1. TOP
  2. >
  3. Handphone & tablet
  4. >
  5. Handphone
  6. >
  7. 10 Rekomendasi HP 5 Jutaan Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi HP 5 Jutaan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi HP 5 Jutaan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi HP 5 Jutaan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi HP 5 Jutaan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi HP 5 Jutaan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi HP 5 Jutaan Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Tidak dapat dipungkiri, HP menjadi barang yang wajib dimiliki bagi setiap orang. Bukan hanya digunakan untuk komunikasi, HP juga menjadi sarana hiburan, seperti bermain game, membuat video, atau menonton film. Di pasaran sendiri, banyak HP bagus yang memiliki spesifikasi mumpuni dengan harga beragam.


Lewat artikel ini, kami akan membahas tips memilih HP di harga 5 jutaan. Rekomendasi HP 5 jutaan terbaik yang bagus dan awet merek Samsung, OPPO, Xiaomi juga akan kami ulas keunggulannya. Silakan simak artikel ini untuk mendapatkan produk HP terbaik, ya!

Diperbaharui 10-09-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Daya tarik HP 5 jutaan

Daya tarik HP 5 jutaan

Bagi orang Indonesia, HP dengan harga 5 jutaan mungkin tergolong sebagai produk mid-range yang tinggi. Namun, menyiapkan dana sebesar itu untuk membeli HP bukanlah hal yang sulit. Di samping itu, HP harga 5 jutaan memiliki spesifikasi tinggi sehingga cukup worth it untuk dibeli.


Selain itu, HP 5 jutaan dapat membuat Anda makin percaya diri karena desain bodinya terlihat mewah. Jadi, tak ada salahnya jika Anda membeli HP seharga 5 jutaan. Toh, fungsi HP bukan hanya untuk komunikasi saja, tetapi juga untuk hiburan dan menunjang pekerjaan.

Cara memilih HP 5 jutaan

HP dengan harga 5 jutaan tentu memiliki fitur dengan spesifikasi yang tinggi. Namun, tiap produsen menawarkan keunggulan yang berbeda-beda. Supaya Anda tidak salah dalam memilih produk, silakan simak terlebih dahulu tips memilih HP 5 jutaan berikut ini.

① Pilih CPU jenis Qualcomm minimal seri 7

Pilih CPU jenis Qualcomm minimal seri 7

Dewasa ini, kemajuan teknologi membuat setiap produsen HP atau smartphone terus mengembangkan produknya. Tak heran, setiap tahunnya selalu muncul produk HP baru dengan fitur yang makin bagus. Nah, fitur HP juga ditentukan oleh teknologi HP yang disematkan, khususnya bagian chipset.


Ada dua hardware dalam chipset HP, yaitu CPU (central processing unit) dan GPU (graphics processing unit). Adapun fungsi CPU sendiri adalah sebagai otak, sementara GPU untuk mengolah gambar. Saat ini, kebanyakan HP kelas mid-range menggunakan jenis CPU Qualcomm. Makin tinggi seri CPU-nya, makin baik pula kualitasnya.


Jika Anda membutuhkan HP canggih yang mampu menjalankan aplikasi berat, pilihlah CPU jenis Qualcomm seri 7 dan 8. Untuk mengetahui serinya, perhatikan angka pertama yang mengikuti nama CPU-nya. Sebagai contoh, HP 5 jutaan terbaru biasanya menggunakan CPU Qualcomm Snapdragon 888/865/855. Artinya, HP tersebut menggunakan CPU seri 8.

② Cek ukuran RAM dan ROM

Cek ukuran RAM dan ROM

RAM (random-access memory) merupakan bagian terpenting dari HP yang berfungsi untuk menjalankan aplikasi. Makin besar kapasitas RAM-nya, makin cepat HP dalam membuka dan menutup aplikasi. Untuk dapat melakukan pekerjaan berat dan membuka banyak aplikasi sekaligus, pilihlah HP dengan RAM minimal 8 GB.


Selain itu, besar ROM (read-only memory) pada HP juga harus seimbang dengan tingkat kebutuhan Anda. Jika Anda senang menyimpan file, seperti film, e-book, atau menginstal banyak aplikasi, setidaknya Anda membutuhkan ROM yang besar. Untuk itu, pilihlah HP dengan ROM minimal 128 GB agar file Anda tidak cepat penuh.

③ Perhatikan dimensi dan resolusi layarnya

Dimensi dan resolusi layar HP akan berpengaruh terhadap kepuasan pemakaian. Berikut ini kami jelaskan lebih detail.

HP dengan layar minimal 6,6 inci, untuk bermain game

HP dengan layar minimal 6,6 inci, untuk bermain game

Jika Anda hobi bermain game melalui HP, sebaiknya pilih HP dengan dimensi layar yang lebar, yaitu minimal 6,6 inci. Dimensi layar yang lebar juga dapat memberikan kepuasan saat Anda menonton film, bahkan mengedit video atau dokumen.


Sayangnya, HP dengan dimensi layar yang terlalu lebar kurang nyaman saat digenggam dan dimasukkan ke dalam saku. Untuk itu, jika penggunaan HP lebih banyak untuk pemakaian normal, produk dengan dimensi layar 6,4 inci sudah cukup.

Layar AMOLED, untuk gambar yang tajam

Layar AMOLED, untuk gambar yang tajam

Jika Anda menyukai tampilan layar dengan warna yang detail dan gambar tajam, pilihlah HP dengan layar AMOLED. Adapun keunggulan dari layar AMOLED adalah lebih hemat energi. Dengan begitu, daya baterai pada HP tidak mudah habis. Selain itu, tingkat kontras pada layar AMOLED jauh lebih tajam dibanding jenis layar lainnya. Terlebih lagi, panel layar AMOLED rata-rata sudah menawarkan resolusi full HD.

④ Perhatikan resolusi dan fitur kameranya

Perhatikan resolusi dan fitur kameranya

Jika Anda menginginkan foto yang tidak pecah saat diperbesar, pilihlah HP dengan resolusi kamera besar. Resolusi kamera dapat dilihat dari besaran megapikselnya. Makin besar megapikselnya, makin besar pula ukuran foto yang akan Anda hasilkan.

 
Selain mengecek nilai resolusinya, perhatikan juga nilai aperture atau diafragmanya. Makin kecil ukuran aperture kamera, makin banyak cahaya yang dapat ditangkap oleh kamera. Artinya, Anda dapat memotret objek foto di tempat yang minim cahaya dan menghasilkan gambar yang terlihat lebih bokeh. Nah, nilai aperture sendiri biasanya diikuti oleh kode f, seperti f/1.8, f/2.2, dan f/2.4.


Selanjutnya, perhatikan juga kualitas kamera saat merekam video. Jika Anda menginginkan kualitas video yang tidak pecah, pilihlah HP yang dapat merekam video 4K. Sayangnya, video beresolusi besar membutuhkan space penyimpanan lebih banyak. Untuk itu, pastikan memori penyimpanan pada HP cukup lega, ya!

⑤ Cek kapasitas, kecepatan pengisian, dan fitur baterainya

Cek kapasitas, kecepatan pengisian, dan fitur baterainya

Saat Anda bermain game atau menonton film secara online, baterai HP akan lebih mudah habis dibandingkan pemakaian normal. Untuk itu, jika Anda aktif membuka aplikasi hiburan, pilihlah produk dengan kapasitas baterai minimal 5.000 mAh.


Selain kapasitasnya, Anda juga perlu mengecek fitur pengisian cepatnya atau fast charging. Beberapa merek HP juga menyebut fitur ini dengan nama quick charging. Fitur ini memungkinkan Anda untuk melakukan pengisian daya baterai dalam waktu yang lebih cepat.


Selain fitur fast charging, pertimbangkan juga untuk memilih HP yang didukung wireless charging. Fitur ini memungkinkan Anda dapat melakukan pengisian baterai tanpa menghubungkan HP ke kabel. Untuk bisa menggunakan fitur ini, Anda harus membeli wireless charger pad sebagai penyalur dayanya.

⑥ Pertimbangkan HP yang dilengkapi NFC

Pertimbangkan HP yang dilengkapi NFC

Fungsi NFC (near field communication) pada HP cukup penting bagi Anda yang mengutamakan pembayaran secara cashless. Sebagai contoh, saat Anda ingin menggunakan jalan tol, Anda memerlukan e-money dalam bentuk kartu tol.


Nah, dengan adanya NFC, Anda tidak perlu repot melakukan pengisian saldo melalui bank atau penyedia layanan isi ulang. Cukup tempelkan kartu tol ke HP, Anda bisa melakukan pengisian ulang dan mengecek saldo yang tersisa.

10 Rekomendasi HP 5 jutaan terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh HP 5 jutaan terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Update 8 Oktober 2022:Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa POCO F4 memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, OPPO Reno6 yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 2 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

POCO

F4

POCO F4  1枚目

Chipset dan layarnya mumpuni untuk game berat

2

OPPO

Reno6

OPPO Reno6  1枚目

Foto selfie terlihat lebih menawan berkat resolusi 44 MP

3

Xiaomi

Mi 11T

Xiaomi Mi 11T 1枚目

Si flagship killer di kelas mid-range

4

vivo

V25 5G

vivo V25 5G 1枚目

Loading cepat dan bebas lag

5

Xiaomi

12 Lite 5G

Xiaomi 12 Lite 5G 1枚目

Warnanya cantik dengan bobot ringan, untuk gaming pun oke

6

Samsung

Galaxy A53 5G

Samsung Galaxy A53 5G 1枚目

Abadikan momen terbaik Anda dengan kamera terbaik

7

realme

GT Neo 3T

realme  GT Neo 3T 1枚目

Desainnya sporty plus chipset yang ngebut

8

Xiaomi

Mi 10T

Xiaomi Mi 10T 1枚目

Hasilkan video beresolusi 8K dengan kualitas ciamik

9

POCO

F3

POCO F3 1枚目

Chipset dan layarnya mumpuni untuk game berat

10

OPPO

Reno8 Z 5G

OPPO Reno8 Z 5G 1枚目

Desain mewah, ruang penyimpanan eksternalnya pun lega

Perincian produk
Close
No.1

Chipset dan layarnya mumpuni untuk game berat

Kelebihan:

  • Refresh rate 120 Hz plus teknologi HDR 10+, main game jadi lebih seru
  • Sudah menggunakan teknologi Dolby Vision

Kekurangan:

  • Belum dilengkapi dengan in display fingerprint

Jika Anda menginginkan HP yang bagus untuk bermain game, produk ini wajib masuk ke dalam daftar pilihan Anda. Berbagai teknologi yang terdapat di dalamnya akan membuat Anda betah berlama-lama main game. Mulai dari tampilan TrueColor, HDR 10+, hingga teknologi Dolby Vision. Anda akan dimanjakan baik dari secara visual maupun audio.

No.2

Foto selfie terlihat lebih menawan berkat resolusi 44 MP

Kelebihan:

  • Body-nya ringan dan tipis
  • Baterainya terhitung awet

Kekurangan:

  • Masih menggunakan chipset Snapdragon 720G

Jika Anda menginginkan HP 5 jutaan dengan kualitas kamera selfie terbaik, OPPO Reno6 adalah jawabannya. Hadir dengan kamera depan 44 MP, hasil foto selfie Anda akan terlihat lebih tajam dan menawan.


Sementara untuk kamera utamanya, terdapat fitur Bokeh Flare Portrait. Anda pun dapat membuat foto dan video terlihat bokeh tanpa harus repot mengeditnya. Tinggal upload di media sosial, semua orang akan kagum dengan kualitas gambarnya.

No.3

Si flagship killer di kelas mid-range

Kelebihan:

  • Sudah mendukung jaringan 5G
  • Memiliki sertifikasi IP53, tahan terhadap percikan air

Kekurangan:

  • Chipset masih menggunakan MediaTek, mudah overheat dan boros baterai menurut beberapa pengguna

Bila Anda suka mengabadikan momen, pilihlah HP dengan kamera yang mumpuni dan apik. Salah satu pilihan terbaiknya adalah Xiaomi Mi 11T. Meski harganya di kelas mid-range, Xiaomi tetap memberikan fitur dan spesifikasi layaknya HP flagship. Hal tersebut dibuktikan dengan dibekalinya layar AMOLED dan dilindungi oleh Gorilla Glass Victus.

No.4

Loading cepat dan bebas lag

Kelebihan:

  • Kamera lebih stabil karena dilengkapi dengan OIS
  • Kamera depannya mampu merekam hingga resolusi 4K 30fps

Kekurangan:

  • Masih menggunakan speaker mono


Dari sisi desain, produk ini hadir dalam dua pilihan warna, yaitu Aquamarine Blue dan Diamond Black. Kedua pilihan warna tersebut tentunya terlihat sangat classy. vivo juga memiliki fitur unik, yakni jika ponsel terkena sinar matahari, bagian backdoor akan berubah warna.


Extended RAM sebesar 8 GB membuat ponsel ini memiliki performa lebih kencang, baik saat membuka maupun menutup aplikasi. Anda ingin bebas lag saat membuka banyak aplikasi? vivo V25 5G adalah solusinya. Dengan HP ini, aktivitas multitasking Anda dapat berjalan lebih mulus tanpa gangguan.
No.5

Warnanya cantik dengan bobot ringan, untuk gaming pun oke

Kelebihan:

  • Varian warnanya menarik
  • Back cover-nya memiliki finish matte sehingga tidak meninggalkan jejak sidik jari

Kekurangan:

  • Absennya headphone jack


Jika Anda mengutamakan HP dengan tampilan yang cantik dan stylish, sebaiknya Anda pilih produk ini. Hal ini karena bentuknya tipis, ringan, dan hadir dengan warna yang menarik.


Selain itu, adanya selfie glow berfungsi sebagai cahaya tambahan saat kondisi low light. HP 5 jutaan kamera terbaik 2022 ini juga tetap nyaman meski dipakai untuk menjalankan game berat. Grafisnya pun terasa stabil dan ponsel tidak mudah panas.

No.6

SamsungGalaxy A53 5G

Mulai dari Rp5.799.000,00

Abadikan momen terbaik Anda dengan kamera terbaik

Kelebihan:

  • Dilengkapi dengan sertifikasi IP67, kedap air dan debu
  • Desainnya tampak mewah dan elegan

Kekurangan:

  • Tidak dibekali headphone jack


Bila Anda mencari handphone dengan desain yang mewah, ponsel ini jawabannya. HP 5 jutaan 5G ini didesain dengan layar Infinity O yang elegan dan manis. Built quality-nya pun terasa mewah dan membuat Anda serasa menggenggam HP flagshipBezel-nya yang tipis dan simetris akan membuat Anda lebih leluasa dalam mengoperasikan layar.


Di sisi lain, HP ini memberikan pengalaman multimedia yang mantap. Pasalnya, ponsel ini dibekali dengan refresh rate hingga 120 Hz. Kamera utamanya mampu menangkap detail dengan mudah, bahkan di dalam kondisi low light sekalipun. Tidak hanya itu, hasil foto yang dihasilkan pun tampak vibrant.

No.7

Desainnya sporty plus chipset yang ngebut

Kelebihan:
  • Sudah menggunakan layar AMOLED 120 Hz
  • Proses pengisian dayanya cepat

Kekurangan:

  • Tidak memiliki sertifikat IP rating

HP ini memiliki desain back cover ala bendera racing sehingga pas bagi Anda yang sporty dan menggemari game. Untuk speaker-nya, HP ini menggunakan Dolby Atmos dan high resolution audio sehingga suara yang dihasilkan stereo dan jernih.


Tidak hanya itu, handphone ini bisa digunakan untuk menonton Youtube dengan resolusi 4K, lho. Jika ingin berbagi koneksi, manfaatkan fitur wifi sharing. Jadi, Anda pun tidak perlu repot untuk berbagi password secara manual.

No.8

Hasilkan video beresolusi 8K dengan kualitas ciamik

Kelebihan:

  • Terdapat IR blaster sehingga dapat dijadikan sebagai remote


Kekurangan:

  • Tidak adanya connector jack 3,5mm

Salah satu keunggulan yang ditawarkan dari produk ini adalah kemampuannya dalam membuat video beresolusi 8K. Hal ini tentu sangat dibutuhkan untuk Anda yang hobi membuat konten video, baik untuk video dokumenter maupun vlog. Hebatnya lagi, HP ini juga dibekali teknologi MEMC yang dapat meningkatkan kualitas dan ketajaman video.


Sementara dari sisi konektivitas, selain dibekali teknologi jaringan 5G dan Bluetooth 5.1, HP ini sudah didukung dengan Wi-Fi 6. Artinya, kecepatan transfer data saat Anda mengakses internet lebih kuat dibandingkan biasanya. Membuat video, mengedit, dan mengunggahnya langsung di YouTube pun akan terasa lebih mudah.

No.9

Chipset dan layarnya mumpuni untuk game berat

Kelebihan:

  • Sudah menggunakan chipset Snapdragon 870
  • Layarnya dapat digunakan untuk fitur AMOLED dengan berbagai mode

Kekurangan:

  • Tidak ada slot untuk memori tambahan

HP merek POCO ini dibekali dapur pacu Qualcomm Snapdragon 870 berkecepatan hingga 3,2 GHz. Artinya, HP ini dapat membuka aplikasi dengan kinerja dan ukuran yang berat. Hebatnya lagi, HP ini juga dilengkapi teknologi LiquidCool yang menjamin perangkat tidak cepat panas. 


Jika Anda menginginkan HP yang bagus untuk bermain game, produk ini wajib masuk ke dalam daftar pilihan Anda. Layar seluas 6,67 inci dengan panel E4 Dynamic AMOLED akan memberikan pengalaman bermain game yang menyenangkan. Terlebih, Corning Gorilla Glass 5 pada layarnya membuat HP aman dari risiko goresan.

No.10

Desain mewah, ruang penyimpanan eksternalnya pun lega

Kelebihan:

  • Body ringan dan tipis
  • Sudah menggunakan in display fingerprint
  • Dilengkapi dengan fitur air gesture

Kekurangan:

  • Refresh rate maksimal hanya 60 Hz, tampilan konten tidak terlalu halus

HP ini dibekali dengan AI potrait retouching yang memberi filter pada wajah secara alami. HP 5 jutaan terbaik ini juga dilengkapi dengan card slot yang memiliki kapasitas hingga 1 TB. Jadi, apabila Anda merasa kurang dengan memori internal, gunakan saja memori eksternalnya. HP ini bisa dipertimbangkan jika Anda mencari HP dengan tempat penyimpanan yang lega.

Baca juga rekomendasi HP lainnya di sini

Jika Anda tertarik mencari HP dengan merek tertentu, kami juga memiliki beberapa referensi artikel yang dapat dibaca. Silakan klik tautan di bawah ini jika Anda ingin mendapat informasi mengenai HP dari segala merek dan harga.

Kesimpulan

Bagaimana ulasan kami mengenai HP 5 jutaan dalam artikel ini? Setiap merek HP tentunya menawarkan keunggulan yang berbeda-beda, baik dari sisi kamera maupun CPU-nya. Untuk itu, pilihlah HP yang sesuai dengan kebutuhan Anda.


Dengan menyiapkan dana 5 jutaan, Anda sudah bisa mendapatkan HP Android berspesifikasi tinggi. HP 5 jutaan juga layak dibeli karena menawarkan fitur-fitur keren. Semoga produk yang kami rekomendasikan dapat membantu Anda menemukan produk yang tepat.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer