1. TOP
  2. >
  3. Program & aplikasi
  4. >
  5. Aplikasi
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Aplikasi Belanja Online Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Belanja Online Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Belanja Online Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Belanja Online Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Belanja Online Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Belanja Online Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Aplikasi Belanja Online Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Pandemi COVID-19 membuat Anda lebih banyak melakukan kegiatan di rumah. Dari belanja kebutuhan sehari-hari, belanja pakaian, barang elektronik, hingga bayar tagihan, semuanya sebaiknya Anda lakukan dari rumah. Untungnya, aplikasi belanja online mampu menjawab kebutuhan tersebut.


Beberapa fitur yang ditawarkan aplikasi belanja online meliputi kredit, paylater, COD, gratis ongkir, serta belanja barang dari luar negeri. Saat ini, Shopee, Tokopedia, dan Blibli menjadi aplikasi belanja online paling populer di Indonesia. Nah, kami akan memaparkan cara memilih aplikasi belanja online yang bagus dan tepercaya sehingga Anda aman dalam berbelanja.

Diperbaharui 11-29-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih aplikasi belanja online

Anda tak perlu bingung memilih aplikasi belanja online yang bagus dan cocok untuk Anda. Kami akan membahas bagaimana cara memilihnya. Mulai dari memilih jenis kebutuhan, fitur, metode pengiriman, sampai metode pembayarannya, semua akan kami bahas. Selamat membaca!

① Pilih sesuai barang kebutuhan Anda

Pilih sesuai barang kebutuhan Anda
Ketika akan berbelanja, tentunya Anda sudah memiliki daftar keinginan akan barang jenis apa yang hendak Anda beli. Kami merangkum barang-barang bisa dibeli di aplikasi belanja online, mulai dari barang fisik sampai produk digital.

  • Produk fashion dan elektronik
Banyak aplikasi belanja online yang difokuskan pada produk-produk fashion seperti baju, sepatu, dan jam tangan bagi pria dan wanita. Selain itu, ada juga aplikasi belanja online yang difokuskan pada produk-produk elektronik seperti smartphone, tablet, televisi, kulkas, dan sebagainya.

  • Kebutuhan sehari-hari
Dengan aplikasi belanja online, Anda bisa berbelanja kebutuhan sehari-hari di rumah. Beberapa aplikasi belanja online sudah menyediakan sayur, bumbu dapur, ikan segar, buah-buahan, dan sebagainya. Bahkan, beberapa aplikasi belanja online sudah menyediakan kategori supermarket menggunakan jasa pengiriman instan GoSend dan Grab Express.

  • Produk digital dan bayar tagihan
Beberapa aplikasi belanja online melayani pembelian produk digital. Contohnya meliputi pulsa, paket data, token listrik, voucer game online, voucer berlangganan streaming film, dan voucer digital. Tak hanya pembelian, bahkan aplikasi belanja online sudah menyediakan fitur pembayaran tagihan, seperti tagihan listrik, telepon, asuransi, dan pajak.

② Kenali fitur-fitur yang ada

Dalam memilih aplikasi belanja online, Anda sebaiknya memperhatikan fitur-fitur yang ada. Fitur-fitur yang tidak ada di aplikasi lain menjadi keunggulan tersendiri. Anda bisa mencermati aplikasi mana yang menyediakan fitur seperti gratis ongkir, pembayaran COD, dan garansi pengembalian barang. Fitur-fitur tersebut akan membantu Anda nantinya.

Kategori toko resmi: Jaminan barang original

Kategori toko resmi: Jaminan barang original

Salah satu keluhan dari beberapa pembeli yang membeli barang dari aplikasi belanja online adalah membeli barang palsu karena tertipu. Hal yang lumrah bisa Anda lakukan untuk mencegahnya adalah dengan membaca review pembeli.


Namun, jika Anda masih merasa kurang yakin, Anda bisa membeli barang yang dijamin pasti asli di toko resminya. Beberapa aplikasi belanja online sudah menerapkan kategori toko resmi, seperti Official Store di Tokopedia dan Shopee Mall di Shopee.

Gratis ongkir: Bebas beli barang tanpa melihat lokasi penjual

Gratis ongkir: Bebas beli barang tanpa melihat lokasi penjual

Sebelum ada program gratis ongkir di aplikasi belanja online, Anda harus jeli memilih lokasi toko. Hal tersebut karena makin jauh dengan lokasi Anda, ongkos kirimnya akan makin mahal. Sekarang, beberapa aplikasi belanja online sudah menerapkan fitur gratis ongkir yang memungkinkan Anda berbelanja di toko mana pun.


Umumnya, subsidi gratis ongkir yang diterapkan adalah maksimal Rp20.000,00 untuk pulau Jawa dan maksimal Rp40.000,00 untuk pengiriman antarpulau. Namun, Anda harus mengetahui bahwa gratis ongkir tersebut ada syaratnya, seperti penerapan minimal pembelian.

COD: Bayar tunai ketika barang sudah sampai

COD: Bayar tunai ketika barang sudah sampai

Jika Anda kebetulan tidak mempunyai saldo di bank atau e-wallet, Anda bisa menerapkan fitur pembayaran cash on delivery (COD). Fitur pembayaran di tempat ini juga memungkinkan Anda melihat kesesuaian barang yang Anda beli sebelum membayarnya. Anda bisa berbelanja dahulu, lalu ketika paket datang, Anda bisa mengecek kesesuaian barang sebelum membayarnya secara tunai ke kurir.

Pengembalian barang: Untuk barang yang tidak sesuai pesanan

Pengembalian barang: Untuk barang yang tidak sesuai pesanan

Ada fitur pengembalian barang yang diterapkan di berbagai aplikasi belanja online untuk melindungi Anda dari barang yang tidak sesuai. Aplikasi belanja online umumnya menerapkan tombol konfirmasi jika barang sesuai dan tombol komplain jika tidak sesuai.


Lalu, ada tenggat waktu untuk memencet tombol tersebut, biasanya 2–3 hari atau lebih. Anda akan secara otomatis mengonfirmasi barang telah sesuai jika dalam tenggat waktu tersebut Anda tidak memencet tombol apa pun.

③ Cek metode pembayarannya

Salah satu hal yang penting dalam memilih aplikasi belanja online adalah metode pembayarannya. Anda harus mengecek saldo, nama bank, dompet digital, jenis kartu ATM, dan sebagainya karena tiap aplikasi belanja online berbeda. Anda harus memperhatikan aplikasi mana yang mendukung pembayaran Anda. Jika tidak ada, Anda bisa menerapkan bayar tunai.

Pembayaran tunai: Dengan fitur COD atau bayar di kasir minimarket

Pembayaran tunai: Dengan fitur COD atau bayar di kasir minimarket

Pada umumnya, aplikasi belanja online hanya mendukung pembayaran dari bank-bank besar, seperti BCA, Mandiri, BRI, dan BNI. Ditambah lagi, setiap aplikasi belanja online biasanya hanya terhubung dengan satu dompet digital.


Namun, jika Anda tidak mempunyai rekening bank besar atau dompet digital tersebut, Anda tetap bisa berbelanja. Selain COD, ada cara lain membayar tunai pesanan di aplikasi belanja online, yakni melalui kasir di Indomaret dan Alfamart.

Pembayaran online: Bayar instan dari bank atau e-wallet

Pembayaran online: Bayar instan dari bank atau e-wallet

Metode pembayaran paling populer di aplikasi belanja online adalah pembayaran online. Pembayaran online bisa menggunakan sumber dana dari bank. Metode transfernya antara lain mobile banking, internet banking, ATM, direct debit, dan kartu kredit atau debit. Selain bank, sumber dana juga bisa dari dompet digital atau e-wallet.


Pembayaran dengan metode pembayaran online akan terkonfirmasi secara otomatis dan instan. Berbeda dengan transfer via ATM yang biasanya membutuhkan waktu lebih lama, bahkan Anda wajib unggah bukti transfer.

Paylater: Belanja dahulu, bayar pada akhir bulan

Paylater: Belanja dahulu, bayar pada akhir bulan

Nah, bagi Anda yang kebetulan sedang menunggu gaji cair, Anda bisa memanfaatkan paylater di aplikasi belanja online. Beberapa aplikasi belanja online menyediakan metode pembayaran paylater.


Hal tersebut memungkinkan Anda berbelanja dahulu dan membayarnya di akhir bulan atau awal bulan depan. Pada umumnya, metode pembayaran paylater bekerja sama dengan dompet digital yang terhubung dengan aplikasi belanja online.

10 Rekomendasi aplikasi belanja online terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh aplikasi belanja online terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pengguna. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di Google Play dan App Store.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Carousell

Carousell: Sell and Buy

Carousell Carousell: Sell and Buy 1枚目

Beli barang elektronik bekas yang masih bagus di ponsel

2

Zalora South East Asia

ZALORA - Belanja Fashion

Zalora South East Asia ZALORA - Belanja Fashion 1枚目

Tak hanya fashion, belanja produk kecantikan pun tinggal tekan tombol!

3

Global Digital Niaga

Blibli - Belanja Online

Global Digital Niaga Blibli - Belanja Online 1枚目

Belanja online bisa bayar dengan cicilan

4

PT. Kreasi Nostra Mandiri

Sayurbox - Grocery Jadi Mudah

PT. Kreasi Nostra Mandiri Sayurbox - Grocery Jadi Mudah 1枚目

Tersedia beberapa pilihan waktu pengiriman dan opsi 1 jam sampai

5

Tokopedia

Tokopedia

Tokopedia Tokopedia 1枚目

Investasi reksa dana jadi semudah belanja di e-commerce

6

Lazada Group GmbH

Lazada

Lazada Group GmbH Lazada 1枚目

Di Lazada, beli barang bisa dari seller luar negeri

7

Shopee International Indonesia

Shopee

Shopee International Indonesia Shopee 1枚目

Berburu flash sale tiap tanggal cantik

8

JingDong Indonesia Pertama

JD.ID Online Shopping

JingDong Indonesia Pertama JD.ID Online Shopping 1枚目

Belanja berbagai barang dengan jaminan pasti original

9

Bukalapak.com

Bukalapak

Bukalapak.com Bukalapak 1枚目

Bekerja sama dengan Tanamduit dan Bareksa, belanja sambil beli reksa dana

10

Berrybenka

Sorabel - Belanja Baju, Coba Dulu Baru Bayar

Berrybenka Sorabel - Belanja Baju, Coba Dulu Baru Bayar 1枚目

Seperti di mal, bisa coba dahulu sebelum bayar

Perincian produk
Close
No.1

Beli barang elektronik bekas yang masih bagus di ponsel

Kelebihan:

  • Barang bekas bisa cepat terjual lewat aplikasi ini
  • Banyak pilihan barang dan masih dalam kondisi bagus
  • Terdapat fitur negosiasi harga

Kekurangan:

  • Tidak ada jaminan barang orisinal saat membeli

Carousell adalah aplikasi belanja online asal Singapura. Meskipun menjual barang baru, Carousell juga berfokus pada barang-barang fisik preloved atau bekas. Salah satu kategori produk yang paling laris di Carousell adalah elektronik dan gadget.


Ada fitur negosiasi harga yang memungkinkan Anda menawar harga sebelum Anda membeli. Pilihan pembayarannya pun beragam, mulai dari meet up langsung dengan penjual sampai delivery dengan jasa kirim.

No.2

Zalora South East AsiaZALORA - Belanja Fashion

Tak hanya fashion, belanja produk kecantikan pun tinggal tekan tombol!

Kelebihan:

  • Memiliki fitur pengembalian barang jika merasa kurang cocok
  • Bisa belanja barang dari luar negeri

Kekurangan:

  • Tidak memiliki fitur untuk bayar tagihan

Zalora adalah aplikasi belanja online yang berkantor pusat di Singapura. Zalora sudah merambah ke berbagai negara, seperti Hong Kong, Tiongkok, Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand, Vietnam, Filipina, dan Indonesia.


Tidak hanya busana, Zalora juga berfokus pada produk kecantikan untuk pria dan wanita, misalnya skin care dan hair care. Salah satu keunggulan Zalora adalah garansi pengembalian barang hingga 30 hari jika barang yang Anda beli tidak sesuai.

No.3

Global Digital NiagaBlibli - Belanja Online

Belanja online bisa bayar dengan cicilan

Kelebihan:

  • Tampilan website dan aplikasinya menarik dan user-friendly
  • Menyediakan beragam promo menarik
  • Ada banyak kategori barang yang dijual di Blibli

Kekurangan:

  • Hanya memberikan notifikasi pada awal pembelian saja

Blibli merupakan anak perusahaan Djarum yang didirikan pada 2010. Blibli berfokus pada barang-barang elektronik dan hobi. Salah satu keunggulan dari Blibli adalah memungkinkan Anda untuk belanja dengan sistem pembayaran cicilan. Selain itu, Blibli juga sudah mendukung metode pembayaran QRIS melalui website-nya.


Di Blibli, Anda bisa membeli barang dari toko resminya di kategori toko Official Store. Untuk kategori supermarket, Blibli memiliki kategori BlibliMart. UI dan UX Blibli terkenal minimalis, responsif, dan mudah dipahami bagi orang awam sehingga dapat memudahkan Anda dalam bertransaksi.

No.4

PT. Kreasi Nostra MandiriSayurbox - Grocery Jadi Mudah

Tersedia beberapa pilihan waktu pengiriman dan opsi 1 jam sampai

Kelebihan:

  • Terdapat inspirasi masak setiap hari yang bisa dijadikan sebagai referensi
  • Harga lebih murah pada akhir pekan

Kekurangan:

  • Hanya khusus untuk belanja bahan dapur saja

Ingin berbelanja sayur, buah, dan bahan makanan yang segar? Sayurbox bisa menjadi pilihan terbaik. Ada banyak pilihan bahan makanan yang bisa Anda beli lewat Sayurbox. Menariknya lagi, Anda tak perlu bingung memasak apa karena ada inspirasi yang bisa dijadikan sebagai referensi.


Semua bahan makanan yang Anda beli juga dijamin dalam keadaan segar. Tidak ketinggalan, Anda juga bisa memilih sendiri waktu pengiriman dan ada opsi 1 jam sampai. Saat akhir pekan tiba, Anda bisa membeli dengan harga yang lebih murah!

No.5

Investasi reksa dana jadi semudah belanja di e-commerce

Kelebihan:

  • Gratis biaya jual beli reksa dana melalui aplikasi Tokopedia
  • Terdapat pilihan reksa dana syariah

Kekurangan:

  • Belum tersedia pilihan reksa dana saham

Tokopedia terkenal sebagai platform e-commerce besar di Indonesia dengan banyak pengguna. Selain sebagai tempat belanja kebutuhan, investor juga dapat membeli instrumen investasi reksa dana di sini. Tokopedia bekerja sama dengan Bareksa, yang telah tergabung dalam APERD, sehingga Anda dapat berinvestasi dengan aman.


Aplikasi ini cocok untuk pemula karena UI/UX yang mudah dipahami berkat tampilan yang cukup sederhana. Anda juga hanya perlu menyediakan dana minimal sepuluh ribu rupiah dan gratis biaya jual beli reksa dana. Selain reksa dana pendapatan tetap dan pasar uang, aplikasi ini juga menyediakan fasilitas reksa dana syariah.

No.6

Di Lazada, beli barang bisa dari seller luar negeri

Kelebihan:

  • Ada promo besar-besaran setiap tanggal cantik
  • Tampilan yang user-friendly

Kekurangan:

  • Sistem pembayaran COD masih terbatas

Lazada adalah anak perusahaan raksasa asal Tiongkok, yaitu Alibaba. Lazada sudah merambah ke luar negaranya, khususnya Asia Tenggara. Bahkan, karena seller Lazada dari mana-mana, Anda dapat membeli barang impor dari seller Lazada di luar negeri. Sebaliknya, barang-barang jualan Anda pun sangat mungkin dibeli oleh pembeli dari luar Indonesia.


Untuk toko resmi, ada kategori LazMall yang memungkinkan Anda membeli barang secara aman dan pasti asli dari toko resminya. Salah satu program populer dari Lazada adalah Laz B'day Sale. Dengan promo yang gila-gilaan, pastinya program tersebut akan memanjakan Anda sebagai pembeli.

No.7

Berburu flash sale tiap tanggal cantik

Kelebihan:

  • Selalu ada promo Big Sale setiap tanggal "cantik"
  • Memiliki fitur ShopeePay untuk mempermudah pembayaran
  • Bisa memesan makanan lewat ShopeeFood

Kekurangan:

  • User interface aplikasi Shopee cenderung kurang rapi menurut beberapa pengguna
  • Ada beberapa fitur yang sepertinya kurang penting

Shopee terkenal dengan promo Big Sale tiap tanggal cantik tiap bulan. Contohnya adalah 11.11 di bulan November dan 12.12 di bulan Desember. Tak perlu khawatir dalam berbelanja di Shopee karena ada fitur Garansi Shopee. Dengan demikian, Anda dapat mengembalikan barang yang tidak sesuai.


Selain itu, Anda juga bisa menikmati fitur gratis ongkir dan COD. Ditambah lagi, kini Shopee sudah merambah ke ranah pembayaran dengan produk ShopeePay dan ranah ride hailing makanan melalui ShopeeFood.

No.8

JingDong Indonesia PertamaJD.ID Online Shopping

Belanja berbagai barang dengan jaminan pasti original

Kelebihan:

  • Bisa belanja barang dari luar negeri dengan aman
  • Tersedia banyak pilihan metode pembayaran

Kekurangan:

  • Masih kurang terkenal di kalangan masyarakat Indonesia

Didirikan pada 2015, JD.ID adalah anak usaha dari JD.com asal Tiongkok. JD.ID berfokus pada penjualan barang elektronik, tetapi ada juga barang-barang dari kategori lainnya. Karena JD.ID terhubung dengan seller JD.com dari luar negeri, Anda pun dapat berbelanja barang-barang impor dari luar Indonesia.


Salah satu kampanyenya yang sangat berpihak pada konsumen adalah #DijaminOri. Dengan adanya kampanye ini, Anda tak perlu takut dirugikan karena membeli barang yang tidak asli.

No.9

Bekerja sama dengan Tanamduit dan Bareksa, belanja sambil beli reksa dana

Kelebihan:

  • Praktis karena bisa melakukan pembelian reksa dana juga melalui e-commerce

Kekurangan:

  • Fitur live chat pada aplikasi tidak responsif menurut beberapa ulasan

Dikenal dengan BukaReksa, aplikasi ini bekerja sama dengan Tanamduit dan juga Bareksa. Anda perlu memiliki akun di Bukalapak terlebih dahulu, lalu mendaftar akun pada BukaReksa. Dengan modal sepuluh ribu rupiah, Anda sudah dapat berinvestasi reksa dana. Praktis sekali untuk Anda yang sekalian ingin berbelanja melalui e-commerce Bukalapak, ya!


Metode pembayaran BukaReksa juga sangat beragam, mulai dari transfer, virtual account, hingga membayar di minimarket dan Kantor Pos Indonesia. Saat ini, BukaReksa juga menawarkan paket bundling. Anda dapat melakukan pembelian produk reksa dana (BukaReksa) dan asuransi (BukaAsuransi) dengan satu kali pembayaran saja.

No.10

BerrybenkaSorabel - Belanja Baju, Coba Dulu Baru Bayar

Seperti di mal, bisa coba dahulu sebelum bayar

Kelebihan:

  • Jika tidak cocok, bisa langsung dikembalikan ke kurir
  • Garansi pengembalian cukup lama

Kekurangan:

  • Hanya menyediakan pakaian dan aksesori wanita saja

Sorabel awalnya bernama Sale Stock yang berkantor di Yogyakarta. Kemudian, aplikasi ini berubah menjadi aplikasi belanja online. Sorabel berfokus pada produk fashion, khususnya pakaian dan aksesori wanita.


Salah satu keunggulan Sorabel adalah memungkinkan Anda untuk mencoba pakaian yang Anda beli dahulu sebelum membayar. Selain itu, Sorabel juga mematok garansi pengembalian barang yang relatif lama, yakni 30 hari.

Baca juga rekomendasi aplikasi lainnya di sini

Selain aplikasi belanja online, kami juga memiliki beberapa artikel menarik tentang aplikasi lainnya. Yuk, simak pembahasannya pada artikel-artikel berikut ini!

Kesimpulan

Setelah membaca rekomendasi dari kami, Anda bisa lebih mudah menentukan aplikasi belanja online yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan. Pastikan aplikasi belanja online tersebut memiliki fitur yang menguntungkan, aman, dan mendukung metode pembayaran Anda.


Banyak promo menggiurkan yang disediakan setiap aplikasi belanja online. Dengan membaca artikel ini, kami berharap Anda dapat berbelanja secara aman dan nyaman. Akhirnya, selamat berbelanja online dari rumah!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer