• 10 Rekomendasi Solder Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)  1
  • 10 Rekomendasi Solder Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)  2
  • 10 Rekomendasi Solder Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)  3
  • 10 Rekomendasi Solder Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)  4
  • 10 Rekomendasi Solder Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)  5

10 Rekomendasi Solder Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Tidak semua orang familier dengan solder listrik. Mungkin hanya Anda yang biasa mengutak-atik alat elektronik sendiri yang cukup akrab dengan alat ini. Nah, dalam artikel ini kami akan memaparkan berbagai informasi, mulai dari spesifikasi, harga solder listrik, hingga gambarnya.


Kami juga menyiapkan tips memilih produk solder listrik yang bagus agar Anda bisa menemukan yang sesuai kebutuhan. Kenmaster, Nankai, dan Goot Solder merupakan beberapa merek solder listrik yang patut Anda pertimbangkan. Mari langsung simak artikel berikut ini sampai selesai dan temukan produk solder yang Anda butuhkan!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Mengenal kegunaan solder listrik

Mengenal kegunaan solder listrik

Solder listrik tentu tidak asing bagi Anda yang suka membongkar dan memasang alat elektronik sendiri. Alat yang dibentuk dari perpaduan logam fusible ini berguna untuk merekatkan benda logam. Biasanya, solder dimanfaatkan untuk membongkar atau merakit rangkaian elektronika pada PCB (printed circuit board).


PCB berbentuk papan yang terbuat dari tembaga serta bahan lain untuk menghubungkan komponen elektronik dengan konduktornya. Nah, komponen-komponen tersebut dilekatkan dengan timah dan solder listrik. Solder listrik akan menghasilkan panas dengan suhu 90–450℃. Panas ini melelehkan timah sehingga terbentuk ikatan dengan benda logam lain yang akan ditempelkan pada papan tersebut.

Cara memilih solder listrik

Tersedia cukup banyak pilihan produk solder listrik di pasaran. Sebelum membeli solder listrik pilihan, simak terlebih dahulu tips memilih berikut ini.

Cari yang daya listriknya sesuai kebutuhan

Cari yang daya listriknya sesuai kebutuhan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, solder digunakan untuk melelehkan logam dan menyatukan komponen elektronik tertentu. Logam tersebut dapat leleh sehingga komponen elektronik bisa digabungkan berkat adanya panas pada solder tip


Biasanya, panas dihasilkan oleh aliran listrik yang mengalir melalui elemen pemanas. Suhu elemen pemanas dapat dipengaruhi oleh daya listrik yang diperlukan sebuah solder. Karena itu, sesuaikan daya listrik tersebut dengan kebutuhan Anda. Di bawah ini adalah macam-macam besaran listrik produk solder yang bisa Anda pilih.


  • Daya 5–15W: Inilah jenis solder yang sesuai untuk mematri kabel halus seperti komponen yang disolder di permukaan PCB. Umumnya, solder dengan daya sangat kecil ini memiliki jarum solder yang juga kecil. Dengan begitu, jenis ini bisa digunakan untuk menyolder komponen elektronik dengan ruang sempit.
  • Daya 15–30W: Besi solder ini juga ditujukan untuk penyolderan halus seperti komponen berukuran kecil atau medium. Misalnya, penyolderan komponen pada PCB dan konstruksi model alat elektronik. Biasanya, ujung solder dari jenis ini berukuran kecil sehingga mudah digunakan dan harganya cukup ekonomis.
  • Daya 30–60W: Solder dalam rentang daya listrik ini disebut universal soldering iron. Alasannya, jenis solder ini sering kali dapat dipasangkan dengan beragam ujung solder atau solder tip. Jadi, solder ini dapat digunakan untuk berbagai jenis pekerjaan. Di pasaran, ada juga solder jenis ini yang dibekali dengan pengaturan suhu agar suhunya tidak terlalu tinggi.
  • Daya >60W: Untuk pekerjaan berat, seperti mematri kabel besar, solar cells, dan baterai, jenis ini dapat menjadi andalan.

Pilih berdasarkan bentuknya

Di samping mempertimbangkan kesesuaian daya listrik dengan kebutuhan pekerjaan, Anda juga perlu memilih bentuk yang pas. Solder listrik biasanya berbentuk lurus atau pistol. Kenali keunggulan tiap-tiap bentuk untuk menemukan produk yang paling memenuhi kebutuhan Anda!

Bentuk lurus, untuk hasil yang presisi

Bentuk lurus, untuk hasil yang presisi

Solder berbentuk lurus umumnya tersedia dalam berbagai ukuran serta daya listrik. Solder kecil bisa Anda pilih untuk pekerjaan elektronika ringan, sedangkan yang besar dapat diandalkan untuk pekerjaan berat. Berkat fleksibilitas tersebut, pekerjaan Anda pun akan lebih presisi sebab ukuran dan daya solder benar-benar sesuai kebutuhan.


Tidak hanya itu, solder yang bentuknya lurus juga cenderung lebih ringan bila dibandingkan bentuk pistol. Dengan demikian, lebih nyaman untuk kerja jangka panjang. Namun, rentang daya listriknya terbatas sehingga Anda mungkin perlu memiliki beberapa produk dengan variasi kapasitas aliran listrik.

Bentuk pistol, sesuai untuk beragam pekerjaan

Bentuk pistol, sesuai untuk beragam pekerjaan

Berbeda dengan solder lurus, solder pistol mempunyai daya listrik dalam rentang yang lebih luas. Satu produk mungkin saja dapat dialiri listrik mulai dari puluhan hingga ratusan watt. Karena itu, satu solder pistol dapat Anda manfaatkan untuk menyelesaikan aneka jenis pekerjaan baik halus maupun berat.


Selain itu, solder berbentuk pistol kerap dilengkapi dengan step-down transformer yang menjadikan ujung solder lebih cepat panas. Anda sudah bisa langsung memakai solder dalam beberapa detik setelah kabel power dicolokkan ke sumber listrik. Sayangnya, bentuk ini memiliki bobot yang lebih berat daripada solder lurus. Dalam penggunaan lama, tangan Anda mungkin akan terasa kurang nyaman.

Pertimbangkan bahan gagangnya

Ketika mencari solder listrik, Anda akan menemukan produk dengan gagang plastik serta kayu. Sebelum Anda menjatuhkan pilihan, cermati terlebih dahulu karakteristik kedua bahan gagang tersebut.

Solder bergagang plastik yang lebih ringan

Solder bergagang plastik yang lebih ringan

Bagian ujung solder terbuat dari besi. Maka dari itu, ujung solder dikombinasikan dengan gagang plastik agar lebih ringan. Akan tetapi, plastik yang digunakan sebagai bahan gagang solder cukup beragam. 


Solder berharga murah umumnya menggunakan plastik yang kurang kuat. Akibatnya, gagang solder relatif cepat ikut meleleh, terutama bagian dekat elemen pemanas. Karena itu, Anda perlu cermat dalam pemilihan bahan gagang solder.

Solder bergagang kayu yang cenderung lebih awet

Solder bergagang kayu yang cenderung lebih awet

Apabila durability menjadi salah satu fokus utama Anda, sebaiknya jatuhkan pilihan pada solder bergagang kayu. Sudah bukan rahasia lagi, kayu merupakan salah satu bahan isolator panas terbaik. Dengan demikian, gagang solder tidak akan cepat meleleh ataupun rusak, sekalipun solder sering digunakan.

Periksa fitur-fitur tambahannya

Periksa fitur-fitur tambahannya

Hampir semua solder bekerja dengan prinsip yang sama yaitu menghasilkan panas untuk melelehkan logam atau kawat. Meskipun begitu, ada juga produk solder yang dilengkapi dengan fitur tambahan. Misalnya, terdapat produk yang dibekali dengan temperature setting sehingga Anda dapat menyesuaikan suhu ujung solder.


Ada pula produk yang dibekali teknologi khusus seperti ceramic pipe insulation di sepanjang badan solder. Dengan begitu, panas akan langsung tertuju ke ujung dan solder tip menjadi lebih cepat panas. Fitur lain yang mungkin patut dipertimbangkan adalah pelapis antikorosi pada ujung solder. Tiap-tiap produk solder menawarkan fitur tersendiri sehingga Anda tinggal memilih yang paling memenuhi kebutuhan.

10 Rekomendasi solder listrik terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh solder listrik terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

HasstonSolder Listrik Gagang Kayu

3890-100

Mulai dari Rp 105.105,00

Daya listrik100W
BentukLurus
Bahan gagangKayu
Fitur tambahanTidak ada
9

Stanley Black & DeckerSoldering Iron Round Pin

69-031B

Mulai dari Rp 130.000,00

Daya listrik30W
BentukLurus
Bahan gagangPlastik
Fitur tambahanMencapai suhu kerja dalam 12 detik, dua jenis solder tip
8

Taiyo ElectricGoot Precision-Component Mounting-Board Soldering Iron

CXR-41

Mulai dari Rp 410.000,00

Daya listrik30W
BentukLurus
Bahan gagangPlastik
Fitur tambahanCompact dan ringan, ujung solder dilapisi krom
7
Daya listrik40W
BentukLurus
Bahan gagangPlastik
Fitur tambahanCepat panas
6

Ingco Teknika IndonesiaIngco Solder Listrik HD

SI0248

Mulai dari Rp 94.500,00

Daya listrik40W
BentukLurus
Bahan gagangPlastik
Fitur tambahanPreheat 3–5 menit, solder tip awet dan dapat diganti
5
Daya listrik40W
BentukLurus
Bahan gagangPlastik (PBT)
Fitur tambahanSolder berbahan red copper (antikorosi), elemen pemanas berlapis yang memungkinkan transmisi panas cepat dan stabil
4

SherlockFlexigo Dual Heat Soldering Iron

TQ-200

Mulai dari Rp 64.032,00

Daya listrik20–130W
BentukPistol
Bahan gagangCampuran plastik
Fitur tambahanTeknologi ceramic pipe insulator yang menghasilkan suhu tinggi pada ujung solder dalam waktu singkat
3

Rohartindo Nusantara LuasNankai Solder Listrik

ART: 050-04

Mulai dari Rp 105.000,00

Daya listrik200W
BentukLurus
Bahan gagangKayu
Fitur tambahanSolder tip cepat panas, gagang tidak mudah panas, ringan dan mudah dipegang
2

TaffwareSolder Iron Adjustable Temperature

CS-31

Mulai dari Rp 48.500,00

Daya listrik60W
BentukLurus
Bahan gagangPlastik
Fitur tambahanTemperature setting, elemen heating sehingga solder tip cepat panas, lima jenis solder tip
1

Viva Tehnik MandiriKenmaster Dual Heat Soldering Iron

Mulai dari Rp 27.000,00

Daya listrik20–200W
BentukPistol
Bahan gagangPlastik
Fitur tambahanTombol pelatuk pengatur panas

Tabel perbandingan produk solder listrik terbaik

Gambar produk
1
Viva Tehnik Mandiri Kenmaster Dual Heat Soldering Iron 1

Viva Tehnik Mandiri

2
Taffware Solder Iron Adjustable Temperature 1

Taffware

3
Rohartindo Nusantara Luas Nankai Solder Listrik 1

Rohartindo Nusantara Luas

4
Sherlock Flexigo Dual Heat Soldering Iron 1

Sherlock

5
Deli Soldering Iron Set 1

Deli

6
Ingco Teknika Indonesia Ingco Solder Listrik HD 1

Ingco Teknika Indonesia

7
MAILTank Solder Listrik Shengwei 1

MAILTank

8
Taiyo Electric Goot Precision-Component Mounting-Board Soldering Iron 1

Taiyo Electric

9
Stanley Black & Decker Soldering Iron Round Pin 1

Stanley Black & Decker

10
Hasston Solder Listrik Gagang Kayu 1

Hasston

Nama produk

Kenmaster Dual Heat Soldering Iron

Solder Iron Adjustable Temperature

Nankai Solder Listrik

Flexigo Dual Heat Soldering Iron

Soldering Iron Set

Ingco Solder Listrik HD

Solder Listrik Shengwei

Goot Precision-Component Mounting-Board Soldering Iron

Soldering Iron Round Pin

Solder Listrik Gagang Kayu

Keunggulan

Mematri kabel halus dan kabel besar dengan satu produk saja

Dilengkapi temperature setting, atur suhu sesuai kebutuhan Anda

Mau pegangan tidak mudah panas, tetapi solder tip cepat panas? Bisa!

Rentang daya listrik luas, serbaguna untuk berbagai tujuan pemakaian

Dapatkan rangkaian produk lengkap untuk kebutuhan proses soldering

Solder tip berkualitas, awet serta mudah diganti

Bekerja lebih efisien karena solder cepat panas

Dengan ujung runcing, pilihan untuk menyolder Surface Mount Device

Sesuai untuk menyolder kabel kasa ringan, logam tipis, dan pekerjaan mendetail lainnya

Lebih tahan lama berkat gagang berbahan kayu

Harga mulai dariRp 27.000,00Rp 48.500,00Rp 105.000,00Rp 64.032,00Rp 170.000,00Rp 94.500,00Rp 55.000,00Rp 410.000,00Rp 130.000,00Rp 105.105,00
Daya listrik20–200W60W200W20–130W40W40W40W30W30W100W
BentukPistolLurusLurusPistolLurusLurusLurusLurusLurusLurus
Bahan gagangPlastikPlastikKayuCampuran plastikPlastik (PBT)PlastikPlastikPlastikPlastikKayu
Fitur tambahanTombol pelatuk pengatur panasTemperature setting, elemen heating sehingga solder tip cepat panas, lima jenis solder tipSolder tip cepat panas, gagang tidak mudah panas, ringan dan mudah dipegangTeknologi ceramic pipe insulator yang menghasilkan suhu tinggi pada ujung solder dalam waktu singkatSolder berbahan red copper (antikorosi), elemen pemanas berlapis yang memungkinkan transmisi panas cepat dan stabilPreheat 3–5 menit, solder tip awet dan dapat digantiCepat panasCompact dan ringan, ujung solder dilapisi kromMencapai suhu kerja dalam 12 detik, dua jenis solder tipTidak ada
Tautan produk

Baca juga rekomendasi hand tools lainnya di sini

Bila Anda kerap mengerjakan proyek DIY (do it yourself) tentu Anda membutuhkan aneka hand tools. Tidak perlu khawatir karena kami memiliki referensi artikel tentang berbagai alat yang mungkin Anda butuhkan. Langsung saja klik tautan di bawah ini untuk membaca lebih lanjut.

Kesimpulan

Memilih solder listrik bukanlah hal yang menyulitkan jika Anda telah mengetahui poin-poin yang perlu diperhatikan. Misalnya, utamakan kesesuaian daya listrik dengan pekerjaan yang akan dilakukan.

 
Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mempertimbangkan tips memilih yang sudah kami bahas pada artikel ini. Selamat mencari solder listrik yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Kunci Ring Pas Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kunci Ring Pas Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Anda pasti tak asing dengan kunci ring pas. Selain untuk kendaraan, alat ini juga bisa digunakan untuk memperbaiki benda apa pun yang memiliki baut. Bagi orang awam, Anda mungkin bertanya-tanya, apa itu kunci ring pas dan bagaimana cara kerjanya?Kami akan menjelaskan cara memilih serta rekomendasi merek kunci ring pas yang bagus, seperti Tekiro, Wipro, Stanley, dan Deli. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana. Penasaran dengan detail lebih lanjutnya? Yuk, baca artikel ini secara saksama!
    Hand tools
  • 10 Rekomendasi Kapas Vape Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kapas Vape Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kapas pada vape tergabung dalam rangkaian atomizer atau alat untuk mengubah liquid menjadi uap. Pada prosesnya, kapas yang sudah menyerap liquid akan dipanaskan oleh coil hingga menghasilkan uap. Uap inilah yang memberikan rasa bagi pemakainya. Namun, kapas yang digunakan tidak boleh sembarangan karena dapat memengaruhi rasa liquid.Di sini kami akan mengulas cara memilih kapas vape. Selanjutnya, kami juga merekomendasikan merek kapas vape yang bagus seperti Atomix, Cotton Bacon, dan Holy Fiber. Harganya pun beragam, mulai dari yang murah hingga mahal. Penasaran seperti apa? Mari simak artikel ini sampai habis!
    Hand tools
  • 10 Rekomendasi Mesin Las Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Las Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mesin las merupakan alat yang dipakai untuk menyatukan logam besi hingga menjadi bentuk yang diinginkan. Ada beberapa jenis mesin las, yakni las listrik, las karbit, dan las laser. Untuk las listrik, Anda masih memiliki beberapa jenis pilihan lagi, seperti las MMA, las TIG, atau las MIG.Di artikel ini, kami akan menjelaskan perbedaan masing-masing dan memberikan beberapa tips cara memilihnya. Selain itu, ada juga rekomendasi produk mesin las terbaik yang barangkali membantu Anda menemukan produk yang cocok. Semuanya adalah merk mesin las yang bagus, seperti Lakoni, Daiden, dan Multipro.
    Hand tools
  • 10 Rekomendasi Tool Kit Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tool Kit Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tool kit adalah set perkakas yang dikemas dalam boks. Perkakas, seperti obeng, tang, sampai palu, memang lekat dengan kegiatan pertukangan. Namun, sebenarnya hand tools tersebut juga bermanfaat dalam kebutuhan sehari-hari, di antaranya untuk memperbaiki mobil, motor, dan sebagainya. Kali ini kami akan memberikan informasi tentang cara memilih tool kit yang bagus. Kami juga akan membagikan rekomendasi tool kit terbaik dari berbagai brand. Produk dari merek tool kit terbaik, seperti Krisbow, Tekiro, dan lainnya, ada dalam rekomendasi kami. Baca terus artikel ini untuk menemukan tool kit lengkap sesuai kebutuhan Anda!
    Hand tools
  • 10 Rekomendasi Obeng Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Obeng Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Obeng adalah salah satu perkakas pertukangan yang mungkin sudah sering Anda temukan. Alat ini digunakan untuk mengencangkan dan melepaskan sekrup atau baut. Untuk menggunakannya, Anda harus memastikan tipe dan ukurannya sesuai dengan sekrup. Obeng kecil untuk HP tentu tidak dapat Anda gunakan untuk sekrup berukuran besar.Selain itu, ada beberapa tipe mata obeng, seperti obeng plus dan obeng minus. Lalu, bagaimana cara memilih obeng yang tepat? Kami akan memberikan tips dan rekomendasi produk dari berbagai merek yang bagus, seperti TEKIRO, NANKAI, dan STANLEY. Simak selengkapnya berikut ini!
    Hand tools
  • 10 Rekomendasi Meteran Roll Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Meteran Roll Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Apa itu meteran roll? Meteran roll adalah alat pengukur panjang berupa pita meteran yang ditempatkan dalam suatu casing. Lalu, meteran roll digunakan untuk mengukur apa? Meteran roll digunakan mengukur panjang suatu benda atau bidang tertentu, misalnya furniture, dinding, tanah, kain, dan sebagainya. Meteran roll atau meteran gulung memiliki beragam bahan dan ukuran. Untuk membantu Anda menemukan produk terbaik, kami akan membagikan tips memilih meteran roll yang bagus. Kami juga akan memberikan rekomendasi meteran roll terbaik dari merek Tekiro, SNDWAY, dan lain-lain. Selamat membaca!
    Hand tools
  • 10 Rekomendasi Pemotong Kaca Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pemotong Kaca Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kaca merupakan elemen yang banyak digunakan untuk beragam dekorasi interior, seperti meja, aquarium, jendela, dan sebagainya. Sebelum membentuknya menjadi bermacam-macam benda tersebut, kaca perlu dipotong menggunakan alat pemotong kaca. Bila Anda tidak familier dengan alat ini, menemukan pemotong kaca yang tepat mungkin tidak mudah bagi Anda.Karena itu, kami akan membantu Anda memilih pemotong kaca yang bagus untuk membentuk kaca bulat ataupun persegi. Rekomendasi pemotong kaca terbaik seperti merek Toyo dan Stanley juga akan kami ulas. Jadi, simak terus ulasan selengkapnya dalam artikel berikut ini!
    Hand tools
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori