• 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Sepeda Lipat Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Bersepeda menjadi pilihan banyak orang untuk mengisi waktu dan tetap sehat selama masa pandemi COVID-19. Tak ada kata terlambat untuk mulai bersepeda, apalagi sekarang sudah banyak sepeda bagus dengan harga murah. Bahkan, kini banyak sepeda lipat yang bagus dengan harga 1 jutaan saja!


Pada artikel ini, kami akan mengulas tentang sepeda lipat murah yang kualitasnya baik. Ada juga review dari merek sepeda lipat yang bagus, seperti Pacific, London Taxi, dan BNB. Keuntungan menggunakan sepeda lipat, tips memilihnya, hingga rekomendasi produk terbaiknya juga akan kami ulas untuk Anda. Simak pembahasannya, yuk!

  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Apa keuntungan menggunakan sepeda lipat?

Apa keuntungan menggunakan sepeda lipat?

Mungkin saat ini Anda sedang bingung ingin memilih sepeda lipat atau sepeda biasa. Untuk memberikan gambaran kepada Anda, berikut ini keuntungan jika Anda menggunakan sepeda lipat.


  • Relatif aman untuk siapa saja
Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa bisa menggunakan sepeda lipat. Berbeda dengan sepeda lain, seperti road bike dan mountain bike yang terkesan sporty. Ban sepeda lipat berukuran lebih kecil sehingga kecepatannya cenderung lebih terbatas dibandingkan sepeda lainnya. Namun, karena spesifikasi ban yang tidak terlalu besar ini, sepeda lipat fleksibel digunakan anak-anak hingga orang dewasa.

  • Bisa dimasukkan ke dalam mobil atau transportasi umum
Sepeda lipat sangat mendukung aktivitas Anda yang ingin bike to work atau bike to school. Ukurannya yang lebih kecil dibandingkan sepeda biasa dan bisa dilipat membuatnya lebih ringkas. Anda bahkan bisa memasukkan sepeda lipat dengan mudah ke dalam mobil atau kendaraan umum.

  • Mudah disimpan
Karena bisa dilipat, tentu Anda jadi tidak perlu menyiapkan tempat dengan space yang luas untuk menyimpannya. Bahkan, sepeda lipat bisa Anda simpan di bawah meja kerja Anda. 

Cara memilih sepeda lipat murah

Sebelum masuk ke rekomendasi produk, kami akan memberikan beberapa tips untuk memilih sepeda lipat murah. Mulai dari jenis frame sepeda, ukuran ban, hingga cara pelipatannya akan kami bahas.

Cari tahu harga pasarannya terlebih dahulu

Ada anggapan bahwa sepeda lipat pasti lebih murah dibandingkan sepeda jenis lainnya. Namun, faktanya tidak selalu demikian karena murah atau mahal itu relatif. Harga sepeda ditentukan oleh merek, spesifikasi, model sepeda, dan banyak hal detail lainnya. Selain itu, murah atau tidaknya sebuah sepeda juga ditentukan dari bujet yang Anda sediakan.

Di bawah 1 juta rupiah: Cocok untuk sepeda anak-anak

Di bawah 1 juta rupiah: Cocok untuk sepeda anak-anak

Anak minta dibelikan sepeda, tetapi bujet Anda sedang terbatas? Sepeda lipat dengan harga di bawah satu juta rupiah bisa Anda dapatkan di marketplace. Dengan bujet sekitar 500 ribuan hingga 1 jutaan, Anda bisa mendapatkan sepeda berbahan hi-ten steel. Namun, dari segi kenyamanannya mungkin tidak senyaman sepeda dengan spesifikasi di atasnya.

1 juta hingga 3 juta rupiah: Bisa untuk bersepeda santai jarak dekat

1 juta hingga 3 juta rupiah: Bisa untuk bersepeda santai jarak dekat

Sepeda lipat dengan kualitas yang baik bisa Anda dapatkan dengan harga 1 juta hingga 3 juta rupiah. Bahan frame-nya bervariasi, mulai dari hi-ten steel atau aluminium alloy. Merek sepedanya juga bervariasi, mulai dari Everbest hingga BNB.

3 juta hingga 5 juta rupiah: Sepeda sporty dengan harga ekonomis

3 juta hingga 5 juta rupiah: Sepeda sporty dengan harga ekonomis

Sepeda lipat bermerek, seperti London Taxi, Pacific, Dahon, United, dan Polygon juga ada yang harganya di bawah 5 jutaan. Dengan range harga tersebut, Anda bisa mendapatkan folding bike dengan gaya sporty. Anda bisa menggunakannya untuk jalan-jalan jauh setiap minggunya. Speed sepedanya juga makin bervariasi, bahkan ada yang sampai 9 speed.

Pertimbangkan bahan kerangka sepedanya

Pertimbangkan bahan kerangka sepedanya

Kerangka sepeda atau frame adalah faktor utama yang memengaruhi keawetan sepeda. Frame sepeda terbuat dari beberapa bahan, yakni baja, chromolyalloy, dan carbon fiber. Saat memilih frame sepeda, utamakan yang bahannya kuat, tetapi bobotnya tetap ringan. Makin mahal harganya, biasanya bahan frame memenuhi karakteristik bobot yang kuat dan ringan.


Agar tidak salah pilih, berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan bahan sepeda yang dijual di pasaran:


  • Baja atau hi-ten steel: Nama lengkap dari bahan ini adalah high-tensile steel. Harganya cenderung murah dan bobotnya berat. Bahan ini biasanya digunakan pada sepeda kelas low-end hingga mid-end.
  • Chromoly: Chromoly adalah bahan yang terbuat dari campuran baja, chromium, dan molybdenum. Kurang lebih karakteristiknya mirip dengan hi-ten steel, tetapi sedikit lebih baik. Bahan ini sering digunakan untuk sepeda mountain bike.
  • Alloy atau aluminium: Bahan ini paling favorit digunakan untuk bahan sepeda jenis apa pun. Bahan ini terbuat dari campuran metal dan aluminium. Bobotnya kuat sekaligus lebih ringan dibandingkan bahan hi-ten steel. Namun, bahan ini sulit diperbaiki jika sudah bengkok.
  • Carbon fiber: Bahannya terbuat dari campuran karbon dan epoxy resin. Frame-nya kuat, ringan, dan nyaman untuk digunakan bersepeda. Namun, bahan ini harganya lebih mahal dibandingkan bahan lainnya.

Pilih berdasarkan bobot dan ukurannya

Pilih berdasarkan bobot dan ukurannya

Sepeda lipat memiliki bobot bervariasi, mulai dari 8 kg hingga 20 kg. Bobot sepeda sangat dipengaruhi oleh bahan frame sepeda serta ukuran bannya. Ada tidaknya keranjang tambahan juga memengaruhi bobotnya. Agar tidak merepotkan untuk dibawa bepergian, pilihlah sepeda lipat dengan bobot 10 kg hingga 13 kg.


Panjang sepeda sebelum dan sesudah dilipat juga perlu Anda perhatikan. Umumnya, sepeda lipat bisa diringkas hingga berukuran kurang lebih 60 cm x 60 cm x 25 cm. 

Pertimbangkan ukuran bannya

Pertimbangkan ukuran bannya

Ban sepeda lipat umumnya diukur dalam satuan inci dan ETRTO. Nilai ETRTO menyatakan diameter cantolan ban dengan velg sepeda. Singkatnya, sepeda lipat biasanya menggunakan ban berdiameter 20 inci dan 16 inci. Ban ukuran 20 inci memiliki dua pilihan ETRTO, yakni 406 dan 451. Sementara itu, ban ukuran 16 inci memiliki pilihan ETRTO 305 dan 349.


Secara umum, sepeda dengan ban yang lebih besar akan melaju dengan lebih cepat. Karena satu kayuhan akan menghasilkan jarak yang lebih jauh dibandingkan dengan ban yang lebih kecil. Namun, setiap jenis ban tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sebelum mulai touring atau memilih ban untuk sepeda lipat Anda, ketahui dahulu perbedaannya.


  • Ban 20 inci (ETRTO 406): Di pasaran atau toko sepeda, ban ini dikenal dengan sebutan ban 20 inci murni. Diameter pasti bannya adalah 406 mm. Karakteristiknya cukup empuk dan membal saat menahan benturan dengan tapak ban yang lebih bergerigi, seperti mountain bike. Tak heran jika ban tipe ini juga banyak digunakan untuk sepeda BMX.
  • Ban 20 inci (ETRTO 451): Diameter bannya adalah 451 mm. Tapak bannya lebih botak dibanding tipe ETRTO 406. Kelebihan ban ini adalah dari segi kecepatannya. Jika Anda ingin memakai ban 20 inci dan mengutamakan kecepatan dibandingkan kenyamanan, pilih tipe ETRTO 451.
  • Ban 16 inci (ETRTO 305): Semua ban 16 inci lebih direkomendasikan untuk anak-anak karena lebih aman dari segi batas kecepatannya. Ban ini mirip dengan ban 20 inci ETRTO 406 dari segi karakteristiknya, hanya saja ukurannya lebih kecil. Jika Anda mengutamakan kenyamanan, pilih ban tipe ini.
  • Ban 16 inci (ETRTO 349): Sementara itu, ban ini mirip dengan ban 20 inci ETRTO 451, hanya saja lebih kecil. Ban ini unggul dari segi kecepatannya.

Ketahui jenis gear sepedanya

Ketahui jenis gear sepedanya

Gear sering dikenal juga sebagai speed. Gunanya untuk mengubah tenaga kayuhan kaki Anda menjadi gerak. Usahakan pilih sepeda dengan gear yang seefisien mungkin. Artinya, tenaga yang Anda keluarkan sedikit, tetapi jarak yang bisa ditempuh jauh atau gerakannya cepat.


Jenis gear sepeda ada bermacam-macam, mulai dari single speed, fixie, dan multigear. Berikut ini perbedaannya:


  • Single speed: Sepedanya hanya dilengkapi satu gear ratio, satu crankset, dan satu chain ring. Simpelnya, Anda tidak bisa mengganti gigi sepedanya. Kecepatannya hanya dipengaruhi seberapa kuat Anda mengayuhnya. Sepeda jenis ini enak digunakan di jalanan rata, seperti jalanan komplek perumahan. Namun, sepeda single speed kurang begitu enak saat digunakan di tanjakan.
  • Fixed gear atau fixie: Jenis gear ini mirip dengan single speed. Namun, sepeda ini tidak memiliki freewheel. Dengan begitu, antara roda dan pedal selalu bergerak dengan komposisi yang sama. Bahkan, jika Anda mengayuhnya ke belakang, sepeda akan bergerak mundur.
  • Multigear: Sepeda jenis ini memiliki banyak pilihan speed yang bisa Anda ubah saat di jalan. Speed rendah biasanya digunakan untuk gerakan awal atau tanjakan. Sementara itu, speed tinggi digunakan untuk menambah kecepatan karena membuat sepeda lebih ringan.

10 Rekomendasi sepeda lipat murah terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sepeda lipat murah terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
FrameAluminium alloy AL6
Ukuran ban20 inci
Gear speed1–8
Pilihan warnaBrown cream, blue yellow, black red, black silver
9
FrameChromoly
Ukuran ban16 inci
Gear speed1–9
Pilihan warnaRed black, silver black, red silver, black red, black orange, blue gray, orange blue
8

Lintas Bangun NusantaraOdessy Phyton

Mulai dari Rp 1.399.000,00

FrameHi-ten steel
Ukuran ban16 inci dan 20 inci
Gear speed1–7
Pilihan warnaAbu-abu, kuning hitam, biru oranye, dan hitam merah
7
FrameChromoly
Ukuran ban16 inci
Gear speed1–9
Pilihan warnaRed silver, yellow blue, chrome, gold black
6
FrameHi-ten steel
Ukuran ban16 inci dan 20 inci
Gear speed1–7
Pilihan warnaBlack green, black blue, black yellow, black red
5
FrameAlloy
Ukuran ban20 inci
Gear speed1–9 atau 1–18
Pilihan warnaOrange-grey, yellow-purple, yellow-grey, silver-grey
4

London TaxiSepeda Lipat

206S New Color

Mulai dari Rp 4.580.000,00

FrameHigh-ten steel folding frame
Ukuran ban20 inci
Gear speed1–6
Pilihan warnaBlue gray, jade, ivory, mustard, green, black, maroon, white
3
FrameHi-ten steel
Ukuran ban16 inci
Gear speed1 (single speed)
Pilihan warnaPutih, abu-abu, kuning, tosca, biru, merah, hitam
2
FrameHi-ten steel
Ukuran ban16 inci atau 20 inci
Gear speed1–8
Pilihan warnaEmerald Green / Caroline Blue / Half Moon
1

Maxima PiegareAmbrosio

TX7 3.0

Mulai dari Rp 1.499.900,00

FrameAluminium
Ukuran ban16 inci dan 20 inci
Gear speed1–7
Pilihan warnaBlue, yellow, grey, black, silver, black-blue, black-red

Tabel perbandingan produk sepeda lipat murah terbaik

Gambar produk
1
Maxima Piegare Ambrosio  1

Maxima Piegare

2
Pacific Flux 1

Pacific

3
Senator Folding Bike 1

Senator

4
London Taxi Sepeda Lipat 1

London Taxi

5
Bike N Bike (BNB) Tory 1

Bike N Bike (BNB)

6
Atlantis Sepeda Lipat 1

Atlantis

7
Avand Re Arm IX  1

Avand

8
Lintas Bangun Nusantara Odessy Phyton 1

Lintas Bangun Nusantara

9
Trex Leon 1

Trex

10
Genio Vesta  1

Genio

Nama produk

Ambrosio

Flux

Folding Bike

Sepeda Lipat

Tory

Sepeda Lipat

Re Arm IX

Odessy Phyton

Leon

Vesta

Keunggulan

Bahan aluminium yang ringan untuk anak-anak belajar bersepeda

Terbuat dari bahan campuran hi-ten steel dan alloy

Simpel, tak perlu gonta-ganti gigi

Tampilan klasik berkelas ala sepeda asal Inggris

Desain lebih sporty dan bisa melaju hingga 18 speed

Lebih irit tempat berkat pedal model folding

Ringan dan lebih tahan karat

Sepeda asal Semarang dengan tampilan premium

Desain unik dengan mechanical disc brake yang pakem

Paling praktis untuk menunjang mobilitas Anda

Harga mulai dariRp 1.499.900,00Rp 2.900.000,00Rp 985.000,00Rp 4.580.000,00Rp 2.980.000,00Rp 1.499.000,00Rp 3.547.000,00Rp 1.399.000,00Rp 2.750.000,00Rp 2.900.000,00
FrameAluminiumHi-ten steel Hi-ten steelHigh-ten steel folding frameAlloyHi-ten steelChromolyHi-ten steelChromolyAluminium alloy AL6
Ukuran ban16 inci dan 20 inci16 inci atau 20 inci16 inci20 inci20 inci16 inci dan 20 inci16 inci16 inci dan 20 inci16 inci20 inci
Gear speed1–71–81 (single speed)1–61–9 atau 1–181–71–91–71–91–8
Pilihan warnaBlue, yellow, grey, black, silver, black-blue, black-redEmerald Green / Caroline Blue / Half MoonPutih, abu-abu, kuning, tosca, biru, merah, hitamBlue gray, jade, ivory, mustard, green, black, maroon, whiteOrange-grey, yellow-purple, yellow-grey, silver-greyBlack green, black blue, black yellow, black redRed silver, yellow blue, chrome, gold blackAbu-abu, kuning hitam, biru oranye, dan hitam merahRed black, silver black, red silver, black red, black orange, blue gray, orange blueBrown cream, blue yellow, black red, black silver
Tautan produk

Pertanyaan seputar sepeda lipat

Pertanyaan seputar sepeda lipat

Berikut ini adalah pertanyaan yang sering membuat orang-orang bingung saat memilih sepeda lipat. Semoga jawabannya membantu, ya.

Apa bedanya sepeda lipat dengan sepeda biasa?

Perbedaan paling mencolok dari keduanya tentu sepeda lipat bisa dilipat, sedangkan sepeda biasa tidak bisa. Selain itu, ada beberapa faktor lagi yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih antara sepeda lipat atau tipe lainnya.


  • Penggunaan: Sepeda lipat lebih digunakan untuk berkendara santai, misalnya keliling komplek. Sepeda ini kesannya lebih untuk bersepeda bersama keluarga karena kecepatannya cenderung standar. Sepeda lainnya lebih digunakan untuk berolahraga atau freestyle. Mountain bike untuk bersepeda di medan off-road, road bike untuk di jalan raya, dan BMX untuk freestyle.
  • Ukuran ban: Ban sepeda lipat umumnya berukuran 20 inci dan 16 inci. Sementara itu, ban road bike atau mountain bike di atas 20 inci.
  • Sepeda lipat boleh masuk transportasi umum: Ukuran sepeda lipat yang compact membuatnya bisa masuk kendaraan umum. Sementara itu, sepeda lainnya tidak bisa karena ukurannya yang besar.

Baca juga rekomendasi produk seputar sepeda lainnya di sini

Kami sudah pernah mengulas beberapa produk tentang sepeda, mulai dari beberapa jenis sepeda hingga aksesori yang menyertainya. Silakan klik tautan berikut ini untuk mendapatkan referensi lebih luas tentang dunia sepeda.

Kesimpulan

Bersepeda tak harus keluar uang banyak sampai harus menguras dompet dan tabungan Anda. Ada banyak pilihan sepeda lipat dengan harga terjangkau dan kualitasnya tetap bagus. Saat memilih sepeda, perhatikan spesifikasinya, terutama bahan frame, ukuran, dan bobotnya.


Untuk kenyamanan berkendara, pilihlah ban yang sesuai kebutuhan Anda. Orang dewasa sebaiknya menggunakan ban 20 inci, sedangkan anak-anak menggunakan ban 16 inci. Semoga referensi rekomendasi produk dari kami membantu, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sepeda lipat atau seli merupakan jenis sepeda yang cukup digemari karena desainnya yang menarik dan mudah dibawa bepergian. Di pasaran sendiri, Anda akan menemukan banyak merk sepeda lipat yang bagus, seperti Polygon, United Bike, hingga PACIFIC BIKE. Harga sepeda lipat sendiri bervariasi tergantung jenis bahan dan keunggulannya. Ada sepeda lipat dengan harga 2 jutaan, 3 jutaan, hingga puluhan juta. Nah, supaya Anda tidak kebingungan, kami akan mengulas tips memilih sepeda lipat yang bagus. Temukan rekomendasi produk sepeda lipat yang murah dan berkualitas dengan membaca artikel ini sampai tuntas.
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pada masa pandemi ini, tren bersepeda kian menjamur. Tak heran jika peminat sepeda makin tinggi, tak terkecuali dengan sepeda listrik. Di Indonesia sendiri ada banyak merk sepeda listrik buatan lokal maupun luar negeri yang dijual di pasaran.Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilih sepeda listrik yang bagus. Tak hanya itu, kami juga merekomendasikan sepuluh merk sepeda listrik terkenal, misalnya Xiaomi, Polygon Bikes, dan Jarvis. Jadi, simak artikel ini sampai akhir, ya. Selamat memilih!
    Sepeda
  • 8 Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2022)
    8 Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2022)
    Sepeda gunung dapat digunakan untuk berbagai macam medan. Mulai dari jalanan kota yang mulus sampai jalanan pegunungan yang tidak rata bisa Anda tempuh. Ketika memilih sepeda gunung untuk pertama kali, Anda pasti bingung karena terdapat banyak jenis sepeda gunung di pasaran.Produsen ternama seperti United, Polygon, Viva Cycle, dan berbagai produsen sepeda lainnya juga banyak mengeluarkan produk sepeda gunung. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta merekomendasikan delapan sepeda gunung terbaik untuk pemula. Artikel ini sudah ditinjau oleh cycling vlogger kami, Nasirullah Sitam
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Terbaik untuk Anak Laki-laki (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda Terbaik untuk Anak Laki-laki (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah anak laki-laki Anda sangat aktif? Bersepeda bisa menjadi aktivitas yang seru untuk menyalurkan energinya. Tampilan sepeda yang menarik tentu membuat pengalaman bersepeda lebih menyenangkan. Terdapat produk dari banyak merek terkenal, seperti Polygon Bikes, United Bike, dan Wimcycle yang modelnya maskulin. Sesuai dengan kesukaan anak laki-laki Anda, bukan?Selain desain, tentu Anda juga perlu memperhatikan segi keamanan sepeda. Agar memudahkan Anda memilih, kami akan memberikan tips memilih sepeda untuk anak laki-laki. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi produknya yang bagus. Jadi, simak artikel ini sampai habis dan selamat membaca!
    Sepeda
  • 10 Sepeda Balap (Road Bike) Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sepeda Balap (Road Bike) Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2022)
    Sepeda balap atau road bike merupakan moda transportasi yang banyak disukai karena murah, menyehatkan, dan ramah lingkungan. Road bike yang saat ini beredar di pasaran tersedia dalam berbagai tipe. Sebut saja keluaran Polygon, United, Pacific, Element, dan sebagainya. Komponennya pun tergolong banyak sehingga bisa membuat bingung.Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih road bike. Selanjutnya, kami akan merekomendasikan produk dari berbagai merek yang bagus untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh cycling vlogger kami, Nasirullah Sitam. Simak informasinya dan temukan road bike terbaik untuk Anda!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Balance Bike Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Balance Bike Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    Anda mungkin pernah melihat sepeda tanpa pedal yang banyak digunakan oleh anak-anak. Sepeda yang dikenal dengan istilah balance bike atau kick bite ini memang cukup populer dan banyak diminati. Jika Anda sedang mencari informasi tentang balance bike, Anda wajib membaca artikel ini! Kami akan membahas secara lengkap mengapa Anda harus membeli balance bike dan hal apa saja yang perlu Anda perhatikan sebelum membelinya. Kami juga akan merekomendasikan beberapa merek balance bike, seperti London Taxi, Strider, atau Maynine. Langsung saja scroll ke bawah untuk informasi lebih lanjut! 
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Fitness (Spinning Bike) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda Fitness (Spinning Bike) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sepeda fitness atau spinning bike merupakan peralatan olahraga yang praktis digunakan di rumah. Alat ini sangat efektif untuk pembentukan otot atau diet. Baru-baru ini banyak pilihan sepeda fitness, seperti tipe yang minim suara atau tipe yang bisa mendeteksi detak jantung. Bahkan, ada juga tipe yang mampu mengukur jumlah kalori dan menyesuaikannya dengan berat badan Anda!Dengan banyaknya variasi, mungkin Anda kebingungan dalam menentukan pilihan. Karena itu, kali ini kami akan memberikan tips cara memilih sepeda fitness yang baik berikut rekomendasinya. Mari simak artikel berikut!
    Sepeda
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori