• 10 Kalimba Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Kalimba Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Kalimba Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Kalimba Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Kalimba Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Kalimba Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022)

Kalimba adalah adaptasi modern alat musik tradisional mbira yang berasal dari Afrika. Alat musik ini memiliki karakteristik suara yang khas seperti denting lonceng. Bentuk dan material pembuat kalimba beragam. Ada kalimba kayu yang natural, ada juga kalimba acrylic yang aesthetic.


Beragam merek kalimba yang bagus tersedia di pasaran, seperti Donner, Kimi, dan LingTing. Harganya pun bervariasi, mulai 160 ribuan hingga lebih tinggi lagi, tergantung pada kualitas dan mereknya. Yuk, baca artikel ini agar Anda tidak bingung memilih kalimba. Artikel ini sudah ditinjau oleh pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Satriyo Arwanto
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 31 Mei 2022
Daftar isi

Profil pakar: Pendidik dan produser musik, Satriyo Arwanto

Profil pakar: Pendidik dan produser musik, Satriyo Arwanto
Satriyo Arwanto
Music educator dan music producer
Satriyo Arwanto

Satriyo adalah seorang pendidik sekaligus produser musik lulusan Pendidikan Seni Musik Universitas Negeri Yogyakarta. Terjun di dunia pendidikan musik formal selama lima tahun membuatnya yakin untuk mendirikan kursus musik.


Kursus musik yang ia dirikan diberi nama Bless Music Wonosobo. Selain melahirkan calon-calon musisi, Satriyo juga menggarap jingle, mars, himne, dan aransemen. Akhir-akhir ini ia mulai fokus menggarap lagu-lagu anak.

Mengenal alat musik kalimba

Mengenal alat musik kalimba

Saat ini, kalimba atau piano jempol menjadi salah satu alat musik yang populer. Anda tentu pernah melihat orang di internet memainkan kalimba, bukan? Bentuknya yang kecil dan karakteristik suaranya yang menenangkan membuat banyak orang menyukai kalimba


Dilihat dari bentuknya, kalimba terdiri dari kotak suara dengan tuts-tuts logam yang menghasilkan nada tertentu, sama seperti piano. Cara memainkan kalimba terbilang cukup tricky. Hal ini karena alat musik ini membutuhkan konsentrasi karena Anda harus melatih otak kiri dan otak kanan. 


Meskipun demikian, suara kalimba diketahui disukai oleh banyak orang. Karena itu, kalimba sering digunakan sebagai media untuk mengekspresikan diri. Ada juga yang mendengarkan suara kalimba untuk meningkatkan mood dan menenangkan suasana hati. Apakah Anda tertarik untuk mencoba memainkannya? 

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih kalimba

Saat hendak membeli kalimba, ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan. Hal-hal penting tersebut akan memengaruhi kualitas suara kalimba pilihan Anda. Jika Anda masih bingung, bacalah tips cara memilih kalimba dari kami ini. 

Lihat material pembuat bodi kalimba

Ada dua jenis material pembuat bodi kalimba yakni kayu dan akrilik. Dua jenis material ini memiliki karakteristik dan keunggulan yang berbeda-beda. Mari kita cari tahu lebih lanjut!

Kalimba kayu, resonansi suara yang dihasilkan terdengar familier

Kalimba kayu, resonansi suara yang dihasilkan terdengar familier

Kalimba berbodi kayu menghasilkan suara lebih nyaring daripada kalimba berbodi akrilik, terlebih hollow kalimba. Tines dari hollow kalimba mengeluarkan suara yang bisa beresonansi. 


Suara dari kalimba kayu terdengar lebih bright dan karakternya ceria. Karena karakteristik suaranya tersebut, kalimba kayu cocok digunakan untuk memainkan musik pop.


Kalimba kayu, khususnya tipe hollow yang memiliki dua lubang di belakang bodi, mampu menghasilkan suara vibrato. Ini adalah jenis suara yang terdengar bergetar dan bergema saat lubang di belakangnya dibuka. Anda dapat menutup dan membuka lubang tersebut untuk memberikan efek kedalaman emosi saat dimainkan.

 
Sementara itu, kalimba kayu memiliki bentuk yang cenderung monoton, antara kotak, oval, atau persegi panjang. Dari segi bobot, kalimba jenis ini lebih ringan. Kalimba kayu direkomendasikan untuk Anda yang sering membawa kalimba atau suka bermain kalimba dalam waktu lama.

Kalimba akrilik, tampilannya terlihat lebih mewah dan elegan

Kalimba akrilik, tampilannya terlihat lebih mewah dan elegan

Dari segi suara, kalimba akrilik memiliki dinamika yang lebih sempit dari kalimba kayu. Volume suara kalimba akrilik ini mirip dengan kalimba kayu tipe flatboard. Meskipun demikian, suara yang dihasilkan terdengar lebih halus dan warm.

 
Sekilas, suara kalimba akrilik terdengar sama dengan suara yang berasal dari kotak musik. Kalimba akrilik cocok untuk memainkan lagu-lagu soft dengan tempo yang lambat seperti lullaby atau lagu pengantar tidur.

 
Untuk tampilannya sendiri, kalimba akrilik terlihat lebih elegan karena memiliki visual yang menarik. Tidak hanya itu, varian bentuk kalimba akrilik lebih beragam dan tidak monoton seperti kalimba kayu. Kekurangannya, kalimba akrilik memiliki bobot yang lebih berat. Memainkan kalimba akrilik dalam waktu yang lama berpotensi membuat pergelangan tangan sakit atau tidak nyaman.

Pilihlah kalimba dengan bentuk dan desain yang sesuai kebutuhan

Dilihat dari bentuk dan desainnya, Anda dapat menemukan tiga jenis kalimba, yakni hollow, flatboard, dan electric hollow. Tentu saja tipe-tipe kalimba ini memiliki fitur dan kelebihannya masing-masing. Kami akan mengulasnya secara detail pada poin di bawah ini.

Hollow design, suara lebih nyaring sehingga tidak perlu pengeras suara lagi

Hollow design, suara lebih nyaring sehingga tidak perlu pengeras suara lagi

Hollow kalimba memiliki ukuran yang lebih besar dan tebal dari flatboard kalimba. Perbedaan lainnya, hollow kalimba memiliki lubang di sisi depan dan dua lubang kecil di belakang bodinya. Lubang tersebut berfungsi membuat suara beresonansi sehingga terdengar gema saat tines dipetik. 


Varian resonansi yang dihasilkan akan lebih beragam jika Anda mampu memainkan dua lubang di belakangnya. Dengan begitu, kalimba bisa menghasilkan suara vibrato. Jenis kalimba dengan hollow design cocok untuk Anda yang hendak melakukan pertunjukan secara live.

Flatboard design, suara yang dihasilkan lebih halus dan tenang

Flatboard design, suara yang dihasilkan lebih halus dan tenang

Desain flatboard ini bisa Anda temukan pada kalimba akrilik dan kalimba kayu. Sesuai dengan namanya, flatboard kalimba tidak memiliki lubang resonansi pada bodinya. Karena itu, suara yang dihasilkan oleh kalimba ini terdengar lebih lembut. Jenis flatboard kalimba direkomendasikan untuk Anda yang hendak merekam suara kalimba dan mengunggahnya di sosial media.

Electric hollow, bisa disambungkan ke pengeras suara

Electric hollow, bisa disambungkan ke pengeras suara

Sama seperti gitar listrik, electric hollow kalimba dilengkapi dengan pickup sehingga Anda dapat menghubungkannya ke amplifier atau speaker. Dengan begitu, suara yang dihasilkan pun menjadi lebih keras. Jika Anda seorang performer yang sering tampil di panggung, ada baiknya Anda menggunakan electric hollow kalimba.


Electric hollow kalimba dengan pickup menghasilkan suara yang lebih keras dan stabil. Suara yang dihasilkan lebih berkualitas dibandingkan memperbesar volume suara kalimba dengan mikrofon. Namun, electric hollow kalimba memiliki harga yang lebih mahal dari jenis kalimba lainnya. Jadi, Anda perlu menyiapkan bujet lebih besar untuk bisa mendapatkan electric hollow kalimba.

Periksa jumlah tines dan tuning dasarnya

Jumlah tines (tuts) dan tuning dasar memengaruhi range atau tinggi-rendahnya nada yang bisa dimainkan. Hal ini juga memengaruhi eksplorasi Anda terhadap tangga nada. Kami akan menjelaskannya secara detail untuk Anda.

Jumlah tines, menentukan luasnya eksplorasi nada yang bisa dilakukan

Sama seperti tuts piano, jumlah tines pada kalimba berbeda-beda. Jumlahnya mulai dari 8 tines, 10 tines, 15 tines, 17 tines, hingga 20 tines. Sayangnya, jenis kalimba yang beredar di pasaran sebagian besar adalah kalimba dengan 17 tines. Makin banyak jumlah tines pada kalimba, range nada yang dihasilkan akan makin luas. Anda pun bisa bereksplorasi dengan nada-nada yang tersedia.


Di sisi lain, range nada yang terlalu luas cukup menyulitkan bagi para pemula dalam memainkan kalimba. Jika Anda baru belajar, kami menyarankan untuk memilih kalimba dengan 8 atau 10 tines. Jumlah tines yang sedikit membuat Anda lebih mudah mengingat nada pada kalimba. Sedikit demi sedikit, Anda pun mulai terbiasa memainkan kalimba dan bisa melakukan eksplorasi ke tingkat yang lebih sulit.

Tuning dasar, makin mudah memainkan lagu sesuai nada dasarnya

Berbeda dengan keyboard atau gitar yang bisa dimainkan dengan beragam akor, kalimba hanya memiliki satu tuning nada dasar. Dengan demikian, saat menggunakan kalimba, Anda hanya bermain dari satu nada dasar saja. Karena itu, penting untuk mengecek tuning dasar kalimba sebelum membelinya


Setidaknya ada tiga tuning nada dasar dari kalimba, yakni C, B, dan GJika Anda masih pemula, sebaiknya gunakan kalimba dengan tuning nada dasar C. Ini adalah akor standar yang biasa digunakan oleh pemula. Memainkan lagu dari tuning nada dasar C juga lebih mudah. 


Bila sudah terlatih, Anda bisa bereksplorasi dan meningkatkan kemampuan menggunakan kalimba dengan tuning nada dasar B dan G. Namun, jenis kalimba dengan tuning nada dasar B dan G masih sulit ditemukan di pasar Indonesia.

Periksa juga kelengkapan kit dalam paket pembeliannya

Sebelum memastikan untuk membeli sebuah kalimba, periksalah kelengkapan kit dari paket pembeliannya. Selain kalimba, ada beberapa kit perlengkapan yang diberikan, seperti tuning hammer, stiker nada, pouch, dan buku panduan


Selain itu, beberapa produk juga memberikan kit tambahan lainnya, mulai dari hard case antiair, cleaning cloth, alat pelindung jari, hingga pickup portabel. Pilihlah produk dengan kit tambahan yang sering Anda gunakan saat memainkan kalimba. Jadi, pastikan hal ini juga, ya!

10 Rekomendasi kalimba terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh kalimba terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Satriyo Arwanto.

10
BentukElectric hollow
Jumlah tines17
Material bodiMahogany
Material tinesOre metal
Bobot335 gram
Tuning dasarC
Ukuran 18,5 cm x 11,5 cm x 3,5 cm
Kelengkapan kitKalimba, tuning hammer, pouch, stiker nada, cleaning cloth, kabel, buku lagu, buku instruksi
9
BentukFlatboard
Jumlah tines17
Material bodiAfrican padauk
Material tinesOre metal
Bobot480 gram
Tuning dasarC
Ukuran 18 cm x 12 cm x 2,6 cm
Kelengkapan kitKalimba, tuning hammer, hard case, pouch, stiker nada, cleaning cloth, vibrato chain, pickup portabel, tassel, pelindung kuku, buku lagu, buku instruksi
8
BentukFlatboard
Jumlah tines17
Material bodiMahogany
Material tinesMetal
BobotTidak disebutkan
Tuning dasarC
Ukuran Tidak disebutkan
Kelengkapan kitKalimba, tuning hammer, hard case, stiker nada, cleaning cloth
7

COWBOY Kalimba

F17 K

Mulai dari Rp 147.000,00

BentukHollow
Jumlah tines17
Material bodiMahogany
Material tinesTidak disebutkan
BobotTidak disebutkan
Tuning dasarC
Ukuran Tidak disebutkan
Kelengkapan kitKalimba, tuning hammer, pouch, stiker nada, cleaning cloth, buku instruksi, pelindung jari
6
BentukHollow
Jumlah tines17
Material bodiKayu
Material tinesTidak disebutkan
BobotTidak disebutkan
Tuning dasarC
Ukuran Tidak disebutkan
Kelengkapan kitTidak disebutkan
5
BentukFlatboard
Jumlah tines17
Material bodiMahoni
Material tinesSteel
Bobot450 gram
Tuning dasarC
Ukuran 17 cm x 13 cm x 2,5 cm
Kelengkapan kitKalimba, tuning hammer, pouch, stiker nada, cleaning cloth
4

GECKOK17BA Bamboo Kalimba Thumb Piano

K17KEQ

Mulai dari Rp 500.000,00

BentukElectric hollow
Jumlah tines17 keys
Material bodiSolid koa wood
Material tinesCarbon steel
Bobot938 gram
Tuning dasarB
Ukuran 18,5 cm x 13 cm x 3,2 cm
Kelengkapan kitKalimba, tuning hammer, hard case, pouch, stiker nada, kabel, kain lap, buku lagu, buku instruksi
3

Murai KalimbaKalimba – Shankara (S Series) BOX Premium

Mulai dari Rp 320.000,00

BentukHollow
Jumlah tines17
Material bodiPremium teakwood
Material tinesManganese steel
BobotTidak disebutkan
Tuning dasarC
Ukuran 18,5 cm x 12,5 cm x 2,5 cm
Kelengkapan kitKalimba, tuning hammer, pouch, stiker nada, kain lap, buku instruksi, buku lagu, gantungan rumbai
2
BentukFlatboard
Jumlah tines17
Material bodiAkrilik
Material tinesTidak disebutkan
Bobot560 gram
Tuning dasarC
Ukuran 22 cm x 16,5 cm x 7,5 cm
Kelengkapan kitKalimba, tuning hammer, hard case, stiker nada, kain lap, buku instruksi
1
BentukHollow
Jumlah tines17
Material bodiSpruce
Material tinesMetal
Bobot485 gram
Tuning dasarC
Ukuran 25 cm x 14 cm x 6 cm
Kelengkapan kitKalimba, tuning hammer, pouch, hard case, stiker nada, kain lap, pelindung jari, buku instruksi

Tabel perbandingan produk kalimba terbaik

Gambar produk
1
Bonkyo  Kalimba 1

Bonkyo

2
KIMI  Kalimba Bear 1

KIMI

3
Murai Kalimba Kalimba – Shankara (S Series) BOX Premium 1

Murai Kalimba

4
GECKO K17BA Bamboo Kalimba Thumb Piano 1

GECKO

5
Gaharu  Kalimba 1

Gaharu

6
Paladin  Original Kalimba 1

Paladin

7
COWBOY  Kalimba 1

COWBOY

8
Nyora Bubble Gum 1

Nyora

9
LingTing Kalimba 1

LingTing

10
Muspor  EQ Kalimba  1

Muspor

Nama produk

Kalimba

Kalimba Bear

Kalimba – Shankara (S Series) BOX Premium

K17BA Bamboo Kalimba Thumb Piano

Kalimba

Original Kalimba

Kalimba

Bubble Gum

Kalimba

EQ Kalimba

Keunggulan

Kalimba dengan tines yang nyaman untuk jari-jari pemula

Desain unik dan elegan, bisa jadi aksesori, hiasan, dan hadiah

Produk lokal yang kukuh dengan kualitas suara yang terjaga

Bawa kalimba ke luar ruangan? Siapa takut!

Waktunya berani bereksplorasi dengan nada-nada tinggi!

Anda seorang cat lover? Kalimba ini harus Anda miliki

Budget friendly untuk Anda yang tidak ingin menguras kantong

Berani tampil beda dengan kalimba beda warna

Paket lengkap dalam satu produk! Tidak butuh aksesori tambahan lainnya

Satu kalimba untuk menemani beragam aktivitas!

Harga mulai dariRp 169.900,00Rp 445.000,00Rp 320.000,00Rp 500.000,00Rp 325.000,00Rp 210.000,00Rp 147.000,00Rp 249.900,00Rp 525.000,00Rp 432.800,00
BentukHollowFlatboardHollow Electric hollowFlatboardHollowHollowFlatboardFlatboardElectric hollow
Jumlah tines171717 17 keys171717171717
Material bodiSpruce AkrilikPremium teakwood Solid koa woodMahoniKayuMahoganyMahoganyAfrican padaukMahogany
Material tinesMetalTidak disebutkanManganese steelCarbon steelSteelTidak disebutkanTidak disebutkanMetalOre metalOre metal
Bobot485 gram560 gramTidak disebutkan938 gram450 gramTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan480 gram335 gram
Tuning dasarCCCBCCCCCC
Ukuran 25 cm x 14 cm x 6 cm22 cm x 16,5 cm x 7,5 cm18,5 cm x 12,5 cm x 2,5 cm18,5 cm x 13 cm x 3,2 cm17 cm x 13 cm x 2,5 cmTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan18 cm x 12 cm x 2,6 cm18,5 cm x 11,5 cm x 3,5 cm
Kelengkapan kitKalimba, tuning hammer, pouch, hard case, stiker nada, kain lap, pelindung jari, buku instruksiKalimba, tuning hammer, hard case, stiker nada, kain lap, buku instruksiKalimba, tuning hammer, pouch, stiker nada, kain lap, buku instruksi, buku lagu, gantungan rumbaiKalimba, tuning hammer, hard case, pouch, stiker nada, kabel, kain lap, buku lagu, buku instruksiKalimba, tuning hammer, pouch, stiker nada, cleaning cloth Tidak disebutkanKalimba, tuning hammer, pouch, stiker nada, cleaning cloth, buku instruksi, pelindung jariKalimba, tuning hammer, hard case, stiker nada, cleaning clothKalimba, tuning hammer, hard case, pouch, stiker nada, cleaning cloth, vibrato chain, pickup portabel, tassel, pelindung kuku, buku lagu, buku instruksiKalimba, tuning hammer, pouch, stiker nada, cleaning cloth, kabel, buku lagu, buku instruksi
Tautan produk

Tips dari pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto

Tips dari pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto

Berikut ini adalah tips bagi Anda yang ingin menyetem kalimba:

  1. Cari tahu mengenai nada dasar tuning kalimba yang Anda miliki, misalnya nada dasar C.
  2. Gunakan garpu tala atau tuner. Selain itu, Anda bisa juga menggunakan piano sebagai acuan nada.
  3. Stem nada tiap-tiap tines. Apabila menggunakan tuner, Anda cukup memperhatikan layarnya. Namun, Anda perlu lebih cermat jika menggunakan piano. Petik tines nada C, lalu samakan dengan nada C pada piano. Lakukan sampai seluruh tines bunyinya sama dengan piano.

Baca juga rekomendasi alat musik lainnya di sini

Selain kalimba, kami juga mengulas berbagai jenis alat musik, seperti gitar, flute, dan biola. Jika Anda hendak membeli dan memainkan alat-alat musik tersebut, ketahuilah cara memilihnya melalui tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Setelah membaca cara memilih dan rekomendasi produknya, apakah Anda sudah menemukan kalimba yang diinginkan? Ketika hendak memilih kalimba, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Anda perlu mempertimbangkan material, bentuk dan desain, jumlah tines, serta tuning dasar. 

 
Karena beragamnya jenis kalimba yang tersedia di pasaran, Anda sebaiknya memilih produk yang sesuai dengan karakteristik dan kemampuan. Agar tidak bingung, jadikanlah artikel ini sebagai panduan untuk memilih. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Mic Karaoke Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mic Karaoke Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Karaoke merupakan salah satu aktivitas menyenangkan yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang. Selain di tempat hiburan seperti studio musik, karaoke bisa dilakukan di rumah, bahkan saat melakukan perjalanan di dalam mobil. Supaya suara Anda terdengar makin keras dan bagus, siapkanlah mic karaoke. Nah, mic merek apa yang bagus untuk karaoke? Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih mic yang bagus untuk karaoke, baik tipe wireless, Bluetooth, maupun kabel. Kami juga akan memberikan rekomendasi merk mic karaoke terbaik yang dijual secara online, seperti Advance, Shure, dan Sony. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Microphone Terbaik Tipe Dynamic - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Microphone Terbaik Tipe Dynamic - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Pernah mendengar tentang mikrofon dinamik? Mikrofon ini sering kita temukan di live house dan tempat karaoke. Mikrofon dinamik sudah banyak dijual oleh perusahaan yang berkecimpung di bidang audio, seperti SHURE, Audio-Technica, dan Sennheiser. Ada beragam spesifikasi yang diberikan sehingga Anda mungkin bingung untuk memilih.Kali ini, kami akan memberikan beberapa tips cara memilih mikrofon dinamik yang bagus untuk Anda. Dalam artikel ini terdapat juga komentar dari Dennis Novriandi yang merupakan seorang sound engineer. Kami juga mempunyai rekomendasi produk-produk dari merek terbaik. Ikuti tips dari kami untuk menemukan produk yang tepat!
    Musik
  • 10 Gitar Listrik Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gitar Listrik Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022)
    Terdapat beberapa merek gitar listrik yang bagus di pasaran, seperti Ibanez, Yamaha, Fender, CORT, dan lainnya. Tergantung pada merek dan kualitasnya, harga gitar listrik yang ori ini bervariasi, mulai dari yang murah hingga mahal.Anda sedang mencari gitar listrik? Untuk seorang pemula, memilih gitar listrik yang tepat tentu sedikit membingungkan. Karena itu, kami akan mengulas hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih gitar listrik. Kami juga memberikan sederet produk rekomendasi. Jadikanlah artikel ini sebagai panduan sebelum Anda membeli. Artikel ini sudah ditinjau oleh pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto.
    Musik
  • 10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2022)
    Biola adalah alat musik gesek dengan suara yang cukup nyaring. Apakah Anda berminat untuk berlatih biola dari awal? Ada banyak pilihan biola untuk pemula yang dapat Anda pilih. Harganya pun bervariasi, mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Semua tergantung pada kualitas kayunya.Skylark, Cremona, dan Pearl River adalah beberapa merek biola yang bagus untuk para pemula. Sebelum membeli biola, simak dahulu tips dari kami, ya. Kami akan berbagi tips memilih biola yang tepat untuk para pemula. Selain harga, masih ada poin penting yang harus Anda pertimbangkan. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Gitar Yamaha Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gitar Yamaha Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022)
    Gitar merupakan alat musik yang menarik untuk dipelajari. Suara merdunya dapat menjadi melodi utama sampai melodi pengisi dalam lagu. Di antara banyaknya merek gitar, Yamaha menjadi pilihan top of mind bagi konsumen. Gitar Yamaha original memiliki berbagai seri serta jenis gitar untuk kebutuhan Anda.Kami akan berbagi tips memilih gitar dari Yamaha, termasuk gitar akustik Yamaha terbaik. Simak juga daftar rekomendasi gitar Yamaha yang bagus sebagai referensi Anda. Gitar Yamaha C315, Yamaha F310, dan Yamaha APX600 ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh gitaris, Adriano Pandapotan. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Keyboard Yamaha Terbaik - Ditinjau oleh Music Composer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Keyboard Yamaha Terbaik - Ditinjau oleh Music Composer (Terbaru Tahun 2022)
    Selain piano, pilihan alat musik yang paling banyak diminati saat ini adalah keyboard. Alat musik ini menggabungkan model permainan piano dengan teknologi. Yamaha merupakan merek alat musik top of mind ketika Anda mencari keyboard. Anda mungkin bingung memilihnya dari segi style, fitur, dan harga.Oleh karena itu, kami akan memberikan poin-poin cara memilih keyboard Yamaha. Simak rekomendasi keyboard Yamaha yang bagus sebagai referensi Anda. Berbagai keyboard Yamaha dari seri PSR-E, PSR-SX, dan Genios juga ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh music composer kami, Joshua Pandu. Selamat membaca!
    Musik
  • 9 Speaker Terbaik untuk Mendengarkan Musik Rock - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    9 Speaker Terbaik untuk Mendengarkan Musik Rock - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Mendengarkan musik rock tentu akan semakin menyenangkan jika memakai speaker. Dengan memakai speaker musik terbaik, Anda jadi bisa merasakan sensasi menonton konser rock secara live. Speaker untuk mendengarkan musik rock sangatlah beragam tergantung dari segi ukuran, suara yang dihasilkan, dan jumlah saluran.Kami akan memberikan tips memilih speaker musik terbaik untuk musik rock. Ada juga rekomendasi merek speaker yang bagus, seperti Okaya, JBL, Marshall, Dazumba, dan lainnya. Simak artikel ini dan dapatkan speaker terbaik untuk musik rock favorit Anda. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh sound engineer kami, Dennis Novriandi.
    Musik
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori