• 10 Merk Garam Beryodium Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Merk Garam Beryodium Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Merk Garam Beryodium Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Merk Garam Beryodium Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Merk Garam Beryodium Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Merk Garam Beryodium Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Garam beryodium adalah garam yang sudah melalui proses fortifikasi penambahan yodium. Garam ini baik dikonsumsi karena dapat memproduksi hormon tiroid. Hormon tiroid berfungsi mengatur metabolisme tubuh dan perkembangan otak anak. Namun, tidak semua garam yang dijual di pasaran mengandung yodium. Karena itu, Anda harus memperhatikan setiap garam yang akan dibeli.


Kami akan membantu Anda menemukan garam beryodium yang bagus untuk dikonsumsi. Beberapa di antaranya adalah dari merek Refina, Cap Kapal, dan Nutrisalin. Sebelum masuk pada ulasan produk, akan dipaparkan terlebih dahulu bagaimana cara memilih garam beryodium yang tepat. Yuk, disimak!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 25 Agustus 2022
Daftar isi

Mengapa harus mengonsumsi garam beryodium?

Mengapa harus mengonsumsi garam beryodium?

Yodium atau iodium (K103) adalah jenis mineral yang dapat merangsang produksi hormon tiroid. Hormon tiroid sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, terutama untuk mengontrol metabolisme. Kekurangan yodium dapat mengganggu perkembangan otak janin dan memengaruhi kemampuan belajar anak. Asupan yodium yang tidak mencukupi juga merupakan penyebab penyakit gondok secara umum.


Namun, tidak semua garam yang dijual di pasaran mengandung yodium. Demi kesehatan tubuh, ada baiknya Anda selalu mengonsumsi garam beryodium. Berikut ini manfaat garam beryodium yang harus Anda ketahui.


  • Menstabilkan fungsi kelenjar tiroid
  • Mengurangi risiko penyakit gondok dan kanker tiroid
  • Meningkatkan kemampuan kognitif anak
  • Mendukung perkembangan otak dan syaraf janin
  • Mencegah dan mengobati infeksi

Cara memilih garam beryodium

Yodium dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang tepat. Lalu, bagaimana cara memilih garam beryodium yang tepat? Gunakan poin-poin berikut ini untuk mendapatkan garam beryodium terbaik untuk dikonsumsi.

Carilah garam dengan kandungan yodium 30–80 ppm

Carilah garam dengan kandungan yodium 30–80 ppm

Kandungan yang sebaiknya ada di dalam garam beryodium adalah NaCl sebesar 94,7%, air laut 5%, dan K1O3 sebesar 30–80 ppm (mg/kg). Badan SNI telah menetapkan bahwa garam untuk konsumsi rumah tangga harus mengandung yodium sejumlah 30–80 ppm.

 
Bila kandungannya kurang atau melebihi standar tersebut, artinya merek garam tersebut tidak memenuhi syarat SNI. Peredaran dan konsumsinya secara bebas akan berisiko pada kesehatan masyarakat. Anda dapat mengetahui keterangan kandungan yodium ini di kemasan produk. Pilihlah produk yang mencantumkan kandungan yodium minimal 30 ppm.

Perhatikan konsumsi garam dan sesuaikan dengan kebutuhan

Garam memang dibutuhkan oleh tubuh, tetapi tetap saja tidak dapat dikonsumsi secara asal-asalan. Berdasarkan kondisi dan usia, setiap orang memiliki kebutuhan asupan garam yang berbeda-beda. Dengan melihat hal tersebut, Anda dapat menentukan sendiri neto kemasan garam yang sebaiknya dibeli untuk stok di rumah.

Untuk ibu hamil, asupan garam yang tepat dapat mengurangi risiko keguguran

Untuk ibu hamil, asupan garam yang tepat dapat mengurangi risiko keguguran

Anjuran konsumsi garam ibu hamil adalah 3,8–5,8 gram per hari. Bila ibu hamil kekurangan garam, organ tubuhnya, seperti otot, darah, dan saraf tidak bisa bekerja secara optimal. Selain itu, kekurangan garam dapat menghambat perkembangan otak janin dan bayi lahir dengan berat badan rendah. Bahkan, kekurangan asupan garam dapat menyebabkan keguguran pada ibu hamil.


Sebaliknya, kelebihan asupan garam pada ibu hamil dapat menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Lalu, hipertensi ini bisa menyebabkan pembengkakan yang berlebih pada tubuh, seperti kaki dan wajah, serta berisiko terkena preeklamsia. Karena itu, agar tetap dapat mengontrol jumlah asupan garam, perhatikan makanan yang Anda konsumsi.


Ada baiknya, ibu hamil mengonsumsi makanan yang dibuat sendiri di rumah. Makanan yang dijual bebas, seperti frozen foodfast food, dan makanan ringan dalam kemasan memang praktis. Namun, di dalamnya terdapat banyak kandungan garam sehingga perlu dibatasi konsumsinya bagi ibu hamil.

Untuk bayi, tambahan garam pada MPASI hanya diperbolehkan untuk usia di atas 1 tahun

Untuk bayi, tambahan garam pada MPASI hanya diperbolehkan untuk usia di atas 1 tahun

Bayi umumnya sudah mendapatkan MPASI (makanan pendamping ASI) di usia 6 bulan. Namun, MPASI bayi berusia di bawah 1 tahun tidak direkomendasikan diberi tambahan garam. Pasalnya, ginjal bayi masih belum kuat untuk menerima asupan garam. Risiko lain bila bayi di bawah 1 tahun diberikan MPASI bergaram adalah hipertensi dan kegemukan di usia muda.


Lebih baik, berikan sayuran, kacang-kacangan, dan daging tanpa tambahan perasa seperti garam. Tidak menambahkan garam bukan berarti MPASI akan terasa hambar. Hal itu karena bahan makanan telah memiliki kandungan garam alami yang lebih baik untuk dikonsumsi bayi.


Saat bayi menginjak usia di atas 1 tahun, Anda dapat menambahkan garam pada MPASI. Penambahan garam pun tidak dapat sembarangan atau disamakan dengan orang dewasa. Takaran garam untuk bayi usia 1–3 tahun adalah 0,8 gram atau 1/4 sendok teh per hari.

Pilihlah garam yang berwarna putih dan kering

Pilihlah garam yang berwarna putih dan kering

Garam beryodium yang baik memiliki tekstur putih alami, kering, dan tidak menggumpal. Bila Anda mendapati garam yang mengumpal, biasanya ini disebabkan kadar kalsium dan magnesium di dalamnya. Pasalnya, kandungan kalsium dan magnesium dapat membuat garam lebih mudah menyerap air.


Selain itu, perhatikan pula kemasan garam. Pastikan plastik kemasannya tertutup rapat dan tidak bocor. Kemasan yang bocor dapat membuat garam menyerap kelembapan sehingga teksturnya menggumpal. Setelah dibeli pun, sebaiknya simpanlah garam dalam stoples yang kedap udara supaya teksturnya terjaga tetap kering.

10 Rekomendasi garam beryodium terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk garam beryodium terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Gambar produk
1
Susanti Megah Garam Cap Kapal 1

Susanti Megah

2
NutriMedica Nutrisalin Garam Kurang Natrium 1

NutriMedica

3
UnichemCandi Indonesia Garam Meja Refina  1

UnichemCandi Indonesia

4
Jico Agung Garam MamaSuka 1

Jico Agung

5
Nutriwel Global Jaya Garam Garena 1

Nutriwel Global Jaya

6
Aneka Boga Nusantara Garam Gurih Miwon 1

Aneka Boga Nusantara

7
Indo Bumi Semesta Garam Omaku  1

Indo Bumi Semesta

8
UnichemCandi Indonesia Garam Meja Daun  1

UnichemCandi Indonesia

9
Sidola Garam Dolina 1

Sidola

10
Kusuma Tirta Perkasa Garam Lodan 1

Kusuma Tirta Perkasa

Nama produk

Garam Cap Kapal

Nutrisalin Garam Kurang Natrium

Garam Meja Refina

Garam MamaSuka

Garam Garena

Garam Gurih Miwon

Garam Omaku

Garam Meja Daun

Garam Dolina

Garam Lodan

Keunggulan

Mudah larut dalam makanan yang sedang dimasak ataupun yang sudah matang

Garam rendah natrium dalam wadah stoples yang lebih praktis

Teksturnya tidak mudah menggumpal dan menyerap air

Hidangkan masakan sedap dengan garam berkualitas

Dengan cita rasa yang sama, kandungan natriumnya lebih rendah

Tak perlu menambahkan penyedap karena rasa asin dan gurihnya pas

100% garam laut dengan pengeringan alami sinar matahari

Diolah dengan teknologi pencucian berulang, hasilkan garam yang bersih dan higienis

Lembutnya pas untuk segala jenis masakan hingga kue-kuean

Diproses dengan bahan baku alami dan tanpa bahan pengawet

Harga mulai dariRp 2.000,00Rp 50.000,00Rp 3.275,00Rp 2.000,00Rp 15.000,00Rp 5.000,00Rp 2.000,00Rp 1.510,00Rp 7.500,00Rp 2.500,00
Neto250 gr, 500 gr200 gr, 400 gr250 gr, 500 gr, 1 kg250 gr, 500 gr, 1 kg200 gr, 1 kg250 gr, 300 gr, 500 gr, 1 kg250 gr250 gr250 gr, 500 gr250 gr, 500 gr, 1,5 kg
Kandungan yodium30–80 ppm40 ppm> 30 ppm> 30 ppm43,9 ppm40 ppm> 30 ppm> 30 ppm> 30 ppm30–80 ppm
Tautan produk
10
Neto250 gr, 500 gr, 1,5 kg
Kandungan yodium30–80 ppm
9
Neto250 gr, 500 gr
Kandungan yodium> 30 ppm
8
Neto250 gr
Kandungan yodium> 30 ppm
7
Neto250 gr
Kandungan yodium> 30 ppm
6
Neto250 gr, 300 gr, 500 gr, 1 kg
Kandungan yodium40 ppm
5
Neto200 gr, 1 kg
Kandungan yodium43,9 ppm
4
Neto250 gr, 500 gr, 1 kg
Kandungan yodium> 30 ppm
3
Neto250 gr, 500 gr, 1 kg
Kandungan yodium> 30 ppm
2
Neto200 gr, 400 gr
Kandungan yodium40 ppm
1
Neto250 gr, 500 gr
Kandungan yodium30–80 ppm

Apakah garam Himalaya mengandung yodium?

Apakah garam Himalaya mengandung yodium?

Garam Himalaya adalah garam yang berwarna pink dan berasal dari Pegunungan Himalaya, Pakistan. Kaya mineral dan lebih sehat, itulah hal yang dikenal kebanyakan orang mengenai garam ini. Padahal, belum ada penelitian lebih lanjut untuk memastikan hal tersebut.

Pengolahan garam Himalaya tidak seperti garam rumah tangga lainnya karena tidak melalui banyak penyaringan. Hal itu kemudian disimpulkan bahwa garam Himalaya lebih natural dan mineralnya lebih terjaga sehingga lebih sehat.

Garam Himalaya tidak melalui proses fortifikasi penambahan yodium sehingga tidak bisa dipastikan adanya kandungan yodium di dalamnya. Anda tetap dapat mengonsumsi garam Himalaya, tetapi harus diimbangi dengan asupan yodium dari makanan lainnya, seperti susu, ikan, dan rumput laut.

Baca juga rekomendasi bumbu masakan lainnya di sini

Untuk membuat sajian masakan yang lezat, Anda tidak hanya membutuhkan garam, tetapi juga gula, kaldu, dan penyedap rasa. Kami telah mengulas rekomendasi garam masala, gula pasir, kaldu bubuk, dan garlic powder. Bukalah tautan di bawah ini dan dapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan memasak Anda. 

Kesimpulan

GAKI atau Gangguan Akibat Kurang Iodium masih menjadi permasalahan penting di Indonesia. Efek yang paling terlihat adalah gondok, tetapi GAKI juga bisa menimbulkan risiko stunting. Karena itu, penting sekali untuk mengonsumsi garam beryodium.


Semoga ulasan ini bermanfaat dan Anda bisa mendapatkan garam beryodium yang tepat untuk keluarga. Pastikan juga konsumsi garam Anda sesuai kebutuhan tubuh supaya tidak berlebihan dan menyebabkan penyakit kardiovaskular.

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Curry Powder (Bubuk Kari) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Curry Powder (Bubuk Kari) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Makanan berbumbu kari memang banyak digemari karena kelezatannya. Meskipun begitu, akan merepotkan jika harus meracik bumbunya dari nol. Kari India, kari Jepang, hingga kari Indonesia memiliki karakteristiknya sendiri. Agar praktis, Anda dapat menggunakan curry powder atau bubuk kari yang banyak dijual di pasaran.Berbagai merek, seperti Cairo Food, Jay’s Kitchen, dan Ottogi menyajikan beragam cita rasa kari mungkin terasa membingungkan. Kali ini, kami akan memberikan informasi cara memilih sekaligus rekomendasi produk curry powder terbaik untuk dipilih. Baca sampai habis dan temukan bumbu kari instan yang enak versi Anda!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Rekomendasi Soun Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Soun Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sohun atau sering disebut soun merupakan mi kering yang terbuat dari pati. Ada berbagai jenis soun, seperti soun dari pati kacang hijau, kentang, dan ubi jalar. Karena kalori soun tergolong rendah dan bisa mengenyangkan, soun untuk diet sangatlah dikenal. Selain itu, olahan soun juga nikmat dikonsumsi saat sarapan ataupun makan siang.Kali ini kami akan membahas cara memilih soun agar Anda tidak kebingungan menentukan pilihan. Kami juga akan memberi rekomendasi berbagai merek soun yang bagus, seperti Kaca, Sounku, serta FITMee. Semoga artikel ini bisa membantu Anda mendapatkan soun yang enak!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Bumbu Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Bumbu Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda suka dengan gorengan yang renyah? Saat ini, membuat gorengan jadi makin mudah dengan adanya aneka tepung bumbu yang enak. Anda tak perlu repot meracik. Cukup masukkan bahan utama ke tepung bumbu, lalu digoreng. Voila, gorengan crispy pun tersaji!Ada banyak merek tepung bumbu yang bagus, seperti Sajiku, Sasa, dan Kobe. Produk-produk tersebut bisa digunakan untuk berbagai sajian, seperti fried chicken, pisang goreng, bakwan, dan lainnya. Supaya Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan rekomendasi tepung bumbu. Jangan lupa, cek juga informasi tambahan dari cooking influencer kami, Inov Pelawi!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Gula Halus Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Gula Halus Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022)
    Siapa yang suka makan kue, donat, dan cookies? Rasa manis yang dihasilkan pada beberapa makanan tersebut salah satunya berasal dari gula halus. Wajar saja, banyak orang menjadikan gula halus sebagai bahan dasar adonan kue hingga topping pada donat. Ada banyak produsen yang menawarkan gula halus dengan kualitas jempolan. Ada merek gula halus BOLA Deli, Rose Brand, Claris, hingga produk asal Australia, CSR. Kami akan memberikan rekomendasi gula halus yang bagus beserta tips memilihnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh professional baker kami, Tata Violeta. Simak sampai akhir, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Rekomendasi Produk Finna Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Finna Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang gemar memasak barangkali sudah tidak asing dengan merek Finna. Finna adalah produsen yang memiliki banyak produk pangan dan bumbu masak. Salah satu varian produknya yang paling populer adalah Finna kerupuk udang. Produk Finna Food yang lainnya adalah sambal, bumbu masak, saus, dan snack siap makan.Di artikel ini kami akan memberikan beberapa tips memilih produk Finna yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Kami telah menyiapkan beberapa rekomendasi produk Finna terbaik untuk Anda. Jadi, apabila Anda memiliki rencana membeli produk Finna yang enak, silakan simak artikel ini, ya.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Beras Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Beras Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Nasi merupakan sumber karbohidrat yang banyak dikonsumsi di Indonesia. Meskipun sama-sama berasal dari tanaman Oryza sativa, ternyata ada berbagai macam beras yang dihasilkan. Selain beras putih, Anda dapat memilih beras merah, beras cokelat, dan beras hitam.Untuk membantu Anda memilih beras yang enak, kami akan memberikan tips sederhana. Ada juga rekomendasi beras terbaik dari berbagai merek yang bagus seperti Sania, Topi Koki, dan Si Pulen. Beras merah organik, pandan wangi, setra ramos, dan beras Jepang ada dalam rekomendasi. Terlebih, artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastusi, SP.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Beras Shirataki Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Beras Shirataki Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini kepopuleran beras shirataki atau beras porang sebagai makanan diet kian menanjak. Hal tersebut tentu tidak terlepas dari manfaat beras shirataki yang mampu mengenyangkan tanpa menambah kalori pada tubuh. Ditilik dari manfaat kesehatannya, beras shirataki pun aman dikonsumsi oleh diabetesi.Banyak merek beras shirataki yang bagus dijual di pasaran, seperti FUKUMI, Mr. Ishii, House of Organix, dan lainnya. Kali ini kami akan menjelaskan tentang cara memilih beras shirataki terbaik, serta memberikan rekomendasi produknya. Simak juga komentar dari nutritionist kami, Astrine Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Quinoa Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Quinoa Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Meningkatnya kesadaran masyarakat akan kesehatan membuat banyak orang berusaha mengurangi konsumsi nasi. Salah satu bahan makanan yang layak untuk dipertimbangkan sebagai pengganti nasi adalah quinoa. Quinoa merupakan superfood berbentuk biji-bijian yang kaya nutrisi. Kalorinya pun lebih rendah daripada nasi. Tekstur quinoa yang unik bahkan membuatnya cocok digunakan sebagai campuran salad.Jika Anda kurang mengenal quinoa, jangan khawatir! Kali ini kami akan membahas manfaatnya sekaligus memberi tips memilih quinoa yang bagus. Sepuluh produk dari merek terbaik juga telah disiapkan, seperti Nature's Energy, Ecozest, hingga Granology. Harganya pun bervariasi. Jadi, mari disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang hobi memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung terigu. Tepung ini banyak digunakan untuk membuat kue, gorengan, pasta, dan makanan ringan. Tepung terigu sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tepung dengan protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah.Apabila Anda membutuhkan tepung yang serbaguna, gunakan tepung terigu protein sedang. Di sini kami akan merekomendasikan beberapa merek tepung terigu protein sedang yang bagus dengan harga ekonomis. Contohnya saja, Segitiga Biru, Kompas, dan Falcon. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Rekomendasi Saus Gochujang yang Enak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Saus Gochujang yang Enak (Terbaru Tahun 2022)
    Makanan Korea banyak mencuri hati orang Indonesia. Salah satu bumbu yang tak dapat dilewatkan dalam masakan Korea adalah saus gochujang. Saus gochujang adalah saus hasil fermentasi cabai dan beras yang menghasilkan rasa pedas, manis, serta kecut. Sudah ada banyak saus gochujang yang dijual di e-commerce Indonesia.CJ Foods, Sempio, dan Daesang adalah merek saus gochujang dari Korea. Selain itu, ada juga merek saus gochujang halal, seperti RED1 dan Kikkoman. Anda dapat membaca terlebih dahulu tips dari kami untuk memilih saus gochujang yang enak. Yuk, langsung saja simak artikelnya!
    Bumbu & bahan masakan
  • Artikel populer

  • 10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang hobi memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung terigu. Tepung ini banyak digunakan untuk membuat kue, gorengan, pasta, dan makanan ringan. Tepung terigu sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tepung dengan protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah.Apabila Anda membutuhkan tepung yang serbaguna, gunakan tepung terigu protein sedang. Di sini kami akan merekomendasikan beberapa merek tepung terigu protein sedang yang bagus dengan harga ekonomis. Contohnya saja, Segitiga Biru, Kompas, dan Falcon. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Gatotkaca, Jawara, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing dengan butter. Selain untuk bahan dasar bolu dan nastar, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, yakni salted butter dan unsalted butter.Kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn, ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Temukan butter terbaik yang murah, enak, dan pastinya halal untuk masakan Anda di sini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    Melezatkan berbagai masakan dapat lebih sehat dengan kaldu non MSG. Di pasaran terdapat berbagai produk penyedap yang sehat. Ada kaldu jamur non MSG, bahkan kaldu non MSG untuk bayi dan memasak MPASI. Manakah kaldu non MSG yang enak dan bagus untuk dikonsumsi harian?Artikel yang sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari, ini akan membahas mengenai cara memilih kaldu non MSG terbaik. Keunggulan berbagai rasa kaldu non MSG, seperti ayam, sapi, dan lainnya pun turut diulas. Merek kaldu non MSG, seperti Totole, Royco, hingga Maseko juga ada dalam rekomendasi.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Saus Sambal Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Saus Sambal Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    Lidah orang Indonesia terbiasa dengan makanan pedas dan berbumbu. Tak heran jika saus sambal menjadi pelengkap hidangan paling digemari. Karena kepopulerannya, banyak perusahaan nasional hingga internasional yang memproduksi saus sambal terbaik bercita rasa lokal. Sebut saja merk Indofood, ABC, Dua Belibis, Jawara, hingga Del Monte.Saus sambal juga hadir dalam beragam kemasan botolan hingga sachet. Dalam artikel ini kami akan menjelaskan tips memilih saus sambal yang enak. Kami pun akan merekomendasikan saos sambal terenak, terpedas, dan cocok untuk diet dari berbagai merk di e-commerce Indonesia. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda gemar membuat roti? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Kami juga akan memberikan rekomendasi tepung terigu yang bagus untuk dijadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar Emas, Komachi, Kabuki, Golden Eagle, dan lain-lain. 
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Kecap Manis Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kecap Manis Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    Kecap manis merupakan pelengkap dalam masakan Indonesia. Baik pada masakan kuah, bakaran, hingga gorengan, kecap manis membuat rasa masakan jadi kian lezat. Mi ayam dan sate misalnya, terasa kurang lengkap jika tak memakai kecap manis.Kali ini, kami akan membagikan tips memilih kecap manis terbaik untuk Anda. Review kecap manis yang enak untuk berbagai masakan juga akan kami hadirkan. Kecap manis dari berbagai merek, seperti kecap Tjap Ikan Lele, Bango, dan ABC, juga masuk dalam rekomendasi kami. Artikel ini ditinjau oleh pakar foodie, Dionisius Denizar. Mari simak artikelnya sampai tuntas!
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori