1. TOP
  2. >
  3. Elektronik rumah tangga
  4. >
  5. Home entertainment
  6. >
  7. 10 Power Amplifier Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Power Amplifier Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Power Amplifier Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Power Amplifier Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Power Amplifier Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Power Amplifier Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Power Amplifier Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023)

Sebuah pertunjukan pasti memerlukan sound system. Agar suara yang dihasilkan lebih jelas, power amplifier dapat digunakan. Namun, beberapa orang masih bingung dalam memilih produknya. Hal ini karena ada juga power amplifier yang cocok untuk rumahan dan mobil.


Tenang saja karena kami akan menjelaskan cara memilih power amplifier yang bagus untuk Anda. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk dari merek power amplifier terbaik, seperti JBL dan Marcopolo. Ada produk untuk speaker 12 inch serta 15 inch, hingga yang Bluetooth dan rakitan. Artikel ini sudah ditinjau oleh sound engineer kami, Dennis Novriandi.

Diperbaharui 11-18-2022
Pakar
Sound engineer, music producer, dan bassist
Dennis Novriandi

Dennis adalah bassist dari band SASVRITA yang juga aktif sebagai sound engineer dan producer untuk beberapa band dalam negeri. Selain itu, Dennis mengerjakan proyek-proyek lainnya sambil mengelola recording studio pribadi dan mendirikan production house Eastneptune Studio. Tidak hanya di bidang musik, Dennis juga berkiprah di bidang animasi dan komputer. Beberapa di antaranya adalah sebagai front end developer, freelance UI/UX designer, serta freelance 2D and 3D animation.

Profil Dennis Novriandi
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Apa itu power amplifier?

Apa itu power amplifier?

Dalam bahasa Indonesia, power amplifier disebut sebagai penguat daya. Power amplifier digunakan untuk memperkuat sinyal suara yang diterima (input) agar menghasilkan keluaran (output) yang maksimal. Power amplifier juga dapat dimaknai sebagai alat penguat sinyal audio supaya suara lebih keras dan jelas.


Alat ini digunakan untuk bermacam keperluan dalam kehidupan sehari-hari. Power amplifier bahkan bisa digunakan untuk berbagai perangkat elektronik yang menghasilkan audio. Tidak sampai di situ, power amplifier juga digunakan untuk mendukung peralatan komunikasi satelit.


Perlu diketahui bahwa di pasaran terdapat integrated amplifier dan power amplifier. Integrated amplifier adalah gabungan dari preamplifier dan power amplifier. Jika Anda seorang musisi, Anda lebih disarankan untuk memilih integrated amplifier atau head amplifier.


Untuk perangkat dengan sistem yang high-end, Anda disarankan memilih produk yang preamplifier dan power amplifier-nya terpisah. Power amplifier berfungsi untuk menerima sinyal line level dari preamplifier. Setelah itu, tenaganya ditingkatkan dan disalurkan ke speaker dengan impedansi rendah. Anda dapat mengombinasikan keduanya sesuai dengan selera.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih power amplifier

Agar kualitas suara yang dihasilkan makin bagus, tentunya Anda harus memilih power amplifier yang bagus juga. Anda tidak bisa asal-asalan dalam membelinya. Agar tidak salah pilih, simaklah penjelasan berikut.

① Ketahui jenis power amplifier

Sebelum memilih power amplifier, ada baiknya Anda mengetahui jenis-jenisnya terlebih dahulu. Jenis power amplifier dapat dibedakan berdasarkan jumlah jalur sinyal yang dikuatkan. Anda bisa memperhatikan penjelasan di bawah ini agar lebih paham.

Mono, menguatkan sinyal satu jalur

Mono, menguatkan sinyal satu jalur

Power amplifier mono hanya bisa dipakai untuk menguatkan sinyal pada satu jalur. Penyebabnya adalah power amplifier ini hanya memiliki satu jalur input. Tidak mengherankan jika jenis ini dikatakan sebagai yang paling sederhana. Sementara itu, jalur output-nya bisa ada beberapa. Hal tersebut tergantung dari produsennya. Jalur output ini berfungsi untuk disalurkan ke subwoofer.


Dengan jenis power amplifier ini, suara yang dihasilkan juga berupa audio mono. Kelebihannya adalah setiap orang akan mendengar suara yang seolah-olah berasal dari satu posisi. Harganya juga lebih terjangkau. Contoh power amplifier mono adalah integrated amplifier gitar atau biasa disebut dengan head amplifier gitar.


Jika Anda ingin menghasilkan audio stereo, dua power amplifier mono yang disambungkan ke stereo source bisa digunakan. Teknik ini disebut dengan dual mono dan biasanya butuh lebih banyak biaya. Perlu diketahui bahwa power amplifier yang banyak beredar di marketplace Indonesia adalah jenis stereo. Jadi, Anda tidak akan banyak menemukan jenis mono.

Stereo, menguatkan sinyal dua jalur

Stereo, menguatkan sinyal dua jalur

Power amplifier stereo dapat digunakan untuk menguatkan dua jalur sekaligus, yaitu jalur audio left (L) dan right (R). Jenis power amplifier ini memiliki dua input dan output. Menggunakannya akan menghasilkan audio stereo.


Kelebihan dari audio stereo adalah suaranya terdengar natural. Sebab itu, power amplifier stereo menjadi standar industri atau syarat umum dalam menyelenggarakan pertunjukan. Suara yang dihasilkan pada pertunjukan akan terdengar lebih baik.


Pada umumnya, terdapat tiga mode pada amplifier, yaitu stereo, paralel, dan bridge mono. Mode yang paling sering digunakan pada amplifier multisaluran adalah stereo. Jika Anda ingin setiap saluran amplifier bekerja secara mandiri, gunakanlah mode stereo.


Sama seperti mode stereo, paralel juga menggunakan dua speaker. Namun, sumbernya hanya satu jalur. Sumber tersebut kemudian dipecah menggunakan splitter. Sementara itu, bridge mono sama seperti paralel. Akan tetapi, jalur untuk source atau sumbernya ada dua, lalu disalurkan ke dalam satu speaker.

② Pilih berdasarkan kelas power amplifier

Selain terdiri dari beberapa jenis, power amplifier memiliki beberapa kelas. Setiap kelas tentu punya kelebihan yang berbeda-beda. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Kelas A: Tingkat distorsi sinyalnya rendah

Kelas A: Tingkat distorsi sinyalnya rendah

Penguat daya kelas A memiliki desain yang paling sederhana sekaligus paling banyak digunakan. Linieritasnya tertinggi dibandingkan semua kelas penguat daya sehingga tidak ada distorsi pada crossover. Power amplifier kelas A biasanya menggunakan satu atau dua transistor.

Kelas B: Efisien menguatkan setengah input gelombang

Kelas B: Efisien menguatkan setengah input gelombang

Penguat daya kelas B menggunakan dua atau lebih transistor yang biasanya telah disesuaikan. Dengan begitu, setiap transistor hanya berjalan satu setengah siklus dari gelombang. Teknik yang disebut konfigurasi push roll tersebut berfungsi untuk mengurangi panas yang ada. Jika dinyatakan dalam persen, penguatan kelas B mencapai angka 78,5%. Kelas B sayangnya sering menyebabkan distorsi crossover.

Kelas AB: Dayanya efisien dengan distorsi yang rendah

Kelas AB: Dayanya efisien dengan distorsi yang rendah

Dapat dikatakan bahwa penguat daya kelas AB merupakan perpaduan dari kelas A dan B. Dayanya efisien seperti kelas B. Namun, tingkat distorsinya seperti kelas A. Karena itu, kelas ini kerap digunakan pada desain audio power amplifier.

Kelas C: Efisiensi dayanya sangat tinggi

Kelas C: Efisiensi dayanya sangat tinggi

Power amplifier kelas C mengutamakan efisiensi daya, bahkan efisiensinya mencapai 90%. Alhasil power amplifier ini hanya dapat menguatkan sinyal input kurang dari setengah gelombang sehingga distorsi pada output-nya tinggi. Karena itu, power amplifier kelas C jarang digunakan. Kelas ini biasanya digunakan untuk frekuensi radio dan berbagai alat komunikasi.

Kelas D: Menggunakan teknik pulse width modulation

Kelas D: Menggunakan teknik pulse width modulation

Power amplifier kelas D dikenal juga sebagai digital amplifier. Penguat dayanya memakai teknik pulse width modulation. Kelas ini memiliki efisiensi daya mulai dari 90% hingga 100%. Dengan kata lain, penguat daya kelas D tidak boros daya. Kelas D juga tidak boros waktu saat transisi sinyal. Namun, kelas ini biasanya tidak akurat.

③ Sesuaikan fitur power amplifier dengan kebutuhan

Sesuaikan fitur power amplifier dengan kebutuhan

Fitur juga bisa menjadi pertimbangan dalam memilih power amplifier. Misalnya, Anda dapat memilih power amplifier yang memiliki fitur integrated system pureband crossover. Dengan fitur ini, kualitas suara yang dihasilkan dapat ditingkatkan.


Beberapa power amplifier juga dapat menerima input audio melalui Bluetooth. Dengan kata lain, Anda bisa memutar musik melalui smartphone. Jika Anda ingin karaoke, pilih produk dengan channel mikrofon dan fitur karaoke digital input.


Anda bisa juga memilih power amplifier yang dilengkapi fitur plug untuk perangkat ponsel. Fitur ini memungkinkan HP tersambung langsung ke power amplifier. Selain itu, ada power amplifier dengan fitur yang dapat mengurangi panas.

④ Pertimbangkan tempat pemasangan dan jumlah daya

Pertimbangkan tempat pemasangan dan jumlah daya

Dalam memilih power amplifier, Anda juga harus melihat tempat pemasangan. Power amplifier yang dibutuhkan untuk indoor dan outdoor tentu berbeda. Anda bisa memilihnya dengan mempertimbangkan jenis solid. Terdapat dua jenis solid power amplifier, yaitu solid state dan solid tabung. Berikut penjelasannya.


  • Solid state

Daya dari solid state beragam, mulai 5 watt hingga 200 watt. Makin besar dayanya, makin besar pula suara yang keluar. Jika Anda ingin menggunakannya di dalam kamar atau ruangan yang kecil, daya 15 watt sudah cukup. Sebaliknya, pilihlah solid state power amplifier dengan daya 100 watt ke atas untuk ruangan yang besar.


  • Solid tabung

Power amplifier ini adalah yang tipe yang lebih terdahulu. Apabila Anda memilih solid tabung, pastikan dayanya 50 watt. Suara yang dihasilkan jauh di bawah solid state karena belum bersih dan detail. Daya yang diambil juga sedikit boros. Maka dari itu, beberapa orang lebih menyukai solid state dibandingkan solid tabung.

10 Rekomendasi power amplifier terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk power amplifier terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Dennis Novriandi.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Junejour

Stereo Audio Amplifier

Junejour Stereo Audio Amplifier 1枚目

Fungsinya banyak untuk harga yang bersahabat

2

Amplifier Board

 Amplifier Board 1枚目

Power amplifier rakitan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan

3

SunBuck

Professional Digital Echo Mixer Power Amplifier

SunBuck Professional Digital Echo Mixer Power Amplifier 1枚目

Audio jernih dan ada remote control, karaoke makin seru!

4

Lvpin

Mini HiFi Stereo Amp

Lvpin Mini HiFi Stereo Amp 1枚目

Awet dan tahan terhadap guncangan serta sengatan matahari

5

Lepy

Hi-Fi Stereo Audio Amplifier

Lepy Hi-Fi Stereo Audio Amplifier 1枚目

Power amplifier yang ekonomis dan praktis

6

TARGA

Poweramp

TARGA Poweramp 1枚目

Solusi untuk membuat speaker kecil makin bertenaga

7

DAT

Power Amplifier

DAT Power Amplifier 1枚目

Suaranya jernih untuk berbagai acara indoor

8

Marcopolo

Mixing Amplifier

Marcopolo Mixing Amplifier 1枚目

Menghasilkan suara bergema yang menguatkan suasana kafe

9

JBL

Power Amplifier

JBL  Power Amplifier 1枚目

Dayanya besar, pas untuk konser dengan speaker besar!

10

Kinter

2-Channel Mini Amplifier

Kinter 2-Channel Mini Amplifier 1枚目

Adanya port RCA cocok untuk bermacam player

Perincian produk
Close
No.1

JunejourStereo Audio AmplifierBT-298A

Mulai dari Rp192.050,00

Fungsinya banyak untuk harga yang bersahabat

Kelebihan:

  • Ada slot MMC dan port USB yang bisa digunakan untuk memutar musik
  • Tersedia remote control untuk mengatur fungsi amplifier
  • Harganya terjangkau untuk ragam fungsinya

Kekurangan:

  • Ada review yang mengatakan bahwa koneksi Bluetooth tidak stabil dan sering hilang

Jika Anda ingin memiliki salah satu power amplifier terbaik untuk rumah, pilih produk ini. Junejour BT-298A sangat cocok untuk Anda yang ingin merasakan sensasi home theater. Meski berukuran kecil, produk ini diberi ragam fungsi. Anda dapat mengatur suara bass dan treble sesuai dengan preferensi.


Power amplifier yang bagus untuk subwoofer rumahan ini juga dilengkapi dua channel mikrofon. Jadi, Anda bisa menggunakannya untuk beragam kebutuhan, dari menikmati musik, menonton film, hingga karaoke. Berbagai kelebihan tersebut dapat Anda nikmati dengan harga yang bersahabat.

No.2

Amplifier BoardPAM8610

Mulai dari Rp17.500,00

Power amplifier rakitan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan

Kelebihan:

  • Harganya terjangkau untuk power amplifier yang bisa dirakit


Kekurangan:

  • Ada review yang mengatakan bahwa power amplifier dapat menyebabkan suara dengung ketika player sedang standby

Sesuai dengan namanya, produk ini merupakan papan power amplifier yang perlu dirakit. Produk yang tergolong kelas D ini direkomendasikan untuk tegangan input 12 V dengan arus 3 A. Alhasil produk ini lebih sesuai untuk speaker hingga 8 inch.


Jika Anda menginginkan power amplifier rakitan, produk ini bisa menjadi pilihan. Namun, Anda harus berhati-hati ketika menggunakannya. Tegangan input sebaiknya tidak lebih dari 15 V karena dapat menyebabkan kerusakan.

No.3

SunBuckProfessional Digital Echo Mixer Power AmplifierAV-MP326BT

Mulai dari Rp473.900,00

Audio jernih dan ada remote control, karaoke makin seru!

Kelebihan:

  • Memiliki empat channel untuk dihubungkan ke empat mikrofon
  • Ada slot MMC dan port USB yang bisa digunakan untuk memutar musik
  • Tersedia remote control untuk mengatur fungsi amplifier

Kekurangan:

  • Ada review yang mengatakan bahwa koneksi Bluetooth sedikit sulit dikoneksikan

Produk ini merupakan salah satu power amplifier terbaik untuk karaoke. Sunbuck AV-MP326BT dilengkapi remote control untuk memudahkan pengoperasianmya. Jadi, Anda tidak perlu bolak-balik mengatur kenop. Tambahan lagi, kualitas output suaranya begitu jernih dengan fitur Hi-Fi stereo audio amplifier.


Karaoke pun makin seru dengan empat channel mikrofonnya. Anda juga dapat menghubungkan smartphone ke power amplifier untuk karaoke ini dengan Bluetooth. Selain itu, produk ini bisa terhubung dengan radio, SD card, dan USB flash drive

No.4

LvpinMini HiFi Stereo AmpLP-838

Mulai dari Rp105.000,00

Awet dan tahan terhadap guncangan serta sengatan matahari

Kelebihan:

  • Desainnya yang slim memudahkan pengaplikasian di mobil
  • Terbuat dari aluminium CNC yang awet dan tahan lama ketika terkena sinar matahari

Kekurangan:

  • Ada review yang menyebutkan bahwa suara basnya tidak optimal

Anda butuh rekomendasi power amplifier yang bagus untuk mobil? Kalau begitu, produk ini pas buat Anda. Karena didesain untuk pengaplikasian di mobil, bentuknya pun berbeda dari power amplifier pada umumnya. Produk ini didesain slim dengan dimensi 14 cm x 10,5 cm x 4 cm.


Lvpin LP 8-38 terbuat dari aluminium CNC. Bahan tersebut diklaim awet dan tahan lama meski terkena guncangan atau sengatan matahari. Selain itu, power amplifier mobil ini hanya membutuhkan tegangan sebesar 12 V dan arus sebesar 2 A.

No.5

LepyHi-Fi Stereo Audio AmplifierHY-2001

Mulai dari Rp73.000,00

Power amplifier yang ekonomis dan praktis

Kelebihan:

  • Berukuran mini sehingga bisa dipasang di mana saja tanpa membutuhkan banyak tempat
  • Fungsinya beragam untuk harganya

Kekurangan:

  • Belum termasuk adaptor sehingga harus dibeli secara terpisah


Anda tidak perlu menyiapkan banyak bujet untuk menikmati audio yang sesuai dengan preferensi. Produk ini merupakan power amplifier mini terbaik untuk Anda yang ingin tetap berhemat.


Meski harganya ekonomis, produk ini diberikan fungsi-fungsi yang mencukupi. Anda sudah bisa mengatur suara bass dan treble untuk speaker. Ukuran yang mini pun memudahkan pengaplikasiannya. Produk yang ekonomis sekaligus praktis, bukan?

No.6

Solusi untuk membuat speaker kecil makin bertenaga

Kelebihan:

  • Ada slot MMC dan port USB yang bisa digunakan untuk memutar musik

Kekurangan:

  • Ada review yang mengatakan bahwa suara basnya kurang kuat

Input 12 volt pada produk ini membuatnya pas sekali untuk speaker berukuran kecil. TARGA D-06 juga dilengkapi satu channel mikrofon dan fitur untuk karaoke. Selain itu, terdapat slot dan port yang dapat digunakan untuk memutar musik dari MMC serta USB. Anda bisa memilih produk ini bila mencari power amplifier untuk speaker 6 inch atau 8 inch.

No.7

DATPower AmplifierDA-303

Mulai dari Rp750.000,00

Suaranya jernih untuk berbagai acara indoor

Kelebihan:

  • Ada slot MMC dan port USB yang bisa digunakan untuk memutar musik
  • Punya banyak tipe suara yang dapat diatur sesuai dengan keinginan
  • Memiliki empat channel untuk dihubungkan ke empat mikrofon

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi kipas sehingga rawan panas


Anda mau mengadakan acara indoor? Kalau begitu, gunakanlah DAT DA-303. Salah satu power amplifier paling jernih untuk acara indoor ini dapat menghasilkan suara yang empuk. Anda dapat memanfaatkan performanya untuk acara seminar.


Tipe suara yang bisa diatur produk ini pun beragam, seperti bass, treble, middle, dan balance. Selain itu, Anda dapat menambahkan subwoofer pada power amplifier Bluetooth terbaik untuk acara indoor ini.

No.8

MarcopoloMixing AmplifierMC-158

Mulai dari Rp875.000,00

Menghasilkan suara bergema yang menguatkan suasana kafe

Kelebihan:

  • Ada fitur digital karaoke echo effect yang dapat membuat suara menjadi bergema
  • Suaranya jernih dan basnya juga terdengar dengan baik

Kekurangan:

  • Ada review yang mengatakan bahwa fitur Bluetooth sedikit sulit dikoneksikan

Bila Anda butuh rekomendasi power amplifier Bluetooth yang bagus untuk di kafe, pertimbangkan produk ini. Marcopolo MC-158 memiliki fitur digital karaoke echo effect yang dapat membuat suara musik menjadi lebih bergema. Alhasil produk ini bisa membuat suara live performance di kafe makin menghanyutkan. Selain itu, daya yang besar membuatnya sanggup diaplikasikan di outdoor.

No.9

JBL Power AmplifierKS4500

Mulai dari Rp2.500.000,00

Dayanya besar, pas untuk konser dengan speaker besar!

Kelebihan:

  • Bentuknya ramping sehingga bisa ditumpuk
  • Bisa disambungkan dengan speaker besar hingga 15 inch

Kekurangan:

  • Ada review yang menyebutkan bahwa bodinya mudah penyok akibat benturan

Jika Anda seorang penggemar dunia audio, pasti tidak asing dengan merek ini. JBL menghadirkan power amplifier yang ramping dan dapat ditumpuk. Hal ini tentunya sangat praktis ketika digunakan untuk keperluan konser.


Jika Anda mencari power amplifier untuk speaker 15 inch, pilih produk ini. Dengan daya yang besar, produk ini sanggup memberi tenaga untuk speaker yang besar pula. Produk ini juga sesuai sebagai power amplifier untuk speaker 12 inch dan 10 inch.

No.10

Kinter2-Channel Mini AmplifierMA-150

Mulai dari Rp119.700,00

Adanya port RCA cocok untuk bermacam player

Kelebihan:

  • Memiliki port RCA yang dapat dihubungkan ke beragam player
  • Mudah dioperasikan karena ada keterangan di setiap kenop dan port

Kekurangan:

  • Amplifikasi suaranya terbatas karena tidak banyak fungsi yang ditawarkan

Anda butuh power amplifier yang bisa digunakan untuk berbagai jenis player? Kalau iya, produk ini dapat dipilih. Kinter MA-150 bisa digunakan untuk bermacam player karena memiliki port RCA. Tidak hanya itu, pengaturannya pun mudah. Setiap kenop dan port produk ini dilengkapi teks yang memudahkan pengoperasiannya.

Baca juga rekomendasi perangkat audio lainnya di sini

Anda juga bisa membaca ulasan mengenai produk amplifier lainnya dari kami. Kami pun telah menyiapkan rekomendasi produk speaker dan subwoofer untuk melengkapi amplifier Anda. Simak artikel-artikel di bawah ini untuk membaca ulasan selengkapnya!

Kesimpulan

Dalam memilih power amplifier, Anda harus benar-benar jeli. Kualitas output suara akan jauh lebih bagus bila Anda memilih power amplifier yang sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa mempertimbangkan jenis, fitur, dan tempat pemasangannya.


Kami telah membahas cara memilih power amplifier terbaik secara mendetail. Kami juga sudah memberikan rekomendasi produknya. Anda bisa memilih yang paling pas dengan kebutuhan. Selamat menentukan produk pilihan Anda!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer