• 10 Rekomendasi Obat Kutu Rambut (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Obat Kutu Rambut (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Obat Kutu Rambut (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Obat Kutu Rambut (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Obat Kutu Rambut (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Obat Kutu Rambut (Terbaru Tahun 2021)

Karena belum terbiasa mengurus dirinya sendiri, anak-anak terkadang mengalami masalah dalam menjaga kebersihan rambutnya. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah kutu rambut yang menyebabkan kulit kepala gatal dan infeksi. Sebenarnya, serangan kutu rambut tidak hanya terjadi pada anak, tetapi juga orang dewasa.


Anda atau keluarga Anda terserang kutu rambut? Kali ini kami akan mengulas tips memilih obat kutu rambut beserta rekomendasi produk yang bagus. Beberapa merek obat kutu rambut ternama, seperti PediTox, Lissa-Qu, dan Shirami ada dalam daftar rekomendasi kami. Yuk, simak selengkapnya di artikel ini.

  • Pembaharuan terakhir: 07 November 2021
  • 131 Views
Daftar isi

Apa itu kutu rambut?

Apa itu kutu rambut?

Dalam dunia medis, kutu rambut dikenal sebagai pediculosis capitis. Penyakit ini adalah parasit yang tinggal di kulit kepala sehingga menyebabkan gatal di kepala. Bahkan, rasa gatalnya bisa menjalar ke leher dan telinga. Kutu rambut paling banyak terjadi pada anak-anak. Awal mula munculnya kutu rambut bisa karena kurang menjaga kebersihan atau tertular dari anak lainnya.


Kutu rambut mungkin tampak seperti ketombe, tetapi itu sebenarnya larva. Selain mengganggu dari segi estetika, kutu rambut juga bisa menyebabkan infeksi di kulit kepala. Rasa gatal membuat penderita sulit tidur dan sering menggaruk kepalanya. Hasilnya, kepala akan mengalami luka dan tak jarang timbul nanah. 


Untuk mengatasi kutu rambut, salah satu caranya adalah dengan menggunakan obat pembasmi kutu rambut. Oleh karena itu, mari simak tips memilih obat kutu rambut berikut ini!

Cara memilih obat kutu rambut

Untuk mengatasi kutu rambut, ada beberapa jenis obat yang bisa Anda pilih. Namun, ketahui dahulu kriteria memilih obat kutu rambut berikut ini agar tidak salah pilih.

Pilih berdasarkan bentuk obatnya

Obat kutu rambut tersedia dalam berbagai bentuk, yang terkenal adalah sampo, cairan, dan krim. Setiap jenis obat tentu memiliki kelebihannya masing-masing.

Shampo: Lebih praktis karena diaplikasikan saat sedang mandi

Shampo: Lebih praktis karena diaplikasikan saat sedang mandi

Anda mencari obat kutu rambut yang cara pemakaiannya praktis? Gunakan produk tipe sampo. Sampo kutu rambut sebenarnya sama seperti sampo biasa. Hanya saja, sampo ini memiliki kandungan khusus yang bisa membasmi kutu rambut, seperti ekstrak bawang merah, lemon, dan kemiri.


Untuk membasmi kutu rambut dengan sampo, Anda hanya perlu keramas setidaknya setiap 2 hari sekali. Karena dilakukan saat mandi, Anda jadi tidak perlu menyediakan waktu khusus untuk mengobati kutu rambut. 

Losion: Dioleskan ke kepala setelah keramas

Losion: Dioleskan ke kepala setelah keramas

Jika Anda ingin membasmi kutu rambut lebih cepat dan efektif, gunakan juga obat bentuk losion. Biasanya, obat ini diaplikasikan setelah keramas. 


Salah satu obat yang terkenal adalah PediTox yang mengandung permethrin 1%. Bentuk obatnya bertekstur krim losion warna putih yang lembut di tangan. Setelah keramas, oleskan PediTox secukupnya ke rambut, belakang telinga, dan belakang leher. Diamkan 10 menit agar obatnya bekerja. Setelahnya, bilas rambut Anda dengan air bersih dan keringkan dengan handuk. 


Meskipun termasuk obat yang efektif, bukan berarti losion kutu rambut tidak ada efek sampingnya. Terkadang, kulit kepala Anda akan terasa sedikit panas setelah diberikan losion pembasmi kutu rambut.

Cairan semprot: Berisi campuran bahan-bahan alami

Cairan semprot: Berisi campuran bahan-bahan alami

Selain sampo dan losion, ada juga produk hair spray atau cairan semprot. Isinya gabungan antara bahan kimia dengan bahan alami. Seperti diketahui, beberapa bahan alami, seperti sari cuka apel, minyak zaitun, dan minyak bawang putih ampuh mengusir kutu rambut.


Cara pemakaiannya cukup beragam tergantung produknya. Ada yang disemprotkan setelah keramas, lalu dibiarkan selama semalam. Saat diaplikasikan, sisir rambut anak Anda atau penderita kutu rambut dengan sisir bergerigi. Setelah dibiarkan semalaman, bilas dengan air bersih. 


Baik obat kutu rambut berbentuk sampo, losion, atau cairan semprot memerlukan waktu untuk bekerja. Jika setelah 8 hari dari pemakaian pertama kutu rambut masih ada, gunakan lagi obatnya.

Ketahui kandungan di dalam obat kutu rambut

Ketahui kandungan di dalam obat kutu rambut

Setelah memilih bentuk obat yang cocok untuk Anda atau anak Anda, jangan lupa membaca label kemasannya. Di sana terdapat bahan-bahan yang digunakan untuk membuat formulasi obat kutu rambut. Agar Anda punya gambaran, berikut ini daftar bahan yang biasanya ada dalam obat kutu rambut.


  • PyrethrinPyrethrin adalah senyawa kimia organik yang menyerang sistem saraf serangga. Senyawa ini diekstraksi dari bunga Chrysanthemum cinerariifolium. Bahan ini terkenal juga dengan nama Persian powder.

  • Permethrin: Bahan ini termasuk ke dalam obat antiparasit. Cara kerjanya adalah langsung membunuh tungau atau kutu yang bisa menyebabkan infeksi kulit. Selain untuk kutu rambut, permethrin juga digunakan untuk mengobati penyakit kudis.

  • Malathion: Obat ini tergolong sebagai organofosfat, yakni obat yang efektif membunuh serangga. Jika diaplikasikan untuk membasmi kutu rambut, obat ini bisa membunuh kutu sekaligus telurnya. Selain untuk kutu rambut, obat ini banyak digunakan para petani untuk membasmi hama. 

Sesuaikan dengan penggunanya

Sesuaikan dengan penggunanya

Kutu rambut paling banyak menyerang anak kecil. Bahkan, balita dan bayi juga rentan terserang kutu rambut. Kutu rambut sangat mudah menular jika anak melakukan kontak erat dengan temannya yang terkena lebih dahulu. Oleh karena itu, Anda yang menitipkan bayi di tempat penitipan anak atau playgroup harus lebih waspada, ya. 


Nah, obat kutu rambut juga memiliki batasan aman terhadap usia penggunanya. Obat berbahan kimia biasanya baru aman digunakan untuk anak-anak di atas usia 5 tahun


Lalu, bagaimana jika kutu rambut menyerang bayi? Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Pertama, Anda bisa menyisir rambut anak Anda setelah mandi. Jika kutu atau telurnya berhasil tersapu dengan sisir, langsung bilas sisirnya dengan air agar kutu tidak menyebar.


Kedua, Anda bisa membasuh kepala anak Anda menggunakan minyak kelapa atau minyak bawang putih. Kedua bahan ini diklaim ampuh sebagai insektisida. Jika kutu masih membandel dan datang lagi, gunakan sampo bayi khusus untuk mengatasi kutu rambut.

10 Rekomendasi obat kutu rambut

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk obat kutu rambut yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
JenisCairan
Isi100 ml
KandunganCocos nucifera oil, Olive fruit oil, Lavandula angustifolia oil, Melaleuca alternafolia leaf oil, Pimpinella anisum seed oil, Melia azadirachta seed oil
Target penggunaAnak-anak dan orang dewasa
9
JenisLosion
Isi30 ml
KandunganElseis guineensis oil, Mella azadirachta seed oil, Cocos nucifera oil, Cymbopogon nardus oil, Olea europaea il unsaponiflables
Target penggunaAnak-anak
8
JenisCairan
Isi100 ml
KandunganTidak ada keterangan
Target penggunaAnak-anak usia di atas 1 tahun
7
JenisSampo
Isi60 ml
KandunganWater, sodium lauryl ether sulfate, citric acid, anticeptic, concetrat, fragrance, sodium sulfate, sidr extract
Target penggunaAnak-anak
6
JenisLosion
Isi60 ml
KandunganEkstrak mengkudu dan sirsak
Target penggunaOrang dewasa
5
JenisSampo
Isi60 ml
KandunganEkstrak bawang merah, kemiri, olive oil, ekstrak lemon
Target penggunaAnak-anak dan orang dewasa
4
JenisCairan semprot
Isi20 ml
KandunganAL 10%, Pipturus argenteus10%, pewangi, astirin, sereh, sirih, teh
Target penggunaOrang dewasa
3
JenisSampo
Isi100 ml
KandunganAllium cepa (bawang merah), olive oil, ekstrak lemon, kemiri
Target penggunaAnak-anak dan dewasa
2
JenisLosion
Isi50 ml
KandunganPermethrin 1%
Target penggunaAnak-anak dan dewasa
1

Cap Tiga JempolMinyak Rambut Pembasmi Kutu

Mulai dari Rp 50.000,00

JenisCairan
Isi100 ml
KandunganMinyak kelapa dan ramuan herbal
Target penggunaAnak-anak dan orang dewasa

Tabel perbandingan produk obat kutu rambut

Gambar produk
1
Cap Tiga Jempol Minyak Rambut Pembasmi Kutu 1

Cap Tiga Jempol

2
Combiphar PediTox Permethrin 1% 1

Combiphar

3
Shirami Shampoo 1

Shirami

4
TumoKLIN Obat Kutu Rambut 1

TumoKLIN

5
Nabila Sampo Anti Kutu Rambut 1

Nabila

6
Lissa-Qu  Herbal Anti Kutu & Lisa 1

Lissa-Qu

7
Anti Kutu Family Care Anti Lice Shampoo 1

Anti Kutu

8
DexTox Exterminate Head Lice Kids Edition 1

DexTox

9
Nosuri Super Tonic Obat Kutu Rambut  1

Nosuri

10
Zaitunc Anti Head Lice & Nits 1

Zaitunc

Nama produk

Minyak Rambut Pembasmi Kutu

PediTox Permethrin 1%

Shampoo

Obat Kutu Rambut

Sampo Anti Kutu Rambut

Herbal Anti Kutu & Lisa

Family Care Anti Lice Shampoo

Exterminate Head Lice Kids Edition

Super Tonic Obat Kutu Rambut

Anti Head Lice & Nits

Keunggulan

Tidak berbau dan aman untuk rambut

Obat kutu rambut legendaris! Kutu rambut tidak akan balik lagi

Tanpa pestisida, tetapi tetap ampuh membasmi kutu rambut

Wanginya segar di kepala

Tampil lebih fresh dengan kemasan baru

Perpaduan daun sirsak dan mengkudu ternyata ampuh mengusir kutu!

Kutu hilang, rambut anak jadi lebih subur

Basmi kutu rambut di kepala anak dengan kilat

Pembasmi kutu dalam bentuk tonic! Bisa untuk menyembuhkan luka di kepala juga

Menghilangkan kutu tanpa menimbulkan rasa terbakar di kepala

Harga mulai dariRp 50.000,00Rp 8.200,00Rp 150.000,00Rp 20.000,00Rp 21.000,00Rp 25.000,00Rp 20.000,00Rp 140.000,00Rp 129.000,00Rp 108.000,00
JenisCairanLosionSampoCairan semprotSampoLosionSampoCairanLosionCairan
Isi100 ml50 ml100 ml20 ml60 ml60 ml60 ml100 ml30 ml100 ml
KandunganMinyak kelapa dan ramuan herbalPermethrin 1%Allium cepa (bawang merah), olive oil, ekstrak lemon, kemiriAL 10%, Pipturus argenteus10%, pewangi, astirin, sereh, sirih, tehEkstrak bawang merah, kemiri, olive oil, ekstrak lemonEkstrak mengkudu dan sirsakWater, sodium lauryl ether sulfate, citric acid, anticeptic, concetrat, fragrance, sodium sulfate, sidr extractTidak ada keteranganElseis guineensis oil, Mella azadirachta seed oil, Cocos nucifera oil, Cymbopogon nardus oil, Olea europaea il unsaponiflablesCocos nucifera oil, Olive fruit oil, Lavandula angustifolia oil, Melaleuca alternafolia leaf oil, Pimpinella anisum seed oil, Melia azadirachta seed oil
Target penggunaAnak-anak dan orang dewasaAnak-anak dan dewasaAnak-anak dan dewasaOrang dewasaAnak-anak dan orang dewasaOrang dewasaAnak-anakAnak-anak usia di atas 1 tahunAnak-anakAnak-anak dan orang dewasa
Tautan produk

Pertanyaan seputar penyakit kutu rambut

Pertanyaan seputar penyakit kutu rambut

Selain tentang obat kutu rambut, banyak orang bertanya-tanya tentang cara pencegahannya. Ada juga mitos bahwa kutu rambut bisa hilang dengan sendirinya. Benarkah demikian? Simak selengkapnya di sini.

Bagaimana cara mencegah munculnya kutu rambut?

Cara mencegah kutu rambut adalah dengan memperhatikan kebersihan diri serta alat yang Anda gunakan. Berikut ini tipsnya.


Merawat kebersihan rambut:

  • Keramas minimal dua kali sehari.
  • Gunakan hair net atau penutup rambut jika bepergian dengan transportasi umum yang padat massa.
  • Jaga jarak dengan orang yang mengidap kutu rambut.
  • Jangan malas menyisir rambut. Jika ditemukan adanya kutu rambut, segeralah obati.

Menjaga kebersihan alat yang Anda gunakan:

  • Rutin mengganti sprei, selimut, bantal, atau karpet yang Anda gunakan di rumah.
  • Jangan berbagi sisir, topi, mantel, atau aksesori rambut lainnya. Gunakan milik Anda sendiri.
  • Rutin merendam dan mencuci sikat rambut, sisir, jepit rambut, dan bando dengan air hangat.

Apakah kutu rambut bisa menyerang orang dewasa?

Ya, bisa. Meskipun lebih banyak menyerang anak-anak, kutu rambut juga bisa muncul di kepala orang dewasa. Penyebaran bisa terjadi jika orang tersebut tinggal berdekatan dengan orang yang mengidap kutu rambut. Faktor lainnya adalah orang tersebut tidak terlalu menjaga kebersihan badannya.

Apakah kutu rambut bisa hilang dengan sendirinya?

Kutu rambut tidak bisa hilang tanpa diberikan obat atau sampo. Kutu rambut dewasa memang hanya bisa bertahan beberapa hari di kepala orang dewasa. Namun, ia akan meninggalkan larva atau telur kutu yang siap berkembang biak. Siklus tersebut akan berulang dan makin banyak jika dibiarkan saja tanpa pengobatan.

Baca juga rekomendasi produk kesehatan rambut lainnya di sini

Kami sudah pernah mengulas beberapa produk untuk menjaga kesehatan rambut. Selain itu, ada juga beberapa produk untuk mencegah kutu rambut menghinggapi peliharaan Anda. Klik tautannya di bawah ini untuk mengetahui informasinya.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan obat kutu rambut terbaik dari artikel ini? Dibandingkan mengobati, fokuslah untuk mencegah munculnya kutu rambut pada anak Anda dengan menjaga kebersihannya. Rutin keramas dengan sampo dua kali sehari bisa jadi langkah pencegahan yang baik.


Jika kutu rambut tetap muncul, pastikan Anda mempertimbangkan tips memilih obat kutu rambut dari kami. Perhatikan kandungan di dalamnya, cara penggunaan, serta keamanannya untuk anak-anak.

Artikel terkait

  • 10 Obat Diare - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021)
    10 Obat Diare - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021)
    Ada berbagai jenis gejala diare yang umum dialami orang, seperti mencret, mual, dan sakit perut. Obat diare biasanya ampuh mengatasi gejala-gejala tersebut. Untungnya, kini Anda bisa mendapatkan obat diare di warung ataupun di apotik. Agar tidak salah pilih, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih obat diare terbaik untuk dewasa dan anak.Produk-produk dari sejumlah merk terkenal, seperti Norit, Diatabs, Entrostop, dan Diapet juga akan kami rekomendasikan. Tidak lupa, temukan juga tips tambahan dari dokter umum, Annisa, di artikel ini. Pastikan Anda menyimaknya karena informasi ini akan berguna untuk Anda!
    Obat-obatan
    213.753 Views
  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Gatal (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Gatal (Terbaru Tahun 2021)
    Ketika musim kemarau tiba, tak jarang kondisi lingkungan menjadi kering serta berdebu sehingga menyebabkan mata gatal dan berair. Pada saat seperti ini, obat tetes mata untuk mata gatal bisa menjadi penyelamat. Namun, karena penyebab mata gatal sebenarnya bermacam-macam, mungkin akan membingungkan untuk memilih obat tetes mata yang tepat.Untuk itu, kali ini kami akan memberikan informasi mengenai penyebab mata gatal, kandungan obat tetes mata yang tepat untuk mengobatinya, dan memberikan rekomendasi produknya. Ada obat tetes mata yang bagus, seperti dari merk Visine, Insto, Rohto, dan lainnya. Simak pembahasannya berikut ini!
    Obat-obatan
    135.112 Views
  • 10 Obat Pereda Nyeri - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021)
    10 Obat Pereda Nyeri - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021)
    Saat rasa sakit menghampiri, obat pereda nyeri (painkiller) bisa dikonsumsi. Obat pereda nyeri dapat meringankan berbagai keluhan, seperti sakit kepala, nyeri haid, serta sakit gigi. Berbagai merek obat pereda nyeri di pasaran, seperti Panadol, Bodrex, hingga Bintang Toedjoe, bisa dengan mudah ditemukan.Bagaimana cara menemukan obat pereda nyeri yang sesuai dengan keluhan Anda? Tenang saja. Bersama ahlinya, yakni dr. Floriyani Indra Putri, kami akan membahas cara memilih obat pereda nyeri. Sepuluh rekomendasi obat pereda nyeri yang bagus juga akan review di sini. Mari simak sampai akhir, ya!
    Obat-obatan
    147.003 Views
  • 9 Rekomendasi Obat Kutu Air - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    9 Rekomendasi Obat Kutu Air - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Rasa gatal di tangan, telapak kaki, dan jari-jari kaki sering kali merupakan gejala dari kutu air. Hal ini dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Apalagi jika Anda sudah mencoba berbagai obat, tetapi tidak ada yang efektif menghilangkan kutu air.Pemilihan obat kutu air yang ampuh tergantung pada jenis kutu air, area kulit yang terinfeksi, hingga kondisi penderita. Kami akan membahas cara memilih dan merekomendasikan beberapa merek obat kutu air, seperti Daktarin, Fungiderm, Kalpanax, dan sebagainya. Simak juga komentar dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Andina Bulan Sari. Selamat membaca!
    Obat-obatan
    104.330 Views
  • 10 Rekomendasi Salep Jerawat (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Salep Jerawat (Terbaru Tahun 2021)
    Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sering muncul. Selain mengganggu penampilan, jerawat terkadang menimbulkan rasa sakit yang bisa membuat Anda merasa tidak nyaman. Salah satu cara efektif untuk mengatasi masalah jerawat adalah menggunakan salep jerawat.Pada artikel kali ini, secara khusus kami akan membahas tentang salep jerawat, mulai dari tips memilih hingga rekomendasi produknya. Kami akan memilihkan sepuluh produk yang bisa Anda jadikan referensi dari berbagai produsen ternama, seperti Sebamed, Bioderma, dan COSRX. Kualitasnya pasti tidak akan mengecewakan! Baca artikel ini sampai habis, ya!
    Obat-obatan
    38.933 Views
  • 10 Rekomendasi Obat Maag (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Obat Maag (Terbaru Tahun 2021)
    Penyakit maag atau lambung bukanlah gangguan medis yang asing dan cenderung dekat dengan masyarakat Indonesia. Tidak heran apabila di pasaran tersedia berbagai merk obat maag, antara lain Mylanta, Promag, atau Inpepsa. Jenisnya pun cukup bervariasi seperti obat maag cair dan obat maag tablet.Meskipun tersedia dalam beragam pilihan, tidak semua orang dapat menemukan obat maag yang dibutuhkan dengan mudah. Beberapa di antara Anda mungkin kebingungan saat memilihnya. Untuk itu, berikut ini kami akan memberikan rekomendasi obat maag beserta penjelasan singkat tentang cara memilihnya. Selamat menyimak!
    Obat-obatan
    10.689 Views
  • 10 Obat Pilek untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021)
    10 Obat Pilek untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021)
    Anak-anak bisa lebih sering mengalami pilek. Pilek biasanya menjadi alasan utama anak berobat ke dokter atau tidak masuk sekolah. Sebagai orang tua, penting sekali bagi Anda mengenali pilihan obat pilek untuk anak.Di pasaran tersedia berbagai merek obat pilek, antara lain Rhinos Junior, Proris, serta Purekids. Supaya memudahkan Anda memilih obat pilek untuk anak, berikut ini kami berikan tips memilihnya. Simak sampai akhir karena kami juga akan memberikan rekomendasi obat pilek yang dapat Anda pilih. Selain itu, artikel ini juga sudah ditinjau oleh dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba.
    Obat-obatan
    82.457 Views
  • 10 Rekomendasi Produk Kimia Farma (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Kimia Farma (Terbaru Tahun 2021)
    Obat-obatan dan suplemen merupakan produk penting untuk menunjang kesehatan sehari-hari. Di antara banyaknya produsen obat-obatan yang ada, Kimia Farma merajai pasar di Indonesia. Produk-produk dari Kimia Farma dapat Anda temukan di apotek Kimia Farma terdekat sampai e-commerce.Kali ini kami akan memberikan tips dalam memilih produk Kimia Farma. Agar Anda lebih mengenal produknya, simaklah rekomendasi produk yang kami sajikan. Marcks, Venus, Asifit, Magasida, sampai Fituno ada dalam rekomendasi kami. Tak perlu berlama-lama lagi, langsung saja simak artikel ini sampai habis, ya.
    Obat-obatan
    2.627 Views
  • 10 Cairan Pembersih Luka - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021)
    10 Cairan Pembersih Luka - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021)
    Cairan pembersih luka adalah cairan untuk mensterilkan serta membersihkan kotoran dari area luka. Cairan ini penting karena dapat membantu pemulihan luka Anda. Anda bisa menemukan berbagai produk cairan pembersih luka di pasaran. Namun, beberapa di antaranya justru bisa membuat luka Anda makin parah, lho!Agar Anda mendapatkan cairan pembersih luka yang bagus dan aman, simak cara memilihnya di bawah ini. Kami juga akan membahas sepuluh cairan pembersih luka dari berbagai merek, seperti Hansaplast, Betadine, Killbac, dan lainnya. Tentunya, artikel ini juga sudah ditinjau oleh dokter umum, dr. Afriyani Khusna. 
    Obat-obatan
    10.088 Views
  • 10 Rekomendasi Obat Panas Dalam (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Obat Panas Dalam (Terbaru Tahun 2021)
    Mengalami panas dalam di tengah pandemi COVID-19 seperti ini tentu membuat orang jadi was-was. Tenang saja, jika Anda atau anak Anda mengalami panas dalam, sediakan obatnya di rumah. Kami akan membahas beberapa produk obat panas dalam yang bagus dan paling mujarab. Anda juga bisa menemukannya dengan mudah di marketplace atau apotek.Jenisnya pun bermacam-macam, ada vitamin, madu, hingga tablet effervescent. Kami akan merekomendasikan obat panas dalam dari merek terbaik, misalnya Adem Sari dan Larutan Penyegar Cap Kaki Tiga. Yuk, simak artikel ini!
    Obat-obatan
    260 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah (Terbaru Tahun 2021)
    Pernahkah Anda merasa mata memerah, kering, serta penglihatan menjadi kabur? Munculnya gejala-gejala tersebut bisa jadi karena Anda mengalami mata lelah. Mata lelah bisa diakibatkan terlalu lama menatap layar televisi, komputer, atau smartphone. Untuk itu, gunakanlah obat tetes mata yang efektif mengatasi mata lelah.Namun, banyaknya obat tetes mata yang beredar di pasaran mungkin membuat Anda bingung saat memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih obat tetes mata untuk mata lelah sekaligus merekomendasikan produk pilihan. Produk-produk dari merk ternama, seperti Insto, Rohto, serta Visine pun tak luput kami ulas.
    Obat-obatan
    163.673 Views
  • 10 Obat Flu - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021)
    10 Obat Flu - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda sedang mengalami bersin-bersin, hidung tersumbat, atau meriang? Jika ya, mungkin Anda sedang terkena flu. Anda perlu segera mengonsumsi obat flu yang bagus. Anda bisa menemukan beragam obat flu di pasaran. Ada jenis obat flu biasa, obat flu dan batuk, hingga obat flu yang tidak menyebabkan kantuk.Kami akan mengulas berbagai hal yang perlu diperhatikan ketika hendak membeli obat flu. Anda juga dapat menyimak rekomendasi obat flu, mulai dari produk dari merek Panadol, Bodrex, Procold, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba.
    Obat-obatan
    552.928 Views
  • 10 Obat Pilek untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021)
    10 Obat Pilek untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021)
    Anak-anak bisa lebih sering mengalami pilek. Pilek biasanya menjadi alasan utama anak berobat ke dokter atau tidak masuk sekolah. Sebagai orang tua, penting sekali bagi Anda mengenali pilihan obat pilek untuk anak.Di pasaran tersedia berbagai merek obat pilek, antara lain Rhinos Junior, Proris, serta Purekids. Supaya memudahkan Anda memilih obat pilek untuk anak, berikut ini kami berikan tips memilihnya. Simak sampai akhir karena kami juga akan memberikan rekomendasi obat pilek yang dapat Anda pilih. Selain itu, artikel ini juga sudah ditinjau oleh dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba.
    Obat-obatan
    82.449 Views
  • 10 Rekomendasi Obat Penghilang Nyeri Otot (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Obat Penghilang Nyeri Otot (Terbaru Tahun 2021)
    Nyeri otot dan sendi, pegal linu, serta otot kaku merupakan kondisi umum yang bisa menyerang seluruh bagian tubuh. Pada umumnya, kondisi ini bisa diobati dengan terapi atau dengan obat pegal linu di apotik. Namun, apakah Anda tahu cara memilih obat penghilang nyeri otot yang tepat?Kali ini kami akan membagikan rekomendasi produk dari berbagai merk, seperti Counterpain, Panadol, dan Salonpas. Temukan juga tips tambahan dari dokter spesialis kedokteran dan olahraga, dr. Andhika Raspati. Baca juga cara memilih obat pereda nyeri otot yang sesuai dengan kondisi Anda. Silakan disimak!
    Obat-obatan
    271.057 Views
  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Kering (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Kering (Terbaru Tahun 2021)
    Di zaman serba digital seperti sekarang, manusia sangat bergantung pada penggunaan gadget, misalnya smartphone dan laptop. Belum lagi penggunaan lensa kontak juga semakin populer. Ketergantungan pada gadget dan lensa kontak dapat memengaruhi kesehatan mata, salah satunya adalah mata kering.Cara mengatasi kondisi tersebut adalah Anda perlu menggunakan obat tetes mata. Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai cara memilih obat tetes mata untuk mengatasi mata kering. Beberapa produk terkenal dari berbagai merk, seperti Insto, Rohto, dan Cendo Lyteers akan kami rekomendasikan untuk Anda. Yuk, simak selengkapnya!
    Obat-obatan
    123.530 Views
  • 10 Rekomendasi Lotion Anti Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lotion Anti Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Denging suara nyamuk yang beterbangan bisa mengganggu tidur. Apalagi ditambah gigitannya yang menyebabkan bentol dan gatal. Tak hanya itu, nyamuk juga bisa menjadi sumber penyakit seperti malaria atau demam berdarah. Salah satu cara untuk mengusir nyamuk pergi adalah dengan memakai losion antinyamuk.Ada banyak losion antinyamuk yang memiliki keunggulannya masing-masing, sebut saja Soffel, Autan, atau Caladine. Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih losion antinyamuk serta merekomendasikan beberapa produk terbaik. Jadikanlah artikel ini sebagai acuan untuk menemukan losion antinyamuk yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Obat-obatan
    45.799 Views
  • 10 Obat Batuk untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021)
    10 Obat Batuk untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021)
    Suara batuk buah hati sudah pasti tidak bisa Anda abaikan. Pada saat seperti itu, Anda tentu akan mencari obat untuk meredakan batuk anak dengan segera. Banyak varian obat batuk anak di pasaran, seperti keluaran merek Anakonidin, OBH Combi Anak, serta Actifed.Anda pastinya tidak ingin si kecil mengalami efek samping yang tidak diinginkan dari obat yang diberikan. Kami akan memberikan tips memilih obat batuk untuk anak serta rekomendasi produknya. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba, agar Anda mudah menemukan obat yang sesuai. Selamat memilih!
    Obat-obatan
    19.933 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori