• 10 Rekomendasi Mini PC Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Mini PC Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Mini PC Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Mini PC Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Mini PC Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Mini PC Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Ada berbagai merek mini PC bagus bisa Anda temukan di pasaran, mulai dari HP, Lenovo, dan lainnya. Sama seperti desktop PC, mini PC digunakan untuk berbagai hal, seperti menyelesaikan pekerjaan, editing, bahkan gaming. Dengan demikian, pilihlah mini PC terbaik yang sesuai dengan kebutuhan.


Mini PC hadir dengan beragam pilihan prosesor, mulai dari AMD, core i5, hingga core i7. Tentu saja, makin tinggi specs-nya, maka makin mahal harganya. Ada juga mini PC dengan harga lebih terjangkau, mulai dari 1 jutaan. Jika Anda masih ragu memilih produk yang cocok, bacalah artikel ini!

  • Pembaharuan terakhir: 02 November 2021
  • 610 Views
Daftar isi

Cara kerja mini PC

Mini PC adalah CPU komputer yang berukuran kecil, tetapi memiliki kegunaan yang hampir sama dengan CPU komputer. Untuk menggunakannya, Anda perlu menyambungkan mini PC ke monitor, mouse, dan keyboard. Barulah mini PC bisa dioperasikan layaknya sebuah PC desktop.


Perbedaannya, mini PC berukuran lebih kecil sehingga lebih praktis untuk mobilitas. Dibandingkan desktop PC, konsumsi daya mini PC juga kecil. Meski begitu, kisaran harga mini PC sangat bervariasi. Ada mini PC dengan harga 1 jutaan, ada juga yang belasan juta. Hal ini tergantung pada RAM, prosesor, sistem penyimpanan yang digunakan, dan sebagainya. 


Umumnya, makin mahal harga mini PC, maka makin tinggi spec-nya. Anda juga dapat meng-upgrade kit di dalamnya, seperti RAM dan internal storage sesuai kebutuhan. Apakah Anda tertarik untuk memilikinya? Yuk, cari tahu info lengkapnya!

Cara memilih mini PC

Sebelum memilih mini PC, pahamilah beberapa hal terlebih dahulu, seperti jenis mini PC, sistem operasi, prosesor, RAM, dan lainnya. Nah, kami akan menjelaskan tiap poin tersebut secara mendetail di sini.

Pilihlah jenis mini PC yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Jika melihat dari kelengkapan kitnya, ada dua jenis mini PC yakni ready-to-go dan barebones. Tentu saja, tiap jenis mini PC tersebut mempunyai keunggulannya masing-masing. Mari kita simak lebih lanjut.

Ready-to-go, lebih praktis dan dapat langsung digunakan

Mini PC jenis ready-to-go memiliki kit lengkap dan dapat langsung digunakan tanpa harus dirakit terlebih dahulu. Mulai dari case, motherboard, prosesor, RAM, hingga hard drive sudah include dalam paket pembelian. Jenis ini cocok bila Anda mencari produk yang praktis. Untuk Anda yang hendak menggunakan perangkat PC dengan kesan baru pilihlah jenis ready-to-go.

Barebones, fleksibilitas tinggi dengan harga lebih terjangkau

Jenis barebones hanya mempunyai case, motherboard, dan prosesor dalam paket pembelian. Artinya, Anda harus membeli dan melakukan instalasi RAM dan hard drive (internal storage) secara terpisah. Keuntungannya, Anda dapat memilih jenis dan kapasitas RAM serta hard drive sesuai kebutuhan. Harganya pun lebih murah dibandingkan dengan jenis ready-to-go.


Mini PC jenis ini umum diminati pengguna yang hendak mengganti PC dengan menggunakan kembali komponen lamanya. Terlebih jika Anda menggunakan kit dari PC lama dan tidak membeli RAM dan internal storage baru. Dengan begitu, data dan program yang tersimpan baik di RAM maupun internal storage masih bisa diakses.

Lihat jenis sistem operasi yang tersedia

Banyak produk mini PC sudah menyediakan sistem operasi (OS), seperti Linux, Windows, Android, atau OS XOS Android mempunyai sistem mirip dengan smartphone Android sehingga Anda pun dapat menginstal aplikasi yang tersedia di Play Store. Namun, mini PC OS Android masih sulit ditemukan di pasaran Indonesia.

Ada juga sistem operasi OS X yang secara eksklusif digunakan pada produk-produk Apple. OS X bagus untuk Anda yang akan mengolah gambar dan video. Selanjutnya, ada sistem operasi Windows yang banyak digunakan pada perangkat komputer. OS Windows ideal untuk Anda yang menggunakan mini PC untuk pekerjaan kantor. Kemudian, ada OS Linux yang sering digunakan oleh para programmer


Pilihlah mini PC dengan sistem operasi dan fitur yang familier dengan Anda agar penggunaannya lebih mudah serta praktis. Namun, ada juga produk yang belum dibekali OS sehingga Anda perlu menginstalnya sendiri. Jika mini PC belum menyediakan OS, periksalah jenis OS yang kompatibel dengan mini PC tersebut.

Cek juga spesifikasi penting yang memengaruhi performa mini PC

Setidaknya, ada tiga hal yang akan berpengaruh terhadap kinerja mini PC, yakni prosesor, RAM, dan internal storage. Tentu saja, spec mini PC yang Anda pilih sebaiknya sesuai kebutuhan. Simaklah lebih lanjut!

Prosesor, kunci utama yang memengaruhi performa dari sebuah mini PC

Prosesor bisa dibilang sebagai otak dari sebuah PC sehingga memengaruhi performanya. Beberapa jenis prosesor yang ada di mini PC adalah AMD, M1, Apple M1, dan Intel. Dari ketiga jenis tersebut Intel Celeron dan Intel Core paling sering dipasang di mini PC.

Prosesor Intel Celeron biasanya digunakan untuk PC kelas low-end. Salah satu jenisnya adalah Intel J4125. Prosesor tersebut harganya lebih terjangkau, hemat listrik, dingin, dan tidak cepat rusak. Namun, Intel Celeron tidak cocok digunakan untuk menjalankan aplikasi atau games berat.


Jika Anda menginginkan prosesor Intel dengan kinerja yang lebih kuat, Intel Core menjadi pilihan tepat. Penamaan Intel Core terdiri dari huruf "i" dan diikuti angka, seperti i3, i5, dan i7. Makin besar nilai angkanya, maka makin tinggi juga specs dan performanya. Intel Core i5 dan i7 biasanya digunakan untuk pemrosesan data yang berat, misalnya video editing atau bermain game AAA. 

RAM, memengaruhi kinerja pemrosesan data saat menjalankan aplikasi

RAM, memengaruhi kinerja pemrosesan data saat menjalankan aplikasi

Mini PC hadir dengan kapasitas RAM yang bervariasi, mulai dari 2 GB, 4 GB, 6 GB, 8 GB, hingga di atas itu. Kami menyarankan mini PC dengan RAM 4 GB ke atas. RAM 4 GB sudah mampu menjalankan sistem operasi 64-bit dan digunakan menyelesaikan pekerjaan kantorb. Anda dapat menjalankan aplikasi pengolahan dokumen dan photo editing ringan.


Untuk keperluan komputasi data yang lebih berat, pilihlah mini PC dengan RAM 8 GB ke atas. Mini PC dengan RAM 8 GB dapat digunakan untuk photo editing yang lebih kompleks dan detail hingga rendering video berkualitas HD. Jika Anda berlangganan layanan lengkap Adobe Creative Cloud, mini PC berkapasitas RAM 8 GB wajib dimiliki.


RAM 8 GB juga sudah dapat memainkan game kelas AAA dengan resolusi yang harus dikonfigurasikan ke tingkat lebih rendah. Jika Anda mencari mini PC untuk gaming, dianjurkan menggunakan mini PC dengan RAM 16 GB. Sayangnya, mini PC ready-to-go dengan RAM 16 GB masih sulit ditemukan. Anda bisa memilih mini PC barebones dan melakukan upgrade RAM sendiri.


PC dengan RAM 16 GB juga bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi yang lebih berat, seperti Adobe Premiere Pro, Adobe Photoshop, dan Adobe After Effects. Dengan RAM besar, Anda juga bisa mengoperasikan software desain atau 3D modeling seperti CAD dengan rendering video berkualitas 4K.

Internal storage, penting untuk menyimpan data

Internal storage, penting untuk menyimpan data

Internal storage menjadi bagian penting untuk menyimpan data-data. Kapasitas internal storage pada mini PC pun beragam, seperti 32 GB, 128 GB, 256 GB, 512 GB, 1 TB, dan seterusnya. Biasanya makin besar kapasitas penyimpanan mini PC, maka harganya juga makin mahal. 


Jika Anda memilih mini PC dengan internal storage kecil, Anda dapat menggunakan storage portabel tambahan. Misalnya, hard disk eksternal atau penyimpanan sistem cloud. Untuk kebutuhan harian yang ringan, mini PC dengan internal storage 32–128 GB dinilai cukup. Kapasitas tersebut cocok untuk menyimpan dokumen-dokumen pekerjaan dari MS Office dan sejenisnya. 


Namun, jika Anda juga hendak menyimpan foto dan video, sebaiknya memilih mini PC dengan internal storage 256 GB. Sementara itu, untuk Anda yang bekerja sebagai desainer dan video editor, pilih mini PC dengan penyimpanan 512 GB atau 1 TB

Periksa juga fitur lainnya yang mendukung performa mini PC

Selain spesifikasi, masih ada fitur pendukung lainnya yang memengaruhi kinerja mini PC. Beberapa hal penting tersebut, seperti sistem pendingin, port koneksi, dan VESA mount. Mari pahami lebih lengkap fitur pendukung tersebut!

Sistem pendingin, menjaga suhu mesin mini PC tetap dingin

Ukuran yang kecil membuat mini PC lebih berisiko saat mengalami overheat. Overheat membuat kinerja mini PC tidak maksimal sehingga penting untuk memeriksa sistem pendinginnya. Sistem pendingin ini, seperti kipas, lubang ventilasi, atau perpaduan keduanya. Ada juga jenis material casing yang mampu menekan suhu berlebih. Karena itu, jangan lupa untuk memeriksanya juga, ya.

Port koneksi, menyambungkan mini PC dengan perangkat lain

Aspek lain yang harus diperhatikan konektivitas yang ada pada mini PC. Mini PC yang Anda pilih sebaiknya memiliki port USB baik USB-A maupun USB-C, atau sesuai kebutuhan. Selain itu, masih ada jenis port penting lain, yakni HDMI, audio jack, LAN, dan mircoSD card reader. Karena itu, pilihlah mini PC dengan kompatibilitas port koneksi sesuai dengan perangkat yang Anda gunakan.

VESA mount, makin praktis untuk menempelkan mini PC ke dinding atau belakang monitor

Apakah Anda ingin menempelkan mini PC ke belakang layar atau ke dinding? Jika iya, periksalah keberadaan VESA (video electronic standard association) mount. Jika terdapat VESA mount, mini PC tersebut dapat disambungkan dengan bracket yang juga memiliki standar VESA. Dengan begitu, memasang mini PC ke belakang layar atau dinding jadi makin mudah.

Pertimbangkanlah memilih mini PC yang upgradeable

Seperti komputer atau desktop lainnya, banyak produk mini PC yang upgradeable. Jenis Mini PC ini dapat menambahkan atau meningkatkan komponen-komponen penting, seperti RAM, internal storage, atau kartu grafis


Ada juga jenis mini PC dengan kit yang dijual terpisah. Anda pun dapat memilih CPU, RAM, dan sistem penyimpanan yang Anda inginkan. Dalam hal ini, Anda perlu memeriksa slot dan kompatibilitas antara kit tambahan dengan mini PC. 


Misalnya, Anda berniat membeli mini PC Intel Core i3. Jika Anda hendak melakukan upgrade ke Core i7, Anda harus menyolder slot-nya. Namun, hal tersebut bisa menghapus garansi yang berlaku pada mini PC Intel Anda.

10 Rekomendasi mini PC terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk mini PC terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

Lenovo ThinCenter M720Q/M720 TINY

10T8S0VQ00

Mulai dari Rp 10.910.000,00

JenisReady-to-go
OSWindows 10 Pro 64-bit, Windows 10 Home 64-bit
Prosesor 8th Gen Intel® Core™ i5
Port koneksiUSB-A (5), USB-C (1), HDMI (1), LAN (2), DisplayPort (1), punch out (2), audio jack (1), mic (1)
RAM8 GB
Internal storage1 TB
Sistem pendinginTidak disebutkan
VESA mountTidak disebutkan
Berat132 gram
Ukuran18,29 cm x 17,9 cm x 3,65 cm
9
JenisBarebones
OSMicrosoft® Windows® 10 64-bit / 11 64-bit
Prosesor x
Port koneksiUSB-A (3), USB-C (1), HDMI (1), LAN (1), DisplayPort (1), D-Sub (1), audio jack (1), mic (1)
RAMx
Internal storagex
Sistem pendinginAda
VESA mountTidak disebutkan
BeratTidak disebutkan
Ukuran15,5 cm x 15,5 cm x 8 cm
8
JenisBarebones
OSWindows 10 64-bit
Prosesor Intel® Core™ i7-10710U
Port koneksiUSB-A (3), USB-C (2), HDMI (1), LAN (1), audio jack (1)
RAMx
Internal storagex
Sistem pendinginx
VESA mountTidak disebutkan
BeratTidak disebutkan
Ukuran11,7 cm x 11,2 cm x 5,1 cm
7
JenisReady-to-go
OSWindows 10, Ubuntu 16.04 LTS
Prosesor Intel Apollo Lake Celeron N3350 SOC
Port koneksiUSB-A (3), USB-C (1), HDMI (1), mDP (1), LAN (1), audio jack (1), digital mic (1)
RAM 8 GB
Internal storageTidak disebutkan
Sistem pendinginTidak disebutkan
VESA mountAda
BeratTidak disebutkan
Ukuran11,7 cm x 12,8 cm x 5,1 cm
6
JenisReady-to-go
OSWindows 10 Pro
Prosesor Intel CORE i3-7100T
Port koneksiUSB-A (5), HDMI (1), DisplayPort (1), LAN (1), audio jack (1), mic (1), parallel port (1), serial port (1), optical drive (1)
RAM 4 GB
Internal storage500 GB
Sistem pendinginTidak disebutkan
VESA mountAda
Berat800 gram
Ukuran18,5 cm x 21 cm x 2,7 cm
5
JenisReady-to-go
OSWindows 10
Prosesor Intel J4125 processor
Port koneksiUSB-A (2), USB-C (1), HDMI (1), microSD card reader (1), audio jack (1), RJ45 (1)
RAM6 GB
Internal storage128 GB
Sistem pendinginAda
VESA mountAda
Berat127 gram
Ukuran6,1 cm x 6,1 cm x 4,3 cm
4
JenisReady-to-go
OSWindows 10 Pro
Prosesor Intel Gemini Lake J4125
Port koneksiUSB-A (4), USB-C (1), HDMI (1), LAN (1), audio jack (1)
RAM8 GB
Internal storage128 GB, 256 GB, 512 GB
Sistem pendinginAda
VESA mountAda
Berat295 gram
Ukuran11,3 cm x 12,4 cm x 4,1 cm
3
JenisReady-to-go
OSmacOS
Prosesor Chip Apple M1
Port koneksiUSB-A (2), USB-C (2), HDMI (1), DisplayPort (1), ethernet (1), audio jack (1)
RAM8 GB
Internal storage256 GB, 512 GB
Sistem pendinginAda
VESA mountTidak disebutkan
Berat1.200 gram
Ukuran19,7 cm x 19,7 cm x 3,6 cm
2
JenisReady-to-go
OSTidak disebutkan
Prosesor Broadcom BCM2711, Quad core Cortex-A72 (ARM v8) 64-bit SoC @1.5 GHz
Port koneksiUSB-A (4), USB-C (1), HDMI (2), DisplayPort (2), LAN (1), microSD card reader (1)
RAM2GB, 4GB, 8GB
Internal storageTidak disebutkan
Sistem pendinginx
VESA mountTidak disebutkan
BeratTidak disebutkan
UkuranTidak disebutkan
1
JenisReady-to-go
OSWindows 10
Prosesor AMD Embedded G-Series GX-420GI Radeon R7E
Port koneksiUSB-A (6), LAN RJ45 (1), DisplayPort (2), serial port (1), PS/2 port (2), audio jack (1)
RAM4 GB
Internal storage32 GB
Sistem pendinginTidak disebutkan
VESA mountAda
Berat1,25 kg
Ukuran22 cm x 25,1 cm x 12 cm

Tabel perbandingan produk mini PC terbaik

Gambar produk
1
HP  t630 Thin Client 1

HP

2
Raspberry  Pi 4 Model B 1

Raspberry

3
Apple Mac mini M1 (2020) 1

Apple

4
Beelink  GK55 1

Beelink

5
CHUWI  LarkBox Pro Mini PC 1

CHUWI

6
ASUS ASUSPRO E520 1

ASUS

7
ECS  LIVA ZE 1

ECS

8
Intel  Nuc Mini PC NUC10i7FNH  1

Intel

9
ASRock DeskMini X300 1

ASRock

10
Lenovo  ThinCenter M720Q/M720 TINY 1

Lenovo

Nama produk

t630 Thin Client

Pi 4 Model B

Mac mini M1 (2020)

GK55

LarkBox Pro Mini PC

ASUSPRO E520

LIVA ZE

Nuc Mini PC NUC10i7FNH

DeskMini X300

ThinCenter M720Q/M720 TINY

Keunggulan

Mitra sempurna untuk Anda yang mengandalkan penyimpanan cloud

Mini PC dengan jaringan superlengkap dan supercepat!

Anda seorang Apple enthusiast? Mini PC ini ideal untuk Anda!

Bekerja makin fokus berkat mini PC yang tenang

Bentuk kecil dan compact, praktis dibawa ke mana-mana

Telah teruji hemat daya dengan sertifikasi Energy Star

Desain elegan! Buat workspace Anda makin cantik

Mini PC dengan performa supertangguh!

Miliki mini PC dengan performa tinggi untuk gaming

Menjaga data tetap aman dengan sistem proteksi superketat

Harga mulai dariRp 1.276.000,00Rp 11.999.000,00Rp 4.131.410,00Rp 2.799.000,00Rp 6.396.000,00Rp 1.900.000,00Rp 7.940.000,00Rp 2.325.000,00Rp 10.910.000,00
JenisReady-to-goReady-to-goReady-to-goReady-to-goReady-to-goReady-to-goReady-to-goBarebonesBarebonesReady-to-go
OSWindows 10Tidak disebutkanmacOSWindows 10 ProWindows 10Windows 10 Pro Windows 10, Ubuntu 16.04 LTSWindows 10 64-bitMicrosoft® Windows® 10 64-bit / 11 64-bitWindows 10 Pro 64-bit, Windows 10 Home 64-bit
Prosesor AMD Embedded G-Series GX-420GI Radeon R7EBroadcom BCM2711, Quad core Cortex-A72 (ARM v8) 64-bit SoC @1.5 GHzChip Apple M1Intel Gemini Lake J4125 Intel J4125 processorIntel CORE i3-7100TIntel Apollo Lake Celeron N3350 SOCIntel® Core™ i7-10710Ux8th Gen Intel® Core™ i5
Port koneksiUSB-A (6), LAN RJ45 (1), DisplayPort (2), serial port (1), PS/2 port (2), audio jack (1)USB-A (4), USB-C (1), HDMI (2), DisplayPort (2), LAN (1), microSD card reader (1)USB-A (2), USB-C (2), HDMI (1), DisplayPort (1), ethernet (1), audio jack (1)USB-A (4), USB-C (1), HDMI (1), LAN (1), audio jack (1)USB-A (2), USB-C (1), HDMI (1), microSD card reader (1), audio jack (1), RJ45 (1)USB-A (5), HDMI (1), DisplayPort (1), LAN (1), audio jack (1), mic (1), parallel port (1), serial port (1), optical drive (1)USB-A (3), USB-C (1), HDMI (1), mDP (1), LAN (1), audio jack (1), digital mic (1)USB-A (3), USB-C (2), HDMI (1), LAN (1), audio jack (1)USB-A (3), USB-C (1), HDMI (1), LAN (1), DisplayPort (1), D-Sub (1), audio jack (1), mic (1)USB-A (5), USB-C (1), HDMI (1), LAN (2), DisplayPort (1), punch out (2), audio jack (1), mic (1)
RAM4 GB2GB, 4GB, 8GB8 GB8 GB 6 GB 4 GB 8 GBxx8 GB
Internal storage32 GBTidak disebutkan256 GB, 512 GB128 GB, 256 GB, 512 GB128 GB500 GBTidak disebutkanxx1 TB
Sistem pendinginTidak disebutkanxAdaAdaAdaTidak disebutkanTidak disebutkanxAdaTidak disebutkan
VESA mountAdaTidak disebutkanTidak disebutkanAdaAdaAdaAdaTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Berat1,25 kgTidak disebutkan1.200 gram295 gram127 gram800 gramTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan132 gram
Ukuran22 cm x 25,1 cm x 12 cmTidak disebutkan19,7 cm x 19,7 cm x 3,6 cm11,3 cm x 12,4 cm x 4,1 cm6,1 cm x 6,1 cm x 4,3 cm18,5 cm x 21 cm x 2,7 cm11,7 cm x 12,8 cm x 5,1 cm11,7 cm x 11,2 cm x 5,1 cm15,5 cm x 15,5 cm x 8 cm18,29 cm x 17,9 cm x 3,65 cm
Tautan produk

Baca juga rekomendasi aksesori komputer lainnya di sini

Untuk memudahkan Anda menggunakan mini PC, ada beberapa aksesori komputer yang bisa Anda miliki. Aksesori komputer tersebut, seperti silent mouse, USB hub, keyboard, dan lainnya. Kami pun telah mengulas produk-produk tersebut. Jika Anda membutuhkan ulasannya, silakan buka tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Ada beragam jenis dan spesifikasi mini PC yang bisa Anda temukan di pasaran. Setelah membaca panduan memilih dan produk-produk yang direkomendasikan, sudahkah Anda menjatuhkan pilihan?

 
Baik untuk kebutuhan gaming atau urusan pekerjaan, pastikan mini PC memiliki spec yang sesuai kebutuhan. Selain itu, periksa kembali kompatibilitas dan kepraktisannya saat dibawa. Dengan begitu, aktivitas Anda terbantu dengan adanya mini PC. Selamat memilih!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi VR Head Mounted Display Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi VR Head Mounted Display Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda pernah mendengar VR? VR adalah singkatan dari virtual reality atau realitas virtual. Melalui VR, Anda dapat menikmati game, berolahraga, atau menyaksikan live music secara virtual. VR HMD (head mounted display) menawarkan tayangan virtual dengan sensasi lebih nyata dari smartphone atau PC.Apakah Anda tertarik mencoba VR HMD? Kali ini kami akan mengulas hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih VR HMD. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk, seperti Xiaomi, Samsung, Oculus, dan lainnya. Simaklah dengan teliti dan temukan produk yang sesuai dengan keinginan Anda.
    Aksesori komputer & laptop
    23.699 Views
  • 10 Rekomendasi Wireless Mouse Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Wireless Mouse Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Wireless mouse menjadi perlengkapan komputer pilihan karena dikenal kepraktisannya. Terlebih jika Anda sering terganggu dengan mouse kabel, Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan wireless mouse. Saat ini ada banyak jenis mouse dengan spesifikasi yang beragam, seperti sistem koneksi, sumber daya, hingga bentuknya. Hal ini mungkin akan membingungkan Anda.Kali ini, kami akan mengulas hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih wireless mouse. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan referensi dari Microsoft, Logitech, HP, dan lainnya. Bacalah dengan teliti dan pilih wireless mouse dengan spesifikasi yang Anda butuhkan.
    Aksesori komputer & laptop
    83.994 Views
  • 10 Rekomendasi Kabel Data iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kabel Data iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apple menggunakan kabel data khusus untuk sinkronisasi data, mengisi daya, dan lain-lain. Kabel data ini dikenal dengan nama kabel data lightning atau kabel data iPhone. Selain Apple, ada banyak produsen yang menyediakan kabel data iPhone dengan rentang harga yang beragam, seperti ANKER, AUKEY, dan ENERGEA.Pada artikel ini, kami akan menjabarkan poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih dan membeli kabel data iPhone. Tak hanya itu, kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi kabel data iPhone yang dapat Anda pesan secara online. Simak artikelnya sampai selesai, ya!
    Aksesori komputer & laptop
    170.908 Views
  • 10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Ketika ingin mencetak foto atau dokumen di rumah, printer sangat diperlukan. Saat ini, printer tidak hanya berfungsi untuk mencetak, tetapi dilengkapi juga dengan fitur tambahan lainnya. Pengoperasiannya juga semakin mudah, karena beberapa macam printer sudah dapat terhubung dengan smartphone.Kali ini, kami akan memberikan ulasan untuk memilih printer berdasarkan fungsinya, mulai dari printer dengan fungsi tunggal hingga yang multifungsi. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa produk printer terbaik untuk Anda, seperti Epson, Canon, dan HP. Selamat membaca!
    Aksesori komputer & laptop
    143.563 Views
  • 10 Rekomendasi Digital Voice Recorder Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Digital Voice Recorder Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Digital voice recorder, dikenal juga sebagai voice recorder, audio recorder, ataupun sound recorder, memiliki banyak kegunaan. Alat perekam suara ini bisa digunakan untuk wawancara, merekam suara dan lagu, merekam hasil rapat, serta belajar bahasa. Kapasitas, format file, harga, dan ukuran yang berbeda-beda mungkin membuat Anda bingung saat memilihnya.Nah, kali ini kami akan mengulas cara memilih digital voice recorder yang bagus dan canggih. Kami juga akan merekomendasikan produk dari berbagai merk, seperti Sony, TASCAM, Olympus, dan sebagainya. Silakan pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Aksesori komputer & laptop
    27.183 Views
  • 10 Rekomendasi Keyboard Terbaik yang Mudah Dipakai (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Keyboard Terbaik yang Mudah Dipakai (Terbaru Tahun 2021)
    Keyboard menjadi perlengkapan penting untuk Anda yang bekerja menggunakan komputer atau PC. Saat ini, ada banyak jenis keyboard tersedia di pasaran, mulai dari keyboard wireless hingga keyboard untuk kebutuhan gaming. Maka dari itu, sebelum memilih keyboard, ada baiknya Anda mengetahui tujuan penggunaan Anda.Jika Anda masih bingung memilih jenis keyboard yang cocok, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan sebelum memilih. Kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi keyboard terbaik seperti Logitech, Razer, dan lainnya. Bacalah artikel berikut ini dan semoga Anda dapat menemukan keyboard yang cocok untuk Anda. 
    Aksesori komputer & laptop
    37.692 Views
  • 10 Keyboard Gaming Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2021)
    10 Keyboard Gaming Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2021)
    Gaming keyboard merupakan barang yang sangat diperlukan bila Anda seorang gamer. Terdapat banyak merek gaming keyboard terkenal seperti Logitech, Corsair, Digital Alliance, dan sebagainya, yang dijual di pasaran. Namun, terdapat banyak istilah-istilah dan fitur-fitur dalam gaming keyboard yang dapat membingungkan pemula, terutama saat memilih produk yang tepat.Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta merekomendasikan gaming keyboard yang bagus. Artikel ini sudah ditinjau oleh tech enthusiast kami, Joshua Pandu. Pilih gaming keyboard yang sesuai dan tingkatkan skill bermain game Anda dengan gaming keyboard yang tepat!
    Aksesori komputer & laptop
    43.611 Views
  • 10 Rekomendasi MacBook Case Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi MacBook Case Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    MacBook hadir dengan desain sempurna untuk mendukung mobilitas Anda dalam bekerja. Untuk menjaga keamanan dan kebersihan MacBook kesayangan, tentunya Anda membutuhkan case yang spesial. Tidak hanya keren, case tersebut haruslah fungsional.Ada banyak jenis case untuk MacBook. Anda bisa memilih sleeve berbentuk tas, serta model hard case ataupun soft case. Merek Apple, Tucano, iCarer, dan Urban Armor Gear yang paling tahan banting bisa Anda temukan di sini. Namun, sebelum menjatuhkan pilihan, Anda perlu membaca tips memilih produk yang bagus dari kami. Jadi, baca artikel ini dari awal hingga akhir, ya!
    Aksesori komputer & laptop
    13.420 Views
  • 10 Rekomendasi Desktop PC Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Desktop PC Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Dewasa ini, kegiatan yang memerlukan komputer makin banyak macamnya. Karena itu, biasanya tiap rumah memiliki satu buah desktop PC yang dapat digunakan untuk bekerja maupun sekadar bermain game. Namun, terdapat beragam merk desktop PC dengan beragam spesifikasi. Banyaknya pilihan yang ada mungkin membuat Anda menjadi bingung saat memilih.Untuk itu, di sini kami hadir untuk memberikan tips memilih desktop PC yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tak lupa, kami juga akan merekomendasikan sepuluh merk desktop PC yang bagus, seperti HP, Asus, dan Apple. Simak terus artikel ini, ya!
    Komputer
    19.622 Views
  • 10 Rekomendasi PC All In One Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi PC All In One Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat ini, PC all in one diminati banyak orang karena dikenal praktis. Anda pun dapat menemukan berbagai produk PC all in one, mulai yang harganya murah hingga berspesifikasi tinggi. Anda bisa memilih PC all in one berdasarkan performanya, mulai dari core i3, i5, hingga i7.  Ada juga produk yang memiliki fitur touchscreen untuk memudahkan penggunaannya. Kali ini, kami akan mengulas cara memilih PC all in one terbaik. Ada juga rekomendasi merk PC yang bagus, seperti HP, Lenovo, ASUS, Acer, hingga Apple. Bacalah dengan teliti dan temukan produk yang cocok!
    Komputer
    14.359 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Desktop PC Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Desktop PC Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Dewasa ini, kegiatan yang memerlukan komputer makin banyak macamnya. Karena itu, biasanya tiap rumah memiliki satu buah desktop PC yang dapat digunakan untuk bekerja maupun sekadar bermain game. Namun, terdapat beragam merk desktop PC dengan beragam spesifikasi. Banyaknya pilihan yang ada mungkin membuat Anda menjadi bingung saat memilih.Untuk itu, di sini kami hadir untuk memberikan tips memilih desktop PC yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tak lupa, kami juga akan merekomendasikan sepuluh merk desktop PC yang bagus, seperti HP, Asus, dan Apple. Simak terus artikel ini, ya!
    Komputer
    19.579 Views
  • 10 Rekomendasi PC All In One Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi PC All In One Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat ini, PC all in one diminati banyak orang karena dikenal praktis. Anda pun dapat menemukan berbagai produk PC all in one, mulai yang harganya murah hingga berspesifikasi tinggi. Anda bisa memilih PC all in one berdasarkan performanya, mulai dari core i3, i5, hingga i7.  Ada juga produk yang memiliki fitur touchscreen untuk memudahkan penggunaannya. Kali ini, kami akan mengulas cara memilih PC all in one terbaik. Ada juga rekomendasi merk PC yang bagus, seperti HP, Lenovo, ASUS, Acer, hingga Apple. Bacalah dengan teliti dan temukan produk yang cocok!
    Komputer
    14.321 Views
  • 10 Rekomendasi 2-in-1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi 2-in-1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda mungkin pernah mendengar 2-in-1 laptop atau 2-in-1 tablet. 2-in-1 laptop merupakan jenis laptop flip yang bisa dilipat menjadi tablet. Sementara itu, 2-in-1 tablet adalah laptop dengan keyboard yang bisa dilepas dan difungsikan seperti tablet. Laptop ini tersedia dalam spec yang tangguh, mulai Intel Core i3 dan i5 hingga Ryzen 7 untuk kebutuhan gaming. Ada pula yang dilengkapi stylus pen yang canggih. Berbagai merek 2-in-1 laptop atau tablet yang bagus, seperti Dell, Lenovo, dan ASUS beredar di pasaran. Baca artikel ini sampai selesai supaya Anda tidak bingung saat memilih!
    Laptop
    215.403 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Mahasiswa (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Mahasiswa (Terbaru Tahun 2021)
    Laptop merupakan salah satu perlengkapan elektronik yang fungsinya sangat penting untuk menunjang aktivitas belajar, khususnya bagi mahasiswa. Bukan hanya untuk menyusun laporan, laptop juga digunakan untuk mengolah data, presentasi, hingga membuat karya seni. Harga laptop untuk mahasiswa pun beragam tergantung kebutuhan penggunanya.  Kali ini, kami akan mengulas cara memilih laptop yang bagus dan cocok untuk para mahasiswa. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh laptop terbaik dan terbaru untuk Anda. Merek laptop terkenal untuk mahasiswa, seperti Asus, Apple, Lenovo, dan Acer akan Anda temukan dalam daftar produk rekomendasi kami.
    Laptop
    13.083 Views
  • 10 Rekomendasi Kabel Data iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kabel Data iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apple menggunakan kabel data khusus untuk sinkronisasi data, mengisi daya, dan lain-lain. Kabel data ini dikenal dengan nama kabel data lightning atau kabel data iPhone. Selain Apple, ada banyak produsen yang menyediakan kabel data iPhone dengan rentang harga yang beragam, seperti ANKER, AUKEY, dan ENERGEA.Pada artikel ini, kami akan menjabarkan poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih dan membeli kabel data iPhone. Tak hanya itu, kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi kabel data iPhone yang dapat Anda pesan secara online. Simak artikelnya sampai selesai, ya!
    Aksesori komputer & laptop
    170.843 Views
  • 10 Rekomendasi VR Head Mounted Display Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi VR Head Mounted Display Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda pernah mendengar VR? VR adalah singkatan dari virtual reality atau realitas virtual. Melalui VR, Anda dapat menikmati game, berolahraga, atau menyaksikan live music secara virtual. VR HMD (head mounted display) menawarkan tayangan virtual dengan sensasi lebih nyata dari smartphone atau PC.Apakah Anda tertarik mencoba VR HMD? Kali ini kami akan mengulas hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih VR HMD. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk, seperti Xiaomi, Samsung, Oculus, dan lainnya. Simaklah dengan teliti dan temukan produk yang sesuai dengan keinginan Anda.
    Aksesori komputer & laptop
    23.693 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori