mybest
Kalimba

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Hobi
  3. Musik
  4. 10 Rekomendasi Kalimba Terbaik (Terbaru Tahun 2024)[Ditinjau oleh Produser Musik]
  • 10 Rekomendasi Kalimba Terbaik (Terbaru Tahun 2024)[Ditinjau oleh Produser Musik] 1
  • 10 Rekomendasi Kalimba Terbaik (Terbaru Tahun 2024)[Ditinjau oleh Produser Musik] 2
  • 10 Rekomendasi Kalimba Terbaik (Terbaru Tahun 2024)[Ditinjau oleh Produser Musik] 3
  • 10 Rekomendasi Kalimba Terbaik (Terbaru Tahun 2024)[Ditinjau oleh Produser Musik] 4
  • 10 Rekomendasi Kalimba Terbaik (Terbaru Tahun 2024)[Ditinjau oleh Produser Musik] 5

10 Rekomendasi Kalimba Terbaik (Terbaru Tahun 2024)[Ditinjau oleh Produser Musik]

Kalimba adalah adaptasi modern alat musik tradisional mbira yang berasal dari Afrika. Alat musik ini memiliki karakteristik suara yang khas seperti denting lonceng. Material dan jenis kalimba beragam. Ada kalimba kayu yang natural dan ada juga kalimba acrylic yang aesthetic.


Temukan beragam merek kalimba yang bagus di e-commerce, seperti GECKO, brainbox, Cowboy, dan Bonkyo. Harganya mulai dari 100 ribuan atau lebih tinggi tergantung pada kualitasnya. Untuk pemula, baca artikel ini agar Anda menemukan rekomendasi kalimba terbaik. Artikel ini sudah ditinjau oleh pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto. 

Diperbaharui 16/01/2024
Satriyo Arwanto
Pakar
Music educator dan music producer
Satriyo Arwanto

Satriyo adalah seorang pendidik sekaligus produser musik lulusan Pendidikan Seni Musik Universitas Negeri Yogyakarta. Terjun di dunia pendidikan musik formal selama lima tahun membuatnya yakin untuk mendirikan kursus musik. Kursus musik yang ia dirikan diberi nama Bless Music Wonosobo. Selain melahirkan calon-calon musisi, Satriyo juga menggarap jingle, mars, himne, dan aransemen. Akhir-akhir ini ia mulai fokus menggarap lagu-lagu anak.

Profil Satriyo Arwanto
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apa itu alat musik kalimba?

Apa itu alat musik kalimba?

Kalimba atau piano jempol adalah alat musik perkusi dari Afrika Selatan yang populer saat ini. Anda tentu pernah melihat orang di internet memainkan kalimba, bukan? Bentuknya yang kecil dan karakteristik suaranya yang menenangkan membuat banyak orang menyukai kalimba


Dilihat dari bentuknya, kalimba terdiri dari kotak suara dengan tuts-tuts logam yang menghasilkan nada tertentu, sama seperti piano. Cara memainkan kalimba terbilang cukup tricky. Memainkan kalimba membutuhkan konsentrasi karena Anda harus melatih otak kiri dan otak kanan. 


Meskipun demikian, suara kalimba diketahui disukai oleh banyak orang. Karena itu, kalimba sering digunakan sebagai media untuk mengekspresikan diri. Ada juga yang mendengarkan suara kalimba untuk meningkatkan mood dan menenangkan suasana hati. Apakah Anda tertarik untuk mencoba memainkannya? 

Cara memilih kalimba

Saat hendak membeli kalimba, ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan. Hal-hal penting tersebut akan memengaruhi kualitas suara kalimba pilihan Anda. Jika Anda masih bingung, bacalah tips cara memilih kalimba dari kami ini. 

1

Kalimba kayu atau kalimba akrilik? Pilih material dari karakter suara yang dihasilkan

Ada dua jenis material pembuat bodi kalimba, yakni kayu dan akrilik. Dua jenis material ini memiliki karakteristik dan keunggulan yang berbeda-beda. Mari kita cari tahu lebih lanjut!

Kalimba kayu, resonansi suara yang dihasilkan lebih nyaring dan ceria

Kalimba kayu, resonansi suara yang dihasilkan lebih nyaring dan ceria

Kalimba berbodi kayu menghasilkan suara lebih nyaring daripada kalimba berbodi akrilik, terlebih hollow kalimba. Tines dari hollow kalimba mengeluarkan suara yang bisa beresonansi. 


Suara dari kalimba kayu terdengar lebih bright dan karakternya ceria. Karena karakteristik suaranya tersebut, kalimba kayu cocok digunakan untuk memainkan musik pop.


Kalimba kayu, khususnya tipe hollow yang memiliki dua lubang di belakang bodi, mampu menghasilkan suara vibrato. Ini adalah jenis suara yang terdengar bergetar dan bergema saat lubang di belakangnya dibuka. Anda dapat menutup dan membuka lubang tersebut untuk memberikan efek kedalaman emosi saat dimainkan.

 
Sementara itu, kalimba kayu memiliki bentuk yang cenderung monoton, antara kotak, oval, atau persegi panjang. Dari segi bobot, jenis kalimba ini lebih ringan. Kalimba kayu direkomendasikan untuk Anda yang sering membawa kalimba atau suka bermain kalimba dalam waktu lama.

Kalimba akrilik, suara yang dihasilkan terdengar lebih halus dan warm

Kalimba akrilik, suara yang dihasilkan terdengar lebih halus dan warm

Dari segi suara, kalimba akrilik memiliki dinamika yang lebih sempit dari kalimba kayu. Volume suara kalimba akrilik mirip dengan kalimba kayu tipe flatboard. Meskipun demikian, suara yang dihasilkan terdengar lebih halus dan warm.

 
Sekilas suara kalimba akrilik terdengar sama dengan suara yang berasal dari kotak musik. Kalimba akrilik cocok untuk memainkan lagu-lagu soft bertempo lambat, seperti lullaby atau lagu pengantar tidur.

 
Untuk tampilannya sendiri, kalimba akrilik terlihat lebih elegan karena memiliki visual yang menarik. Tidak hanya itu, varian bentuk kalimba akrilik lebih beragam dan tidak monoton seperti kalimba kayu. Kekurangannya adalah kalimba akrilik memiliki bobot yang lebih berat. Memainkan kalimba akrilik dalam waktu lama berpotensi membuat pergelangan tangan sakit atau tidak nyaman.

2

Ingin yang lebih nyaring atau halus, cek desain kalimbanya

Dilihat dari bentuk dan desainnya, Anda dapat menemukan tiga jenis kalimba, yakni hollow, flatboard, dan electric hollow. Tentu saja tipe-tipe kalimba ini memiliki fitur dan kelebihannya masing-masing. Kami akan mengulasnya secara detail pada poin di bawah ini.

Hollow design, suara lebih nyaring sehingga tidak perlu pengeras suara lagi

Hollow design, suara lebih nyaring sehingga tidak perlu pengeras suara lagi

Hollow kalimba memiliki ukuran yang lebih besar dan tebal dari flatboard kalimba. Perbedaan lainnya, hollow kalimba memiliki lubang di sisi depan dan dua lubang kecil di belakang bodinya. Lubang tersebut berfungsi membuat suara beresonansi sehingga terdengar gema saat tines dipetik. 


Varian resonansi yang dihasilkan akan lebih beragam jika Anda mampu memainkan dua lubang di belakangnya. Dengan begitu, kalimba bisa menghasilkan suara vibrato. Jenis kalimba dengan hollow design cocok untuk Anda yang hendak melakukan pertunjukan secara live.

Flatboard design, suara yang dihasilkan lebih halus dan tenang

Flatboard design, suara yang dihasilkan lebih halus dan tenang

Desain flatboard ini bisa Anda temukan pada kalimba akrilik dan kalimba kayu. Sesuai dengan namanya, flatboard kalimba tidak memiliki lubang resonansi pada bodinya. Karena itu, suara yang dihasilkan oleh kalimba ini terdengar lebih lembut. Jenis flatboard kalimba direkomendasikan untuk Anda yang hendak merekam suara kalimba dan mengunggahnya di sosial media.

Electric hollow, dilengkapi pickup yang bisa disambungkan ke pengeras suara

Electric hollow, dilengkapi pickup yang bisa disambungkan ke pengeras suara

Sama seperti gitar listrik, electric hollow kalimba dilengkapi dengan pickup sehingga Anda dapat menghubungkannya ke amplifier atau speaker. Dengan begitu, suara yang dihasilkan pun menjadi lebih keras. Jika Anda seorang performer yang sering tampil di panggung, ada baiknya Anda menggunakan electric hollow kalimba.


Electric hollow kalimba dengan pickup menghasilkan suara yang lebih keras dan stabil. Suara yang dihasilkan lebih berkualitas dibandingkan memperbesar volume suara kalimba dengan mikrofon. Namun, electric hollow kalimba memiliki harga yang lebih mahal dari jenis kalimba lainnya. Jadi, Anda perlu menyiapkan bujet lebih besar untuk bisa mendapatkan electric hollow kalimba.

3

Untuk pemula, pastikan jumlah tines dan tuning dasarnya memudahkan Anda

Jumlah tines (tuts atau key) dan tuning dasar memengaruhi range atau tinggi-rendahnya nada yang bisa dimainkan. Hal ini juga memengaruhi eksplorasi Anda terhadap tangga nada. Kami akan menjelaskannya secara detail untuk Anda.

Jumlah tines 8 atau 10 akan lebih ramah untuk pemula

Jumlah tines 8 atau 10 akan lebih ramah untuk pemula

Sama seperti tuts piano, jumlah tines pada kalimba berbeda-beda. Jumlahnya mulai dari 8 tines, 10 tines, 15 tines, 17 tines, 20 tines, hingga chromatic kalimba berjumlah 34 tines. Jenis kalimba yang beredar di pasaran sebagian besar adalah kalimba 17 tines. Makin banyak jumlah tines pada kalimba, range nada yang dihasilkan akan makin luas. Anda pun bisa bereksplorasi dengan nada-nada yang tersedia.


Di sisi lain, range nada yang terlalu luas cukup menyulitkan bagi para pemula dalam memainkan kalimba. Jika Anda baru belajar, kami menyarankan untuk memilih kalimba dengan 8–10 tines. Jumlah tines yang sedikit membuat Anda lebih mudah mengingat nada pada kalimba. Sedikit demi sedikit, Anda pun mulai terbiasa memainkan kalimba dan bisa melakukan eksplorasi ke tingkat yang lebih sulit.

Tuning nada dasar C lebih mudah digunakan

Tuning nada dasar C lebih mudah digunakan

Berbeda dengan keyboard atau gitar yang bisa dimainkan dengan beragam akor, kalimba hanya memiliki satu tuning nada dasar. Dengan demikian, saat menggunakan kalimba, Anda hanya bermain dari satu nada dasar saja. Karena itu, penting untuk mengecek tuning dasar kalimba sebelum membelinya. Setidaknya ada tiga tuning nada dasar dari kalimba, yakni C, B, dan G


Jika Anda masih pemula, sebaiknya gunakan kalimba dengan tuning nada dasar C. Nada dasar C adalah akor standar yang biasa digunakan oleh pemula. Memainkan lagu dari tuning nada dasar C juga lebih mudah. Jika sudah terlatih, Anda bisa bereksplorasi dan meningkatkan kemampuan menggunakan kalimba dengan tuning nada dasar B dan G. 

4

Periksa juga kelengkapan kit dalam paket pembeliannya

Periksa juga kelengkapan kit dalam paket pembeliannya
Sumber: gecko-kalimba.com

Sebelum membeli sebuah kalimba, periksalah kelengkapan kit dari paket pembeliannya. Selain kalimba, ada beberapa kit perlengkapan yang diberikan, seperti tuning hammer, stiker nada, pouch, dan buku panduan


Selain itu, beberapa produk juga memiliki kit tambahan lainnya, mulai dari hard case antiair, cleaning cloth, alat pelindung jari, hingga pickup portabel. Pilihlah produk dengan kit tambahan yang sering Anda gunakan saat memainkan kalimba. Jadi, pastikan hal ini juga, ya!

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Kalimba Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Kalimba terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace (diperbarui tanggal 26 Desember 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Jenis
Bentuk
Jumlah tines
Tuning dasar
Ukuran
Bobot
Material body
Material tines
Kelengkapan kit
Pilihan warna
Cocok untuk pemula
1

brainbox

Kalimba 17 Keys Thumb Piano

brainbox Kalimba 17 Keys Thumb Piano 1

Rp399.000

Agak Mahal

Kalimba akrilik dengan pilihan motif cantik, bisa jadi hiasan dan hadiah

Kalimba akrilik

Flatboard design

17

C

15,5 cm x 13 cm

Tidak diketahui

Akrilik

Carbon steel

EVA case, tutorial book, tuning hammer, musical note stickers, cleaning cloth

Transparan, pink

2

Cowboy

Kalimba 17 Key

Cowboy  Kalimba 17 Key 1

Rp105.000

Agak Murah

Paket lengkap dengan banyak pilih desain, harganya pun terjangkau!

Kalimba kayu

Hollow design

17

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Mahoni

Tidak diketahui

Hammer, tas kalimba, lap pembersih, alat pelindung jari, stiker nada, buku panduan

Natural

3

Kalimba Akustik 8 Kunci

null Kalimba Akustik 8 Kunci 1

Rp29.999

Lebih Murah

Kalimba mini 8 tines yang menggemaskan, paling cocok untuk pemula!

Kalimba kayu, kalimba akrilik

Flatboard design

8

C

7 cm x 7 cm x 2,5 cm

100 g

Kayu sapele, akrilik

Carbon steel

Boks

Transparan, natural

4

Bonkyo

Kalimba

Bonkyo  Kalimba 1

Rp169.900

Agak Murah

Kalimba dengan tines yang nyaman untuk jari-jari pemula

Kalimba kayu

Hollow design, flatboard design

17, 21

C

25 cm x 14 cm ​​x 60 cm

420 g

Kayu inti persik

Baja karbon

Tas kalimba, stiker nada, stiker merah dan hijau, panduan dasar, hammer, lap pembersih

Natural, biru

Tidak diketahui

5

GECKO

Africa Kalimba Thumb Piano 17 keyK17CAS

GECKO Africa Kalimba Thumb Piano 17 key 1

Rp355.000

Agak Mahal

Kalimba kayu GECKO yang best seller berkat karakter suaranya yang sangat lembut

Kalimba kayu

Flatboard design

17

Tidak diketahui

18,5 cm x 14,8 cm x 3 cm

500 g

Solid camphorwood

Tidak diketahui

Music book, instruction book, tune and color stickers, tuner, color book, cleaning cloth, fabric bag

Natural

6

Mandalika

Kalimba AkustikKL-02 NT

Mandalika Kalimba Akustik 1

Rp250.000

Menengah

Ada layanan retur dan penukaran jika barang yang diterima pecah

Kalimba kayu

Hollow design

17

C

13 cm x 18 cm x 3 cm

400 g

Kayu mahoni

Stainless steel

Palu tuning, kain pembersih, stiker kunci kalimba (merah, hijau, bening), silicone thumb protector (pelindung jempol)

Natural, Cokelat, Biru

7

Paladin

Kalimba Wood 17 Keys ElektrikK17EF

Paladin Kalimba Wood 17 Keys Elektrik 1

Rp230.000

Menengah

Kalimba elektrik yang harganya murah, mulai dari 200 ribu rupiah!

Kalimba kayu

Hollow design

17

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Kayu mahoni

Tidak diketahui

Softcase, hammer, musical note, cleaning cloth, guidebook

Natural

8

Murai

Kalimba Shankara

Murai Kalimba Shankara 1

Rp325.000

Agak Mahal

Kalimba merek lokal yang kukuh, berbahan jati tua asli!

Kalimba kayu

Hollow design

17

Tidak diketahui

18,5 cm x 12,5 cm x 2,5 cm

Tidak diketahui

Premium teakwood

Manganese steel

Tuning hammer, cleaning cloth, red & green key stickers, manual book & music

Natural

9

Kalimba Mbira Thumb 17 Note SoundW758

null Kalimba Mbira Thumb 17 Note Sound 1

Rp126.100

Agak Murah

Hadirkan desain yang simpel dan menarik

Kalimba kayu

Hollow design

17

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Kayu

Besi

Learning book, tune hammer, cloth bag, thumb protector, sticker

Natural

10

17 Key Thumb Piano Set Musical Instrument With Beating Hammer

null 17 Key Thumb Piano Set Musical Instrument With Beating Hammer 1

Rp375.900

Agak Mahal

Detail balutan gambarnya beri kesan tampilan yang lebih memikat

Kalimba kayu

Flatboard design

17

Tidak diketahui

18 cm x 13 cm x 3 cm

Tidak diketahui

Kayu mahoni

Baja

Hammer, buku instruksi, stiker, tas kain, kain pembersih

Deer, Flower

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

brainboxKalimba 17 Keys Thumb Piano

Kalimba 17 Keys Thumb Piano 1
Sumber: shopee.co.id
Kalimba 17 Keys Thumb Piano 2
Sumber: shopee.co.id
Kalimba 17 Keys Thumb Piano 3
Sumber: shopee.co.id
Kalimba 17 Keys Thumb Piano 4
Sumber: shopee.co.id
Kalimba 17 Keys Thumb Piano 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp399.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp399.000
Agak Mahal

Kalimba akrilik dengan pilihan motif cantik, bisa jadi hiasan dan hadiah

brainbox menawarkan kalimba akrilik dengan desain unik. Salah satu desain kalimba-nya berupa kepala beruang dengan dua telinga lucu di atasnya. Sebagaimana produk kalimba-nya, bentuk case-nya juga bagus, lho. Sangat cocok diberikan sebagai hadiah!


Tampilan kalimba akrilik ini terlihat elegan dengan dua varian yang ada, yaitu bening polos dan bening bermotif. Jika Anda suka tampilan sederhana, kalimba bening polos bisa jadi pilihan. Sebaliknya, kalimba bermotif menawarkan desain yang lebih mencolok untuk dikoleksi dan dijadikan pajangan.

JenisKalimba akrilik
BentukFlatboard design
Jumlah tines17
Tuning dasarC
Ukuran15,5 cm x 13 cm
BobotTidak diketahui
Material bodyAkrilik
Material tinesCarbon steel
Kelengkapan kitEVA case, tutorial book, tuning hammer, musical note stickers, cleaning cloth
Pilihan warnaTransparan, pink
Cocok untuk pemula
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Cowboy Kalimba 17 Key

Harga referensi
Rp105.000
Agak Murah

Paket lengkap dengan banyak pilih desain, harganya pun terjangkau!

Apakah Anda sedang mencari kalimba dengan harga ekonomis? Kalimba Cowboy bisa menjadi pilihan yang pas. Kalimba yang satu ini memiliki harga yang terjangkau sehingga Anda tidak perlu menyiapkan budget besar. Meskipun demikian, Anda sudah mendapatkan set lengkap berisi buku panduan, palu, stiker nada, tas, dan sebagainya.


Selain itu, pilihan desain hollow-nya pun bervariasi, seperti motif matahari, rusa, boneka, panda, dan bunga. Anda jadi bebas memilih kalimba dengan tampilan yang Anda sukai.

JenisKalimba kayu
BentukHollow design
Jumlah tines17
Tuning dasarTidak diketahui
UkuranTidak diketahui
BobotTidak diketahui
Material bodyMahoni
Material tinesTidak diketahui
Kelengkapan kitHammer, tas kalimba, lap pembersih, alat pelindung jari, stiker nada, buku panduan
Pilihan warnaNatural
Cocok untuk pemula
View all
No.3

Kalimba Akustik 8 Kunci

Harga referensi
Rp29.999
Lebih Murah

Kalimba mini 8 tines yang menggemaskan, paling cocok untuk pemula!

Kalimba di pasaran umumnya dijual dengan jumlah 17 atau 21 tines. Nah, kalimba 8 tines dengan tuning nada dasar C ini kami rekomendasikan untuk Anda yang first timer. Bentuknya mungil dan sangat pas di genggaman.


Ada beberapa desain yang bisa dipilih, yaitu kalimba kayu mini dan kalimba akrilik bening. Bentuknya juga macam-macam, mulai dari bentuk hati, oval, hingga siluet karakter Totoro. Kalimba ini cocok diberikan kepada anak-anak atau dijadikan hadiah yang lucu untuk rekan music enthusiasts.

JenisKalimba kayu, kalimba akrilik
BentukFlatboard design
Jumlah tines8
Tuning dasarC
Ukuran7 cm x 7 cm x 2,5 cm
Bobot100 g
Material bodyKayu sapele, akrilik
Material tinesCarbon steel
Kelengkapan kitBoks
Pilihan warnaTransparan, natural
Cocok untuk pemula
View all
No.4

Bonkyo Kalimba

Harga referensi
Rp169.900
Agak Murah

Kalimba dengan tines yang nyaman untuk jari-jari pemula

Jika Anda mencari kalimba untuk pemula, kami menyarankan Anda memilih produk ini. Kalimba ini memiliki tines dengan desain seperti busur sehingga jari tidak sakit saat sedang memainkannya. Desain tines tersebut juga membuat seorang pemula sekalipun lebih nyaman saat bermain kalimba.


Di samping itu, tines kalimba ini dibuat dari logam bijih yang mampu menghasilkan suara yang jernih. Tines-nya juga diklaim kuat sehingga Anda dapat menggunakan kalimba dalam waktu yang cukup lama.

JenisKalimba kayu
BentukHollow design, flatboard design
Jumlah tines17, 21
Tuning dasarC
Ukuran25 cm x 14 cm ​​x 60 cm
Bobot420 g
Material bodyKayu inti persik
Material tinesBaja karbon
Kelengkapan kitTas kalimba, stiker nada, stiker merah dan hijau, panduan dasar, hammer, lap pembersih
Pilihan warnaNatural, biru
Cocok untuk pemulaTidak diketahui
View all
No.5

GECKOAfrica Kalimba Thumb Piano 17 keyK17CAS

Harga referensi
Rp355.000
Agak Mahal

Kalimba kayu GECKO yang best seller berkat karakter suaranya yang sangat lembut

Kalimba GECKO diminati oleh para pencinta kalimba di seluruh dunia. Suaranya bagus dan jernih menurut ulasan banyak YouTuber, tetapi harganya masih cukup terjangkau. Berbeda dengan desain kalimba kayu kebanyakan, tipe K17CAS dirancang dengan tepian yang melengkung mulus agar nyaman digenggam.

GECKO menggunakan kayu kamper pilihan untuk produknya. Kayu kamper terkenal memiliki kualitas yang serupa kayu jati, tetapi dengan harga yang lebih murah. Aroma kayunya juga sangat wangi menurut para pengguna.

JenisKalimba kayu
BentukFlatboard design
Jumlah tines17
Tuning dasarTidak diketahui
Ukuran18,5 cm x 14,8 cm x 3 cm
Bobot500 g
Material bodySolid camphorwood
Material tinesTidak diketahui
Kelengkapan kitMusic book, instruction book, tune and color stickers, tuner, color book, cleaning cloth, fabric bag
Pilihan warnaNatural
Cocok untuk pemula
View all
No.6

MandalikaKalimba AkustikKL-02 NT

Harga referensi
Rp250.000
Menengah

Ada layanan retur dan penukaran jika barang yang diterima pecah

Mandalika adalah brand lokal yang membuat berbagai alat musik dengan desain dan bahan berkualitas. Salah satu produknya adalah kalimba ini. Seri KL-02 NT ini hadir dengan tiga pilihan warna natural yang memiliki sentuhan manis di bagian depan. Kalimba dengan nada suara yang sudah diatur pada kunci C ini dibuat dari kayu mahoni yang kukuh. Menariknya, jika barang yang Anda terima pecah dalam pengiriman, Mandalika akan menukarnya dengan yang baru, lho!

JenisKalimba kayu
BentukHollow design
Jumlah tines17
Tuning dasarC
Ukuran13 cm x 18 cm x 3 cm
Bobot400 g
Material bodyKayu mahoni
Material tinesStainless steel
Kelengkapan kitPalu tuning, kain pembersih, stiker kunci kalimba (merah, hijau, bening), silicone thumb protector (pelindung jempol)
Pilihan warnaNatural, Cokelat, Biru
Cocok untuk pemula
View all
No.7

PaladinKalimba Wood 17 Keys ElektrikK17EF

Harga referensi
Rp230.000
Menengah

Kalimba elektrik yang harganya murah, mulai dari 200 ribu rupiah!

Kalimba elektrik biasanya berharga cukup mahal, tetapi Paladin memiliki produk kalimba elektrik yang tergolong terjangkau. Dengan harga 200 ribuan, Anda sudah mendapatkan soft case, tunning hammer, buku petunjuk, dan lainnya. Kualitas suara kalimba ini juga tidak perlu diragukan lagi. 


Dengan amplifier ataupun tanpa amplifier, kualitas suaranya dijamin jernih dan jauh dari kata cempreng. Kalimba ini bisa memenuhi kebutuhan Anda yang hendak menggunakan kalimba untuk berbagai kegiatan. Kalimba ini bisa digunakan untuk pertunjukan, recording, pertemuan kasual, bahkan relaksasi.

JenisKalimba kayu
BentukHollow design
Jumlah tines17
Tuning dasarTidak diketahui
UkuranTidak diketahui
BobotTidak diketahui
Material bodyKayu mahoni
Material tinesTidak diketahui
Kelengkapan kitSoftcase, hammer, musical note, cleaning cloth, guidebook
Pilihan warnaNatural
Cocok untuk pemula
View all
No.8

MuraiKalimba Shankara

Harga referensi
Rp325.000
Agak Mahal

Kalimba merek lokal yang kukuh, berbahan jati tua asli!

Untuk Anda yang mencari produk lokal yang kukuh, awet, dan terjaga kualitas suaranya, pilihlah kalimba Murai Shankara. Produk ini merupakan kalimba buatan lokal yang bodinya berbahan kayu jati tua asli pilihan. Kayu jati sudah dikenal sebagai jenis kayu yang kuat dan berkualitas tinggi.


Berkat kayu jati tersebut, karakter suara dari kalimba ini akan makin nyaring seiring lamanya penggunaan. Tampilan kalimba Murai Shankara juga terlihat elegan dengan sentuhan budaya Bali pada finishing desainnya.

JenisKalimba kayu
BentukHollow design
Jumlah tines17
Tuning dasarTidak diketahui
Ukuran 18,5 cm x 12,5 cm x 2,5 cm
BobotTidak diketahui
Material bodyPremium teakwood
Material tinesManganese steel
Kelengkapan kitTuning hammer, cleaning cloth, red & green key stickers, manual book & music
Pilihan warnaNatural
Cocok untuk pemula
View all
No.9

Kalimba Mbira Thumb 17 Note SoundW758

Harga referensi
Rp126.100
Agak Murah

Hadirkan desain yang simpel dan menarik

Kalimba yang satu ini tidak memiliki banyak aksen. Hanya memiliki lubang bulat dan garis memanjang di bagian depannya. Tampilannya yang minimalis tentu membuatnya sangat cocok dimiliki oleh Anda penyuka barang berdesain simpel. Ada dua warna natural yang dapat Anda pilih, yakni cokelat dan hijau. Anda tinggal memilih yang sesuai dengan selera.

JenisKalimba kayu
BentukHollow design
Jumlah tines17
Tuning dasarTidak diketahui
UkuranTidak diketahui
BobotTidak diketahui
Material bodyKayu
Material tinesBesi
Kelengkapan kitLearning book, tune hammer, cloth bag, thumb protector, sticker
Pilihan warnaNatural
Cocok untuk pemula
View all
No.10

17 Key Thumb Piano Set Musical Instrument With Beating Hammer

Harga referensi
Rp375.900
Agak Mahal

Detail balutan gambarnya beri kesan tampilan yang lebih memikat

Untuk Anda yang juga mengutamakan tampilan pada kalimba, produk ini wajib Anda lirik. Kalimba yang satu ini didesain dengan balutan gambar menarik. Ada gambar bunga sakura dengan nuansa pinky dan gambar rusa bernuansa warna biru. Selain tampilannya menarik, bagian tines-nya juga didesain dengan bahan yang tak akan membuat jari Anda mudah sakit.

JenisKalimba kayu
BentukFlatboard design
Jumlah tines17
Tuning dasarTidak diketahui
Ukuran18 cm x 13 cm x 3 cm
BobotTidak diketahui
Material bodyKayu mahoni
Material tinesBaja
Kelengkapan kitHammer, buku instruksi, stiker, tas kain, kain pembersih
Pilihan warnaDeer, Flower
Cocok untuk pemula
View all

Tips dari pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto

Tips dari pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto

Berikut ini adalah tips bagi Anda yang ingin menyetem kalimba:

  1. Cari tahu mengenai nada dasar tuning kalimba yang Anda miliki, misalnya nada dasar C.
  2. Gunakan garpu tala atau tuner. Selain itu, Anda bisa juga menggunakan piano sebagai acuan nada.
  3. Stem nada tiap-tiap tines. Apabila menggunakan tuner, Anda cukup memperhatikan layarnya. Namun, Anda perlu lebih cermat jika menggunakan piano. Petik tines nada C, lalu samakan dengan nada C pada piano. Lakukan sampai seluruh tines bunyinya sama dengan piano.

5 Rekomendasi Kalimba terbaik

No. 1: brainboxKalimba 17 Keys Thumb Piano

No. 2: Cowboy Kalimba 17 Key

No. 3: Kalimba Akustik 8 Kunci

No. 4: Bonkyo Kalimba

No. 5: GECKOAfrica Kalimba Thumb Piano 17 keyK17CAS

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Hobi
  3. Musik
  4. 10 Rekomendasi Kalimba Terbaik (Terbaru Tahun 2024)[Ditinjau oleh Produser Musik]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.