1. TOP
  2. >
  3. Elektronik rumah tangga
  4. >
  5. Peralatan kebersihan
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Cordless Vacuum Cleaner Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Cordless Vacuum Cleaner Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Cordless Vacuum Cleaner Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Cordless Vacuum Cleaner Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Cordless Vacuum Cleaner Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Cordless Vacuum Cleaner Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Cordless Vacuum Cleaner Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Vacuum cleaner merupakan alat pengisap debu yang memudahkan Anda saat bersih-bersih. Seiring kemajuan teknologi, kini muncul produk terbarunya berupa cordless vacuum cleaner. Berbeda dengan pendahulunya, vacuum cleaner cordless tidak menggunakan kabel dalam pengoperasiannya. Anda pun jadi lebih leluasa membersihkan debu tanpa direpotkan oleh kabel yang menjuntai.

Nah, di artikel ini, kami akan membagikan cara memilih cordless vacuum cleaner yang bagus. Selain itu, rekomendasi vacuum cleaner cordless dari merek Tineco, Airbot, BOSCH, dan lainnya juga akan kami berikan. Silakan baca artikel ini hingga selesai dan dapatkan vacuum cleaner cordless terbaik.

Diperbaharui 10-13-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Cara memilih cordless vacuum cleaner

Mungkin Anda bingung memilih cordless vacuum cleaner terbaik untuk dipakai di rumah. Hal itu wajar, sebab meski terlihat serupa, ternyata banyak aspek krusial yang penting untuk diperhatikan. Oleh karena itu, berikut kami sajikan cara memilih cordless vacuum cleaner khusus untuk Anda.

① Pilih berdasarkan jenisnya

Sama seperti vacuum cleaner biasa, pembersih debu tipe cordless pun memiliki jenis yang berbeda sesuai dengan tujuan penggunaannya. Secara garis besar, terdapat dua jenis cordless vacuum cleaner, yaitu jenis handheld dan handstick.

Handheld vacuum cleaner: Portable dan ringan

Handheld vacuum cleaner: Portable dan ringan

Seperti namanya, handheld vacuum cleaner, seluruh berat produk ini bertumpu pada tangan sebagai penggeraknya. Bahkan, produk ini dapat digunakan hanya dengan satu tangan saking ringannya. Tak hanya itu, bentuknya yang praktis membuat alat ini mudah dibawa dan disimpan di mana saja. Itulah mengapa cordless vacuum cleaner jenis handheld sering ditemukan di mobil atau di hunian kecil.


Produk ini memang tidak terlalu disarankan untuk membersihkan lantai yang luas. Akan tetapi, Anda bisa menggunakannya untuk membersihkan permukaan meja, kasur, dan barang-barang yang tidak terlalu besar. Keunggulan lain dari handheld vacuum cleaner ialah mampu membersihkan bagian benda atau sudut yang sulit dijangkau vacuum cleaner biasa.

Handstick vacuum cleaner: Mampu membersihkan ruangan luas dan multifungsi

Handstick vacuum cleaner: Mampu membersihkan ruangan luas dan multifungsi

Berbeda dengan tipe handheld, cordless vacuum cleaner tipe handstick berbentuk panjang dan ramping. Berhubung ukurannya lebih besar dan bobotnya lebih berat, Anda mungkin perlu menggerakkannya menggunakan dua tangan.


Selain itu, produk jenis ini juga lebih cocok digunakan untuk area yang luas karena baterainya tahan lebih lama. Beberapa merek cordless vacuum cleaner ada yang bisa diubah menjadi bentuk handheld. Hal tersebut akan memudahkan Anda saat membersihkan sudut-sudut ruangan atau benda yang kecil.

② Perhatikan batas durasi pemakaiannya

Perhatikan batas durasi pemakaiannya

Hal lain yang perlu diperhatikan saat hendak membeli cordless vacuum cleaner adalah melihat batas durasi pemakaian dalam sekali penggunaan. Jika vacuum cleaner dengan kabel bisa digunakan selama mungkin, tidak demikian dengan produk ini. Batas durasi pemakaian cordless vacuum cleaner ditentukan oleh daya dan jenis baterai yang digunakan. Berikut ini tips dari kami:


  • Kurang dari 20 menit, sangat pas untuk area yang kecil. Fitur ini biasanya terdapat pada cordless vacuum cleaner portabel yang praktis dibawa bepergian dan dapat dipakai kapan saja. Anda bisa menggunakan vacuum cleaner jenis ini jika obyek atau area yang hendak dibersihkan tidak luas.

  • Lebih dari 20 menit, tepat sasaran untuk area yang luas. Cordless vacuum cleaner yang memiliki durasi pemakaian lama bisa digunakan untuk membersihkan seluruh rumah. Dengan durasi yang relatif lama, Anda bisa membersihkan seluruh area dengan lancar tanpa tersendat-sendat kehabisan daya.

③ Pertimbangkan spesifikasi unggulan lainnya

Selain spesifikasi dasar, cordless vacuum cleaner yang kini beredar di pasaran makin berlomba menonjolkan spesifikasi unggulannya masing-masing. Adanya spesifikasi unggulan tentu akan sangat menyenangkan dan memuaskan. Berikut ini adalah beberapa spesifikasi unggulan dari cordless vacuum cleaner yang mungkin saja Anda butuhkan.

Teknologi smart vacuum: Lebih praktis dan efisien

Teknologi smart vacuum: Lebih praktis dan efisien

Hampir sama seperti teknologi pintar pada perangkat lain, cordless vacuum cleaner berteknologi smart juga terintegrasi dengan dunia digital. Salah satu cirinya adalah dengan adanya aplikasi di smartphone yang dapat digunakan untuk mengontrol vacuum cleaner Anda


Selain itu, ada juga produk cordless vacuum cleaner pintar yang memiliki layar sentuh untuk menggantikan tombolnya. Inovasi tersebut sangat memudahkan bagi pengguna, terutama dari segi efisiensi.

Lampu LED: Mudah membersihkan area gelap

Lampu LED: Mudah membersihkan area gelap

Debu dan kotoran yang berada di kolong tempat tidur atau lemari kerap tak terlihat. Hal ini membuat Anda tidak bisa membersihkan area kolong dengan sempurna. Untuk itu, keberadaan lampu LED akan sangat membantu. Dengan adanya lampu LED di ujung pengisap, Anda dapat melihat bagian mana yang masih kotor meski suasana gelap. Area tersebut pun bisa dibersihkan dengan maksimal.

Komponen pendukung lainnya: Memperlancar kegiatan bersih-bersih

Komponen pendukung lainnya: Memperlancar kegiatan bersih-bersih
Sumber: roidmi.com


Salah satu ciri cordless vacuum cleaner yang bagus ditandai dengan lengkapnya komponen penyertanya. Misalnya, sebuah handstick vacuum cleaner akan lebih memuaskan jika memiliki lebih dari dua tipe penyedot tambahan. Selain itu, ada juga merek yang menyediakan bracket dinding atau stand untuk menyimpan produknya.


Kelengkapan komponen tersebut perlu Anda pastikan. Terutama untuk komponen dasar, seperti pengisi daya, tangki, pipa, dan penyedot utama. Apabila komponennya lengkap, membersihkan rumah pun menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

④ Pastikan desainnya ergonomis dan mudah dibersihkan

Pastikan desainnya ergonomis dan mudah dibersihkan

Seperti yang kita ketahui, membersihkan hunian bukanlah perkara sepele yang tidak menguras energi. Sebaliknya, seseorang bisa kelelahan karena membereskan rumah yang kotor dan berantakan. Belum lagi jika cara membersihkannya melibatkan bagian tubuh yang rawan pegal dan kesemutan.


Itulah mengapa alat kebersihan yang ergonomis sangat penting, tak terkecuali untuk cordless vacuum cleaner. Ada baiknya Anda menyesuaikan spesifikasi fisik produknya dengan kenyamanan Anda. Hal ini dapat dilihat dari panjang pipa, desain pegangan, dan berat produk.


Selain kenyamanan, faktor perawatan juga tak kalah penting. Cordless vacuum cleaner merupakan produk yang komponennya dapat dipisah-pisah. Karena itu, penting memilih produk yang mudah dibersihkan dan tidak rumit dalam perawatannya. 

10 Rekomendasi produk cordless vacuum cleaner terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk cordless vacuum cleaner terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Airbot

Supersonics 3.0

Airbot Supersonics 3.0 1枚目

Berbobot ringan dengan desain genggaman yang dioptimalkan untuk wanita

2

Tineco

Floor One S3 Series

Tineco Floor One S3 Series 1枚目

Dapat membersihkan sekaligus mengepel lantai

3

Kurumi

Cordless Stick Vacuum Cleaner

Kurumi Cordless Stick Vacuum Cleaner 1枚目

Nyaman dioperasikan, mudah disimpan, kerja pun jadi ringan

4

PerySmith

Cordless Handheld Vacuum Cleaner Xtreme Series

PerySmith Cordless Handheld Vacuum Cleaner Xtreme Series 1枚目

Daya tampung kotoran besar, bisa bersihkan debu lebih banyak

5

Umeda

U-Stik Cordless

Umeda U-Stik Cordless 1枚目

Satu alat untuk membersihkan banyak tempat

6

Dyson

Absolute Cordless Vacuum Cleaner V11

Dyson Absolute Cordless Vacuum Cleaner V11 1枚目

Tak perlu gonta-ganti aksesoris, sudah bisa mengubah kekuatan isap secara otomatis

7

Nuna

Ultimate 7 4 in 1

Nuna Ultimate 7 4 in 1 1枚目

Mengisap partikel debu hingga 99,9%, hunian dijamin jadi lebih nyaman

8

Deerma

Wireless Vacuum Cleaner Cordless UV Anti Tungau

Deerma Wireless Vacuum Cleaner Cordless UV Anti Tungau 1枚目

Basmi tungau dengan bantuan teknologi sinar UV

9

Dreame

Cordless Stick Vacuum

Dreame Cordless Stick Vacuum 1枚目

Mudah dirakit dan dapat disimpan sambil mengisi daya

10

BOSCH

Cordless Vacuum Cleaner GAS 18V-1 Professional

BOSCH Cordless Vacuum Cleaner GAS 18V-1 Professional 1枚目

Bentuk ringkas dengan tutup debu yang dapat dicuci

Perincian produk
Close
No.1

AirbotSupersonics 3.0

Mulai dari Rp3.650.000,00

Berbobot ringan dengan desain genggaman yang dioptimalkan untuk wanita

Kelebihan:

  • Ringan dipegang dengan satu tangan
  • Mudah dirakit dan dibersihkan

Kekurangan:

  • Proses pengisian daya cukup lama, yaitu sekitar 4 jam, baru bisa digunakan kembali

Produk Airbot asal Singapura ini sangatlah menarik hati meski baru sekilas dilihat. Salah satu daya tariknya berasal dari kombinasi merah dan ungunya yang unik dan tidak pasaran. Hal ini jelas merupakan kejelian Airbot dalam membidik konsumennya yang mayoritas perempuan.


Selain itu, produk ini juga memiliki bobot yang relatif ringan dengan desain genggaman yang nyaman, terutama untuk para wanita. Dengan daya isap hingga 19.000 Pa dan peredam kebisingan, Anda dapat menyedot debu dengan lebih tenang dan optimal.

No.2

TinecoFloor One S3 Series

Mulai dari Rp6.189.000,00

Dapat membersihkan sekaligus mengepel lantai

Kelebihan:

  • Sudah terintegrasi dengan aplikasi dan Wi-Fi
  • Bisa digunakan untuk membersihkan tumpahan air

Kekurangan:

  • Bobotnya berat sehingga bisa membuat Anda mudah lelah

Inilah produk yang akan memudahkan aktivitas bersih-bersih Anda. Cukup pakai satu alat, Anda sudah bisa membersihkan debu sekaligus mengepel lantai. Agar pekerjaan Anda makin mudah, Tineco melengkapinya dengan iLoop Smart Sensor. Fitur ini memungkinkan vacuum cleaner untuk mendeteksi kotoran basah dan kering, lalu menyesuaikan kekuatan isapannya.


Istimewanya lagi adalah cordless vacuum cleaner keluaran Tineco ini dirancang dengan konsep smart home. Jadi, Anda dapat mengintegrasikannya dengan Wi-Fi, voice assistant, sekaligus aplikasi di ponsel. Benar-benar sebuah alat canggih yang mendukung kepraktisan!

No.3

KurumiCordless Stick Vacuum CleanerKV 05

Mulai dari Rp1.715.500,00

Nyaman dioperasikan, mudah disimpan, kerja pun jadi ringan

Kelebihan:

  • Memiliki varian warna yang cantik, yaitu merah dan rose gold
  • Dilengkapi lampu LED yang dapat mempermudah saat membersihkan kolong

Kekurangan:

  • Waktu pengisian daya cukup lama untuk penggunaan yang relatif pendek

Sempat meledak di kalangan ibu-ibu karena produk vacuum cleaner tungaunya, kini Kurumi hadir dengan cordless vacuum cleaner yang elegan. Tak hanya desainnya menawan dengan nuansa merah dan rose gold, Kurumi KV 05 juga memiliki fitur-fitur yang dapat diandalkan.


Produk ini memiliki dua mode kecepatan yang bisa Anda pilih. Saat digunakan, suaranya juga tidak terlalu bising. Bagian-bagian produk ini juga mudah dipasang maupun dibongkar. Satu hal lagi yang menarik adalah adanya wall bracket untuk menyimpan produk seraca rapi. Kini, Anda tak perlu bingung lagi soal penyimpanan.

No.4

PerySmithCordless Handheld Vacuum Cleaner Xtreme SeriesXS20

Mulai dari Rp1.069.000,00

Daya tampung kotoran besar, bisa bersihkan debu lebih banyak

Kelebihan:

  • Mesin terlindungi dengan sensor perlindungan terhadap suhu yang tinggi
  • Daya tampung kotoran lebih besar (mencapai 0,8 liter)

Kekurangan:

  • Waktu isi daya cukup lama untuk penggunaan yang relatif pendek

Saat Anda akan melakukan deep cleaning rumah, kotoran yang tersaring pasti akan banyak sekali. Namun, daya tampung debu biasanya kecil. Apabila Anda memerlukan cordless vacuum cleaner dengan daya tampung kotoran yang besar dibandingkan produk lain, produk ini adalah jawabannya. 


Daya tampung debunya mencapai 0,8 liter. Anda dapat membersihkan berbagai kotoran, mulai dari remah-remah roti, potongan kertas, debu, hingga partikel kecil lainnya dalam sekali kerja. Jadi, tak perlu repot bolak-balik mengosongkan tangki kotorannya, deh!

No.5

UmedaU-Stik Cordless

Mulai dari Rp2.990.000,00

Satu alat untuk membersihkan banyak tempat

Kelebihan:

  • Terdapat dua roda di kepala vacuum sehingga lebih mudah dan ringan didorong

Kekurangan:

  • Daya tampung kotoran hanya 0,5 liter

Penyedot debu asal Jepang ini sangat praktis digunakan di mana saja. Selain lantai dan karpet, Anda bisa membersihkan gorden, sofa, kasur, meja, dan juga mobil. Pas sekali untuk Anda yang menginginkan alat multifungsi. Meski terlihat ramping, produk ini memiliki daya isap besar dengan ketahanan hingga satu jam. 


Tak berhenti di situ saja, produk ini juga dilengkapi enam kepala sikat. Ada satu electric floor brush, soft roller brush untuk permukaan lantai keras, dan hard roller brush untuk permukaan karpet. Lalu, ada brush untuk kasur dan gorden, flat nozzle untuk sela-sela sofa, serta 2-in-1 brush untuk meja. Lengkap, bukan?

No.6

DysonAbsolute Cordless Vacuum Cleaner V11

Mulai dari Rp12.899.000,00

Tak perlu gonta-ganti aksesoris, sudah bisa mengubah kekuatan isap secara otomatis

Kelebihan:

  • Dilengkapi auto mode yang bisa menyesuaikan daya isap secara otomatis
  • Daya isap yang kuat diklaim mampu menghilangkan tungau
  • Fully-sealed filtration-nya diklaim mampu menahan partikel berukuran 0,3 mikron supaya tidak keluar

Kekurangan:

  • Bobotnya cukup berat sehingga bisa membuat tangan mudah lelah
  • Daya tampung kotoran hanya 0,54 liter

Bagi Anda yang menginginkan kepraktisan, sebaiknya jangan lewatkan produk yang satu ini. Penyedot debu nirkabel dari Dyson dilengkapi dengan sensor cerdas atau Dynamic Load Sensor. Sensor ini akan mempermudah kerja Anda saat membersihkan lantai yang keras dan karpet yang lembut secara bergiliran.


Anda tak perlu repot-repot mengganti kepala sikatnya karena mesin akan otomatis menyesuaikan kekuatan isapnya. Dengan demikian, Anda bisa membersihkan kedua area tersebut hingga tak ada kotoran yang tertinggal dan tanpa jeda.

No.7

NunaUltimate 7 4 in 1

Mulai dari Rp4.599.000,00

Mengisap partikel debu hingga 99,9%, hunian dijamin jadi lebih nyaman

Kelebihan:

  • Bisa membersihkan tumpahan cairan di karpet atau lantai


Kekurangan:

  • Menurut konsumen, kurang maksimal membersihkan kotoran yang sudah mengering dan berkerak

Produk dari Nuna ini memiliki empat fungsi sekaligus dalam satu alat. Anda bisa membersihkan partikel kecil, membersihkan tumpahan air, lalu mengeringkan dan mensterilkan permukaannya. Bahkan, Anda juga bisa membersihkan bulu binatang, helaian rambut, hingga tumpahan saus di lantai dan karpet. 


Dilengkapi dengan sinar UV, vacuum cleaner cordless ini diklaim bisa membasmi 99,9% kuman yang menempel di berbagai tempat. Anda yang sangat mengutamakan kebersihan tentu akan jatuh hati dengan produk ini.

No.8

DeermaWireless Vacuum Cleaner Cordless UV Anti TungauCM1900

Mulai dari Rp1.190.000,00

Basmi tungau dengan bantuan teknologi sinar UV

Kelebihan:

  • Bentuk compact
  • Bisa digunakan untuk membasmi tungau
  • Tingkat kebisingan rendah hanya 50 dB

Kekurangan:

  • Daya tahan baterai hanya sebentar

Cordless vacuum cleaner ini berdesain ringkas dan mudah dibawa ke mana saja. Dilengkapi dengan sinar UV, alat ini bisa sekaligus mematikan tungau. Selain itu, tambahan smart sensor inframerah juga membuat produk ini lebih aman dari kebocoran sinar UV. Untuk Anda yang ingin membersihkan kasur dari kutu dan tungau, coba saja miliki produk ini.

No.9

DreameCordless Stick VacuumV10

Mulai dari Rp3.590.000,00

Mudah dirakit dan dapat disimpan sambil mengisi daya

Kelebihan:

  • Dilengkapi lima lapis filter, termasuk filter HEPA

Kekurangan:

  • Tombol power harus ditekan terus saat mengoperasikannya

Desainnya sangat elegan, minimalis, dan berteknologi mumpuni. Itulah tiga hal yang paling menonjol dari produk ini. Dibandingkan generasi sebelumnya (Dreame V9), vacuum cleaner ini lebih mudah untuk membersihkan area sempit dan tersembunyi. Hal itu karena adanya extension nose.


Produk ini juga mudah dirakit. Anda tinggal memilih brush mana yang hendak digunakan untuk membersihkan. Satu hal yang paling menarik adalah adanya sistem penyimpanan yang sekaligus dapat mengisi daya. Canggih sekali, bukan?

No.10

BOSCHCordless Vacuum Cleaner GAS 18V-1 Professional

Mulai dari Rp1.329.000,00

Bentuk ringkas dengan tutup debu yang dapat dicuci

Kelebihan:

  • Ukuran compact sehingga bisa digunakan untuk membersihkan karpet dan jok mobil

Kekurangan:

  • Baterai harus dilepas dahulu jika hendak diisi ulang

Produk-produk BOSCH terkenal akan kekukuhannya. Di pihak lain, produk ini memiliki bentuk yang lumayan ringkas, Anda dapat menggunakannya untuk membersihkan sofa, kasur, atau mobil. Produk ini dilengkapi tangki kotoran berukuran 0,7 liter. Tangkinya dapat dilepas dengan cepat dan dipasang kembali secara mudah. Selain itu, alat ini dilengkapi tutup debu yang dapat dicuci sehingga mudah dibersihkan.

Pertanyaan umum seputar cordless vacuum cleaner

Pertanyaan umum seputar cordless vacuum cleaner

Saat membuat artikel ini, kami menemukan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan vacuum cleaner. Karena itu, kami memilih beberapa pertanyaan dan akan menjawabnya di sini. Jika pertanyaan yang kami pilih adalah milik Anda, semoga jawabannya bisa membantu.

Apakah vacuum cleaner bisa menyedot kutu kasur?

Jawabannya adalah bisa! Cara efektif membasmi kutu di kasur adalah menggunakan vacuum cleaner yang dilengkapi teknologi anti-dust mite atau antidebu dan tungau. Anda juga bisa menggunakan penyedot debu dengan sinar UV yang mampu membasmi kutu, tungau, sekaligus membersihkan debu-debunya.

Bolehkah membiarkan penyedot debu cordless terpasang di stop kontak?

Jawabannya adalah tidak karena tak semua vacuum cleaner cordless dirancang untuk memutus daya otomatis ketika baterainya sudah terisi penuh. Jika demikian, baterai vacuum cleaner Anda bisa saja rusak. Jadi, isilah daya baterai vacuum cleaner saat Anda senggang dan segera cabut ketika sudah penuh.

Baca juga rekomendasi vacuum cleaner lainnya di sini

Vacuum cleaner memiliki jenis dan peruntukan yang beragam, misalnya vacuum cleaner untuk mobil, vacuum cleaner portabel, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, kini juga telah tersedia robot vacuum cleaner yang akan memudahkan pekerjaan Anda. Bagi Anda yang tertarik untuk mengetahui produknya, silakan klik tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Untuk membersihkan rumah, dibutuhkan niat yang bulat dan hati yang gembira. Agar dapat meningkatkan suasana hati, memilih alat yang memudahkan pekerjaan, contohnya cordless vacuum cleaner, adalah ide cemerlang.


Setelah memahami cara memilih dan mengetahui rekomendasi produk cordless vacuum cleaner terbaik di atas, bagaimana tanggapan Anda? Apakah Anda sudah memutuskan produk yang tepat? Jangan lupa untuk pertimbangkan siapa saja yang nantinya akan memakai produk tersebut supaya pilihan Anda tepat sasaran. 

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer