• 10 Rekomendasi Sandal Kondangan Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Sandal Kondangan Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Sandal Kondangan Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Sandal Kondangan Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Sandal Kondangan Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Sandal Kondangan Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)

Saat pergi ke kondangan, tentunya Anda berpakaian rapi dan tidak asal-asalan. Supaya penampilan makin menawan, sebaiknya Anda menggunakan alas kaki yang berbeda dari yang biasa dipakai sehari-hari. Sandal kondangan adalah pilihan yang tepat untuk dipakai menghadiri resepsi.


Model sandal kondangan wanita sangatlah bervariasi, seperti sandal flat, mules, peep toe, wedges, dan lain-lain. Supaya Anda tidak bingung, kami akan berbagi tips memilih sandal kondangan terbaik untuk wanita. Beragam merek sandal kondangan yang bagus, seperti Urban&Co, Bellagio, dan Sepasang Collection akan turut kami ulas. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Sary Melati
Vivi Lutviana
Chelshea Flo
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Tampil rapi dan menarik dengan sandal kondangan

Tampil rapi dan menarik dengan sandal kondangan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kondangan adalah pergi menghadiri undangan perkawinan untuk mengucapkan selamat. Istilah tersebut sangat lazim di Indonesia karena pengantin dan keluarga biasanya menggelar acara perkawinan dengan mengundang banyak tamu.

Bentuk acara perkawinan pun berbeda-beda menurut daerah maupun tradisi keluarga masing-masing. Ada yang menyelenggarakannya secara sederhana dan ada juga yang menggelar resepsi mewah. Bagaimana pun, kita sebagai tamu sudah selayaknya menghargai undangan tersebut, salah satunya dengan berpenampilan rapi dan sepantasnya.

Supaya tampil rapi saat kondangan, Anda sebaiknya mengenakan sandal kondangan yang berbeda dari alas kaki yang biasa dipakai sehari-hari. Tanggalkanlah sneakers dan sandal jepit kesayangan Anda. Sebagai gantinya, pakailah wedges, selop, atau sepatu sandal yang cantik. Dengan begitu, penampilan Anda akan terlihat rapi dan fashionable.

Cara memilih sandal kondangan untuk wanita

Beragam produk sandal kondangan yang membanjiri pasar memang acapkali membuat lapar mata. Semua model sandal serasa ingin dimiliki. Meski begitu, Anda harus ingat beberapa poin penting di bawah ini sebelum memborong sandal kondangan. Dengan begitu, dijamin Anda dapat memilih sandal kondangan yang paling tepat.

Pilih sandal kondangan berdasarkan modelnya

Tak hanya baju dan tas, model sandal kondangan pun sangat banyak. Hal ini dipengaruhi oleh tren mode yang terus bergulir dari masa ke masa. Meski begitu, tak jarang satu model sandal dapat bertahan dan digemari oleh beberapa generasi. Apa saja model sandal kondangan yang populer saat ini? Berikut ulasannya.

Sepatu sandal, untuk tampilan asyik dan kasual

Sepatu sandal, untuk tampilan asyik dan kasual

Model sandal satu ini disebut sepatu sandal karena saat memakainya akan terasa seperti memakai perpaduan sepatu dan sandal. Desain sepatu sandal identik dengan adanya strap terbuka yang menyelimuti kaki bagian depan dan belakang. Hal ini memungkinkan kaki Anda terekspos dan tetap kencang menapaki sandal.


Umumnya, sandal kondangan jenis ini memiliki sol bawah atau luar yang tidak terlalu tinggi. Sangat cocok bagi Anda yang ingin tampil kasual dan tidak terlalu formal. Bagi Anda yang tomboy, sandal jenis ini bisa dijadikan pilihan. Anda dapat terlihat manis tanpa harus kehilangan jati diri.

Sandal mules, mudah dipakai dan terlihat formal

Sandal mules, mudah dipakai dan terlihat formal

Berbeda dengan sepatu sandal yang terbuka, sandal mules memiliki penutup pada bagian ujung kakinya. Di Indonesia, sandal jenis ini lebih dikenal dengan istilah selop. Biasanya selop ini digunakan sebagai alas kaki pengantin yang berdandan menggunakan pakaian adat Jawa dan Betawi.


Umumnya, mules tidak memiliki tali di bagian belakang, sehingga cara memakai dan melepasnya sangatlah mudah. Selain itu, memakai mules memberikan kesan formal karena sekilas terlihat seperti sepatu pantofel. Untuk Anda yang gemar memakai sepatu berhak, terdapat juga mules yang dilengkapi hak.

Wedges, sol tebalnya memberi kesan kaki yang jenjang

Wedges, sol tebalnya memberi kesan kaki yang jenjang

Wedges termasuk dalam kategori alas kaki berhak tinggi. Hak pada wedges tidak hanya terletak pada bagian tumit saja, tetapi juga menyebar hingga ke telapak kaki bagian depan. Hal tersebut menyebabkan sandal kondangan wedges Anda terasa nyaman meski memiliki hak tinggi dan terlihat berat. Model sandal kondangan wanita remaja ini sangat pas bagi Anda yang ingin menojolkan kaki jenjangnya. 

Peep toe heels, anggun sekaligus elegan

Peep toe heels, anggun sekaligus elegan

Berbeda dengan sandal wedges, peep toe heels memiliki hak tinggi yang ramping pada bagian tumit saja. Namun, jangan khawatir karena sandal peep toe heels yang bagus tidak akan membuat kaki Anda mudah pegal. Hanya saja Anda perlu terbiasa memakainya.


Model sandal kondangan satu ini menjadi favorit para wanita karena dapat menambah kesan feminin dan elegan. Terlebih jika pada bagian atasnya terdapat ornamen-ornamen cantik yang memanjakan mata. Sudah pasti kaki Anda akan nampak lebih indah. Peep toe heels cukup fleksibel untuk dipadukan dengan aneka gaya berpakaian, baik gaun maupun kain tradisional.

Sandal flat, nyaman dan terlihat manis

Sandal flat, nyaman dan terlihat manis

Jika Anda memiliki masalah pada pinggang sehingga tidak bisa memakai sandal berhak tinggi, sandal flat adalah pilihan yang tepat. Sandal jenis ini memiliki sol datar dan tanpa hak tinggi. Biasanya, ketebalan solnya hanya sekitar 1 cm. Tipis sekali, bukan?


Meski terlihat simpel, sandal kondangan flat ternyata juga banyak penggemarnya. Hal ini karena sandal terasa ringan dan nyaman, seperti sandal jepit biasa. Supaya tampilan lebih mewah dan elegan, Anda bisa memilih sandal yang dilengkapi zirconia atau swarovski.

Perhatikan materialnya, terutama pada bagian sol

Pada sandal terdapat satu bagian yang paling berpengaruh terhadap kenyamanan, yakni sol. Dengan sol yang nyaman, Anda bisa bergerak dengan lebih leluasa. Sol sandal terbagi menjadi dua jenis, yakni sol dalam (insole) dan sol luar (outsole). Berikut adalah aspek penting dari material sol yang harus diperhatikan saat Anda memilih sandal kondangan.

Sol dalam (insole), pilih material yang nyaman di telapak kaki

Sol dalam (insole), pilih material yang nyaman di telapak kaki

Sol dalam atau insole adalah bagian sandal yang bersentuhan langsung dengan telapak kaki Anda. Bagian ini rawan membuat kaki kurang nyaman saat permukaannya kotor maupun terkena keringat. Untuk itu, ada baiknya Anda memilih material sol sandal kondangan yang nyaman untuk kaki Anda. 


Insole sendiri terbagi menjadi dua jenis. Ada insole yang sudah terpasang dan menyatu dengan alas kaki, serta insole tambahan yang bisa dilepas pasang. Pada bagian ini yang kami bahas hanyalah insole yang menyatu dengan sandal. Material yang biasa digunakan untuk insole antara lain busa, kain, kulit, hingga gel.

Sol luar (outsole), pastikan materialnya antiselip

Sol luar (outsole), pastikan materialnya antiselip

Sol luar adalah bagian paling bawah dari alas kaki yang bersentuhan langsung dengan tanah atau medan yang kita pijak. Anda wajib memperhatikan bagian ini karena sangat berpengaruh kepada kenyamanan. Sebaiknya pilihlah material yang antislip. Dengan begitu, Anda tidak akan mudah tergelincir saat berjalan di berbagai medan, khususnya saat lantai licin.


Terdapat empat material yang paling umum digunakan sebagai outsole. Material tersebut antara lain rubber atau karet, thermoplastic polyurethane (TPU), ethyl vinyl acetate (EVA), dan thermoplastic rubber (TPR). Pilihlah material yang paling nyaman untuk Anda.

Ketahui ukuran kaki Anda agar sandal kondangan nyaman dipakai

Ketahui ukuran kaki Anda agar sandal kondangan nyaman dipakai

Sandal kondangan akan menjadi tidak nyaman jika ukurannya tidak sesuai dengan kaki kita. Selain tidak nyaman, sandal dengan ukuran yang tidak pas dapat menyebabkan kecelakaan atau cedera bagi si pemakai, lho. Contohnya adalah kaki akan terasa lebih pegal dari yang seharusnya.


Untuk itu, pastikan Anda membeli sandal kondangan dengan ukuran yang benar. Terutama jika Anda membelinya secara daring sehingga tak bisa mencobanya secara langsung. Cara mengukurnya sangatlah mudah. Jiplaklah kaki Anda pada selembar kertas lalu ukurlah panjangnya. Setelah itu, cocokkan dengan kode ukuran yang diberikan oleh penjual.


Sedikit tips tambahan, biasanya saat memakai sandal model mules, akan lebih nyaman jika ukuran kaki dilebihkan satu angka. Sedangkan untuk sandal hak tinggi atau sepatu sandal, pastikan ukurannya benar-benar pas dengan kaki supaya tidak mudah terlepas.

Sesuaikan model sandal dengan lokasi kondangan serta pemakainya

Sesuaikan model sandal dengan lokasi kondangan serta pemakainya

Sebelum berperang, seorang prajurit harus tau medan perangnya. Begitu juga dengan Anda saat menjadi tamu undangan perkawinan. Anda sebaiknya mengetahui konsep serta lokasi diselenggarakannya acara. Dengan begitu, Anda dapat menentukan sandal kondangan model apa yang cocok.


Contohnya jika lokasi acara berada di pantai berpasir, mengenakan sandal peep toe heels tentu akan merepotkan. Untuk itu, Anda bisa memakai sandal model flat atau sepatu sandal. Sebaliknya, jika pernikahan bertempat di gereja atau ballroom, sebaiknya Anda memakai sandal kondangan yang terlihat formal, misalnya high heels.


Selain itu, pertimbangkan juga kondisi fisik Anda. Jika Anda bugar dan lincah, sandal kondangan model apa pun tentu tak masalah. Lain cerita jika Anda memiliki sakit punggung atau semacamnya, sebaiknya jangan memakai sandal berhak tinggi. Sandal tipe flat atau sepatu sandal bisa menjadi pilihan yang ramah. Pastikan kenyamanan menjadi aspek yang utama, selanjutnya baru model sandal.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Amazara Eliza Pink Mules

Mulai dari Rp 344.000,00

Spesialis
mybest

Lollo & Brigida Tathia Mustard Heels

Mulai dari Rp 176.250,00

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi sandal kondangan terbaik untuk wanita

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sandal kondangan terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

BellagioMessina Wedges Slingback

011

Mulai dari Rp 499.000,00

ModelWedges, sepatu sandal
MaterialSintetis, karet (sol luar)
Tinggi heels6 cm
WarnaCokelat
9
ModelPeep toe heels
MaterialSintetis, karet (sol luar)
Tinggi heels6 cm
WarnaHijau, merah marun
8

La Vita e BellaChloe Ankle Strap Sandal Block Heels

LV 2013

Mulai dari Rp 499.000,00

ModelPeep toe heels
MaterialKulit vegan
Tinggi heels5 cm
WarnaHitam, krem, biru, putih
7
ModelFlat
MaterialKulit sintetis
Tinggi heels-
WarnaHita, putih, lilac, krem
6

Sepasang CollectionBernice Heels

Mulai dari Rp 189.999,00

ModelPeep toe heels
MaterialKulit sintetis
Tinggi heels5 cm
WarnaHitam, putih, krem, moka
5
ModelSepatu sandal
MaterialKanvas, velcro, karet (sol luar)
Tinggi heels 5 cm
WarnaHitam
4

Gio SaverinoSandal Wanita Mules Chloe

Mulai dari Rp 420.000,00

ModelMules
MaterialKulit sintetis
Tinggi heels2,5 cm
WarnaHitam, merah, kuning, krem, biru, hijau.
3
ModelFlat
MaterialKulit sintetis, nonslip outsole
Tinggi heels-
WarnaHitam, abu-abu, moka, rose gold, BTS
2
ModelMules
MaterialPolyurethane (PU)
Tinggi heelsFlat
WarnaHitam, abu-abu, merah muda, krem.
1
ModelMules
MaterialKulit sintetis
Tinggi heels5 cm
WarnaMoka, salem (peach), hitam, putih

Tabel perbandingan produk sandal kondangan terbaik untuk wanita

Gambar produk
1
Arsy Heels 1

2
Urban&Co Delmora 1

Urban&Co

3
Winod Paris Sandal 1

Winod

4
Gio Saverino Sandal Wanita Mules Chloe 1

Gio Saverino

5
MKS Fora Black 1

MKS

6
Sepasang Collection Bernice Heels 1

Sepasang Collection

7
MYNT Mayonette Odette Flats 1

MYNT

8
La Vita e Bella Chloe Ankle Strap Sandal Block Heels 1

La Vita e Bella

9
Gosh Novara Slingback Heels 1

Gosh

10
Bellagio Messina Wedges Slingback 1

Bellagio

Nama produk

Arsy Heels

Delmora

Paris Sandal

Sandal Wanita Mules Chloe

Fora Black

Bernice Heels

Mayonette Odette Flats

Chloe Ankle Strap Sandal Block Heels

Novara Slingback Heels

Messina Wedges Slingback

Keunggulan

Percantik kaki Anda dengan rangkaian bunga di atas sandal

Berhias ornamen warna emas yang memikat

Sandal flat warna-warni dengan tiga strap yang menjadikannya tidak mudah terlepas

Mules polos yang bisa dipadukan dengan beragam outfit

Tampil berani dan nyentrik saat kondangan dengan sepatu sandal edgy

Percaya diri bergaya ala Korea dengan sandal kondangan berwarna monokrom

Aksen kerut pada sandal jadikan tampilan makin manis

Sepatu sandal berhak yang bersahabat untuk pemula

Peep toe heels manis dengan detail unik pada talinya

Wedges empuk yang nyaman dibawa melangkah

Harga mulai dariRp 145.000,00Rp 199.900,00Rp 79.800,00Rp 420.000,00Rp 399.000,00Rp 189.999,00Rp 449.000,00Rp 499.000,00Rp 399.000,00Rp 499.000,00
ModelMules MulesFlatMulesSepatu sandalPeep toe heelsFlatPeep toe heelsPeep toe heelsWedges, sepatu sandal
MaterialKulit sintetisPolyurethane (PU)Kulit sintetis, nonslip outsoleKulit sintetisKanvas, velcro, karet (sol luar)Kulit sintetisKulit sintetisKulit veganSintetis, karet (sol luar)Sintetis, karet (sol luar)
Tinggi heels5 cmFlat-2,5 cm 5 cm5 cm-5 cm6 cm6 cm
WarnaMoka, salem (peach), hitam, putihHitam, abu-abu, merah muda, krem.Hitam, abu-abu, moka, rose gold, BTSHitam, merah, kuning, krem, biru, hijau.HitamHitam, putih, krem, mokaHita, putih, lilac, kremHitam, krem, biru, putihHijau, merah marunCokelat
Tautan produk

Baca juga rekomendasi alas kaki untuk wanita lainnya di sini

Selain untuk kondangan, tentu Anda memerlukan alas kaki jenis lainnya. Di bawah ini, terdapat beberapa artikel rekomendasi alas kaki untuk wanita yang bisa Anda simak dan jadikan inspirasi. Mulai dari sepatu kerja, sandal slip on, hingga sepatu pesta, semuanya sudah kami tulis. 

Kesimpulan

Berbelanja produk fashion memang terasa tak ada habisnya. Namun, hal itu wajar saja jika Anda memang membutuhkannya. Seperti halnya sandal kondangan yang jelas-jelas akan Anda butuhkan ketika mendapat undangan ke acara pernikahan.


Usai sudah pembahasan mengenai cara memilih sandal kondangan hingga sepuluh rekomendasi produk terbaiknya. Bagaimana menurut Anda? Apakah artikelnya menarik dan membantu mengurai kebimbangan Anda? Semoga setelah ini Anda makin mantap menentukan pilihan, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Flat Shoes (Sepatu Balet) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Flat Shoes (Sepatu Balet) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Flat shoes atau sepatu balet merupakan fashion item yang wajib dimiliki oleh setiap wanita. Selain nyaman, flat shoes juga disukai karena membawa kesan praktis tanpa mengesampingkan gaya. Berbagai merek flat shoes yang bagus dapat Anda pilih mulai dari brand lokal hingga impor.Simak terus artikel kami dan temukan tips memilih flat shoes terbaik yang akan kami ulas tuntas. Anda bisa memilih flat shoes yang awet, empuk, kekinian, atau sesuai preferensi lainnya. Anda juga dapat mengintip rekomendasi flat shoes terbaik dari merek Aldo, Berrybenka, dan Melissa. Yuk, langsung simak tipsnya!
    Sepatu wanita
  • 10 Merk Sepatu Sneakers Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Sepatu Sneakers Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    Awalnya, sepatu sneakers dirancang khusus untuk pria sebagai sepatu kasual atau atletik. Lambat laun sneakers tidak hanya digunakan oleh pria saja, tetapi juga wanita. Sneakers wanita memiliki nilai mode yag kuat dan bisa menunjang penampilan. Saat ini ada banyak brand besar, seperti Adidas, Rebook, dan Converse yang mengeluarkan sneakers untuk wanita.Nah, jika Anda bingung menentukan sneakers mana yang mampu menunjang penampilan, kali ini akan dibahas cara memilih sepatu sneakers terbaik. Selain itu, ada sepuluh rekomendasi sneakers yang bagus, termasuk produk dari merek lokal dengan kualitas dan harga bersaing.
    Sepatu wanita
  • 10 Merk Sepatu High Heels Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Sepatu High Heels Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    High heels merupakan salah satu jenis sepatu yang kerap digunakan oleh wanita untuk membuat penampilan terlihat makin stunning dan sexy. Sepatu hak tinggi biasa dipakai untuk acara formal. Namun, tak sedikit juga perempuan menggunakan high heels untuk dipakai ke acara kasual.Dari banyaknya model high heels, Anda mungkin penasaran mana yang paling cocok untuk Anda. Kami akan membantu Anda mengenal berbagai macam tipe high heels serta cara memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan beberapa merek terbaik, seperti Berrybenka, Vivi Nici, atau Fladeo. Pastikan Anda memiliki high heels yang bagus dan nyaman!
    Sepatu wanita
  • 10 Sandal Wanita Terbaik yang Modis - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sandal Wanita Terbaik yang Modis - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2022)
    Sandal merupakan salah satu fashion item yang dapat menunjang penampilan wanita. Berbagai model dan jenis, seperti sandal wedges, flat, heels, dan sebagainya makin mudah dijumpai di pasaran. Kondisi ini tentu membuat Anda bingung dalam memilih sandal wanita terbaik.Karena itu, kami akan menunjukkan tips memilih sandal wanita yang modis beserta daftar rekomendasinya. Kira-kira brand sandal wanita apakah yang populer? Anda dapat melirik merek Fladeo, Vivi Nici, Havaianas, dan lainnya. Mari temukan sandal wanita terbaik yang modis, nyaman, dan cantik! Artikel ini sudah ditinjau oleh fashion stylist kami, Ocka Sakri.
    Sepatu wanita
  • 10 Rekomendasi Sneakers Nike Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sneakers Nike Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    Sepatu sneakers merek Nike memang cocok untuk gaya kasual. Tidak hanya seri Air Jordan dan Air Max, banyak juga model baru yang bermunculan. Makin banyak model, desain dan fungsinya pun makin beragam. Mungkin Anda akan kebingungan memilih produk mana yang cocok untuk Anda.Untuk itu, di artikel ini kami akan merekomendasikan sepatu sneakers Nike yang bagus khusus untuk wanita. Ada seri Tanjun, Cortez, juga Air Force 1 yang cocok untuk style sehari-hari. Agar tidak salah pilih, pastikan Anda juga membaca tips memilihnya, ya!
    Sepatu wanita
  • 10 Merk Sepatu Slip-on Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Sepatu Slip-on Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    Sepatu slip-ons merupakan jenis alas kaki yang mudah dipakai dan dilepas. Tidak ada heels selayaknya sepatu pump atau bertali seperti sneakers. Anda pun tidak perlu repot menggunakannya untuk berbagai acara. Mulai dari merek branded, seperti adidas dan Vans, hingga brand lokal, Nokha dan Fly Shoes pun bisa Anda dipilih.Sepatu slip-ons memang sedang populer di kalangan pria dan wanita. Namun, kali ini kami akan memberikan rekomendasi sepuluh slip-ons terbaik untuk wanita. Sebelum membeli, kami juga akan memberikan tips memilih sepatu slip-ons yang bagus. Selamat membaca!
    Sepatu wanita
  • 10 Wedding Shoes / Sepatu Pengantin Terbaik - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Wedding Shoes / Sepatu Pengantin Terbaik - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2022)
    Pernikahan adalah salah satu momen yang sangat penting bagi setiap wanita. Karena itu, tidak hanya gaun pengantin saja yang harus diperhatikan, tetapi juga sepatu. Desain wedding shoes sangat bervariasi, mulai dari low heels yang nyaman hingga high heels yang memberi kesan stylish.Kali ini kami akan menjelaskan mengenai cara memilih dan merekomendasikan sepatu pengantin yang bagus. Beberapa di antaranya merupakan produk dari brand lokal, seperti merek Andre Valentino, SLIGHT, dan VAIA. Artikel ini sudah ditinjau oleh fashion stylist kami, Ocka Sakri. Simak sampai akhir, ya!
    Sepatu wanita
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori