• 10 Ban Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Ban Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Ban Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Ban Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Ban Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Ban Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)

Kini barang-barang otomotif mulai dijual di marketplace, bahkan Anda bisa membeli ban mobil di toko online. BridgestonDunlop, Michelin, Goodyear, Hankook, dan GT Radial adalah beberapa merek ban mobil yang bagus. Ban mobil dengan ring 14 dan ring 15 menjadi produk yang banyak dicari konsumen.


Ada beberapa poin penting untuk Anda perhatikan sebelum membeli mobil, seperti kode ban, ukuran, dan juga jenisnya. Kami juga akan merekomendasikan berbagai produk ban mobil yang bagus dalam banyak pilihan harga. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana. Selamat membaca, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Ayi Adiana
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Guru teknik otomotif, Ayi Adiana

Profil pakar: Guru teknik otomotif, Ayi Adiana
Ayi Adiana
Guru Teknik Otomotif
Ayi Adiana

Hobinya pada dunia otomotif sejak sekolah dasar membawa Ayi menjadi seorang sarjana teknik mesin. Ketertarikannya makin besar ketika orang tuanya memberikan sepeda motor dan mobil kepadanya saat masih SMA. Ia menjadikan sepeda motor dan mobil tersebut sebagai percobaan untuk mengobati rasa penasarannya dengan dunia otomotif.


Ayi menggunakan waktu senggangnya untuk menambah pengetahuan di setiap event otomotif saat masih kuliah. Ia membuka bengkel untuk menjual oli dan spare part, serta salon mobil dan motor pada 2011. Ia juga bekerja sebagai guru teknik otomotif di salah satu Sekolah Menengah Kejuruan Negeri.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih ban mobil

Memilih ban mobil yang tepat akan sangat membantu Anda selama di perjalanan. Kami akan berbagi tips memilih ban mobil yang sesuai dengan kendaraan Anda. Simak baik-baik, ya!

Pilih ban yang sesuai dengan mobil Anda

Poin pertama yang harus Anda perhatikan adalah memilih ban yang sesuai dengan mobil Anda. Tiap-tiap mobil pasti memiliki tipe dan ukuran ban tersendiri dari pabriknya. Kode ban mobil biasanya terdapat pada bagian plakat laci, pintu, ataupun dekat tutup tangki bahan bakar.


Selain itu, perhatikan juga kode huruf paling pertama dari ban. Huruf "P" berarti passenger atau mobil yang didesain untuk mengangkut penumpang. Berikutnya, ada kode "T" atau temporary yang merupakan ban cadangan. Artinya, Anda tak dapat menggunakan ban temporary secara terus-menerus.


Anda juga bisa menemukan ban mobil dengan kode "LT" atau light truck. Ban LT biasanya dibuat untuk mobil yang memuat barang bawaan daripada penumpang. Namun, dalam artikel kali ini kami lebih banyak merekomendasikan ban untuk mobil penumpang.

Pahami arti kode pada ban

Saat Anda memilih ban mobil, Anda akan diberi tahu kode bannya, misalnya 185/65 R15 88H. Kami akan menjelaskan tentang arti kode dari ban mobil tersebut.


  • Angka pertama menunjukkan lebar telapak ban dalam satuan milimeter. Peningkatan performa mobil akan dipengaruhi oleh lebar ban.

  • Angka berikutnya menunjukkan rasio ketebalan ban dan lebar telapak ban. Jika pada kode tersebut tertulis angka 65, berarti ketebalan bannya adalah 65% dari 185 mm. Makin tebal sebuah ban, makin terjaga pula keseimbangannya.

  • R15 menunjukkan diameter pelek dalam satuan inci. Huruf R berarti ring, radial, atau jari-jari lingkaran. Informasi ini terkait dengan diameter pelek atau velg ring mobil Anda. Jadi, Anda bisa memilih ban mobil dengan ring 14, ring 15, dan seterusnya.

  • Angka selanjutnya, 88, menunjukkan kapasitas maksimum beban. 

        Angka 62: 265 kg

        Angka 63: 272 kg

        Angka 64: 280 kg

        Angka 66: 300 kg

        Angka 68: 315 kg

        Angka 70: 335 kg

        Angka 73: 365 kg

        Angka 75: 387 kg

        Angka 80–89: 450–580 kg


  • Huruf terakhir menunjukkan kecepatan maksimal yang bisa ditanggung ban.

         Huruf P: 150 km/jam

         Huruf Q: 160 km/jam

         Huruf R: 170 km/jam

         Huruf S: 180 km/jam

         Huruf T: 190 km/jam

         Huruf H: 210 km/jam

         Huruf V: 240 km/jam

         Huruf W: 270 km/jam

         Huruf Y: >300 km/jam 


Arti kode ban ini penting untuk Anda ketahui. Dengan kode ini, Anda bisa menentukan ban mana yang sesuai dengan ukuran mobil Anda. Selain kode ukuran, pada ban juga ada kode tahun produksi. Kode produksi ini untuk mengetahui umur ban dari mulai diproduksi.

Sesuaikan jenis ban dengan medan perjalanan

Anda perlu memilih ban yang sesuai dengan medan yang Anda lalui. Ban untuk jalanan perkotaan tentu akan berbeda dengan ban untuk off road. Ada tiga jenis ban yang setidaknya bisa Anda pilih untuk medan yang Anda tempuh.


  • Jenis ban high terrain atau H/T lebih cocok untuk jalanan perkotaan. Jenis ban ini sangat sesuai digunakan untuk kendaraan sehari-hari di jalanan beraspal.

  • Jenis ban mud terrain atau M/T cocok untuk off road. Ban M/T mempunyai permukaan luar lebih kasar yang berfungsi untuk meningkatkan daya cengkeram ke permukaan tanah. Permukaan yang kasar juga memudahkan lumpur ataupun salju terlepas dari ban.

  • Jenis ban all terrain atau A/T pas untuk segala medan. Sesuai dengan namanya, ban A/T bisa dipakai di jalan beraspal sampai jalanan berlumpur ringan. Selain itu, ban A/T juga lebih baik digunakan di jalanan yang licin.

Perhatikan juga alur ban mobilnya

Perhatikan juga alur ban mobilnya

Alur pada ban berfungsi untuk meningkatkan gesekan pada permukaan jalan. Makin tinggi gesekan, makin rendah kemungkinan ban tergelincir. Ada beberapa model alur pada permukaan ban, yaitu simetris, asimetris, dan direksional.


  • Alur simetris memiliki alur yang sama baik untuk bagian luar dan dalam. Pola tapak bannya mengikuti tulang ban. Model alur yang searah membantu membuang air dan memberikan kenyamanan di jalan. Apabila Anda menggunakan kecepatan tinggi, sayangnya ban ini akan menimbulkan getaran tinggi.

  • Alur asimetris memiliki pola ban yang berbeda di bagian luar dan dalam. Model ban ini bisa digunakan untuk jalanan kering ataupun basah sehingga sering disebut sebagai ban all seasons. Bagian luarnya bermanfaat untuk membuang air, sedangkan bagian dalam permukaan ban meningkatkan gesekan dengan aspal.

  • Alur direksional ban dengan alur searah. Jenis alur ban ini akan membentuk huruf "V" di bagian tengah permukaan ban. Alur ban direksional dapat memindahkan air dengan lebih efisien. Namun, arah rotasinya sangat terbatas, hanya ke depan dan belakang saja.

  • Semi slick hanya memiliki alur yang sedikit pada tapak ban. Ban dengan alur ini lebih cocok digunakan di jalanan yang kering. Sedikitnya alur pada tapak ban membuat mobil bisa melaju dengan lebih kencang.

  • Alur ban yang kasar cocok untuk jenis ban A/T dan M/T. Alur ban seperti ini memiliki motif block yang besar-besar untuk meningkatkan cengkeraman di jalan yang berbatu.

Pastikan Anda memilih ban dari toko tepercaya

Pastikan Anda memilih ban dari toko tepercaya

Saat Anda membeli ban mobil dari marketplace, pastikan tokonya benar-benar merupakan dealer resmi dan tepercaya, ya. Hal ini dapat mengurangi risiko Anda mendapatkan ban palsu yang tidak berkualitas. Kini sudah ada beberapa dealer resmi di marketplace yang menjual ban dari merek ternama.


Apabila Anda membeli dari dealer resmi, Anda akan mendapatkan servis tambahan. Anda tak perlu repot memasang bannya sendiri karena dealer resmi menyediakan nitrogen, jasa pemasangan, dan balancing. Wah, praktis sekali, ya. Selain itu, Anda juga bisa memilih toko online terdekat dari rumah untuk meringankan biaya pengiriman.

10 Rekomendasi ban mobil terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk ban mobil terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Ayi Adiana.

10

GT RadialSavero Komodo MT Plus

LT 195/75 R15

Mulai dari Rp 900.000,00

Tipe mobilLight truck
Jenis banM/T
Alur banKasar
Velg ring15 inci
9
Tipe mobilMobil penumpang
Jenis banH/T
Alur banSimetris
Velg ring17 inci
8
Tipe mobilMobil penumpang
Jenis banM/T
Alur banKasar
Velg ring17 inci
7

Toyo TiresOpen Country A/T Plus

275/55 R20 111SWO

Mulai dari Rp 4.025.000,00

Tipe mobilMobil penumpang
Jenis banA/T
Alur banKasar
Velg ring20 inci
6
Tipe mobilMobil penumpang (SUV)
Jenis banH/T
Alur banAsimetris
Velg ring17 inci
5
Tipe mobilMobil penumpang
Jenis banH/T
Alur banAsimetris
Velg ring16 inci
4
Tipe mobilMobil penumpang
Jenis banA/T
Alur banSemi slick
Velg ring15 inci
3
Tipe mobilMobil penumpang
Jenis banH/T
Alur banSimetris
Velg ring14 inci
2
Tipe mobilMobil penumpang
Jenis banH/T
Alur banDireksional
Velg ring15 inci
1
Tipe mobilMobil penumpang
Jenis banH/T
Alur banSimetris
Velg ring15 inci

Tabel perbandingan produk ban mobil terbaik

Gambar produk
1
GT Radial Champiro Eco  1

GT Radial

2
Forceum Hena 1

Forceum

3
Bridgeston Ecopia EP150  1

Bridgeston

4
Accelera 651 Sport  1

Accelera

5
Goodyear Assurance TripleMax 1

Goodyear

6
Hankook Dynapro HT 1

Hankook

7
Toyo Tires Open Country A/T Plus  1

Toyo Tires

8
Dunlop Grandtrek MT2 1

Dunlop

9
Michelin Pilot Sport 4 1

Michelin

10
GT Radial Savero Komodo MT Plus 1

GT Radial

Nama produk

Champiro Eco

Hena

Ecopia EP150

651 Sport

Assurance TripleMax

Dynapro HT

Open Country A/T Plus

Grandtrek MT2

Pilot Sport 4

Savero Komodo MT Plus

Keunggulan

Lewati jalanan kering dan basah tanpa berdecit

Melaju cepat tanpa khawatir tergelincir

Ban yang bikin kendaraan jadi lebih hemat bahan bakar

Desain water film breaker efektif memecah air dengan sempurna

Perjalanan pada musim hujan makin aman

Tempuh perjalanan jauh tanpa ban aus

Desain rigid block yang asimetris dapat meningkatkan traksi

Lewati jalanan berlumpur dengan performa maksimal

Tampilannya stylish dan tetap nyaman saat berkendara

Ban yang tangguh, terinspirasi dari kulit dan kuku komodo

Harga mulai dariRp 513.890,00Rp 485.000,00Rp 589.999,00Rp 720.000,00Rp 610.000,00Rp 875.000,00Rp 4.025.000,00Rp 1.396.000,00Rp 1.450.000,00Rp 900.000,00
Tipe mobilMobil penumpangMobil penumpangMobil penumpangMobil penumpangMobil penumpangMobil penumpang (SUV)Mobil penumpangMobil penumpangMobil penumpangLight truck
Jenis banH/TH/TH/TA/TH/TH/TA/TM/TH/TM/T
Alur banSimetrisDireksionalSimetrisSemi slickAsimetrisAsimetrisKasarKasarSimetrisKasar
Velg ring15 inci15 inci14 inci15 inci16 inci17 inci20 inci17 inci17 inci15 inci
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar ban mobil

Pertanyaan umum seputar ban mobil

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar ban mobil. Jika Anda masih penasaran dengan ban mobil, simak jawabannya di bawah ini!

Kenapa ban mobil meledak?

Selain karena terkena benda tajam atau beban berlebih, ban mobil juga bisa meledak ketika tekanan angin tidak sesuai standar. Usia ban yang sudah lebih dari 5 tahun dari tanggal produksi juga bisa menjadi penyebab ban mobil meledak.

Kapan ban mobil perlu diganti?

Ganti ban mobil ketika ban sudah mulai terlihat tipis. Indikator ketipisan ban bisa Anda lihat dari kedalaman alur ban yang makin pendek.

Baca juga rekomendasi aksesori lainnya untuk mobil di sini

Tak masalah untuk memodifikasi mobil Anda supaya lebih nyaman saat berkendara. Knalpot, kaca mobil, spion, dan seat cushion bisa melengkapi mobil Anda agar makin keren dan nyaman. Klik tautan di bawah ini untuk menemukan perlengkapan mobil Anda.

Kesimpulan

Anda harus benar-benar jeli saat memilih ban mobil. Tujuannya agar keselamatan Anda serta penumpang tetap terjaga selama perjalanan. Anda bisa memilih ban mobil sesuai dengan medan perjalanan yang Anda tempuh.


Jangan lupakan juga budget yang Anda miliki agar Anda bisa mempertimbangkan harga ban mobil. Terakhir, pastikan Anda membeli dari dealer tepercaya atau terdekat dari rumah, ya. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Aki Motor yang Bagus - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Aki Motor yang Bagus - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Aki motor merupakan sparepart yang penting pada sepeda motor. Pasalnya, aki motor memiliki fungsi vital, terutama yang berkaitan dengan kelistrikan motor. Karena itulah, pemilik sepeda motor harus memilih aki yang tepat. Anda bisa memilih berdasarkan harga aki motor dan jenis aki motor kering atau basah.Memilih merek aki motor yang bagus juga penting. Ada banyak merek aki motor di pasaran, seperti GS Astra, Federal Parts, Motobatt, dan banyak lagi. Kami membahas cara memilih sekaligus rekomendasi produk aki motor terbaik. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana.
    Komponen mobil & motor
  • 10 Knalpot Racing Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Knalpot Racing Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Di jalanan pasti Anda sering menjumpai motor NMAX, Beat, Vario, Satria FU, Scoopy, dan motor-motor lainnya yang menggunakan knalpot racing. Peningkatan performa mesin dan suara yang lebih berkarakter menjadi beberapa alasan di balik modifikasi tersebut. Namun, tentu ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum beralih ke knalpot racing.Kami akan membahas tips memilih knalpot racing dan merekomendasikan produk yang bagus. Merek impor, seperti Over Racing dan Akrapovic, serta produk produk lokal AHRS dan R9 ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit.
    Komponen mobil & motor
  • 10 Spion Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Spion Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Spion merupakan perlengkapan yang wajib terpasang pada sepeda motor. Fungsi dari spion motor adalah untuk memudahkan pengendara saat melihat situasi di belakang dan samping. Namun, banyak pengendara yang merasa tidak cocok dengan model spion motor bawaan pabrik sehingga melakukan modifikasi. Kami akan mengulas tips memilih spion motor variasi yang aman dan keren untuk segala jenis sepeda motor. Kami juga memberikan rekomendasi spion motor dari merek terbaik untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit. Yuk, temukan merek spion motor yang bagus untuk motor kesayangan Anda!
    Komponen mobil & motor
  • 10 Rekomendasi Spion Nmax Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Spion Nmax Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Yamaha Nmax merupakan motor matic yang cukup laris di pasaran. Keunggulannya terletak pada faktor kenyamanan dan desain sporty yang membuat keren penggunanya. Namun, demi tampil beda, pengguna motor Nmax pun rela melakukan modifikasi, salah satunya adalah mengganti spion. Kami akan memberikan rekomendasi spion Nmax terbaik yang bagus dan dapat dibeli secara online. Spion Nmax memiliki beragam merek dan model, seperti Rizoma sampai Yamaha R25. Info terkait harga, spesifikasi, dan variasi model spion Nmax bisa dengan mudah Anda dapatkan. Karena itu, simak artikel ini sampai tuntas!
    Komponen mobil & motor
  • 10 Knalpot Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Knalpot Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Knalpot berfungsi sebagai penambah akselerasi, peredam kebisingan, dan penyalur gas pembuangan. Tak hanya fungsinya yang krusial, knalpot juga menjadi objek favorit bagi pencinta modifikasi. Knalpot yang dijual pun bervariasi jenisnya, mulai dari knalpot untuk motor bebek, skuter, hingga motor sport.Kami akan memaparkan rekomendasi knalpot motor terbaik dari berbagai merek, seperti Akrapovic, Yoshimura, dan lainnya. Kami juga menyertakan cara-cara memilih knalpot motor yang bagus. Hal ini tentu sangatlah penting, khususnya bagi Anda yang pemula dalam memodifikasi knalpot motor. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit.
    Komponen mobil & motor
  • 10 Knalpot Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Knalpot Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk para pencinta mobil atau car enthusiast, memodifikasi mobil, terutama bagian knalpotnya, akan memberikan kepuasan tersendiri. Proses modifikasi knalpot mobil dilakukan untuk meningkatkan performa mesin sekaligus mengatur penggunaan bahan bakarnya. Selain itu, Anda juga bisa memperoleh suara knalpot yang diinginkan dengan menggantinya ke produk yang tepat.Kami menyiapkan tips memilih beserta rekomendasi merek knalpot mobil yang bagus, seperti HKS, 5Zigen, dan Omega. Sebelum itu, kami juga akan menjelaskan jenis-jenis knalpot mobil untuk menambah wawasan Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana. Simak sampai habis, ya!
    Komponen mobil & motor
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori