• 10 Rekomendasi Film India Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Film India Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Film India Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Film India Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Film India Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Film India Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Apa yang terlintas oleh Anda saat membahas film India? Apakah Anda membayangkan seorang aktor yang bernyanyi sambil menari? Ya, film India dan tarian diiringi lagu adalah ciri khas yang tidak dapat dipisahkan. Anda dapat menemukannya hampir di seluruh film India, terutama film India romantis.

Hasil produksi film India yang mencapai ratusan tentu membuat Anda kebingungan memilih film India terbaru untuk ditonton. Tidak ketinggalan film India sedih yang dapat menguras emosi. Di artikel ini, kami akan memberikan tips memilih dan rekomendasi film India terbaik untuk Anda. Silakan disimak, ya!

  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara memilih film India

Apabila diperhatikan lebih saksama, banyak film India yang menghadirkan alur cerita dan ciri khas yang sangat beragam. Untuk menemukan film India yang terbaik, perhatikan tips cara memilih di bawah ini!

Pilih berdasarkan jenis industri film di India

Tidak dapat dipungkiri bahwa industri film di India merupakan salah satu industri film paling aktif. Di antara media lain, India menggunakan film sebagai media berekspresi serta menyampaikan aspirasi dan edukasi untuk masyarakat. Oleh karena itu, setiap daerah memiliki industri film dengan penggunaan bahasa daerah masing-masing.

Sinema Hindi: Menikmati tayangan Hollywood-nya India

Sinema Hindi: Menikmati tayangan Hollywood-nya India

Apakah Anda familier dengan istilah Bollywood? Bollywood adalah sebutan untuk film-film India yang selama ini umum dikenal. Akan tetapi, faktanya Bollywood atau sinema Hindi merupakan industri film yang berpusat di Mumbai, bukan di seluruh India.


Selain itu, sinema Hindi merujuk pada bahasa yang digunakan dalam film, yakni bahasa Hindi. Film-film dalam sinema Hindi umumnya menembus pasar internasional. Hal ini dikarenakan sejarah sinema Hindi yang sudah bekerja sama dengan production house atau pemodal dari negara lain.

Sinema Tamil: Produksi film terbanyak di India

Sinema Tamil: Produksi film terbanyak di India

Kollywood ialah sebutan untuk sinema Tamil, berasal dari kata Kodambakkam dan Hollywood. Film dalam sinema Tamil menggunakan bahasa Tamil dan berpusat di Chennai, Tamil Nadu, India Selatan.


Sinema Tamil memproduksi film yang cukup banyak setiap waktunya. Oleh karena itu, kualitas cerita dan sinematografi film Kollywood tidak kalah bagus dengan film Bollywood.

Sinema Telugu: Umum menciptakan film remake dari film lainnya

Sinema Telugu: Umum menciptakan film remake dari film lainnya

Kali ini bergeser ke utara Tamil Nadu, yaitu Andhra Pradesh yang menamakan industri filmnya sinema Telugu atau Tollywood. Film-film ini menggunakan bahasa Telugu sebagai bahasa utama di Andhra Pradesh.


Tidak jarang di antara sinema ini melakukan remake film dari sinema lain. Jadi, Anda tidak perlu terkejut jika menemukan kemiripan alur cerita dengan film sinema buatan production house lainnya di India. Masing-masing sinema menunjukkan ciri khas yang berbeda.

Sinema Bengali: Narasi cerita yang dekat dengan realitas

Sinema Bengali: Narasi cerita yang dekat dengan realitas

Perfilman Bengali memiliki ciri khas narasi cerita yang nyata atau realistis. Tidak seperti Bollywood yang sering menampilkan kemegahan dan musik yang panjang, Bengali menghadirkan tayangan sesuai dengan kehidupan masyarakat asli. Hal ini membuat sinema Bengali tidak terlalu dikenal oleh masyarakat di luar daerahnya.


Namun, seiring perkembangan zaman, sinema Bengali mulai beradaptasi seperti sinema lain di India. Tenang saja, Anda masih dapat merasakan kisah yang membumi dalam cerita film Bengali.

Tentukan film yang berasal dari kisah nyata

Tentukan film yang berasal dari kisah nyata

Film yang diangkat dari kisah nyata sering kali mampu menarik minat penonton untuk segera menontonnya. Hal ini didasari oleh rasa penasaran dan adanya kedekatan emosi penonton dengan kisah yang diceritakan.


Sinema India banyak membuat film yang diangkat dari kisah nyata. Dengan durasi yang cukup panjang, Anda akan dibuat betah dengan alur cerita dan akting para aktor yang mendalami isi cerita. Selain itu, film-film ini sarat dengan kronologis kejadian. Beberapa film India yang berasal dari kisah nyata adalah Talvar, Dangal, Pad Man, dan sebagainya.

Ketahui film yang diadaptasi dari buku

Ketahui film yang diadaptasi dari buku

Bagi para pencinta buku, rasanya makin menarik jika bisa menikmati wujud visual dari cerita yang Anda baca. Film yang diadaptasi dari buku memiliki hasil yang beraneka ragam. Dengan demikian, banyak penyesuaian dari cerita di buku sampai menjadi sebuah film.


Oleh karena itu, ada baiknya Anda tidak menaruh ekspektasi dan membandingkan keduanya. Masing-masing media tersebut memiliki keunggulannya sendiri. Sinema India yang berhasil memproduksi film adaptasi dari novel contohnya adalah Ray dan 3 Idiots.

Sesuaikan dengan ambience cerita yang Anda inginkan

Suasana cerita dalam sebuah film mampu mengubah mood setelah menontonnya. Dengan demikian, pilihlah film dengan bijak agar tetap menjaga mood dan suasana hati Anda.

Cerita romantis yang membuat perasaan menjadi hangat

Cerita romantis yang membuat perasaan menjadi hangat

Kisah romantis menjadi sebuah genre film yang mudah disukai oleh semua orang. Terlebih lagi, film India cukup sering menghadirkan kisah romantis yang tidak sekadar manis, tetapi juga membuat hati hangat. 


Narasi dan alur cerita yang kuat membuat film India bernuansa romantis ini meninggalkan kesan yang dalam. Ditambah musik dan sinematografi yang tepat, Anda pasti terbawa dengan suasana di dalamnya. Kuch-Kuch Hota Hai ialah salah satu contoh film India romantis yang membuat Anda ingin menontonnya berulang kali. 

Film India sedih mampu menguras emosi penonton

Film India sedih mampu menguras emosi penonton

Jika membahas film yang dapat membangkitkan emosi penonton, film-film India tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Hal ini terutama film India yang berisi sebuah cerita sedih dan menyentuh perasaan. Skenario di dalamnya memainkan peranan penting dalam menghasilkan cerita yang bagus dan membekas setelah menonton. 


Meskipun begitu, film India memiliki durasi yang cukup panjang dalam setiap filmnya. Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan waktu dan suasana yang pas agar momen menonton film bisa lebih nyaman. 

Ketegangan cerita melalui drama isu sosial

Ketegangan cerita melalui drama isu sosial

Isu sosial menjadi sebuah tema menarik yang diangkat dalam pembuatan sebuah karya film. Tema ini menambahkan fungsi film yang tidak hanya sebagai hiburan, tetapi juga komunikasi massa dan kritik sosial. 


Sebagai negara berkembang, permasalahan sosial di India sangatlah kompleks. Oleh karena itu, film bertema isu sosial turut membanjiri daftar sinema-sinema di India. Isu yang sering diangkat contohnya adalah korupsi, perekonomian, pemerkosaan, perbedaan kasta atau kelas, dan kriminalitas.


Kendati demikian, Anda harus lebih jeli dalam melihat isu yang sedang diangkat dari sebuah film. Hal itu dikarenakan proses pembuatan film juga melibatkan unsur seni di dalamnya. Hal itu membuat penonton perlu menerka sendiri sesuai perspektifnya.

Film India komedi untuk menghilangkan kejenuhan

Film India komedi untuk menghilangkan kejenuhan

Perfilman India tidak hanya diisi dengan kisah sedih dan romantis saja. Jika Anda butuh hiburan dan sedang ingin bersantai, menonton film india dengan genre komedi adalah pilihan yang tepat. 


Walaupun diisi dengan jalan cerita yang padat, film bergenre komedi tetap dapat dinikmati semua usia. Beberapa film India komedi, seperti PK, 3 Idiots, dan Barfi berhasil menjadi tontonan menghibur dengan jalan ceritanya. 

10 Rekomendasi film India terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh film India terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review penonton. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di IMDb.

10

RSVP Movies, Roy Kapur Films, Purple Pebble PicturesThe Sky Is Pink

BahasaHindi
GenreDrama, keluarga
Tahun2019
AmbienceMengharukan, menginspirasi
Rating di IMDb7,6 dari 10
Kategori usia13+
9
BahasaHindi
GenreDrama, isu sosial
Tahun2013
AmbienceEmotional
Rating di IMDb7,8 dari 10
Kategori usia18+
8

Boundscript Motion PicturesKahaani

BahasaHindi
GenreDrama isu sosial, thriller
Tahun2012
AmbienceMenegangkan
Rating di IMDb8,1 dari 10
Kategori usia16+
7
BahasaHindi
GenreDrama, romantis komedi
Tahun2012
AmbienceMenghibur, santai
Rating IMDb8,1 dari 10
Kategori usia13+
6

GreenTouch EntertainmentShonar Pahar

BahasaBengali
GenreDrama
Tahun2018
AmbienceHeartwarming
Rating di IMDb8,1 dari 10
Kategori usia7+
5

Junglee Pictures, VB PicturesTalvar

BahasaHindi
GenreDrama, thriller, misteri
Tahun2015
AmbienceMenegangkan
Rating di IMDb8,2 dari 10
Kategori usia18+
4
BahasaHindi
GenreDrama
Tahun2016
AmbienceInspiring
Rating di IMDb8,4 dari 10
Kategori usia7+
3

Vinod Chopra Films3 Idiots

BahasaHindi
GenreDrama Komedi
Tahun2009
AmbienceInspiring, menyenangkan
Rating di IMDb8,4 dari 10
Kategori usia16+
2
BahasaTamil
GenreDrama, thriller
Tahun2015
AmbienceMenegangkan, kriminalitas
Rating di IMDb8,5 dari 10
Kategori usia18+
1

Paruchuri Vijaya Praveena ArtsCare of Kancharapalem

BahasaTelugu
GenreDrama, isu sosial
Tahun2018
AmbienceHeartwarming, romantis
Rating di IMDb8,9 dari 10
Kategori usia16+

Tabel perbandingan film India terbaik

Gambar produk
1
Paruchuri Vijaya Praveena Arts Care of Kancharapalem 1

Paruchuri Vijaya Praveena Arts

2
Wunderbar Films Visaranai 1

Wunderbar Films

3
Vinod Chopra Films 3 Idiots 1

Vinod Chopra Films

4
Aamir Khan Productions Dangal 1

Aamir Khan Productions

5
Junglee Pictures, VB Pictures Talvar 1

Junglee Pictures, VB Pictures

6
GreenTouch Entertainment Shonar Pahar 1

GreenTouch Entertainment

7
Ishana Movies, UTV Motion Pictures Barfi! 1

Ishana Movies, UTV Motion Pictures

8
Boundscript Motion Pictures Kahaani 1

Boundscript Motion Pictures

9
UTV Motion Pictures Kai Po Che! 1

UTV Motion Pictures

10
RSVP Movies, Roy Kapur Films, Purple Pebble Pictures The Sky Is Pink 1

RSVP Movies, Roy Kapur Films, Purple Pebble Pictures

Nama produk

Care of Kancharapalem

Visaranai

3 Idiots

Dangal

Talvar

Shonar Pahar

Barfi!

Kahaani

Kai Po Che!

The Sky Is Pink

Keunggulan

Alur cerita kuat dan sulit ditebak bikin berdecak kagum

Mengangkat isu HAM dalam perspektif berbeda

Ceritanya penuh dengan hiburan dan inspiratif

Kegigihan menggapai mimpi sebagai pegulat

Memecahkan kasus pembunuhan dari kisah nyata

Kisah yang sentimental antara seorang ibu dan anak

Lihat keseruan akting Priyanka Chopra di film ini!

Perjalanan seorang perempuan yang mencari suaminya hingga kebenaran

Persahabatan yang dibayangi kemelut politik dan konflik agama

Drama keluarga menghadapi kematian seorang anak

BahasaTeluguTamilHindiHindiHindiBengaliHindiHindiHindiHindi
GenreDrama, isu sosialDrama, thrillerDrama KomediDramaDrama, thriller, misteriDramaDrama, romantis komediDrama isu sosial, thrillerDrama, isu sosialDrama, keluarga
Tahun2018201520092016201520182012201220132019
AmbienceHeartwarming, romantisMenegangkan, kriminalitasInspiring, menyenangkanInspiringMenegangkanHeartwarmingMenghibur, santaiMenegangkanEmotionalMengharukan, menginspirasi
Rating di IMDb8,9 dari 108,5 dari 108,4 dari 108,4 dari 108,2 dari 108,1 dari 108,1 dari 108,1 dari 107,8 dari 107,6 dari 10
Kategori usia16+18+16+7+18+7+13+16+18+13+
Tautan produk

Baca juga rekomendasi berbagai genre film lainnya di sini

Apakah Anda sudah menentukan film India yang ingin ditonton? Jika Anda ingin mencari film lain untuk menambah keseruan, kami juga memiliki rekomendasi film dan serial lain di bawah ini, lho! Klik saja tautan di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut.

Kesimpulan

Film-film India mampu memberikan pengalaman baru setelah menontonnya. Cerita-ceritanya yang sarat pesan moral dan hiburan membuat film India memiliki tempat yang khusus di dunia perfilman. 


Semoga tips dan rekomendasi film India di atas dapat membantu Anda dalam memilih. Jangan lupa perhatikan genre yang ingin dipilih agar suasana menonton makin menyenangkan. Mengajak teman atau keluarga untuk menonton juga bisa dicoba. Pasti makin seru!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Anime China Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Anime China Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Beberapa tahun terakhir anime China mulai mengemuka, menyusul anime lainnya dari Jepang dan Korea Selatan. Gambarnya makin matang dan ceritanya pun makin kuat. Judul-judul anime China yang bagus dengan berbagai jenis genre mulai mudah ditemukan di Indonesia.Bagi Anda penggemar anime China atau sekadar ingin menjajal menonton, kami akan menyajikan cara memilih anime China terbaik. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa judul anime China, seperti Legend of Exorcism, New Gods: Nezha Reborn, dan lainnya. Apabila Anda berniat menghabiskan waktu luang dengan menonton anime China, silakan baca artikelnya sampai tuntas!
    Film
  • 10 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Genre isekai menceritakan tentang tokoh utama yang terpanggil ke dunia lain. Genre ini menyajikan kisah petualangan dan adegan penuh aksi. Pencinta anime pasti sudah sangat familier dengan anime isekai. Karena itu, artikel ini secara khusus membahas rekomendasi anime isekai terbaik.Cara memilih anime isekai akan kami bahas untuk membantu Anda menentukan pilihan. Rekomendasi anime isekai yang bagus, seperti Sword Art Online, Ni No Kuni, dan The Rising of The Shield Hero, akan Anda temukan pada artikel ini. Oleh karena itu, pastikan Anda membaca hingga akhir, ya!
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Animasi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Film Animasi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Film animasi merupakan salah satu jenis film yang disukai berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Visualisasi yang menarik dan penuh warna membuat film animasi menjadi menyenangkan untuk ditonton.  Di sini, kami akan membahas mengenai film animasi terbaik. Anda akan menemukan berbagai judul film yang bagus, seperti Spirited Away atau Toy Story. Kami juga akan mengulas film animasi terbaru 2022, serta film animasi Indonesia yang wajib Anda tonton! Sebelum menonton, simak dahulu penjelasan kami di bawah ini.
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Disney+ Hotstar Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Film Disney+ Hotstar Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Menonton film merupakan kegiatan yang seru. Sekarang, Anda tak perlu repot-repot pergi ke bioskop untuk menonton film karena sudah banyak website resmi yang menyediakan film original. Di antara banyaknya aplikasi dan website untuk menonton film, Disney+ Hotstar menjadi salah satu situs favorit untuk segala usia.Pada artikel ini, kami akan memberikan tips memilih film yang bagus di Disney+ Hotstar. Deretan rekomendasi film Disney+ Hotstar terbaik, seperti Toy Story 4, Mandalorian, dan Snowdrop juga akan kami ulas. Cek rekomendasi daftar film dari kami dan temukan film favorit Anda. Selamat membaca!
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Keluarga Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Film Keluarga Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Film keluarga adalah film yang dirancang agar bisa ditonton oleh seluruh keluarga, baik orang tua maupun anak-anak. Untuk itu, gampang-gampang susah dalam memilih film keluarga. Tidak semua film dengan label "family" atau "keluarga" cocok untuk seluruh keluarga Anda. Nah, artikel ini akan memberikan beberapa tips dalam memilih film keluarga. Kami juga sudah menyeleksi sepuluh film keluarga yang bagus untuk Anda tonton di Netflix, Disney+, maupun Viu. Beberapa di antaranya adalah Keluarga Cemara, Petualangan Sherina, dan The Blind Side. Untuk melihat rekomendasi film keluarga terbaik lainnya, simak artikel ini sampai habis. 
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Marvel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Film Marvel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dari sekian banyak film superhero, mungkin Anda sudah sangat familier dengan film produksi Marvel. Kumpulan film Marvel ini masih bisa ditonton kapan saja melalui layanan media streaming digital seperti Netflix dan Disney+ Hotstar. Salah satu judul film Marvel terbaik yang tak boleh Anda lewatkan adalah Avengers: Infinity War dan Avengers: Endgame.Namun, film Marvel bukan Avengers saja. Masih banyak film Marvel lainnya yang tak kalah bagusnya, seperti Loki, Spider-Man, dan lainnya. Melalui artikel ini, kami akan mengulas list film Marvel terbaru tahun 2022 yang wajib Anda tonton.
    Film
  • 7 Rekomendasi Film Terbaik Bertema Natal (Terbaru Tahun 2022)
    7 Rekomendasi Film Terbaik Bertema Natal (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk membangkitkan suasana Natal di bulan Desember, menonton film bertema Natal seolah sudah menjadi tradisi. Dahulu, menjelang tanggal 25 Desember berbagai stasiun TV pasti memutar film-film bertema Natal. Nah, sekarang Anda tak perlu menunggu sampai bulan Desember untuk bisa menonton film bertema Natal. Home Alone, Klaus, atau The Christmas Chronicle bisa Anda saksikan langsung di layanan streaming online seperti Netflix. Anda juga bisa memilih film Natal kartun, Disney, atau bertema komedi sesuai yang Anda inginkan. Masih bingung memilih judul film yang ingin ditonton? Baca artikel ini hingga akhir!
    Film
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori