1. TOP
  2. >
  3. Program & aplikasi
  4. >
  5. Aplikasi
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Game Android Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Game Android Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Game Android Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Game Android Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Game Android Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Game Android Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Game Android Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Game Android selalu bisa menjadi hiburan untuk melepas penat. Beberapa judulnya yang populer adalah Roblox, Minecraft, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa dengan mudah menemukan game Android terbaru di Google Play. Jadi, manakah yang bagus dan paling tepat untuk Anda?


Khusus bagi Anda, kami telah menyiapkan rekomendasi game Android terbaik. Dari yang offline sampai yang online multiplayer, semuanya ada. Ulasan setiap game-nya pun sudah tersedia. Namun, kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu kepada Anda. Yuk, disimak bersama-sama!

Diperbaharui 12-28-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih game Android

Game Android terbaik bisa membuat Anda betah untuk memainkannya. Waktu luang Anda pun tidak akan terasa terbuang sia-sia. Bermain game yang sesuai selera bisa menyegarkan pikiran Anda. Karena itu, perhatikan poin cara memilihnya di bawah ini agar Anda tidak salah pilih.

① Ketahui kategori dari game pilihan Anda

Game Android bisa dikelompokkan ke dalam beberapa kategori. Berikut ini kami akan menjelaskan karakteristik setiap kategorinya untuk Anda. Selanjutnya, pilihlah yang kombinasinya sesuai dengan selera agar Anda tidak lekas bosan.

Action, butuh kecepatan dan kecekatan

Tidak dapat dimungkiri, action game lebih cocok untuk Anda yang sudah sering bermain game. Kategori ini membutuhkan kecepatan dan kecekatan dalam mengirim perintah-perintah yang tepat. Terlambat atau meleset sedikit, Anda bisa dibuat kerepotan.


Meskipun demikian, game ini banyak menghadirkan momen seru nan menegangkan. Tidak heran kalau kategori action mempunyai banyak pemain. Shooter game dan strategy game termasuk di dalam game Android kategori action


Salah satu jenis shooter game yang banyak diminati adalah first-person shooter (FPS). Jenis game ini berfokus pada pertempuran berbasis senjata dalam sudut pandang orang pertama. Artinya, karakter utama dalam game tersebut adalah Anda sendiri sebagai pemain yang mengendalikan senjata. PUBG, FreeFire, dan Counter Strike adalah beberapa contoh dari game FPS.

Adventure, menjalankan misi kapan pun Anda menginginkannya

Adventure game mengajak Anda bertualang untuk menyelesaikan beragam misi. Mirip dengan kategori action, game dalam kategori adventure biasanya membutuhkan kecepatan dan kecekatan pada momen tertentu. Namun, intensitasnya tidak sebanyak yang action. Beberapa adventure game yang paling populer adalah Genshin Impact dan Pokémon GO.


Anda masih bisa lebih bersantai saat memainkan game Android ini. Bila sedang tidak ingin menyelesaikan misi-misinya, Anda dapat memilih untuk menelusuri petanya. Game dalam kategori ini biasanya juga termasuk dalam role-playing game. Jadi, Anda akan terlena untuk menghabiskan waktu demi meningkatkan level karakternya.

Casual, pas dimainkan sambil bersantai

Jika Anda sudah terlalu lelah untuk memainkan game Android yang membutuhkan konsentrasi, pilihlah yang kategorinya casual. Game ini memang dibuat untuk dimainkan sambil bersantai. Gameplay-nya cenderung sederhana dan mudah untuk dipelajari.


Meskipun demikian, bukan berarti game ini tidak menawarkan tantangan. Casual game bisa makin sulit dimainkan seiring berkembangnya level Anda. Namun, saat belum bisa menyelesaikannya, Anda bisa terus mengulanginya sampai berhasil. Apabila Anda ingin mencoba memainkan casual game yang populer, Sky: Children of the Light bisa dipilih.

Role-playing, terus meningkatkan skill dan penampilan karakter

Skill dan penampilan karakter di game yang Anda mainkan bisa menjadi pencapaian untuk dipamerkan. Nah, jika Anda mengutamakan hal tersebut, pilihlah game dengan kategori role-playing. Game-nya akan mengajak Anda untuk kustomisasi karakter sendiri.


Seiring berjalannya permainan, Anda akan membuka skilloutfit, atau senjata yang baru. Item tertentu bahkan tidak jarang harus dibayar dengan mata uang atau exp di dalam game. Jadi, Anda akan banyak diajak mengumpulkan poin demi meningkatkan status karakter. Mainkanlah Postknight atau Stardew Valley jika ingin mencoba game kategori role-playing.

Simulation, merasakan kehidupan lain di dalam game

Game Android tidak selalu penuh aksi atau fantasi. Ada juga yang berupa imitasi kehidupan sehari-hari. Anda akan menemukannya pada game berkategori simulation. Game ini biasanya memiliki tema tertentu, misalnya simulasi kendaraan atau restoran.


Tingkat imitasinya bervariasi, tergantung pada game-nya. Ada yang menyimulasikan secara garis besar, ada juga yang sangat detail. Beberapa game berkategori ini bahkan dibuat mirip dengan kondisi aslinya sehingga Anda bisa merasakan kehidupan lain.

Racing, memberikan sensasi berkendara secara virtual

Game bergenre racing adalah permainan yang memungkinkan Anda berpartisipasi dalam kompetisi balap. Games dalam genre ini mungkin terinspirasi dari liga balap di dunia nyata atau murni dari ide kreatif sang pembuat game


Model permainannya pun bervariasi, mulai dari simulasi balapan yang realistis hingga game balap bergaya arcade yang fantastis. Anda bisa mencoba Real Racing 3 jika ingin merasakan sensasi berkendara secara virtual sekaligus memacu adrenalin.

② Offline atau online? Pilih sesuai gaya bermain Anda

Offline atau online? Pilih sesuai gaya bermain Anda

Sebagian orang nyaman bermain game sendiri, sedangkan sisanya lebih memilih untuk memainkannya beramai-ramai. Tenang saja, saat ini sudah tersedia game Android dalam berbagai mode, baik offline maupun online. Sesuaikan saja dengan preferensi Anda.


Online games memang banyak digemari. Anda bisa menemukan berbagai judulnya di Google Play. Game ini membutuhkan koneksi internet untuk bisa dimainkan beramai-ramai. Memainkan game-nya bakal terasa seru karena Anda bisa bermain dengan teman-teman. Namun, game jenis ini tidak bisa dijeda saat Anda perlu melakukan hal lain.


Jika Anda ingin bebas memainkan game Android, pilihlah yang bisa dimainkan secara offline. Anda juga tidak membutuhkan koneksi internet untuk memainkannya. Jadi, Anda dapat memainkannya kapan pun dan di mana pun. Selain itu, game-nya bisa selalu dijeda.


Memilih online games dan offline games di Google Play cukup mudah. Anda hanya perlu mengetik kata kunci tersebut di kolom pencariannya. Sebagai informasi, beberapa game dengan mode multiplayer juga bisa dimainkan dalam mode single-player.

③ Pastikan perangkat Anda kompatibel dengan game-nya

Pastikan perangkat Anda kompatibel dengan game-nya

Android 12 memang menjadi versi yang paling umum dijumpai saat ini. Namun, tidak menutup kemungkinan Anda masih menggunakan versi Android yang lebih lama. Mungkin juga Anda memberikan smartphone lama sebagai sarana bermain anak.


Game Android rata-rata bisa dijalankan di perangkat dengan OS Android versi 4.1 ke atas. Meskipun demikian, beberapa game membutuhkan spesifikasi dengan standar yang lebih tinggi. Ada yang membutuhkan Android versi 5.0 atau bahkan 8.0 ke atas.


OS bukan satu-satunya faktor penentu bisa tidaknya suatu game dijalankan perangkat Anda. CPU, GPU, RAM, dan sisa ROM juga akan menentukan. Komponen-komponen tersebut pun memengaruhi tingkat grafis game yang mampu dijalankan perangkat Anda.


Cara termudah untuk mengukur adalah memasang lebih dahulu game-nya di perangkat Anda. Jika game-nya terasa berat, cobalah untuk menurunkan grafisnya. Bila tidak bisa dijalankan, ada kemungkinan perangkat Anda tidak kompatibel dengan game-nya. 

④ Periksa kategori usia game Android

Periksa kategori usia game Android

Kategori usia sangat penting untuk diperiksa bila Anda berencana mencarikan game untuk anak. Karena mudah sekali diakses, game Android bisa menjadi influence untuk anak. Oleh sebab itu, Anda perlu menyesuaikan kategori usia game dengan umur anak.


Sebagai informasi, kategori umur game tidak selalu ditentukan dari kekerasan atau unsur dewasa lainnya. Tingkat kesulitan game juga bisa menentukan kategori umurnya. Jika anak Anda belum cukup umur, ia bisa saja kurang tertarik untuk memainkan game-nya karena terlampau sulit. Sangat disayangkan bila Anda terlanjur membayarnya, bukan?

10 Rekomendasi game Android terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh aplikasi game Android terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pengguna. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di Google Play.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

thatgamecompany inc

Sky: Children of the Light

thatgamecompany inc Sky: Children of the Light 1枚目

Menenggelamkan Anda dalam visualnya yang memesona

2

Kurechii

Postknight

Kurechii Postknight 1枚目

Petualangan seorang ksatria dengan misi pengiriman yang berbahaya

3

Mojang

Minecraft

Mojang Minecraft 1枚目

Tidak ada batasan dalam menguji kreativitas

4

ConcernedApe

Stardew Valley

ConcernedApe Stardew Valley 1枚目

Nostalgia game Harvest Moon versi mobile

5

Roblox Corporation

Roblox

Roblox Corporation Roblox 1枚目

Antibosan, tersedia pilihan game yang banyak!

6

ELECTRONIC ARTS

Real Racing 3

ELECTRONIC ARTS Real Racing 3 1枚目

Pacu adrenalin Anda dalam balapan virtual

7

Supercell

Clash of Clans

Supercell Clash of Clans 1枚目

Asyik, bisa bertemu dengan pemain lain dari seluruh dunia

8

Niantic, Inc.

Pokémon GO

Niantic, Inc. Pokémon GO 1枚目

Adu Pokémon Anda dengan milik trainer lainnya!

9

COGNOSPHERE PTE. LTD.

Genshin Impact

COGNOSPHERE PTE. LTD. Genshin Impact 1枚目

Berkelana di dunia tujuh elemen demi mencari saudara kembar

10

Garena International I

Garena Free Fire: Winterlands

Garena International I Garena Free Fire: Winterlands 1枚目

Menguji kecepatan dan ketangkasan Anda

Perincian produk
Close
No.1

thatgamecompany incSky: Children of the Light

Menenggelamkan Anda dalam visualnya yang memesona

Kelebihan:

  • Visual yang memanjakan mata
  • Dilengkapi fitur pembelian unik di dalam game yang ditujukan untuk aksi kemanusiaan 

Kekurangan:

  • Beberapa review mengatakan setelah game di-update malah bermasalah dengan controller

Visual dan gameplay penuh inovasi dari Journey persembahan thatgamecompany pernah membuat takjub pemain game konsol. Developer game indie tersebut kembali menghibur lewat Sky: Children of the Light dengan visual memesona seperti Journey. Kabar gembiranya, game tersebut dirilis untuk perangkat mobile, termasuk Android.


Sky akan mengajak Anda bertualang di dunia penuh warna yang memanjakan mata. Meski Anda bisa memainkannya secara offline, game ini makin menarik saat dimainkan secara online. Anda dapat menjelajahi dunianya yang indah bersama pemain lain, bahkan bergandengan tangan. Jangan lewatkan Sky apabila Anda mencari game Android dengan visual yang cantik dan memukau.

No.2

KurechiiPostknight

Petualangan seorang ksatria dengan misi pengiriman yang berbahaya

Kelebihan:

  • Saat bermain lancar jaya karena grafik yang simpel dan tidak memerlukan sambungan internet
  • Tiap perjalanan hanya membutuhkan waktu 20 detik saja, bermain pun tidak membutuhkan waktu lama

Kekurangan:

  • Cukup menyulitkan untuk bertahan karena kontrol tidak selalu dapat mengeluarkan attack secara tapping

Jika Anda adalah penggemar game RPG yang sederhana, game yang satu ini tidak boleh dilewatkan. Tidak heran, berbagai penghargaan berhasil didapatkan karena alur permainan yang asyik dan seru. 


Anda akan berperan sebagai ksatria yang bertugas untuk melakukan pengiriman dan akan menghadapi misi-misi yang menantang. Menariknya lagi, Anda tidak perlu menghabiskan waktu lama untuk menyelesaikan tiap perjalanan.

No.3

Tidak ada batasan dalam menguji kreativitas

Kelebihan:

  • Mengasah kreativitas anak saat bermain
  • Tersedia fitur free trial 30 hari

Kekurangan:

  • Data tersimpan di cache bukan di file data game sehingga saat membersihkan memori, data Minecraft juga ikut terhapus

Minecraft adalah salah satu sandbox game terbaik sepanjang masa. Dirilis pada 2009, game ini masih memiliki banyak peminat sampai sekarang. Tidak heran jika Mojang, selaku developer, membuat Minecraft versi Android untuk melebarkan pasarnya. Meski dunianya tidak sebesar versi PC, versi Android ini menawarkan banyak mode.


Game ini memang tidak memiliki misi. Anda hanya perlu membuat bangunan dan perkakas dari sumber daya di sekitar pada siang hari. Malamnya, Anda harus mempertahankan diri dari serangan monster. Jika Anda mencari game Android yang bisa mengasah kreativitas, Minecraft adalah pilihannya. Game ini bahkan cukup simpel untuk dipelajari anak-anak.

No.4

ConcernedApeStardew Valley

Nostalgia game Harvest Moon versi mobile

Kelebihan:

  • Ambience game yang cocok untuk refreshing, musik game-nya pun mendukung
  • Menawarkan ending cerita yang bervariasi

Kekurangan:

  • Belum tersedia dalam bahasa Indonesia

Jika Anda belum siap untuk dibuat ketagihan bermain game, jangan tergoda untuk mencoba Stardew Valley. Game Android ini menyimulasikan kehidupan seorang petani, lengkap dengan isi kotanya. Jadi, Anda tidak hanya mengurusi kebun, tetapi juga menjaga hubungan baik dengan karakter lain. Anda tidak akan sadar saat sudah memainkannya berjam-jam!


Selain itu, Anda perlu merawat hewan-hewan di kebun. Karakter Anda bahkan bisa menikah dan berkeluarga, lho. Lengkap sekali, bukan? Perlu diketahui, Stardew Valley versi Android tidak tersedia dalam mode online. Jadi, game simulasi farming ini adalah pilihan sempurna bagi Anda yang mencari game Android offline terbaik.

No.5

Roblox CorporationRoblox

Antibosan, tersedia pilihan game yang banyak!

Kelebihan:

  • Variasi permainan yang berlimpah, anak pun banyak pilihan
  • Mendapatkan penghasilan dari bermain game ini

Kekurangan:

  • Bug camera yang sering muncul terasa mengganggu menurut beberapa pengguna

Popularitas game ini meledak pada tahun 2020. Bisa dibilang Roblox merupakan game Android yang paling banyak dimainkan saat ini. Jika Anda gemar bersosialisasi secara virtual, Anda tidak akan kecewa setelah mengunduh game ini. Roblox memiliki komunitas yang besar sehingga Anda akan selalu bertemu pemain lainnya.


Tidak hanya itu keistimewaannya. Roblox terdiri dari banyak game sekaligus dalam satu aplikasi. Beberapa permainannya yang populer adalah Adopt Me! dan Jailbreak. Sebagai informasi, game Android ini sangat populer di kalangan anak-anak. Oleh karenanya, game ini bisa dipilih untuk anak Anda agar tidak cepat bosan karena jumlah game-nya banyak.

No.6

ELECTRONIC ARTSReal Racing 3

Pacu adrenalin Anda dalam balapan virtual

Kelebihan:

  • Tersedia tiga ratus pilihan mobil dan sembilan belas trek yang menarik untuk dimainkan 
  • Beberapa player mengatakan setirnya terasa responsif saat dimainkan 

Kekurangan:

  • Membutuhkan free space yang cukup besar, yakni 2,5 GB

Apakah Anda penggemar otomotif dan senang bermain game? Jika iya, game Real Racing 3 bisa Anda pertimbangkan. Pasalnya, selain grafik berkualitas tinggi yang menghibur mata, pilihan mobilnya juga banyak. 


Anda bisa menjajal setiap merek mobil, mulai dari Porsche hingga Aston Martin. Selain bermain single player, Anda juga bisa menantang teman Anda secara online dengan jumlah maksimal delapan pemain.

No.7

SupercellClash of Clans

Asyik, bisa bertemu dengan pemain lain dari seluruh dunia

Kelebihan:

  • Terdapat banyak pilihan hero yang bisa dimainkan
  • Bisa bermain dengan pemain lain dari seluruh dunia

Kekurangan:

  • Satu smartphone hanya bisa digunakan untuk satu akun

Gamer Android tentu tidak asing dengan game ini. Clash of Clans (CoC) pernah menjadi game yang paling banyak dimainkan di Indonesia. Game ini menawarkan permainan MOBA strategi yang seru. Bila Anda sudah sering memainkan jenis game-nya, Anda tidak akan kesulitan beradaptasi dengan game ini.


Game ini sangat mengandalkan kerja sama di antara pemain satu tim. Seperti game strategi lainnya, Anda perlu mengalahkan tim lawan dengan menghancurkan markasnya. Jika Anda suka mempelajari suatu game sampai menjadi ahli, CoC akan memberi banyak ruang untuk Anda.

No.8

Niantic, Inc.Pokémon GO

Adu Pokémon Anda dengan milik trainer lainnya!

Kelebihan:

  • Tersedia fitur AR, game terasa lebih realistis
  • Meski lama sudah tidak dimainkan, akun tidak hilang asalkan ingat data login

Kekurangan:

  • Poke stop dan gym hanya terkonsentrasi di pusat kota, sedikit dijumpai di pinggiran kota 

Penggemar Pokémon pastinya wajib memainkan game yang satu ini. Pokémon GO merupakan game Android bagus yang sudah hadir sejak 6 tahun lalu. Game ini mengajak Anda para trainer untuk berburu Pokémon dan mengadu ketangkasan dalam Pokémon battle melawan trainer lain. 


Anda akan diajak bertualang ke daerah yang baru untuk mendapatkan berbagai jenis Pokémon, bahkan yang tergolong langka dan legendaris. Yuk, kumpulkan Pokémon sebanyak yang Anda bisa!

No.9

COGNOSPHERE PTE. LTD.Genshin Impact

Berkelana di dunia tujuh elemen demi mencari saudara kembar

Kelebihan:

  • Peta permainan yang luas, tidak mudah bosan
  • Tersedia fitur hapus data quest, memori pun jadi lebih lega

Kekurangan:

  • Untuk upgrade perlu tambahan biaya lagi

Kami merekomendasikan game fantasi yang satu ini untuk Anda pencinta game kombinasi petualangan dengan RPG. Alasannya karena alur cerita yang menarik serta peta permainan yang luas, Anda pun tidak akan cepat bosan. Perkuat karakter dalam game ini dan nikmati petualangan bertemu dengan karakter lain yang memiliki kemampuan unik dan elemen berbeda. 

No.10

Garena International IGarena Free Fire: Winterlands

Menguji kecepatan dan ketangkasan Anda

Kelebihan:

  • Waktu permainan tiap sesi cukup singkat, hanya 10 menit
  • Bisa dimainkan dengan Android versi lama

Kekurangan:

  • Beberapa user mengatakan setelah di-update masih muncul bug

Anda diberi beberapa pilihan permainan shooter dan survival. Namun, tidak semuanya populer dan masih banyak dimainkan. Apabila Anda membutuhkan tantangan, Free Fire bisa dipilih. Game bagus ini cukup ringan sehingga jumlah pemainnya pun banyak. Anda bisa melawan 49 pemain lainnya dalam 1 peta atau membentuk tim berjumlah 4 pemain.


Free Fire akan menguji kecepatan dan ketangkasan jari-jari Anda dalam memasukkan perintah yang tepat. Versi ringannya ini hanya berdurasi 10 menit dalam 1 ronde. Jadi, tidak hanya adu jitu, game ini juga menantang Anda untuk selalu cepat bergerak. Oleh karenanya, game ini cocok bagi Anda yang mencari tantangan.

Baca juga rekomendasi mobile games lainnya di sini

Jika Anda menyukai kategori game tertentu, kami punya berbagai rekomendasinya untuk Anda. Ada game simulator, game RPG, dan masih banyak lagi. Silakan kunjungi tautan-tautan di bawah ini untuk membaca pembahasan selengkapnya. Jangan lewatkan juga ulasan dari kami, ya!

Kesimpulan

Sudah menemukan game Android yang ingin segera Anda mainkan? Dewasa ini banyak sekali online games. Bila Anda ingin memainkannya sendiri, pilihlah yang bisa dimainkan secara offline. Pastikan juga kategorinya sesuai selera agar Anda tidak lekas bosan.


Selain itu, jangan lupa untuk memeriksa kompatibilitasnya dengan perangkat yang Anda gunakan. Jika Anda mencari game untuk anak, sesuaikanlah dengan kategori usianya. Memainkan game Android terbaik memang seru, tetapi jangan sampai lupa waktu, ya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer