1. TOP
  2. >
  3. Otomotif
  4. >
  5. Komponen mobil & motor
  6. >
  7. 10 Aki Motor yang Bagus - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Aki Motor yang Bagus - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Aki Motor yang Bagus - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Aki Motor yang Bagus - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Aki Motor yang Bagus - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Aki Motor yang Bagus - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Aki Motor yang Bagus - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2023)

Aki motor merupakan spare part penting pada sepeda motor. Pasalnya, aki memiliki fungsi vital, terutama berkaitan dengan kelistrikan motor. Karena itulah, pemilik sepeda motor harus memilih aki yang tepat. Anda bisa memilih aki motor yang bagus berdasarkan harga aki motor dan jenis aki motor (aki kering atau basah).


Ada banyak merek aki motor di pasaran, seperti GS Astra, YuasaMotobatt, dan lain-lain. Kali ini, kami akan membahas cara memilih sekaligus merekomendasikan produk aki motor terbaik. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana.

Diperbaharui 12-07-2022
Pakar
Guru Teknik Otomotif
Ayi Adiana

Hobinya pada dunia otomotif sejak sekolah dasar membawa Ayi menjadi seorang sarjana teknik mesin. Ketertarikannya makin besar ketika orang tuanya memberikan sepeda motor dan mobil kepadanya saat masih SMA. Ia menjadikan sepeda motor dan mobil tersebut sebagai percobaan untuk mengobati rasa penasarannya dengan dunia otomotif. Ayi menggunakan waktu senggangnya untuk menambah pengetahuan di setiap event otomotif saat masih kuliah. Ia membuka bengkel untuk menjual oli dan spare part, serta salon mobil dan motor pada 2011. Ia juga bekerja sebagai guru teknik otomotif di salah satu Sekolah Menengah Kejuruan Negeri.

Profil Ayi Adiana
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih aki motor

Ada beberapa pertimbangan yang harus Anda perhatikan dalam memilih aki motor. Harapannya, aki motor pilihan Anda sesuai dengan kebutuhan. Tidak perlu berlama-lama lagi, langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

① Kenali jenis aki motor

Sebelum menjatuhkan pilihan, ada baiknya Anda mengenali terlebih dahulu jenis-jenis aki motor. Pasalnya, jenis aki motor sangat beragam. Berikut ini adalah penjelasan terkait jenis-jenis aki motor yang sebaiknya tidak Anda lewatkan.

Aki kering, aman dengan tingkat penguapan yang sangat kecil

Jenis aki ini sudah menjadi standarnya sepeda motor keluaran zaman sekarang. Dengan menggunakan aki jenis ini, aki bisa ditempatkan di bagian motor mana saja. Hal ini karena aki tidak memiliki uap elektrolit sehingga penyimpanannya tidak harus di bagian samping seperti motor zaman dahulu.


Aki kering dikenal juga dengan aki maintenance free (MF). Jenis ini dapat dikatakan cukup aman karena terdapat segel khusus yang kuat. Hal ini menjadikannya dapat menahan proses penguapan larutan elektrolit yang ada di dalam aki.


Adanya segel tersebut juga menjadikan Anda tidak perlu repot mengurusi aki. Anda tidak perlu lagi mengecek kondisi aki secara berkala. Sayangnya, setelah aki kering mati, Anda tidak bisa menggunakannya lagi.

Aki basah, dapat diisi ulang dan paling banyak digunakan pada motor


Aki basah menjadi jenis aki motor yang paling banyak digunakan. Tidak bisa dimungkiri, jenis aki ini memang menjadi standar aki untuk sepeda motor. Selain itu, jenis aki ini juga memiliki harga yang lebih terjangkau daripada yang lainnya.


Keuntungan dari aki jenis ini adalah dapat digunakan secara berulang-ulang. Jika cairan aki sudah mulai habis, Anda bisa melakukan isi ulang. Cairan aki yang dimaksud merupakan cairan elektrolit yang berupa asam sulfat. Kekurangannya, Anda harus rajin memeriksa kapasitas air elektrolit. Hal tersebut bisa saja terbilang merepotkan untuk sebagian orang.

Aki kalsium, baik dalam menyimpan arus listrik

Jenis aki yang satu ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan aki basah. Namun, aki kalsium lebih baik dari aki basah dari segi kemampuan dan kualitasnya. Meski demikian, aki kalsium tidak sepopuler aki basah. Padahal, jenis aki ini memiliki harga yang juga cukup terjangkau. Aki kalsium hanya dijadikan alternatif untuk memenuhi kebutuhan arus listrik motor.


Aki kalsium bisa dikatakan sebagai penyempurnaan dari aki basah dalam hal penyimpanan arus listrik. Meskipun motor tidak dinyalakan dalam waktu cukup lama, arus listrik pada aki tetap stabil tanpa ada pengurangan yang besar.

Aki hybrid, gabungan aki basah dan kalsium dengan masa pakai lebih lama

Sesuai dengan namanya, aki hybrid merupakan perpaduan dari dua jenis aki, yaitu aki basah dan aki kalsium. Kelebihan dari jenis aki ini adalah memiliki masa pakai yang lebih lama, terutama dibandingkan aki basah.


Kelebihan lainnya adalah tingkat penguapan larutan elektrolitnya juga kecil. Sayangnya, aki hybrid tidak mudah ditemukan di bengkel-bengkel di Indonesia. Alasannya karena jenis aki ini dianggap tidak banyak peminatnya.


Aki jenis ini memang jarang ada untuk motor. Pada umumnya, aki hybrid dijual untuk mobil. Pada industri mobil sendiri, sebagian produsen sudah menggunakan jenis aki hybrid untuk standar aki mobilnya.

Aki gel, tidak mudah bocor serta meminimalkan korosi

Aki gel adalah aki jenis baru. Berbeda dengan jenis aki lainnya, jenis aki ini tidak lagi menggunakan elektrolit berupa cairan, tetapi menggunakan elektrolit berupa gel. Alhasil, aki ini tidak mudah bocor sehingga meminimalkan korosi dan kerusakan body motor.


Keunggulan lain yang dimiliki aki jenis ini adalah masa pemakaiannya yang lebih lama. Bahkan, masa pemakaiannya dua kali lipat lebih lama dibandingkan jenis aki lainnya.


Aki gel banyak digunakan pada motor-motor modifikasi dan balap. Harga aki gel paling tinggi di antara jenis aki lainnya. Tentunya kualitas aki jenis ini berbanding lurus dengan harganya.

② Cek kualitas aki motor

Cek kualitas aki motor

Yang terpenting dalam memilih aki motor adalah mengecek kualitasnya. Untuk pengecekan yang akurat, Anda harus menggunakan alat khusus yang disebut battery tester. Dengan alat ini, Anda bisa mengetahui kondisi aki, baik terkait tegangan maupun arus yang dihasilkan. Namun, jika untuk sekadar mengetahui tegangan saja, Anda bisa menggunakan multimeter biasa.


Kualitas aki motor dapat Anda ketahui dari cold cranking amperes (CCA) dan ampere hour (Ah). Aki motor yang memiliki CCA tinggi umumnya memiliki kemampuan untuk mengeluarkan daya awal yang besar. Daya tersebut berguna untuk menyalakan mesin kendaraan.


Sementara itu, Ah pada aki motor menunjukkan kapasitas penyimpanan energi listrik. Anda bisa menyesuaikannya dengan jenis motor. Misalnya, jika motor Anda berupa motor bebek, Anda bisa memilih aki dengan kapasitas 5 Ah. Kapasitas tersebut biasa digunakan untuk motor bebek. Namun, jika motor Anda berupa motorsport, Anda bisa menggunakan aki dengan kapasitas mencapai 10 Ah.

③ Sesuaikan dengan spesifikasi motor

Sesuaikan dengan spesifikasi motor

Setiap jenis motor tentunya memiliki spesifikasi yang berbeda, termasuk urusan aki motor. Oleh karena itu, Anda harus menyesuaikan aki motor dengan spesifikasi kendaraan Anda. Sebagai contoh, spesifikasi aki motor untuk jenis motor bebek dan sport tentu berbeda.


Motor bebek pada umumnya menggunakan aki motor berspesifikasi 12 V/5 Ah. Artinya, komponen listrik pada motor bebek membutuhkan daya listrik sebesar 60 watt. Di sisi lain, motorsport menggunakan aki motor 12 V/10 Ah. Artinya, motorsport membutuhkan daya listrik sebesar 120 watt.


Penggunaan aki sebaiknya disesuaikan dengan spesifikasi motor. Jika aki yang Anda gunakan tidak sesuai dengan spesifikasi standar motornya, akibatnya bisa merusak beberapa komponen listrik di dalamnya. Kerusakan bisa terjadi pada komponen CDI, sepul pengisian, rectifier regulator (kiprok), bahkan akinya bisa cepat rusak.

④ Perhatikan kapasitas aki

Perhatikan kapasitas aki

Setiap jenis aki umumnya memiliki kapasitas yang berbeda-beda. Kapasitas tersebut berhubungan dengan ukuran, dimensi, ampere, dan tegangan pada aki motor.


Anda sebaiknya memilih aki motor dengan tegangan kecil karena lebih awet. Namun, untuk mendapatkan aki yang sesuai, Anda bisa mendiskusikannya dengan pihak toko atau bengkel.

10 Rekomendasi aki motor yang bagus

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk aki motor yang bagus yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Ayi Adiana.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

BAHT Part & Accessories

Aki Sepeda Motor

BAHT Part & Accessories Aki Sepeda Motor 1枚目

Punya dimensi yang sama dengan aki bawaan motor

2

OTOBAT

VRLA MF Motorcycle Battery

OTOBAT VRLA MF Motorcycle Battery  1枚目

Tahan terhadap guncangan dan perubahan cuaca

3

Astra Otoparts

Aki GS ASTRA MF

Astra Otoparts Aki GS ASTRA MF  1枚目

Langsung bisa dipakai dan cocok untuk berbagai merek motor

4

SJJ Battery

KAYABA

SJJ Battery KAYABA  1枚目

Aki motor Scoopy yang bagus buatan lokal

5

Motobatt

Gel

Motobatt Gel  1枚目

Mudah dipasang karena mempunyai desain praktis

6

Dry Plus+

Aki Sepeda Motor

Dry Plus+ Aki Sepeda Motor  1枚目

Kapasitas aki lebih besar daripada produk lainnya

7

Astra Otoparts

ASPIRA MF Kit Battery

Astra Otoparts ASPIRA MF Kit Battery 1枚目

Accu zuur terkunci dengan baik sehingga antibocor

8

Astra Otoparts

Aki Quantum Federal

Astra Otoparts Aki Quantum Federal 1枚目

Tahan lama berkat kemampuan menyimpan setrum lebih lama dan tidak mudah soak

9

Bosch

M6 Mega Power Ride

Bosch M6 Mega Power Ride 1枚目

Praktis, bisa langsung dipasang untuk motor matic Anda

10

Yuasa Battery

Yumicron

Yuasa Battery Yumicron 1枚目

Aki produk lokal berkualitas yang awet digunakan

Perincian produk
Close
No.1

BAHT Part & AccessoriesAki Sepeda MotorGTZ-5S

Mulai dari Rp87.999,00

Punya dimensi yang sama dengan aki bawaan motor

Kelebihan:

  • Ketahanannya diklaim dapat diandalkan, baik pada suhu rendah maupun tinggi
  • Pengisian cairan cukup dilakukan satu kali, tidak perlu repot mengisi lagi
  • Kompatibel dengan banyak jenis motor

Kekurangan:

  • Beberapa konsumen mengeklaim mendapatkan aki yang hanya bertahan 1 bulan

Karena termasuk aki kering, produk aki motor ini bebas perawatan. Aki motor ini memiliki ukuran panjang 11 cm, lebar 7 cm, dan tinggi 8,5 cm. Dimensi tersebut sesuai dengan aki bawaan motor.


Jadi, aki ini cocok untuk Anda yang mencari aki seukuran dengan aki original motor Anda. Untuk Anda yang mencari aki dengan harga terjangkau, jangan lewatkan produk dari BAHT.

No.2

OTOBATVRLA MF Motorcycle Battery GTZ-5S

Mulai dari Rp90.900,00

Tahan terhadap guncangan dan perubahan cuaca

Kelebihan:

  • Tahan guncangan, pas untuk Anda yang senang off-road
  • Praktis, bisa langsung digunakan

Kekurangan:

  • Ampere kecil, kurang pas untuk motor besar

Aki motor ini sudah terisi gel elektrolit dan bisa langsung dipakai. Selain itu, produk ini cocok untuk beberapa merek motor keluaran Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki. Ditambah lagi, produk aki kering motor terbaik ini juga tahan guncangan dan cuaca. Dengan begitu, kualitas aki OTOBAT tidak diragukan jika Anda sering melewati jalan tidak rata.

No.3

Astra OtopartsAki GS ASTRA MF GTZ-6V

Mulai dari Rp302.000,00

Langsung bisa dipakai dan cocok untuk berbagai merek motor

Kelebihan:

  • Air aki tidak perlu dicek berkala, praktis digunakan
  • Accu zuur tidak akan tumpah atau bocor karena ada separator absorbent glass mat

Kekurangan:

  • Kompatibilitasnya terbatas, hanya dapat digunakan pada beberapa merek motor, seperti Honda, Suzuki, dan Yamaha

Aki ini dibuat dengan teknologi valve regulated lead acid sehingga Anda tidak perlu melakukan pengecekan air aki. Anda yang menyukai kepraktisan sebaiknya mempertimbangkan produk ini. Tidak hanya itu, Anda pun dapat langsung memasangnya di sepeda motor karena aki sudah terisi accu zuur dan setrum.


Aki GS ASTRA MF bisa menjadi pilihan bagi Anda yang memiliki motor Honda berbagai merek, seperti Vario, Beat, Scoopy, Sonic, CBR, dan CB. Anda yang memiliki motor Suzuki Satria 150, GSX, dan Yamaha Mio juga bisa menggunakan aki ini.

No.4

SJJ BatteryKAYABA GTZ-5S

Mulai dari Rp150.000,00

Aki motor Scoopy yang bagus buatan lokal

Kelebihan:

  • Aman digunakan berkat adanya sertifikasi ISO dan TUV
  • Bisa digunakan untuk hampir semua merek motor

Kekurangan:

  • Tidak terdapat informasi tentang waktu garansi

Produk ini cocok digunakan untuk berbagai merek motor, seperti Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki. Sebagai contoh, jika Anda pemilik motor Honda Scoopy, produk ini bisa dipertimbangkan saat Anda akan mengganti aki.


Meski buatan lokal, aki KAYABA ini juga sudah mengantongi sertifikasi ISO dan TUV sehingga aman digunakan. Ditambah lagi, perawatannya pun mudah dengan masa pakai lebih lama.

No.5

Mudah dipasang karena mempunyai desain praktis

Kelebihan:

  • Penurunan daya aki diklaim sangat kecil, bisa tetap dinyalakan meski motor tidak digunakan selama 2 bulan
  • Garansi 6 bulan

Kekurangan:

  • Meski bisa digunakan untuk motor Yamaha, aki ini hanya bisa digunakan untuk motor Nmax 150

Aki motor keluaran Motobatt sering menjadi pilihan dalam event besar, seperti MotoGP. Kemungkinan penyebabnya adalah produk aki yang mudah dipasang sehingga tidak memerlukan waktu lama saat penggantian. Kemudahan tersebut tidak lepas dari desain yang praktis.


Motobatt Gel MTZ6S ini juga memiliki CCA sebesar 85 yang lebih besar dibandingkan aki pada umumnya. Karena memiliki nilai CCA yang lebih tinggi, kemampuan aki pun makin baik. Kami merekomendasikan aki Motobatt sebagai salah satu aki terbaik untuk motor jika Anda menyukai aki yang praktis digunakan.
No.6

Dry Plus+Aki Sepeda Motor GM5Z-3B

Mulai dari Rp122.800,00

Kapasitas aki lebih besar daripada produk lainnya

Kelebihan:

  • Daya listriknya lebih besar dibandingkan aki lain, starter motor lebih enteng

Kekurangan:

  • Tidak tersedia informasi mengenai masa garansi

Produk aki ini sudah berisi gel elektrolit sehingga sudah siap pasang dan pakai. Anda yang memiliki sepeda motor merek Honda, Yamaha, Suzuki, Vespa, atau Kawasaki bisa menggunakan produk aki motor ini. Dry Plus+ GM5Z-3B juga memiliki kapasitas yang lebih besar daripada produk lainnya.


Dengan kapasitas yang lebih besar, kualitas aki Dry Plus+ menjadi lebih awet. Tidak hanya itu, kelistrikan pada motor juga akan lebih baik. Namun, jangan asal menggunakan aki berkapasitas besar. Kapasitas aki yang digunakan sebaiknya disesuaikan dengan spesifikasi motor, ya.

No.7

Astra OtopartsASPIRA MF Kit BatteryGTZ-5S

Mulai dari Rp133.100,00

Accu zuur terkunci dengan baik sehingga antibocor

Kelebihan:

  • Harga relatif terjangkau untuk kualitas setara aki orisinal
  • Daya starter tinggi, tak perlu khawatir mogok

Kekurangan:

  • Masa garansi yang relatif pendek, kurang dari 6 bulan

Aki ASPIRA ini dibuat dari material berstandar original equipment manufacturer (OEM). Aki ini menggunakan teknologi absorbent glass mat (AGM) yang dapat mengunci air aki zuur dan diklaim antibocor. Selain itu, produk ini juga awet dan memiliki daya starter tinggi. Anda yang memiliki jenis motor matic, bebek, atau sport, dapat menggunakan produk aki yang bagus untuk motor ini.

No.8

Astra OtopartsAki Quantum Federal GTZ5S

Mulai dari Rp206.000,00

Tahan lama berkat kemampuan menyimpan setrum lebih lama dan tidak mudah soak

Kelebihan:

  • Hemat waktu berkat teknologi VRLA, tidak perlu cek dan tambah air aki

Kekurangan:

  • Tidak bisa langsung digunakan, perlu diisi air aki zuur terlebih dahulu

Aki Quantum Federal GTZ5S dijual sepaket dengan air aki (accu zuur). Air aki zuur tersebut perlu diisikan ke dalam aki saat penggunaan pertama kali. Setelah itu, Anda tidak perlu mengecek dan menambah air aki secara berkala. Jadi, Anda pun bisa menghemat waktu dan biaya perawatan.


Aki ini juga awet dan tahan lama serta dapat menyimpan setrum lebih lama. Yang terpenting adalah aki ini diklaim tidak cepat soak. Karena itulah, produk ini pas untuk Anda yang tidak mau repot. Tenang saja karena aki ini cocok untuk berbagai jenis motor.

No.9

BoschM6 Mega Power RideRBTZ-6V

Mulai dari Rp282.000,00

Praktis, bisa langsung dipasang untuk motor matic Anda

Kelebihan:

  • Tahan lama berkat teknologi khusus yang tahan terhadap korosi
  • Bisa langsung dipasang karena cairan elektrolit sudah dimasukkan dari pabrik

Kekurangan:

  • Hanya cocok untuk motor merek Honda dan Suzuki

Kami merekomendasikan aku motor terbaik dari Bosch jika Anda menyukai barang yang praktis digunakan. Merek Bosch sudah dikenal di dunia otomotif roda empat dan kualitas produknya sudah tidak diragukan lagi. Kali ini, Bosch mengeluarkan aki untuk motor yang praktis digunakan. Anda tinggal memasangnya di motor Anda karena cairan elektrolit sudah diisi di pabrik.

No.10

Yuasa BatteryYumicronYB5L-B(BA)

Mulai dari Rp175.000,00

Aki produk lokal berkualitas yang awet digunakan

Kelebihan:

  • Usia pemakaian lebih awet
  • Bisa digunakan pada semua motor bebek Tiongkok

Kekurangan:

  • Kurang praktis karena air aki perlu ditambahkan secara berkala

Produk ini merupakan aki basah dan Anda perlu mengisikan cairan elektrolit ke dalam aki sebelum menggunakannya. Setelah diisi, Anda harus menunggu kira-kira 30 menit agar aki dapat bekerja dengan maksimal.


Meski terkesan repot, aki basah lebih awet digunakan asalkan Anda rajin menambahkan air aki jika kondisinya di bawah standar. Jika Anda termasuk orang yang telaten, aki merek lokal ini bisa dipertimbangkan.

Pertanyaan umum seputar aki motor

Pertanyaan umum seputar aki motor

Kami tidak hanya membahas cara memilih dan rekomendasi produk aki motor terbaik. Kami juga telah mengumpulkan beberapa pertanyaan populer yang berkaitan dengan aki motor. Simak pertanyaan dan jawabannya di bawah ini.

Berapa lama umur aki kering motor?

Aki kering umumnya memiliki masa pakai kurang dari 24 bulan atau 2 tahunNamun, terkadang masa pakai tersebut berkurang karena beberapa jenis motor memiliki lampu standar yang menyala otomatis ketika mesin menyala. Selain itu, penggunaan starter elektrik dan klakson juga memengaruhi umur aki kering.

Berapa ampere standar aki motor?

Pada cara memilih aki motor, jawaban dari pertanyaan ini sudah disinggung. Pada umumnya, ampere standar aki motor berkisar antara 2 ampere hingga 10 ampere. Namun, ada juga aki motor yang mencapai 10 ampere. Aki motor tersebut biasanya digunakan untuk jenis motorsport yang membutuhkan listrik lebih banyak.


Berikut ini beberapa standar ampere aki motor:

  • Motor bebek: 5 ampere
  • Motor matic kecil: 3–5 ampere
  • Motor matic besar: 6 ampere
  • Motor sport 4 tak <150 cc: 7 ampere
  • Motor sport 4 tak >150 cc: 9–10 ampere

Baca juga rekomendasi perlengkapan motor lainnya di sini

Aki motor mendukung performa kendaraan Anda. Namun, ada juga produk lain yang bisa Anda gunakan untuk merawat atau memodifikasi kendaraan agar makin tampil menarik. Untuk selengkapnya, Anda bisa membaca artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Pilihan aki motor yang tepat dapat menjadikan perjalanan Anda lancar tanpa gangguan. Anda bisa memilih aki motor dengan mempertimbangkan beberapa hal seperti yang sudah dijelaskan di atas. Anda pun bisa mempertimbangkan harganya dalam memilih aki motor.


Tidak hanya menunjukkan cara memilih aki motor, kami juga memberikan rekomendasi produk aki motor dari merek terbaik. Semoga rekomendasi dari kami dapat memudahkan Anda dalam memilih. Selamat menikmati perjalanan menyenangkan Anda.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer