1. TOP
  2. >
  3. Elektronik rumah tangga
  4. >
  5. TV & perangkat video
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Antena TV Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Antena TV Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Antena TV Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Antena TV Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Antena TV Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Antena TV Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Antena TV Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Belum lama ini pemerintah Indonesia merilis kebijakan tentang migrasi dari TV analog ke TV digital. Karena itu, banyak masyarakat yang mulai mencari antena TV digital. Namun, masyarakat acap kali bingung ketika ingin memilih antena TV digital terbaik. Apakah memilih merek Toyosaki, Sanex, PXOASE, atau lainnya?


Artikel kali ini membahas tips memilih antena TV digital, baik untuk indoor maupun outdoor. Kami juga memberikan rekomendasi antena digital yang bagus untuk TV tabung, LED, dan LCD. Dengan begitu, tayangan televisi akan lebih jelas dan jernih. Jangan sampai ketinggalan untuk menyimak penjelasannya!

Diperbaharui 12-05-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Kegunaan dan kelebihan antena TV digital

Kegunaan dan kelebihan antena TV digital

Pencanangan program migrasi TV analog ke TV digital membuat pencarian antena TV digital meningkat. Lantas apa sebenarnya antena TV digital? Antena TV digital adalah perangkat yang digunakan untuk menangkap sinyal digital. Dengan adanya antena TV digital, kualitas tayangan bisa lebih jernih dan suara lebih jelas.


Lalu, apa perbedaan antena TV digital dan analog? Antena TV digital bisa dikatakan sebagai versi baru dari antena TV analog. Tidak heran jika harga antena TV digital lebih mahal daripada antena TV analog. Selain harga, perbedaannya juga terletak pada kualitas antena. Antena TV digital dapat menangkap sinyal lebih baik daripada antena TV analog karena jangkauannya lebih luas


Hal tersebut jugalah yang menjadi salah satu kelebihan dari antena TV digital. Dengan kata lain, saat menggunakan antena TV digital, Anda bisa menonton saluran televisi lebih banyak. Selain itu, antena TV digital juga bisa menangkap dua jenis frekuensi, yaitu VHF dan UHF. Artinya, Anda bisa menonton televisi analog dan digital sekaligus.

Cara memilih antena TV digital

Dalam memilih antena TV digital, Anda bisa mempertimbangkan beberapa hal, misalnya penempatan antena. Anda bisa memilih antena TV digital indoor atau outdoor. Agar Anda tidak salah pilih, simaklah tips memilih antena TV digital berikut.

① Pilih berdasarkan penempatan antena

Berdasarkan penempatannya, ada dua jenis antena yang bisa Anda pilih. Namun, Anda harus mempertimbangkannya sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, pertimbangkan juga kelebihan dan kekurangan dari setiap jenis antena.

Antena indoor, bentuk compact sehingga mudah disesuaikan posisinya

Antena indoor dapat diletakkan di dalam ruangan. Banyak orang memilih menggunakan antena indoor karena pemasangannya mudah. Selain itu, antena juga mudah dipindahkan posisinya untuk mendapatkan gambar yang lebih jelas. Antena indoor juga lebih aman dari sambaran petir dan harganya terjangkau.


Sayangnya, antena indoor terkadang tidak bisa menangkap semua saluran televisi. Tidak hanya itu, pengaturan antena indoor terkadang menjadi hal yang dilematis. Pasalnya, ketika di suatu posisi, satu saluran televisi terlihat jernih, tetapi saluran yang lain buram. Selain itu, antena indoor juga hanya memiliki kabel yang berukuran pendek.

Antena outdoor, kualitas gambar lebih jernih dan tak perlu lagi mengatur posisi antena

Antena outdoor, kualitas gambar lebih jernih dan tak perlu lagi mengatur posisi antena

Sesuai dengan namanya, antena outdoor diletakkan di luar ruangan. Dengan menggunakan antena outdoor, televisi Anda bisa menangkap lebih banyak saluran televisi. Selain itu, Anda pun dapat melihat tayangan yang lebih jernih. Anda juga tidak perlu lagi mengatur posisi antena setiap saat.


Namun, pemasangan antena jenis ini terbilang lebih repot. Pasalnya, antena outdoor pada umumnya dipasang di atap rumah. Karena itu, Anda juga tidak bisa memindahkan posisi antena dengan mudah. Poin pertimbangan selanjutnya adalah harga antena outdoor kebanyakan lebih mahal daripada yang indoor.

② Sesuaikan ukuran antena dengan jenis TV

Pemilihan antena TV digital juga bisa bergantung pada jenis televisi. Saat ini memang banyak yang sudah menggunakan TV LED atau LCD. Namun, masih banyak juga yang menggunakan TV tabung. Anda perlu menyesuaikan antena dengan jenis TV agar bisa menikmati tayangan dengan maksimal.

TV LED atau LCD: Antena besar karena lebih susah menangkap sinyal

TV LED atau LCD: Antena besar karena lebih susah menangkap sinyal

TV LED atau LCD menjadi pilihan banyak keluarga. Salah satu alasannya adalah tampilan televisinya yang lebih modern. Selain itu, jenis televisi yang satu ini juga mudah ditemukan di pasaran. Harganya pun bervariasi bergantung pada ukuran dan mereknya.


Namun, hal yang jarang diketahui adalah jenis televisi ini tidak mudah menangkap sinyal. Karena itu, dibutuhkan antena yang tepat jika Anda memiliki jenis televisi ini. TV LED atau LCD akan cocok menggunakan antena berukuran sedang hingga besar sehingga sinyal lebih mudah dijangkau.

TV tabung: Antena kecil karena dapat menangkap sinyal dengan baik

TV tabung: Antena kecil karena dapat menangkap sinyal dengan baik

Meskipun terkesan ketinggalan zaman, TV tabung masih menjadi idaman banyak keluarga. TV tabung umumnya sudah dimiliki sejak lama. Karena masih bagus tayangannya, TV tabung belum digantikan dengan TV LED atau LCD. Harga TV tabung juga cenderung lebih terjangkau. 


Berbeda dengan TV LED atau LCD yang susah menangkap sinyal, jenis ini justru memiliki daya tangkap sinyal lebih baik. Karena itulah, antena berukuran kecil hingga sedang bisa digunakan untuk jenis televisi ini. 

③ Utamakan antena dengan kabel coaxial

Utamakan antena dengan kabel coaxial

Kabel coaxial merupakan komponen penting yang harus Anda perhatikan ketika memilih antena TV digital. Kabel tersebut menjadi salah satu penentu kualitas antena. Fungsi dari kabel ini adalah menjadi jaringan penghubung transmisi perangkat elektronik.


Anda sebaiknya memilih antena dengan kabel coaxial dengan impedansi 75 ohm. Kabel coaxial dengan impedansi 75 ohm memiliki jumlah serabut yang lebih tebal dan kawat konduktor yang lebih besar. Meskipun harganya cenderung lebih mahal, kualitas gambar yang akan didapatkan tentu akan makin baik.

④ Gunakan booster untuk memperkuat sinyal yang diterima

Gunakan booster untuk memperkuat sinyal yang diterima

Booster merupakan alat penguat sinyal yang diterima antena. Dengan menggunakan booster, sinyal yang diterima akan dijauhkan dari penghalang transmisi sinyal. Dengan kata lain, pancaran sinyal yang diterima makin jelas. Hal ini berefek pada tayangan yang makin jelas. 


Booster juga dapat membantu Anda yang ingin menggunakan antena untuk beberapa televisi. Kualitas tayangan akan tetap bagus meski digunakan di beberapa televisi.

10 Rekomendasi antena TV digital terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk antena TV digital terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Aoki

Antena 2 TV Digital Indoor/Outdoor

Aoki Antena 2 TV Digital Indoor/Outdoor 1枚目

Desain modern dan cocok untuk semua jenis TV

2

OASE

Olike Antena Indoor Khusus TV Digital

OASE Olike Antena Indoor Khusus TV Digital 1枚目

Desain ringkas dan tipis, aman terpasang karena adanya perekat

3

PX

Digital In/Outdoor Antenna

PX Digital In/Outdoor Antenna 1枚目

Eco-friendly dan berikan siaran beresolusi tinggi

4

Toyosaki

Outdoor TV Antenna

Toyosaki Outdoor TV Antenna 1枚目

Tak masalah cuaca kurang mendukung, karena ada low noise booster

5

Taffware

Antena TV Digital DVB-T2 4K

Taffware Antena TV Digital DVB-T2 4K 1枚目

Bentuknya begitu tipis sehingga mudah dipasang di mana pun

6

Nagoya

Antena TV Remote 880

Nagoya Antena TV Remote 880 1枚目

Dilengkapi remote control yang memudahkan mengatur arah antena

7

Arashi

Digital Antenna Indoor/Outdoor/Anti UV

Arashi Digital Antenna Indoor/Outdoor/Anti UV 1枚目

Plus built-in amplifier yang bisa menstabilkan sinyal yang diterima

8

Advance

Antena Penguat HDTV Dalam dan Luar Ruangan

Advance Antena Penguat HDTV Dalam dan Luar Ruangan 1枚目

Antena TV indoor dan outdoor yang bisa dibawa traveling

9

Intrasari Pertama

Intra Antena TV Indoor Digital

Intrasari Pertama Intra Antena TV Indoor Digital 1枚目

Model tidak makan tempat, didesain khusus untuk dipasang dalam ruangan

10

Sanex

Antena TV Digital

Sanex Antena TV Digital  1枚目

Dengan impedansi 75 ohm, antena mampu menangkap sinyal lebih kuat

Perincian produk
Close
No.1

AokiAntena 2 TV Digital Indoor/OutdoorAT3000

Mulai dari Rp210.000,00

Desain modern dan cocok untuk semua jenis TV

Kelebihan:

  • Desain simpel dan modern, bisa untuk TV digital dan analog
  • Bisa dipasang indoor dan outdoor
  • Dilengkapi penguat sinyal

Kekurangan:

  • Untuk pemasangan indoor, pastikan lokasi bukan daerah terpencil karena antena tidak akan berfungsi dengan baik

Jika Anda menginginkan antena dengan desain modern, Anda bisa memilih produk ini. Selain modern, antena ini juga didesain simpel dan menarik. Anda akan mendapatkan main unit, fixed seat, support foot, adapter, dan kabel coaxial sepanjang 10 meter dalam satu kemasannya.


Hebatnya lagi, antena ini bisa Anda tempatkan di dalam atau di luar ruangan. Antena ini juga bisa langsung disambungkan ke TV khusus untuk TV digital. Sementara itu, Anda harus menggunakan set top box untuk TV analog. Antena ini juga sudah dilengkapi penguat sinyal agar televisi bebas bintik, lho.

No.2

OASEOlike Antena Indoor Khusus TV DigitalIT-A2

Mulai dari Rp160.000,00

Desain ringkas dan tipis, aman terpasang karena adanya perekat

Kelebihan:

  • Desain ringkas dan tipis
  • Dilengkapi perekat kuat sehingga bisa menempel dengan baik

Kekurangan:

  • Hanya untuk penggunaan indoor
  • Kualitas tayangan tergantung lokasi, pastikan lokasi Anda bukan daerah terpencil

Anda bisa menikmati pilihan siaran TV digital gratis dengan kualitas tayangan terjamin bersih dan bebas bintik. Jatuhkan saja pilihan Anda pada antena satu ini. Namun, perlu diingat bahwa kualitas tersebut juga tergantung pada lokasi pemancar televisi di lingkungan Anda.


Dengan desain yang ringan dan tipis, Anda pun bisa meletakkannya di meja atau bisa juga Anda tempelkan di dinding. Anda tidak perlu khawatir terjatuh karena antena ini dilengkapi perekat yang kuat sehingga bisa menempel dengan baik.

No.3

PXDigital In/Outdoor AntennaDA-5120

Mulai dari Rp299.000,00

Eco-friendly dan berikan siaran beresolusi tinggi

Kelebihan:

  • Produk eco-friendly, hemat energi
  • Pemasangan mudah, bisa indoor atau outdoor
  • Tingkat sensitivitas tinggi sehingga sinyal yang ditangkap lebih jelas

Kekurangan:

  • Untuk pemasangan indoor pastikan lokasi bukan di daerah terpencil karena antena tidak akan berfungsi dengan baik

Selain untuk indoor, antena ini juga cocok dipasang di luar ruangan karena memiliki kabel sepanjang 12 meter. Dengan dipasang di luar, sinyal yang ditangkap juga jadi lebih jelas. Hal ini karena antena ini memiliki tingkat sensitivitas yang tinggi.


Jika menggunakan antena ini, Anda juga bisa menikmati HDTV secara gratis. Oleh karena itu, antena ini pas untuk Anda yang ingin menonton siaran yang superjernih. Selain itu, antena ini juga eco-friendly alias hemat energi.

No.4

ToyosakiOutdoor TV AntennaAIO 220

Mulai dari Rp115.000,00

Tak masalah cuaca kurang mendukung, karena ada low noise booster

Kelebihan:

  • Menangkap siaran analog dan digital
  • Dilengkapi low noise booster untuk memperkuat sinyal
  • Tahan terhadap segala kondisi cuaca

Kekurangan:

  • Hanya untuk pemasangan outdoor
  • Tidak dilengkapi remote control sehingga perlu mengarahkan antena secara manual

Antena keluaran Toyosaki ini memang dirancang sesuai frekuensi TV Indonesia. Karena itu, antena TV yang satu ini bisa menangkap semua siaran analog dan digital. Terlebih lagi, ada low noise booster yang dapat memperkuat sinyal sehingga gambar yang diterima lebih jernih.


Antena ini juga diklaim tahan terhadap segala kondisi cuaca. Instalasi pemasangannya pun mudah. Dengan begitu, antena yang satu ini cocok untuk Anda yang tinggal di daerah yang cuacanya sering kurang mendukung.

No.5

TaffwareAntena TV Digital DVB-T2 4KTFL-D139

Mulai dari Rp35.300,00

Bentuknya begitu tipis sehingga mudah dipasang di mana pun

Kelebihan:

  • Desain tipis dan compact
  • Mudah dipasang di mana pun

Kekurangan:

  • Hanya untuk penempatan indoor

Bentuk antena ini tipis sehingga tidak memerlukan banyak tempat. Anda bisa menempelkannya di belakang televisi atau meletakkannya di meja. Antena ini kami rekomendasikan untuk Anda yang tidak memiliki banyak space penyimpanan di rumah. Selain itu, meskipun desainnya tipis, antena ini bisa menangkap sinyal dengan baik. Anda tetap bisa menikmati berbagai tayangan kesayangan Anda. 

No.6

NagoyaAntena TV Remote 880NG880AR

Mulai dari Rp195.000,00

Dilengkapi remote control yang memudahkan mengatur arah antena

Kelebihan:

  • Dilengkapi remote control untuk mempermudah pengaturan antena
  • Bisa untuk semua jenis TV
  • Sudah sepaket dengan booster

Kekurangan:

  • Hanya untuk penempatan outdoor
  • Beberapa reviewer menyebut perakitan antena cukup sulit dan memakan waktu

Antena TV outdoor memang memiliki jangkauan yang lebih luas. Namun, terkadang jenis antena ini merepotkan karena Anda harus mengatur arahnya untuk mendapatkan sinyal. Nah, kami punya solusinya! Jika Anda tak mau repot, pilih saja antena TV outdoor satu ini!


Nagoya Antena TV Remote 880 dilengkapi dengan infrared remote control. Dengan menggunakan remote control ini, antena bisa Anda putar arahnya hingga 360 derajat. Selain remote control, antena ini juga sudah termasuk booster, lho. So, dapatkan sinyal terkuat dan siaran terjernih dengan mudah menggunakan antena ini!

No.7

ArashiDigital Antenna Indoor/Outdoor/Anti UVADA 1003

Mulai dari Rp263.000,00

Plus built-in amplifier yang bisa menstabilkan sinyal yang diterima

Kelebihan:

  • Tahan segala macam cuaca, bisa dipasang di indoor atau outdoor
  • Sinyal lebih stabil karena dilengkapi built in-amplifier
  • Hemat energi


Kekurangan:

  • Untuk penggunaan indoor, pastikan lokasi bukan di daerah terpencil karena antena tidak akan berfungsi dengan baik

Arashi Digital Antenna ADA 1003 bisa dipasang di dalam atau di luar ruangan. Anda tidak perlu khawatir jika antena ini dipasang di luar ruangan. Pasalnya, antena ini tahan segala macam cuaca.


Antena ini hanya membutuhkan daya sebesar 3 watt sehingga cocok juga untuk Anda yang mencari produk hemat energi. Tidak sampai di situ saja, antena ini juga dilengkapi built-in amplifier. Alhasil, sinyal yang Anda terima di rumah pun akan lebih stabil.

No.8

AdvanceAntena Penguat HDTV Dalam dan Luar RuanganAA-101

Mulai dari Rp275.000,00

Antena TV indoor dan outdoor yang bisa dibawa traveling

Kelebihan:

  • Desain simpel dan sangat ringkas, bisa dibawa travelling
  • Tahan cuaca sehingga bisa ditempatkan baik di indoor maupun outdoor

Kekurangan:

  • Untuk pemasangan indoor, pastikan lokasi bukan di daerah terpencil karena antena tidak akan berfungsi dengan baik

Antena satu ini memiliki desain simpel dan ringkas. Karena desainnya tersebut, produk ini sangat pas untuk dibawa traveling. Jika Anda hobi road trip atau camping car, antena ini bisa Anda bawa. Anda bisa menikmati keseruan road trip sambil menonton siaran TV digital.


Pemasangan antena ini pun mudah. Anda bisa memasangnya baik di indoor maupun outdoor. Tak perlu khawatir panas dan hujan sebab antena ini sudah dirancang tahan cuaca. Antena TV digital ini juga dilengkapi dengan low noise booster dan gain control.

No.9

Intrasari PertamaIntra Antena TV Indoor DigitalINT-HD14

Mulai dari Rp35.000,00

Model tidak makan tempat, didesain khusus untuk dipasang dalam ruangan

Kelebihan:

  • Pemasangannya mudah
  • Tidak memakan banyak tempat

Kekurangan:

  • Hanya kompatibel untuk TV LED dan LCD
  • Penempatan indoor saja
  • Panjang kabel hanya 2 meter

Model antena ini unik, bukan? Antena ini didesain khusus agar mudah menangkap sinyal di dalam ruangan. Pemasangannya pun mudah karena tinggal dicolok ke konektor TV. Antena ini sangat sesuai untuk Anda yang punya ruangan minimalis dan budget terbatas. Sayangnya, antena ini hanya cocok untuk TV LED dan LCD. Selain itu, kabelnya terbilang cukup pendek karena hanya 2 meter saja.

No.10

SanexAntena TV Digital SN-889 DG

Mulai dari Rp102.000,00

Dengan impedansi 75 ohm, antena mampu menangkap sinyal lebih kuat

Kelebihan:

  • Antena diklaim awet hingga belasan tahun
  • Tangkapan sinyalnya kuat
  • Perakitan dan pemasangan mudah

Kekurangan:

  • Belum dilengkapi remote control
  • Penempatan outdoor saja


Produk ini diklaim awet hingga 15 tahun karena terbuat dari bahan aluminium berkualitas tinggi. Antena buatan anak Indonesia ini juga memiliki impedansi sebesar 75 ohm. Jika Anda membutuhkan antena yang mampu menangkap sinyal ekstrakuat, pilihlah produk ini! Dengan panjang batang 95 cm, antena ini dilengkapi dengan kabel sepanjang 10 meter. Antena ini juga mudah untuk dirakit dan dipasang.

Pertanyaan umum seputar antena TV digital

Pertanyaan umum seputar antena TV digital

Selain membahas cara memilih dan rekomendasi produk, kami juga mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan populer terkait antena TV digital. Agar Anda tidak penasaran lagi, simak jawabannya di bawah ini.

Apakah TV digital harus pakai antena digital?

Untuk menangkap siaran TV digital dengan maksimal, Anda perlu menggunakan tuner DVB-T2 dan antena TV. Artinya, untuk menangkap sinyal TV digital, sebenarnya Anda tidak harus menggunakan antena TV digital. Anda lebih membutuhkan tuner digital yang dipasang pada TV.

Kenapa antena TV digital tidak jernih?

Tayangan yang ditangkap dengan antena TV digital bisa saja tidak jernih. Kemungkinan penyebabnya adalah posisi antena yang tidak sesuai. Mungkin antena menghadap ke arah yang tidak tepat atau posisi antena kurang tinggi. Selain itu, bisa juga bagian aluminium pada antena tertutupi jamur, lumut, atau karat. 

Apakah antena berpengaruh pada set top box?

Jika menginginkan siaran TV digital, Anda perlu memperhatikan antena yang Anda gunakan. Hal ini karena antena TV yang Anda gunakan akan sangat berpengaruh terhadap set top box. Untuk menangkap sinyal digital, pesawat televisi dan set top box membutuhkan antena yang didesain untuk menangkap siaran digital. Untuk itu, jangan salah memilih antena, ya!

Baca juga rekomendasi perlengkapan dan aksesori TV lainnya di sini

Apakah Anda sudah menemukan antena TV digital yang sesuai dengan kebutuhan? Anda juga bisa menemukan produk aksesori lainnya untuk televisi di rumah Anda. Simak rekomendasi produknya dengan mengeklik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Antena TV digital menjadikan kualitas tayangan televisi lebih baik. Namun, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal ketika memilihnya. Anda bisa mempertimbangkan penempatan antena, jenis televisi, hingga jenis kabel.


Dalam artikel ini kami telah menjelaskan cara memilih beserta rekomendasi produk antena TV digital yang bagus. Kami harap ada produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat menikmati tayangan televisi dengan kualitas jernih!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer