1. TOP
  2. >
  3. Hobi
  4. >
  5. Film
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Film Terbaik tentang Hacker (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Film Terbaik tentang Hacker (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Film Terbaik tentang Hacker (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Film Terbaik tentang Hacker (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Film Terbaik tentang Hacker (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Film Terbaik tentang Hacker (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Film Terbaik tentang Hacker (Terbaru Tahun 2023)

Kemampuan hacker meretas sebuah sistem sering menginspirasi sineas perfilman. Alhasil, ada banyak film tentang hacker. Tidak hanya produksi Hollywood, kini Anda dapat menemukan film hacker buatan Korea hingga India. Popularitas film bertema hacker mungkin membuat Anda bingung dalam memilih film yang tepat.


Dalam artikel kali ini, kami akan mengulas tentang pemilihan film hacker yang bagus. Tak lupa, ada sepuluh rekomendasi film hacker terbaik yang bisa Anda saksikan di Disney+ Hotstar, Viu, dan Netflix. Mulai dari yang jadul, seperti The Matrix sampai Mr. Robot yang kekinian telah kami ulas di sini.  

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih film tentang hacker

Banyaknya film yang menjadikan hacker sebagai tokohnya mungkin membuat Anda bingung dalam memilih. Nah, berikut ini adalah panduan yang bisa digunakan untuk mempermudah Anda dalam memilih film tentang hacker

① Tentukan berdasarkan genrenya

Tentukan berdasarkan genrenya

Mayoritas film tentang hacker memang menampilkan teknologi dan sistem canggih seperti peretasan komputer. Namun, Anda dapat memilih film bertema hacker dengan mempertimbangkan genrenya. Tiap genre film dapat menghadirkan pengalaman menonton yang berbeda. Karena itu, ada baiknya Anda mengenali karakteristik sejumlah genre film berikut ini.


  • Jika Anda menyukai adegan pertarungan, genre action dapat menjadi pilihan. Aksi yang ditampilkan sangat bervariasi, mulai dari adu kecerdasan sampai adu otot.
  • Genre crime tergolong sering menampilkan sosok hacker dalam filmnya. Di genre ini terdapat banyak tindakan kriminal selain meretas sistem, misalnya perampokan, penculikan, bahkan pembunuhan.
  • Genre mystery tidak selalu menampilkan hal-hal klenik. Dalam film hacker, misteri yang disajikan biasanya lebih ke teka-teki dan plot-twist
  • Anda penikmat film yang penuh adegan mendebarkan? Genre thriller yang dapat memacu adrenalin merupakan pilihan tepat.
  • Film bergenre sci-fi atau science fiction kerap menayangkan teknologi canggih dan visual keren. Genre ini tak jarang berlatarkan masa depan atau di luar angkasa. 
  • Terkadang, film hacker juga menampilkan adegan dramatis terutama dalam genre drama.

Sebagai tambahan, film bertema hacker biasanya tidak terbatas pada satu genre saja. Film hacker umumnya mengombinasikan beberapa genre sekaligus. Selain menambah keseruan film, cakupan penontonnya dapat menjadi lebih luas. 

② Pilih berdasarkan sistem yang di-hack

Pilih berdasarkan sistem yang di-hack

Berdasarkan Cambridge dictionary, hacker diartikan sebagai orang yang mengakses sebuah sistem tanpa persetujuan pemiliknya. Sistem yang diretas hacker biasanya berupa akses komputer, ponsel, hingga data internet. Akses dan data yang diretas tersebut tak jarang disalahgunakan demi keuntungan si hacker.


Karena itu, sebelum menonton film bertema hacker, ada baiknya Anda mengetahui sistem yang terlibat di dalamnya. Selain jadi lebih memahami jalan cerita filmnya, Anda akan merasa lebih relate bila sistemnya erat dengan kehidupan. Bukan hal yang mustahil jika Anda menjadi lebih waspada terkait ancaman hacker usai menonton filmnya. 

③ Pertimbangkan tahun produksinya

Pertimbangkan tahun produksinya

Tahun pembuatan film juga dapat menjadi pertimbangan Anda saat memilih film tentang hacker. Tema hacker sudah bukan hal yang baru lagi dalam industri perfilman. Karena itu, jangan heran bila Anda bisa menemukan tema peretasan sistem pada film tahun 90-an. 


Meskipun tampak jadul, berkat efek visual yang tidak secanggih sekarang, Anda dapat mengetahui perkembangan teknologinya. Anda juga bisa melihat akting para aktor lawas dan ternama melalui film lama. 


Sementara itu, film yang baru rilis beberapa tahun terakhir dapat ditonton bila Anda ingin dimanjakan secara visual. Teknologi yang terlibat pun biasanya akrab dengan kehidupan sehari-hari Anda. Bahkan, sejumlah film memberikan gambaran teknologi pada masa mendatang. 

④ Cek asal negara pembuatnya

Cek asal negara pembuatnya

Hampir tiap negara memiliki sentuhan tersendiri dalam tiap film yang dihasilkan. Film dari Amerika Serikat dan Inggris biasanya dilengkapi adegan penuh efek visual canggih, serta pemain terkenal. Biaya pembuatan yang dikeluarkan pun tinggi dengan pasar penonton yang lebih luas. Jerman juga tak mau kalah dengan menghadirkan sejumlah serial yang dilengkapi dubbing bahasa Inggris. 


Di kawasan Asia, ada drama Korea yang mulai merambah tema high tech seperti hacker. Belakangan ini, film India juga tidak hanya film romansa penuh nyanyian dan tarian. Sayangnya, film hacker dari India masih sulit ditemukan di penyedia layanan streaming Indonesia.

⑤ Perhatikan sinopsis dan review-nya

Perhatikan sinopsis dan review-nya

Cara lain yang dapat membantu Anda menemukan film bertema hacker yang cocok adalah membaca sinopsis dan ulasannya. Sinopsis merupakan gambaran singkat mengenai film yang akan Anda tonton. Anda juga bisa menonton trailernya terlebih dahulu untuk memastikan kecocokan filmnya. Selain itu, ulasan dari penonton lain dapat menjadi acuan Anda dalam memilih film hacker.


Jangan lupa untuk mengecek usia penonton yang disarankan. Kebanyakan film tentang hacker ditargetkan untuk penonton dewasa karena ceritanya yang kompleks

10 Rekomendasi film terbaik tentang hacker

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh film terbaik tentang hacker yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review penonton. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di IMDb.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Village Roadshow Pictures, Silver Pictures, Warner Bros. Pictures

The Matrix

Village Roadshow Pictures, Silver Pictures, Warner Bros. Pictures The Matrix 1枚目

Film legendaris dengan aksi yang iconic

2

Universal Cable Productions, Universal Content Productions, Anonymous Content Esmail Corp

Mr. Robot

Universal Cable Productions, Universal Content Productions, Anonymous Content Esmail Corp Mr. Robot 1枚目

Serial kompleks yang relatable dengan masa kini

3

Kundschafter Filmproduktion, Sunny Side Up Films, Netflix

The Billion Dollar Code

Kundschafter Filmproduktion, Sunny Side Up Films, Netflix The Billion Dollar Code 1枚目

Kisah di balik sengketa melawan Google tahun 2014

4

HB Entertainment

Ghost (Phantom)

HB Entertainment Ghost (Phantom) 1枚目

Pertarungan detektif melawan hacker yang penuh drama

5

Netflix

The Great Hack

Netflix The Great Hack 1枚目

Terungkapnya peran hacker dalam skandal politik

6

Cheyenne Enterprises, Dune Entertainment, Ingenious Film Partners, 20th Century Fox

Live Free or Die Hard (Die Hard 4.0)

Cheyenne Enterprises, Dune Entertainment, Ingenious Film Partners, 20th Century Fox Live Free or Die Hard (Die Hard 4.0) 1枚目

Aksi Bruce Willis melawan penjahat siber

7

Walt Disney Pictures, Walt Disney Animation Studios

Wreck it Ralph: Ralph Breaks the Internet

Walt Disney Pictures, Walt Disney Animation Studios Wreck it Ralph: Ralph Breaks the Internet 1枚目

Tokoh game membajak internet? Hanya di film ini!

8

Lemon Studios, Netflix

Control Z

Lemon Studios, Netflix Control Z 1枚目

Kehebohan sekolah akibat rahasia yang dibongkar hacker

9

Netflix, XYZ Films, Wigwams Films, Pretty Pictures

iBoy

Netflix, XYZ Films, Wigwams Films, Pretty Pictures iBoy 1枚目

Ketika meretas sistem menjadi sebuah kekuatan super

10

Legendary Pictures, Forward Pass, Universal Pictures

Blackhat

Legendary Pictures, Forward Pass, Universal Pictures Blackhat 1枚目

Berlatarkan sejumlah negara, termasuk Indonesia

Perincian produk
Close
No.1

Village Roadshow Pictures, Silver Pictures, Warner Bros. PicturesThe Matrix

Film legendaris dengan aksi yang iconic

The Matrix merupakan salah satu waralaba bertema hacker yang laris manis di pasaran. Neo (Keanu Reeves) merupakan seorang hacker yang menyadari bahwa kehidupannya diciptakan oleh kecerdasan komputer. Ia lalu bergabung dengan kelompok pemberontak untuk melawan program komputer penjaga realitas. 


Saksikanlah film ini bila Anda ingin melihat akting Keanu Reeves saat muda. Melihat tahun pembuatannya, efek yang ditampilkan The Matrix pertama mungkin tidak secanggih film masa kini. Sekuel terbarunya dikabarkan akan dirilis di akhir tahun 2021. 

No.2

Universal Cable Productions, Universal Content Productions, Anonymous Content Esmail CorpMr. Robot

Serial kompleks yang relatable dengan masa kini

Elliot Alderson (Rami Malek) adalah seorang karyawan jenius yang bertugas mengawasi keamanan siber sebuah perusahaan. Namun, ia mengidap gangguan kegelisahan sosial dan depresi sehingga sering merasa paranoia. Elliot berinteraksi dengan orang lain melalui peretasan, bahkan cyber-vigilante


Suatu hari, Elliot diajak bergabung dalam kelompok hacktivist bernama fsociety. Salah satu misi kelompok ini adalah menghancurkan data milik perusahaan E Corp agar utang konsumen dapat diputihkan. Mr. Robot mendapat banyak pujian dan penghargaan, termasuk Malek sebagai pemeran utamanya. Anak IT wajib menyaksikan serial ini!

No.3

Kundschafter Filmproduktion, Sunny Side Up Films, NetflixThe Billion Dollar Code

Kisah di balik sengketa melawan Google tahun 2014

Serial asal Jerman yang satu ini diangkat dari kisah nyata dengan sejumlah latar waktu yang saling terkoneksi. Pada tahun 90-an, dua orang Jerman yang jenius di bidang komputer menemukan sebuah algoritma bernama Terra Vision. Sistem tersebut diyakini sebagai cikal bakal Google Earth. 


Dua puluh lima tahun kemudian, mereka berupaya mendapatkan haknya dengan menuntut Google. The Billion Dollar Code cocok ditonton bersama sahabat ataupun pasangan saat santai. Anda akan diajak menyaksikan realita dunia digital yang dibumbui persahabatan dan pengkhianatan. 

No.4

HB EntertainmentGhost (Phantom)

Pertarungan detektif melawan hacker yang penuh drama

Drama Korea tidak melulu sebatas percintaan atau cerita romantis. Serial yang satu ini patut ditonton bila Anda pencinta cerita misteri ala detektif. Ghost (Phantom) menceritakan So Ji-seob yang berperan sebagai Kim Woo-hyun, detektif khusus kejahatan dunia maya. 


Misi utama Kim adalah menangkap hacker bernama Hades yang dituduh membunuh seseorang aktris. Ternyata Hades merupakan sosok yang dikenal detektif Kim. Drama ini menyimpan sejumlah plot-twist yang sayang bila dilewatkan.  

No.5

NetflixThe Great Hack

Terungkapnya peran hacker dalam skandal politik

Jika Anda mencari film dokumenter yang menyinggung hacker, cobalah The Great Hack. Film ini menceritakan skandal Cambridge Analytica yang melibatkan penyalahgunaan data di media sosial, terutama Facebook. Data tersebut dimanfaatkan pada kontestasi politik di berbagai negara, termasuk kampanye Brexit dan Pemilu AS 2016. 


Hacker berperan mengolah big data tanpa persetujuan pengguna Facebook untuk kampanye. Film ini mengambil sudut pandang beberapa orang yang terlibat di dalam skandal yang juga menyeret nama Mark Zuckerberg. 

No.6

Cheyenne Enterprises, Dune Entertainment, Ingenious Film Partners, 20th Century FoxLive Free or Die Hard (Die Hard 4.0)

Aksi Bruce Willis melawan penjahat siber

Waralaba Die Hard sukses menampilkan sosok Bruce Willis sebagai polisi detektif John McClane. Di filmnya yang keempat ini, McClane ditugaskan untuk mengatasi ancaman penjahat siber di Washington DC. Organisasi yang dikepalai oleh mantan pegawai Departemen Pertahanan ini mengancam kestabilan negara. 


FBI pun mendatangkan seorang hacker muda bernama Matthew "Matt" Farrell untuk membantu penyelidikan. Berhasilkah McClane dan Matt menangkap dalangnya? Saksikan film ini bila Anda penonton setia Die Hard

No.7

Walt Disney Pictures, Walt Disney Animation StudiosWreck it Ralph: Ralph Breaks the Internet

Tokoh game membajak internet? Hanya di film ini!

Film ini merupakan sekuel dari Wreck-It Ralph yang dirilis pada tahun 2012. Ralph adalah karakter dari game Wreck it Ralph yang bersahabat dengan Vanellope dari Sugar Rush. Keduanya tinggal di mesin yang berada di arkade Litwak bersama karakter game lainnya. Suatu hari, mesin permainan Sugar Rush rusak sehingga Vanellope terancam kehilangan tempat tinggal.


Ralph dan Vanellope akhirnya berselancar melalui jaringan internet dan menemukan mesin penggantinya di eBay. Namun, Ralph tidak sengaja mengajukan penawaran tinggi sehingga mereka harus mendapatkan uang kurang dari 24 jam. Animasi kocak ini cocok disaksikan bersama keluarga saat akhir pekan. 

No.8

Lemon Studios, NetflixControl Z

Kehebohan sekolah akibat rahasia yang dibongkar hacker

Anda bisa memilih Control Z bila bosan dengan serial berbahasa Inggris. Serial berbahasa Spanyol ini mengambil latar sebuah sekolah di Meksiko yang dihebohkan oleh kehadiran sosok misterius. Sosok misterius itu meretas data pribadi para siswa, lalu membocorkannya ke publik. 


Akibatnya, banyak rahasia siswa terbongkar sehingga membuat mereka di-bully. Salah satunya adalah Isabella, siswi populer yang ternyata seorang transgender. Sofia Herrera, seorang siswi introvert yang cerdas, berupaya untuk mengungkap identitas hacker tersebut. 

No.9

Netflix, XYZ Films, Wigwams Films, Pretty PicturesiBoy

Ketika meretas sistem menjadi sebuah kekuatan super

Serial bertema hacker ini cocok untuk penggemar western series remaja. Awalnya, Tom adalah remaja biasa yang tinggal bersama neneknya di sebuah flat. Suatu malam, Tom memergoki sekelompok penjahat bertopeng di sekitar rumahnya. Penjahat tersebut mengejar Tom dan menembak kepalanya hingga Tom tak sadarkan diri.


Begitu tersadar dari koma, Tom merasakan keanehan dalam dirinya. Dokter mengatakan bahwa terdapat pecahan ponsel pintar yang masuk ke otaknya. Berkat itu, Tom kini memiliki kemampuan untuk mengetahui pergerakan data ponsel dan perangkat jaringan lainnya. Tom pun berencana untuk membalaskan dendamnya kepada para penjahat tersebut. 

No.10

Legendary Pictures, Forward Pass, Universal PicturesBlackhat

Berlatarkan sejumlah negara, termasuk Indonesia

Anda ingin melihat film Hollywood yang menjadikan Indonesia sebagai salah satu latar tempatnya? Film bertema hacker yang dibintangi Chris Hemsworth dan Viola Davis ini dapat dipilih. Blackhat menceritakan peretasan komputer yang menyebabkan kekacauan di Hong Kong dan Chicago.


Pemerintah Tiongkok dan FBI menunjuk Hathaway (Hemsworth), seorang hacker yang pernah membobol sistem sebuah bank, untuk mengusutnya. Sebagai sesama hacker, ia dianggap lebih memahami pola yang dilakukan pelaku. Jejak hacker membawanya ke sejumlah kota, mulai dari Los Angeles, Beijing, hingga Jakarta. 

Baca juga rekomendasi film lainnya di sini

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda tentang artikel ini? Sudahkah Anda menemukan film bertema hacker yang paling menarik perhatian?  Semoga pembahasan kami membantu Anda menemukan film tentang hacker yang paling tepat, ya.


Film tentang hacker memang seru karena umumnya menghadirkan pertarungan kecerdasan dan teknologi yang canggih. Jangan lupa untuk mempertimbangkan genre, jenis sistem, tahun produksi, asal negara, serta ulasan film yang akan ditonton. Selamat menonton!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer