1. TOP
  2. >
  3. Program & aplikasi
  4. >
  5. Aplikasi
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Aplikasi Pemutar Musik Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Pemutar Musik Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Pemutar Musik Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Pemutar Musik Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Pemutar Musik Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Pemutar Musik Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Aplikasi Pemutar Musik Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Musik sejatinya tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Saat mengalami momen sedih atau bahagia, alunan musik selalu menemani. Dengan hadirnya aplikasi pemutar musik, Anda dapat mendengarkan musik kapan saja dan di mana saja. Saat ini aplikasi pemutar musik, seperti Spotify dan JOOX, bisa didapatkan di platform penyedia aplikasi.


Setiap aplikasi pemutar musik memiliki keunggulan masing-masing. Nah, kali ini kami akan memberikan rekomendasi beberapa aplikasi pemutar musik terbaik. Sebelumnya, kami akan memberikan tips memilih aplikasi pemutar musik yang bagus terlebih dahulu. Pastikan Anda membacanya sampai akhir, ya!

Diperbaharui 01-11-2023
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih aplikasi pemutar musik

Anda bisa mengunduh aplikasi pemutar musik melalui platform penyedia aplikasi. Akan tetapi, ada beberapa poin yang mesti Anda perhatikan ketika memilih aplikasi pemutar musik. Untuk lebih jelasnya silakan Anda simak pembahasan di bawah ini.

① Pahami mode pemutar musik offline dan online

Pahami mode pemutar musik offline dan online

Secara umum aplikasi pemutar musik dapat dibagi menjadi dua, yakni aplikasi pemutar musik offline dan online. Aplikasi pemutar musik mana yang sebaiknya dipilih? Berikut beberapa kelebihan dan kekurangannya.


  • Aplikasi pemutar musik offline

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memutar musik yang tersimpan di ponsel tanpa memerlukan jaringan internet. Biasanya file yang bisa diputar di aplikasi ini adalah mp3. 


Saat ini aplikasi pemutar musik offline sudah mulai ditinggalkan. Walaupun demikian, prinsip kerjanya justru dikembangkan oleh para penyedia aplikasi pemutar musik online. Dengan berlangganan akun premium, pengguna dapat mengunduh lagu kesukaannya sehingga bisa diputar secara offline.


  • Aplikasi pemutar musik online

Aplikasi pemutar musik online memungkinkan Anda yang tidak berlangganan untuk memutar musik asalkan terhubung dengan jaringan internet. Aplikasi ini praktis karena Anda tidak perlu mengunduh atau membeli lagu terlebih dahulu untuk memutarnya. Dengan begitu, Anda tidak perlu menyiapkan storage untuk menyimpan musik kesukaan Anda.

② Pertimbangkan versi gratis atau versi berbayar

Pertimbangkan versi gratis atau versi berbayar

Aplikasi pemutar musik online tersedia dalam dua versi, yakni versi gratis dan versi berbayar. Setiap versi memiliki kelebihannya masing-masing. Mari simak pembahasannya berikut ini.


  • Versi gratis

Pada versi gratis, Anda bisa memutar musik kesayangan tanpa perlu membayar biaya langganan. Namun, ada beberapa kekurangan yang harus Anda rasakan. 


Pertama, Anda hanya bisa memutar musik secara terbatas. Kedua, biasanya Anda harus mendengar berbagai iklan produk yang ditawarkan di sela-sela jeda lagu. Namun, kekurangan tersebut pantas untuk dimaklumi jika Anda memang ingin menghemat biaya.


  • Versi berbayar

Versi berbayar memungkinkan Anda menikmati lagu sepuasnya, tanpa batas dan tanpa jeda iklan. Bahkan, Anda juga bisa mengunduh musik dan memutarnya tanpa jaringan internet. Intinya, seluruh fitur menarik yang ditawarkan aplikasi bisa Anda nikmati. 

③ Perhatikan fitur tambahan yang disediakan oleh aplikasi

Menunjang pengalaman Anda dalam mendengarkan lagu, beberapa aplikasi juga menawarkan fitur tambahan. Berikut ini adalah beberapa fitur tambahan yang sering ditemukan pada aplikasi pemutar musik.


  • Fitur lirik

Jika Anda menyukai karaoke, pilihlah aplikasi pemutar musik yang memiliki fitur lirik. Saat ini sudah banyak aplikasi pemutar musik yang dilengkapi fitur ini. Biasanya fitur lirik tersebut berasal dari penyedia layanan pihak ketiga. Penyedia aplikasi pemutar musik akan bekerja sama dengan pengembang aplikasi lirik, seperti Genius atau MusixMatch.


  • Fitur timer

Fitur ini memungkinkan musik berhenti berputar secara otomatis setelah waktu yang ditentukan tiba. Sebagian besar aplikasi pemutar musik biasanya menyediakan pilihan durasi mulai dari 5 menit hingga 1 jam. Dalam hal ini, Anda bisa mengatur berdasarkan durasi yang dibutuhkan.

④ Pastikan dapat memfilter konten vulgar


Aplikasi penyedia musik memang memiliki katalog musik yang cukup luas. Lagu dengan muatan konten dewasa pun sering kali tersedia di sana. Misalnya, Anda mungkin akan menemukan beberapa musik yang memuat umpatan dan lain sebagainya. Bagi Anda yang memiliki anak di bawah umur, konten seperti ini tentu saja tidak cocok diperdengarkan. 


Untuk melindungi anak dari konten tersebut, Anda dapat memilih aplikasi pemutar musik dengan fitur filter konten vulgar. Fitur tersebut memungkinkan musik-musik yang mengandung konten vulgar atau eksplisit terblokir secara otomatis.

10 Rekomendasi aplikasi pemutar musik terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh aplikasi pemutar musik terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pengguna. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di Google Play dan App Store.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

M&M Media

Trebel

M&M Media Trebel 1枚目

Nikmati lagu favorit Anda kapan saja dan di mana saja

2

iHeartMedia

iHeart: Music, Radio, Podcasts

iHeartMedia iHeart: Music, Radio, Podcasts 1枚目

Tak hanya musik, Anda juga bisa mendengarkan siaran radio

3

SoundCloud Global Limited

SoundCloud - musik & audio

SoundCloud Global Limited SoundCloud - musik & audio 1枚目

Perluas cakrawala musik Anda dari para musisi baru

4

Spotify AB

Spotify

Spotify AB Spotify 1枚目

Aplikasi pemutar musik dengan fitur paling lengkap

5

Deezer Music

Deezer - Music & Podcasts

Deezer Music Deezer - Music & Podcasts 1枚目

Unik! Anda bisa menggunakannya untuk melacak lagu

6

Google LLC

YouTube Music

Google LLC YouTube Music 1枚目

Layanan musik untuk penggemar video musik

7

Tencent Mobility Limited

JOOX Music

Tencent Mobility Limited JOOX Music 1枚目

Jalin interaksi dengan Joox Room

8

IDAGIO GmbH

IDAGIO - Classical Music

IDAGIO GmbH IDAGIO - Classical Music  1枚目

Aplikasi yang dirancang untuk para penggemar musik klasik

9

AMZN Mobile LLC

Amazon Music: Songs & Podcasts

AMZN Mobile LLC Amazon Music: Songs & Podcasts 1枚目

Nikmati akses ke 100 juta lebih lagu

10

Moon Video

Resso Music

Moon Video Resso Music 1枚目

Aplikasi musik untuk generasi Z dan milenial

Perincian produk
Close
No.1

Nikmati lagu favorit Anda kapan saja dan di mana saja

Kelebihan:

  • Ada fitur Song ID untuk mendeteksi musik yang diputar di sekitar Anda

Kekurangan:

  • Koleksi lagunya kurang banyak

Trebel hadir bagi para penggemar musik sejati yang ingin mendengarkan musik kapan saja dan di mana saja. Lagu-lagu di Trebel bisa Anda nikmati tanpa subscription atau pembayaran apa pun. Anda pun bisa mengunduh lagu-lagu favorit Anda dan mendengarkannya nanti saat offline


Aplikasi ini juga memiliki fitur Song ID. Fitur ini memungkinkan Anda mendeteksi musik yang diputar di sekitar Anda dengan satu sentuhan. Jadi, saat mendengar lagu yang Anda sukai, Anda bisa segera menemukannya dan mengunduhnya. 

No.2

iHeartMediaiHeart: Music, Radio, Podcasts

Tak hanya musik, Anda juga bisa mendengarkan siaran radio

Kelebihan:

  • Selain mendengarkan musik, Anda juga bisa mendengarkan radio

Kekurangan:

  • Di versi gratis, terlalu banyak iklan yang muncul, beberapa pengguna merasa terganggu

Aplikasi ini tidak hanya memutar musik, tetapi juga dapat memutar radio langsung dan radio khusus. Anda dapat mendengar siaran yang sedang diputar di stasiun radio tertentu di seluruh dunia menggunakan radio langsung.


Sementara itu, radio khusus memungkinkan Anda untuk membuat stasiun berdasarkan lagu atau artis favorit. Aplikasi ini sangat cocok untuk Anda para pendengar setia radio. Layanan yang diberikan aplikasi ini juga gratis. Anda hanya perlu mendaftar menggunakan akun Facebook.

No.3

SoundCloud Global LimitedSoundCloud - musik & audio

Perluas cakrawala musik Anda dari para musisi baru

Kelebihan:

  • Pemilik akun dapat melakukan rekaman dan menampilkan karyanya pada layanan ini

Kekurangan:

  • Pilihan lagunya terbatas

Anda merasa bosan dengan musik arus utama yang diputar di mana-mana? Mungkin saatnya Anda meluaskan cakrawala dunia permusikan dengan SoundCloud. Aplikasi ini merupakan platform yang digunakan oleh para musisi baru untuk mengenalkan karyanya.


Oleh karena itu, Anda bisa mendengarkan musik dari musisi yang berada di luar jalur mainstream. Ada berbagai genre musik yang diciptakan musisi dan bisa Anda dengar melalui aplikasi ini.

No.4

Aplikasi pemutar musik dengan fitur paling lengkap

Kelebihan:

  • Pilihan lagunya lengkap, ada lebih dari 40 juta lagu

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna menyebutkan mengalami kesulitan memainkan saved playlist mereka setelah ada update

Spotify merupakan aplikasi pemutar musik yang sangat lengkap. Spotify tidak hanya menawarkan kualitas 320 Kbps, tetapi juga memiliki katalog musik yang mencapai lebih dari 40 juta musik. Aplikasi ini cocok digunakan oleh seluruh anggota keluarga, termasuk anak-anak, karena memiliki fitur filter konten vulgar. 


Aplikasi ini dapat dimainkan pada hampir semua perangkat yang Anda miliki. Dengan demikian, Spotify adalah pilihan tepat untuk Anda yang mencari aplikasi pemutar musik PC. User interface aplikasi ini juga cenderung intuitif sehingga memberikan kenyamanan sendiri bagi penggunanya. Spotify juga memiliki algoritme penemuan musik baru yang akan terus meng-update daftar lagu mingguan Anda. 

No.5

Deezer MusicDeezer - Music & Podcasts

Unik! Anda bisa menggunakannya untuk melacak lagu

Kelebihan:

  • Fitur song catcher, membantu Anda mencari tahu lagu yang diputar di sekitar Anda
  • Ada fitur lirik dan terjemahannya juga

Kekurangan:

  • Algoritma pencariannya masih bisa ditingkatkan lagi

Anda pasti pernah mendengar lagu yang ear-catching, tetapi tak bisa menambahkan lagunya ke playlist karena tak tahu judulnya. Karena itu, kami merekomendasikan aplikasi pemutar musik ini. Fitur SongCatcher-nya memungkinkan Anda untuk mencari lagu yang tidak dikenal hanya dengan mendengarkan liriknya.


Jika Anda mendengar lagu baru, buka saja fitur SongCatcher dan informasi mengenai lagu pun akan muncul. Selanjutnya, Anda hanya perlu menambahkannya ke daftar putar untuk didengarkan.

No.6

Layanan musik untuk penggemar video musik

Kelebihan:

  • Tidak hanya menyajikan audio, tetapi juga video

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna menyebutkan mengalami masalah saat memutar atau melakukan pengaturan playlist mereka


Platform YouTube saat ini telah melebarkan sayapnya kepada para penggemar musik. Hal ini ditandai dengan rilisnya YouTube Music beberapa waktu lalu. Namun, YouTube Music memiliki kualitas audio yang tidak sebaik aplikasi lainnya. Anda harus berlangganan untuk menikmati aplikasi pemutar musik YouTube di latar belakang. Dengan fitur premium, aplikasi bisa tetap berjalan walaupun Anda minimize.


Meski demikian, berbeda dengan aplikasi lainnya, YouTube Music menyajikan video musik di dalamnya. Aplikasi ini cocok untuk Anda yang gemar mendengarkan musik sembari menikmati video musik. Anda juga bisa menikmati video konser penyanyi atau grup band favorit dengan aplikasi ini.

No.7

Tencent Mobility LimitedJOOX Music

Jalin interaksi dengan Joox Room

Kelebihan:

  • Fitur Joox Room membuat para pengguna bisa saling berinteraksi dan lebih seru

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna mengatakan aplikasinya beberapa kali mengalami bug atau error yang memperdengarkan suara yang tidak seharusnya

Joox bukanlah aplikasi pemutar musik biasa. Aplikasi ini memiliki fitur bernama Joox Room yang memungkinkan adanya interaksi di antara para pengguna. Para musisi, konten kreator, dan komunitas bisa menjalin hubungan baik dengan penggemarnya. Pengguna fitur ini bisa melakukan obrolan video, chatting, dan obrolan suara. 


Selain itu, Anda juga bisa mengobrol dengan pengguna lain sembari menikmati alunan musik. Dengan demikian, aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang aktif dan suka berinteraksi di dunia maya. 

No.8

IDAGIO GmbHIDAGIO - Classical Music

Aplikasi yang dirancang untuk para penggemar musik klasik

Kelebihan:

  • Kualitas suaranya sangat bagus, cocok untuk memutar musik klasik

Kekurangan:

  • Hanya menyediakan musik-musik klasik, tidak ada musik dari genre lainnya

Idagio adalah aplikasi yang akan memanjakan telinga para penggemar musik klasik. Ada 2 juta lebih musik klasik berlisensi yang bisa dinikmati melalui aplikasi ini. Anda dapat menikmati alunan musik Bach, Mozart, dan lainnya dengan kualitas suara yang tidak perlu diragukan lagi.


Idagio juga memiliki daftar putar yang dikurasi berdasarkan instrumen. Namun, aplikasi pemutar musik online ini tidak menyediakan musik di luar genre klasik. Dengan demikian, aplikasi ini memang hanya diperuntukkan bagi Anda yang menyukai genre tersebut. 

No.9

AMZN Mobile LLCAmazon Music: Songs & Podcasts

Nikmati akses ke 100 juta lebih lagu

Kelebihan:

  • Pilihan lagunya sangat banyak

Kekurangan:

  • Update terbaru, membuat urutan pilihan lagu hanya berdasarkan alphabetical

Bagi Anda yang merasa hidupnya hampa tanpa musik, Amazon Music: Songs & Podcasts wajib Anda unduh. Menghadirkan 100 juta lebih lagu, aplikasi ini siap memutar musik untuk menemani hari-hari Anda. 


Pop, jaz, klasik, hiphop, atau genre musik apa pun yang Anda suka, bisa Anda nikmati semua di sini. Silakan gunakan akses premiumnya untuk pengalaman yang lebih maksimal, seperti unduh lagu favorit, skip lagu sesuka hati, dan lainnya. 

No.10

Aplikasi musik untuk generasi Z dan milenial

Kelebihan:

  • Aplikasi pemutar musik interaktif, penggunanya bisa saling berinteraksi dengan meninggalkan komen

Kekurangan:

  • Kadang terjadi audio dan lirik yang keluar tidak pas

Generasi Z dan milenial merupakan kelompok yang disasar oleh Resso. Aplikasi pemutar musik ini digadang-gadang menggabungkan pemutar musik dan media sosial. Melalui aplikasi ini, penikmat musik dapat mengekspresikan diri melalui cara interaktif. 


Resso juga memungkinkan pengguna untuk berbagi lirik lagu antarpengguna dan meninggalkan komentar saat lagu diputar. Selain itu, Anda juga dapat membagikan lagu yang sedang diputar ke sejumlah platform media sosial.

Baca juga rekomendasi aplikasi lainnya di sini

Selain aplikasi pemutar musik terbaik, kami juga memberikan rekomendasi beberapa aplikasi lainnya. Beberapa aplikasi yang kami rekomendasikan adalah aplikasi olahraga, aplikasi edit video terbaik, dan lain sebagainya. Jika Anda tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut, silakan baca artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Dengan adanya aplikasi pemutar musik, Anda bisa mendengarkan musik kesukaan di mana saja dan kapan saja. Selain itu, aplikasi telah menawarkan fitur yang beragam. Anda bisa memilih aplikasi pemutar musik terbaik berdasarkan kebutuhan dan preferensi pribadi. 


Setelah memilih aplikasi yang tepat, silakan download aplikasi pemutar musik pilihan Anda di Google Play atau App Store. Semoga artikel ini membantu Anda menemukan aplikasi pemutar musik yang tepat. Enjoy your music!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer