• 10 Rekomendasi Podcast Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Podcast Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Podcast Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Podcast Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Podcast Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Podcast Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Dahulu, orang-orang lebih suka mendengarkan siaran radio untuk menemani macet di jalan. Sekarang, trennya bergeser sedikit ke podcast. Salah satu keunikan podcast adalah siapa saja bisa menjadi penyiar atau podcaster, mulai dari orang biasa hingga profesional. Imbasnya, konten podcast jadi sangat bervariasi, misalnya seputar obrolan ringan, cinta, kesehatan mental, bisnis, hingga kisah horor.


Kali ini, kami akan memberikan tips memilih podcast Indonesia dengan konten yang bagus. Kami juga akan memilihkan sepuluh rekomendasi podcast Indonesia terbaik, seperti Makna Talks, Rapot, atau Podkesmas. Sedang mencari podcast untuk didengarkan di Spotify? Simak artikelnya!

  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Apa yang dimaksud dengan podcast?

Apa yang dimaksud dengan podcast?

Istilah podcast muncul pertama kali tahun 2004 yang terdiri dari pod (playable on demand) dan broadcast. Istilah tersebut dikenalkan oleh jurnalis The Guardian bernama Ben Hammersley. Podcast adalah rekaman suara yang bisa diakses masyarakat luas melalui aplikasi di internet, misalnya Spotify atau Anchor. Jika siaran radio harus Anda dengarkan lewat frekuensi tertentu, podcast hanya membutuhkan kuota internet.


Saat mendengarkan radio, Anda akan mengikuti obrolan, playlist musik, dan informasi dari penyiarnya. Sementara itu, Anda bisa memilih sendiri jenis konten yang ingin Anda dengarkan di podcast. Skema podcacst-nya pun beragam, ada yang berupa wawancara narasumber, solo-host, atau multi-host. Anda bisa mendengarkan podcast kapan pun, baik sebelum tidur, saat istirahat siang, ataupun saat terjebak macet di jalan.

Cara memilih podcast Indonesia

Agar lebih mengenal tentang podcast Indonesia, sebaiknya cari tahu dahulu tentang jenis kontennya, durasinya, hingga podcaster-nya. Ulasan dari pengguna lain atau rating dari aplikasi juga akan sangat membantu. Berikut ini beberapa tips memilih podcast Indonesia untuk Anda.

Pilih tema konten yang dibawakan

Podcast menyediakan beragam konten yang bisa menambah wawasan Anda atau sekadar menghibur Anda. Mulai dari konten psikologi, pengembangan diri, olahraga, hingga komedi, semua ada di podcast. Pilihlah konten yang paling ingin Anda dengarkan saat ini.

Komedi dan obrolan ringan: Obrolan ringan yang membuat Anda kangen teman-teman

Komedi dan obrolan ringan: Obrolan ringan yang membuat Anda kangen teman-teman

Kesibukan sering kali membuat frekuensi pertemuan Anda dengan teman baik menjadi berkurang. Adanya podcast yang mengusung tema obrolan ringan mengobati sedikit rasa kangen tersebut. Isi kontennya cenderung ringan, mudah dicerna, serta relate dengan kondisi pertemanan anak muda. Anda bisa menambah wawasan tentang hal-hal yang tidak ada di buku pelajaran atau tabu dibicarakan di televisi nasional


Sering kali, kontennya dibalut dengan komedi sehingga meningkatkan mood Anda saat beraktivitas. Salah satu podcast yang wajib Anda ikuti adalah BKR Brothers yang diusung oleh trio Ryo Wicaksono, Bobby Mandela, dan Molen Kasetra. Ada juga podcast Kejar Paket Pintar yang dipandu duo Dara Hanafi dan Laila. 

Asmara: Berisi mulai dari kata-kata pelipur lara hingga tips menjalani hubungan

Asmara: Berisi mulai dari kata-kata pelipur lara hingga tips menjalani hubungan

Topik percintaan tak pernah usang dibahas lewat media mana pun, termasuk podcast. Untuk Anda yang sedang galau dan butuh kata-kata afirmasi, cobalah dengar podcast Rintik Sedu. Bahkan, podcast Rintik Sedu sering menjadi langganan Top 3 Podcast Indonesia. Kata-kata menusuk jiwa membuat momen galau Anda makin ngena atau justru membantu Anda move on.


Untuk Anda yang sudah menikah atau yang baru mau melangkah ke jenjang pernikahan, cobalah sesekali mendengarkan podcast KinosGina. Podcast yang diusung penyiar kondang Nycta Gina dan suaminya, Rizky Kinos. Podcast-nya berisi tentang keseharian dalam berumah tangga dan tips mengatasi masalah yang terjadi. 

Horor: Pencinta cerita seram real story wajib merapat

Horor: Pencinta cerita seram real story wajib merapat

Percaya atau tidak perihal hantu, pasti Anda pernah mengalami hal di luar nalar setidaknya sekali seumur hidup. Mungkin saat itu kondisi Anda sedang tidak fokus, takut, atau terlalu lelah. Podcast horor sering kali mengusung cerita-cerita berdasarkan kisah nyata yang dialami narasumbernya


Untuk Anda yang suka tantangan dengan mendengar atau menonton cerita seram, podcast seperti ini cocok untuk Anda. Ada beberapa podcast yang wajib Anda ikuti, misalnya Do You See What I See?, Jurnalrisa, dan Podcast Malam Kliwon.

Bisnis dan pengembangan diri: Menambah wawasan Anda

Bisnis dan pengembangan diri: Menambah wawasan Anda

Untuk Anda yang sedang merintis karier atau bisnis, makin banyak ilmu akan makin membantu Anda. Karena membaca buku rasanya sulit bagi sebagian orang, podcast bisa menjadi solusi. Ada podcast yang menceritakan ringkasan buku bisnis dan pengembangan diri, misalnya Si Kutu Buku. 


Ada juga wawancara podcaster dengan narasumber yang sukses di bidangnya. Dengan begitu, Anda bisa mengambil atau meneladani kisah suksesnya. Beberapa contohnya adalah Makna Talks, Endgame, atau Thirty Days of Lunch. 

Olahraga: Tetap ikuti kabar terbaru dari klub favorit Anda

Olahraga: Tetap ikuti kabar terbaru dari klub favorit Anda

Dahulu, Anda hanya bisa mengikuti kabar terbaru klub kesayangan lewat koran atau televisi. Kini, Anda bisa menemukan podcast yang membahas topik olahraga. Anda jadi bisa mendapat kabar terbaru, isu-isu terbaru, hingga ulasan pertandingan yang sudah lewat. Salah satu podcast yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Box2Box Football Podcast.

Kesehatan: Mencakup kesehatan mental dan tips hidup sehat

Kesehatan: Mencakup kesehatan mental dan tips hidup sehat

Topik kesehatan cenderung jarang dibahas dalam keluarga karena pengetahuan yang terbatas. Terlebih lagi jika tidak ada anggota keluarga yang berprofesi sebagai dokter atau psikolog. Padahal, kedua topik ini sangat penting untuk dimengerti dalam menjalankan hidup


Beberapa podcast mengusung tema psikologi dengan apik sehingga Anda bisa belajar memahami diri sendiri dan orang lain. Contohnya adalah Satu Persen Podcast atau Bincang-Bincang Psikologi. Ada juga podcast yang akan menambah wawasan Anda tentang dunia medis dan gaya hidup sehat, yakni Healthy Hacks ID.

Pertimbangkan durasi setiap episode-nya

Pertimbangkan durasi setiap episode-nya

Podcaster biasanya mengunggah konten dengan rata-rata durasi yang mirip. Hal ini disesuaikan dengan tujuan konten dan pasar pendengarnya. Konten berdurasi panjang sering kali berisi konten edukasi atau pengembangan diri. Pendengar akan mendapatkan banyak wawasan baru dari podcast ini. Contohnya wawancara Pak Gita Wirjawan di podcast Endgame yang biasanya lebih dari 1 jam, bahkan terkadang 2 jam. 


Sementara itu, podcast Podkesmas setiap kontennya berkisar antara 20 menit hingga 30 menit. Obrolan kocak para podcaster-nya mampu membuat hari Anda lebih baik meskipun hanya 30 menitan per episodenya. Ada juga podcast horor Do You See What I See? yang kontennya cenderung singkat. Dalam durasi kurang dari 10 menit, Anda akan disajikan cerita horor yang intens dan menegangkan. 


Pertimbangkan waktu yang Anda miliki untuk mendengarkan podcast. Jika Anda punya waktu kosong 30 menitan selama berangkat ke kantor, dengarkanlah konten berdurasi pendek hingga medium. Anda bisa mendengarkan konten yang berdurasi panjang saat senggang, saat dalam perjalanan, atau pada akhir pekan.

Pilih berdasarkan peringkat dan ulasannya

Pilih berdasarkan peringkat dan ulasannya

Setiap harinya, Spotify memperbarui peringkat podcast berdasarkan popularitasnya. Biasanya, podcast yang rutin mengunggah kontennya lama kelamaan akan naik posisinya. Terlebih jika jumlah pendengar setianya makin banyak. Anda bisa melihatnya pada kolom Top Podcasts saat masuk ke aplikasi Spotify. 


Jika Top Podcasts dilihat secara keseluruhan, ada juga kolom Top Episode yang memperlihatkan performa dari satu konten saja. Kolom Top Episode memungkinkan Anda menemukan podcast-podcast baru yang fresh dan kontennya menarik. Peringkatnya juga diperbarui setiap hari. Selain melihat dari Top Podcasts dan Top Episode, Anda bisa membaca ulasan podcast dari blog atau media sosial.

10 Rekomendasi podcast Indonesia terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh podcast Indonesia terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pengguna. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di Spotify.

10
PenyiarDara Hanafi & Laila
TopikHukum, HAM, media sosial
Durasi25 menit–2 jam
9
PenyiarGita Wirjawan
TopikPengembangan karier dan bisnis
Durasi1 jam–2 jam
8
PenyiarPangeran Siahaan, Justin Lhaksana, Tio Prasetyo, dan Kang Jalu
TopikOlahraga (sepak bola)
Durasi10 menit–1 jam
7
PenyiarReza Chandika, Ankatama, Radhini Aprilya, Natasha Abigail
TopikObrolan ringan
Durasi5 menit–1 jam
6
PenyiarIyas Lawrence
TopikGaya hidup, pengembangan diri
Durasi10 menit–1 jam
5
PenyiarRaditya Dika
TopikLifestyle, keuangan, konten kreatif, komedi, keluarga
Durasi10 menit–30 menit
4
PenyiarMentor Satu Persen
TopikKesehatan mental
Durasi25 menit–1 jam
3
PenyiarRizky Ardi Nugroho (Mizter Popo)
TopikHoror
Durasi7 menit–25 menit
2
PenyiarImam Darto, Ananda Omesh, Angga "Nggok", Surya Insomnia
TopikKomedi dan obrolan ringan
Durasi15 menit–25 menit
1
PenyiarNadhifa Allya Tsana
TopikAsmara
Durasi< 20 menit

Tabel perbandingan podcast Indonesia terbaik

Gambar produk
1
Rintik Sedu 1

2
Podkesmas 1

3
Do You See What I See? 1

4
Satu Persen Podcast 1

5
Podcast Raditya Dika (PORD) 1

6
Makna Talks 1

7
Rapot 1

8
Box2Box Football Podcast 1

9
Endgame With Gita Wirjawan 1

10
Kejar Paket Pintar 1

Nama produk

Rintik Sedu

Podkesmas

Do You See What I See?

Satu Persen Podcast

Podcast Raditya Dika (PORD)

Makna Talks

Rapot

Box2Box Football Podcast

Endgame With Gita Wirjawan

Kejar Paket Pintar

Keunggulan

Lewati suka duka hubungan percintaan Anda bersama Rintik Sedu

Obrolan ngalor-ngidul empat pria berbeda karakter!

Kisah horor yang siap membuat Anda merinding

Mengenal diri lebih baik adalah solusi untuk mental yang lebih baik

Berisi tips-tips berkualitas dari Raditya Dika

Selalu dapat ilmu baru dari narasumber yang hadir

Ngobrolin apa saja bersama penyiar-penyiar kece

Berita ter-update sepak bola dikemas dengan menarik

Santapan berbobot yang disajikan oleh Pak Gita Wirjawan

Menjadi pintar bersama Dara dan Laila

PenyiarNadhifa Allya TsanaImam Darto, Ananda Omesh, Angga "Nggok", Surya InsomniaRizky Ardi Nugroho (Mizter Popo)Mentor Satu PersenRaditya DikaIyas LawrenceReza Chandika, Ankatama, Radhini Aprilya, Natasha AbigailPangeran Siahaan, Justin Lhaksana, Tio Prasetyo, dan Kang JaluGita WirjawanDara Hanafi & Laila
TopikAsmaraKomedi dan obrolan ringanHororKesehatan mentalLifestyle, keuangan, konten kreatif, komedi, keluargaGaya hidup, pengembangan diriObrolan ringanOlahraga (sepak bola)Pengembangan karier dan bisnisHukum, HAM, media sosial
Durasi< 20 menit15 menit–25 menit7 menit–25 menit25 menit–1 jam10 menit–30 menit10 menit–1 jam5 menit–1 jam10 menit–1 jam1 jam–2 jam25 menit–2 jam
Tautan produk

Pertanyaan seputar podcast

Pertanyaan seputar podcast

Podcast bisa diproduksi siapa saja. Oleh karenanya, banyak yang penasaran bagaimana caranya membuat podcast. Semoga jawaban berikut ini bisa menjawab rasa penasaran Anda, ya.

Bagaimana cara membuat podcast?

Alat yang dibutuhkan untuk membuat podcast:

  • Laptop atau komputer untuk mengedit kualitas audio
  • Mikrofon untuk merekam suara. Usahakan jangan menggunakan mikrofon built-in dari handphone atau kamera karena akan memengaruhi kualitas suara. Gunakan microphone eksternal untuk kualitas yang lebih baik.
  • Kamera jika Anda ingin mengunggahnya juga di YouTube. Kamera digunakan untuk memberikan tampilan visual. 

Cara membuat podcast:

  1. Tentukan target pendengar podcast Anda. Ada ribuan konten yang diunggah ke Spotify, YouTube, atau Anchor. Tentukan siapa saja target pendengar konten Anda, apakah anak muda, orang kantoran, pebisnis, dan lain sebagainya. Anda harus mempelajari karakter mereka, konten seperti apa yang dicari, dan masalah apa yang sering dihadapi.
  2. Tentukan konten yang ingin Anda usung. Isi konten haruslah berisi sesuatu yang dibutuhkan oleh target pendengar Anda. Lebih baik lagi jika konten Anda bisa menjadi solusi bagi pendengar. Misalnya, jika target pendengar Anda adalah remaja atau anak muda galau, konten kata-kata motivasi bisa Anda coba. Jika target Anda adalah pebisnis, buatlah edukasi tentang cara meningkatkan penjualan atau cerita sukses orang lain.
  3. Tentukan media atau aplikasi untuk mengunggah kontennya. 
  4. Lakukan proses perekaman audio dan edit hasilnya sebelum diunggah. Buatlah podcast Anda dengan kualitas sebagus mungkin. Mungkin awal-awal kualitasnya tidak sebagus podcast lain yang sudah rilis. Tentu semua butuh proses agar bisa jadi lebih baik.
  5. Sebarkan informasi podcast Anda secara rutin lewat teman atau media sosial. Makin banyak yang tahu, makin baik.
  6. Tetap produksi konten secara rutin meskipun hasilnya belum sesuai harapan Anda. Lakukan evaluasi terus-menerus dari segi kualitas konten. 

Baca juga rekomendasi aplikasi lainnya di sini

Selain podcast Indonesia di Spotify, ada beberapa aplikasi lain yang bisa membantu Anda. Kami sudah pernah mengulas beberapa aplikasi yang bisa diunduh lewat Google Play Store atau App Store. Klik tautan di bawah ini untuk mengetahui informasinya.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan konten podcast yang Anda suka? Biasanya, butuh satu atau dua episode untuk mengetahui Anda suka atau tidak dengan kontennya. Selain konten, para penyiarnya juga memegang peranan penting dari kualitas dan cara penyampaian podcast tersebut. 


Selain itu, pertimbangkan juga durasi setiap episode serta peringkatnya di top chart. Semoga artikel ini membantu Anda menemukan podcast Indonesia yang terbaik. Selamat mendengarkan channel podcast terfavorit!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Aplikasi Booking Hotel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Booking Hotel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pemesanan hotel kini makin mudah dan fleksibel lewat aplikasi booking hotel di ponsel Anda. Dengan aplikasi booking hotel, Anda bisa menyortir hotel sesuai bujet. Selain itu, Anda tidak perlu repot-repot menghabiskan pulsa untuk menelepon hotel untuk mengecek harga dan ketersediaan kamar.Ada beberapa aplikasi booking hotel terbaik dan termurah yang akan kami rekomendasikan untuk Anda. Anda akan temukan beberapa aplikasi yang bagus dan tepercaya, seperti Traveloka, Agoda, Booking.com, dan lainnya. Namun, sebelum memesan kamar hotel, simak dahulu tips cara memilih aplikasi booking hotel terbaik di bawah ini.
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Live Streaming Bola (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Live Streaming Bola (Terbaru Tahun 2022)
    Musim baru liga-liga besar di Eropa dan Indonesia mulai bergulir. Apakah Anda sudah punya aplikasi live streaming bola untuk menonton klub favorit Anda? Lewat aplikasi streaming, Anda bisa menonton bola lewat laptop, PC, atau handphone. Selain jadi lebih praktis, Anda juga tidak perlu rebutan siaran TV dengan anggota keluarga lainnya.Kali ini, kami akan memberikan tips memilih aplikasi yang bagus untuk live streaming bola. Beberapa rekomendasi aplikasi terbaik, seperti Mola, beIN SPORTS, dan Vidio juga akan kami review untuk Anda. Beberapa aplikasi bahkan ada yang gratis, lho! Simak selengkapnya, yuk!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Game iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Game iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Terkenal akan performa yang cepat, ada begitu banyak game yang bisa Anda nikmati dengan puas di iPhone. Beberapa game iPhone yang bagus dan menyenangkan untuk dimainkan, di antaranya Crossy Road Castle, Real Racing 3, dan lain-lain. Kira-kira, manakah game iPhone yang paling seru untuk Anda, ya?Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih game iPhone sekaligus merekomendasikan sepuluh game yang populer dan asyik dimainkan. Ada juga game yang bisa Anda mainkan tanpa akses internet dan support AirPlay. Dengan demikian, Anda dapat mencerminkannya dari iPhone ke smart TV atau Apple TV.
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Pemutar Musik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Pemutar Musik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Musik sejatinya tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Saat mengalami momen sedih atau bahagia, alunan musik selalu menemani. Dengan hadirnya aplikasi pemutar musik, Anda dapat mendengarkan musik kapan saja dan di mana saja. Saat ini aplikasi pemutar musik, seperti Spotify dan JOOX, bisa didapatkan di platform penyedia aplikasi.Setiap aplikasi pemutar musik memiliki keunggulan masing-masing. Nah, kali ini kami akan memberikan rekomendasi beberapa aplikasi pemutar musik terbaik. Sebelumnya, kami akan memberikan tips memilih aplikasi pemutar musik yang bagus terlebih dahulu. Pastikan Anda membacanya sampai akhir, ya!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Bank Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bank Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Makin maraknya pembayaran nontunai, makin marak pula perbankan yang menerapkan branchless banking. Hadirnya bank-bank digital membuat kantor cabang kurang dibutuhkan lagi. Anda tidak perlu repot-repot lagi mengatur jadwal atau antre lama di bank. Semua kegiatan perbankan bisa Anda lakukan secara online di HP Anda.Akan tetapi, banyaknya bank digital di Indonesia mungkin membuat Anda bingung memilih mana yang tepat. Kami akan membagikan cara memilih bank digital yang bagus. Bank digital terbaik seperti Jago dan Jenius ada dalam rekomendasi kami. Simak artikel ini sampai akhir, ya!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Tempat Kursus Bahasa Inggris Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tempat Kursus Bahasa Inggris Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang sepatutnya dikuasai pada era globalisasi ini. Untuk membantu Anda menguasi bahasa Inggris, tempat kursus bahasa Inggris bisa diandalkan. Di tempat kursus, Anda akan difasilitasi tenaga profesional yang membantu Anda memahami materi. Namun, apakah setiap tempat kursus bahasa Inggris sama? Manakah tempat kursus bahasa Inggris yang bagus untuk menjembatani tujuan belajar Anda? Menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, silakan baca artikel ini sampai habis. Kami akan membahas cara memilih tempat les bahasa Inggris terbaik dan sepuluh rekomendasinya. British Council, EF, dan English Today juga masuk dalam review kami!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Belajar Online Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Belajar Online Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kemajuan teknologi membuat apa saja menjadi lebih mudah, termasuk untuk belajar. Anda sekarang bisa belajar hanya dengan menggunakan smartphone. Ada banyak aplikasi belajar online untuk murid SD sampai mahasiswa, bahkan ada aplikasi belajar online gratis.Ada begitu banyak aplikasi belajar online yang bagus, seperti RuangGuru, Zenius, dan Quipper. Harga yang ditetapkan pun berbeda-beda untuk tiap aplikasinya. Supaya Anda tidak bingung, simak tips memilih aplikasi belajar online di artikel ini. Selanjutnya, Anda bisa memilih platform pembelajaran online terbaik dari daftar rekomendasi kami. Yuk, langsung simak ulasan selengkapnya berikut ini!
    Aplikasi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori