• 10 Susu Formula Terbaik untuk Anak 2 Tahun - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Susu Formula Terbaik untuk Anak 2 Tahun - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Susu Formula Terbaik untuk Anak 2 Tahun - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Susu Formula Terbaik untuk Anak 2 Tahun - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Susu Formula Terbaik untuk Anak 2 Tahun - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Susu Formula Terbaik untuk Anak 2 Tahun - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)

Dalam tiap fase tumbuh kembang, anak-anak membutuhkan asupan nutrisi yang berbeda sesuai tingkat usia dan aktivitasnya. Maka dari itu, pemilihan susu formula untuk anak dua tahun haruslah sesuai dengan kebutuhan nutrisinya. Namun, nutrisi dan gizi apa saja yang harus ada dalam susu formula untuk anak dua tahun?

Kami akan membagikan tips memilih susu formula yang bagus untuk anak dua tahun. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi susu formula dari merek terbaik, seperti Pediasure, Enfagrow, dan Bebelac. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter OBGYN kami, dr. Andri Welly, SpOG. 

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Andri Welly
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 13 September 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis obstetri dan ginekologi, dr. Andri Welly, SpOG

Profil pakar: Dokter spesialis obstetri dan ginekologi, dr. Andri Welly, SpOG
dr. Andri Welly
Dokter spesialis obstetri dan ginekologi
dr. Andri Welly

dr. Andri Welly, SpOG adalah dokter spesialis obstetri dan ginekologi lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Beliau berpengalaman selama 8 tahun menangani permasalahan organ reproduksi wanita, penanganan kehamilan, serta persalinan.


dr. Andri juga menempuh pendidikan tambahan di luar negeri sebagai fellowship. Beberapa di antaranya yaitu di Clinica Universidad de Navarra, Spanyol dan Clinical Research Institute of Fetal Medicine (CRIFM) Pooh Maternity Clinic, Jepang. dr. Andri berpraktik di RSIA Tambak Menteng Jakarta dan RSUD Kebayoran Lama. Anda bisa menyapanya di Instagram untuk mengetahui lebih banyak tentang kesehatan reproduksi, kehamilan, dan persalinan.

Pentingkah susu formula untuk anak 2 tahun?

Pentingkah susu formula untuk anak 2 tahun?

Tidak sedikit ibu yang bertanya-tanya seberapa penting susu formula untuk anak usia dua tahun selepas ASI eksklusif yang didapatkannya. Banyak pakar laktasi yang menyatakan bahwa anak usia dua tahun sebenarnya sudah tidak memerlukan susu formula. Hal ini karena gizi seimbang yang dibutuhkan anak bisa diperoleh dari makanan sehari-hari.


Pemberian susu formula untuk anak dua tahun bukannya tidak boleh. Akan tetapi, susu formula yang diminum haruslah sesuai takaran dan tidak berlebihan. Susu formula hanyalah pelengkap nutrisi untuk tumbuh kembang anak dan bukan kebutuhan utama. Pasalnya, susu tetap memiliki banyak manfaat, misalnya untuk mendukung pertumbuhan fisik dan otak anak.


Namun, jika anak Anda mengalami masalah gizi tertentu, anak tersebut memerlukan susu formula untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Jadi, apabila Anda berencana memberikan susu formula untuk anak usia dua tahun, sebaiknya membaca artikel ini dengan saksama. Hal penting yang perlu diperhatikan beserta takaran susu yang tepat akan kami ulas di bawah ini.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih susu formula untuk anak 2 tahun

Memilih susu formula untuk anak tidak boleh sembarangan. Ada beberapa poin yang penting untuk Anda perhatikan. Kandungan yang ada di dalam susu serta penyesuaian dengan kondisi anak perlu Anda cermati. Berikut poin-poin pentingnya.

Sesuaikan kandungan susu dengan kondisi anak

Pertama-tama, Anda perlu menyesuaikan kandungan susu dengan kondisi anak. Berikut ini beberapa kandungan susu yang diperlukan untuk anak yang mengalami kondisi pencernaan kurang baik atau kekurangan gizi.

Agar anak cepat gemuk, pilih susu yang mengandung tinggi kalori, protein, zat besi, dan zink

Agar anak cepat gemuk, pilih susu yang mengandung tinggi kalori, protein, zat besi, dan zink

Salah satu kondisi yang umum dialami anak adalah kurangnya berat badan. Selain memberikan makanan bergizi seimbang, cara yang bisa dilakukan untuk menambah berat badan anak adalah memberikan susu formula. Berikan anak susu formula yang mengandung tinggi kalori, protein, zat besi, dan juga zink.


Protein bermanfaat untuk membantu membentuk massa otot anak sehingga berat badannya dapat meningkat. Sementara itu, zat besi berfungsi membentuk sel darah merah untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu, zink juga berperan penting merangsang peningkatan berat badan anak menjadi optimal.

Untuk anak yang susah BAB ataupun diare, pilih susu yang mengandung prebiotik

Untuk anak yang susah BAB ataupun diare, pilih susu yang mengandung prebiotik

Kondisi lain yang umum terjadi pada anak adalah masalah pencernaan. Masalah pencernaan yang sering dialami anak adalah susah buang air besar (BAB) dan juga diare. Jika anak Anda memiliki masalah tersebut, pilihlah susu formula dengan prebiotik. Prebiotik membantu meningkatkan pertumbuhan probiotik (bakteri baik dalam usus) sehingga proses pemecahan makanan berlangsung dengan optimal.


Selain melancarkan pencernaan anak, prebiotik memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembangnya. Prebiotik juga bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh anak. Prebiotik sendiri memiliki beberapa tipe, contohnya PDX (polydextrose), FOS (fructo-oligosaccharides), dan GOS (galacto-oligosaccharides).

Ketahui kandungan penting lain yang diperlukan untuk pertumbuhan anak

Selain kandungan yang sudah kami sebutkan di atas, anak usia dua tahun juga membutuhkan nutrisi lain. Berikut ini kandungan penting lain yang diperlukan anak yang sebaiknya ada dalam susu formula.

Kalsium, menunjang pertumbuhan tulang dan gigi

Kalsium, menunjang pertumbuhan tulang dan gigi

Anda mungkin sudah tahu bahwa susu merupakan sumber kalsium yang paling banyak di antara makanan lainnya. Oleh karena itu, pemberian susu formula yang tinggi kalsium pada anak memberikan manfaat besar untuk tumbuh kembangnya. 


Manfaat kalsium antara lain adalah membantu meningkatkan kepadatan tulang sehingga tinggi badan anak menjadi lebih optimal. Di samping itu, kalsium juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi anak. Dengan kalsium yang cukup, anak juga akan lebih cerdas serta memiliki sistem imun yang kuat. Jadi, perhatikan juga kandungan kalsium dalam susu formula, ya.

AA dan DHA, meningkatkan perkembangan otak anak

AA dan DHA, meningkatkan perkembangan otak anak

Kandungan penting lain yang diperlukan dalam susu formula adalah AA dan DHA. Pilih susu formula yang mengandung AA (arachidonic acid) dan DHA (docosehaxaenoic acid). Kedua kandungan ini merupakan asam lemak tidak jenuh yang juga bermanfaat untuk mencerdaskan otak anak. 


AA dan DHA juga membuat tubuh anak menjadi tidak mudah sakit. Hal ini karena kedua kandungan ini juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Selain itu, AA dan DHA juga bermanfaat menjaga retina anak menjadi lebih sehat.

Vitamin A, B, dan D, menjaga daya tahan tubuh anak

Vitamin A, B, dan D, menjaga daya tahan tubuh anak

Anak usia dua tahun juga memerlukan asupan vitamin yang cukup untuk mendukung tumbuh kembangnya. Banyak susu formula yang difortifikasi dengan bermacam-macam vitamin. Kami sarankan Anda untuk memilih produk yang mengandung vitamin A, B, dan D. Ketiga vitamin ini berfungsi menjaga daya tahan tubuh anak.


Vitamin A sendiri berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dan kulit anak. Sementara itu, manfaat lain dari vitamin B adalah untuk membantu memproduksi sel-sel darah merah dalam tubuh. Terakhir, vitamin D diperlukan anak untuk memperkuat tulang dan gigi anak.

Pilih rasa susu sesuai selera anak

Pilih rasa susu sesuai selera anak

Supaya anak mau mengonsumsi susu yang Anda berikan, tentu rasanya harus sesuai selera anak. Susu formula di pasaran dijual dengan berbagai rasa yang lezat dan disukai anak, seperti vanila, madu, dan cokelat. Untuk mengetahui kecocokan rasanya, sebaiknya beli susu dalam ukuran kecil terlebih dahulu. Setelah itu, bisa dilanjutkan membeli ukuran besar bila anak menyukai rasa yang Anda pilih.


Namun, kami menyarankan Anda memilih susu yang tidak terlalu manis. Susu yang manis mengandung gula tinggi sehingga dikhawatirkan menyebabkan obesitas pada anak. Terdapat dua jenis gula tambahan yang ada dalam susu formula, yaitu laktosa dan sukrosa. Sebaiknya pilih susu yang mengandung laktosa karena lebih tinggi manfaat serta kadar gulanya lebih rendah.


Jangan lupa untuk selalu memerhatikan tabel angka kecukupan gizi. Tabel kecukupan gizi merupakan pedoman bagi Anda untuk mengetahui apakah susu tersebut rendah gula atau tidak.

10 Rekomendasi susu formula terbaik untuk anak 2 tahun

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk susu formula terbaik untuk anak 2 tahun yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Andri Welly, SpOG.

10
Isi850 gram
KandunganZat besi, kalsium, minyak nabati, 12 vitamin, 9 mineral
RasaVanila
SertifikasiBPOM
9

KALBEMorinaga Chil Kid P-HP MoriCare Triple Bifidus

Mulai dari Rp 135.300,00

Isi400 gram
KandunganAA, DHA, kolin, zat besi, nucleotida, prebiotik (GOS), probiotik
RasaPlain
SertifikasiBPOM
8
Isi700 gram
KandunganMinyak ikan, omega-3, omega-6, prebiotik (FOS, GOS 1:9), 13 vitamin dan 7 mineral
RasaVanila
SertifikasiBPOM
7
Isi900 gram
KandunganAA, LA, prebiotik (GOS), nukleotida, Vitamin A, C, E, zink, zat besi, selenium
RasaTidak ada keterangan
SertifikasiBPOM
6
Isi800 gram
KandunganLactosa, lactobacillus rhamnosus, vitamin D, minyak ikan, omega-3, omega-6, dan lain-lain
RasaVanila
SertifikasiBPOM
5
Isi350 gram
KandunganMultivitamin, minyak ikan kod, vitamin D, kalsium, temulawak organik
RasaCokelat
SertifikasiBPOM
4
Isi400 gram
KandunganOmega-3, omega-6, prebiotik (PDX/GOS), DHA
RasaOriginal
SertifikasiBPOM
3

Wyeth NutritionS-26 Procal Tahap 3 Vanila

Mulai dari Rp 369.200,00

Isi1400 gram
KandunganKolin, zat besi, zink, folat, vitamin B kompleks, protein, kalsium, dan lain-lain
RasaVanila
SertifikasiBPOM
2
Isi2000 gram
Kandungan9 asam amino esensial, DHA, omega-3, omega-g, minyak ikan, protein, kalsium, zat besi
RasaMadu
SertifikasiBPOM
1
Isi400 gram
Kandungan12 vitamin, 7 mineral, protein, lemak, karbohidrat, asam linolenat, minyak nabati
RasaCokelat
SertifikasiBPOM

Pertanyaan umum seputar susu formula untuk anak 2 tahun

Pertanyaan umum seputar susu formula untuk anak 2 tahun

Selain mengulas cara memilih dan rekomendasi produknya, kami sudah mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan yang populer seputar susu formula anak dua tahun. Simak di bawah ini untuk mengetahui selengkapnya.

Berapa banyak kebutuhan susu anak 2 tahun?

Untuk anak usia dua tahun, susu yang dibutuhkannya tidak lebih dari 2 gelas susu atau setara 480 ml setiap hari. Gunakan takaran ini sebagai patokan agar Anda tidak berlebihan memberikan susu pada anak. Jika anak terlalu kenyang akibat susu, risiko GTM akan meningkat.

Bolehkah anak umur 2 tahun minum susu coklat?

Susu cokelat boleh diberikan kepada anak umur dua tahun. Namun, dengan syarat anak Anda tidak memiliki alergi serta tidak berlebihan. Susu cokelat mengandung gula yang lebih tinggi dibanding susu biasa. Pemberian susu cokelat sebaiknya diminum sesekali, bukan dijadikan susu harian anak. Hal ini untuk menghindari anak dari risiko obesitas.

Baca juga rekomendasi produk susu formula lainnya di sini

Selain susu formula untuk anak dua tahun, kami juga memiliki beberapa rekomendasi produk susu yang bisa diminum oleh bayi dan anak-anak. Ada susu penambah penambah berat badan, susu untuk bayi dengan gejala alergi, dan susu rendah laktosa. Jika Anda penasaran, baca segera tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Memberikan susu formula untuk anak dua tahun bukanlah suatu keharusan. Namun, Anda bisa memberikannya sebagai pelengkap gizi atau untuk anak yang mengalami kekurangan gizi. Pilihlah susu dengan kandungan yang sesuai dengan kondisi anak.

Periksa juga kandungan penting lain yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak. Hal lain yang perlu Anda ingat adalah memberikan susu formula dengan takaran yang tepat. Jadi, apakah Anda sudah menentukan susu formula terbaik yang dibutuhkan anak Anda?

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Susu Formula Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Formula Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Susu formula mengandung berbagai nutrisi esensial untuk bayi sehingga menjadikannya ideal sebagai pendamping atau pengganti ASI saat diperlukan. Ada banyak merek susu formula yang bagus untuk bayi, seperti Enfamil, SGM, dan Lactogen. Akan tetapi, bagaimana cara memilih susu formula yang paling sesuai untuk bayi Anda?Kami akan membahas cara memilih susu formula untuk bayi. Kami juga akan memberikan rekomendasi susu formula terbaik untuk bayi prematur, bayi usia 0–6 bulan, dan usia 6–12 bulan. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG.
    Makanan & susu bayi
  • 7 Susu Formula Terbaik untuk Penambah Berat Badan Bayi - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    7 Susu Formula Terbaik untuk Penambah Berat Badan Bayi - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Asupan terbaik untuk bayi di bawah usia 1 tahun adalah ASI. Namun, bayi pada kondisi tertentu membutuhkan tambahan nutrisi lain berupa susu formula. Susu formula untuk bayi di bawah 1 tahun tentu berbeda dengan anak usia di atas 1 tahun. Tahapan tumbuh kembang mereka berbeda sehingga kebutuhan nutrisinya juga berbeda.Artikel ini akan membantu Anda mencari susu penambah berat badan bayi yang bagus. Anda akan menemukan beberapa merek terbaik, seperti Morinaga BMT, Lactogen, atau Bebelove. Artikel ini sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Leona Victoria. Jadi, tetaplah membaca, ya!
    Makanan & susu bayi
  • 10 Bubur Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bubur Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Ketika mencapai usia 6 bulan, bayi Anda akan membutuhkan makanan pendamping air susu ibu (MPASI). Bubur bayi instan merupakan salah satu MPASI yang banyak digunakan. Selain praktis, bubur bayi ini memiliki berbagai varian rasa, kandungan vitamin, mineral, dan lainnya.Dalam artikel ini, kami akan mengulas cara memilih bubur bayi yang bagus, enak, sehat, dan baik untuk perkembangan bayi. Merk-merk bubur bayi untuk kecerdasan otak, seperti Milna, Promina, SUN, dan Cerelac tak ketinggalan untuk kami ulas. Kami juga berkolaborasi dengan ahli gizi kami, Leona Victoria. Yuk, simak terus artikel ini selengkapnya!
    Makanan & susu bayi
  • 10 Susu Bayi Terbaik yang Rendah Laktosa - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaik Tahun 2022)
    10 Susu Bayi Terbaik yang Rendah Laktosa - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaik Tahun 2022)
    Bayi Anda mengalami diare setelah minum susu formula? Bisa jadi, pencernaannya intoleran terhadap laktosa. Untuk mengatasinya, Anda bisa memberikan susu formula bayi rendah laktosa atau bebas laktosa. Kedua varian tersebut bisa Anda dapatkan dari berbagai merk, seperti Neocate LCP, Nutren Junior, dan SGM.Jika Anda sedang mencari susu bayi yang bagus dan rendah atau bebas laktosa, Anda bisa membaca artikel ini. Kami akan mengulas tips memilih, serta memberi rekomendasi sufor bayi terbaik yang rendah atau tanpa laktosa. Kami juga berkolaborasi dengan ahli gizi, Leona Victoria, MND. Simak sampai akhir, ya!
    Makanan & susu bayi
  • 10 Susu Tinggi Protein Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Tinggi Protein Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Protein memainkan peran krusial untuk pertumbuhan anak. Namun, beberapa anak sulit memenuhi kebutuhan nutrisi ini dari makanan saja. Atas alasan tersebut, susu tinggi protein untuk anak dapat dipertimbangkan. Susu tinggi protein untuk anak, bayi, dan balita untungnya cukup banyak di pasaran.Kali ini, kami akan memberikan tips memilih susu protein tinggi untuk anak, bayi, dan balita. Review susu berprotein tinggi yang bagus dari berbagai merek juga akan kami berikan. Anda dapat memilih susu DANCOW, Morinaga, hingga Pediasure. Artikel ini sudah ditinjau oleh ahli gizi kami, Leona Victoria. Mari simak pembahasannya!
    Makanan & susu bayi
  • 10 Keju Terbaik untuk MPASI- Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Keju Terbaik untuk MPASI- Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Mulai umur 6 bulan, bayi sudah bisa diberi makanan pendamping ASI atau MPASI. Kandungan MPASI harus lengkap, termasuk karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Untuk menambah berat badan bayi, berikan ia makanan tinggi lemak seperti keju. Namun, Anda perlu memilih keju yang tepat untuk si kecil.Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih keju yang baik dan enak untuk MPASI. Kami juga akan mengulas sepuluh rekomendasi keju MPASI terbaik dari merek-merek yang bagus, seperti Belcube, Greenfields, dan KRAFT. Artikel ini sudah ditinjau oleh ahli gizi kami, Leona Victoria. Selamat membaca!
    Makanan & susu bayi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori