• 10 Rekomendasi Film Sci-Fi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Film Sci-Fi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Film Sci-Fi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Film Sci-Fi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Film Sci-Fi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Film Sci-Fi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Film sci-fi atau science fiction adalah sebuah genre film yang melibatkan sains dan teknologi di dalam ceritanya. Keberadaan alien, perjalanan luar angkasa, robot, perjalanan waktu, superhero, dan post-apocalyptic adalah tema yang sering diangkat. 


Anda tidak perlu kebingungan untuk memilih film sci-fi yang hendak ditonton. Di artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi film sci-fi terbaik, mulai dari film sci-fi tahun 2020, 2019, hingga film tahun lawas. Anda bisa menontonnya di layanan streaming online semisal Netflix. Sebelumnya, mari simak cara memilih film sci-fi yang bagus dari kami berikut ini.

  • Pembaharuan terakhir: 01 November 2021
Daftar isi

Sekilas tentang film sci-fi

Sekilas tentang film sci-fi

Sains dan teknologi adalah dua komponen utama dalam film sci-fi. Oleh karena itu, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tidak ada batasnya menjadikan film-film sci-fi makin menarik. Dibarengi dengan imajinasi si pembuat cerita, Anda akan dibuat tercengang dengan cerita dan sinematografinya. 


Sci-fi sendiri kian menarik karena menabrak batas nalar manusia terhadap hal-hal sains yang sudah lumrah. Hal itulah yang membuat tema alien, time travel, cyborg, pesawat luar angkasa, dan sejenisnya umum dijadikan tema film sci-fi.

Cara memilih film sci-fi

Film sci-fi yang beredar di pasaran memiliki subgenre dan tema yang beragam. Untuk memudahkan Anda memilih film sci-fi terbaik, silakan simak penjelasan di bawah ini, ya!

Pilih berdasarkan subgenre yang Anda inginkan

Menonton film sci-fi akan lebih lengkap jika Anda mengetahui subgenre yang disajikan. Hal ini akan membuat pengalaman menonton lebih seru karena Anda sudah tahu subgenre film yang ditonton. Berikut beberapa subgenre yang umum ditemukan.

Sci-fi action: Keseruan aksi laga yang membuat Anda tercengang

Sci-fi action: Keseruan aksi laga yang membuat Anda tercengang

Biasanya, action menjadi sebuah subgenre yang menampilkan aksi-aksi seru sampai membuat Anda tidak mengedipkan mata. Terlebih lagi, ditambah dengan kehadiran teknologi canggih, latar yang fantastis, dan sosok dengan kekuatan super. 


Contoh film sci-fi yang menampilkan hal-hal di atas adalah The Matrix. Dirilis pada tahun 1999, The Matrix menjadi sorotan karena efek visual "bullet time" yang berkesan. Hal itu kemudian iikuti oleh film-film sci-fi action setelahnya. Di balik keseruan yang disajikan, film ini merupakan kritik terhadap kehidupan manusia yang makin bersaing dengan mesin.

Sci-fi thriller: Perpaduan kecanggihan teknologi, sains, dan jalan cerita mencekam

Sci-fi thriller: Perpaduan kecanggihan teknologi, sains, dan jalan cerita mencekam

Film dengan subgenre thriller menonjolkan cerita yang dapat memicu adrenaline rush di dalamnya. Terlebih lagi, jika dileburkan dalam film sci-fi yang mengandalkan kecanggihan teknologi dan ilmiah. Anda bisa merasakan perasaan thrilling yang berbeda sembari dihibur dengan teknologi mutakhir.

Sci-fi drama, romansa: Melibatkan perasaan dan emosi di situasi yang tidak biasa

Sci-fi drama, romansa: Melibatkan perasaan dan emosi di situasi yang tidak biasa

Melihat konflik sehari-hari di sebuah film akan terasa berbeda dalam film science fiction. Pasalnya, Anda serasa diajak bertualang ke sebuah tempat atau bahkan latar waktu yang sangat berbeda. Selain itu, terdapat juga tokoh-tokoh asing yang mampu menciptakan keterikatan emosi karena konflik yang dihadapi.


Untuk Anda penyuka film drama khususnya drama romantis, banyak film sci-fi yang mengusung subgenre tersebut. Passengers adalah salah satu film sci-fi dengan subgenre drama fiksi romantis.

Sci-fi komedi: Menekankan narasi humor dan jalan cerita ringan

Sci-fi komedi: Menekankan narasi humor dan jalan cerita ringan

Film sci-fi tidak melulu identik dengan hal-hal yang serius dan menegangkan. Anda juga bisa menemukan film sci-fi dengan balutan komedi di dalamnya. Sebetulnya, film sci-fi komedi ini sudah banyak diproduksi sejak lama. Salah satu film sci-fi comedy yang bisa Anda tonton adalah Guardians of the Galaxy.

Ketahui tema film yang akan ditonton

Ketahui tema film yang akan ditonton

Nah, setelah mengetahui subgenre yang dipilih, Anda juga dapat menentukan film sci-fi dari tema yang diangkat. Kami sudah menyediakan tema-tema yang biasanya dijadikan fokus cerita di bawah ini. 


  • Alien, salah satu tema film sci-fi yang menunjukkan kemajuan teknologi dan sains. Hal ini dikarenakan keberadaan alien sendiri yang masih dipertanyakan kebenarannya.

  • Time travel (perjalanan waktu), sebuah tema yang diangkat dari ilmu fisika mengenai teori relativitas oleh Einstein. Time travel pun masih menjadi bahan hangat yang dibicarakan para ilmuwan karena teori tersebut belum terbukti. 

  • Robot, film sci-fi dengan tema robot tidak pernah lekang oleh zaman. Tema ini menjadi sangat relevan karena kemajuan teknologi yang kian ahli menciptakan robot pintar di kehidupan nyata.

  • Luar angkasa, sama halnya seperti robot, tema film sci-fi tentang luar angkasa bukan hal yang baru. Perkembangan ilmiah dan teknologi yang canggih membuat tema ini tidak lagi hanya gimmick film, melainkan juga di dunia nyata.

  • Post-apocalyptic, film sci-fi dengan tema ini memiliki daya tarik sendiri. Hal ini lantaran adanya bencana alam, wabah, dan perang yang seolah telah menunjukkan tanda-tanda kehancuran Bumi. Oleh karena itu, tema ini menggambarkan kehidupan setelah Bumi hancur.

  • Superhero, kekuatan super di film superhero membuat penonton berimajinasi ingin memilikinya. Pasalnya, superhero ditunjukkan sebagai sosok kuat yang mempunyai kekuatan fantastis dan disenangi orang-orang.

Perhatikan review dari penonton

Perhatikan review dari penonton

Apabila Anda butuh diyakinkan dalam memilih film, tidak ada salahnya mencari tahu dari review penonton lain. Review penonton dapat menjadi tolok ukur menarik atau tidaknya sebuah film.


Meskipun begitu, Anda harus berhati-hati dalam membaca review karena terkadang terdapat review yang mengandung spoiler. Biasanya, mereka akan menaruh peringatan yang bertuliskan "spoiler alert" di bagian awal. 

Cek film yang memenangkan penghargaan

Cek film yang memenangkan penghargaan

Cara terakhir untuk memilih film sci-fi adalah mencari tahu film yang memenangkan penghargaan atau masuk nominasi. Hal ini cukup efektif karena menunjukkan suatu film telah melewati berbagai kualifikasi untuk bisa memenangkan penghargaan.


Di samping itu, terkadang terdapat kritikus film dan sineas yang telah berpengalaman di bidangnya turut memberikan komentar. Hal itu makin menunjukkan film-film yang memenangkan penghargaan ini memang layak ditonton.

10 Rekomendasi film sci-fi terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh film sci-fi terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review penonton. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di IMDb.

10

Lightstorm Entertainment, RatPac-Dune Entertainment, Ingenious MediaAvatar

SubgenreAdventure, action
TemaArtificial world
PenghargaanGolden Globe Awards, Academy Awards, British Academy of Film and Television Arts, Critics' Choice Awards, Saturn Awards
Tahun2009
Kategori usia13+
Rating di IMDb7,8 dari 10
9

Phoenix Pictures, Virago Productions, Mythology Entertainment, Skydance TelevisionAltered Carbon

SubgenreDrama, action
TemaPost-apocalyptic
Penghargaan17th Visual Effects Society Awards
Tahun2018-2020
Kategori usia18+
Rating di IMDb8 dari 10
8

Alcon Entertainment, Columbia Pictures, Bud Yorkin Productions, Torridon Films, 16:14 Entertainment, Thunderbird Entertainment, Scott Free ProductionsBlade Runner 2049

SubgenreAction, adventure
TemaArtificial Intelligence, robot
Penghargaan90th Academy Awards, 71st British Academy Film Awards
Tahun2017
Kategori Usia18+
Rating d IMDb8 dari 10
7

Scott Free Productions, Kinberg Genre, TSG EntertainmentThe Martian

SubgenreDrama
TemaSpace
PenghargaanGolden Globe Award
Tahun2015
Kategori usia16+
Rating di IMDb8 dari 10
6

Marvel StudioGuardians of The Galaxy

SubgenreAction, comedy
TemaSuperhero
PenghargaanCinemaCon Awards, Empire Awards, Hugo Awards, Critics' Choice Awards, Hollywood Film Awards, Saturn Awards
Tahun2014
Kategori usia13+
Rating di IMDb8 dari 10
5

Universal Pictures, Amblin EntertainmentJurassic Park

SubgenreAction
TemaApocalypse
PenghargaanHugo Awards, People's Choice Awards, Bambi Awards, 66thAcademy Awards
Tahun1993
Kategori usia13+
Rating di IMDb8,1 dari 10
4

Universal Pictures, Amblin EntertainmentBack to The Future

SubgenreDrama, comedy
TemaTime travel
PenghargaanAcademy Awards, People Choice's Awards, Hugo Awards
Tahun1985
Kategori usia13+
Rating di IMDb8,5 dari 10
3

21 Laps Entertainment, Monkey MassacreStranger Things

SubgenreThriller
TemaPost-apocalyptic
PenghargaanGrammy Awards, Academy Awards, Saturn Awards, Golden Globe Awards
Tahun2016-2019
Kategori usia16+
Rating di IMDb8,7 dari 10
2

Warner Bros, Village Roadshow Pictures, Groucho II Film Partnership, Silver PicturesThe Matrix

SubgenreAction
TemaRobot, apocalypse
PenghargaanEmpire Awards, Academy Awards, Saturn Award
Tahun1999
Kategori usia18+
Rating di IMDb8,7 dari 10
1

Wiedemann & Berg TelevisionDark

SubgenreThriller
TemaPost-apocalyptic
PenghargaanGerman Television Academy Awards
Tahun2017-2020
Kategori usia18+
Rating di IMDb8,8 dari 10

Tabel perbandingan film sci-fi terbaik

Gambar produk
1
Wiedemann & Berg Television Dark 1

Wiedemann & Berg Television

2
Warner Bros, Village Roadshow Pictures, Groucho II Film Partnership, Silver Pictures The Matrix 1

Warner Bros, Village Roadshow Pictures, Groucho II Film Partnership, Silver Pictures

3
21 Laps Entertainment, Monkey Massacre Stranger Things 1

21 Laps Entertainment, Monkey Massacre

4
Universal Pictures, Amblin Entertainment Back to The Future 1

Universal Pictures, Amblin Entertainment

5
Universal Pictures, Amblin Entertainment Jurassic Park 1

Universal Pictures, Amblin Entertainment

6
Marvel Studio Guardians of The Galaxy 1

Marvel Studio

7
Scott Free Productions, Kinberg Genre, TSG Entertainment The Martian 1

Scott Free Productions, Kinberg Genre, TSG Entertainment

8
Alcon Entertainment, Columbia Pictures, Bud Yorkin Productions, Torridon Films, 16:14 Entertainment, Thunderbird Entertainment, Scott Free Productions Blade Runner 2049 1

Alcon Entertainment, Columbia Pictures, Bud Yorkin Productions, Torridon Films, 16:14 Entertainment, Thunderbird Entertainment, Scott Free Productions

9
Phoenix Pictures, Virago Productions, Mythology Entertainment, Skydance Television Altered Carbon 1

Phoenix Pictures, Virago Productions, Mythology Entertainment, Skydance Television

10
Lightstorm Entertainment, RatPac-Dune Entertainment, Ingenious Media Avatar 1

Lightstorm Entertainment, RatPac-Dune Entertainment, Ingenious Media

Nama produk

Dark

The Matrix

Stranger Things

Back to The Future

Jurassic Park

Guardians of The Galaxy

The Martian

Blade Runner 2049

Altered Carbon

Avatar

Keunggulan

Menyingkap perjalanan waktu penuh misteri

Film sci-fi action dengan adegan khas "bullet time"

Menguak misteri hilangnya anak-anak di "Upside Down"

Salah satu film time travel yang wajib Anda tonton!

Tidak membosankan meski ditonton berulang kali

Nikmati tingkah laku jenaka dari para superhero ini!

Penjelajahan ke luar angkasa dengan alur yang ringan dan menghibur

Salah satu sequel film sci-fi action yang paling ditunggu!

Memperlihatkan bahwa kematian hanyalah sebuah konsep

Petualangan sekelompok manusia di Planet Pandora

SubgenreThrillerActionThrillerDrama, comedyActionAction, comedyDramaAction, adventureDrama, actionAdventure, action
TemaPost-apocalypticRobot, apocalypsePost-apocalypticTime travelApocalypseSuperheroSpaceArtificial Intelligence, robotPost-apocalypticArtificial world
PenghargaanGerman Television Academy AwardsEmpire Awards, Academy Awards, Saturn AwardGrammy Awards, Academy Awards, Saturn Awards, Golden Globe AwardsAcademy Awards, People Choice's Awards, Hugo AwardsHugo Awards, People's Choice Awards, Bambi Awards, 66thAcademy AwardsCinemaCon Awards, Empire Awards, Hugo Awards, Critics' Choice Awards, Hollywood Film Awards, Saturn AwardsGolden Globe Award90th Academy Awards, 71st British Academy Film Awards17th Visual Effects Society AwardsGolden Globe Awards, Academy Awards, British Academy of Film and Television Arts, Critics' Choice Awards, Saturn Awards
Tahun2017-202019992016-2019198519932014201520172018-20202009
Kategori usia18+18+16+13+13+13+16+18+18+13+
Rating di IMDb8,8 dari 108,7 dari 108,7 dari 108,5 dari 108,1 dari 108 dari 108 dari 108 dari 108 dari 107,8 dari 10
Tautan produk

Baca juga rekomendasi film dan drama serial lainnya di sini

Selain film sci-fi yang telah disebutkan, kami juga menyediakan rekomendasi film dan drama serial lainnya di bawah ini. Anda bisa memilih dan menonton film yang diinginkan melalui layanan streaming online kesayangan. Jika penasaran, segera klik tautan di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Bagaimana dengan penjelasan di atas? Apakah Anda sudah menemukan film sci-fi yang akan ditonton? Menentukan film sci-fi yang tepat akan membuat Anda terhibur dan menambah wawasan. Anda pun jadi turut berimajinasi dengan sajian kecanggihan teknologi yang dipadukan dengan ilmu pengetahuan.


Semoga artikel ini bisa membantu Anda menemukan film yang tepat. Jangan lupa ajak teman untuk bisa mendiskusikan film yang dipilih agar lebih seru. Selamat menonton! 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Anime China Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Anime China Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Beberapa tahun terakhir anime China mulai mengemuka, menyusul anime lainnya dari Jepang dan Korea Selatan. Gambarnya makin matang dan ceritanya pun makin kuat. Judul-judul anime China yang bagus dengan berbagai jenis genre mulai mudah ditemukan di Indonesia.Bagi Anda penggemar anime China atau sekadar ingin menjajal menonton, kami akan menyajikan cara memilih anime China terbaik. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa judul anime China, seperti Legend of Exorcism, New Gods: Nezha Reborn, dan lainnya. Apabila Anda berniat menghabiskan waktu luang dengan menonton anime China, silakan baca artikelnya sampai tuntas!
    Film
  • 10 Rekomendasi Drama China Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Drama China Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Menonton drama merupakan salah satu cara mengisi waktu luang saat harus di rumah saja. Salah satu yang dapat disaksikan adalah drama China yang banyak ditayangkan di layanan streaming global. Selain genre yang beragam, cerita yang tidak biasa juga menjadi pilihan banyak orang menonton drama China.Pada artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa rekomendasi drama China yang bagus untuk Anda. Kami akan merekomendasikan beberapa genre seperti drama romantis, drama kerajaan, atau pun drama dengan tampilan modern untuk Anda. Jadi, apabila Anda sedang bosan dan kehabisan tontonan, ikuti kami, ya!
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Perang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Film Perang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Film perang identik dengan ketegangan aksi dan drama kemanusiaan. Kisahnya kerap menyayat hati sekaligus penuh gelora berkat semangat patriotik yang diusungnya. Alhasil, menonton film perang kerap menimbulkan perasaan yang campur-aduk.Ada banyak film perang yang bagus dan juga layak ditonton. Nah, kami akan menyajikan cara memilih diikuti rekomendasi film perang terbaik, seperti Inglourious Basterds, The King, serta Jojo Rabbit. Anda bisa menikmati film-film tersebut di Netflix, Viu, maupun Disney+ Hotstar. Silakan pilih film kesukaan Anda, tentunya dengan mempertimbangkan cara memilih di bawah ini.
    Film
  • 9 Rekomendasi Film Shahrukh Khan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    9 Rekomendasi Film Shahrukh Khan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Dijuluki King of Bollywood, Shahrukh Khan memang layak menjadi ikon industri perfilman India. Kemampuan aktingnya tak diragukan lagi. Sederet judul film dari berbagai genre mencantumkan namanya sebagai pemeran utama. Sebut saja Kabhi Khushi Kabhi Gham, Don, Kal Ho Naa Ho, dan masih banyak lagi.Di artikel ini kami akan memberikan tips memilih film Shahrukh Khan yang bagus. Kami juga menyajikan sepuluh rekomendasi film Shahrukh Khan terbaik dari beragam genre. Film-film pilihan tersebut dapat Anda tonton melalui streaming legal Netflix. Yuk, baca artikel ini sampai selesai!
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Psikopat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Film Psikopat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ternyata, ketika menonton film yang menakutkan, otak kita merilis dopamine yang justru membuat kita senang. Hal tersebut diduga sebagai alasan manusia menyukai film psikopat. Tidak heran jika dari waktu ke waktu, berbagai rumah produksi berusaha menghadirkan film psikopat terbaik.Tidak hanya dari Hollywood, Anda juga bisa menikmati film psikopat Korea ataupun film psikopat Indonesia. Ada banyak judul film psikopat sadis yang menarik untuk ditonton, misalnya Shutter Island dan Memoir of A Murderer. Agar Anda lebih mudah menemukan film psikopat yang bagus, coba simak tips memilih dan rekomendasi berikut ini.
    Film
  • 10 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Genre isekai menceritakan tentang tokoh utama yang terpanggil ke dunia lain. Genre ini menyajikan kisah petualangan dan adegan penuh aksi. Pencinta anime pasti sudah sangat familier dengan anime isekai. Karena itu, artikel ini secara khusus membahas rekomendasi anime isekai terbaik.Cara memilih anime isekai akan kami bahas untuk membantu Anda menentukan pilihan. Rekomendasi anime isekai yang bagus, seperti Sword Art Online, Ni No Kuni, dan The Rising of The Shield Hero, akan Anda temukan pada artikel ini. Oleh karena itu, pastikan Anda membaca hingga akhir, ya!
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Dokumenter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Film Dokumenter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Hiburan dalam bentuk film memiliki banyak ragam dan genre yang bisa Anda nikmati sesuai dengan preferensi masing-masing. Salah satu film yang tidak kalah menarik untuk dinikmati adalah film dokumenter. Anda bisa menjadikan film dokumenter sebagai pilihan jika bosan dengan film drama atau action.Kali ini, kami akan mengulas cara memilih film dokumenter terbaik dan merekomendasikan filmnya untuk Anda. Anda akan menemukan film dokumenter dewasa dan juga sejarah. Anda bisa menonton film dokumenter Netflix atau di media streaming lainnya. Penasaran, kan? Yuk, simak selengkapnya artikel ini!
    Film
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori