1. TOP
  2. >
  3. Ibu & anak
  4. >
  5. Makanan & susu bayi
  6. >
  7. 10 Susu Formula Terbaik untuk Anak 2 Tahun - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Susu Formula Terbaik untuk Anak 2 Tahun - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Susu Formula Terbaik untuk Anak 2 Tahun - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Susu Formula Terbaik untuk Anak 2 Tahun - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Susu Formula Terbaik untuk Anak 2 Tahun - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Susu Formula Terbaik untuk Anak 2 Tahun - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Susu Formula Terbaik untuk Anak 2 Tahun - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2023)

Pemilihan susu formula untuk anak haruslah sesuai dengan kebutuhan nutrisinya. Hal tersebut karena pada setiap fase tumbuh kembang, anak-anak membutuhkan asupan nutrisi yang berbeda sesuai tingkat usia dan aktivitasnya. Nutrisi dan gizi apa saja yang harus ada dalam susu formula untuk anak 2 tahun?


Kami akan membagikan tips memilih susu formula yang bagus untuk anak 2 tahun. Kami juga akan memberikan rekomendasi susu formula terbaik untuk anak 2 tahun dari berbagai merek, seperti Pediasure, Enfagrow, dan Bebelac. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter OBGYN kami, dr. Andri Welly, SpOG. 

Diperbaharui 12-01-2022
Pakar
Dokter spesialis obstetri dan ginekologi
dr. Andri Welly

dr. Andri Welly, SpOG adalah dokter spesialis obstetri dan ginekologi lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Beliau berpengalaman selama 8 tahun menangani permasalahan organ reproduksi wanita, penanganan kehamilan, serta persalinan. dr. Andri juga menempuh pendidikan tambahan di luar negeri sebagai fellowship. Beberapa di antaranya yaitu di Clinica Universidad de Navarra, Spanyol dan Clinical Research Institute of Fetal Medicine (CRIFM) Pooh Maternity Clinic, Jepang. dr. Andri berpraktik di RSIA Tambak Menteng Jakarta dan RSUD Kebayoran Lama. Anda bisa menyapanya di Instagram untuk mengetahui lebih banyak tentang kesehatan reproduksi, kehamilan, dan persalinan.

Profil dr. Andri Welly
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Pentingkah susu formula untuk anak 2 tahun?

Pentingkah susu formula untuk anak 2 tahun?

Seberapa penting susu formula untuk anak usia dua tahun selepas ASI eksklusif yang didapatkannya? Banyak pakar laktasi yang menyatakan bahwa anak usia dua tahun sebenarnya sudah tidak memerlukan susu formula. Hal ini karena gizi seimbang yang dibutuhkan anak bisa diperoleh dari makanan sehari-hari.


Pemberian susu formula untuk anak dua tahun bukannya tidak boleh. Akan tetapi, susu formula yang diminum haruslah sesuai dengan takaran dan tidak berlebihan. Susu formula hanyalah pelengkap nutrisi untuk tumbuh kembang anak dan bukan kebutuhan utama. Pasalnya, susu tetap memiliki banyak manfaat, misalnya untuk mendukung pertumbuhan fisik dan otak anak.


Jika anak Anda mengalami masalah gizi tertentu, anak memerlukan susu formula untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Jadi, apabila Anda berencana memberikan susu formula untuk anak usia dua tahun, sebaiknya membaca artikel ini dengan saksama. Hal penting yang perlu diperhatikan beserta takaran susu yang tepat akan kami ulas di bawah ini.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih susu formula untuk anak 2 tahun

Memilih susu formula untuk anak tidak boleh sembarangan. Ada beberapa poin yang penting untuk diperhatikan. Kandungan yang ada di dalam susu serta penyesuaian dengan kondisi anak perlu Anda cermati. Berikut poin-poin pentingnya.

① Sesuaikan kandungan susu dengan kondisi anak

Pertama-tama, Anda perlu menyesuaikan kandungan susu dengan kondisi anak. Berikut ini beberapa kandungan susu yang diperlukan untuk anak yang mengalami kondisi pencernaan kurang baik atau kekurangan gizi.

Agar anak cepat gemuk: Susu yang mengandung tinggi kalori, protein, zat besi, dan zink bisa dipilih

Agar anak cepat gemuk: Susu yang mengandung tinggi kalori, protein, zat besi, dan zink bisa dipilih

Salah satu kondisi yang umum dialami anak adalah kurangnya berat badan berdasarkan usia. Selain memberikan makanan bergizi seimbang, cara yang bisa dilakukan untuk menambah berat badan anak adalah memberikan susu formula. Berikan anak susu formula yang mengandung tinggi kalori, protein, zat besi, dan juga zink.


Berikut beberapa manfaat dari kandungan tersebut:

  • Protein dapat membantu membentuk massa otot anak sehingga berat badannya dapat meningkat. 
  • Zat besi berfungsi membentuk sel darah merah untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. 
  • Zink berperan penting merangsang peningkatan berat badan anak menjadi optimal.

Untuk anak yang susah BAB ataupun diare: Susu yang mengandung prebiotic lebih disarankan

Untuk anak yang susah BAB ataupun diare: Susu yang mengandung prebiotic lebih disarankan

Kondisi lain yang umum terjadi pada anak adalah masalah pencernaan. Masalah pencernaan yang sering dialami anak adalah susah buang air besar (BAB) dan diare. Jika anak memiliki masalah tersebut, pilihlah susu formula dengan prebiotik. Prebiotik membantu meningkatkan pertumbuhan probiotik (bakteri baik dalam usus) sehingga proses pemecahan makanan berlangsung dengan optimal.


Selain melancarkan pencernaan anak, prebiotik memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembangnya. Prebiotik juga bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh anak. Prebiotik sendiri memiliki beberapa tipe, contohnya PDX (polydextrose), FOS (fructo-oligosaccharides), dan GOS (galacto-oligosaccharides).

② Ketahui kandungan penting lain yang diperlukan untuk pertumbuhan anak

Selain kandungan yang sudah kami sebutkan di atas, anak usia dua tahun juga membutuhkan nutrisi lain. Berikut ini kandungan penting lain yang diperlukan anak yang sebaiknya ada dalam susu formula.

Kalsium: Menunjang pertumbuhan tulang dan gigi

Kalsium: Menunjang pertumbuhan tulang dan gigi

Anda mungkin sudah tahu bahwa susu merupakan sumber kalsium yang paling banyak di antara makanan lainnya. Oleh karena itu, pemberian susu formula yang tinggi kalsium pada anak memberikan manfaat besar untuk tumbuh kembangnya.


Berikut ini manfaat kalsium untuk anak:

  • Membantu meningkatkan kepadatan tulang sehingga tinggi badan anak lebih optimal.
  • Kalsium juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi anak.
  • Dengan kalsium yang cukup, anak akan lebih cerdas serta memiliki sistem imun yang kuat.

AA dan DHA: Meningkatkan perkembangan otak anak

AA dan DHA: Meningkatkan perkembangan otak anak

Kandungan penting lain yang diperlukan dalam susu formula adalah AA dan DHA. Untuk itu, pilihlah susu formula yang mengandung AA (arachidonic acid) dan DHA (docosehaxaenoic acid).

 

  • Kedua kandungan ini merupakan asam lemak tidak jenuh yang juga bermanfaat untuk mencerdaskan otak anak.
  • AA dan DHA juga membuat tubuh anak menjadi tidak mudah sakit. Hal ini karena kedua kandungan ini juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.
  • Selain itu, AA dan DHA juga bermanfaat menjaga retina anak menjadi lebih sehat.

Vitamin A, B, dan D: Menjaga daya tahan tubuh anak

Vitamin A, B, dan D: Menjaga daya tahan tubuh anak

Anak usia dua tahun juga memerlukan asupan vitamin yang cukup untuk mendukung tumbuh kembangnya. Banyak susu formula yang difortifikasi dengan bermacam-macam vitamin. Kami sarankan Anda memilih produk yang mengandung vitamin A, B, dan D. Ketiga vitamin ini berfungsi menjaga daya tahan tubuh anak.


  • Vitamin A berfungsi menjaga kesehatan mata dan kulit anak. 
  • Vitamin B membantu memproduksi sel-sel darah merah dalam tubuh. 
  • Vitamin D diperlukan anak untuk memperkuat tulang dan gigi anak.

③ Pilih rasa susu yang disukai anak

Pilih rasa susu yang disukai anak

Supaya anak mau mengonsumsi susu yang Anda berikan, tentu rasanya harus sesuai dengan selera anak. Susu formula di pasaran dijual dengan berbagai rasa yang lezat dan disukai anak, seperti vanila, madu, dan cokelat. Untuk mengetahui kecocokan rasanya, sebaiknya beli susu dalam ukuran kecil terlebih dahulu. Setelah itu, bisa dilanjutkan membeli ukuran besar bila anak menyukai rasa yang Anda pilih.


Namun, kami menyarankan Anda memilih susu yang tidak terlalu manis. Susu yang manis mengandung gula tinggi sehingga dikhawatirkan menyebabkan obesitas pada anak. Terdapat dua jenis gula tambahan yang ada dalam susu formula, yaitu laktosa dan sukrosa. Sebaiknya pilih susu yang mengandung laktosa karena lebih tinggi manfaat serta kadar gulanya lebih rendah.


Jangan lupa untuk selalu memerhatikan tabel angka kecukupan gizi. Tabel kecukupan gizi merupakan pedoman bagi Anda untuk mengetahui apakah susu tersebut rendah gula atau tidak.

10 Rekomendasi susu formula terbaik untuk anak 2 tahun

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk susu formula terbaik untuk anak 2 tahun yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Andri Welly, SpOG.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Wyeth Nutrition

S-26 Procal Nutrissentials Tahap 3

Wyeth Nutrition S-26 Procal Nutrissentials Tahap 3 1枚目

Kaya akan vitamin B kompleks yang tinggi manfaat

2

Frisian Flag

Primagro 1+

Frisian Flag Primagro 1+ 1枚目

Susu hemat kaya manfaat, tersedia dalam banyak varian kemasan

3

SGM

Eksplor 1 Plus Pro-gress Maxx dengan IronC

SGM Eksplor 1 Plus Pro-gress Maxx dengan IronC 1枚目

Kombinasi unik zat besi, vitamin C, dan ironC, nutrisi terserap maksimal!

4

Abbott

PediaSure

Abbott PediaSure 1枚目

Dilengkapi makronutrien dan mikronutrien yang diperlukan anak

5

Mead Johnson

Enfagrow A+ 3

Mead Johnson Enfagrow A+ 3 1枚目

Anak jadi lebih cerdas karena kandungan omega-3 dan omega-6 yang tinggi

6

Nestlé

DANCOW 1+ Imunutri

Nestlé DANCOW 1+ Imunutri 1枚目

Mengandung 0 gram sukrosa untuk rasa manis yang lebih sehat

7

Nutricia

Bebelac Gold 3

Nutricia Bebelac Gold 3 1枚目

Tinggi serat, bantu melancarkan BAB pada anak

8

SOHO Global Health

Curcuma Plus Milk

SOHO Global Health Curcuma Plus Milk 1枚目

Nafsu makan anak meningkat berkat ekstrak temulawak

9

Nature One Dairy

Organic Toddler Nutritious Milk Drink Step 3

Nature One Dairy Organic Toddler Nutritious Milk Drink Step 3 1枚目

Susu organik yang bisa dijadikan sebagai alternatif pengganti ASI

10

KALBE

Morinaga Chil Kid P-HP MoriCare Zigma Triple Bifidus

KALBE Morinaga Chil Kid P-HP MoriCare Zigma Triple Bifidus 1枚目

Solusi tepat untuk anak yang memiliki alergi

Perincian produk
Close
No.1

Wyeth NutritionS-26 Procal Nutrissentials Tahap 3

Mulai dari Rp369.200,00

Kaya akan vitamin B kompleks yang tinggi manfaat

Kelebihan:

  • Mengandung vitamin B kompleks yang bagus untuk energi, kekebalan tubuh, dan produksi sel darah
  • Tinggi zat besi, kalsium, dan protein yang baik untuk pertumbuhan anak

Kekurangan:

  • Produk hanya tersedia dalam satu varian rasa dan kemasan

Selain nutrisi lain, susu formula S-26 ini kaya akan vitamin B kompleks, seperti B1, B2, B6, dan niasin. Vitamin B kompleks memiliki banyak manfaat, yakni memproduksi energi, meningkatkan sistem imun, dan memproduksi sel darah. Vitamin B kompleks bisa didapatkan dari sayuran. Namun, jika anak tidak menyukai sayuran, produk ini bisa jadi solusinya.

No.2

Frisian FlagPrimagro 1+

Mulai dari Rp21.000,00

Susu hemat kaya manfaat, tersedia dalam banyak varian kemasan

Kelebihan:

  • Produk tersedia dalam banyak varian kemasan
  • Ada tiga pilihan rasa yang bisa disesuaikan dengan selera

Kekurangan:

  • Susu varian 2 kg dan 3 kg tidak tersedia dalam kemasan kaleng sehingga produk kurang terjaga

Bila budget Anda terbatas, kami sarankan memilih produk ini. Susu ini tersedia dalam banyak varian kemasan, mulai dari 120 gram hingga 3 kg. Harganya pun tidak akan menguras kantong. 


Jika ingin lebih hemat, Anda bisa memilih kemasan 2 kg atau 3 kg. Kebutuhan susu anak selama beberapa bulan ke depan pun dapat terpenuhi. Produk ini mengandung berbagai macam nutrisi, seperti sembilan asam amino esensial, minyak ikan, protein, dan kalsium.

No.3

SGMEksplor 1 Plus Pro-gress Maxx dengan IronC

Mulai dari Rp68.300,00

Kombinasi unik zat besi, vitamin C, dan ironC, nutrisi terserap maksimal!

Kelebihan:

  • Membantu memaksimalkan penyerapan nutrisi penting pada tubuh anak
  • Dilengkapi serat pangan yang baik untuk pencernaan

Kekurangan:

  • Beberapa anak yang tidak cocok dengan susu ini mengalami diare

Ingin nutrisi penting yang Anda berikan pada si kecil terserap sempurna? Produk ini solusinya! Kombinasi unik zat besi, vitamin C dan ironC akan membantu penyerapan nutrisi lebih maksimal. Susu ini juga dilengkapi DHA, omega-3, omega-6, serta minyak ikan yang baik untuk otak. 


Kandungan protein, kalsium, serta vitamin D baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Selain itu, susu ini juga dilengkapi serat pangan untuk mencegah konstipasi dan kegemukan.

No.4

Dilengkapi makronutrien dan mikronutrien yang diperlukan anak

Kelebihan:

  • Produk hadir dalam tiga varian rasa
  • Tersedia dalam kemasan kaleng dan kardus
  • Bisa dikonsumsi anak hingga usia 10 tahun

Kekurangan:

  • Produk hanya tersedia dalam kemasan 400 gram ke atas

Produk ini cocok untuk anak yang mengalami masalah makan. Kebutuhan nutrisi anak yang kurang bisa dilengkapi dengan susu ini. Produk ini mengandung makronutrien dan mikronutrien lengkap yang diperlukan untuk pertumbuhan anak. Selain itu, susu ini bisa dikonsumsi anak usia 1–10 tahun. Karena itu, produk ini bisa diberikan untuk anak-anak Anda pada rentang usia tersebut.

No.5

Mead JohnsonEnfagrow A+ 3

Mulai dari Rp198.000,00

Anak jadi lebih cerdas karena kandungan omega-3 dan omega-6 yang tinggi

Kelebihan:

  • Tersedia kemasan ukuran 400 gram hingga 3 kg dalam bentuk kardus dan kaleng
  • Memiliki tiga varian rasa

Kekurangan:

  • Produk tidak tersedia dalam ukuran kemasan kecil di bawah 400 gram

Anak yang pintar dan cerdas adalah dambaan setiap orang tua. Jika ingin otak anak berkembang kian optimal, cobalah memberinya susu formula ini. Enfagrow A+ 3 ini mengandung omega-3 dan omega-6 tinggi untuk mendukung perkembangan otak anak. Kadar DHA produk ini juga tinggi sehingga anak bisa tumbuh lebih cerdas.

No.6

NestléDANCOW 1+ Imunutri

Mulai dari Rp29.900,00

Mengandung 0 gram sukrosa untuk rasa manis yang lebih sehat

Kelebihan:

  • Tersedia dalam tiga varian rasa yang bisa dipilih
  • Menggunakan gula jenis lakstosa sehingga lebih menyehatkan
  • Mencegah diare pada anak berkat kandungan bakteri Lactobacillus rhamnosus

Kekurangan:

  • Susu mengandung alergen, periksa daftar bahan yang dicetak tebal pada keterangan di kemasan

Produk ini mengandung 0 gram jenis gula sukrosa dan lebih banyak laktosa. Laktosa sendiri merupakan gula alami yang terdapat dalam susu sapi sehingga lebih menyehatkan. Karena tidak mengandung sukrosa, produk ini cocok untuk anak yang mengalami obesitas serta karies gigi. Susu ini juga mengandung bakteri baik Lactobacillus rhamnosus yang mampu mencegah diare pada anak.

No.7

NutriciaBebelac Gold 3

Mulai dari Rp156.400,00

Tinggi serat, bantu melancarkan BAB pada anak

Kelebihan:

  • Memiliki kandungan serat tinggi yang dapat memperlancar BAB anak
  • Memiliki dua varian rasa yang bisa dipilih sesuai selera

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam satu ukuran kemasan 700 gram

Bebelac Gold 3 ini adalah susu formula yang diklaim memiliki kandungan serat tertinggi. Dengan meminum tiga gelas susu ini setiap hari, kebutuhan serat harian anak akan terpenuhi. Jika anak Anda sering mengalami sembelit, produk ini bisa membantu mengatasinya. Selain itu, produk ini juga dilengkapi nutrisi lain, seperti fish oil, omega-3, dan omega-6 yang mendukung pertumbuhan si kecil.

No.8

SOHO Global HealthCurcuma Plus Milk

Mulai dari Rp35.200,00

Nafsu makan anak meningkat berkat ekstrak temulawak

Kelebihan:

  • Tersedia dalam tiga ukuran kemasan dan tiga varian rasa, bisa disesuaikan dengan kebutuhan
  • Meningkatkan nafsu makan anak berkat ekstrak temulawak

Kekurangan:

  • Ada reviewer menyebut anaknya yang tidak cocok dengan susu ini mengalami susah buang air besar
  • Rasanya terlalu manis menurut beberapa review

Mengonsumsi temulawak dipercaya mampu meningkatkan nafsu makan anak. Namun, jika sulit dilakukan pada anak, alternatifnya adalah memberinya susu ini. Susu ini mengandung ekstrak temulawak organik yang mampu menambah nafsu makan serta menjaga daya tahan tubuh anak. Alih-alih rasanya seperti temulawak yang pahit, susu ini memiliki tiga pilihan rasa yang lezat.

No.9

Nature One DairyOrganic Toddler Nutritious Milk Drink Step 3

Mulai dari Rp450.000,00

Susu organik yang bisa dijadikan sebagai alternatif pengganti ASI

Kelebihan:

  • Susu organik, aman dikonsumsi bayi sebagai pengganti ASI
  • Tanpa tambahan zat kimia, pemanis ataupun gula
  • Hadir dalam kemasan kaleng sehingga lebih higienis dan terjaga kualitasnya

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam satu kemasan kaleng berukuran 900 gram dan rasa plain

Susu ini diperoleh dari sapi yang dipelihara dalam peternakan organik sehingga terhindar dari zat kimia berbahaya. Produk dari Nature One Dairy ini memiliki rasa plain karena di dalamnya tidak ada pemanis atau gula tambahan. Apabila Anda mencari susu organik yang lebih aman, produk ini bisa menjadi solusinya!

No.10

KALBEMorinaga Chil Kid P-HP MoriCare Zigma Triple Bifidus

Mulai dari Rp141.500,00

Solusi tepat untuk anak yang memiliki alergi

Kelebihan:

  • Susu menggunakan protein whey, bisa dikonsumsi anak yang memiliki alergi
  • Dilengkapi formula Moricare+ Prodiges yang baik untuk otak dan daya tahan tubuh

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam varian rasa plain

Untuk anak yang memiliki alergi susu sapi, kami merekomendasikan produk satu ini. Chil Kid P-HP ini merupakan alternatif susu jenis protein whey yang sudah terhidrolisis parsial. Ukuran massa molekul protein susu ini sudah diperkecil sehingga lebih mudah dicerna anak. Produk ini juga dilengkapi formula Moricare+ Prodiges yang menggabungkan nutrisi yang dibutuhkan otak dan daya tahan tubuh.

Pertanyaan umum seputar susu formula untuk anak 2 tahun

Pertanyaan umum seputar susu formula untuk anak 2 tahun

Selain mengulas cara memilih dan rekomendasi produknya, kami mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan populer seputar susu formula anak dua tahun. Simak di bawah ini untuk mengetahui selengkapnya.

Berapa banyak kebutuhan susu anak 2 tahun?

Untuk anak usia dua tahun, susu yang dibutuhkannya tidak lebih dari 2 gelas susu atau setara 480 ml setiap hari. Gunakan takaran ini sebagai patokan agar Anda tidak berlebihan memberikan susu pada anak. Jika anak terlalu kenyang akibat susu, risiko GTM akan meningkat.

Bolehkah anak umur 2 tahun minum susu coklat?

Susu cokelat boleh diberikan kepada anak umur dua tahun. Namun, dengan syarat anak tidak memiliki alergi serta tidak diberikan secara berlebihan. Susu cokelat mengandung gula yang lebih tinggi daripada susu plain. Pemberian susu cokelat sebaiknya diminum sesekali, bukan dijadikan susu harian anak. Hal ini untuk menghindari anak dari risiko obesitas.

Baca juga rekomendasi produk untuk anak 2 tahun lainnya di sini

Selain susu formula untuk anak dua tahun, kami juga memiliki beberapa rekomendasi produk untuk anak dua tahun. Anda bisa menemukan mainan edukasi, alat musik anak, serta buku cerita untuk anak usia dini. Jika Anda penasaran, baca segera tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Memberikan susu formula untuk anak dua tahun bukanlah suatu keharusan. Namun, Anda bisa memberikannya sebagai pelengkap gizi atau untuk anak yang mengalami kekurangan gizi. Pilihlah susu dengan kandungan yang sesuai dengan kondisi anak.

Periksa juga kandungan penting lain yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak. Hal lain yang perlu Anda ingat adalah memberikan susu formula dengan takaran yang tepat. Jadi, apakah Anda sudah menentukan susu formula terbaik yang dibutuhkan anak Anda?

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer