• 10 Mustard Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Mustard Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Mustard Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Mustard Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Mustard Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Mustard Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022)

Penggemar salad, fast food, atau steak, pasti familier dengan mustard. Sebenarnya, mustard merujuk pada biji sawi yang menjadi bumbu rempah khas Eropa. Rasanya agak pedas dan menyengat di lidah. Kemudian, mustard diolah dengan bumbu lainnya, seperti cuka, garam, dan kunyit untuk menghasilkan saus mustard yang lezat.


Kami akan mengulas rekomendasi mustard dari berbagai merek, seperti MamaSuka, French's, Remia, dan sebagainya. Namun, sebelumnya ketahui dahulu apa bedanya mustard dan mayones. Artikel ini juga telah ditinjau oleh praktisi herbal kami, Nurrahma Asri Saraswati. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Nurrahma Asri S.
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Praktisi herbal, Nurrahma Asri Saraswati

Profil pakar: Praktisi herbal, Nurrahma Asri Saraswati
Nurrahma Asri S.
Praktisi herbal dan wirausaha
Nurrahma Asri S.

Asri adalah praktisi dan pemilik usaha herbal. Ia sudah menyelesaikan pendidikan sarjana di Bioprocess Chemical Engineering, University Technology of Malaysia. Setelah itu, ia mengikuti short course Mastering Herbal Formulation dari The Herbal Academy United States.


Asri menggeluti dunia rempah dan tanaman herbal sejak tahun 2015 dengan membangun UMKM Agradaya. Agradaya memproduksi minuman rempah kering berstandar BPOM obat tradisional. Penghargaan yang pernah diraihnya antara lain adalah Perempuan Penjaga Bumi versi majalah Tempo 2018, CNN Indonesia Hero, dan Local Hero versi DSC X.

Apa perbedaan mustard dan mayones?

Apa perbedaan mustard dan mayones?

Saus mustard dan mayones sering dijadikan cocolan atau dressing salad. Dari kemasannya, mungkin terlihat mirip, padahal keduanya adalah jenis saus yang berbeda.

 
Bahan utama mayones adalah kuning telur ayam, cuka, dan minyak nabati. Rasa mayones merupakan perpaduan gurih, manis, dan asam. Makan gorengan dengan cocolan mayones memang nikmat, tetapi perlu dibatasi karena kandungan lemaknya cukup tinggi. Dalam satu sendok makan mayones mengandung hampir 100 kalori dan 11 gram lemak.


Berbeda dengan mustard atau moster yang cara pembuatan sausnya sedikit lebih rumit. Bahan utama saus mustard adalah biji mustard atau biji sawi yang dihaluskan, kunyit, cuka, dan bawang putih. Berbeda jenis biji sawi, maka berbeda pula karakter rasa mustard yang dihasilkan. Biji sawi yang digunakan untuk membuat saus mustard ada tiga macam:


  • Biji sawi putih, rasa pedasnya lebih lembut
  • Biji sawi cokelat, rasa pedasnya tajam, tetapi tidak terlalu menyengat
  • Biji sawi hitam, rasa pedasnya lebih menyengat.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih mustard

Mustard yang dijual di pasaran tersedia dalam karakter rasa yang berbeda-beda. Lalu, bagaimana cara memilih mustard yang tepat untuk sajian masakan Anda? 

Kenali dahulu jenis-jenis mustard

Selama ini, Anda mungkin hanya mengenal mustard sebagai saus khas Amerika yang berwarna kuning. Padahal, ada beberapa jenis mustard lain dari beberapa negara yang tidak kalah populer. Masing-masing jenis mustard tersebut memberikan cita rasa yang berbeda.

Dijon mustard, memiliki aroma yang kuat dan tajam

Dijon mustard, memiliki aroma yang kuat dan tajam

Sesuai namanya, dijon mustard adalah mustard khas Kota Dijon, Prancis. Mustard ini terbuat dari biji sawi cokelat atau hitam dan anggur putih. Dijon mustard umumnya berwarna kuning pucat dan sedikit kecokelatan.


Jenis mustard yang cocok untuk salad dan steak ini memiliki rasa lebih tajam dan kuat dibandingkan mustard reguler. Beberapa merek Dijon mustard yang populer, yaitu Kühne, Remia, dan Vilux.

Meaux mustard, teksturnya kasar dengan rasa yang lembut

Selain Dijon, ada kota lain di Prancis yang menghasilkan mustard yaitu Meaux. Meaux mustard bertekstur kasar karena biji sawinya tidak digiling halus. Warnanya cokelat dengan remahan biji sawi yang terlihat jelas serta rasa yang lebih lembut. Mustard jenis ini cocok untuk steak atau bahan dasar vinaigrette salad dressing. Pommery dan Woodstock adalah sebagian brand yang memiliki produk meaux mustard.

Yellow mustard, sering dijadikan pelengkap fast food

Yellow mustard, sering dijadikan pelengkap fast food

Yellow mustard adalah jenis mustard ala Amerika yang paling populer. Rasa yellow mustard tidak terlalu tajam karena berasal dari biji sawi putih. Warna kuning yang cerah dari saus ini berasal dari kunyit. Biasanya, yellow mustard sering dipakai sebagai pelengkap fast food, seperti sandwich, hotdog, atau burger. Merek yellow mustard yang paling terkenal, antara lain French's, Maestro, dan Heinz.

Honey mustard, dengan tambahan madu dan enak untuk cocolan

Honey mustard, dengan tambahan madu dan enak untuk cocolan

Pada dasarnya, honey mustard merupakan yellow mustard yang ditambahkan madu dengan takaran 1:1 di dalamnya. Madu menyeimbangkan rasa tajam mustard sehingga cocok bagi Anda yang kurang suka rasa pedas mustard.

 
Anda bisa menjadikan honey mustard sebagai cocolan aneka camilan, seperti french fries, onion rings, nugget, atau potato wedges. Merek honey mustard yang bisa dipilih, antara lain MamaSuka, Eat Me Brand, dan Ottogi.

Sweet mustard, rasa manis dari tambahan gula karamel

Sweet mustard, rasa manis dari tambahan gula karamel

Penyuka rasa manis bisa memilih sweet mustard asal Jerman. Jenis mustard ini terbuat dari biji sawi cokelat dengan tambahan rempah-rempah dan gula karamel di dalamnya. Rasanya cenderung manis sehingga cocok dimakan bersama roti gandum, corndog, atau sosis. Beberapa merek sweet mustard yang bisa dicoba antara lain Heinz dan Kühne.

Pilih bentuk mustard yang sesuai kebutuhan

Mustard yang dijual di pasaran memiliki dua macam bentuk yaitu bubuk dan saus. Bentuk saus sudah kami paparkan pada subbab sebelumnya. Namun, kami akan menjelaskan perbedaannya supaya Anda bisa membeli sesuai dengan kebutuhan.

Bubuk mustard, lebih fleksibel untuk berbagai keperluan memasak

Bubuk mustard, lebih fleksibel untuk berbagai keperluan memasak

Bubuk mustard adalah biji sawi yang sudah dihancurkan atau dihaluskan. Mustard berbentuk bubuk bisa Anda olah untuk berbagai kepeluan memasak, seperti memarinasi daging atau meracik salad dressing. Membeli bubuk mustard memberi Anda fleksibilitas dalam penggunaannya. Jadi, tidak ada salahnya Anda menyediakan bubuk mustard di dapur.

Saat membeli bubuk mustard pastikan isinya murni biji sawi, tanpa tambahan garam atau MSG (monosodium glutamate). Perhatikan pula jenis biji sawi yang digunakan dan sesuaikan dengan selera. Meski begitu, bubuk mustard yang banyak beredar di pasaran adalah brown mustard atau yang terbuat dari biji sawi cokelat. 

Saus mustard, kental dan creamy-nya nikmat untuk cocolan

Saus mustard, kental dan creamy-nya nikmat untuk cocolan

Saus mustard adalah jenis olahan mustard yang paling banyak dijual di pasaran. Saus mustard biasanya berupa produk siap makan dan dijual dalam kemasan botol atau stoples. Tekstur saus mustard kental dan creamy sehingga paling enak dijadikan cocolan atau pelengkap fast food. Apakah itu dijon mustard, yellow mustard, atau honey mustard, Anda tinggal memilih varian yang paling disukai.

Perhatikan komposisinya dan pertimbangkan produk organik

Perhatikan komposisinya dan pertimbangkan produk organik

Pastikan Anda selalu mencermati keterangan komposisi bahan yang tertera di label kemasan. Mustard umumnya berwarna kuning kecokelatan. Ada produsen yang menciptakan warna kuning tersebut secara alami yaitu dengan menambahkan kunyit. Namun, ada pula produsen yang menggunakan pewarna sintetis untuk menghasilkan warna kuning yang menarik


Mustard dengan campuran pewarna sintetis memang tidak masalah untuk dikonsumsi. Namun, akan lebih baik bila Anda memilih mustard dengan bahan-bahan organik atau tanpa tambahan pewarna sintetis. Dengan demikian, mustard akan lebih aman untuk kesehatan dan konsumsi jangka panjang.

10 Rekomendasi mustard terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk mustard terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Nurrahma Asri Saraswati.

10
BentukSaus
Jenis Meaux mustard
BahanCuka organik, air, biji mustard organik, garam, rempah-rempah organik
Varian isi227 gr
9
BentukSaus
Jenis Dijon mustard
BahanAir, biji mustard, cuka anggur, garam, antioksidan kalium metabisulfit, pengatur keasaman asam sitrat
Varian isi250 gr
8

Hydro Farm IndonesiaEat Me Brand Honey Mustard Dressing

Mulai dari Rp 75.000,00

BentukSaus
Jenis Honey mustard
BahanMustard, madu murni, lemon segar
Varian isi350 gr
7
BentukSaus
Jenis Honey mustard
BahanAir, minyak sayur, cuka, mustard, garam, kunyit, paprika, pengental gum xanthan
Varian isi265 gr, 535 gr
6
BentukBubuk
Jenis Brown mustard
Bahan100% mustard
Varian isi50 gr
5
BentukSaus
Jenis Yellow mustard
BahanAir, mustard, garam, pengatur keasaman, asam asetat, kunyit, pemantap gom xantan
Varian isi245 gr, 1 kg
4
BentukSaus
Jenis Dijon mustard
BahanAir, biji sawi, cuka, garam, asam sitrat, antioksidan
Varian isi370 gr, 850 gr
3
BentukBubuk
Jenis Brown mustard
Bahan100% biji mustard
Varian isi50 gr, 500 gr
2
BentukSaus
Jenis Honey mustard
BahanAir, minyak kedelai, gula, cuka, bubuk mustard, garam, pengental hidroksipropil dipati fosfat, madu, kuning telur, minyak atsiri mustard, pengental gom xanthan, pengatur keasaman, pengawet
Varian isi100 gr, 300 gr
1

McCormick & CompanyFrench's Classic Yellow Mustard

Mulai dari Rp 26.500,00

BentukSaus
Jenis Yellow mustard
BahanCuka suling, biji sawi grade #1, garam, kunyit, paprika, rempah-rempah, penyedap alami, bubuk bawang putih
Varian isi170 gr, 225 gr, 396 gr, 2.970 gr

Tabel perbandingan produk mustard terbaik

Gambar produk
1
McCormick & Company French's Classic Yellow Mustard 1

McCormick & Company

2
Jico Agung MamaSuka Honey Mustard  1

Jico Agung

3
Jay's Kitchen Mustard Ground 1

Jay's Kitchen

4
Remia Moutarde de Dijon 1

Remia

5
Lasallefood Maestro Mustard Sauce 1

Lasallefood

6
RASA Ground Mustard 1

RASA

7
Ottogi  Honey Mustard Sauce 1

Ottogi

8
Hydro Farm Indonesia Eat Me Brand Honey Mustard Dressing 1

Hydro Farm Indonesia

9
Kühne  Hot Mustard Dijon Style 1

Kühne

10
Woodstock Foods Organic Stoneground Mustard 1

Woodstock Foods

Nama produk

French's Classic Yellow Mustard

MamaSuka Honey Mustard

Mustard Ground

Moutarde de Dijon

Maestro Mustard Sauce

Ground Mustard

Honey Mustard Sauce

Eat Me Brand Honey Mustard Dressing

Hot Mustard Dijon Style

Organic Stoneground Mustard

Keunggulan

Mustard klasik yang teksturnya lembut dan bebas lemak

Dibuat dengan campuran madu berkualitas untuk rasa yang lebih berkelas

Buat steak lebih juicy dan nikmat dengan rempah alami

Bebas gluten, aman untuk Anda yang memiliki alergi

Buat cita rasa khas ala fast food dari dapur Anda

Bubuknya lembut dan tanpa tambahan MSG

Teman cocolan yang tepat untuk segala jenis gorengan

Teksturnya creamy, tanpa tambahan pemanis sintetis

Tingkatkan selera makan dengan rasa yang lebih spicy

Mustard organik yang bisa untuk memarinasi daging

Harga mulai dariRp 26.500,00Rp 10.196,00Rp 30.360,00Rp 31.900,00Rp 20.800,00Rp 28.800,00Rp 42.000,00Rp 75.000,00Rp 109.000,00
BentukSaus SausBubukSausSausBubukSausSausSausSaus
Jenis Yellow mustardHoney mustardBrown mustardDijon mustardYellow mustardBrown mustardHoney mustardHoney mustardDijon mustardMeaux mustard
BahanCuka suling, biji sawi grade #1, garam, kunyit, paprika, rempah-rempah, penyedap alami, bubuk bawang putihAir, minyak kedelai, gula, cuka, bubuk mustard, garam, pengental hidroksipropil dipati fosfat, madu, kuning telur, minyak atsiri mustard, pengental gom xanthan, pengatur keasaman, pengawet100% biji mustardAir, biji sawi, cuka, garam, asam sitrat, antioksidanAir, mustard, garam, pengatur keasaman, asam asetat, kunyit, pemantap gom xantan100% mustardAir, minyak sayur, cuka, mustard, garam, kunyit, paprika, pengental gum xanthanMustard, madu murni, lemon segarAir, biji mustard, cuka anggur, garam, antioksidan kalium metabisulfit, pengatur keasaman asam sitrat Cuka organik, air, biji mustard organik, garam, rempah-rempah organik
Varian isi170 gr, 225 gr, 396 gr, 2.970 gr100 gr, 300 gr50 gr, 500 gr370 gr, 850 gr245 gr, 1 kg50 gr265 gr, 535 gr350 gr250 gr227 gr
Tautan produk

Baca juga rekomendasi saus lainnya di sini

Untuk melengkapi semua sajian Anda, kami juga telah mengulas beberapa produk saus lainnya. Ada mayones, saus tartar, saus spageti, saus tabasco, dan saus tomat yang mungkin Anda butuhkan. Baca ulasan kami di bawah ini juga, yuk!

Kesimpulan

Menikmati salad, steak, fast food, atau french fries tidak lengkap rasanya kalau tanpa mustard. Masakan pun bisa lebih lezat dengan campuran mustard. Karena itu, kami sarankan, sediakan selalu mustard di dapur Anda. 


Saus mustard yang sudah dibuka akan lebih awet dan terjaga kesegarannya jika disimpan di kulkas dalam stoples atau wadah tertutup. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan Anda bisa menemukan mustard terenak yang cocok dengan selera Anda. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang hobi memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung terigu. Tepungini banyak digunakan untuk membuat kue, gorengan, pasta, dan makanan ringan lain. Tepung terigu sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tepung dengan protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah.Apabila Anda membutuhkan tepung yang serbaguna, gunakan tepung terigu protein sedang. Di sini kami akan merekomendasikan beberapa merek tepung terigu protein sedang yang bagus dengan harga ekonomis. Contohnya, Segitiga Biru, Kompas, dan Bola Salju. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Lencana Merah, Kunci Biru, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang bagus. Saat ini, ada banyak sekali merek minyak goreng yang bagus, seperti Bimoli, SunCo, Fortune, hingga Barco. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing.Guna mendapatkan produk yang bagus, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Extra virgin olive oil atau sering disingkat EVOO merupakan minyak zaitun murni dengan kualitas tertinggi. Tidak heran jika manfaat extra virgin olive oil lebih banyak dibandingkan minyak zaitun biasa. Anda dapat menggunakan EVOO untuk berbagai macam jenis masakan. Dikonsumsi secara langsung juga bisa. Bahkan, ada produk yang aman untuk diminum ibu hamil.Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan membahas tentang cara memilih extra virgin olive oil yang bagus. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Bertolli, Borges, hingga Filippo Berio. Jadi, mari disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing dengan butter. Selain untuk bahan dasar bolu dan nastar, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, yakni salted butter dan unsalted butter.Kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn, ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Temukan butter terbaik yang murah, enak, dan pastinya halal untuk masakan Anda di sini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu bumbu pelengkap untuk membuat masakan menjadi lebih sedap ialah kaldu. Saat ini, terdapat kaldu non MSG yang tentunya lebih menyehatkan. Sudahkah Anda mengetahui merk kaldu non MSG yang enak dan bagus untuk dikonsumsi harian? Artikel yang sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari, ini akan membahas mengenai cara memilih kaldu non MSG terbaik. Kami juga akan mengulas keunggulan kaldu non MSG dari berbagai rasa, seperti ayam, sapi, dan lainnya. Merek kaldu non MSG, seperti Totole, Alsultan, hingga AlaNia juga masuk dalam daftar rekomendasi kami. Mari disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Truffle Oil Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    10 Truffle Oil Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    Truffle oil adalah bahan kuliner yang digunakan untuk memberi rasa dan aroma truffle pada hidangan. Bahan ini biasa dipakai sebagai finishing oil dalam berbagai hidangan. Ada dua jenis jamur truffle yang digunakan dalam minyak ini, yaitu black truffle dan white truffle.Truffle oil merek Geofoods, Urbani, dan Casa Rinaldi cukup populer di dunia kuliner. Anda tentu ingin mendapatkan truffle oil yang bagus, bukan? Kali ini kami akan memaparkan cara memilih dan merekomendasikan sepuluh truffle oil terbaik untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari. Disimak, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori