• 10 Rekomendasi Film Petualangan Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Film Petualangan Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Film Petualangan Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Film Petualangan Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Film Petualangan Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Film Petualangan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Film yang bisa membuat penonton terhanyut dalam suasana sedih, gembira, tegang, bahkan marah, tentu menarik untuk diikuti. Nah, salah satu genre yang menyuguhkan paket komplet tersebut adalah film petualangan atau adventure. Genre ini cocok ditonton bersama keluarga karena cerita dari sebagian film petualangan dibuat ramah untuk anak.


Di antara sekian banyak film petualangan, ada beberapa film yang recommended dan sayang untuk dilewatkan. Untuk itu, kami akan membahas cara memilih film petualangan terbaik dan merekomendasikan sepuluh film yang bagus untuk Anda tonton. Simak terus pembahasannya dan pilihlah film yang Anda suka!

  • Pembaharuan terakhir: 25 Oktober 2021
Daftar isi

Serunya menonton film petualangan

Serunya menonton film petualangan

Film petualangan menawarkan pengalaman yang mengasyikkan bagi para penontonnya. Adrenalin yang ikut naik saat sang tokoh beraksi turut membuat genre ini menjadi populer. Cerita yang ditawarkan pun acap kali luar biasa, seperti misi menyelamatkan dunia, perburuan harta karun, atau kisah survival yang menegangkan.


Tokoh utama dalam film petualangan selalu mengalami hal luar biasa, sering kali berbahaya. Ceritanya dibangun saat satu per satu konflik mulai muncul dan dilanjutkan dengan klimaks yang epik. Tak jarang, adanya plot twist membuat penonton penasaran untuk ikut menebak akhir dari kisahnya. Latar tempat yang disajikan juga memanjakan mata. Karena itu, tak salah jika Anda memilih film petualangan untuk mengisi akhir pekan.

Cara memilih film petualangan

Tontonan yang memukau tentu dapat mengusir rasa bosan, terutama di masa pandemi seperti sekarang. Nah, agar Anda menemukan film yang layak ditonton, simak dulu beberapa tips memilih film petualangan berikut ini.

Pilih berdasarkan subgenrenya

Film petualangan memiliki beberapa subgenre yang bisa Anda pilih sesuai preferensi. Kami akan membahasnya satu per satu untuk Anda. Mari disimak!

Historical adventure, petualangan berlatar sejarah yang sayang dilewatkan

Sesuai dengan namanya, subgenre ini memiliki kaitan dengan sejarah atau dibuat dengan setting masa lalu. Dengan demikian, petualangan yang dilakukan pun disesuaikan dengan kondisi sosial dan detail lainnya dari periode waktu yang dipakai. Sebagai contoh, film The Forgotten Battle yang berlatar belakang Perang Dunia II.


Peristiwa sejarah memang terlihat lebih menarik disajikan dalam bentuk film. Namun, Anda juga mesti menyadari bahwa film kerap kali memoles kejadian sejarah agar terlihat lebih dramatis. Meskipun begitu, film historical adventure tetap worth watching. Anda akan disuguhi berbagai aksi menantang dan mendebarkan yang sangat sayang untuk dilewatkan. 

Science fiction, membawa Anda bertualang melampaui nalar dan teknologi

Film petualangan fiksi ilmiah atau science fiction merupakan film yang menggabungkan keseruan petualangan dan kerumitan sains. Sains yang dimaksud di sini tentunya fiktif dan spekulatif alias bersifat khayalan atau belum dapat dibuktikan secara nyata. Film Interstellar yang mengisahkan tentang pencarian bumi baru adalah salah satu film petualangan fiksi ilmiah yang kami rekomendasikan.


Ada juga film The Tomorrow War yang menceritakan mengenai perjuangan di masa depan melawan invasi alien. Nah, jika Anda menyukai hal-hal seputar teknologi atau bentuk kehidupan di luar bumi, subgenre ini wajib ditonton.

Fantasy, visualisasi yang eksotis dan fantastis

Subgenre fantasi adalah film yang menggunakan tokoh fiktif, cerita khayalan dan setting yang tidak diketahui zaman serta dimensinya. Film ini biasanya kental dengan unsur-unsur sihir dan berbagai peristiwa supranatural yang luar biasa. Latar belakang ceritanya pun seringkali didasarkan pada mitologi, cerita rakyat, atau dunia-dunia fantasi yang eksotis.


The Lord of The Ring adalah contoh film petualangan fantasi yang seru sekaligus memanjakan mata dengan keeksotisannya. Alur cerita dan berbagai scene fantastik dalam film ini menjadi magnet tersendiri bagi para pencinta film fantasi. Nah, apakah Anda tertarik menonton subgenre fantasi akhir pekan nanti?

Animasi atau live action? Dua-duanya seru!

Secara umum, film petualangan dibagi menjadi dua versi, yaitu animasi dan live action. Apa saja perbedaan keduanya? Mari ikuti pembahasan selengkapnya di sini.

Animasi, sarat dengan imajinasi dan pesan moral

Animasi adalah film yang dihasilkan dari pengolahan gambar, model, atau bahkan boneka untuk menciptakan ilusi gerakan. Kartun zaman dulu diproduksi dengan metode seperti ini, tetapi sekarang sebagian besar film animasi dibuat dengan bantuan komputer. Film petualangan animasi sangat menyenangkan untuk ditonton karena tingkah laku karakternya menggemaskan dan ceritanya penuh dengan imajinasi.


Sebut saja film Moana yang bercerita tentang seorang putri yang bertualang mengarungi samudra untuk menyelamatkan rakyatnya. Sama seperti film animasi lainnya, film ini pun sarat akan pesan moral berharga yang bisa dipetik dan diterapkan dalam kehidupan. Sebuah tontonan yang menarik untuk dinikmati bersama keluarga tercinta, bukan?

Live action, sinematografi yang menawan dan realistis

Berbeda dari film animasi, live action adalah film yang melibatkan orang atau hewan nyata secara langsung. Dengan kata lain, film ini menggunakan fotografi para pemain, tempat, dan alat-alat untuk membuat gambaran yang mendekati kenyataan. Animasi terkadang dibuat versi live action-nya untuk menghasilkan tampilan baru yang menyegarkan, seperti Mulan yang rilis pada 2020.


Salah satu keunggulan film live action terletak pada sinematografi yang menawan sehingga mampu memanjakan mata para penontonnya. Selain itu, film seperti ini tentunya lebih realistis dan otentik karena menampilkan wajah dan ekspresi emosional dari manusia nyata.

Pilih berdasarkan negara pembuatnya

Budaya, latar belakang, dan kebiasaan dari masing-masing negara sangatlah beragam dan unik. Perbedaan ini tentunya akan memengaruhi produksi film yang dihasilkan. Karena itu, silakan pilih film petualangan yang Anda sukai berdasarkan asal negara pembuatnya.

Indonesia, menonjolkan pesona alam yang memukau

Sebagai negara kepulauan, Indonesia kaya akan pemandangan alamnya yang indah dan memesona. Sebagian besar film petualangan Indonesia memanfaatkan potensi ini dalam proses produksinya. Berbagai objek wisata eksotis yang ditampilkan pun membuat penonton makin merasakan petualangan yang mengesankan di alam Indonesia.


Selain itu, bahasa dan kebudayaan yang familier tak jarang membuat Anda ikut terhanyut dalam babak-babak yang disuguhkan. Jadi, jika Anda ingin turut menjelajahi indahnya alam Indonesia, film petualangan Indonesia tentu merupakan pilihan yang menarik.

Luar negeri, menantang dan sulit ditebak

Film luar negeri umumnya didominasi oleh negara Barat, kemudian disusul oleh negara-negara Asia Timur, seperti Tiongkok dan Korea Selatan. Bahasa dan kebudayaan asing menjadi salah satu daya tarik film luar, terutama jika Anda termasuk penonton yang menyukai tantangan. Alur cerita yang disajikan pun sering kali sulit ditebak sehingga mampu menggugah rasa penasaran.


Jurassic Park adalah contoh film petualangan populer asal Amerika yang mengombinasikan keajaiban, aksi, dan ketegangan. Film ini menjadi salah satu karya yang menggemparkan karena ide cerita dan visualisasi dinosaurus yang terlihat sangat nyata.

Pertimbangkan tahun rilisnya

Film petualangan banyak diminati berbagai kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga lansia. Karena itu, tidak heran jika setiap tahunnya production house terus merilis film bergenre petualangan. Poin ini bisa menjadi salah satu pertimbangan Anda dalam memilih film petualangan untuk weekend nanti.

Sepanjang masa, klasik dan penuh nostalgia

Ada banyak film petualangan yang dirilis 10 atau 20 tahun silam, tetapi tetap menarik untuk ditonton ulang. Film-film klasik nan menarik ini bisa dikatakan sebagai film petualangan sepanjang masa yang tak lekang oleh waktu. Hal ini didukung oleh karakter kuat para tokohnya, latar tempat bernuansa vintage, dan plot yang epik. 


Jika ingin bernostalgia, Anda bisa mulai melihat kembali judul-judul film petualangan lawas yang pernah Anda tonton. Salah satu contoh film klasik yang bisa Anda nikmati bersama seluruh anggota keluarga adalah Ponyo.

Terbaru, plot yang segar dan visual yang memikat

Kehadiran film petualangan terbaru pastinya ditunggu-tunggu oleh para penggemar film bergenre ini. Hal ini tidak lain karena film terbaru biasanya memiliki efek visual yang memesona berkat kemutakhiran teknologi. Tampilan yang memanjakan mata dan plot cerita yang segar akan menghanyutkan Anda dalam sebuah petualangan yang seru. 


Anda bisa memasukkan judul film Luca ke dalam daftar antrean untuk ditonton bersama anak-anak Anda. Pasti Anda sudah tidak sabar untuk segera menontonnya, ya!

10 Rekomendasi film petualangan terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh film petualangan terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Film-film ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review penonton. Rekomendasi ini kami urutkan berdasarkan popularitasnya di IMDb.

10
SubgenreAdventure, drama
JenisLive action
Asal negaraIndonesia
Tahun rilis2012
Rating7,2 dari 10
Kategori usiaPG-13
9

Plan B Entertainment, Lewis, Kate StreetOkja

SubgenreFantasy
JenisLive action
Asal negaraLuar negeri
Tahun rilis2017
Rating7,3 dari 10
Kategori usia16+
8

Walt DisneyRaya and the Last Dragon

SubgenreFantasy
JenisAnimasi
Asal negaraLuar negeri
Tahun rilis2021
Rating7,4 dari 10
Kategori usiaPG
7

20th Century Fox, Lightstorm, Dune, IngeniousAvatar

SubgenreScience fiction
JenisLive action
Asal negaraLuar negeri
Tahun rilis2009
Rating7,8 dari 10
Kategori usiaPG-13
6
SubgenreScience fiction
JenisAnimasi
Asal negaraLuar negeri
Tahun rilis2008
Rating8,4 dari 10
Kategori usiaG
5
SubgenreFantasy, action
JenisLive action
Asal negaraLuar negeri
Tahun rilis2019
Rating8,4 dari 10
Kategori usiaPG-13
4

DreamWorks, Universal, Scott Free, Red WagonGladiator

SubgenreHistorical adventure, survival
JenisLive action
Asal negaraLuar negeri
Tahun rilis2000
Rating8,5 dari 10
Kategori usiaR
3
SubgenreFantasy
JenisAnimasi
Asal negaraLuar negeri
Tahun rilis1994
Rating8,5 dari 10
Kategori usiaG
2

Paramount, Warner Bros, Legendary, Syncopy, Lynda ObstInterstellar

SubgenreScience fiction
JenisLive action
Asal negaraLuar negeri
Tahun rilis2014
Rating8,6 dari 10
Kategori usiaPG-13
1

Studio GhibliSpirited Away

SubgenreFantasy
JenisAnimasi
Asal negaraLuar negeri
Tahun rilis2001
Rating8,6 dari 10
Kategori usiaPG

Tabel perbandingan film petualangan terbaik

Gambar produk
1
Studio Ghibli Spirited Away 1

Studio Ghibli

2
Paramount, Warner Bros, Legendary, Syncopy, Lynda Obst Interstellar 1

Paramount, Warner Bros, Legendary, Syncopy, Lynda Obst

3
Walt Disney The Lion King 1

Walt Disney

4
DreamWorks, Universal, Scott Free, Red Wagon Gladiator 1

DreamWorks, Universal, Scott Free, Red Wagon

5
Marvel Avengers: Endgame 1

Marvel

6
Disney Pixar Wall-E 1

Disney Pixar

7
20th Century Fox, Lightstorm, Dune, Ingenious Avatar 1

20th Century Fox, Lightstorm, Dune, Ingenious

8
Walt Disney Raya and the Last Dragon 1

Walt Disney

9
Plan B Entertainment, Lewis, Kate Street Okja 1

Plan B Entertainment, Lewis, Kate Street

10
Soraya Intercine Films 5 cm 1

Soraya Intercine Films

Nama produk

Spirited Away

Interstellar

The Lion King

Gladiator

Avengers: Endgame

Wall-E

Avatar

Raya and the Last Dragon

Okja

5 cm

Keunggulan

Animasi klasik dengan kisah yang menghangatkan jiwa

Seperti apakah wujud blackhole? Temukan jawabannya di sini!

Ulangi keseruan masa kecil Anda mengikuti petualangan Simba

Menjadi yang terkuat demi membalaskan dendam kematian keluarga

Mampukah superhero yang tersisa menyelamatkan semesta?

Yuk, belajar untuk lebih mencintai bumi lewat film ini!

Ikuti perjuangan para makhluk biru melawan keserakahan manusia!

Pencarian naga terakhir demi menyelamatkan dunia

Kisah penyelamatan lintas benua yang mengharukan

Drama persahabatan dan cinta terpendam berbalut petualangan

SubgenreFantasyScience fictionFantasyHistorical adventure, survivalFantasy, actionScience fictionScience fictionFantasyFantasyAdventure, drama
JenisAnimasiLive actionAnimasiLive actionLive actionAnimasiLive actionAnimasiLive actionLive action
Asal negaraLuar negeriLuar negeriLuar negeriLuar negeriLuar negeriLuar negeriLuar negeriLuar negeriLuar negeriIndonesia
Tahun rilis2001201419942000201920082009202120172012
Rating8,6 dari 108,6 dari 108,5 dari 108,5 dari 108,4 dari 108,4 dari 107,8 dari 107,4 dari 107,3 dari 107,2 dari 10
Kategori usiaPGPG-13GRPG-13GPG-13PG16+PG-13
Tautan produk

Baca juga rekomendasi film seru lainnya di sini

Selain film petualangan, kami juga mempunyai rekomendasi film seru lainnya. Terdapat beberapa genre film, seperti film animasi, film action comedy, dan lain sebagainya. Silakan simak melalui link di bawah ini.

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda mengenai film-film yang telah kami ulas? Film bergenre petualangan adalah hiburan yang menyenangkan ketika situasi dan kondisi tidak memungkinkan Anda untuk bertualang. Tampilan dan plot cerita yang menarik akan mengusir rasa bosan dan membawa imajinasi Anda terbang tinggi.


Semoga Anda sudah menemukan film menarik untuk ditonton saat liburan nanti, ya. Namun, jika belum, silakan gunakan poin-poin dalam artikel ini sebagai panduan. Nah, selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Anime China Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Anime China Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Beberapa tahun terakhir anime China mulai mengemuka, menyusul anime lainnya dari Jepang dan Korea Selatan. Gambarnya makin matang dan ceritanya pun makin kuat. Judul-judul anime China yang bagus dengan berbagai jenis genre mulai mudah ditemukan di Indonesia.Bagi Anda penggemar anime China atau sekadar ingin menjajal menonton, kami akan menyajikan cara memilih anime China terbaik. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa judul anime China, seperti Legend of Exorcism, New Gods: Nezha Reborn, dan lainnya. Apabila Anda berniat menghabiskan waktu luang dengan menonton anime China, silakan baca artikelnya sampai tuntas!
    Film
  • 10 Rekomendasi Drama China Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Drama China Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Menonton drama merupakan salah satu cara mengisi waktu luang saat harus di rumah saja. Salah satu yang dapat disaksikan adalah drama China yang banyak ditayangkan di layanan streaming global. Selain genre yang beragam, cerita yang tidak biasa juga menjadi pilihan banyak orang menonton drama China.Pada artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa rekomendasi drama China yang bagus untuk Anda. Kami akan merekomendasikan beberapa genre seperti drama romantis, drama kerajaan, atau pun drama dengan tampilan modern untuk Anda. Jadi, apabila Anda sedang bosan dan kehabisan tontonan, ikuti kami, ya!
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Perang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Film Perang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Film perang identik dengan ketegangan aksi dan drama kemanusiaan. Kisahnya kerap menyayat hati sekaligus penuh gelora berkat semangat patriotik yang diusungnya. Alhasil, menonton film perang kerap menimbulkan perasaan yang campur-aduk.Ada banyak film perang yang bagus dan juga layak ditonton. Nah, kami akan menyajikan cara memilih diikuti rekomendasi film perang terbaik, seperti Inglourious Basterds, The King, serta Jojo Rabbit. Anda bisa menikmati film-film tersebut di Netflix, Viu, maupun Disney+ Hotstar. Silakan pilih film kesukaan Anda, tentunya dengan mempertimbangkan cara memilih di bawah ini.
    Film
  • 9 Rekomendasi Film Shahrukh Khan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    9 Rekomendasi Film Shahrukh Khan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Dijuluki King of Bollywood, Shahrukh Khan memang layak menjadi ikon industri perfilman India. Kemampuan aktingnya tak diragukan lagi. Sederet judul film dari berbagai genre mencantumkan namanya sebagai pemeran utama. Sebut saja Kabhi Khushi Kabhi Gham, Don, Kal Ho Naa Ho, dan masih banyak lagi.Di artikel ini kami akan memberikan tips memilih film Shahrukh Khan yang bagus. Kami juga menyajikan sepuluh rekomendasi film Shahrukh Khan terbaik dari beragam genre. Film-film pilihan tersebut dapat Anda tonton melalui streaming legal Netflix. Yuk, baca artikel ini sampai selesai!
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Psikopat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Film Psikopat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ternyata, ketika menonton film yang menakutkan, otak kita merilis dopamine yang justru membuat kita senang. Hal tersebut diduga sebagai alasan manusia menyukai film psikopat. Tidak heran jika dari waktu ke waktu, berbagai rumah produksi berusaha menghadirkan film psikopat terbaik.Tidak hanya dari Hollywood, Anda juga bisa menikmati film psikopat Korea ataupun film psikopat Indonesia. Ada banyak judul film psikopat sadis yang menarik untuk ditonton, misalnya Shutter Island dan Memoir of A Murderer. Agar Anda lebih mudah menemukan film psikopat yang bagus, coba simak tips memilih dan rekomendasi berikut ini.
    Film
  • 10 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Genre isekai menceritakan tentang tokoh utama yang terpanggil ke dunia lain. Genre ini menyajikan kisah petualangan dan adegan penuh aksi. Pencinta anime pasti sudah sangat familier dengan anime isekai. Karena itu, artikel ini secara khusus membahas rekomendasi anime isekai terbaik.Cara memilih anime isekai akan kami bahas untuk membantu Anda menentukan pilihan. Rekomendasi anime isekai yang bagus, seperti Sword Art Online, Ni No Kuni, dan The Rising of The Shield Hero, akan Anda temukan pada artikel ini. Oleh karena itu, pastikan Anda membaca hingga akhir, ya!
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Stephen Chow Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Film Stephen Chow Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sudah lama tidak tertawa lepas? Berarti Anda harus menonton film Stephen Chow. Dari yang klasik sampai yang terbaru, filmnya selalu kocak. Ia pernah menjadi dewa judi di seri God of Gamblers, pernah juga menjadi gelandangan di Kung Fu Hustle. Semuanya bisa membuat Anda ngakak!Kali ini kami akan membagikan cara memilih film Stephen Chow yang bagus. Kami juga punya rekomendasinya untuk Anda, lengkap dengan ulasannya. Anda mau yang terlucu? Pastinya ada, dong! Yuk, baca sampai tuntas untuk menemukan film Stephen Chow terbaik yang bisa Anda tonton di Neflix atau Vidio.
    Film
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori