mybest
Keyboard komputer

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Komputer & laptop
  3. Keyboard komputer
  4. 10 Keyboard Razer Terbaik - Ditinjau oleh Keyboard Enthusiast (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Keyboard Razer Terbaik - Ditinjau oleh Keyboard Enthusiast (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Keyboard Razer Terbaik - Ditinjau oleh Keyboard Enthusiast (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Keyboard Razer Terbaik - Ditinjau oleh Keyboard Enthusiast (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Keyboard Razer Terbaik - Ditinjau oleh Keyboard Enthusiast (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Keyboard Razer Terbaik - Ditinjau oleh Keyboard Enthusiast (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Keyboard Razer Terbaik - Ditinjau oleh Keyboard Enthusiast (Terbaru Tahun 2024)

Anda mencari gaming keyboard? Razer adalah merek yang bagus untuk dipilih. Razer BlackWidow Chroma V2 merupakan salah satu keyboard yang populer di kalangan gamer Indonesia. Meskipun demikian, produknya masih cocok untuk penggunaan sehari-hari.


Karena itu, kami akan membagikan cara memilih keyboard Razer dengan membandingkan harga dan fungsinya. Rekomendasi produknya tentu sudah kami siapkan. Ada Razer BlackWidow Lite yang cocok untuk bekerja, ada juga Razer Huntsman yang warnanya pink. Tiap produknya pun sudah kami ulas untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh keyboard enthusiast kami, Agi Tiara. Simak sampai akhir, ya!

Diperbaharui 14/07/2023
Agi Tiara
Pakar
Lifestyle blogger & keyboard enthusiast
Agi Tiara

Agi Tiara adalah seorang lifestyle blogger yang memiliki passion terhadap keyboard. Passion-nya terhadap keyboard bermula dari hobi bermain game. Selain itu, pekerjaan yang mengharuskan dirinya untuk mengetik secara terus-menerus juga menjadikannya makin gemar terhadap keyboard. Saat ini, Agi Tiara memiliki beberapa keyboard dalam berbagai bentuk, jenis, dan fungsi sebagai koleksi.

Profil Agi Tiara
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih keyboard Razer

Keyboard Razer bervariasi dari segi ukuran, tipe switch, konektivitas, hingga fiturnya. Setiap spesifikasinya menghadirkan tingkat kemudahan dan kenyamanan penggunaan yang berbeda. Agar Anda mendapatkan produk terbaik, perhatikanlah penjabaran poin cara memilihnya dari kami berikut ini.

1

Pilih ukuran yang nyaman digunakan

Tergantung pada tujuan penggunaan dan area yang tersedia, Anda membutuhkan ukuran keyboard yang berbeda. Ada ukuran full-size yang nyaman untuk menginput angka, ada juga tenkeyless yang compact. Yuk, simak perbedaannya masing-masing berikut ini.

Full-size, untuk MOBA dan RTS games

Full-size, untuk MOBA dan RTS games
Sumber: razer.com

Anda banyak bermain game MOBA (multiplayer online battle arena) dan RTS (real-time strategy)? Pilihlah keyboard Razer berukuran full-size. Produknya dikenal juga dengan sebutan keyboard 100% dan merupakan ukuran yang paling umum. 


Ciri keyboard full-size adalah dilengkapi number pad pada sisi kanannya, serta memiliki tombol berjumlah 104–108. Tombol-tombol tersebut sangat berguna saat Anda bermain game MOBA dan RTS seperti DOTA 2. Number pad-nya bisa Anda manfaatkan sebagai shortcut untuk beragam perintah. Number pad juga bisa dimanfaatkan sebagai macro untuk game dengan menggunakan software tertentu.


Number pad dan tombol tersebut juga akan membantu Anda yang pekerjaannya banyak menginput angka. Sebagai informasi, keyboard Razer full-size umumnya berukuran kurang lebih 45 cm x 15 cm.

Tenkeyless, untuk FPS games

Tenkeyless, untuk FPS games
Sumber: razer.com

Keyboard Razer tenkeyless berukuran lebih compact daripada yang full-size. Produknya tidak dilengkapi number pad pada sisi kanannya. Oleh karena itu, produknya cocok untuk Anda yang banyak bermain game FPS (first-person shooter), seperti Overwatch. Game FPS tidak membutuhkan number pad, lagi pula sudah ada tombol-tombol angka di atas tombol QWERTY.


Tenkeyless cocok bagi yang membutuhkan compact layout, tetapi tetap menyukai layout layaknya full size keyboard dan tombol arrow terpisah. Tenkeyless, atau biasa disingkat TKL, juga cocok untuk penggemar racing game atau game yang membutuhkan tombol arrow.


Dengan ukurannya yang compact, jarak antara tangan Anda lebih pendek sehingga meningkatkan akurasi saat bermain game FPS. Selain itu, keyboard ini cocok untuk area kerja yang tidak terlalu luas. Produknya juga dikenal sebagai keyboard 87% dengan total 87 tombol. Sebagai informasi, keyboard Razer tenkeyless berukuran kurang lebih 35 cm x 13 cm.

2

Ketahui karakteristik dari setiap tipe switch

Mechanical atau optical? Pertanyaan tersebut pasti sering Anda dengar ketika mencari keyboard. Tipe switch akan memengaruhi rasa ketika Anda mengetik tombol keyboard. Simaklah penjelasan karakteristik tiap tipenya di bawah ini agar Anda tidak salah pilih.

Mechanical, untuk presisi yang lebih tinggi

Mechanical, untuk presisi yang lebih tinggi
Sumber: razer.com

Apabila Anda membutuhkan kepastian saat menekan tombol keyboard, tipe mechanical adalah gaya yang pas untuk Anda. Keyboard Razer tipe mechanical memberikan pengalaman mengetik dan bermain game dengan karakter yang berbeda-beda di tiap switch-nya. Jadi, tidak akan ada perintah yang terlewat karena tiap tombolnya terasa dan bersuara.


Uniknya, mechanical switch awalnya hanya digunakan untuk keyboard khusus mengetik. Razer memperkenalkan gaming keyboard pertama dengan mechanical switch lewat lini BlackWidow. Kini sudah tersedia beberapa macam mechanical switch dengan karakteristiknya masing-masing yang bisa Anda pilih. Berikut ini penjelasan tiap macamnya:


  • Green switch: Cocok untuk Anda yang ingin merasakan dan mendengar tiap tombol. Tipe ini menghasilkan suara yang paling kencang di antara tipe lainnya. Green switch merupakan tipe clicky switch yang mempunyai suara klik yang jelas. 
  • Yellow switch: Mechanical switch dengan suara paling tenang di antara yang lain. Tipe ini juga yang paling cepat mengirimkan perintah sehingga cocok untuk penekanan tombol secara beruntun. Yellow switch merupakan tipe linear switch yang mempunyai suara klik lebih ringan dan tanpa suara klik. Tombol akan segera loss seperti keyboard pada umumnya ketika ditekan.
  • Orange switch: Pertemuan antara green switch dan yellow switch. Tipe ini akan membuat Anda merasakan tiap tombolnya sambil mendengarkan suara yang lebih tenang. Orange switch merupakan tipe tactile switch yang mempunyai sensasi tactile bump seperti mengetik dengan clicky switch. Namun, suara yang dihasilkannya lebih minimal.

Sebagai informasi, suatu produk dapat tersedia dalam tiga macam mechanical switch yang berbeda. Jadi, Anda bisa memilah keyboard Razer berdasarkan ragam switch yang paling cocok dengan gaya Anda.

Optical, untuk respons yang lebih cepat

Optical, untuk respons yang lebih cepat
Sumber: razer.com

Keyboard Razer tipe optical mengirim perintah secara lebih cepat dibandingkan mechanical switch. Tipe ini lebih halus saat ditekan, serta tidak menghasilkan pantulan seperti tipe mechanical. Berbeda dengan mechanical switch yang sepenuhnya mekanis, optical switch menggunakan laser dengan jarak sinyal yang lebih pendek.


Pantulan yang dihasilkan oleh key lebih dipengaruhi oleh warna atau tipe switch. Oleh karena itu, clicky optical akan tetap memberikan pantulan seperti mechanical switch lainnya. Bedanya hanya pada sensor. Linear switch juga umumnya lebih ringan daripada clicky switch yang bergantung pada warna switch. Sebagai perbandingan, Anda bisa merujuk pada berat atau actuation force dari masing-masing switch


Karena lebih mudah ditekan, kemungkinan tidak sengaja menekan tombol selain yang dimaksud pun lebih besar. Anda mungkin membutuhkan waktu untuk menguasainya bila sudah terbiasa menggunakan yang mechanical. Tipe ini juga terdiri dalam beberapa macam switch yang bisa dipilih. Simak penjelasan tiap ragamnya dari kami berikut ini.


  • Linear optical: Cocok untuk Anda yang mengutamakan kecepatan. Tipe ini sangat mudah ditekan dan memiliki jarak sinyal yang paling pendek.
  • Clicky optical: Tidak hanya menawarkan kemudahan ditekan, tetapi juga kepastian. Tipe ini memberikan rasa clicky seperti green switch.

Sama seperti keyboard Razer tipe mechanical, beberapa produk bertipe ini bisa saja tersedia dalam dua macam optical switch. Pilihlah keyboard Razer dengan ragam optical switch yang paling sesuai dengan gaya Anda.

3

Pastikan konektivitasnya sesuai dengan kebutuhan Anda

Pastikan konektivitasnya sesuai dengan kebutuhan Anda
Sumber: razer.com

Untuk bermain game, sangat disarankan memilih keyboard Razer yang terhubung ke perangkat Anda dengan kabel. Produknya tidak menimbulkan latensi sehingga tingkat presisinya tinggi. Namun, keyboard dengan kabel terasa kurang fleksibel karena jarak pemakaiannya harus sesuai panjang kabel. Selain itu, meja Anda cenderung tampak kurang rapi akibat kabelnya.


Jika ingin meja Anda tampak lebih rapi, pilihlah yang menggunakan USB wireless dongle karena tidak membutuhkan koneksi kabel. Produknya memang kurang sensitif untuk dipakai bermain game, tetapi sudah cukup untuk penggunaan sehari-hari.


Apabila Anda yang lebih praktis lagi, pilihlah keyboard Razer dengan konektivitas Bluetooth. Produknya cocok sebagai keyboard untuk kebutuhan mobile. Dikombinasikan dengan ukuran yang compact, Anda akan mendapatkan produk yang mudah dibawa bepergian.


Razer mempunyai lini hyperspeed yang menawarkan koneksi Bluetooth cepat dengan latensi yang lebih stabil. Dengan menggunakan interface pairing razer synapse Bluetooth, penggunaan keyboard terasa lebih mudah dan tanpa lag. Keyboard yang menggunakan lini ini adalah Razer Blackwidow V3 Pro. 

4

Periksa kelengkapan fitur keyboard Razer

Umumnya, keyboard Razer dibekali fitur Chroma RGB. Produknya bisa memancarkan cahaya dalam 16,8 juta warna. Namun, masih banyak fitur lain yang ditawarkan oleh Razer, lho. Berikut ini kami akan memerincinya satu per satu untuk Anda. Disimak baik-baik, ya.

Wrist rest, pergelangan tangan tidak cepat pegal lagi

Wrist rest, pergelangan tangan tidak cepat pegal lagi
Sumber: razer.com

Pergelangan tangan Anda tidak jarang terasa pegal setelah menggunakan keyboard dalam waktu yang lama? Pastikan produknya dilengkapi wrist rest! Dengan wrist rest yang empuk, pergelangan tangan Anda bisa diistirahatkan selama menggunakan keyboard


Wrist rest biasanya merupakan bagian yang bisa disatukan dan dipisahkan kembali dari keyboard. Namun, perlu diingat, menambahkan wrist rest akan membuat ukuran produknya bertambah besar sehingga dibutuhkan area yang luas.

Gaming mode, bermain game tanpa gangguan

Gaming mode, bermain game tanpa gangguan
Sumber: razer.com

Menekan tombol yang salah terasa sangat menyebalkan saat bermain game, apalagi bila Anda tidak sengaja menekan tombol Windows. Game-nya akan ter-minimize dan bisa membuat Anda melewatkan momen-momen menentukan.


Jika Anda tidak ingin mengalami hal tersebut, pilihlah keyboard Razer yang dilengkapi fitur gaming mode. Fitur gaming mode pada intinya mematikan fungsi tombol Windows saat Anda bermain game. Sebagai informasi, lampu indikator pada keyboard akan menyala saat Anda berada dalam mode ini.

Onboard memory, menyimpan pengaturan tombol

Onboard memory, menyimpan pengaturan tombol
Sumber: razer.com

Anda punya preferensi pemrograman tombol atau makro untuk keperluan tertentu? Pilihlah keyboard Razer yang dibekali fitur onboard memory. Makro untuk bekerja tentu berbeda dengan yang untuk bermain game. Anda bahkan mungkin memakai perangkat yang berbeda untuk keperluan tertentu. Dengan fitur ini, Anda tidak perlu mengatur makronya berulang kali setiap akan digunakan.


Produk dengan onboard memory dapat menyimpan hingga lima pengaturan berbeda. Tidak hanya makro, Anda bisa mengatur fungsi tombol media dan Chroma RGB. Anda bahkan masih dapat memilih pengaturan makronya pada perangkat yang berbeda. Perlu diketahui, pengaturan tombol keyboard Razer umumnya hanya bisa dilakukan lewat OS (operating system) Windows.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi keyboard Razer terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk keyboard Razer terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Razer

Cynosa V2

Razer Cynosa V2 1

Rp1.300.000

Agak Murah

Keyboard ekonomis dengan fitur yang berkualitas

2

Razer

Huntsman Tournament Edition

Razer Huntsman Tournament Edition 1

Rp1.699.000

Agak Murah

Gaming dengan maksimal di mana pun Anda berada

3

Razer

Huntsman Quartz Pink

Razer Huntsman Quartz Pink 1

Rp2.699.000

Agak Mahal

Tampil menarik dengan warna pink

4

Razer

Huntsman Mini

Razer Huntsman Mini 1

Rp1.949.000

Menengah

Ukurannya sangat compact, mantap untuk game FPS

5

Razer

BlackWidow V3 Mini HyperSpeed

Razer BlackWidow V3 Mini HyperSpeed 1

Rp2.799.000

Agak Mahal

Mudah dibawa bepergian, serta berfungsi tinggi

6

Razer

BlackWidow Lite

Razer BlackWidow Lite 1

Rp1.499.000

Agak Murah

Bisa bekerja dengan tenang dan nyaman

7

Razer

Huntsman V2 Analog

Razer Huntsman V2 Analog 1

Rp4.199.000

Lebih Mahal

Menawarkan fitur di atas rata-rata keyboard Razer

8

Razer

BlackWidow V3 Pro

Razer BlackWidow V3 Pro 1

Rp3.799.000

Agak Mahal

Konektivitasnya lengkap, daya tahannya mumpuni

9

Razer

BlackWidow Tournament Edition Chroma V2

Razer BlackWidow Tournament Edition Chroma V2 1

Rp2.199.000

Menengah

Cocok untuk gaming, untuk bekerja pun nyaman!

10

Razer

Ornata V2

Razer Ornata V2 1

Rp1.275.000

Agak Murah

Butuh presisi tinggi? Keyboard Razer ini jawabannya

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

RazerCynosa V2

Cynosa V2 1
Sumber: razer.com
Cynosa V2 2
Sumber: razer.com
Cynosa V2 3
Sumber: razer.com
Cynosa V2 4
Sumber: razer.com
Cynosa V2 5
Sumber: razer.com
Harga referensi
Rp1.300.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp1.300.000
Agak Murah

Keyboard ekonomis dengan fitur yang berkualitas

Tidak perlu khawatir bila Anda menginginkan gaming keyboard berkualitas, tetapi budget Anda terbatas. Razer Cynosa V2 merupakan solusi untuk para budget gamer. Produk ini bahkan sudah dilengkapi tombol media untuk harganya yang ekonomis. Selain itu, kabelnya bisa ditarik ke dalam sehingga meja Anda tampak lebih rapi.


Switch dari keyboard Razer ini adalah membrane yang diklaim tenang dan empuk. Keistimewaan lain produk ini adalah memiliki efek pencahayaan pada setiap keycap. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan efek Chroma RGB yang lebih indah. Bila Anda ingin segera mengganti keyboard standar dengan yang gaming, jangan ragu untuk segera membeli produk ini.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

RazerHuntsman Tournament Edition

Huntsman Tournament Edition 1
Sumber: razer.com
Huntsman Tournament Edition 2
Sumber: razer.com
Huntsman Tournament Edition 3
Sumber: razer.com
Huntsman Tournament Edition 4
Sumber: razer.com
Huntsman Tournament Edition 5
Sumber: razer.com
Harga referensi
Rp1.699.000
Agak Murah

Gaming dengan maksimal di mana pun Anda berada

Daya tahan yang tinggi tidak perlu dibayar dengan harga yang tinggi pula. Keyboard Razer ini membuktikannya untuk Anda. Produk ini menawarkan bodi aluminium dan keycap PBT. Karena itu, produk ini cocok untuk Anda yang menginginkan keyboard jangka panjang. Posisi kabel di kiri atas juga memudahkan untuk mencari angle yang nyaman untuk mengetik tanpa membuat kabel tertarik atau tertekuk.


Selain itu, Anda akan mendapatkan keyboard Razer bertipe linear optical yang kecepatannya diandalkan pemain e-sports. Produk berukuran tenkeyless ini pun sudah dilengkapi fitur onboard memory. Dengan demikian, Razer Huntsman Tournament Edition cocok sebagai partner untuk merasakan pengalaman gaming maksimal di mana pun Anda berada.

No.3

RazerHuntsman Quartz Pink

Harga referensi
Rp2.699.000
Agak Mahal

Tampil menarik dengan warna pink

Anda sudah menggunakan Razer Kraken Kitty Edition yang berwarna pink? Jika iya, produk ini akan melengkapi peripheral Anda tersebut. Pasalnya, Razer Huntsman juga tersedia dalam warna pink. Keyboard Razer ini memang akan membuat ruangan Anda makin berwarna. Namun, penampilan bukan satu-satunya keistimewaan dari produk ini.


Keyboard Razer pink ini dilengkapi satu tombol yang dapat langsung mengaktifkan fungsi sekundernya. Selain itu, bodinya sudah menggunakan material aluminium sehingga lebih tahan banting. Dengan ukuran dan segala fiturnya, produk ini cocok sebagai pilihan utama Anda untuk bermain game MOBA dan RTS. Bila ruang gaming Anda didominasi warna pink, keyboard ini bakal membuatnya makin keren!

No.4

RazerHuntsman Mini

Harga referensi
Rp1.949.000
Menengah

Ukurannya sangat compact, mantap untuk game FPS

Meskipun ukurannya lebih compact dari keyboard 65%, produk ini kurang cocok sebagai keyboard untuk perangkat mobile. Razer Huntsman Mini hanya dilengkapi konektivitas USB-C. Oleh sebab itu, produk ini tidak kompatibel untuk semua jenis perangkat mobile. Sebaliknya, keyboard Razer ini mantap untuk digunakan bermain game FPS berkat ukurannya yang sangat compact.


Ukurannya boleh compact, tetapi build quality produk ini tidak bisa diremehkan. Keyboard Razer ini menggunakan bodi dari aluminium, serta keycap berbahan PBT. Anda tidak perlu khawatir dengan daya tahannya saat dibawa-bawa pergi. Meski tidak dilengkapi tombol navigasi, perintah tersebut bisa dikirim dari fungsi sekundernya.

No.5

RazerBlackWidow V3 Mini HyperSpeed

BlackWidow V3 Mini HyperSpeed 1
Sumber: razer.com
BlackWidow V3 Mini HyperSpeed 2
Sumber: razer.com
BlackWidow V3 Mini HyperSpeed 3
Sumber: razer.com
BlackWidow V3 Mini HyperSpeed 4
Sumber: razer.com
BlackWidow V3 Mini HyperSpeed 5
Sumber: razer.com
Harga referensi
Rp2.799.000
Agak Mahal

Mudah dibawa bepergian, serta berfungsi tinggi

Produk ini merupakan salah satu keyboard Razer terbaru dari seri BlackWidow. Razer BlackWidow V3 Mini Hyperspeed dirilis pada tahun 2021. Berbeda dari tipe lainnya, produk ini memiliki ukuran yang sangat compact. Ukurannya bahkan lebih kecil dari yang tenkeyless. Konektivitas yang ditawarkannya pun beragam. Dengan demikian, produk ini cocok dimanfaatkan sebagai keyboard untuk perangkat mobile.


Produk ini termasuk keyboard 68 keys ukuran 60%, tetapi masih memiliki tombol panah dan navigasi. Bedanya adalah pada shift sebelah kanan yang berukuran 1,75u. Jadi, produk ini masih cocok untuk berbagai situasi. Selain itu, keycap produk ini terbuat dari doubleshot ABS. Bila Anda mencari keyboard Razer yang benar-benar fleksibel, produk ini patut dipertimbangkan.

No.6

RazerBlackWidow Lite

BlackWidow Lite 1
Sumber: razer.com
BlackWidow Lite 2
Sumber: razer.com
BlackWidow Lite 3
Sumber: razer.com
BlackWidow Lite 4
Sumber: razer.com
BlackWidow Lite 5
Sumber: razer.com
Harga referensi
Rp1.499.000
Agak Murah

Bisa bekerja dengan tenang dan nyaman

Jika Anda mencari keyboard Razer yang cocok untuk dipakai bekerja, pilih produk ini. Meski tidak dilengkapi fitur Chroma RGB, Razer BlackWidow Lite dibekali pencahayaan LED berwarna putih. Dengan demikian, Anda masih bisa menggunakannya dengan lancar meski dalam keadaan gelap.


Produk ini tersedia dalam warna putih yang khas dan berbeda dengan produk BlackWidow pada umumnya. Hal tersebut tentunya menjadi nilai tambah untuk produk ini. Menggunakan produk ini juga tidak akan mengganggu orang-orang di sekitar Anda. Keyboard Razer ini dilengkapi o-ring yang meredam suara ketikannya. Walau didesain untuk bekerja, Razer BlackWidow Lite masih cocok digunakan untuk gaming.

No.7

RazerHuntsman V2 Analog

Huntsman V2 Analog 1
Sumber: razer.com
Huntsman V2 Analog 2
Sumber: razer.com
Huntsman V2 Analog 3
Sumber: razer.com
Huntsman V2 Analog 4
Sumber: razer.com
Huntsman V2 Analog 5
Sumber: razer.com
Harga referensi
Rp4.199.000
Lebih Mahal

Menawarkan fitur di atas rata-rata keyboard Razer

Selain sudah dibekali tombol media, Razer Huntsman V2 Analog dilengkapi keycap dari PBT (polybutylene terephthalate). PBT mempunyai tekstur rugged sehingga terasa lebih kokoh di tangan melebihi bahan ABS. Switch tipe analog optical memungkinkan Anda untuk bisa mengatur sendiri tingkat sensitivitasnya. Switch tipe ini juga dapat difungsikan seperti analog pada gamepad


Selain itu, Anda bisa menyambungkan perangkat lain ke PC lewat produk ini dengan fitur USB 3.0 Passthrough. Ditambah wrist rest dengan sistem magnetis, keyboard Razer ini adalah pilihan untuk Anda yang mengutamakan kelengkapan fitur.

No.8

RazerBlackWidow V3 Pro

Harga referensi
Rp3.799.000
Agak Mahal

Konektivitasnya lengkap, daya tahannya mumpuni

Bisa dibilang keyboard Razer BlackWidow V3 Pro adalah produk yang paling bergengsi dari seri ini. Salah satu keunggulan produk ini adalah dibekali tiga tipe konektivitas yang berbeda. Baik untuk gaming tanpa latensi ataupun menikmati media sambil bersantai di sofa, produk ini adalah pilihannya. Produk ini bahkan dibekali tombol media yang sangat praktis digunakan.


Tidak hanya itu keistimewaan produk ini, lho. Keyboard Razer ini memiliki build quality yang mumpuni karena bodinya menggunakan material aluminium. Aluminium banyak digunakan pada premium keyboard karena ringan, tetapi kokoh. Ditambah keycaps dari doubleshot ABS yang lebih tangguh, produk ini menawarkan daya tahan yang luar biasa untuk Anda. Penawaran yang menarik, bukan?

No.9

RazerBlackWidow Tournament Edition Chroma V2

Harga referensi
Rp2.199.000
Menengah

Cocok untuk gaming, untuk bekerja pun nyaman!

Meskipun bukan produk terbaru, keyboard Razer BlackWidow Tournament Edition Chroma V2 masih memiliki banyak penggemar. Asalkan pekerjaan Anda tidak banyak mengharuskan Anda menginput angka, produk ini bisa dipertimbangkan sebagai all-rounder keyboard. Tidak hanya untuk gaming seperti fungsi utamanya, produk ini juga nyaman digunakan untuk mengetik.


Ukuran tenkeyless tentu membuatnya lebih mudah dibawa bepergian dan beradaptasi di meja yang tidak terlalu luas. Keyboard Razer seri BlackWidow ini juga dibekali kabel yang bisa dilepas sehingga makin mudah disimpan. Bila Anda mencari keyboard Razer yang nyaman digunakan untuk bermain game atau bekerja, prioritaskan produk ini.

No.10

RazerOrnata V2

Ornata V2 1
Sumber: razer.com
Ornata V2 2
Sumber: razer.com
Ornata V2 3
Sumber: razer.com
Ornata V2 4
Sumber: razer.com
Ornata V2 5
Sumber: razer.com
Harga referensi
Rp1.275.000
Agak Murah

Butuh presisi tinggi? Keyboard Razer ini jawabannya

Razer Ornata V2 dibekali switch bertipe Hybrid Mecha-Membrane yang merupakan persilangan antara tipe mechanical dan membrane (semi-mechanical). Switch ini memiliki feel seperti tipe mechanical, tetapi lebih empuk karena menggunakan selaput silikon. Tombolnya perlu ditekan lebih dalam sehingga cocok untuk Anda yang mengutamakan akurasi. Akurasi tersebut cocok untuk pengguna yang mudah typo.


Keyboard Razer ini patut dipertimbangkan karena memiliki deals yang menarik. Produk ini sudah dilengkapi tombol media dengan harganya yang terjangkau. Fitur tersebut memungkinkan Anda untuk mengatur media melalui keyboard, seperti play, pause, skip hingga mengatur volume. Selain itu, Anda dapat mengatur dan menyimpan makronya meski harus selalu diakses melalui Razer Synapse.

Kesimpulan

Sudah menemukan keyboard Razer yang sesuai kebutuhan Anda? Pilihlah yang ukurannya pas dengan meja Anda. Selanjutnya, Anda bisa menyesuaikan tipe switch dan konektivitas yang sesuai dengan selera.


Sama seperti produknya yang lain, keyboard Razer umumnya dibekali fitur Chroma RGB. Namun, masih banyak fitur lain yang bisa Anda temukan pada produknya, seperti wrist rest, gaming mode, atau onboard memory. Pilihlah fitur yang menunjang aktivitas agar Anda mendapatkan keyboard Razer terbaik!

5 Rekomendasi Keyboard Razer terbaik

No. 1: RazerCynosa V2

No. 2: RazerHuntsman Tournament Edition

No. 3: RazerHuntsman Quartz Pink

No. 4: RazerHuntsman Mini

No. 5: RazerBlackWidow V3 Mini HyperSpeed

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Komputer & laptop
  3. Keyboard komputer
  4. 10 Keyboard Razer Terbaik - Ditinjau oleh Keyboard Enthusiast (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.