• 10 Power Amplifier Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Power Amplifier Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Power Amplifier Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Power Amplifier Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Power Amplifier Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Power Amplifier Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)

Sebuah pertunjukan pasti memerlukan sound system. Agar suara yang dihasilkan lebih jelas, power amplifier dapat digunakan. Namun, beberapa orang masih bingung membedakan antara power amplifier tipe mono dengan stereo. Untuk itu, kali ini kami akan membahas tips memilih power amplifier terbaik.


Kami juga sudah menyiapkan rekomendasi power amplifier yang bagus dan murah, seperti merek KinterDAT, MarcoPolo, JuneJour, dan TARGA. Ada juga power amplifier mini yang bisa dipasang di mobil dengan daya di bawah 1000 watt. Jadi, simak artikelnya, ya. Artikel ini sudah ditinjau oleh sound engineer kami, Dennis Novriandi.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Dennis Novriandi
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 29 Agustus 2022
Daftar isi

Profil pakar: Sound engineer, Dennis Novriandi

Profil pakar: Sound engineer, Dennis Novriandi
Dennis Novriandi
Sound engineer, music producer, dan bassist
Dennis Novriandi

Dennis adalah bassist dari band SASVRITA yang juga aktif sebagai sound engineer dan producer untuk beberapa band dalam negeri. Selain itu, Dennis mengerjakan proyek-proyek lainnya sambil mengelola recording studio pribadi dan mendirikan production house Eastneptune Studio.


Tidak hanya di bidang musik, Dennis juga berkiprah di bidang animasi dan komputer. Beberapa di antaranya adalah sebagai front end developer, freelance UI/UX designer, serta freelance 2D and 3D animation.

Apa itu power amplifier?

Apa itu power amplifier?

Dalam bahasa Indonesia, power amplifier disebut sebagai penguat daya. Power amplifier digunakan untuk memperkuat sinyal suara yang diterima (input) agar menghasilkan keluaran (output) yang maksimal. Power amplifier juga dapat dimaknai sebagai alat penguat sinyal audio supaya suara lebih keras dan jelas.


Alat ini digunakan untuk berbagai macam keperluan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja, power amplifier bisa digunakan untuk berbagai perangkat elektronik yang menghasilkan suara. Tidak sampai di situ saja, power amplifier juga digunakan untuk mendukung peralatan komunikasi satelit.


Perlu diketahui, di pasaran terdapat integrated amplifier dan power amplifier. Integrated amplifier adalah gabungan dari preamplifier dan power amplifier. Jika Anda seorang musisi, Anda lebih disarankan untuk memilih integrated amplifier atau head amplifier.


Namun, untuk perangkat dengan sistem yang high end, Anda disarankan memilih produk yang preamplifier dan power amplifier-nya terpisah. Power amplifier berfungsi untuk menerima sinyal line level dari preamplifier. Setelah itu, power-nya ditingkatkan dan disalurkan ke speaker dengan impedansi rendah. Anda dapat mengombinasikan keduanya sesuai selera.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih power amplifier

Agar kualitas suara yang dihasilkan makin bagus, tentunya Anda harus memilih power amplifier yang bagus juga. Dalam memilih, ternyata Anda tidak bisa asal-asalan. Agar tidak salah pilih, simaklah penjelasan berikut.

Ketahui jenis power amplifier

Sebelum memilih power amplifier, ada baiknya Anda mengetahui jenis-jenisnya terlebih dahulu. Jenis power amplifier dapat dibedakan berdasarkan jumlah jalur sinyal yang dikuatkan. Agar lebih jelas, Anda bisa memperhatikan penjelasan berikut.

Power amplifier mono, menguatkan sinyal satu jalur

Power amplifier mono, menguatkan sinyal satu jalur

Power amplifier mono hanya bisa digunakan untuk menguatkan sinyal pada satu jalur. Penyebabnya adalah power amplifier ini hanya memiliki satu jalur input. Tidak mengherankan jika jenis ini dikatakan sebagai yang paling sederhana.


Sementara itu, jalur output-nya bisa ada beberapa. Hal tersebut tergantung pada produsennya. Jalur output ini berfungsi untuk disalurkan ke subwoofer.


Dengan jenis power amplifier ini, suara yang dihasilkan juga berupa audio mono. Kelebihannya adalah setiap orang akan mendengar suara yang seolah-olah berasal dari satu posisi. Harganya juga lebih terjangkau. Contoh power amplifier mono adalah integrated amplifier gitar atau biasa disebut head amplifier gitar.


Jika Anda ingin menghasilkan audio stereo, Anda bisa menggunakan dua power amplifier mono yang disambungkan ke stereo source. Teknik ini disebut dual mono dan biasanya membutuhkan lebih banyak biaya. 

Power amplifier stereo, menguatkan sinyal dua jalur

Power amplifier stereo, menguatkan sinyal dua jalur

Power amplifier stereo dapat digunakan untuk menguatkan dua jalur sekaligus yaitu jalur audio left (L) dan right (R). Jenis power amplifier ini memiliki dua input dan output. Menggunakan power amplifier ini akan menghasilkan audio stereo.


Kelebihan dari audio stereo adalah suaranya terdengar natural. Oleh sebab itu, power amplifier stereo menjadi standar industri atau syarat umum dalam menyelenggarakan pertunjukan. Dengan begitu, suara yang dihasilkan pada pertunjukan akan lebih baik.


Pada umumnya, terdapat tiga mode pada amplifier, yaitu stereo, paralel, dan bridge mono. Mode yang paling sering digunakan pada amplifier multisaluran adalah adalah stereo. Jika Anda hanya ingin setiap saluran amplifier bekerja secara mandiri, Anda harus menggunakan mode stereo.


Sama seperti mode stereo, paralel juga menggunakan dua speaker. Namun, sumbernya hanya satu jalur. Sumber tersebut kemudian dipecah menggunakan splitter. Sementara itu, bridge mono sama seperti paralel. Namun, jalur untuk source atau sumbernya ada dua, lalu disalurkan ke dalam satu speaker.

Pilih berdasarkan kelasnya

Selain terdiri dari beberapa jenis, power amplifier juga memiliki beberapa kelas. Setiap kelas pastinya memiliki kelebihan yang berbeda-beda. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Kelas A: Paling umum digunakan karena tingkat distorsi sinyalnya rendah

Kelas A: Paling umum digunakan karena tingkat distorsi sinyalnya rendah

Penguat daya kelas A memiliki desain yang paling sederhana. Selain itu, penguat daya kelas A juga paling banyak digunakan. Linieritasnya tertinggi dibandingkan semua kelas penguat daya sehingga tidak ada distorsi pada crossover. Power amplifier kelas A biasanya menggunakan satu atau dua transistor.

Kelas B: Menguatkan setengah input gelombang sehingga lebih efisien dibandingkan kelas A

Kelas B: Menguatkan setengah input gelombang sehingga lebih efisien dibandingkan kelas A

Penguat daya kelas B menggunakan dua atau lebih transistor yang biasanya telah disesuaikan. Dengan begitu, setiap transistor hanya berjalan satu setengah siklus dari gelombang. Teknik yang disebut konfigurasi push roll tersebut berfungsi untuk mengurangi panas yang ada.


Jika dinyatakan dalam persen, penguatan kelas B mencapai angka 78,5%. Kelas B sayangnya sering menyebabkan distorsi crossover.

Kelas AB: Penggunaan daya cukup efisien seperti kelas B, tetapi tingkat distorsi cukup rendah seperti kelas A

Kelas AB: Penggunaan daya cukup efisien seperti kelas B, tetapi tingkat distorsi cukup rendah seperti kelas A

Dapat dikatakan jika penguat daya kelas AB ini merupakan perpaduan dari kelas A dan B. Penguat daya yang satu ini memiliki daya yang efisien seperti kelas B. Namun, tingkat distorsinya seperti kelas A. Karena itu, kelas ini kerap digunakan pada desain audio power amplifier.

Kelas C: Efisiensi dayanya sangat tinggi dan banyak digunakan untuk menguatkan frekuensi alat komunikasi

Kelas C: Efisiensi dayanya sangat tinggi dan banyak digunakan untuk menguatkan frekuensi alat komunikasi

Power amplifier kelas C mengutamakan efisiensi daya, bahkan efisiensinya mencapai 90%. Alhasil, power amplifier ini hanya dapat menguatkan sinyal input kurang dari setengah gelombang sehingga distorsi pada output-nya begitu tinggi. Karena itu, power amplifier kelas C jarang digunakan. Kelas ini biasanya digunakan untuk frekuensi radio dan berbagai alat komunikasi.

Kelas D: Menggunakan teknik pulse width modulation

Kelas D: Menggunakan teknik pulse width modulation

Power amplifier kelas D dikenal juga sebagai digital amplifier. Penguat dayanya menggunakan teknik pulse width modulation. Kelas ini memiliki efisiensi daya mulai dari 90% hingga 100%. Dengan kata lain, penguat daya kelas D ini tidak boros daya. Selain itu, kelas D juga tidak boros waktu saat transisi sinyal. Namun, kelas ini biasanya tidak akurat.

Sesuaikan fitur dengan kebutuhan

Sesuaikan fitur dengan kebutuhan

Fitur juga bisa menjadi pertimbangan dalam memilih power amplifier. Misalnya, Anda bisa memilih power amplifier yang memiliki fitur integrated system pureband crossover. Dengan fitur ini, kualitas suara yang dihasilkan dapat ditingkatkan. Beberapa power amplifier juga dapat menerima input audio melalui Bluetooth. Dengan kata lain, Anda bisa memutar musik melalui smartphone Anda.


Anda bisa juga memilih power amplifier yang dilengkapi fitur plug untuk perangkat ponsel. Fitur ini menjadikan ponsel bisa tersambung langsung ke power amplifier. Selain itu, ada pula power amplifier dengan fitur pelindung yang dapat mengurangi panas.

Pertimbangkan tempat pemasangan dan jumlah daya

Pertimbangkan tempat pemasangan dan jumlah daya

Dalam memilih power amplifier, Anda juga harus mempertimbangkan tempat pemasangan. Power amplifier yang dibutuhkan untuk indoor dan outdoor pastinya berbeda. Anda bisa memilihnya dengan mempertimbangkan jenis solid-nya.


Terdapat dua jenis solid power amplifier yaitu solid state dan solid tabung. Solid state memiliki daya yang beragam, mulai dari 5 watt hingga 200 watt. Makin besar dayanya, makin besar pula suara yang keluar.


Jika Anda ingin menggunakannya di dalam kamar atau ruangan yang kecil, daya 15 watt sudah cukup. Namun, untuk ruangan yang lebih besar, Anda sebaiknya memilih power amplifier solid state dengan daya 100 watt ke atas. Apabila Anda memilih solid tabung, pilih yang dayanya 50 watt.


Sebagai tambahan informasi, beberapa orang lebih menyukai solid state karena suaranya terdengar bersih dan lebih detail. Selain itu, power amplifier solid state berpotensi lebih kuat, tahan lama, dan hemat daya dibandingkan solid tabung.

10 Rekomendasi power amplifier terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk power amplifier terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari sound engineer Dennis Novriandi.

Gambar produk
1
JuneJour Bluetooth EQ Audio Amplifier Home Theater 1

JuneJour

2
PAM Amplifier Board 1

PAM

3
SunBuck Professional Stereo Digital Echo Karaoke Mixer Power Amplifier 1

SunBuck

4
Lepy Hi-Fi Stereo Amplifier Speaker 1

Lepy

5
Lvpin Mini HiFi Stereo Amp 1

Lvpin

6
Fleco Power Amplifier 1

Fleco

7
Kinter 2-Channel Mini Amplifier 1

Kinter

8
TARGA Power Amp 1

TARGA

9
DAT Power Amplifier 1

DAT

10
MarcoPolo Audio Mixing Amplifier 1

MarcoPolo Audio

Nama produk

Bluetooth EQ Audio Amplifier Home Theater

Amplifier Board

Professional Stereo Digital Echo Karaoke Mixer Power Amplifier

Hi-Fi Stereo Amplifier Speaker

Mini HiFi Stereo Amp

Power Amplifier

2-Channel Mini Amplifier

Power Amp

Power Amplifier

Mixing Amplifier

Keunggulan

Ciptakan home theater dengan suara jernih dan bertenaga

Pilihan power amplifier dengan harga terjangkau

Punya empat colokan mikrofon, nikmati karaoke bersama keluarga

Desain mini sehingga tidak banyak memakan tempat

Awet dan tahan terhadap guncangan serta sengatan matahari

Meski bentuknya mungil, kualitas suara musik terdengar jelas

Adanya port RCA memungkinkan digunakan untuk berbagai macam player

Bisa digunakan pada speaker yang berukuran kecil

Tampilkan suara yang jernih pada berbagai acara dan pertunjukan

Suaranya bergema, pilihan tepat untuk kafe dan tempat ibadah

Harga mulai dariRp 190.900,00Rp 14.600,00Rp 489.990,00Rp 76.200,00Rp 105.900,00Rp 210.000,00Rp 82.500,00Rp 205.000,00Rp 725.000,00Rp 845.000,00
JenisStereoStereoStereoStereoStereoStereoStereoStereoStereoStereo
Jumlah daya600 W2 x10 watt (8 ohm) dan 2 x 15 watt (4 ohm)2.000 W20 W20 W100 W2 x 20 W4O ohm ( 20 W + 20W ), 8 ohm (15 W + 15 W )150 W600 W
PemasanganIndoor (mobil dan ruangan)IndoorIndoor (mobil dan ruangan), outdoorIndoor (mobil dan ruangan)Indoor (mobil)Indoor (mobil dan ruangan)Indoor (mobil dan ruangan)Indoor (mobil dan ruanganl)IndoorIndoor, outdoor
Fitur Bluetooth✔︎X✔︎XX✔︎X✔︎✔︎✔︎
Tautan produk
10
JenisStereo
Jumlah daya600 W
PemasanganIndoor, outdoor
Fitur Bluetooth✔︎
9
JenisStereo
Jumlah daya150 W
PemasanganIndoor
Fitur Bluetooth✔︎
8
JenisStereo
Jumlah daya4O ohm ( 20 W + 20W ), 8 ohm (15 W + 15 W )
PemasanganIndoor (mobil dan ruanganl)
Fitur Bluetooth✔︎
7
JenisStereo
Jumlah daya2 x 20 W
PemasanganIndoor (mobil dan ruangan)
Fitur BluetoothX
6
JenisStereo
Jumlah daya100 W
PemasanganIndoor (mobil dan ruangan)
Fitur Bluetooth✔︎
5
JenisStereo
Jumlah daya20 W
PemasanganIndoor (mobil)
Fitur BluetoothX
4

LepyHi-Fi Stereo Amplifier Speaker

HY-2001

Mulai dari Rp 76.200,00

JenisStereo
Jumlah daya20 W
PemasanganIndoor (mobil dan ruangan)
Fitur BluetoothX
3

SunBuckProfessional Stereo Digital Echo Karaoke Mixer Power Amplifier

AV-MP326BT

Mulai dari Rp 489.990,00

JenisStereo
Jumlah daya2.000 W
PemasanganIndoor (mobil dan ruangan), outdoor
Fitur Bluetooth✔︎
2
JenisStereo
Jumlah daya2 x10 watt (8 ohm) dan 2 x 15 watt (4 ohm)
PemasanganIndoor
Fitur BluetoothX
1

JuneJourBluetooth EQ Audio Amplifier Home Theater

BT-298A

Mulai dari Rp 190.900,00

JenisStereo
Jumlah daya600 W
PemasanganIndoor (mobil dan ruangan)
Fitur Bluetooth✔︎

Baca juga rekomendasi produk pendukung keluaran suara lainnya di sini

Pada artikel ini, telah dijelaskan bahwa power amplifier digunakan untuk mendukung kualitas keluaran suara. Anda juga bisa membaca produk pendukung keluaran suara lainnya pada artikel di bawah ini. Klik setiap tautan untuk membacanya.

Kesimpulan

Dalam memilih power amplifier, Anda harus benar-benar jeli. Dengan memilih power amplifier yang sesuai kebutuhan, kualitas keluaran suara yang dihasilkan juga lebih bagus. Anda bisa mempertimbangkan jenis, fitur, dan tempat pemasangannya.


Kami telah membahas cara memilih power amplifier secara mendetail. Kami juga sudah memberikan rekomendasi produk power amplifier terbaik. Anda bisa memilih yang paling pas dengan kebutuhan Anda. Selamat menentukan produk pilihan Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Speaker Bluetooth Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Speaker Bluetooth Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini speaker Bluetooth mini sedang sangat populer. Selain ukurannya yang compact dan portable, kualitas suaranya pun tak kalah bagus dengan speaker berukuran besar sekalipun. Anda pun bisa mendengarkan musik kesukaan di mana saja dan kapan saja Anda inginkan. Seiring meningkatnya popularitas, Anda mungkin kebingungan menemukan produk yang bagus. Beberapa merek, seperti JBL, Sony, Bose mungkin bisa dijadikan pertimbangan. Selain itu, masih ada banyak rekomendasi speaker Bluetooth mini murah, minimalis, atau dengan suara bass terbaik. Baca tips memilih speaker Bluetooth mini di bawah ini dan temukan produk terbaik untuk Anda!
    Home entertainment
  • 10 Rekomendasi Speaker Polytron Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Speaker Polytron Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Polytron adalah salah satu merek peralatan elektronik lokal yang terus berinovasi. Kualitas dan teknologinya yang unggul juga dapat Anda lihat pada produk audio speaker-nya. Tak heran seri produknya sangat laris di Indonesia, seperti multimedia speaker, soundbar speaker, active speaker, dan home theater speaker. Artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai speaker Polytron lengkap dengan cara memilihnya. Temukan speaker Bluetooth PMA 9310 dan PMA 9502 yang terlaris serta speaker aktif Polytron PAS berteknologi XBR yang bagus. Review speaker Polytron terbaru juga dibahas di sini. Jadi, jangan sampai lewatkan artikelnya, ya! 
    Home entertainment
  • 10 Speaker Pasif Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Speaker Pasif Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Speaker pasif menjadi perangkat yang Anda perlukan untuk melengkapi sound system agar mendapatkan kualitas audio lebih optimal. Dengan demikian, Anda dapat mendengarkan musik atau menonton film seperti halnya saat Anda berada di bioskop. Di pasaran, Anda akan menemukan berbagai merek terkenal, seperti speaker pasif Polytron, Edifier, harman/kardon, dan sebagainya. Untuk mendapatkan produk yang bagus, Anda perlu mengetahui cara memilih speaker pasif terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda dapat menikmati kualitas audio terbaik dari produk pilihan Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh sound engineer kami, Dennis Novriandi.
    Home entertainment
  • 10 Subwoofer Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Subwoofer Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Beberapa orang pasti sudah familier dengan subwoofer. Namun, apa itu subwoofer? Subwoofer adalah jenis speaker yang berfungsi untuk memutar suara dengan frekuensi rendah atau bass. Terdapat beberapa merek subwoofer terbaik yang beredar di pasaran, seperti Simbadda, JBL, Yamaha, dan lainnya. Subwoofer tersedia dalam beberapa ukuran, seperti 12 inci, 10 inci, dan masih banyak lagi. Anda mungkin bingung memilih subwoofer yang bagus untuk rumah Anda. Karena itu, kami akan membagikan cara memilih serta rekomendasi subwoofer terbaik. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh sound engineer kami, Dennis Novriandi.
    Home entertainment
  • 10 Rekomendasi Proyektor Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Proyektor Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Proyektor adalah perangkat yang dapat memproyeksikan gambar pada layar. Perangkat elektronik ini tersedia dalam ukuran mini atau portabel yang praktis dibawa ke mana pun Anda pergi. Tipe proyektor mini juga beragam, mulai dari yang dapat dihubungkan dengan HP hingga yang memiliki resolusi tinggi.Terdapat berbagai merek proyektor mini yang bagus, seperti LG, BenQ, Samsung, Epson, dan ANKER. Namun, banyaknya pilihan proyektor mungkin akan membuat Anda bingung. Oleh sebab itu, kali ini kami akan memberikan tips memilih serta rekomendasi proyektor portable terbaik untuk Anda. Terus ikuti ulasannya sampai akhir, ya!
    Home entertainment
  • 10 Rekomendasi Speaker Anker Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Speaker Anker Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Para penikmat musik tentunya sudah akrab dengan yang namanya speaker. Ada banyak produk speaker yang bagus, salah satu merek yang sedang naik daun adalah Anker. Speaker Anker terkenal dengan fitur yang canggih dan harganya yang relatif terjangkau. Penggunaannya juga praktis karena menggunakan Bluetooth sebagai konektivitas utama.Khusus untuk Anda, kami akan membahas keunggulan speaker Anker beserta tips memilihnya. Rekomendasi produk terbaiknya juga dapat Anda lihat di sini. Soundcore Mini, Soundcore Select, dan Soundcore Flare S+ adalah beberapa seri yang tidak boleh Anda lewatkan. Pastikan Anda membaca artikel ini sampai akhir!
    Home entertainment
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori