• 10 Merk Garam Beryodium Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Merk Garam Beryodium Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Merk Garam Beryodium Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Merk Garam Beryodium Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Merk Garam Beryodium Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Merk Garam Beryodium Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Garam beryodium adalah garam yang sudah melalui proses fortifikasi penambahan yodium. Garam ini baik dikonsumsi karena dapat memproduksi hormon tiroid. Hormon tiroid berfungsi mengatur metabolisme tubuh dan perkembangan otak anak. Namun, tidak semua garam yang dijual di pasaran mengandung yodium. Karena itu, Anda harus memperhatikan setiap garam yang akan dibeli.


Kami akan membantu Anda menemukan garam beryodium yang bagus untuk dikonsumsi. Beberapa di antaranya adalah dari merek Refina, Cap Kapal, dan Nutrisalin. Sebelum masuk pada ulasan produk, akan dipaparkan terlebih dahulu bagaimana cara memilih garam beryodium yang tepat. Yuk, disimak!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Mengapa harus mengonsumsi garam beryodium?

Mengapa harus mengonsumsi garam beryodium?

Yodium atau iodium (K103) adalah jenis mineral yang dapat merangsang produksi hormon tiroid. Hormon tiroid sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, terutama untuk mengontrol metabolisme. Kekurangan yodium dapat mengganggu perkembangan otak janin dan memengaruhi kemampuan belajar anak. Asupan yodium yang tidak mencukupi juga merupakan penyebab penyakit gondok secara umum.


Namun, tidak semua garam yang dijual di pasaran mengandung yodium. Demi kesehatan tubuh, ada baiknya Anda selalu mengonsumsi garam beryodium. Berikut ini manfaat garam beryodium yang harus Anda ketahui.


  • Menstabilkan fungsi kelenjar tiroid
  • Mengurangi risiko penyakit gondok dan kanker tiroid
  • Meningkatkan kemampuan kognitif anak
  • Mendukung perkembangan otak dan syaraf janin
  • Mencegah dan mengobati infeksi

Cara memilih garam beryodium

Yodium dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang tepat. Lalu, bagaimana cara memilih garam beryodium yang tepat? Gunakan poin-poin berikut ini untuk mendapatkan garam beryodium terbaik untuk dikonsumsi.

Carilah garam dengan kandungan yodium 30–80 ppm

Carilah garam dengan kandungan yodium 30–80 ppm

Kandungan yang sebaiknya ada di dalam garam beryodium adalah NaCl sebesar 94,7%, air laut 5%, dan K1O3 sebesar 30–80 ppm (mg/kg). Badan SNI telah menetapkan bahwa garam untuk konsumsi rumah tangga harus mengandung yodium sejumlah 30–80 ppm.

 
Bila kandungannya kurang atau melebihi standar tersebut, artinya merek garam tersebut tidak memenuhi syarat SNI. Peredaran dan konsumsinya secara bebas akan berisiko pada kesehatan masyarakat. Anda dapat mengetahui keterangan kandungan yodium ini di kemasan produk. Pilihlah produk yang mencantumkan kandungan yodium minimal 30 ppm.

Perhatikan konsumsi garam dan sesuaikan dengan kebutuhan

Garam memang dibutuhkan oleh tubuh, tetapi tetap saja tidak dapat dikonsumsi secara asal-asalan. Berdasarkan kondisi dan usia, setiap orang memiliki kebutuhan asupan garam yang berbeda-beda. Dengan melihat hal tersebut, Anda dapat menentukan sendiri neto kemasan garam yang sebaiknya dibeli untuk stok di rumah.

Untuk ibu hamil, asupan garam yang tepat dapat mengurangi risiko keguguran

Untuk ibu hamil, asupan garam yang tepat dapat mengurangi risiko keguguran

Anjuran konsumsi garam ibu hamil adalah 3,8–5,8 gram per hari. Bila ibu hamil kekurangan garam, organ tubuhnya, seperti otot, darah, dan saraf tidak bisa bekerja secara optimal. Selain itu, kekurangan garam dapat menghambat perkembangan otak janin dan bayi lahir dengan berat badan rendah. Bahkan, kekurangan asupan garam dapat menyebabkan keguguran pada ibu hamil.


Sebaliknya, kelebihan asupan garam pada ibu hamil dapat menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Lalu, hipertensi ini bisa menyebabkan pembengkakan yang berlebih pada tubuh, seperti kaki dan wajah, serta berisiko terkena preeklamsia. Karena itu, agar tetap dapat mengontrol jumlah asupan garam, perhatikan makanan yang Anda konsumsi.


Ada baiknya, ibu hamil mengonsumsi makanan yang dibuat sendiri di rumah. Makanan yang dijual bebas, seperti frozen foodfast food, dan makanan ringan dalam kemasan memang praktis. Namun, di dalamnya terdapat banyak kandungan garam sehingga perlu dibatasi konsumsinya bagi ibu hamil.

Untuk bayi, tambahan garam pada MPASI hanya diperbolehkan untuk usia di atas 1 tahun

Untuk bayi, tambahan garam pada MPASI hanya diperbolehkan untuk usia di atas 1 tahun

Bayi umumnya sudah mendapatkan MPASI (makanan pendamping ASI) di usia 6 bulan. Namun, MPASI bayi berusia di bawah 1 tahun tidak direkomendasikan diberi tambahan garam. Pasalnya, ginjal bayi masih belum kuat untuk menerima asupan garam. Risiko lain bila bayi di bawah 1 tahun diberikan MPASI bergaram adalah hipertensi dan kegemukan di usia muda.


Lebih baik, berikan sayuran, kacang-kacangan, dan daging tanpa tambahan perasa seperti garam. Tidak menambahkan garam bukan berarti MPASI akan terasa hambar. Hal itu karena bahan makanan telah memiliki kandungan garam alami yang lebih baik untuk dikonsumsi bayi.


Saat bayi menginjak usia di atas 1 tahun, Anda dapat menambahkan garam pada MPASI. Penambahan garam pun tidak dapat sembarangan atau disamakan dengan orang dewasa. Takaran garam untuk bayi usia 1–3 tahun adalah 0,8 gram atau 1/4 sendok teh per hari.

Pilihlah garam yang berwarna putih dan kering

Pilihlah garam yang berwarna putih dan kering

Garam beryodium yang baik memiliki tekstur putih alami, kering, dan tidak menggumpal. Bila Anda mendapati garam yang mengumpal, biasanya ini disebabkan kadar kalsium dan magnesium di dalamnya. Pasalnya, kandungan kalsium dan magnesium dapat membuat garam lebih mudah menyerap air.


Selain itu, perhatikan pula kemasan garam. Pastikan plastik kemasannya tertutup rapat dan tidak bocor. Kemasan yang bocor dapat membuat garam menyerap kelembapan sehingga teksturnya menggumpal. Setelah dibeli pun, sebaiknya simpanlah garam dalam stoples yang kedap udara supaya teksturnya terjaga tetap kering.

10 Rekomendasi garam beryodium terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk garam beryodium terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
Neto250 gr, 500 gr, 1,5 kg
Kandungan yodium30–80 ppm
9
Neto250 gr, 500 gr
Kandungan yodium> 30 ppm
8
Neto250 gr
Kandungan yodium> 30 ppm
7
Neto250 gr
Kandungan yodium> 30 ppm
6
Neto250 gr, 300 gr, 500 gr, 1 kg
Kandungan yodium40 ppm
5
Neto200 gr, 1 kg
Kandungan yodium43,9 ppm
4
Neto250 gr, 500 gr, 1 kg
Kandungan yodium> 30 ppm
3
Neto250 gr, 500 gr, 1 kg
Kandungan yodium> 30 ppm
2
Neto200 gr, 400 gr
Kandungan yodium40 ppm
1
Neto250 gr, 500 gr
Kandungan yodium30–80 ppm

Tabel perbandingan produk garam beryodium terbaik

Gambar produk
1
Susanti Megah Garam Cap Kapal 1

Susanti Megah

2
NutriMedica Nutrisalin Garam Kurang Natrium 1

NutriMedica

3
UnichemCandi Indonesia Garam Meja Refina  1

UnichemCandi Indonesia

4
Jico Agung Garam MamaSuka 1

Jico Agung

5
Nutriwel Global Jaya Garam Garena 1

Nutriwel Global Jaya

6
Aneka Boga Nusantara Garam Gurih Miwon 1

Aneka Boga Nusantara

7
Indo Bumi Semesta Garam Omaku  1

Indo Bumi Semesta

8
UnichemCandi Indonesia Garam Meja Daun  1

UnichemCandi Indonesia

9
Sidola Garam Dolina 1

Sidola

10
Kusuma Tirta Perkasa Garam Lodan 1

Kusuma Tirta Perkasa

Nama produk

Garam Cap Kapal

Nutrisalin Garam Kurang Natrium

Garam Meja Refina

Garam MamaSuka

Garam Garena

Garam Gurih Miwon

Garam Omaku

Garam Meja Daun

Garam Dolina

Garam Lodan

Keunggulan

Mudah larut dalam makanan yang sedang dimasak ataupun yang sudah matang

Garam rendah natrium dalam wadah stoples yang lebih praktis

Teksturnya tidak mudah menggumpal dan menyerap air

Hidangkan masakan sedap dengan garam berkualitas

Dengan cita rasa yang sama, kandungan natriumnya lebih rendah

Tak perlu menambahkan penyedap karena rasa asin dan gurihnya pas

100% garam laut dengan pengeringan alami sinar matahari

Diolah dengan teknologi pencucian berulang, hasilkan garam yang bersih dan higienis

Lembutnya pas untuk segala jenis masakan hingga kue-kuean

Diproses dengan bahan baku alami dan tanpa bahan pengawet

Harga mulai dariRp 2.000,00Rp 50.000,00Rp 3.275,00Rp 2.000,00Rp 15.000,00Rp 5.000,00Rp 2.000,00Rp 1.510,00Rp 7.500,00Rp 2.500,00
Neto250 gr, 500 gr200 gr, 400 gr250 gr, 500 gr, 1 kg250 gr, 500 gr, 1 kg200 gr, 1 kg250 gr, 300 gr, 500 gr, 1 kg250 gr250 gr250 gr, 500 gr250 gr, 500 gr, 1,5 kg
Kandungan yodium30–80 ppm40 ppm> 30 ppm> 30 ppm43,9 ppm40 ppm> 30 ppm> 30 ppm> 30 ppm30–80 ppm
Tautan produk

Apakah garam Himalaya mengandung yodium?

Apakah garam Himalaya mengandung yodium?

Garam Himalaya adalah garam yang berwarna pink dan berasal dari Pegunungan Himalaya, Pakistan. Kaya mineral dan lebih sehat, itulah hal yang dikenal kebanyakan orang mengenai garam ini. Padahal, belum ada penelitian lebih lanjut untuk memastikan hal tersebut.

Pengolahan garam Himalaya tidak seperti garam rumah tangga lainnya karena tidak melalui banyak penyaringan. Hal itu kemudian disimpulkan bahwa garam Himalaya lebih natural dan mineralnya lebih terjaga sehingga lebih sehat.

Garam Himalaya tidak melalui proses fortifikasi penambahan yodium sehingga tidak bisa dipastikan adanya kandungan yodium di dalamnya. Anda tetap dapat mengonsumsi garam Himalaya, tetapi harus diimbangi dengan asupan yodium dari makanan lainnya, seperti susu, ikan, dan rumput laut.

Baca juga rekomendasi bumbu masakan lainnya di sini

Untuk membuat sajian masakan yang lezat, Anda tidak hanya membutuhkan garam, tetapi juga gula, kaldu, dan penyedap rasa. Kami telah mengulas rekomendasi garam masala, gula pasir, kaldu bubuk, dan garlic powder. Bukalah tautan di bawah ini dan dapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan memasak Anda. 

Kesimpulan

GAKI atau Gangguan Akibat Kurang Iodium masih menjadi permasalahan penting di Indonesia. Efek yang paling terlihat adalah gondok, tetapi GAKI juga bisa menimbulkan risiko stunting. Karena itu, penting sekali untuk mengonsumsi garam beryodium.


Semoga ulasan ini bermanfaat dan Anda bisa mendapatkan garam beryodium yang tepat untuk keluarga. Pastikan juga konsumsi garam Anda sesuai kebutuhan tubuh supaya tidak berlebihan dan menyebabkan penyakit kardiovaskular.

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Saus Tomat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Saus Tomat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saus tomat merupakan salah satu bumbu penting dalam memasak. Kandungan lycopene di dalamnya pun disebut-sebut berkhasiat bagi kecantikan dan kesehatan. Anda pasti tidak asing lagi dengan produsen saus tomat terkenal di pasaran, seperti Del Monte, ABC, hingga Heinz yang memiliki rasa khas dan keunggulan masing-masing.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih saus tomat secara umum. Kemudian, kami akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik dari berbagai merek dengan membahas keunggulannya masing-masing. Mari maksimalkan penggunaan saus tomat di dapur dan meja makan Anda!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Rekomendasi Caesar Dressing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Caesar Dressing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Caesar dressing adalah salah satu salad dressing yang populer dan disukai banyak orang. Caesar dressing umumnya memiliki paduan rasa gurih dan asam yang segar karena terbuat dari campuran bahan baku seperti keju, minyak, bawang putih, dan bumbu lainnya.Bagi Anda yang masih mencari produk yang pas di lidah, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi caesar dressing terbaik, seperti Kewpie, Kühne, Remia, Kraft, dan lainnya. Namun, sebelum itu, Anda perlu mengetahui cara memilih caesar dressing. Nah, jangan sampai ketinggalan informasinya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Rekomendasi Cuka Buah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cuka Buah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sejak dahulu, cuka buah umum digunakan sebagai bumbu. Bahkan, sebagian jenis cuka buah, seperti cuka apel, dimanfaatkan juga untuk kesehatan dan skincare. Rasanya yang enak dan tidak mengandung alkohol membuat cuka buah sering digunakan dalam berbagai makanan atau diminum langsung.Apakah Anda juga sedang mencari cuka buah? Banyaknya pilihan merek cuka buah yang bagus, seperti Dehealth Supplies, Bragg, dan Ausbarrel, mungkin membuat Anda bingung memilih. Tenang saja, kami akan menjelaskan cara memilih cuka buah terbaik serta memberikan rekomendasinya untuk Anda. Simak ulasannya sampai akhir, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Saus Sambal Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Saus Sambal Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    Lidah orang Indonesia terbiasa dengan makanan pedas dan berbumbu. Tak heran jika saus sambal menjadi pelengkap hidangan paling digemari. Karena kepopulerannya, banyak perusahaan nasional hingga internasional yang memproduksi saus sambal terbaik bercita rasa lokal. Sebut saja merk Indofood, ABC, Dua Belibis, Jawara, hingga Del Monte.Saus sambal juga hadir dalam beragam kemasan botolan hingga sachet. Dalam artikel ini kami akan menjelaskan tips memilih saus sambal yang enak. Kami pun akan merekomendasikan saos sambal terenak, terpedas, dan cocok untuk diet dari berbagai merk di e-commerce Indonesia. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Bumbu Nasi Goreng Instan Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bumbu Nasi Goreng Instan Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    Nasi goreng adalah makanan favorit banyak orang. Sekarang sudah tersedia berbagai merk bumbu nasi goreng instan. Anda dapat menemukan bumbu nasi goreng instan dengan beragam rasa yang enak, seperti rasa kecap, pedas, hingga seafood. Kira-kira, merek bumbu nasi goreng instan apa yang paling enak?Kali ini, kami akan berbagi tips memilih bumbu nasi goreng instan terenak untuk Anda. Simak juga sepuluh rekomendasi produknya, seperti dari Sajiku, Indofood, dan Kobe. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Yuk, ikuti pembahasan selengkapnya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Rekomendasi Rendang Kemasan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Rendang Kemasan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Siapa tidak kenal rendang? Masakan khas Minangkabau ini selalu masuk dalam daftar makanan terlezat di dunia versi CNN. Tak hanya daging sapi, Anda juga dapat menemui rendang dengan bahan lain, seperti ayam, jengkol, jamur, dan paru. Sekarang, tersedia rendang dalam kemasan yang bisa Anda nikmati kapan pun dan di mana pun.Ada berbagai merek rendang kemasan paling enak, mulai dari Rendang Gadih, Uninam, Restu Mande, hingga Restoran Sederhana. Di artikel ini, kami akan memberikan tips memilih rendang kemasan serta rekomendasinya. Terdapat pula resep membuat rendang yang tidak boleh Anda lewatkan!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Bumbu Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Bumbu Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda suka dengan gorengan yang renyah? Saat ini, membuat gorengan jadi makin mudah dengan adanya aneka tepung bumbu yang enak. Anda tak perlu repot meracik. Cukup masukkan bahan utama ke tepung bumbu, lalu digoreng. Voila, gorengan crispy pun tersaji!Ada banyak merek tepung bumbu yang bagus, seperti Sajiku, Sasa, dan Kobe. Produk-produk tersebut bisa digunakan untuk berbagai sajian, seperti fried chicken, pisang goreng, bakwan, dan lainnya. Supaya Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan rekomendasi tepung bumbu. Jangan lupa, cek juga informasi tambahan dari cooking influencer kami, Inov Pelawi!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Rekomendasi Sambal Terasi Kemasan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sambal Terasi Kemasan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda pencinta makanan pedas? Pasti tak lengkap rasanya makan tanpa sambal. Salah satu jenis sambal yang populer di kalangan masyarakat adalah sambal terasi. Aroma terasi yang nikmat mampu menggugah selera makan. Namun, karena proses membuatnya yang dianggap merepotkan bagi sebagian orang, sambal terasi instan dalam kemasan menjadi pilihan terbaik.Karena itu, kali ini kami akan memberikan tips memilih sambal terasi. ABC, Kokita, Del Monte, dan Sasa adalah beberapa merk sambal terasi terkenal yang juga akan kami ulas untuk Anda. Simak artikel ini dan temukan produk terbaik Anda!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Rekomendasi Bumbu Sop Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bumbu Sop Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk menghasilkan sop yang enak, Anda membutuhkan berbagai bumbu. Berbagai macam rempah hingga penyedap rasa juga dapat Anda gunakan untuk menghasilkan sop bercita rasa enak. Karena cukup repot, banyak yang malas memasak sop. Namun, sekarang memasak sop bisa lebih praktis berkat bumbu sop instan yang dapat dengan mudah dibeli di mana saja.Agar Anda tidak salah memilih bumbu sop instan, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan membagikan rekomendasi bumbu sop instan terbaik dari merek Racik, MamaSuka, hingga Bamboe. Untuk itu, simak pembahasannya sampai selesai, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Rekomendasi Garam Masala Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Garam Masala Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Garam masala merupakan racikan rempah yang mampu melezatkan dan mengharumkan berbagai hidangan khas India. Aromanya yang kuat, serta cita rasanya yang pekat membuat bumbu ini kian digemari masyarakat Indonesia. Terlebih, sekarang sudah banyak garam masala siap pakai yang lebih praktis. Banyaknya produk garam masala terkadang membuat Anda susah dalam memilih.Untuk itu, kali ini kami akan memberikan tips memilih garam masala yang tepat untuk Anda. Kami juga akan mengulas sepuluh rekomendasi produk garam masala yang bagus, seperti merk MDH, Everest Spices, dan Cairo Food. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • Artikel populer

  • 10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang hobi memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung terigu. Tepungini banyak digunakan untuk membuat kue, gorengan, pasta, dan makanan ringan lain. Tepung terigu sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tepung dengan protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah.Apabila Anda membutuhkan tepung yang serbaguna, gunakan tepung terigu protein sedang. Di sini kami akan merekomendasikan beberapa merek tepung terigu protein sedang yang bagus dengan harga ekonomis. Contohnya, Segitiga Biru, Kompas, dan Bola Salju. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Lencana Merah, Kunci Biru, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang bagus. Saat ini, ada banyak sekali merek minyak goreng yang bagus, seperti Bimoli, SunCo, Fortune, hingga Barco. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing.Guna mendapatkan produk yang bagus, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda gemar membuat roti? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Kami juga akan memberikan rekomendasi tepung terigu yang bagus untuk dijadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar Emas, Komachi, Kabuki, Golden Eagle, dan lain-lain. 
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Extra virgin olive oil atau sering disingkat EVOO merupakan minyak zaitun murni dengan kualitas tertinggi. Tidak heran jika manfaat extra virgin olive oil lebih banyak dibandingkan minyak zaitun biasa. Anda dapat menggunakan EVOO untuk berbagai macam jenis masakan. Dikonsumsi secara langsung juga bisa. Bahkan, ada produk yang aman untuk diminum ibu hamil.Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan membahas tentang cara memilih extra virgin olive oil yang bagus. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Bertolli, Borges, hingga Filippo Berio. Jadi, mari disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Saus Sambal Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Saus Sambal Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    Lidah orang Indonesia terbiasa dengan makanan pedas dan berbumbu. Tak heran jika saus sambal menjadi pelengkap hidangan paling digemari. Karena kepopulerannya, banyak perusahaan nasional hingga internasional yang memproduksi saus sambal terbaik bercita rasa lokal. Sebut saja merk Indofood, ABC, Dua Belibis, Jawara, hingga Del Monte.Saus sambal juga hadir dalam beragam kemasan botolan hingga sachet. Dalam artikel ini kami akan menjelaskan tips memilih saus sambal yang enak. Kami pun akan merekomendasikan saos sambal terenak, terpedas, dan cocok untuk diet dari berbagai merk di e-commerce Indonesia. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Kaldu Bubuk Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kaldu Bubuk Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    Ada berbagai jenis masakan yang membutuhkan kaldu sebagai salah satu bahan utamanya. Supaya lebih praktis, Anda dapat menggunakan kaldu bubuk untuk menghasilkan masakan yang lezat. Kini telah dijual banyak produk kaldu bubuk yang bagus dalam berbagai rasa dan ukuran kemasan. Kami akan memberi tips memilih kaldu bubuk yang enak sesuai dengan masakan Anda. Di samping itu, temukan juga berbagai rekomendasi produk kaldu bubuk, terbaik seperti merek Royco, Masako, Totole, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Scroll ke bawah dan baca artikel ini dengan saksama, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori