1. TOP
  2. Hobi
  3. Film
  4. 10 Rekomendasi Film Sci-Fi Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Film Sci-Fi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Film Sci-Fi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Film Sci-Fi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Film Sci-Fi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Film Sci-Fi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Film Sci-Fi Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Film sci-fi atau science fiction adalah sebuah genre film yang melibatkan sains dan teknologi di dalam ceritanya. Keberadaan alien, perjalanan luar angkasa, robot, perjalanan waktu, superhero, dan post-apocalyptic adalah tema yang sering diangkat. 


Anda tidak perlu kebingungan untuk memilih film sci-fi yang hendak ditonton. Di artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi film sci-fi terbaik, seperti The Prey, 1899, dan Sri Asih. Anda bisa menontonnya di layanan streaming online semisal Netflix. Sebelumnya, mari simak cara memilih film sci-fi terbaru yang bagus dari kami berikut ini.

Diperbaharui 03-31-2023
Ario Pamungkas
Penyunting
Editor mybest Indonesia

Ario Pamungkas memiliki pengalaman bekerja lebih dari 10 tahun sebagai seorang profesional di industri retail, FMCG, serta food & beverage. Work experience dan latar belakang yang dimiliki membuatnya fasih untuk mengenali daya tarik produk dan kecocokannya dengan kebutuhan pasar. Tertarik untuk mengenal lebih dalam karakteristik pasar Indonesia sekaligus meningkatkan produktivitas, ia pun bergabung dengan mybest Indonesia.

Profil Ario Pamungkas
Lanjut membaca
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan popularitasnya di IMDb. (Diperbaharui pada 31 Maret 2023)

Sekilas tentang film sci-fi

Sekilas tentang film sci-fi

Sains dan teknologi adalah dua komponen utama dalam film sci-fi. Oleh karena itu, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tidak ada batasnya menjadikan film-film sci-fi makin menarik. Dibarengi dengan imajinasi si pembuat cerita, Anda akan dibuat tercengang dengan cerita dan sinematografinya. 


Sci-fi sendiri kian menarik karena menabrak batas nalar manusia terhadap hal-hal sains yang sudah lumrah. Hal itulah yang membuat tema alien, time travel, cyborg, pesawat luar angkasa, dan sejenisnya umum dijadikan tema film sci-fi.

Cara memilih film sci-fi

Film genre sci-fi yang beredar di pasaran memiliki subgenre dan tema yang beragam. Untuk memudahkan Anda memilih film sci-fi terbaik, silakan simak penjelasan di bawah ini, ya!

① Pilih subgenre film: Sci-fi action yang seru, sci-fi thriller yang mencekam, sci-fi drama yang emosional, dan sci-fi komedi yang lucu

Menonton film sci-fi akan lebih lengkap jika Anda mengetahui subgenre yang disajikan. Hal ini akan membuat pengalaman menonton lebih seru karena Anda sudah tahu subgenre film yang ditonton. Berikut beberapa subgenre yang umum ditemukan.

Sci-fi action: Keseruan aksi laga yang membuat Anda tercengang

Sci-fi action: Keseruan aksi laga yang membuat Anda tercengang

Biasanya, action menjadi sebuah subgenre yang menampilkan aksi-aksi seru sampai membuat Anda tidak mengedipkan mata. Terlebih lagi, Anda akan menemukan kehadiran teknologi canggih, latar yang fantastis, dan sosok dengan kekuatan super. 


Contoh film sci-fi yang menampilkan hal-hal di atas adalah Spiderman: No Way Home. Dengan bantuan CGI, gerakan-gerakan yang tampak mustahil dan sulit menjadi mudah diwujudkan dalam film. Teknologi ini banyak membantu pembuatan film-film sci-fi action.

Sci-fi thriller: Perpaduan kecanggihan teknologi, sains, dan jalan cerita mencekam

Sci-fi thriller: Perpaduan kecanggihan teknologi, sains, dan jalan cerita mencekam

Film dengan subgenre thriller menonjolkan cerita yang dapat memicu adrenaline rush di dalamnya. Terlebih lagi, jika dileburkan dalam film sci-fi yang mengandalkan kecanggihan teknologi dan ilmiah. Anda bisa merasakan perasaan thrilling yang berbeda sembari dihibur dengan teknologi mutakhir.

Sci-fi drama, romansa: Melibatkan perasaan dan emosi di situasi yang tidak biasa

Sci-fi drama, romansa: Melibatkan perasaan dan emosi di situasi yang tidak biasa

Melihat konflik sehari-hari di sebuah film akan terasa berbeda dalam film science fiction. Pasalnya, Anda serasa diajak bertualang ke sebuah tempat atau bahkan latar waktu yang sangat berbeda. Selain itu, terdapat juga tokoh-tokoh asing yang mampu menciptakan keterikatan emosi karena konflik yang dihadapi.


Untuk Anda penyuka film drama khususnya drama romantis, banyak film sci-fi yang mengusung subgenre tersebut. Sisyphus: The Myth adalah salah satu film sci-fi dengan subgenre drama fiksi romantis.

Sci-fi komedi: Menekankan narasi humor dan jalan cerita ringan

Sci-fi komedi: Menekankan narasi humor dan jalan cerita ringan

Film sci-fi tidak melulu identik dengan hal-hal yang serius dan menegangkan. Anda juga bisa menemukan film sci-fi dengan balutan komedi di dalamnya. Sebetulnya, film sci-fi komedi ini sudah banyak diproduksi sejak lama. Salah satu film sci-fi comedy yang bisa Anda tonton adalah TheMitchells vs. the Machines.

② Ketahui tema film: alien, time travel, robot, luar angkasa, post-apocalyptic, dan superhero

Ketahui tema film: alien, time  travel, robot, luar angkasa, post-apocalyptic, dan superhero

Nah, setelah mengetahui subgenre yang dipilih, Anda juga dapat menentukan film sci-fi dari tema yang diangkat. Kami sudah menyediakan tema-tema yang biasanya dijadikan fokus cerita di bawah ini. 


  • Alien, salah satu tema film sci-fi yang menunjukkan kemajuan teknologi dan sains. Hal ini dikarenakan keberadaan alien sendiri yang masih dipertanyakan kebenarannya.

  • Time travel (perjalanan waktu), sebuah tema yang diangkat dari ilmu fisika mengenai teori relativitas oleh Einstein. Time travel pun masih menjadi bahan hangat yang dibicarakan para ilmuwan karena teori tersebut belum terbukti. 

  • Robot, film sci-fi dengan tema robot tidak pernah lekang oleh zaman. Tema ini menjadi sangat relevan karena kemajuan teknologi yang kian ahli menciptakan robot pintar di kehidupan nyata.

  • Luar angkasa, sama halnya seperti robot, tema film sci-fi tentang luar angkasa bukan hal yang baru. Perkembangan ilmiah dan teknologi yang canggih membuat tema ini tidak lagi hanya gimmick film, melainkan juga di dunia nyata.

  • Post-apocalyptic, film sci-fi dengan tema ini memiliki daya tarik sendiri. Hal ini lantaran adanya bencana alam, wabah, dan perang yang seolah telah menunjukkan tanda-tanda kehancuran Bumi. Oleh karena itu, tema ini menggambarkan kehidupan setelah Bumi hancur.

  • Superhero, kekuatan super di film superhero membuat penonton berimajinasi ingin memilikinya. Pasalnya, superhero ditunjukkan sebagai sosok kuat yang mempunyai kekuatan fantastis dan disenangi orang-orang.

③ Perhatikan review dari penonton

Perhatikan review dari penonton

Apabila Anda butuh diyakinkan dalam memilih film, tidak ada salahnya mencari tahu dari review penonton lain. Review penonton dapat menjadi tolok ukur menarik atau tidaknya sebuah film.


Meskipun begitu, Anda harus berhati-hati dalam membaca review karena terkadang terdapat review yang mengandung spoiler. Biasanya, mereka akan menaruh peringatan yang bertuliskan "spoiler alert" di bagian awal. 

④ Cek film yang memenangkan penghargaan

Cek film yang memenangkan penghargaan

Cara terakhir untuk memilih film sci-fi adalah mencari tahu film yang memenangkan penghargaan atau masuk nominasi. Hal ini cukup efektif karena menunjukkan suatu film telah melewati berbagai kualifikasi untuk bisa memenangkan penghargaan.


Di samping itu, terkadang terdapat kritikus film dan sineas yang telah berpengalaman di bidangnya turut memberikan komentar. Hal itu makin menunjukkan film-film yang memenangkan penghargaan ini memang layak ditonton.

10 Rekomendasi film sci-fi terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh film sci-fi terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review penonton. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di IMDb.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Netflix Studios, Blur Studio

Love, Death & Robots

Netflix Studios, Blur Studio Love, Death & Robots 1枚目

Menawarkan beragam kisah yang bakal membekas selamanya

2

Columbia Pictures, Pascal Pictures, Marvel Studios

Spiderman: No Way Home (Extended Version)

Columbia Pictures, Pascal Pictures, Marvel Studios Spiderman: No Way Home (Extended Version) 1枚目

Menonton Spiderman dalam versi yang lebih utuh

3

Columbia Pictures, Sony Pictures Animation, Lord Miller Productions, One Cool Films

The Mitchells vs. The Machines

Columbia Pictures, Sony Pictures Animation, Lord Miller Productions, One Cool Films The Mitchells vs. The Machines 1枚目

Pertarungan sebuah keluarga melawan robot penghancur dunia

4

Dark Ways, Netflix

1899

Dark Ways, Netflix 1899 1枚目

Misteri hilangnya kapal uap yang bikin penasaran

5

Twentieth Century Fox

Alita: Battle Angel

Twentieth Century Fox Alita: Battle Angel 1枚目

Cyborg petarung dan misteri masa lalunya

6

Hyperobject Industries, Bluegrass Films

Don't Look Up

Hyperobject Industries, Bluegrass Films Don't Look Up 1枚目

Film tentang ancaman kehancuran bumi berbalut komedi satir

7

Netflix Animation

Apollo 10 1/2: A Space Age Childhood

Netflix Animation Apollo 10 1/2: A Space Age Childhood 1枚目

Film animasi luar angkasa yang tampilkan kisah pendaratan pertama di bulan

8

20th Century Studios, Davis Entertainment, Lawrence Gordon Productions

The Prey

20th Century Studios, Davis Entertainment, Lawrence Gordon Productions The Prey 1枚目

Ketika Naru dihadapkan pada dua pilihan: memburu atau diburu

9

Screenplay Bumilangit, SK Global, Legacy Pictures

Sri Asih

Screenplay Bumilangit, SK Global, Legacy Pictures Sri Asih 1枚目

Remaja superhero dalam film science fiction terbaru Indonesia

10

JTBC Studios, Drama House

Sisyphus: The Myth

JTBC Studios, Drama House Sisyphus: The Myth 1枚目

Romansa yang bersemi di antara perjalanan lintas waktu

Perincian produk
Close
No.1

Netflix Studios, Blur StudioLove, Death & Robots

Menawarkan beragam kisah yang bakal membekas selamanya

Gelar film sci-fi rating tertinggi ini jatuh pada Love, Death & Robot. Dirilis sejak 2019, serial ini merebut hati banyak orang hingga akhirnya terus diproduksi setiap tahun. Saking bagusnya, film ini meraih hingga total 26 penghargaan. Sepertinya, film ini bakal disebut film terbaik sepanjang masa. 


Ceritanya sendiri beragam dan membawa pesan yang kuat. Anda akan tertawa, menangis, ataupun merenung dibuatnya. Film ini cocok ditonton oleh Anda yang sedang butuh hiburan saat sedang menunggu atau menempuh perjalanan. Durasi per episodenya singkat saja, antara 9 hingga 20 menitan. Kontennya terkadang terasa vulgar. Jadi, pastikan Anda sudah cukup umur untuk menontonnya. 

No.2

Columbia Pictures, Pascal Pictures, Marvel StudiosSpiderman: No Way Home (Extended Version)

Menonton Spiderman dalam versi yang lebih utuh

Menjadi seorang superhero tidak selamanya menyenangkan, terutama jika identitas aslinya sampai terungkap. Itu pula yang dialami Peter Parker. Nasib orang-orang terdekatnya terancam. Alhasil, Peter terpaksa meminta bantuan Dr. Strange untuk menghapus ingatan orang-orang tentang dirinya. Namun, justru itulah awal segala masalah.


Film Spiderman: No Way Home sebetulnya sudah tayang pada 2021. Namun, karena animo dari masyarakat yang begitu tinggi, Sony Pictures, distributor film, memutuskan untuk menayangkan kembali pada 2022. Bedanya, film ini tampil tanpa adegan yang dipotong. Jika Anda ingin tahu ceritanya secara utuh, Anda bisa menonton extended version-nya.

No.3

Columbia Pictures, Sony Pictures Animation, Lord Miller Productions, One Cool FilmsThe Mitchells vs. The Machines

Pertarungan sebuah keluarga melawan robot penghancur dunia

Pernah bermimpi berada di ambang kiamat? The Mitchell pernah mengalaminya langsung! Kisah keluarga ini bermula dari perjalanan mengantar anak pertama mereka ke California untuk kuliah. Seraya menghadapi konflik internal antara ayah dan anak, The Mitchell harus berhadapan dengan robot jahat yang ingin memusnahkan manusia. 


Apesnya lagi, mereka juga yang menjadi harapan terakhir semua orang untuk menyelamatkan manusia dari kehancuran. Mampukah mereka menghentikan para robot tersebut? Saksikan kisah yang penuh komedi dan tingkah konyol para karakternya di tautan yang telah kami siapkan. Film ini sangat cocok ditonton bersama keluarga di rumah.

No.4

Dark Ways, Netflix1899

Misteri hilangnya kapal uap yang bikin penasaran

Sebuah kapal uap berisi para migran hilang di tengah laut secara misterius. Maura Franklin terobsesi mencari tahu ada apa di balik hilangnya kapal itu. Dia nekat pergi menyeberangi lautan dengan berbekal sepucuk surat dari kakaknya yang turut hilang dalam musibah kapal itu.

Di tengah laut, keanehan demi keanehan terjadi. Berawal dari munculnya kapal yang hilang hingga seorang bocah yang ditemukan selamat di dalamnya. Film fiksi ilmiah terbaru ini sangat cocok ditonton oleh Anda yang menyukai tema mind-bending. Anda akan dibuat sibuk memecahkan teka-teki yang bertaburan di mana-mana.
No.5

Twentieth Century FoxAlita: Battle Angel

Cyborg petarung dan misteri masa lalunya

Judul film robot petarung satu ini adalah Alita: Battle Angel. Film ini bercerita tentang seorang ilmuwan yang memperbaiki robot rusak yang kemudian ia namai Alita. Sang ilmuwan mencoba menutupi masa lalu Alita, tetapi hal ini membuatnya diliputi rasa ingin tahu. 


Di tengah pasukan jahat dan berbahaya yang mengendalikan kota, Alita perlahan mulai menemukan kembali serpihan masa lalunya. Kemampuan berkelahinya yang cukup unik menjadikan Alita incaran kelompok cyborg yang lain. Cyborg tersebut menganggap Alita sebagai mahakarya yang harus dihancurkan. Alita: Battle Angel cocok untuk Anda yang menyukai film bertema cyberpunk.

No.6

Hyperobject Industries, Bluegrass FilmsDon't Look Up

Film tentang ancaman kehancuran bumi berbalut komedi satir

Sikap cuek bisa menimbulkan masalah bagi siapa saja. Namun, bagaimana bila rasa tidak peduli berimbas pada hancurnya bumi? Hal inilah yang hendak diangkat dalam film yang membahas ancaman kiamat akhir zaman ini. Anda penggemar film bertema post-apocalyptic harus nonton, nih.


Kate dan Dr. Randall menemukan komet yang berpotensi menghabisi semua umat manusia di bumi. Informasi dan peringatan pun disampaikan mereka berdua kepada pihak berwenang dan media. Tidak hanya diacuhkan, ada pihak yang bahkan menjadikan informasi penting dari Dr. Randall dan Kate sebagai candaan. Lalu, apakah dunia berhasil selamat? Ikuti kisahnya dengan menonton film ini.

No.7

Netflix AnimationApollo 10 1/2: A Space Age Childhood

Film animasi luar angkasa yang tampilkan kisah pendaratan pertama di bulan

Kemeriahan yang timbul di dunia akibat pendaratan roket pertama di bulan bisa sulit terlupakan oleh banyak orang. Nah, film ini menggambarkan kembali kehebohan tersebut dari berbagai perspektif. Bergenre drama sekaligus film keluarga, Anda bisa menonton film tentang sains dan teknologi ini bersama anggota keluarga lain. Selain itu, animasi yang ditampilkan pun halus dan artistik. Anda yang menyukai film animasi dengan sentuhan nuansa klasik sebaiknya menonton film ini.

No.8

20th Century Studios, Davis Entertainment, Lawrence Gordon ProductionsThe Prey

Ketika Naru dihadapkan pada dua pilihan: memburu atau diburu

Jika Anda dulu pernah menonton film Predator dan terkagum-kagum dengan ceritanya, jangan sampai melewatkan The Prey. Sebagai salah satu prekuel, film ini menceritakan awal mula kehadiran predator di bumi. Seting waktu film ini ada di abad ke-18 dengan latar tempat di Amerika Utara. Anda akan diajak mengikuti kisah Naru, seorang gadis Indian Nomanche, yang mencoba mendobrak tradisi di sukunya. 


Ya, dia ingin menjadi pemburu padahal selama ini hanya kaum pria yang boleh berburu. Saat berjuang meraih impiannya, Naru harus menghadapi makhluk buas istimewa. Makhluk itu berburu manusia bukan untuk dimakan, tetapi sebagai permainan belaka! Film ini dilabeli usia 21+. Maklum, di dalamnya menampilkan adegan kekerasan dengan cukup vulgar. Jadi, siapkan jantung Anda saat menontonnya, ya.

No.9

Screenplay Bumilangit, SK Global, Legacy PicturesSri Asih

Remaja superhero dalam film science fiction terbaru Indonesia

Di tengah gempuran film sci-fi luar negeri, Indonesia juga tidak mau kalah. Menggali kearifan lokal, hadirlah Alana, remaja biasa yang punya keahlian bela diri dan suka menolong. Sayangnya, Alana tidak mampu menguasai amarahnya. Padahal, masalah pengelolaan diri itu mampu dia atasi agar kekuatannya bisa berkembang pesat. Untuk itu, dia harus berani menyibak tabir rahasia masa lalunya.


Jika Anda penasaran dengan kemampuan sineas lokal dalam menggarap tema sci-fi, artinya Anda harus menonton film ini. Skenarionya ditulis oleh Upi Avianto dan Joko Anwar. Para pemainnya pun bukan kaleng-kaleng, ada Pevita Pearce, Christine Hakim, Jefri Nichol, hingga Dimas Saputra, lho.

No.10

JTBC Studios, Drama HouseSisyphus: The Myth

Romansa yang bersemi di antara perjalanan lintas waktu

Apakah Anda penggemar film Korea yang juga tertarik dengan genre sci-fi? Kalau begitu, kami merekomendasikan serial film science fiction berjudul Sisyphus: The Myth. Film ini memotret perjalanan lintas waktu atau time travel yang penuh teka-teki. Anda akan mengikuti kisah Han Tae Sul, seorang ilmuwan jenius yang sedang menciptakan teknologi canggih bernama Pengunggah. 


Namun, hari-harinya yang tampak gemilang seketika lenyap ketika Kang Seo hae menghampirinya dari masa depan. Dibintangi Park Shin Hye dan Cho Seung Woo, Anda akan terhibur dengan kekuatan akting mereka, terutama saat adegan romance. Dijamin bikin jantung Anda ikut dag dig dug tak keruan.

Baca juga rekomendasi film dan drama serial lainnya di sini

Selain film sci-fi yang telah disebutkan, kami juga menyediakan rekomendasi film dan drama serial lainnya di bawah ini. Anda bisa memilih dan menonton film yang diinginkan melalui layanan streaming online kesayangan. Jika penasaran, segera klik tautan di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Bagaimana dengan penjelasan di atas? Apakah Anda sudah menemukan film sci-fi yang akan ditonton? Menentukan film sci-fi yang tepat akan membuat Anda terhibur dan menambah wawasan. Anda pun jadi turut berimajinasi dengan sajian kecanggihan teknologi yang dipadukan dengan ilmu pengetahuan.


Semoga artikel ini bisa membantu Anda menemukan film yang tepat. Jangan lupa ajak teman untuk bisa mendiskusikan film yang dipilih agar lebih seru. Selamat menonton! 

5 Rekomendasi Film Sci-Fi terbaik

No. 1Netflix Studios, Blur StudioLove, Death & Robots

No. 2Columbia Pictures, Pascal Pictures, Marvel StudiosSpiderman: No Way Home (Extended Version)

No. 3Columbia Pictures, Sony Pictures Animation, Lord Miller Productions, One Cool FilmsThe Mitchells vs. The Machines

No. 4Dark Ways, Netflix1899

No. 5Twentieth Century FoxAlita: Battle Angel

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer