• 10 Rekomendasi Film Kungfu Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Film Kungfu Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Film Kungfu Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Film Kungfu Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Film Kungfu Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Film Kungfu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Bila Anda suka dengan film action, film kungfu bisa jadi salah satu watch list untuk ditonton. Film ini menarik untuk ditonton karena menampilkan jurus-jurus yang dipakai dan detail dalam perkelahiannya.

Jika Anda ingin tahu film kungfu terbaik yang wajib ditonton, Anda bisa membacanya di artikel ini. Ip Man dan Kungfu Hustle adalah salah satunya. Selain itu, masih ada film Mulan atau Kung Fu Panda yang bagus ditonton oleh anak-anak. Kami juga akan merekomendasikan berbagai film kungfu menarik dan film kungfu lawas. Pilihlah yang lebih Anda sukai!

  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara memilih film kungfu

Jika Anda tertarik dengan film jenis ini, kami akan membantu Anda memilihkan film terbaik untuk ditonton. Selain melihat rating, Anda juga bisa memilih film berdasarkan beberapa hal berikut ini. 

Pilih berdasarkan aktor terfavorit

Film kungfu tak lepas dari para tokoh pemeran utamanya. Para aktor ini memiliki karakteristik masing-masing sehingga film yang mereka bintangi punya ciri khas tersendiri. Anda bisa mencoba menonton salah satu film yang mereka bintangi dan menentukan siapa yang lebih Anda sukai. Kemudian, Anda bisa menonton film-film lain yang mereka bintangi.

Bruce Lee, pelopor kungfu pertama di Hollywood

Bruce Lee dikenal sebagai pelopor film kungfu pertama di Hollywood. Pria yang kental dengan setelan kuning bergaris hitam ini mengenalkan kungfu pertama kali lewat perannya di Green Hornet. Film ini sukses dan membukakan jalan pada film-filmnya yang lain. The Big Boss, Fist of Fury, The Way of the Dragon adalah jejeran film suksesnya yang lain pada tahun 70-an. 


Sayangnya, umur Bruce Lee tidak panjang. Di umur 32 tahun, ia meninggal dunia. Sangat disayangkan film-filmnya juga tidak bisa ditemukan di layanan streaming online. Namun, jika Anda penasaran, Anda bisa menemukan potongan-potongan film Bruce Lee di Youtube.

Jackie Chan, master kungfu yang konyol dan lucu

Setelah meninggalnya Bruce Lee, Jackie Chan mulai dilirik oleh produser Willie Chan pada tahun 1976. Jackie Chan direncanakan untuk menjadi penerus Bruce Lee lewat film New Fist of Fury. Namun, ternyata gaya kungfu Jackie Chan berbeda dengan Bruce Lee. Akhirnya, Jackie Chan dibuatkan film tersendiri yang menampilkan gaya khasnya dan ternyata filmnya tak kalah sukses.


Snake in the Eagle's Shadow dan Drunken Master adalah dua film yang membawa Jackie Chan ke puncak ketenaran. Setelah itu, kariernya makin menanjak hingga ke perfilman Hollywood. Jackie Chan terkenal sebagai aktor kungfu yang konyol dan lucu. Kemampuan kungfunya tak hanya terlihat keren, tetapi aktingnya juga menghibur sehingga film-filmnya banyak disukai. 

Stephen Chow, tak kalah lucu dan menghibur

Selain Jackie Chan, aktor kungfu yang tak kalah kocak adalah Stephen Chow. Chow sudah memulai debut aktingnya pada tahun 80-an. Film yang mendobrak namanya menjadi sangat terkenal adalah Shaolin Soccer yang rilis tahun 2001. Lalu, kariernya makin menanjak setelah film Kungfu Hustle keluar.


Film-film Stephen Chow yang terkenal adalah film kungfu bergenre komedi. Selain menjadi aktor, Stephen Chow juga menyutradarai kebanyakan filmnya sendiri. Shaolin Soccer, Kungfu Hustle, dan CJ7 adalah salah satu film yang ia bintangi dan sutradarai sekaligus

Donnie Yen, sukses berkat aktingnya di film IP Man

Donnie Yen sebenarnya sudah malang melintang di dunia perfilman semenjak tahun 80-an. Ia mengawali kariernya di dunia akting dengan menjadi stunt man. Lalu, tahun 1992 Donnie Yen sempat menjadi lawan main Jet Li di film Once Upon a Time di China II sebagai jenderal Nap-lan.

 
Namun, kariernya baru kian bersinar saat ia menjadi pemeran utama di film Ip Man. Aktingnya di film tersebut mendapat banyak penghargaan sekaligus pengakuan. Semenjak itu, namanya makin terkenal di kancah perfilman. Bisa dibilang, Donnie Yen adalah aktor kungfu yang sampai saat ini masih naik daun. 

Cari tahu subgenre dari film yang Anda tonton

Selain dari aktornya, Anda bisa memilih film kungfu berdasarkan subgenrenya. Ada beberapa subgenre yang bisa dipilih, cek ragamnya di sini. 

Komedi, ceritanya ringan dan menghibur

Beberapa film kungfu hadir dalam genre komedi. Pelopor film kungfu komedi pertama kali adalah Jackie Chan. Dengan gayanya yang konyol, Jackie Chan berhasil memadukan adegan perkelahian dengan tingkah yang lucu.


Hal ini ternyata menarik perhatian banyak orang. Adegan lucu dalam film kungfu membuat film tampak tidak terlalu berat dan menegangkan.

Drama, jalan ceritanya lebih serius dan adegan perkelahiannya lebih real

Selain komedi, film kungfu juga banyak dikemas dalam bentuk drama. Aksi heroik pemeran utama juga kerap menjadi cerita yang umum disajikan. Tentu saja agar lebih menarik, ada adegan romantisme yang diselipkan.

 
Bila Anda menyukai film dengan genre yang lebih serius, Anda bisa memilih genre ini. Selain adegan bela diri yang cukup menegangkan, Anda bisa menikmati akting para aktor dan aktris yang memukau. 

Perhatikan tahun rilis film

Saat menonton film kungfu, perhatikan juga tahun rilis film. Kungfu sudah terkenal di tahun 60-an. Film-film tentang kungfu sudah banyak beredar sejak saat itu hingga kini. Salah satu contohnya adalah film-film Bruce Lee yang eksis di tahun 60-an. 


Setelah itu, menyusul film-film Jackie Chan yang eksis di tahun 70-an hingga 2000-an. Semenjak itu, makin banyak film kungfu yang beredar dan para aktor baru bermunculan. Stephen Chow dan Donnie Yen adalah salah satu aktor yang mulai berkarya pada tahun 80-an.


Dengan mengetahui tahun rilis film, Anda juga bisa menentukan jenis film kungfu yang ingin ditonton. Kualitas film, jalan cerita, dan setting film juga dipengaruhi dari tahun rilisnyaMakin modern, makin bagus pula kualitas filmnya. Meski begitu, film-film kungfu lawas punya karakteristik tersendiri yang menjadikannya menarik ditonton. Jadi, tak ada salahnya sesekali throwback menonton film kungfu jadul.

Pastikan rating usia sebelum mengajak anak menonton

Pastikan rating usia sebelum mengajak anak menonton

Karena film kungfu termasuk dalam film action, kemungkinan munculnya adegan kekerasan sangatlah besar. Jadi, bila Anda hendak menonton, pastikan anak Anda tidak ikut menontonnya. Meski begitu, ada beberapa film kungfu yang juga ditargetkan untuk anak-anak, misalnya Kung Fu Panda.

 
Selain untuk pengenalan tentang seni bela diri, kungfu juga mengajarkan banyak nilai-nilai positif. Jadi, jika anak hendak menonton, pastikan Anda mendampingi mereka khususnya saat ada adegan berkelahi

10 Rekomendasi film kungfu terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh film kungfu terbaik. Rekomendasi film kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review penonton. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di IMDb.

10

We Pictures, Stellar Mega FilmsDragon

SubgenreDrama, adventure
Tahun rilis2011
Kategori usia18+
Rating di IMDb7,1 dari 10
9

Golden Harvest, Film WorkshopOnce Upon a Time in China

SubgenreDrama, adventure
Tahun rilis1991
Kategori usia18+
Rating di IMDb7,3 dari 10
8

Golden HarvestJackie Chan's Project A

SubgenreDrama, petualangan
Tahun rilis1983
Kategori usia13+
Rating di IMDb7,4 dari 10
7

Golden HarvestPolice Story

SubgenreDrama, komedi
Tahun rilis1985
Kategori usia13+
Rating di IMDb7,6 dari 10
6
SubgenreDrama, animasi
Tahun rilis1998
Kategori usiaParents Guide (PG)
Rating di IMDb7,6 dari 10
5
SubgenreFamily, animasi
Tahun rilis2008
Kategori usia7+
Rating di IMDb7,6 dari 10
4

Shaw Brothers StudioThe 36th Chamber of Shaolin

SubgenreDrama, adventure
Tahun rilis1978
Kategori usia16+
Rating di IMDb7,7 dari 10
3

Columbia PicturesKung Fu Hustle

SubgenreKomedi, adventure
Tahun rilis2004
Kategori usia16+
Rating di IMDb7,7 dari 10
2

Columbia Pictures FilmCrouching Tiger, Hidden Dragon

SubgenreDrama, adventure
Tahun rilis2000
Kategori usia16+
Rating di IMDb7,8 dari 10
1
SubgenreDrama, adventure
Tahun rilis2008
Kategori usia16+
Rating di IMDb8 dari 10

Tabel perbandingan film kungfu terbaik

Gambar produk
1
Mandarin Films Ip Man 1

Mandarin Films

2
Columbia Pictures Film Crouching Tiger, Hidden Dragon 1

Columbia Pictures Film

3
Columbia Pictures Kung Fu Hustle 1

Columbia Pictures

4
Shaw Brothers Studio The 36th Chamber of Shaolin 1

Shaw Brothers Studio

5
DreamWorks Kung Fu Panda 1

DreamWorks

6
Disney Mulan 1

Disney

7
Golden Harvest Police Story 1

Golden Harvest

8
Golden Harvest Jackie Chan's Project A 1

Golden Harvest

9
Golden Harvest, Film Workshop Once Upon a Time in China 1

Golden Harvest, Film Workshop

10
We Pictures, Stellar Mega Films Dragon 1

We Pictures, Stellar Mega Films

Nama produk

Ip Man

Crouching Tiger, Hidden Dragon

Kung Fu Hustle

The 36th Chamber of Shaolin

Kung Fu Panda

Mulan

Police Story

Jackie Chan's Project A

Once Upon a Time in China

Dragon

Keunggulan

Diangkat dari kisah nyata dan berhasil mendapat banyak penghargaan

Pemenang penghargaan Oscar dan 40 penghargaan lainnya

Efek visualnya membuat film jadi lebih seru dan lucu!

Salah satu film kungfu lawas yang terkenal hingga ke dunia Barat

Lucu dan kocak, Anda akan dibuat tertawa sepanjang film

Memiliki pesan yang bagus dan sangat menginspirasi

Film kungfu terbaik Jackie Chan yang wajib ditonton!

Penuh adegan kungfu berbahaya, tetapi tetap menghibur

Nostalgia menyaksikan film kungfu klasik yang tetap menarik ditonton

Seru dan menegangkan, aksi kungfu Donnie Yen pantas diacungi jempol!

SubgenreDrama, adventureDrama, adventureKomedi, adventureDrama, adventureFamily, animasiDrama, animasiDrama, komediDrama, petualanganDrama, adventureDrama, adventure
Tahun rilis2008200020041978200819981985198319912011
Kategori usia16+16+16+16+7+Parents Guide (PG)13+13+18+18+
Rating di IMDb8 dari 107,8 dari 107,7 dari 107,7 dari 107,6 dari 107,6 dari 107,6 dari 107,4 dari 107,3 dari 107,1 dari 10
Tautan produk

Baca juga rekomendasi film action lainnya di sini

Anda penyuka film action? Selain kungfu, kami masih punya banyak rekomendasi film action lain yang wajib Anda tonton. Anda bisa memilih berdasarkan genre atau aktor yang terkenal dengan aksinya. Jika tertarik, Anda bisa mengeklik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Film kungfu memang sudah lama hadir dan populer di dunia. Bruce Lee, Jackie Chan, Stephen Chow, dan Donnie Yen adalah beberapa nama aktor yang terkenal dalam film kungfu. 


Selain aktornya, Anda juga bisa memilih film kungfu berdasarkan genrenya. Kami sudah memberi rekomendasi film kungfu terbaik. Jika Anda pencinta film kungfu, jangan sampai Anda melewatkan judul-judul film tersebut, ya. Selamat menonton!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Anime China Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Anime China Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Beberapa tahun terakhir anime China mulai mengemuka, menyusul anime lainnya dari Jepang dan Korea Selatan. Gambarnya makin matang dan ceritanya pun makin kuat. Judul-judul anime China yang bagus dengan berbagai jenis genre mulai mudah ditemukan di Indonesia.Bagi Anda penggemar anime China atau sekadar ingin menjajal menonton, kami akan menyajikan cara memilih anime China terbaik. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa judul anime China, seperti Legend of Exorcism, New Gods: Nezha Reborn, dan lainnya. Apabila Anda berniat menghabiskan waktu luang dengan menonton anime China, silakan baca artikelnya sampai tuntas!
    Film
  • 10 Rekomendasi Anime Studio Ghibli Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Anime Studio Ghibli Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang menyukai film animasi Jepang, atau biasa disebut anime, pasti mengenal Studio Ghibli. Ya, studio ini terkenal dengan produksi film animasi yang menawarkan cerita menarik. Beberapa anime Studio Ghibli bahkan sudah terkenal hingga tingkat internasional.Anime Ghibli terbaru masih terus bermunculan hingga saat ini. Karena itu, kali ini kami akan membagikan rekomendasi anime Studio Ghibli yang bagus beserta tips memilihnya. Beberapa Studio Ghibli films, seperti Princess Mononoke, Spirited Away, dan From Up on Poppy Hill, akan kami bahas pada artikel ini. Jadi, pastikan Anda membaca hingga akhir, ya!
    Film
  • 10 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Genre isekai menceritakan tentang tokoh utama yang terpanggil ke dunia lain. Genre ini menyajikan kisah petualangan dan adegan penuh aksi. Pencinta anime pasti sudah sangat familier dengan anime isekai. Karena itu, artikel ini secara khusus membahas rekomendasi anime isekai terbaik.Cara memilih anime isekai akan kami bahas untuk membantu Anda menentukan pilihan. Rekomendasi anime isekai yang bagus, seperti Sword Art Online, Ni No Kuni, dan The Rising of The Shield Hero, akan Anda temukan pada artikel ini. Oleh karena itu, pastikan Anda membaca hingga akhir, ya!
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Ernest Prakasa Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Film Ernest Prakasa Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Setelah kesuksesannya dalam menyutradarai film Cek Toko Sebelah, nama Ernest Prakasa makin dikenal dalam jagat perfilman. Ernest tak hanya pandai bermain film, tetapi juga menulis skenario serta menyutradarai film. Di artikel ini, kami akan membahas kumpulan film terbaik Ernest Prakasa.  Terdapat berbagai deretan film Ernest Prakasa terbaik, seperti Ngenest, Imperfect, serta film series lainnya. Kami akan merekomendasikan film produksi Ernest Prakasa serta film-film yang dibintanginya. Film-film Ernest Prakasa kebanyakan merupakan drama komedi. Jadi, buat Anda yang butuh hiburan dan tertawa sejenak, pastikan Anda menonton film Ernest Prakasa yang lucu.
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Disney+ Hotstar Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Film Disney+ Hotstar Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Menonton film merupakan kegiatan yang seru. Sekarang, Anda tak perlu repot-repot pergi ke bioskop untuk menonton film karena sudah banyak website resmi yang menyediakan film original. Di antara banyaknya aplikasi dan website untuk menonton film, Disney+ Hotstar menjadi salah satu situs favorit untuk segala usia.Pada artikel ini, kami akan memberikan tips memilih film yang bagus di Disney+ Hotstar. Deretan rekomendasi film Disney+ Hotstar terbaik, seperti Toy Story 4, Mandalorian, dan Snowdrop juga akan kami ulas. Cek rekomendasi daftar film dari kami dan temukan film favorit Anda. Selamat membaca!
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Marvel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Film Marvel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dari sekian banyak film superhero, mungkin Anda sudah sangat familier dengan film produksi Marvel. Kumpulan film Marvel ini masih bisa ditonton kapan saja melalui layanan media streaming digital seperti Netflix dan Disney+ Hotstar. Salah satu judul film Marvel terbaik yang tak boleh Anda lewatkan adalah Avengers: Infinity War dan Avengers: Endgame.Namun, film Marvel bukan Avengers saja. Masih banyak film Marvel lainnya yang tak kalah bagusnya, seperti Loki, Spider-Man, dan lainnya. Melalui artikel ini, kami akan mengulas list film Marvel terbaru tahun 2022 yang wajib Anda tonton.
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Terbaik yang Dibintangi Keanu Reeves (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Film Terbaik yang Dibintangi Keanu Reeves (Terbaru Tahun 2022)
    Performa Keanu Reeves dalam film tidak pernah mengecewakan. Ia sangat dicintai, baik di dalam maupun di luar layar. Sang bintang Hollywood ini banyak menghadirkan penampilan ikonis, misalnya pada The Matrix dan John Wick. Tak heran bila sosoknya sangat digemari. Filmnya pun selalu dinanti.Sekarang kami akan membagikan cara memilih film terbaik yang dibintangi Keanu Reeves. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi film Keanu Reeves yang bagus beserta ulasannya. Rekomendasinya merupakan film-film yang muncul di layanan streaming seperti Netflix dan Disney+ Hotstar. Yuk, scroll ke bawah untuk lanjut membaca artikel ini!
    Film
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori