sunrise Fresh serta Mystique atau Downy hitam merupakan dua produk yang sangat diminati. Namun, Downy tentu masih memiliki berbagai pilihan produk lain yang juga hadir dalam beragam kemasan. Anda bisa memilih Downy dalam kemasaln botol ataupun Downy sachet. Agar Anda lebih mudah menemukan pewangi Downy yang bagus, pertimbangkan cara memilih serta rekomendasi produk berikut ini. Selamat membaca!
    Kebutuhan rumah
  • 10 Rekomendasi Stella Pengharum Ruangan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Stella Pengharum Ruangan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pengharum ruangan sangat dibutuhkan untuk membuat ruangan yang apak dan berbau tidak sedap menjadi lebih segar. Salah satu merek pengharum ruangan yang sangat terkenal adalah Stella. Stella bahkan memiliki produk pengharum mobil, pengharum lemari, dan pengharum kamar mandi. Jadi, tidak ada alasan untuk Anda tidak mencoba Stella pengharum ruangan. Terlebih lagi, Stella memiliki banyak varian, mulai dari pengharum ruangan otomatis, gantung, spray, hingga pengharum ruangan kopi. Di artikel ini kami akan membahas berbagai varian produk Stella. Bacalah sampai akhir dan temukan Stella pengharum ruangan favorit Anda!
    Kebutuhan rumah
  • 10 Rekomendasi Water Heater Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Water Heater Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mandi air hangat memang menjadi kenikmatan tersendiri, apalagi jika dilakukan setelah pulang kerja atau ketika mengalami hari yang melelahkan. Dengan mandi air hangat, Anda bisa merasa relaks dan tidur lebih nyenyak. Zaman sekarang, Anda tak perlu repot memasak air panas untuk mandi menggunakan kompor karena sudah ada water heater.Di artikel kali ini, kami akan membahas cara memilih water heater yang bagus dan merekomendasikan beberapa produk terbaiknya. Produk dari merk terkenal, seperti Electrolux, Midea, dan Sanken akan kami tampilkan untuk Anda. Yuk, simak selengkapnya agar Anda tidak salah pilih!
    Kebutuhan rumah
  • 10 Rekomendasi Water Heater Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Water Heater Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tak ada yang lebih nikmat dibandingkan ketika Anda mandi air panas setelah pulang dari kantor. Daripada merebus air, Anda bisa menggunakan water heater listrik untuk menghemat waktu. Dengan banyaknya tipe water heater listrik di pasaran, Anda mungkin bingung memilih yang terbaik.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih water heater listrik berdasarkan fitur dan kebutuhan rumah tangga Anda. Kemudian, Anda dapat pertimbangkan sepuluh produk rekomendasi water heater listrik terbaik kami. Akan ada produk dari ARISTON, Modena, Rinnai, dan merek lainnya. Simak artikelnya dan temukanlah water heater listrik yang tepat!
    Kebutuhan rumah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori