1. TOP
  2. >
  3. Hobi
  4. >
  5. Permainan
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Congklak Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Congklak Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Congklak Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Congklak Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Congklak Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Congklak Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Congklak Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Salah satu mainan tradisional yang asyik untuk dimainkan bersama anak, kakak, atau teman adalah congklak atau dakon. Sayangnya, seiring berkembangnya zaman digital, permainan ini mulai ditinggalkan. Padahal, bermain congklak atau dakon memiliki banyak manfaat untuk perkembangan anak. Untuk Anda yang ingin mengajarkan anak permainan congklak, kami akan membahasnya secara detail di artikel ini.


Kini, papan congklak banyak dijual di marketplace, ada yang berbahan kayu, plastik, bahkan ada yang dapat dilipat. Kami akan memberikan tips memilih beserta merekomendasikan beberapa merek yang bagus untuk Anda. Ikuti artikel ini sampai habis, ya!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Apa itu permainan congklak?

Apa itu permainan congklak?

Beberapa sumber mengatakan, bahwa permainan congklak berasal dari daerah dataran Arab atau Afrika. Permainan ini menyebar ke Indonesia dan negara Asia lainnya melalui bangsa Arab yang ingin berdagang dan juga berdakwah. Permainan congklak memiliki banyak sebutan lain. Congklak disebut juga dengan dakon (Jawa), congkak (Sumatera), dentuman lamban (Lampung), mancala (Inggris)


Alat yang dibutuhkan untuk permainan ini adalah sebuah papan congklak dan bijinya. Papan congklak berisi empat belas lubang kecil dan dua lubang besar. Bijinya bisa terbuat dari kerang laut, kelereng, kerikil, atau biji lainnya. Para pemain saling bergantian untuk menjalankan bijinya dan meletakkannya ke lubang besar milik masing-masing. 


Inti dari permainan ini adalah mengumpulkan biji lebih banyak dari lawan agar bisa jadi pemenang. Ada banyak hal yang bisa Anda ajarkan kepada anak dari permainan ini. Contohnya adalah bersabar menunggu giliran, menyusun strategi sebelum bergerak, hingga menaati aturan main yang ada. Terlepas dari itu semua, bermain congklak juga merupakan salah satu aktivitas bonding time yang seru!

Cara memilih congklak

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih papan congklak. Bahan dan motif menjadi pertimbangan utamanya karena menentukan keawetan dan kenyamanan saat bermain. Selain itu, perhatikan juga kemudahan penyimpanan serta kelengkapan produknya.

① Pilih berdasarkan bahan dan motifnya

Secara umum, ada dua jenis papan congklak yang dijual di pasaran, yakni bahan kayu dan plastik. Tentunya, setiap bahan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Kayu: Lebih awet, mewah, tetapi harganya lebih tinggi

Kayu: Lebih awet, mewah, tetapi harganya lebih tinggi

Jika Anda mencari produk yang awet, tentu pilihannya jatuh kepada papan congklak berbahan kayu. Bentuknya lebih kukuh dan tidak mudah bergeser sehingga permainan bisa dilakukan dengan lebih nyaman. Bahkan, ada beberapa orang yang membeli papan congklak berbahan kayu jati untuk dijadikan pajangan di ruang tamunya.


Papan congklak berbahan kayu ada yang polos dan ada juga bermotif ukiran. Desain ukirannya juga bermacam-macam, tetapi yang paling umum adalah motif naga. Makin bagus kualitas kayunya, tentu harganya juga makin tinggi.

Plastik: Lebih ringan, harga ekonomis, tetapi masa pakainya lebih singkat

Plastik: Lebih ringan, harga ekonomis, tetapi masa pakainya lebih singkat

Papan congklak berbahan plastik banyak diminati oleh masyarakat karena harganya yang ekonomis. Anda yang baru ingin memperkenalkan permainan ini ke anak-anak bisa memilihnya. Bobotnya juga lebih ringan sehingga lebih aman untuk anak-anak.


Motif papan congklak berbahan plastik kebanyakan polos dan simpel. Kekurangan dari papan jenis ini adalah keawetannya tidak seperti bahan kayu. Ia lebih mudah rusak, berubah bentuk atau penyok, hingga mudah bergeser saat dimainkan.

② Pertimbangkan ukuran serta cara penyimpanannya

Pertimbangkan ukuran serta cara penyimpanannya

Setelah bahannya, pertimbangkan juga ukuran dan cara penyimpanannya. Makin besar ukurannya, tentu membuat Anda makin leluasa saat memainkannya. Untuk anak-anak balita hingga SD, pilihlah yang ukurannya tidak terlalu besar. Jangan lupa untuk mendampingi anak-anak saat bermain untuk menghindari risiko biji congklak masuk mulut hingga tertelan. 


Untuk cara penyimpanannya, ada papan congklak yang bisa dilipat. Bentuknya jadi lebih ringkas dan tidak boros tempat saat disimpan. Bijinya pun bisa dimasukkan ke dalamnya sehingga tidak tercecer atau hilang. Untuk Anda yang suka hal yang ringkas, Anda bisa memilih papan congklak tipe lipat. Akan tetapi, tipe papan congklak lipat ini terkadang harganya lebih tinggi.

③ Carilah produk yang sudah sepaket dengan biji congklaknya

Carilah produk yang sudah sepaket dengan biji congklaknya

Ada papan congklak yang dijual sepaket dengan bijinya dan ada juga yang tidak. Akan lebih praktis jika Anda membeli papan congklak yang sepaket dengan biji congklak-nya. Tak hanya praktis, biji congklak terkadang memiliki desain atau corak yang setema dengan papannya sehingga lebih estetik.


Jika Anda membeli papan congklak-nya saja, Anda bisa memakai kelereng, kerikil, kerang kecil, maupun kancing sebagai material bijinya. Untuk memainkan satu permainan congklak, Anda membutuhkan 98 biji congklak. Jika dirasa terlalu banyak untuk anak-anak, Anda bisa menguranginya. Namun, jumlahnya harus kelipatan 14 karena biji congklak akan disebar merata ke setiap lubang kecilnya.

10 Rekomendasi congklak terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk congklak terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Congklak Besar Plus Biji Plastik Hitam

 Congklak Besar Plus Biji Plastik Hitam 1枚目

Seru-seruan bersama keluarga tak harus keluar uang banyak

2

Congklak Susun Plastik Kewuk Campur Warna

 Congklak Susun Plastik Kewuk Campur Warna 1枚目

Anak belajar warna dan cara menyusun barang yang benar

3

Dakon Kayu Lipa Lukis Airbrush

 Dakon Kayu Lipa Lukis Airbrush 1枚目

Ada talinya sehingga mudah dibawa ke mana-mana

4

Congklak Kayu Mengkilap Set Biji Kerang

 Congklak Kayu Mengkilap Set Biji Kerang 1枚目

Tampak mewah berkat motif kayu polos dan mengilap

5

Dakon Kayu Batik Bentuk Hewan

 Dakon Kayu Batik Bentuk Hewan 1枚目

Perpaduan mainan dan karya seni yang menakjubkan!

6

Lettering and Life

Congklak Mancala Kayu Mainan Tradisional

Lettering and Life Congklak Mancala Kayu Mainan Tradisional 1枚目

Aman untuk dipegang balita dan anak-anak

7

Congklak Lipat Batik

 Congklak Lipat Batik 1枚目

Lestarikan congklak dan batik sekaligus!

8

Dakon Kayu Jati Motif Naga

 Dakon Kayu Jati Motif Naga 1枚目

Bahan kayu jati membuatnya lebih kukuh dan awet

9

Congklak Kayu Motif Naga Plus Biji

 Congklak Kayu Motif Naga Plus Biji 1枚目

Naga warna-warni membuat permainan lebih meriah

10

Dakon Kayu Jati Motif Angsa

 Dakon Kayu Jati Motif Angsa 1枚目

Papan congklak yang elegan dan awet!

Perincian produk
Close
No.1

Congklak Besar Plus Biji Plastik Hitam

Mulai dari Rp9.500,00

Seru-seruan bersama keluarga tak harus keluar uang banyak

Papan congklak model plastik dengan motif polos mungkin jadi produk yang paling simpel. Ukurannya cukup standar untuk papan congklak, yakni 61 cm x 14 cm sehingga fleksibel digunakan anak-anak hingga orang dewasa. 


Ada lima pilihan warna yang bisa Anda pilih, yakni kuning, merah, hijau, biru, dan putih. Harganya pun sangat ekonomis sehingga tak perlu pikir panjang untuk membelinya. Ciptakan momen berkualitas bersama keluarga tanpa harus terkendala bujet!

No.2

Congklak Susun Plastik Kewuk Campur Warna

Mulai dari Rp20.000,00

Anak belajar warna dan cara menyusun barang yang benar

Kebanyakan papan congklak dijual utuh dalam satu rangkaian. Namun, produk yang satu ini cukup berbeda karena harus dirakit dahulu seperti mainan lego. Meskipun cara menyusunnya sederhana, anak Anda akan belajar sesuatu dari sini.


Selain itu, papannya juga berwarna-warni sehingga anak bisa sekalian belajar mengenal warna. Desain papan seperti ini juga memudahkan Anda untuk menyimpannya karena tidak boros tempat. Mainan ini cocok dimainkan oleh anak balita. Tentunya, Anda harus mengawasi anak Anda saat bermain, ya.

No.3

Dakon Kayu Lipa Lukis Airbrush

Mulai dari Rp59.800,00

Ada talinya sehingga mudah dibawa ke mana-mana

Congklak lipat berbahan kayu ini dilengkapi dengan tali gantung pada kedua ujungnya. Selain mudah disimpan karena bisa dilipat, adanya gantungan tali ini juga akan memudahkan Anda membawanya. Saat dilipat, panjangnya hanya 30 cm atau setara penggaris anak sekolah, lho! Sangat hemat tempat, ya.


Pada bagian bodi congklak terdapat corak lukisan berbahan cat airbrush sehingga tampilannya pun lebih artistik. Karena berbahan kayu, produknya juga lebih awet dan tidak mudah berubah bentuk saat tertekan.

No.4

Congklak Kayu Mengkilap Set Biji Kerang

Mulai dari Rp90.000,00

Tampak mewah berkat motif kayu polos dan mengilap

Sama seperti papan congklak berbahan kayu lainnya, produk satu ini kuat dan tahan lama. Motifnya polos dan tampilan luarnya dibuat lebih mengilap lewat proses pengecatan dan pernis. Proses ini membuat kayu lebih tahan dari jamur dan rayap. Selain itu, kesan yang ditimbulkan juga jadi lebih mewah.


Ada tiga pilihan warna kayu yang bisa Anda pilih, yakni warna cokelat muda, cokelat tua, dan cokelat kemerahan. Saat membelinya, Anda sudah mendapatkan satu set biji congklak dari kerang juga, lho. Produk ini lebih menarik dihadiahkan untuk anak-anak yang sudah agak besar, misalnya anak SD hingga SMP.

No.5

Dakon Kayu Batik Bentuk Hewan

Mulai dari Rp85.900,00

Perpaduan mainan dan karya seni yang menakjubkan!

Papan congklak satu ini memiliki desain yang tergolong unik. Bentuknya tidak memanjang ke samping seperti congklak pada umumnya. Saat dilipat, papannya akan membentuk hewan, seperti angsa atau ikan. Anda bisa memilih desain hewan yang Anda inginkan. 


Bodinya pun tak kalah cantik, yaitu bermotif batik dengan teknik canting. Desain yang unik ini tentu bisa menarik perhatian anak-anak agar lebih bersemangat bermain dakon. Selain dimainkan, produk ini juga sangat cocok dijadikan pajangan rumah.

No.6

Lettering and LifeCongklak Mancala Kayu Mainan Tradisional

Mulai dari Rp375.000,00

Aman untuk dipegang balita dan anak-anak

Mancala satu ini memiliki tampilan yang sangat ciamik. Dilengkapi engsel berbahan kayu yang artistik, membuat papan permainan ini bisa dilipat. Permukaannya juga halus sehingga aman untuk dipegang balita dan anak-anak. Anda tak perlu takut tangannya kesusupan serat kayu. 


Dakon kayu ini makin cantik lagi berkat ada tulisan kaligrafi khas Lettering and Life. Anda bisa memberikan mancala kualitas impor ini ke teman yang berulang tahun.

No.7

Lestarikan congklak dan batik sekaligus!

Papan congklak yang satu ini memilik motif batik di bagian bodinya. Namun, bukan batik yang dibuat dengan tangan, melainkan print. Meskipun begitu, motifnya tetap cantik dan bernilai seni tinggi seperti batik pada umumnya. 


Papan dakon ini juga bisa dilipat sehingga memudahkan Anda saat menyimpannya. Mengenalkan seni batik dan permainan congklak ke anak-anak sejak dini adalah pilihan yang tepat.

No.8

Dakon Kayu Jati Motif NagaHK263

Mulai dari Rp174.900,00

Bahan kayu jati membuatnya lebih kukuh dan awet

Anda mencari papan congklak yang tidak mudah rusak? Pilihlah yang berbahan kayu jati seperti produk ini. Kayu jati terkenal awet karena rayap tidak suka memakannya. Papan ini mungkin bisa bertahan hingga 10 tahun lebih.


Tampilan luarnya sangat halus dan mengilap sehingga memberikan kesan mahal. Gambar naga yang diusungnya membuatnya lebih berkarakter kuat. Papan ini cocok untuk orang-orang dewasa yang ingin bernostalgia dengan main congklak. Anda juga bisa menjadikannya pajangan di ruangan atau rumah Anda.

No.9

Congklak Kayu Motif Naga Plus Biji

Mulai dari Rp115.000,00

Naga warna-warni membuat permainan lebih meriah

Keunikan produk satu ini terletak pada desainnya yang berbentuk naga. Tidak seperti naga lainnya yang lebih terkesan menyeramkan, produk satu ini mengusung naga yang ceria. Bodinya berwarna-warni dengan motif ukiran batik. Tampilannya jadi lebih meriah dan menarik untuk dilihat. Anda sudah dapat biji congklak berbahan kerang juga, lho!

No.10

Dakon Kayu Jati Motif Angsa

Mulai dari Rp169.000,00

Papan congklak yang elegan dan awet!

Papan congklak bermotif naga lebih menggambarkan karakter yang kuat dan maskulin. Nah, jika Anda ingin punya congklak dengan karakter yang lebih feminin dan elegan, produk ini jawabannya. Papan bermotif angsa yang sedang menekuk kepala ke arah sayapnya ini sangat cantik untuk dilihat. Bahannya juga menggunakan jati yang berkualitas.

Pertanyaan seputar congklak

Pertanyaan seputar congklak

Berikut ini adalah pertanyaan yang sering ditanyakan seputar permainan congklak. Semoga jawabannya bisa membuat Anda lebih paham tentang permainan congklak, ya.

Bagaimana aturan permainan congklak?

Setelah mendapatkan papan congklak favorit pilihan Anda, sekarang saatnya mengetahui cara permainannya. 

  1. Congklak dimainkan oleh dua orang yang saling berhadapan. Papan congklak diletakkan di tengah kedua pemainnya.
  2. Alat yang dibutuhkan adalah papan congklak berisi empat belas lubang kecil dan dua lubang besar. Setiap pemain mendapat satu lubang besar yang akan dijadikan tempat perhitungan akhir biji yang dikumpulkan.
  3. Sebanyak 98 biji congklak disebar merata ke 14 lubang. Setiap pemain mendapatkan tujuh lubang kecil di hadapannya.
  4. Sebelum memulai, kedua pemain mengundi siapa yang boleh jalan terlebih dahulu.
  5. Pemain yang bergerak lebih dahulu mengambil biji dari lubang kecil di sisinya dan menjalankannya searah jarum jam. Setiap lubang kecil dan lubang besar miliknya harus diisi dengan satu biji congklak. Lubang besar milik lawan tak perlu diisi.
  6. Jika biji terakhir jatuh pada lubang kecil yang ada isi bijinya, pemain akan mengambil semua bijinya, lalu lanjut bergerak.
  7. Jika biji terakhir jatuh pada lubang besar miliknya, pemain tetap bisa melanjutkan gilirannya. Pemain bebas memilih biji dari lubang kecil di hadapannya seperti saat pertama kali bergerak.
  8. Jika biji terakhir jatuh di lubang kecil yang kosong di daerah lawan, gilirannya berakhir dan lawan gantian bergerak.
  9. Jika biji terakhir jatuh di lubang kecil miliknya yang kosong, pemain berhak mengambil seluruh isi biji lawan di hadapannya. Seluruh bijinya dari lubang tersebut dimasukkan ke dalam lubang besar miliknya. Di beberapa daerah, momen ini disebut "nembak". Setelah itu, gilirannya terhenti dan gantian lawan yang berhak untuk jalan selanjutnya.
  10. Permainan berakhir ketika semua biji di lubang kecil sudah habis dan berada di lubang besar. Pemain yang berhasil mengumpulkan lebih banyak biji di lubang besarnya adalah pemenangnya.

Baca juga rekomendasi mainan anak lainnya di sini

Kesimpulan

Meskipun terkesan jadul, permainan congklak bisa bermanfaat untuk perkembangan kognitif dan sosial anak-anak. Selain melestarikan permainan tradisional, congklak juga bisa membuat anak Anda tidak selalu terpaku pada gadget. Harganya pun tergolong ekonomis sehingga bisa dimainkan semua kalangan.


Dalam memilih papan congklak, pertimbangkan bahan yang Anda pilih dan kelengkapannya. Pilih congklak berbahan kayu agar lebih awet atau congklak berbahan plastik jika mengutamakan sisi ekonominya.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer