1. TOP
  2. >
  3. DIY & tools
  4. >
  5. Power tools
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Baterai AA Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Baterai AA Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Baterai AA Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Baterai AA Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Baterai AA Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Baterai AA Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Baterai AA Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Baterai adalah pengisi daya yang penting untuk berbagai perangkat elektronik, mulai jam dinding, remote, sampai mainan. Baterai AA umumnya memiliki besar tegangan 1,5 volt. ABC Alkaline, Energizer, dan Eveready adalah beberapa merek baterai AA yang mudah Anda temui di pasaran.


Selain baterai AA sekali pakai, ada juga baterai AA rechargeable. Smartoools adalah salah satu merek baterai AA rechargeable. Namun, simak dahulu tips kami dalam memilih baterai AA yang bagus untuk berbagai alat elektronik. Di samping segi harga, masih ada hal-hal lainnya yang bisa Anda pertimbangkan. Selamat membaca!

Diperbaharui 01-09-2023
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Sekilas tentang baterai AA

Sekilas tentang baterai AA

Tiap-tiap alat elektronik membutuhkan baterai yang sesuai. Ada dua jenis baterai yang sering dipilih untuk perangkat elektronik sehari-hari, yaitu baterai AA dan baterai AAA. Mungkin Anda sering kali kebingungan membedakan keduanya. Jadi, apa perbedaan baterai AA dan AAA?


Perbedaan yang paling mencolok adalah soal ukuran. Baterai AAA memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan baterai AA. Baterai AA memiliki dimensi 14,5 mm × 50,5 mm, sedangkan baterai AAA berukuran 10,5 mm × 44,5 mm. Jangan sampai salah memilih baterai jika dilihat dari ukurannya, ya.


Perbedaan berikutnya adalah tentang kapasitas daya. Baterai AA memiliki kapasitas daya yang lebih besar dibandingkan baterai AAA. Baterai AAA sering digunakan untuk perangkat elektronik yang berdaya rendah, misalnya remote. Sementara itu, baterai AA lebih banyak dipakai untuk perangkat elektronik berdaya lebih besar. Contohnya adalah mouse, mainan, kamera digital, ataupun lampu flash.

Cara memilih baterai AA

Selanjutnya, kami akan berbagi tips memilih baterai AA yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut ini adalah beberapa poin yang bisa Anda pertimbangkan saat memilih baterai AA.

① Tentukan menurut jenis baterainya

Ada dua jenis baterai yang umum Anda temui, yaitu baterai sekali pakai dan rechargeable battery. Kami akan memaparkan kelebihan dan kekurangan kedua jenis baterai tersebut.

Baterai AA sekali pakai, mudah ditemui dan praktis dipakai di mana saja

Baterai AA sekali pakai, mudah ditemui dan praktis dipakai di mana saja

Baterai AA sekali pakai adalah jenis baterai yang paling umum Anda temui, bahkan Anda bisa menemukannya di warung. Harga baterai AA sekali pakai cukup beragam, mulai dari seribu rupiah saja. Baterai ini sangat praktis karena Anda tidak perlu menunggu pengisian daya setelah baterainya habis. Jenis baterai ini lebih pas Anda bawa saat beraktivitas outdoor


Namun, baterai sekali pakai sering menjadi masalah pencemaran lingkungan karena sampah baterai termasuk limbah beracun. Belum ada peraturan khusus tentang pembuangan sampah baterai di Indonesia. Kami sarankan agar Anda memisahkan sampah baterai dengan sampah lainnya, ya.

Baterai AA rechargeable, bisa diisi ulang dan lebih ramah lingkungan

Baterai AA rechargeable, bisa diisi ulang dan lebih ramah lingkungan

Batu baterai rechargeable adalah baterai yang bisa diisi ulang. Untuk itu, Anda harus memiliki tempat pengisian daya baterai. Periksalah apakah produk baterai rechargeable yang Anda incar dilengkapi dengan tempat pengisian daya atau tidak


Berikut ini adalah karakteristik baterai AA rechargeable:

  • Baterai isi ulang biasanya memiliki daya yang lebih besar dibandingkan baterai sekali pakai. Anda bisa memilih baterai rechargeable untuk flash kamera ataupun alat elektronik yang membutuhkan daya lebih besar.
  • Meski harganya lebih mahal daripada baterai sekali pakai, Anda bisa menggunakan baterai yang sama berulang-ulang. 
  • Baterai rechargeable bisa dibilang lebih ramah lingkungan karena dapat mengurangi limbah beracun. Usahakan Anda mengisi dayanya secara tepat agar kualitas baterai tetap terjaga.

② Ketahui ragam baterai AA berdasarkan materialnya

Selain jenis baterai, Anda juga harus memperhatikan zat kimia yang digunakan. Kami akan menjelaskan beberapa ragam baterai AA berdasarkan bahan kimia di dalamnya.

Baterai alkaline, bersifat basa dan tinggi kepadatan energinya

Baterai alkaline, bersifat basa dan tinggi kepadatan energinya

Anda pasti sering melihat baterai alkaline atau LR6. Alkaline yang dimaksud bukanlah merek baterai, melainkan elektrolit di dalam baterai. Alkaline berasal dari kata alkali atau zat yang bersifat basa. Zat yang digunakan di dalam baterai ini adalah potassium hydroxide. Selain itu, di dalamnya terdapat juga bahan kimia zinc dan manganese dioxide (MnO2).


Kelebihan baterai alkaline adalah memiliki densitas atau kepadatan energi yang tinggi, dua kali lipat dari baterai zinc-carbon. Jadi, baterai alkaline mampu menghasilkan jumlah energi yang sama dengan baterai zinc-carbon dalam waktu dua kali lebih lama.


Karena lebih tahan lama, baterai jenis ini memiliki harga yang lebih tinggi. Selain baterai sekali pakai, ada juga baterai rechargeable yang menggunakan alkaline.

Baterai zinc-carbon, harganya lebih ekonomis

Baterai zinc-carbon, harganya lebih ekonomis

Baterai zinc carbon biasanya dikenal dengan kode R6. Baterai ini menggunakan bahan zinc sebagai kutub negatif (anion) dan karbon sebagai kutub positif (kation). Bahan ini digunakan untuk baterai sekali pakai saja.


Baterai zinc carbon juga sering kali dilabeli sebagai baterai heavy duty. Harganya pun lebih murah dibandingkan baterai alkaline.

Baterai lithium, umur simpan lebih lama dan tahan kondisi ekstrem

Baterai lithium, umur simpan lebih lama dan tahan kondisi ekstrem

Cukup jarang baterai AA yang menggunakan lithium. Bahan lithium memang biasanya digunakan untuk baterai koin. Baterai dengan lithium memiliki shelf life yang lebih lama. Selain itu, baterai ini lebih tahan dalam kondisi suhu ekstrem.

Baterai Ni-MH, bahan baterai rechargeable yang lebih aman

Baterai Ni-MH, bahan baterai rechargeable yang lebih aman

Baterai Ni-MH terbuat dari nickel dan metal hydride. Baterai ini merupakan baterai rechargeable. Baterai Ni-MH banyak dipilih karena bahannya lebih aman dibandingkan baterai Ni-Cd (nickel–cadmium).


Di samping itu, baterai Ni-MH memiliki cycle life yang lebih tinggi. Jadi, Anda tak perlu sering-sering mengisi dayanya. Arus yang berkurang selama penyimpanan atau self discharge pun lebih rendah dibandingkan Ni-Cd.

③ Pilih kapasitas baterai AA yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Pilih kapasitas baterai AA yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Kapasitas baterai adalah energi yang tersimpan di dalam baterai. Makin tinggi kapasitasnya, makin tahan lama pula baterai tersebut untuk digunakan. Kapasitas baterai diukur dengan satuan mAh


Sebuah baterai AA dengan kapasitas 2.000 mAh berarti dapat memberikan daya sebesar 20 miliampere atau 2 ampere per jamnya. Jadi, baterai tersebut dapat bertahan selama kurang lebih seratus jam untuk perangkat yang membutuhkan daya sebesar 2 ampere.


Memang kebanyakan baterai, terutama baterai sekali pakai, tidak menuliskan kapasitasnya. Kebanyakan baterai AA hanya menuliskan voltasenya saja, yaitu sekitar 1,2–2 volt. Berikut ini adalah kapasitas umum baterai berdasarkan bahan kimia di dalamnya:

  • Alkaline: 2.700 mAh
  • Carbon-zinc: 1.100 mAh
  • Lithium: 3.000 mAh
  • Ni-MH: 1.700–2.900 mAh

④ Perhatikan pula shelf life baterai

Perhatikan pula shelf life baterai

Setiap baterai memiliki usia penyimpanan atau shelf life. Arti shelf life di sini adalah lama waktu penyimpanan baterai yang masih dalam kemasan sebelum digunakan. Baterai yang sudah melewati masa shelf life, terutama baterai sekali pakai, akan kehilangan dayanya.


Jika Anda membeli baterai dalam jumlah banyak, penting untuk memperhatikan shelf life produknya. Jadi, baterai tetap memiliki daya optimal saat Anda gunakan.

10 Rekomendasi baterai AA terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk baterai AA terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

International Chemical Industry

ABC Alkaline LR6/AA

International Chemical Industry ABC Alkaline LR6/AA 1枚目

Formula barunya berikan daya 10% lebih besar

2

Energizer

Eveready Super Heavy Duty​ AA

Energizer Eveready Super Heavy Duty​ AA 1枚目

Super heavy duty, mumpuni untuk perangkat ringan yang sering Anda gunakan

3

Smartoools

MicroBatt Size AA Batteries

Smartoools MicroBatt Size AA Batteries 1枚目

Desain unik dengan kesan modern yang lebih chic

4

Dynamax

Heavy Duty Battery AA

Dynamax Heavy Duty Battery AA 1枚目

Produk heavy duty yang harganya sangat ekonomis

5

Anker

Alkaline AA Batteries

Anker Alkaline AA Batteries 1枚目

Kapasitas 3.200 mAH, daya baterai lebih aman berkat PowerLock Technology

6

Panasonic

Eneloop Pro

Panasonic Eneloop Pro 1枚目

Spesial untuk alat-alat yang butuh daya baterai besar

7

Fujitsu

Rechargeable Battery (Pink)

Fujitsu Rechargeable Battery (Pink) 1枚目

Andalan untuk bikin tamiya berlari kencang

8

Xiaomi

ZMI ZI5 Alkaline Batteries AA

Xiaomi ZMI ZI5 Alkaline Batteries AA  1枚目

Batu baterai AA warna-warni penuh estetika guna ceriakan mood Anda

9

Energizer

Ultimate Lithium AA Batteries

Energizer Ultimate Lithium AA Batteries 1枚目

Sangat awet dengan masa simpan hingga 20 tahun!

10

My Boring Company

My Boring Micro USB Rechargeable

My Boring Company My Boring Micro USB Rechargeable 1枚目

Dengan sistem perlindungan komplet, bebas overcharging dan korsleting

Perincian produk
Close
No.1

International Chemical IndustryABC Alkaline LR6/AA

Mulai dari Rp13.500,00

Formula barunya berikan daya 10% lebih besar

Kelebihan:

  • Hadir dengan formula baru, berikan daya 10% lebih besar
  • Lebih awet daripada baterai zinc-carbon
  • Harga ramah di kantong


Kekurangan:

  • Kapasitas daya baterai tidak diperinci

Baterai ABC adalah salah satu pelopor baterai sekali pakai. Bahkan, salah satu produknya, ABC Alkaline, memiliki angka penjualan tertinggi untuk tipe baterai alkaline. Popularitasnya tersebut tak lepas dari kualitasnya yang memang bisa dipercaya dan harganya yang bersahabat.  


Terlebih, baterai AA ABC Alkaline kini makin memanjakan konsumen dengan formula baru yang memberikan 10% daya lebih besar. Produk ini cocok untuk perangkat elektronik ringan, seperti kalkulator, remote control, mouse, dan lampu portabel. Berkat daya yang lebih besar, Anda akan lebih hemat.

No.2

EnergizerEveready Super Heavy Duty​ AA

Mulai dari Rp17.900,00

Super heavy duty, mumpuni untuk perangkat ringan yang sering Anda gunakan

Kelebihan:

  • Bagus untuk menenagai jam dinding, senter, radio mini, dan perangkat lain dengan konsumsi daya rendah
  • Harga ekonomis

Kekurangan:

  • Keawetan dayanya lebih rendah dibandingkan tipe baterai AA lainnya

Di antara produk-produk keluaran Energizer, baterai AA zinc-carbon ini merupakan pilihan paling ekonomis. Produk ini pas untuk Anda yang mencari baterai hemat bujet dari brand ternama. Anda bisa menggunakan baterai ini untuk menenagai jam dinding, beker, radio mini, atau perangkat elektronik ringan lainnya. 


Meskipun harganya ekonomis, Eveready tetap memiliki kualitas yang tidak sembarangan. Bahkan, dayanya bisa bertahan hingga lebih dari satu tahun saat Anda pakai untuk menggerakkan jam dinding.

No.3

SmartooolsMicroBatt Size AA Batteries

Mulai dari Rp69.000,00

Desain unik dengan kesan modern yang lebih chic

Kelebihan:

  • Desainnya lebih modern dan inovatif, tidak kelihatan monoton
  • Daya dapat diisi ulang hingga 500 kali

Kekurangan:

  • Pengecasan dari kondisi baterai nol hingga penuh membutuhkan waktu 8,5 jam

Desain baterai AA rechargeable ini unik dibandingkan produk kebanyakan di pasaran. Produk ini mengusung desain yang lebih modern, lucu, dan tidak kaku dengan polesan warna hijau yang fresh.


Bila Anda ingin memiliki baterai dengan tampilan yang aktraktif dan tidak monoton, produk ini layak dipilih. Untuk mengecasnya, Anda tinggal menggunakan kabel micro-USB yang sudah disertakan dalam paket produk. 

No.4

DynamaxHeavy Duty Battery AA

Mulai dari Rp700,00

Produk heavy duty yang harganya sangat ekonomis

Kelebihan:

  • Harga lebih murah dibandingkan baterai zinc-carbon lainnya
  • Cocok digunakan untuk jam dinding, mainan anak, dan perangkat berarus daya rendah lainnya

Kekurangan:

  • Dayanya agak lemah menurut sejumlah review


Apabila Anda mencari baterai AA yang harganya sangat ramah di kantong, pertimbangkan baterai Dynamax ini. Produk ini sangat ekonomis dan cocok untuk low power device, seperti jam dinding, remote TV, dan mainan anak. Asalkan tidak Anda gunakan di perangkat seperti senter superterang, kamera, dan tamiya, produk ini bisa berfungsi optimal.

No.5

AnkerAlkaline AA Batteries

Mulai dari Rp25.000,00

Kapasitas 3.200 mAH, daya baterai lebih aman berkat PowerLock Technology

Kelebihan:

  • Memiliki kapasitas 3.200 mAh
  • Dilengkapi segel kedap udara dan cairan untuk menjaga daya baterai tidak berkurang saat belum digunakan
  • Daya baterai bisa bertahan hingga sepuluh tahun masa simpan

Kekurangan:

  • Beberapa review menyebutkan daya cepat habis

Pengaplikasian teknologi PowerLock merupakan salah satu keunggulan batu baterai AA Anker. PowerLock adalah segel yang mencegah agar tidak ada udara yang mengenai kutub baterai. Segel ini pun sekaligus berguna untuk mencegah kebocoran cairan. 


Jadi, daya baterai akan tetap terjaga sebelum Anda menggunakannya. Untuk power small device, seperti remote, daya baterai ini diklaim bisa bertahan sampai setahun. Jika Anda ingin baterai yang dayanya cukup awet, silakan mempertimbangkan produk ini.

No.6

PanasonicEneloop ProBK-3HCCE

Mulai dari Rp452.900,00

Spesial untuk alat-alat yang butuh daya baterai besar

Kelebihan:

  • Lebih ramah lingkungan karena bisa dicas
  • Dapat berfungsi baik di lingkungan dengan suhu -20 ℃ sampai 50 ℃
  • Dirancang untuk alat-alat dengan konsumsi daya baterai yang tinggi

Kekurangan:

  • Sejumlah ulasan menyebutkan daya baterai sudah menyusut setelah beberapa bulan penggunaan

Untuk perangkat yang membutuhkan konsumsi daya tinggi, Anda bisa mengandalkan baterai Eneloop Pro dari Panasonic ini. Anda dapat menggunakannya untuk senter LED, lampu flash, kamera digital, mouse, hingga pencukur elektrik. 


Dayanya pun bisa diisi ulang sampai 500 kali. Untuk urusan performa, baterai ini bisa bertahan dan masih berfungsi optimal di lingkungan dengan suhu -20 ℃.

No.7

FujitsuRechargeable Battery (Pink)

Mulai dari Rp115.000,00

Andalan untuk bikin tamiya berlari kencang

Kelebihan:

  • Daya dapat diisi ulang hingga 5.000 kali
  • Low self-discharge atau penyusutan daya baterainya rendah
  • Bisa diandalkan untuk menenagai tamiya menurut sejumlah ulasan

Kekurangan:

  • Tidak disertai dengan wadah penyimpanan baterai

Apakah Anda penggemar tamiya atau mini 4WD? Jika ya, baterai AA Fujitsu rechargeable warna pink ini adalah pilihan ciamik untuk Anda. Tamiya Anda dijamin bisa melaju kencang karena bobot baterai ini cukup ringan.


Istimewanya lagi, Anda bisa mengisi ulang daya baterai produksi Jepang ini hingga 5.000 kali. Selain itu, penyusutan daya baterainya juga rendah. Tak heran jika baterai AA ini populer di kalangan anak-anak racer!

No.8

XiaomiZMI ZI5 Alkaline Batteries AA

Mulai dari Rp40.000,00

Batu baterai AA warna-warni penuh estetika guna ceriakan mood Anda

Kelebihan:

  • Tiap set terdiri dari 10 batu baterai dengan warna manis yang berbeda
  • Sudah dilengkapi wadah penyimpanan baterai
  • Memiliki umur simpan antikebocoran sampai 7 tahun

Kekurangan:

  • Dayanya cepat habis menurut beberapa pengguna

Bagi Anda pencinta desain-desain cantik dan colorful, baterai keluaran Xiaomi ini tentu sayang Anda lewatkan. Dengan 10 warna yang berbeda, Anda akan lebih terbantu untuk mengingat baterai yang sudah dipakai ataupun belum.


Tak hanya desainnya yang eye-catching, kapasitas baterai AA alkaline ini pun cukup besar, sekitar 2.600 mAh. Anda bisa memanfaatkan baterai ini untuk menenagai senter, kipas portabel, mikrofon, dan perangkat audio yang Anda miliki.

No.9

EnergizerUltimate Lithium AA Batteries

Mulai dari Rp68.500,00

Sangat awet dengan masa simpan hingga 20 tahun!

Kelebihan:

  • Diklaim sebagai baterai AA paling tahan lama dengan umur simpan hingga 20 tahun
  • Bisa digunakan di suhu udara ekstrem, dari -40 ℃ sampai 60 ℃
  • Awet untuk digunakan di kamera menurut sejumlah ulasan

Kekurangan:

  • Rata-rata bisa digunakan lebih dari setahun, tetapi beberapa pengulas mengeluhkan daya sudah habis setelah dua hingga tiga bulan penggunaan 

Produk Energizer ini memiliki umur simpan hingga 20 tahun. Baterai AA lithium sekali pakai ini sesuai untuk Anda yang sering menyimpan stok baterai. Banyak, lho, yang sudah membuktikan kalau produk ini tergolong baterai AA paling awet untuk kamera. Anda tak perlu sering mengganti baterai saat sibuk dengan jadwal fotografi di sana-sini.

No.10

My Boring CompanyMy Boring Micro USB Rechargeable

Mulai dari Rp345.000,00

Dengan sistem perlindungan komplet, bebas overcharging dan korsleting

Kelebihan:

  • Bisa dicas hingga 1.200 kali
  • Hanya membutuhkan waktu dua jam untuk pengisian ulang hingga penuh
  • Lebih aman karena memiliki sistem perlindungan dari over-chargedover-discharged, over-voltage, over-current, dan short circuit


Kekurangan:

  • Harga tergolong mahal

Baterai AA lithium-rechargeable ini merupakan pilihan bagus bila Anda mencari produk yang aman dan cepat penuh saat dicas. Selain bebas overcharging dan hubungan arus pendek, produk ini sudah dibekali teknologi pengisian iQuick yang canggih. 


Anda hanya butuh waktu dua jam untuk mengisi daya baterai hingga penuh. Baterai pun sudah dilengkapi wadah penyimpanan. Jadi, Anda tak perlu ribet membeli battery storage case lagi. Produk ini ideal untuk Anda pasang di kamera digital, remote control, dan mainan.

Pertanyaan umum seputar baterai AA

Pertanyaan umum seputar baterai AA

Selanjutnya, kami akan menjawab dua pertanyaan populer terkait dengan pengisian daya baterai AA. Yuk, simak satu per satu jawabannya!

Berapa lama charge baterai AA?

Lamanya waktu charging baterai AA dapat bervariasi, tergantung pada kapasitas baterainya. Baterai AA rechargeable umumnya membutuhkan waktu isi ulang sekitar 2–3 jam. Anda bisa memantau lampu indikator pengisian daya untuk mengetahui daya baterai sudah terisi penuh atau belum. 

Apakah baterai dijemur bisa terisi lagi?

Tidak. Suhu baterai yang dijemur hanya akan sedikit meningkat sehingga seolah-olah baterai terisi ulang dan dapat difungsikan kembali. Panas matahari hanya membuat bahan kimia yang tersisa dalam baterai bereaksi kembali untuk menghasilkan listrik. Hal itu bakal bertahan beberapa menit saja sebelum daya baterai benar-benar habis.

Baca juga rekomendasi charger di sini

Selain baterai, Anda juga tentu membutuhkan charger untuk mengisi daya perangkat elektronik. Kenali berbagai model charger yang cocok dengan perangkat Anda. Klik tautan di bawah ini untuk memilih charger yang sesuai untuk Anda gunakan.

Kesimpulan

Memilih baterai AA mungkin tampak mudah. Anda bisa memilih baterai mana saja yang Anda temukan. Meski begitu, ada baiknya Anda juga mempertimbangkan spesifikasinya, seperti jenis, bahan kimia, dan kapasitas baterai. Dengan demikian, baterai bisa berfungsi maksimal untuk perangkat elektronik Anda.

Sekian dahulu pembahasan kami tentang batu baterai AA. Semoga Anda terbantu dengan ulasan yang kami berikan, ya. Selamat memilih dan berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer