• 10 Rekomendasi Game Android Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Game Android Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Game Android Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Game Android Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Game Android Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Game Android Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Game Android selalu bisa menjadi hiburan untuk melepas penat. Beberapa judulnya yang populer adalah Roblox, Worms Zone, Minecraft, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa dengan mudah menemukan game Android terbaru di Google Play. Jadi, manakah yang bagus dan paling tepat untuk Anda?


Khusus bagi Anda, kami telah menyiapkan rekomendasi game Android terbaik. Dari yang offline sampai yang online multiplayer, semuanya ada. Ulasan setiap game-nya pun sudah tersedia. Namun, kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu kepada Anda. Yuk, disimak bersama-sama!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 25 Agustus 2022
Daftar isi

Cara memilih game Android

Game Android terbaik bisa membuat Anda betah untuk memainkannya. Waktu luang Anda pun tidak akan terasa terbuang sia-sia. Bermain game yang sesuai selera bisa menyegarkan pikiran Anda. Karena itu, perhatikan poin cara memilihnya di bawah ini agar Anda tidak salah pilih.

Ketahui kategori dari game pilihan Anda

Game Android bisa dikelompokkan ke dalam beberapa kategori. Berikut ini kami akan menjelaskan karakteristik setiap kategorinya untuk Anda. Selanjutnya, pilihlah yang kombinasinya sesuai dengan selera agar Anda tidak lekas bosan.

Action, butuh kecepatan dan kecekatan

Tidak dapat dipungkiri, action game lebih cocok untuk Anda yang sudah sering bermain game. Kategori ini membutuhkan kecepatan dan kecekatan dalam mengirim perintah-perintah yang tepat. Terlambat atau meleset sedikit, Anda bisa dibuat kerepotan.


Meskipun demikian, game ini banyak menghadirkan momen seru nan menegangkan. Tidak heran kalau kategori action mempunyai banyak pemain. Game Android dalam kategori ini biasanya juga termasuk dalam shooter game atau strategy game. PUBG Mobile dan Among Us adalah beberapa contoh action game yang populer.

Adventure, menjalankan misi kapan pun Anda menginginkannya

Adventure game mengajak Anda bertualang untuk menyelesaikan beragam misi. Mirip dengan kategori action, game dalam kategori adventure biasanya membutuhkan kecepatan dan kecekatan pada momen tertentu. Namun, intensitasnya tidak sebanyak yang action. Beberapa adventure game yang paling populer adalah Genshin Impact dan Pokémon GO.


Anda masih bisa lebih bersantai saat memainkan game Android ini. Bila sedang tidak ingin menyelesaikan misi-misinya, Anda dapat memilih untuk menelusuri petanya. Game dalam kategori ini biasanya juga termasuk dalam role-playing game. Jadi, Anda akan terlena untuk menghabiskan waktu demi meningkatkan level karakternya.

Casual, pas dimainkan sambil bersantai

Jika Anda sudah terlalu lelah untuk memainkan game Android yang membutuhkan konsentrasi, pilihlah yang kategorinya casual. Game ini memang dibuat untuk dimainkan sambil bersantai. Gameplay-nya cenderung sederhana dan mudah untuk dipelajari.


Meskipun demikian, bukan berarti game ini tidak menawarkan tantangan. Casual game bisa makin sulit dimainkan seiring berkembangnya level Anda. Namun, saat belum bisa menyelesaikannya, Anda bisa terus mengulanginya sampai berhasil. Apabila Anda ingin mencoba memainkan casual game yang populer, Let's Get Rich atau Plants vs Zombies bisa dipilih.

Role-playing, terus meningkatkan skill dan penampilan karakter

Skill dan penampilan karakter di game yang Anda mainkan bisa menjadi pencapaian untuk dipamerkan. Nah, jika Anda mengutamakan hal tersebut, pilihlah game dengan kategori role-playing. Game-nya akan mengajak Anda untuk kustomisasi karakter sendiri.


Seiring berjalannya permainan, Anda akan membuka skilloutfit, atau senjata yang baru. Item tertentu bahkan tidak jarang harus dibayar dengan mata uang atau exp di dalam game. Jadi, Anda akan banyak diajak mengumpulkan poin demi meningkatkan status karakter. Mainkanlah Ragnarok M: Eternal Love atau Eternium jika ingin mencoba game kategori role-playing.

Simulation, merasakan kehidupan lain di dalam game

Game Android tidak selalu penuh aksi atau fantasi. Ada juga yang berupa imitasi kehidupan sehari-hari. Anda akan menemukannya pada game berkategori simulation. Game ini biasanya memiliki tema tertentu, misalnya simulasi kendaraan atau restoran.


Real Flight Simulator dan Animal Restaurant adalah beberapa contoh simulation game yang populer. Tingkat imitasinya bervariasi, tergantung pada game-nya. Ada yang menyimulasikan secara garis besar, ada juga yang sangat detail. Beberapa game berkategori ini bahkan dibuat mirip dengan kondisi aslinya sehingga Anda bisa merasakan kehidupan lain.

Offline atau online? Pilih sesuai gaya bermain Anda

Offline atau online? Pilih sesuai gaya bermain Anda

Sebagian orang nyaman bermain game sendiri, sedangkan sisanya lebih memilih untuk memainkannya beramai-ramai. Tenang saja, saat ini sudah tersedia game Android dalam berbagai mode, baik offline ataupun online. Sesuaikan saja dengan preferensi Anda.


Online games memang banyak digemari. Anda bisa menemukan berbagai judulnya di Google Play. Game ini membutuhkan koneksi internet untuk bisa dimainkan beramai-ramai. Memainkan game-nya bakal terasa seru karena Anda bisa bermain dengan teman-teman. Namun, game jenis ini tidak bisa dijeda saat Anda perlu melakukan hal lain.


Jika Anda ingin bebas memainkan game Android, pilihlah yang bisa dimainkan secara offline. Anda juga tidak membutuhkan koneksi internet untuk memainkannya. Jadi, Anda dapat memainkannya kapan pun dan di mana pun. Selain itu, game-nya bisa selalu dijeda.


Memilih online games dan offline games di Google Play cukup mudah. Anda hanya perlu mengetik kata kunci tersebut di kolom pencariannya. Sebagai informasi, beberapa game dengan mode multiplayer juga bisa dimainkan dalam mode single-player.

Pastikan perangkat Anda kompatibel dengan game-nya

Pastikan perangkat Anda kompatibel dengan game-nya

Android 9 memang menjadi versi yang paling umum dijumpai saat ini. Namun, tidak menutup kemungkinan Anda masih menggunakan versi Android yang lebih lama. Mungkin juga Anda memberikan smartphone lama sebagai sarana bermain anak.


Game Android rata-rata bisa dijalankan di perangkat dengan OS Android versi 4.1 ke atas. Meskipun demikian, beberapa game membutuhkan spesifikasi dengan standar yang lebih tinggi. Ada yang membutuhkan Android versi 5.0 atau bahkan 8.0 ke atas.


OS bukan satu-satunya faktor penentu bisa tidaknya suatu game dijalankan perangkat Anda. CPU, GPU, RAM, dan sisa ROM juga akan menentukan. Komponen-komponen tersebut pun memengaruhi tingkat grafis game yang mampu dijalankan perangkat Anda.


Cara termudah untuk mengukur adalah memasang lebih dahulu game-nya di perangkat Anda. Jika game-nya terasa berat, cobalah untuk menurunkan grafisnya. Bila tidak bisa dijalankan, ada kemungkinan perangkat Anda tidak kompatibel dengan game-nya. 

Periksa kategori usia game Android

Periksa kategori usia game Android

Kategori usia sangat penting untuk diperiksa bila Anda berencana mencarikan game untuk anak. Karena mudah sekali diakses, game Android bisa menjadi influence untuk anak. Oleh sebab itu, Anda perlu menyesuaikan kategori usia game dengan umur anak.


Sebagai informasi, kategori umur game tidak selalu ditentukan dari kekerasan atau unsur dewasa lainnya. Tingkat kesulitan game juga bisa menentukan kategori umurnya. Jika anak Anda belum cukup umur, ia bisa saja kurang tertarik untuk memainkan game-nya karena terlampau sulit. Sangat disayangkan bila Anda terlanjur membayarnya, bukan?

10 Rekomendasi game Android terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh aplikasi game Android terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pengguna. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di Google Play.

Gambar produk
1
Chucklefish Limited Stardew Valley 1

Chucklefish Limited

2
Mojang Minecraft 1

Mojang

3
thatgamecompany inc Sky: Children of the Light 1

thatgamecompany inc

4
CAPCOM CO., LTD. Monster Hunter Stories 1

CAPCOM CO., LTD.

5
Roblox Corporation Roblox 1

Roblox Corporation

6
CASUAL AZUR GAMES Worms Zone .io - Hungry Snake 1

CASUAL AZUR GAMES

7
Marmalade Game Studio MONOPOLY - Classic Board Game 1

Marmalade Game Studio

8
Garena Free Fire - Booyah Day 1

Garena

9
Moonton Mobile Legends: Bang Bang 1

Moonton

10
The Pokémon Company Pokémon UNITE 1

The Pokémon Company

Nama produk

Stardew Valley

Minecraft

Sky: Children of the Light

Monster Hunter Stories

Roblox

Worms Zone .io - Hungry Snake

MONOPOLY - Classic Board Game

Free Fire - Booyah Day

Mobile Legends: Bang Bang

Pokémon UNITE

Keunggulan

Menawarkan kehidupan kedua untuk Anda

Tidak ada batasan dalam menguji kreativitas

Menenggelamkan Anda dalam visualnya yang memesona

Game Android rasa game konsol

Terdiri dari banyak game!

Game ringan yang diam-diam menantang

Main monopoli kapan saja dan di mana saja

Menguji kecepatan dan ketangkasan Anda

Banyak Hero dengan skill unik yang menarik dipelajari

Adu Pokémon Anda dengan milik trainer lainnya!

KategoriRole playing, simulation, farmingArcade, simulation, offlineRole playing, adventure, casualRole playing, single player, stylizedAdventure, simulationAction, survival, offlineBoard, casual, offlineAction, shooter, multiplayerAction, strategy, MOBA, multiplayerAction
Offline/onlineYa/tidakYa/yaYa/yaYa/TidakTidak/yaYa/yaYa/yaTidak/yaTidak/yaTidak/ya
Rating di Google Play4,7 dari 54,6 dari 54,54,54,4 dari 54,3 dari 54,3 dari 54,2 dari 54,1 dari 54,1 dari 5
Jumlah download di Google Play1 juta+10 juta+10 juta+100 ribu+100 juta+100 juta+1 juta+1 miliar+100 juta+10 juta+
Versi Android4.4 ke atas5.0 ke atas8.0 ke atas5.0 ke atas5.0 ke atas5,1 ke atas6.0 ke atas4.1 ke atas4.1 ke atas4.4 ke atas
Kategori usia12+7+7+7+7+3+3+12+7+7+
BerbayarYa (Rp70.000)Ya (Rp109.000)X (pembelian di dalam aplikasi)Ya (Rp279.000)X (pembelian di dalam aplikasi)X (pembelian di dalam aplikasi)Ya (Rp76.000)X (pembelian di dalam aplikasi)X (pembelian di dalam aplikasi)X (pembelian di dalam aplikasi)
Tautan produk
10

The Pokémon CompanyPokémon UNITE

KategoriAction
Offline/onlineTidak/ya
Rating di Google Play4,1 dari 5
Jumlah download di Google Play10 juta+
Versi Android4.4 ke atas
Kategori usia7+
BerbayarX (pembelian di dalam aplikasi)
9

MoontonMobile Legends: Bang Bang

KategoriAction, strategy, MOBA, multiplayer
Offline/onlineTidak/ya
Rating di Google Play4,1 dari 5
Jumlah download di Google Play100 juta+
Versi Android4.1 ke atas
Kategori usia7+
BerbayarX (pembelian di dalam aplikasi)
8

GarenaFree Fire - Booyah Day

KategoriAction, shooter, multiplayer
Offline/onlineTidak/ya
Rating di Google Play4,2 dari 5
Jumlah download di Google Play1 miliar+
Versi Android4.1 ke atas
Kategori usia12+
BerbayarX (pembelian di dalam aplikasi)
7

Marmalade Game StudioMONOPOLY - Classic Board Game

KategoriBoard, casual, offline
Offline/onlineYa/ya
Rating di Google Play4,3 dari 5
Jumlah download di Google Play1 juta+
Versi Android6.0 ke atas
Kategori usia3+
BerbayarYa (Rp76.000)
6

CASUAL AZUR GAMESWorms Zone .io - Hungry Snake

KategoriAction, survival, offline
Offline/onlineYa/ya
Rating di Google Play4,3 dari 5
Jumlah download di Google Play100 juta+
Versi Android5,1 ke atas
Kategori usia3+
BerbayarX (pembelian di dalam aplikasi)
5

Roblox CorporationRoblox

KategoriAdventure, simulation
Offline/onlineTidak/ya
Rating di Google Play4,4 dari 5
Jumlah download di Google Play100 juta+
Versi Android5.0 ke atas
Kategori usia7+
BerbayarX (pembelian di dalam aplikasi)
4

CAPCOM CO., LTD.Monster Hunter Stories

KategoriRole playing, single player, stylized
Offline/onlineYa/Tidak
Rating di Google Play4,5
Jumlah download di Google Play100 ribu+
Versi Android5.0 ke atas
Kategori usia7+
BerbayarYa (Rp279.000)
3

thatgamecompany incSky: Children of the Light

KategoriRole playing, adventure, casual
Offline/onlineYa/ya
Rating di Google Play4,5
Jumlah download di Google Play10 juta+
Versi Android8.0 ke atas
Kategori usia7+
BerbayarX (pembelian di dalam aplikasi)
2
KategoriArcade, simulation, offline
Offline/onlineYa/ya
Rating di Google Play4,6 dari 5
Jumlah download di Google Play10 juta+
Versi Android5.0 ke atas
Kategori usia7+
BerbayarYa (Rp109.000)
1

Chucklefish LimitedStardew Valley

KategoriRole playing, simulation, farming
Offline/onlineYa/tidak
Rating di Google Play4,7 dari 5
Jumlah download di Google Play1 juta+
Versi Android4.4 ke atas
Kategori usia12+
BerbayarYa (Rp70.000)

Baca juga rekomendasi mobile games lainnya di sini

Jika Anda menyukai kategori game tertentu, kami punya berbagai rekomendasinya untuk Anda. Ada game simulator, game RPG, dan masih banyak lagi. Silakan kunjungi tautan-tautan di bawah ini untuk membaca pembahasan selengkapnya. Jangan lewatkan juga ulasan dari kami, ya!

Kesimpulan

Sudah menemukan game Android yang ingin segera Anda mainkan? Dewasa ini banyak sekali online games. Bila Anda ingin memainkannya sendiri, pilihlah yang bisa dimainkan secara offline. Pastikan juga kategorinya sesuai selera agar Anda tidak lekas bosan.


Selain itu, jangan lupa untuk memeriksa kompatibilitasnya dengan perangkat yang Anda gunakan. Jika Anda mencari game untuk anak, sesuaikanlah dengan kategori usianya. Memainkan game Android terbaik memang seru, tetapi jangan sampai lupa waktu, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Membaca Berita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Membaca Berita (Terbaru Tahun 2022)
    Akses berita kini sangat mudah. Anda bisa memanfaatkan smartphone Anda untuk mendapatkan informasi tentang peristiwa yang sedang terjadi. Koran, program berita, bahkan saluran TV pun kini menyediakan portal berita online yang dapat diakses melalui aplikasi. Dengan menginstal aplikasi untuk membaca berita, Anda bisa update berita terkini langsung dalam genggaman Anda.Dari banyaknya aplikasi yang beredar, Anda mungkin bingung memilih aplikasi berita yang bagus. Kami akan menunjukkan cara memilih aplikasi terbaik untuk membaca berita. Aplikasi populer, seperti detikcom dan Kompas.com ada dalam rekomendasi kami. Pastikan Anda menyimak artikel ini sampai habis.
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Game iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Game iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Terkenal akan performa yang cepat, ada begitu banyak game yang bisa Anda nikmati dengan puas di iPhone. Beberapa game iPhone yang bagus dan menyenangkan untuk dimainkan, di antaranya Crossy Road Castle, Real Racing 3, dan lain-lain. Kira-kira, manakah game iPhone yang paling seru untuk Anda, ya?Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih game iPhone sekaligus merekomendasikan sepuluh game yang populer dan asyik dimainkan. Ada juga game yang bisa Anda mainkan tanpa akses internet dan support AirPlay. Dengan demikian, Anda dapat mencerminkannya dari iPhone ke smart TV atau Apple TV.
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Penerjemah Bahasa Arab Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Penerjemah Bahasa Arab Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sebagai salah satu bahasa dengan penutur terbanyak dan digunakan pada Al-Qur'an, bahasa Arab sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Namun, beberapa dari Anda mungkin kurang fasih berbahasa Arab atau bahkan tidak bisa sama sekali. Jika demikian, gunakanlah aplikasi penerjemah bahasa Arab yang bisa diunduh melalui smartphone.Aplikasi ini cukup beragam, misalnya penerjemah bahasa Arab ke Indonesia dan penerjemah dengan cara difoto. Guna memudahkan Anda, kami akan berbagi tips memilih aplikasi penerjemah bahasa Arab terbaik. Cek juga rekomendasi aplikasi penerjemah bahasa Arab yang bagus, seperti Dict Box, Reverso, dan iTranslate.
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Game Simulator Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Game Simulator Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Selain genre RPG, game simulator juga memiliki banyak penggemar. Ada berbagai game simulator bagus yang bisa Anda download untuk Android ataupun iOS. Bus Simulator Indonesia, Truck Simulator : Ultimate, Simcity BuildIt, The Sims FreePlay, dan Disney Magic Kingdom adalah sederet game simulator yang seru untuk dimainkan.Game simulator bus dan truck serta simulator kehidupan memang banyak dimainkan. Pada artikel kali ini kami merekomendasikan berbagai permainan simulasi terbaik lainnya. Anda bisa memainkannya secara offline ataupun online. Kenali keunikan tiap-tiap game simulator dan pastikan smartphone Anda mendukung, ya. Selamat membaca!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Pemutar Musik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Pemutar Musik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Musik sejatinya tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Saat mengalami momen sedih atau bahagia, alunan musik selalu menemani. Dengan hadirnya aplikasi pemutar musik, Anda dapat mendengarkan musik kapan saja dan di mana saja. Saat ini aplikasi pemutar musik, seperti Spotify dan JOOX, bisa didapatkan di platform penyedia aplikasi.Setiap aplikasi pemutar musik memiliki keunggulan masing-masing. Nah, kali ini kami akan memberikan rekomendasi beberapa aplikasi pemutar musik terbaik. Sebelumnya, kami akan memberikan tips memilih aplikasi pemutar musik yang bagus terlebih dahulu. Pastikan Anda membacanya sampai akhir, ya!
    Aplikasi
  • 10 Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Terbaik - Ditinjau oleh Dosen Bahasa Jepang (Terbaru Tahun 2022)
    10 Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Terbaik - Ditinjau oleh Dosen Bahasa Jepang (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu cara menambah skill adalah dengan menguasai bahasa asing, termasuk bahasa Jepang atau nihongo. Anda bisa belajar bahasa Jepang secara gratis, baik online atau offline menggunakan aplikasi. Menariknya, telah banyak aplikasi belajar bahasa Jepang terbaik yang bisa Anda unduh di ponsel Android maupun iOS.Pilihan levelnya tersedia untuk pemula dan lanjutan. Berbagai aplikasi belajar bahasa Jepang yang populer seperti Lingo Deer, JA Sensei, dan Busuu cukup menarik untuk dicoba. Artikel ini sudah ditinjau oleh dosen program studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang kami, Astera Khirana. Selamat membaca!
    Aplikasi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori