• 10 Rekomendasi Bola Futsal Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Bola Futsal Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Bola Futsal Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Bola Futsal Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Bola Futsal Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Bola Futsal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Mungkin di antara Anda ada yang masih bingung membedakan antara futsal dengan sepak bola. Keduanya sama-sama merupakan olahraga bola. Bedanya, satu tim futsal hanya terdiri dari lima orang saja. Waktu permainan futsal pun hanya 20 menit. Ukuran bola yang digunakan untuk olahraga futsal juga berbeda dengan sepak bola.


Kami akan mengupas tuntas mengenai bola untuk futsal terbaik di artikel ini. Kami juga merekomendasikan beberapa merek bola futsal yang bagus, seperti Tachikara, Mikasa, Specs, adidas, dan Nike. Anda juga bisa memilih bola futsal berdasarkan harganya. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Perbedaan bola futsal dengan bola sepak

Perbedaan bola futsal dengan bola sepak

Selain peraturan dan jumlah pemain yang berbeda, bola untuk futsal juga berbeda dengan bola sepak biasa. Berdasarkan peraturan FIFA, bola futsal memiliki ukuran diameter antara 62–64 cm. Ukuran ini tentu saja lebih kecil dibandingkan bola sepak. Di samping itu, bola futsal yang sesuai standar juga harus memiliki bobot berkisar antara 300–400 gram.


Pantulan bola futsal pun cenderung lebih rendah dibandingkan bola sepak. Jika bola sepak dapat memantul sampai 1 meter, tidak demikian dengan bola futsal. Bola futsal hanya boleh memantul hingga 65 cm untuk pantulan pertama saat dijatuhkan dari ketinggian 2 meter.


Oleh karena itu, Anda tidak boleh salah memilih bola futsal, ya. Anda bisa memilih bola yang diberi label "bola futsal" agar tidak repot menentukan ukuran dan hal-hal lainnya. 

Cara memilih bola futsal

Sekarang Anda sudah mengetahui perbedaan bola futsal dan bola sepak. Berikutnya, kami akan memberikan tips memilih bola futsal yang nyaman digunakan. Kami sudah merangkum tipsnya dalam beberapa poin berikut ini.

Tentukan jenis bola futsal yang Anda pilih

Ada dua jenis bola futsal berdasarkan teknik pembuatannya, yaitu press dan dijahit. Kenali kelebihan tiap jenis bola futsal tersebut agar Anda bisa memilih bola yang nyaman digunakan.

Bola futsal jahit, bolanya terasa lebih empuk dan lebih tepat untuk latihan

Bola futsal jahit, bolanya terasa lebih empuk dan lebih tepat untuk latihan

Bola futsal yang dibuat dengan cara dijahit memiliki karakter yang lebih empuk. Bola ini tidak terasa terlalu keras ketika ditendang ataupun disundul dan pantulannya lebih tinggi. Jenis bola ini lebih nyaman dipakai di lapangan berumput sintetis untuk meredam pantulannya.


Proses penjahitan sayangnya membuat bola futsal lebih cepat rusak. Sebaiknya, Anda menggunakan bola futsal yang dijahit untuk latihan saja.

Bola futsal press, lebih kuat dan pantulannya mudah dikontrol

Apabila Anda ingin membeli bola futsal untuk pertandingan, Anda bisa memilih jenis bola futsal press. Teknik pressing membuat bola lebih kuat dan tidak cepat robek.


Meski begitu, bolanya tidak terlalu memantul seperti bola futsal yang dijahit. Jadi, jenis bola futsal ini lebih cocok digunakan di lapangan yang keras, contohnya lapangan dengan permukaan vinyl.

Pilih besar bola dengan usia penggunanya

Pilih besar bola dengan usia penggunanya

Agar permainan futsal jauh lebih nyaman, Anda bisa memilih ukuran bola sesuai dengan usia penggunanya. Berikut ini adalah beberapa ukuran bola futsal yang bisa Anda pilih berdasarkan usia penggunanya.


  • Bola futsal No. 3 lebih cocok untuk anak berusia delapan tahun. Ukurannya yang lebih kecil akan pas untuk dimainkan oleh anak-anak.

  • Ukuran No. 4 bisa dipakai oleh remaja sampai orang dewasa. Bola ini memiliki ukuran diameter berkisar antara 63–64 cm.

Sesuaikan warna bola dengan lapangan futsal

Poin yang satu ini mungkin sering Anda lewatkan. Pemilihan warna bola bukan hanya sekadar sesuai dengan kesukaan individu. Kami sarankan agar Anda memilih warna bola sesuai dengan warna lapangan. Pilihlah warna bola yang kontras dengan warna lapangan. Hal ini supaya bola bisa lebih terlihat jelas di lapangan.

Pastikan bola futsal sudah memiliki standar FIFA

Apabila Anda ingin memiliki bola futsal yang berkualitas, Anda bisa memilih bola yang sudah mengikuti standar FIFA. Bola futsal tersebut biasanya sudah memiliki cap "FIFA Approved". Ukuran dan kualitas bahannya sudah pasti mendapatkan sertifikasi dari FIFA. 


Bola futsal seperti ini sangat cocok digunakan untuk pertandingan serius. Anda juga bisa memilih bola futsal ini sebagai koleksi terbaik Anda. Kualitas FIFA membuat bola futsal tersebut lebih awet dan terjamin kualitasnya.


Selain bercap FIFA, ada juga bola futsal yang mengantongi sertifikasi International Matchball Standard (IMS). Meski syarat IMS tidak seketat FIFA, bola futsal yang mendapatkan sertifikasi IMS juga berkualitas.

10 Rekomendasi bola futsal terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk bola futsal terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
JenisJahit
BahanPU
UkuranNo. 4
FIFA Approved / IMSX
9
JenisPress
BahanSynthetic leather
UkuranNo. 4
FIFA Approved / IMSX
8
JenisPress
BahanTPU
UkuranNo. 3
FIFA Approved / IMS✔︎
7
JenisJahit
BahanRubber, PU
UkuranNo. 4 (63 cm)
FIFA Approved / IMSX
6
JenisJahit
BahanLateks
UkuranNo. 3
FIFA Approved / IMSX
5
JenisPress
BahanPremium PU
UkuranNo. 4 (63 cm)
FIFA Approved / IMSX
4
JenisJahit
BahanTPU
UkuranNo. 4 (63 cm)
FIFA Approved / IMSX
3
JenisJahit
BahanTPU
UkuranNo. 4
FIFA Approved / IMSX
2
JenisPress
BahanPVC Higloss
UkuranNo. 4 (63 cm)
FIFA Approved / IMS✔︎
1
JenisJahit
BahanPVC Soft
UkuranNo. 4 (63 cm)
FIFA Approved / IMS✔︎

Tabel perbandingan produk bola futsal terbaik

Gambar produk
1
Tachikara  Bola Futsal Sunpo 1

Tachikara

2
Proteam Bola Futsal Warrior 1

Proteam

3
Puma Spin Ball 1

Puma

4
Specs Bolt FS Ball 1

Specs

5
Ortuseight Lightning FS Ball 1

Ortuseight

6
Kipsta Football F100 size 3 1

Kipsta

7
Nike Menor X 1

Nike

8
adidas  Tiro League Sala Ball 1

adidas

9
Mikasa FLL 400 1

Mikasa

10
Molten 2000 Futsal 1

Molten

Nama produk

Bola Futsal Sunpo

Bola Futsal Warrior

Spin Ball

Bolt FS Ball

Lightning FS Ball

Football F100 size 3

Menor X

Tiro League Sala Ball

FLL 400

2000 Futsal

Keunggulan

Bahannya empuk dan lembut, pantulannya tetap rendah

Bola futsal favorit konsumen dengan warna-warna neon

Detail reflektif membuatnya makin tampak dalam kondisi remang

Motifnya keren dan terlihat futuristik

Harganya lebih ramah di kantong pemain pemula

Bola futsal anak dengan warna yang menarik

Motif klasik meningkatkan daya sentuh yang lebih baik

Desainnya simpel dan tampak seamless

Warnanya mencolok dan kontras dengan berbagai lapangan

Bahannya tahan abrasi, lebih awet digunakan

Harga mulai dariRp 330.000,00Rp 399.900,00Rp 299.000,00Rp 199.800,00Rp 199.000,00Rp 65.000,00Rp 345.450,00Rp 400.000,00Rp 617.400,00Rp 325.000,00
JenisJahitPressJahitJahitPressJahitJahitPressPressJahit
BahanPVC SoftPVC HiglossTPUTPUPremium PULateksRubber, PUTPUSynthetic leatherPU
UkuranNo. 4 (63 cm)No. 4 (63 cm)No. 4No. 4 (63 cm)No. 4 (63 cm)No. 3No. 4 (63 cm)No. 3No. 4No. 4
FIFA Approved / IMS✔︎✔︎XXXXX✔︎XX
Tautan produk

Tips menjaga kualitas bola futsal

Tips menjaga kualitas bola futsal

Sebagai salah satu perlengkapan olahraga, kebersihan bola futsal juga perlu dijaga. Apabila Anda merasa bola futsal sudah kotor, Anda bisa mencucinya. Anda bisa menyiramkan air dan menyikat permukaan bola. Namun, hindari merendam bola, ya, karena bisa merusak bola futsal Anda. Setelahnya, Anda bisa langsung mengeringkan bola tersebut.


Untuk menyimpan bola futsal, kami sarankan agar Anda menggantung bola. Hindari meletakkan bola di atas lantai. Suhu lantai yang berubah-ubah dapat memengaruhi kualitas permukaan bola. Terakhir, selalu periksa kondisi pentil bola. Pastikan posisi pentil bola berada pada tempat yang pas. Hal ini untuk mencegah kebocoran yang terjadi pada bola futsal Anda.

Baca juga rekomendasi perlengkapan lainnya untuk futsal di sini

Selain bola, Anda membutuhkan perlengkapan lainnya untuk bermain futsal. Sepatu menjadi perlengkapan yang wajib Anda miliki. Selain itu, lengkapi juga dengan deker lutut dan jersey kesukaan Anda. Klik tautan di bawah ini untuk mengetahui berbagai produk perlengkapan futsal.

Kesimpulan

Memilih bola futsal yang tepat merupakan kunci agar permainan futsal bisa berjalan lancar. Bola yang tepat akan lebih nyaman untuk digunakan. Kami juga menyarankan agar Anda memiliki bola futsal cadangan untuk bertanding.


Anda bisa mempertimbangkan bola futsal pilihan Anda berdasarkan jenisnya. Selain itu, pertimbangkan juga harga bolanya, ya. Sekian dahulu ulasan kami tentang bola futsal. Sampai jumpa pada artikel olahraga lainnya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sepatu Futsal Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023)
    10 Rekomendasi Sepatu Futsal Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023)
    Untuk mendukung performa di lapangan saat bermain futsal, Anda perlu mengenakan sepatu futsal terbaik. Anda harus memilih sepatu futsal sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal, seperti jenis lapangan yang digunakan hingga posisi saat Anda bermain futsal.Kami akan membahas cara memilih sepatu futsal terbaik untuk pria sebagai panduan. Rekomendasi sepatu futsal yang bagus dari berbagai merek juga akan kami berikan. Anda bisa memilih sepatu futsal dari Mizuno, Ortuseight, atau Specs. Simak pembahasannya sampai tuntas untuk mendapatkan sepatu futsal yang tepat!
    Sepak bola & futsal
  • 10 Rekomendasi Sepatu Bola Terbaik untuk Artificial Ground (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Bola Terbaik untuk Artificial Ground (Terbaru Tahun 2022)
    Sepatu adalah salah satu perlengkapan penting saat bermain sepak bola. Sepatu sepak bola terdiri dari berbagai macam kategori, tergantung dari jenis lapangan tempat permainan dilangsungkan. MUNICH, adidas, dan PUMA telah dikenal sejak lama sebagai produsen merek sepatu sepak bola yang bagus.Artikel ini akan membahas sepatu bola yang dipakai khusus di artificial ground. Anda dapat menemukan rekomendasi sepatu bola untuk kaki lebar dan produk dengan look yang stand out. Pemilihan sepatu bola rumput sintetis dan indoor yang tepat akan meningkatkan performa serta menjauhkan Anda dari cedera. Selamat membaca dengan saksama, ya!
    Sepak bola & futsal
  • 10 Rekomendasi Sepatu Futsal Ortuseight Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Futsal Ortuseight Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sepatu futsal merupakan atribut penting dalam bermain futsal. Salah satu merek sepatu futsal lokal yang bagus adalah Ortuseight. Ortuseight merupakan produsen lokal yang memproduksi peralatan olahraga, seperti sepatu bola dan sepatu futsal. Belakangan ini sepatu futsal Ortuseight menjadi pilihan karena desain dan teknologi yang inovatif.Kami akan menguraikan cara memilih dan merekomendasikan model sepatu futsal terbaik dari Ortuseight. Beberapa seri sepatu futsal Ortuseight, seperti Jogosala, Catalyst, dan Forte bisa menjadi pilihan Anda. Simak terus artikelnya secara saksama agar Anda menemukan sepatu futsal impian Anda!
    Sepak bola & futsal
  • 10 Rekomendasi Sepatu Futsal Specs Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Futsal Specs Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Anda sedang mencari sepatu futsal yang memiliki harga terjangkau dengan kualitas bersaing? Sepatu futsal merek Specs bisa menjadi pilihan Anda. Specs merupakan brand asli Indonesia yang memproduksi berbagai peralatan olahraga. Merek lokal ini juga telah dipercaya menjadi sponsor dalam berbagai event olahraga nasional.Specs menghadirkan beragam pilihan sepatu futsal dengan keunggulan masing-masing. Anda akan menemukan sepatu futsal seri Accelerator, Metasala, Swervo, dan lainnya. Tidak perlu bingung dengan banyaknya pilihan seri tersebut! Di artikel ini Anda akan mendapati tips memilih sekaligus rekomendasi sepatu futsal Specs yang bagus. Selamat membaca!
    Sepak bola & futsal
  • 10 Rekomendasi Sepatu Bola Specs Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Bola Specs Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sebagian besar penggemar sepak bola di Indonesia pastinya mengenal merek sepatu Specs. Bisa dibilang Specs adalah salah satu brand sepatu bola lokal yang paling dicari saat ini. Harga yang relatif terjangkau membuatnya banyak diburu penggemar bola di tanah air.Pada artikel ini kami akan membahas lebih detail mengenai sepatu bola Specs. Kami akan membagikan tips memilihnya dan merekomendasikan produk-produk yang bagus, seperti seri Swervo dan Accelerator. Untuk Anda yang ingin mencari sepatu bola Specs, baca artikel ini selengkapnya!
    Sepak bola & futsal
  • 10 Rekomendasi Gawang Sepak Bola Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Gawang Sepak Bola Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang populer di Indonesia. Beberapa orang biasanya memiliki perlengkapan sepak bola yang lengkap, mulai dari bola, sepatu, pakaian, dan sarung tangan. Namun, apakah Anda sudah memiliki gawang sepak bola untuk melengkapi pertandingan Anda?Pada artikel ini, kami akan membahas beberapa cara memilih gawang sepak bola yang bagus untuk Anda. Kami juga akan merekomendasikan beberapa merek gawang sepak bola, seperti SKLZ, Decathlon, dan Liga. Oleh karena itu, simak pembahasannya dan pastikan Anda membacanya hingga akhir, ya!
    Sepak bola & futsal
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori