• 10 Rekomendasi Buku SBMPTN Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Buku SBMPTN Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Buku SBMPTN Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Buku SBMPTN Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Buku SBMPTN Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Buku SBMPTN Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Apakah Anda sedang mempersiapkan diri menghadapi SBMPTN? Pastinya, Anda mengharapkan hasil terbaik dan bisa tembus ke perguruan tinggi negeri idaman. Dukung belajar Anda dengan menggunakan buku SBMPTN. Selain memberikan bank soal lengkap, buku SBMPTN juga berisi kisi-kisi dan prediksi SBMPTN ter-update.


Maka, tidak salah lagi jika Anda membaca artikel ini. Kami akan mengulas buku SBMPTN terbaik untuk menemani Anda belajar. Anda akan menemukan buku SBMPTN The King, Wangsit, ataupun Grand Master. Setiap buku berisi materi lengkap untuk semua jurusan, baik Saintek maupun Soshum. Yuk, baca ulasan ini sampai selesai!

  • Pembaharuan terakhir: 26 Oktober 2021
  • 837 Views
Daftar isi

Apa perbedaan SBMPTN dan SNMPTN?

Apa perbedaan SBMPTN dan SNMPTN?

Ada beberapa jalur masuk PTN (perguruan tinggi negeri), yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan seleksi mandiri yang diselenggarakan oleh tiap-tiap universitas. Meski begitu, dua jalur masuk PTN yang paling populer adalah SNMPTN dan SBMPTN. Lantas, apa perbedaan keduanya?


SNMPTN singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. SNMPTN dikenal juga sebagai jalur undangan. Pertimbangan yang dipakai untuk lolos SNMPTN adalah nilai rapor selama SMA, prestasi nonakademik, dan akreditasi sekolah. Waktu penyelenggaraan SNMPTN biasanya pada Januari–Februari.


Apabila tidak lolos SNMPTN, Anda bisa mendaftar SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Dalam seleksi tersebut Anda harus mengikuti UTBK (ujian tulis berbasis komputer). Skor UTBK inilah yang dijadikan syarat untuk mendaftar jurusan di PTN. Waktu penyelenggaraan SBMPTN biasanya pada Mei–Juni.

Cara memilih buku SBMPTN

Dari sekian banyaknya buku SBMPTN yang beredar di pasaran, Anda mungkin kebingungan dalam memilihnya. Berikut ini hal yang harus Anda persiapkan ketika memilih buku SBMPTN.

Tentukan dahulu program studi yang akan dipilih

Jurusan apa yang Anda incar di PTN favorit? Anda bisa memilih maksimal dua jurusan dalam satu kelompok studi. SBMPTN tidak membatasi pilihan PTN hanya di daerah tempat tinggal atau area SMA saja. Dengan mengikuti SBMPTN, Anda bahkan bisa memilih PTN yang berada di luar kota tempat tinggal Anda.  

Saintek, kelompok studi sains dan teknologi yang diincar jurusan IPA

Saintek, kelompok studi sains dan teknologi yang diincar jurusan IPA

Untuk siswa SMA kelas IPA, pilihan jurusan yang bisa diambil yaitu kelompok studi Saintek atau Sains dan Teknologi. Bidang materi untuk tes SBMPTN Saintek adalah TPS (tes potensi skolastik) dan TPA (tes potensi akademik) Saintek


Materi TPS adalah Penalaran Umum, Pengetahuan Kuantitatif, Pemahaman Bacaan dan Menulis, serta Pengetahuan dan Pemahaman Umum. Sementara itu, materi TPA Saintek adalah Fisika, Kimia, Biologi, dan Matematika.

Jurusan favorit di Saintek adalah Teknik Informatika, Kedokteran, Kedokteran Gigi, Keperawatan, Farmasi, Statistika, dan Teknik Elektro. Makin populer jurusan tersebut, makin ketat pula persaingannya. Karena itu, pastikan Anda memilih jurusan yang sesuai dengan minat, ya! 

Soshum, kelompok studi sosial dan humaniora yang diincar jurusan IPS

Soshum, kelompok studi sosial dan humaniora yang diincar jurusan IPS

Untuk siswa SMA kelas IPS, pilihan jurusan yang bisa diambil yaitu kelompok studi Soshum atau Sosial dan Humaniora. Bidang materi yang menjadi bahan tes SBMPTN Soshum yaitu TPS dan TPA Soshum.

 
Materi TPS pada SBMPTN Soshum sama dengan kelompok studi Saintek. Sementara itu, materi TPA Soshum meliputi Ekonomi, Geografi, Sosiologi, dan Sejarah.


Jurusan favorit di Soshum adalah Ilmu Komunikasi, Manajemen, Psikologi, Sastra Inggris, Akuntansi, Hubungan Internasional, dan Ilmu Politik. Pastikan Anda memilih jurusan yang sesuai minat dan prospek pekerjaan di masa depan, ya!

Campuran, gabungan Saintek dan Soshum yang bisa dipilih oleh jurusan IPA atau IPS

Campuran, gabungan Saintek dan Soshum yang bisa dipilih oleh jurusan IPA atau IPS

Lalu, bagaimana jika Anda adalah siswa kelas Bahasa? Bagaimana pula bila Anda siswa kelas IPA, tetapi ingin mengambil jurusan Soshum? Sebaliknya, tidak menutup kemungkinan Anda adalah siswa kelas IPS yang tertarik dengan jurusan Saintek.


Jika demikian, Anda harus mengambil SBMPTN Campuran. Materi ujian SBMPTN Campuran adalah TPS, TPA Saintek, dan TPA Soshum. Jadi, Anda memang harus belajar ekstra keras karena materi mata pelajarannya lebih banyak. Hal yang patut diingat, program studi Kedokteran dan Kedokteran Gigi hanya bisa diambil oleh siswa kelas IPA saja.

Carilah buku yang memberikan kisi-kisi SBMPTN terbaru

Carilah buku yang memberikan kisi-kisi SBMPTN terbaru

Materi ujian SBMPTN sangat berbeda dengan AKM (asesmen kompetensi minimum) kelulusan SMA. Belum tentu guru-guru sekolah bisa memahami peta soal SBMPTN karena materinya dibuat oleh lembaga khusus. Itulah sebabnya Anda perlu belajar secara mandiri yaitu dengan mengikuti bimbel atau menggunakan buku khusus SBMPTN.


LTMPT atau Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi adalah lembaga resmi yang bertugas menyiapkan materi SBMPTN. Jadi, sebisa mungkin carilah buku yang ditulis oleh tutor berpengalaman dan soal-soalnya disusun sesuai standar LTMPT. Kisi-kisi yang berstandar ini akan memberi bekal agar Anda lebih percaya diri dalam menghadapi SBMPTN.


Meski polanya mirip-mirip, LTMPT memiliki standar soal yang berbeda-beda tiap tahun. Jadi, penting untuk memilih buku SBMPTN terbaru demi persiapan ujian yang akan datang. Hindari menggunakan SBMPTN tahun lama karena bisa jadi kisi-kisinya sudah berbeda.

Pilihlah buku yang memiliki banyak paket soal dan pembahasan

Pilihlah buku yang memiliki banyak paket soal dan pembahasan

Makin sering berlatih soal, Anda akan makin lihai memecahkan soal-soal SBMPTN. Maka dari itu, carilah buku yang memuat banyak paket soal lengkap dengan pembahasannya. Dengan demikian, Anda memiliki banyak bahan untuk belajar mandiri, sekaligus mengetahui rumus cepat yang dibahas dalam buku.


Akan tetapi, makin banyak paket soalnya, akan makin tebal juga bukunya. Ketebalan buku SBMPTN berkisar 500–900 halaman. Buku setebal itu memang agak menyulitkan untuk dibawa ke sekolah atau bimbel. Karena itu, beberapa buku SBMPTN memberikan ekstra soal melalui ebook, aplikasi smartphone, atau CD software.

Pertimbangkan buku yang memberikan banyak bonus

Pertimbangkan buku yang memberikan banyak bonus

Sekarang ini, tiap-tiap judul buku SBMPTN memberikan bonus yang sama-sama menggoda. Semua bonus ini pastinya akan mendukung persiapan Anda dalam menghadapi SBMPTN. Beberapa bonus di buku SBMPTN yang bisa dipertimbangkan, antara lain:


  • Aplikasi tryout soal berbasis Android, iOS, dan dekstop
  • Ebook ringkasan materi
  • CD bank soal interaktif
  • Grup belajar aktif
  • Dana pendidikan 
  • Konsultasi penjurusan
  • Video bedah soal bersama tutor

10 Rekomendasi buku SBMPTN terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh buku SBMPTN terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

Tim Garda CendekiaDetik-Detik Drilling Tembus UTBK SBMPTN 2022

Mulai dari Rp 138.000,00

PenerbitGarda Cendekia
Ukuran14 cm x 19 cm
Tebal500 halaman
BonusEbook; grup belajar
9

Tim Widya Gamma dan Tim QuantumMaster Key UTBK TPS-TKA SBMPTN 2022

Mulai dari Rp 140.000,00

PenerbitYramawidya
Ukuran20 cm x 26,5 cm
TebalSaintek: 536 halaman・Soshum: 560 halaman
BonusTryout online; aplikasi latihan soal SBMPTN; aplikasi latihan soal US/USP; lembar jawab digital
8

Tim The WinnerBrilliant Book TKA TPS UTBK SBMPTN

Mulai dari Rp 89.100,00

PenerbitBrilliant
Ukuran13 cm x 19 cm
TebalSaintek: 813 halaman・Soshum: 570 halaman
BonusAplikasi belajar TKA dan TPS berbasis Android dan dekstop
7

Tim Kompas IlmuGrand Master UTBK SBMPTN 2022

Mulai dari Rp 220.000,00

PenerbitKompas Ilmu
Ukuran19,5 cm x 27 cm
TebalSaintek: 832 halaman・Soshum: 792 halaman
BonusUM Mandiri (UI dan UGM); simulasi UTBK website
6

Tim Master EdukaBank Soal UTBK SBMPTN Smart Book 2022

Mulai dari Rp 140.000,00

PenerbitMagenta Media
Ukuran19 cm x 26 cm
TebalSaintek: 504 halaman・Soshum: 520 halaman
BonusEbook ringkasan materi; lembar jawab digital; aplikasi desktop, Android, dan iOS
5

The King EdukaMega Bank UTBK SBMPTN 2022

Mulai dari Rp 215.000,00

PenerbitCMedia
Ukuran19 cm x 26 cm
TebalSaintek: 776 halaman・Soshum: 738 halaman
BonusSoftware; aplikasi Android; ebook; video pembelajaran; ringkasan materi
4

Tim Tentor MasterWangsit HOTS SBMPTN 2022

Mulai dari Rp 235.000,00

Penerbit Gramedia Widiasarana Indonesia
Ukuran19 cm x 26 cm
TebalSaintek: 800 halaman・Soshum: 752 halaman
BonusTryout online; ebook bank soal; akses gratis leson.id; video bedah soal bersama tim tutor; aplikasi Android
3
PenerbitBebas Inti Cendekia
Ukuran17 cm x 24 cm
TebalSaintek: 512 halaman・Soshum: 512 halaman
BonusTryout online (20 paket); daftar daya tampung dan peminat per jurusan PTN se-Indonesia; soal setiap bab yang keluar dalam kurun waktu 10 tahun terakhir
2

Forum Tentor IndonesiaThe King Bedah Kisi-Kisi SBMPTN + UM Mandiri

Mulai dari Rp 245.000,00

PenerbitForum Edukasi
Ukuran19 cm x 26 cm
TebalSaintek: 992 halaman・Soshum: 944 halaman
BonusTryout online; software TPA; video pembelajaran; grup belajar UTBK 2022; CD; paket ebook; dana pendidikan 150 juta
1
PenerbitWangsit Education
UkuranTidak disebutkan
Tebal122–366 halaman
BonusVoucher tryout UTBK, SIMAK UI, dan UM UGM selama 1 tahun; grup belajar aktif; konsultasi penjurusan

Tabel perbandingan produk buku SBMPTN terbaik

Gambar produk
1
Om Jero Wangsit Platinum 1

Om Jero

2
Forum Tentor Indonesia The King Bedah Kisi-Kisi SBMPTN + UM Mandiri 1

Forum Tentor Indonesia

3
Bank Soal UTBK SBMPTN 2022 1

4
Tim Tentor Master Wangsit HOTS SBMPTN 2022 1

Tim Tentor Master

5
The King Eduka Mega Bank UTBK SBMPTN 2022 1

The King Eduka

6
Tim Master Eduka Bank Soal UTBK SBMPTN Smart Book 2022 1

Tim Master Eduka

7
Tim Kompas Ilmu Grand Master UTBK SBMPTN 2022 1

Tim Kompas Ilmu

8
Tim The Winner Brilliant Book TKA TPS UTBK SBMPTN  1

Tim The Winner

9
Tim Widya Gamma dan Tim Quantum Master Key UTBK TPS-TKA SBMPTN 2022 1

Tim Widya Gamma dan Tim Quantum

10
Tim Garda Cendekia Detik-Detik Drilling Tembus UTBK SBMPTN 2022 1

Tim Garda Cendekia

Nama produk

Wangsit Platinum

The King Bedah Kisi-Kisi SBMPTN + UM Mandiri

Bank Soal UTBK SBMPTN 2022

Wangsit HOTS SBMPTN 2022

Mega Bank UTBK SBMPTN 2022

Bank Soal UTBK SBMPTN Smart Book 2022

Grand Master UTBK SBMPTN 2022

Brilliant Book TKA TPS UTBK SBMPTN

Master Key UTBK TPS-TKA SBMPTN 2022

Detik-Detik Drilling Tembus UTBK SBMPTN 2022

Keunggulan

Pilih sendiri mata pelajaran yang ingin dikejar nilainya!

Supertebal dan superlengkap, berisi lebih dari 4000 bank soal

Ulasan pembahasan lengkap dengan rumus rahasia

Amunisi ampuh untuk menembus skor lebih dari 750

Terdapat lebih banyak paket soal prediksi jitu, aktual, dan terkini

Disusun oleh tutor bimbel yang berpengalaman

Soal-soal disusun berdasarkan pedoman dari LTMPT

Menyediakan full bedah soal-soal sesuai standar HOTS

Satu buku untuk semua ujian masuk universitas negeri

Ukuran buku yang ringkas dan tidak membebani tas

Harga mulai dariRp 50.000,00Rp 245.000,00Rp 119.000,00Rp 235.000,00Rp 215.000,00Rp 140.000,00Rp 220.000,00Rp 89.100,00Rp 140.000,00Rp 138.000,00
PenerbitWangsit EducationForum EdukasiBebas Inti Cendekia Gramedia Widiasarana IndonesiaCMediaMagenta MediaKompas IlmuBrilliantYramawidyaGarda Cendekia
UkuranTidak disebutkan19 cm x 26 cm17 cm x 24 cm19 cm x 26 cm19 cm x 26 cm19 cm x 26 cm19,5 cm x 27 cm13 cm x 19 cm20 cm x 26,5 cm14 cm x 19 cm
Tebal122–366 halamanSaintek: 992 halaman・Soshum: 944 halamanSaintek: 512 halaman・Soshum: 512 halamanSaintek: 800 halaman・Soshum: 752 halamanSaintek: 776 halaman・Soshum: 738 halamanSaintek: 504 halaman・Soshum: 520 halamanSaintek: 832 halaman・Soshum: 792 halamanSaintek: 813 halaman・Soshum: 570 halamanSaintek: 536 halaman・Soshum: 560 halaman500 halaman
BonusVoucher tryout UTBK, SIMAK UI, dan UM UGM selama 1 tahun; grup belajar aktif; konsultasi penjurusanTryout online; software TPA; video pembelajaran; grup belajar UTBK 2022; CD; paket ebook; dana pendidikan 150 jutaTryout online (20 paket); daftar daya tampung dan peminat per jurusan PTN se-Indonesia; soal setiap bab yang keluar dalam kurun waktu 10 tahun terakhirTryout online; ebook bank soal; akses gratis leson.id; video bedah soal bersama tim tutor; aplikasi AndroidSoftware; aplikasi Android; ebook; video pembelajaran; ringkasan materiEbook ringkasan materi; lembar jawab digital; aplikasi desktop, Android, dan iOSUM Mandiri (UI dan UGM); simulasi UTBK websiteAplikasi belajar TKA dan TPS berbasis Android dan dekstopTryout online; aplikasi latihan soal SBMPTN; aplikasi latihan soal US/USP; lembar jawab digitalEbook; grup belajar
Tautan produk

Baca juga rekomendasi aplikasi belajar dan perlengkapan belajar lainnya di sini

Untuk mendukung semangat belajar, Anda mungkin membutuhkan aplikasi belajar dan perlengkapan belajar lainnya. Berikut ini kami telah mengulas rekomendasi aplikasi belajar online, meja belajar, lampu meja belajar, tas sekolah, tempat pensil, dan lain-lain. Bacalah artikel di bawah ini dan temukan produk terbaik untuk menunjang aktivitas belajar Anda.

Kesimpulan

Bisa lolos ujian dan masuk jurusan idaman di PTN favorit memang menjadi impian banyak calon mahasiswa. Supaya impian tersebut bisa terwujud, Anda perlu belajar menggunakan buku SBMPTN.

 
Carilah buku SBMPTN terbaru dan terlengkap supaya materi belajar Anda bisa lebih komplet. Akan lebih menarik lagi jika bonus-bonus di setiap buku dapat dimaksimalkan untuk sarana belajar. Selamat belajar dan semoga sukses!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Buku Terbaik untuk Belajar Bahasa Inggris (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Buku Terbaik untuk Belajar Bahasa Inggris (Terbaru Tahun 2021)
    Saat ini, makin banyak orang yang meluangkan waktu untuk mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa kedua (second language). Hal tersebut tentunya bukan tanpa alasan. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang banyak digunakan untuk berkomunikasi secara resmi antara warga beda negara.Selain melalui sekolah atau kursus, Anda dapat mempelajari bahasa Inggris secara otodidak menggunakan buku. Untuk para pemula yang ingin memulai belajar bahasa Inggris, simaklah tips memilih buku terbaiknya di sini. Rekomendasi buku untuk belajar bahasa Inggris yang bagus juga telah kami sediakan. Silakan baca ulasan selengkapnya!
    Buku akademik
    4.757 Views
  • 10 Rekomendasi Buku Sejarah Dunia Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Buku Sejarah Dunia Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagaikan pintu ke mana saja Doraemon, buku sejarah dunia adalah jalan untuk melihat dunia tanpa harus membeli tiket pesawat. Sungguhpun Anda belum pernah menyinggahi tempat tersebut, buku sejarah dunia dapat membantu Anda memahami detail-detail peristiwa. Inilah kekuatan utama dari buku sejarah dunia. Selain Sejarah Dunia yang Disembunyikan, ada judul buku sejarah dunia lain yang laik dibaca. Anda dapat mempertimbangkan topik sejarah yang dibahas, bahasa, serta harga yang sesuai di toko online. Mari kita mengupas selengkapnya tips memilih dan review buku sejarah dunia terbaik di bawah ini.
    Buku akademik
    13.959 Views
  • 10 Rekomendasi Buku Terbaik untuk Belajar Bahasa Korea (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Buku Terbaik untuk Belajar Bahasa Korea (Terbaru Tahun 2021)
    Anda memiliki rencana untuk tinggal, bekerja, atau menuntut ilmu di Korea? Kalau begitu, bahasa Korea wajib Anda kuasai untuk memudahkan kehidupan di sana. Bahasa Korea juga patut dipelajari oleh para penyuka drama atau idola Korea. Dengan kemampuan tersebut, Anda dapat menonton acara favorit tanpa perlu berlama-lama menunggu subtitle-nya.Bagi Anda yang tertarik, kami telah menyiapkan rekomendasi buku untuk belajar bahasa Korea yang bagus dan populer. Sebelum itu, tersedia juga tips memilih buku bahasa Korea yang sesuai dengan kebutuhan. Simak artikel ini baik-baik dan temukan produk yang tepat untuk Anda!
    Buku akademik
    4.895 Views
  • 10 Rekomendasi Kamus Bahasa Inggris Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kamus Bahasa Inggris Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bahasa Inggris sudah menjadi bahasa pergaulan internasional sehingga sudah selayaknya untuk dipelajari sejak dini. Menguasai bahasa Inggris dapat memudahkan Anda saat travelling, berinteraksi dengan orang asing, bahkan bisa mendapatkan pekerjaan dari luar negeri. Salah satu cara untuk mempelajari bahasa Inggris adalah lewat kamus. Sekarang memang sudah banyak kamus online, tetapi jika Anda lebih nyaman menggunakan kamus berbentuk buku, kami akan memilihkannya untuk Anda. Kamus bahasa Inggris yang bagus dan lengkap dengan terjemahannya seperti merek Oxford, John Echols, dan Cambridge ada dalam rekomendasi kami. Simak tips memilihnya di artikel ini, ya.
    Buku akademik
    8.027 Views
  • 10 Rekomendasi Buku Kesehatan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Buku Kesehatan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Menjaga kesehatan tidak hanya dilakukan dengan mengonsumsi vitamin, Anda juga perlu menambah pengetahuan dengan membaca buku kesehatan. Buku kesehatan bukan hanya dibaca oleh tenaga kerja kesehatan, melainkan juga masyarakat umum. Terlebih lagi, kini banyak buku kesehatan yang ditulis dengan gaya bahasa populer sehingga lebih mudah dipahami.Di artikel ini kami akan mengulas sepuluh rekomendasi buku kesehatan terbaik yang bisa Anda baca. Buku-buku tersebut antara lain buku kesehatan ibu dan anak, buku kesehatan mental, buku kesehatan lingkungan, dan sebagainya. Jadi, tunggu apa lagi? Baca ulasan kami sampai selesai, ya!
    Buku akademik
    1.357 Views
  • 10 Rekomendasi Kamus Terjemahan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kamus Terjemahan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kamus terjemahan banyak digunakan oleh berbagai kalangan, mulai dari pelajar, pengajar, hingga masyarakat umum. Jika Anda sedang belajar bahasa asing, kamus terjemahan merupakan item yang wajib dimiliki. Hal ini karena kamus terjemahan akan memudahkan Anda mencari dan memahami kosakata dalam bahasa asing.Ada banyak ragam kamus terjemahan, seperti kamus terjemahan Indonesia-Inggris, kamus bahasa Arab, dan kamus bahasa Jepang. Format kamus terjemahan juga sangat beragam. Agar Anda menemukan kamus yang tepat, silakan simak cara memilih kamus terjemahan berikut ini. Tak lupa, kami juga akan memberikan rekomendasi kamus terbaik untuk Anda.
    Buku akademik
    348 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori