1. TOP
  2. >
  3. Komputer & laptop
  4. >
  5. Aksesori komputer & laptop
  6. >
  7. 10 Sound Card Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Sound Card Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Sound Card Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Sound Card Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Sound Card Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Sound Card Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Sound Card Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023)

Sound card adalah perangkat khusus untuk Anda yang ingin mendapatkan rekaman audio berkualitas. Perangkat ini biasanya digunakan untuk live streaming saat gaming ataupun untuk podcast. Sound card juga digunakan untuk studio recording agar suara gitar, drum, piano, dan vokal lebih akurat.


Kali ini kami akan membagikan cara memilih sound card. Kami juga akan berbagi rekomendasi merek sound card terbaik, seperti Behringer dan Focusrite. Anda bisa menemukan sound card USB, sound card HP, hingga sound card PC yang bagus. Artikel ini sudah ditinjau oleh sound engineer kami, Dennis Novriandi. Selamat membaca!

Diperbaharui 01-31-2023
Pakar
Sound engineer, music producer, dan bassist
Dennis Novriandi

Dennis adalah bassist dari band SASVRITA yang juga aktif sebagai sound engineer dan producer untuk beberapa band dalam negeri. Selain itu, Dennis mengerjakan proyek-proyek lainnya sambil mengelola recording studio pribadi dan mendirikan production house Eastneptune Studio. Tidak hanya di bidang musik, Dennis juga berkiprah di bidang animasi dan komputer. Beberapa di antaranya adalah sebagai front end developer, freelance UI/UX designer, serta freelance 2D and 3D animation.

Profil Dennis Novriandi
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Gigih Prayitno

Gigih Prayitno merupakan lulusan Program Studi Jepang, Universitas Diponegoro. Sejak kuliah, outdoor enthusiast ini suka naik gunung, city walking, dan solo traveling. Setelah lulus, ia bekerja sebagai travel reporter di salah satu kantor berita online di Indonesia selama dua tahun. Tidak hanya menyukai dunia traveling, Gigih juga seorang tech savvy. Ia senang sekali mencari update tentang peralatan elektronik, khususnya handphone, komputer, serta aksesorinya. Kini ia banyak menulis dengan niche teknologi, perlengkapan outdoor, dan perlengkapan sport di website mybest Indonesia.

Profil Gigih Prayitno
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace. (Diperbaharui pada 30 Januari 2023)

Cara memilih sound card

Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli sound card. Tiap produk memiliki spesifikasi berbeda dan digunakan untuk tujuan yang berbeda pula. Berikut penjelasan secara detail mengenai cara memilih sound card.

① Tentukan tipe sound card berdasarkan kebutuhan Anda

Macam-macam sound card di pasaran dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut penjelasan tipe-tipenya.

Sound card internal: Berbentuk chip yang tertanam di dalam motherboard

Sound card internal: Berbentuk chip yang tertanam di dalam motherboard

Sound card awalnya dipasang pada slot ekspansi, yaitu soket pada motherboard sebagai tempat perangkat keras tambahan yang dapat dimasukkan. Sebagian orang mengenalnya sebagai motherboard sound chip.


Namun, kebanyakan PC modern memiliki chipset terintegrasi sebagai pengontrol audio yang memungkinkannya merekam dan memutar ulang suara. PC yang memiliki motherboard sound chip ditandai dengan adanya audio jack di belakang motherboard bersama port ekspansi lain. Jenis port ekspansinya bisa berupa port USB.


Sound card internal sudah cukup untuk mendengarkan musik jika Anda bukan seorang music producer, podcaster, atau sound engineer. Chip sekarang sudah menawarkan banyak fitur canggih, contohnya realtex dari Texas Instrument.

Sound card dengan PCIe: Memiliki fitur 24-bit recording atau multiple channel surround sound

Sound card dengan PCIe: Memiliki fitur 24-bit recording atau multiple channel surround sound

Sound card dengan PCIe atau PCI Express adalah kartu ekspansi yang terhubung ke slot di dalam komputer. Keunggulan sound card ini adalah adanya chip prosesor sendiri. Hal itu berbeda dengan motherboard sound chip yang mengandalkan prosesor komputer dalam melakukan beberapa perhitungan untuk menghasilkan suara.


Kondisi tersebut membuatnya menghasilkan lebih sedikit beban pada prosesor utama sehingga kinerjanya meningkat saat digunakan bermain game. Perangkat ini juga memiliki fitur yang tidak dimiliki motherboard sound chip, seperti 24-bit recording atau multiple channel surround sound.

Sound card eksternal: Memerlukan slot ekspansi USB atau FireWire

Sound card eksternal: Memerlukan slot ekspansi USB atau FireWire

Sound card eksternal berbentuk kotak yang di dalamnya berisi semua fitur sound card. Perangkat ini terhubung ke komputer melalui port USB atau FireWire, bukan slot ekspansi internal. Sound card eksternal mempunyai fitur yang tidak dimiliki oleh sound card standar. Beberapa di antaranya adalah input dan output tambahan serta knob kontrol fisik volume.


Sound card eksternal juga lebih mudah dipindahkan ke PC baru dibandingkan sound card dengan PCI Express. Kecuali slot ekspansi USB atau FireWire, Anda tidak perlu perangkat lain bila ingin meningkatkan suara laptop.


Dari sisi koneksi, sound card eksternal terbilang lebih lengkap dengan midi port, optical port, dan data port. Fitur preamp, phantom power (+48V), channel insert and out, instrument input, dan XLR input juga ada pada sound card eksternal. Untuk music production, sound card eksternal tidak selalu punya channel surround sound. Hal tersebut bergantung pada output yang disediakan oleh produknya.

② Periksa tipe koneksi yang dimiliki sound card

Periksa tipe koneksi yang dimiliki sound card

Jenis koneksi antara sound card dan PC atau laptop bergantung pada kecepatan transfer data dan compactness. Ada beberapa media data yang dipakai pada sound card, seperti di bawah ini.


  • PCI (Peripheral Component Interconnect): Memungkinkan pemasangan berbagai komponen perangkat keras, seperti kartu jaringan, modem, sound card, dan disk controller
  • FireWire: Konektor yang digunakan untuk menghubungkan camcorder digital, hard drive eksternal, dan perangkat lain
  • USB: Sound card yang menggunakan media data berupa Thunderbolt dengan kecepatan 40 GB/s, USB-C, dan USB 2.1

③ Sesuaikan karakteristik sound card berdasarkan kebutuhan Anda

Sound card USB, sound card eksternal, sound card HP, dan sound card PC dibuat untuk tujuan yang berbeda. Maka dari itu, pastikan sound card yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Kami akan membahasnya pada poin berikut.

Sound card untuk game: Harus punya kinerja transfer data yang cepat

Sound card untuk game: Harus punya kinerja transfer data yang cepat

Suara menjadi komponen penting dalam sebuah game. Selain untuk kebutuhan streaming bermain game, sound card untuk game akan mengurangi beban CPU/GPU dalam memproses suara.


Untuk pengalaman gaming terbaik, sound card dengan PCI atau PCI Express cocok untuk Anda. Sound card PCI Express menawarkan kecepatan transfer data tinggi yang direkomendasikan untuk bermain game. Mengingat harganya yang cukup tinggi, Anda juga dapat menggunakan PCI bila tidak memiliki PCI Express.


Input dan output menjadi fitur penting lainnya pada sound card untuk bermain game. Untuk itu, selalu perhatikanlah koneksi input dan output. Hal ini termasuk output koneksi headphone, input koneksi mikrofon, line output, serat optik, serta input dan output lain.

Sound card untuk musik: Perlu frekuensi sampling tinggi

Sound card untuk musik: Perlu frekuensi sampling tinggi

Sound card berfrekuensi sampling 44,1 kHz dan 16 bit atau lebih tinggi menjadi pilihan terbaik untuk mendengarkan musik. Sementara itu, sound card untuk produksi musik terbagi dalam home recording, studio recording, dan mastering.


Sound card yang baik untuk standar produksi musik memiliki sample rate 48 kHz dan 24 bit. Meski begitu, sample rate dan bitrate tersebut bisa Anda ganti sesuai dengan kebutuhan. Di sisi lain, sample rate dengan angka maksimum 48 kHz, 96 kHz, dan 384 kHz 32 bit menjadi grade untuk mastering musik. Sample rate pada sound card layaknya frame rate pada video. Makin tinggi angkanya, makin bagus pula kualitasnya.


Selain sample rate dan bitrate, Anda perlu memperhatikan kualitas konverter saat memproduksi musik. ADC (analog-to-digital converter), DAC (digital-to-analog converter), dan signal to noise ratio juga perlu menjadi perhatian. Tidak hanya itu, perhatikanlah dynamic range, kualitas preamp input, serta kualitas DSP-nya.


Jumlah channel input dan fitur lain juga perlu diperhatikan, seperti phantom power, high pass filter, dan koneksi data untuk ekspansi channel. Sound card pun tergantung dari koneksi dan power, ada yang DC-powered dan ada pula yang USB-powered.

Sound card untuk merekam suara: Mixing dan produksi musik dengan driver ASIO

Sound card untuk merekam suara: Mixing dan produksi musik dengan driver ASIO

Driver ASIO menjadi fitur penting untuk sound card, terutama untuk tujuan recording, mixing, dan produksi musik. Sound card USB pun dianggap cocok untuk merekam musik dan mixing. Namun, konektor PCIe x16 dan Thunderbolt 3 bisa menjadi pilihan terbaik sebab memiliki kecepatan transfer sampai 40 GB/s.

④ Cek fitur penting lainnya pada sound card

Setiap produk sound card memiliki fitur yang berbeda. Makin lengkap fiturnya, Anda pun makin dapat menikmati kualitas audio dengan lebih jernih. Berikut adalah beberapa fitur dalam sound card yang perlu masuk dalam daftar pertimbangan.

Input dan output, memengaruhi perangkat yang akan digunakan

Input dan output, memengaruhi perangkat yang akan digunakan

Kualitas input dan output menjadi fitur penting untuk semua perangkat teknologi. Maka dari itu, perhatikanlah dynamic range, kualitas preamp dan range gain, serta kualitas konverter ADC.


Anda juga perlu mengecek fitur direct input, seperti instrument input, hiZ input, dan high impedance input. Perhatikan juga fitur signal to noise ratio, line input, mic input, midi input, data input, dan SPDIF input.

Ketersediaan ASIO, meningkatkan kinerja dari sound card

Ketersediaan ASIO, meningkatkan kinerja dari sound card

Audio Stream Input/Output (ASIO) adalah perangkat lunak penting karena driver ASIO mampu meningkatkan kinerja sound card. Perangkat ini mempercepat transfer data dan mengurangi penundaan sinyal. Driver ASIO pun menjadi fitur signifikan ketika Anda menggunakan sound card untuk recording.


Terdapat driver selain ASIO untuk mengontrol audio, seperti WASAPI dan DirectSound. Produsen sound card biasanya memang mempunyai driver masing-masing untuk produknya. Fungsi driver adalah untuk mengatur buffer size dan membantu mengurangi latency. Jadi, Anda bisa mengurangi buffer size saat recording dan meningkatkan buffer size ketika mixing.

Sampling rate dan bitrate, memengaruhi kualitas audio yang ditangkap

Sampling rate dan bitrate, memengaruhi kualitas audio yang ditangkap

Sampling rate dan bitrate adalah dimensi kerja sound card. Frekuensi sampling standar sound card adalah 44,1 kHz. Bila Anda ingin sound card yang bagus, pilih produk dengan frekuensi sampling 96 kHz ke atas.


Di dunia sound card, kecepatan 16 bit dianggap paling rendah. Sementara itu, 24 bit merupakan kecepatan rata-rata dan 32 bit dianggap luar biasa. Sampling rate dan bitrate pun bergantung pada kualitas DAC dan ADC yang digunakan. Agar lebih jelas, simaklah detail sampling rate dan tujuan penggunaannya berikut.


  • 44,1 kHz standar untuk CD
  • 48 kHz untuk DVD
  • 96 kHz ke atas untuk audiophile dan musik meditasi

SNR, agar sound card menghasilkan audio yang jernih

SNR, agar sound card menghasilkan audio yang jernih

Signal to noise ratio (SNR) berhubungan dengan noise floor dan source audio. Saat recording, noise akan mengganggu sehingga sulit menghasilkan suara yang jernih dan profesional. Maka dari itu, Anda memerlukan sound card dengan SNR yang tinggi.


Sound card yang bagus memiliki angka SNR paling tidak 100 dB (decibel). Jadi, sound card dengan SNR lebih tinggi menjadi pilihan yang baik untuk mendapatkan audio berkualitas.

10 Rekomendasi sound card terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sound card terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Dennis Novriandi.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Behringer

U-Phoria

Behringer U-Phoria 1枚目

Terjangkau untuk home studio mini

2

Focusrite

Scarlett 2i2 3rd Gen

Focusrite Scarlett 2i2 3rd Gen 1枚目

Sound card dengan noise rendah dan suara jernih

3

MAONO

MAONOCASTER Lite

MAONO MAONOCASTER Lite 1枚目

Paket sound card lengkap untuk streaming

4

ORICO

Multifunction USB External Sound Card

ORICO Multifunction USB External Sound Card 1枚目

Sound card USB yang praktis dengan harga ekonomis

5

Audient

EVO 4

Audient EVO 4 1枚目

Bisa langsung merekam audio di komputer!

6

Solid State Logic

SSL 2

Solid State Logic  SSL 2 1枚目

Warna suara lebih warm untuk merekam musik mellow

7

TASCAM

US-16x08

TASCAM US-16x08 1枚目

Sound card yang dapat dipakai untuk iOS, Mac, dan Windows

8

IK Multimedia

iRig HD 2

IK Multimedia iRig HD 2 1枚目

Suara clean bebas noise saat melakukan solo gitar

9

M-Audio

Air 192/8

M-Audio  Air 192/8 1枚目

Audio interface untuk kebutuhan live sequencer

10

TaffSTUDIO

V8 Plus Audio Mixing

TaffSTUDIO  V8 Plus Audio Mixing 1枚目

Punya banyak efek suara untuk streamer pemula

Perincian produk
Close
No.1

BehringerU-PhoriaUMC22

Mulai dari Rp1.050.000,00

Terjangkau untuk home studio mini

Kelebihan:

  • Build quality bagus
  • Ukurannya compact dan mudah dibawa
  • Ada direct monitoring untuk memantau kualitas audio langsung

Kekurangan:

  • Ada reviewer yang menyebutkan bahwa driver lebih mudah diinstal di Mac daripada di Windows

Inilah salah satu sound card PC terbaik untuk kebutuhan home recording. Dengan harga terjangkau, Behringer UMC22 memberi kualitas rekaman yang bagus. Untuk menunjang kualitasnya, ada mic preamps dari MIDAS yang merupakan perusahaan audio terkenal.


Sound card Behringer ini memiliki tombol phantom power agar mampu mengambil audio dengan karakter yang kuat. Ada juga tombol direct monitor yang berfungsi memonitor langsung suara hasil rekaman. Berkat fitur tersebut, suara yang akan diproses minim delay. Merekam suara vokal atau suara musik pun sama bagusnya.

No.2

FocusriteScarlett 2i2 3rd Gen

Mulai dari Rp2.920.000,00

Sound card dengan noise rendah dan suara jernih

Kelebihan:

  • Sampling rate tinggi
  • Mudah digunakan untuk pemula

Kekurangan:

  • Ada pengguna yang kesulitan menginstal driver

Focusrite Scarlett 2i2 3rd Gen wajib Anda miliki bila ingin mendapatkan kualitas suara yang jempolan. Sound card ini ditawarkan dengan dukungan software pendukung. Beberapa di antaranya adalah Ableton Live Lite, Focusrite Red plug-in suite, dan Avid Pro Tools First untuk efek suara menakjubkan.


Produk ini juga menawarkan preamp yang sudah di-upgrade dengan headroom lebih baik serta air mode untuk detail kelas atas. Dengan fiturnya tersebut, produk ini bisa menjadi pilihan tangguh bagi artis dan musisi untuk rekaman.

No.3

MAONOMAONOCASTER LiteAU-AM200 S1

Mulai dari Rp1.590.000,00

Paket sound card lengkap untuk streaming

Kelebihan:

  • Bisa menggunakan baterai untuk jadi sound card portabel

Kekurangan:

  • Bagian yang mengilap mudah kotor dan meninggalkan bekas sidik jari, Anda perlu membersihkannya secara berkala

Produk ini memiliki empat saluran audio mixing yang menawarkan koneksi praktis ke smartphone, mikrofon, dan lainnya. Dengan fitur all-in-one, Anda bisa menggunakan MAONOCASTER Lite AU-AM200 S1 sebagai mixing station dan sound card USB.


Produk ini juga bisa dipilih oleh Anda yang ingin melakukan live streaming secara serentak karena dapat men-support dua orang. Dengan peredam noise yang termasuk di dalamnya, suara Anda akan terdengar lebih jernih.

No.4

ORICOMultifunction USB External Sound CardSC2

Mulai dari Rp152.000,00

Sound card USB yang praktis dengan harga ekonomis

Kelebihan:

  • Penggunaannya simpel untuk Anda yang baru membuat konten monolog

Kekurangan:

  • Kemampuan sound card terbatas, kurang cocok untuk kebutuhan komersial

Jika Anda seorang pemula yang mencari sound card dengan harga terjangkau, kami merekomendasikan produk ini. ORICO memproduksi sound card USB dengan harga terjangkau sehingga Anda tidak perlu menyiapkan bujet besar.


Cara menggunakan produk ini pun simpel karena hanya ada dua port untuk headset dan satu port untuk mikrofon. Sementara itu, di bagian tengahnya ada tombol volume yang bisa Anda atur sendiri. Salah satu USB sound card terbaik untuk pemula ini merupakan pilihan tepat bagi Anda yang ingin mencoba dunia podcast.

No.5

Bisa langsung merekam audio di komputer!

Kelebihan:

  • Kenopnya simpel dan multiguna, bisa untuk mengatur volume semua instrumen
  • Ada fitur loopback untuk merekam video YouTube tanpa harus di-download

Kekurangan:

  • Tidak memiliki fitur MIDI

Sebagai seorang streamer, salah satu fitur EVO 4 akan memudahkan Anda saat membuat konten. Fitur yang dimaksud adalah loopback. Anda bisa merekam langsung audio di komputer ke produk ini bersamaan dengan mikrofon. Dengan begitu, suara Anda dan audio dari komputer langsung tersedia di aplikasi DAW. Proses mengedit jadi makin praktis berkat fitur tersebut.

No.6

Solid State Logic SSL 2

Mulai dari Rp3.714.000,00

Warna suara lebih warm untuk merekam musik mellow

Kelebihan:

  • Mic preamp mampu merekam audio yang clean


Kekurangan:

  • Bodi terbuat dari plastik sehingga terkesan ringkih

Apakah Anda senang memainkan musik dengan tempo yang santai, seperti pop atau ballad? Jika iya, pertimbangkanlah produk ini. Solid State Logic SSL 2 memiliki karakter dan warna suara yang khas.


Secara keseluruhan produk ini memiliki karakter yang lebih warm. Bagian low-mid-nya lebih padat, tetapi tetap soft. Audio pada mid-high dari produk ini pun tidak gritty sehingga suaranya nyaman di telinga. Maka dari itu, SSL2 cocok untuk musisi dengan genre pop atau ballad.

No.7

Sound card yang dapat dipakai untuk iOS, Mac, dan Windows

Kelebihan:

  • Punya banyak input port dengan volume yang mudah diatur
  • Awet dan tahan lama karena build quality yang solid

Kekurangan:

  • Sistem operasionalnya rumit, membutuhkan sound engineer

Kemampuan menangkap enam belas input saluran mikrofon ke komputer menjadi keunggulan yang dimiliki oleh sound card ini. Delapan mikrofon Ultra-HDDA untuk pengoperasian suara yang jernih, transparan, dan senyap juga menjadi kualitas yang ditawarkan TASCAM.


Dengan rentang penguatan sampai 56 dB, TASCAM US-16x08 ideal untuk mikrofon dinamis, kondensor, ataupun pita. Kabar baiknya adalah Anda dapat menggunakan sound card TASCAM US-16x8 untuk iOS, Mac, dan Windows.

No.8

IK MultimediaiRig HD 2

Mulai dari Rp1.980.000,00

Suara clean bebas noise saat melakukan solo gitar

Kelebihan:

  • Ukurannya compact
  • Pengaplikasian mudah, terlebih untuk pengguna produk Apple

Kekurangan:

  • Driver tidak kompatibel dengan device Android
  • Hanya bisa digunakan untuk instrumen gitar

Bagi Anda yang ingin merekam suara gitar, iRig HD 2 dari IK Multimedia bisa dipertimbangkan. Didesain khusus untuk merekam suara gitar, ada fitur-fitur canggih pada alat ini. Salah satunya adalah converter A/D yang premium sehingga mampu menangkap suara yang jernih dan bebas noise. Dengan begitu, produk ini cocok untuk Anda yang sering melakukan solo gitar untuk kebutuhan konten.

No.9

Audio interface untuk kebutuhan live sequencer

Kelebihan:

  • Sudah ada I/O MIDI
  • Dilengkapi Kensington Security Slot

Kekurangan:

  • Ada review yang menyebutkan bahwa permukaan sound card mudah kotor, berdebu, dan meninggalkan bekas sidik jari

Sequencer biasanya dipadukan dengan metronome untuk menjaga tempo lagu agar tidak terlalu cepat ataupun terlalu lambat. Jika Anda mencari rekomendasi sound card tipe tersebut, pilih M-Audio AIR 192/8.


Produk ini menggunakan dua input dan empat output. Output-nya bisa disambungkan ke dua perangkat, yakni ke speaker dan earphone Anda. Suara metronome pun hanya terdengar di telinga Anda. Jadi, performa audio saat melakukan live sequencer bisa dimaksimalkan.

No.10

TaffSTUDIO V8 Plus Audio Mixing

Mulai dari Rp162.370,00

Punya banyak efek suara untuk streamer pemula

Kelebihan:

  • Menawarkan banyak efek suara
  • Dapat terhubung secara nirkabel menggunakan jaringan Bluetooth

Kekurangan:

  • Belum mumpuni untuk kebutuhan audio yang jernih, seperti voice over atau merekam musik

Jika Anda baru masuk dalam dunia streamer, kami merekomendasikan produk ini. Sound card V8 Plus hadir dengan 112 jenis suara elektrik, 18 efek suara, serta 6 mode efek. Jadi, Anda bisa bebas melakukan eksplorasi jenis suara apa yang cocok agar live streaming terasa lebih seru.


Kompatibilitas dari salah satu sound card HP terbaik untuk kelasnya ini juga luas, lho. Anda bisa live streaming di berbagai platform dengannya, seperti YouTube dan Twitch.

Apakah sound card benar-benar diperlukan?

Apakah sound card benar-benar diperlukan?

Ada beberapa kegunaan sound card yang umum, seperti untuk mendengarkan suara dari game dan mendengarkan musik. Meskipun tugasnya dianggap ringan, sound card dapat menjadi item yang wajib dimiliki oleh sebagian user.


Sound card menjadi komponen langka karena kebanyakan PC sekarang memiliki audio onboard yang terpasang pada motherboard. Hal ini tak masalah untuk user karena adanya sound card eksternal dan internal, kecuali untuk gamer dan audiophile.


Seorang gamer sejati membutuhkan suara berkualitas, khususnya untuk game dengan surround sound. Contohnya, suara dipakai untuk membantu mengidentifikasi di mana musuh berada atau di mana musuh menembak. Gamer pasti akan kegirangan saat mendapatkan suara sejernih kristal saat gaming.


Hal utama yang perlu diingat saat ingin membeli sound card adalah memakainya dengan speaker komputer baru atau headphone terbaik. Jadi, sound card bisa meningkatkan kualitas suara pada sistem PC secara lebih optimal. Jika tidak demikian, Anda tidak akan melihat perbedaannya.

Baca juga rekomendasi perlengkapan recording lainnya di sini

Masih ada beberapa alat yang Anda perlukan untuk kebutuhan rekaman, seperti software recording, monitor speaker, dan condenser microphone. Jika Anda juga sedang mencari alat tersebut, baca ulasan selengkapnya pada artikel-artikel berikut.

Kesimpulan

Kami telah merekomendasikan sound card terbaik untuk memenuhi kebutuhan Anda. Produknya bisa dipakai untuk live streaming, live performance, live broadcast, home recording, dan merekam suara.


Setelah membaca artikel di atas, apakah Anda sudah menemukan sound card yang diperlukan? Agar tidak salah pilih, pastikan Anda memeriksa koneksi yang cocok untuk laptop atau PC Anda. Jadi, Anda dapat menggunakan sound card dengan lebih optimal.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer