• 10 Rekomendasi Jas Hujan Ponco Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Jas Hujan Ponco Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Jas Hujan Ponco Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Jas Hujan Ponco Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Jas Hujan Ponco Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Jas Hujan Ponco Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Ponco adalah model jas hujan berbentuk terusan yang memiliki potongan lebar dan besar dengan lubang di bagian tengahnya. Tidak sedikit orang yang ragu memilih model jas hujan ini karena dianggap tidak mampu melindungi tubuh dengan optimal. Kini, desain jas hujan ponco sudah bervariasi dengan berbagai kelebihan.


Banyak merek jas hujan ponco yang bagus di pasaran, seperti merek Penguin, Tiger Head, dan Elmondo. Jika Anda berencana membeli jas hujan ponco, kami sarankan untuk menyimak artikel ini. Kami akan mengulas jas hujan ponco terbaik yang aman dan nyaman digunakan. Yuk, langsung disimak!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 26 November 2022
Daftar isi

Apakah ponco dan jas hujan sama?

Apakah ponco dan jas hujan sama?

Jas hujan merupakan jubah tahan air yang berfungsi untuk meminimalkan jumlah air yang mengenai tubuh dan pakaian saat hujan. Jas hujan memiliki beberapa jenis atau model yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan.


Saat ini ada tiga jenis atau model jas hujan yang banyak ditemukan di pasaran. Ketiga jenis atau model jas hujan tersebut adalah jas hujan ponco, jas hujan overcoat, dan jas hujan rok atau gamis. Jadi, jas hujan ponco atau dikenal sebagai ponco merupakan salah satu model jas hujan yang memiliki bentuk paling sederhana


Meskipun begitu, jas hujan ponco memiliki lebih banyak kegunaan dibandingkan model lain. Modelnya yang lebar dapat Anda gunakan sebagai matras ataupun bivak. Saat ini jas hujan ponco memiliki desain yang beragam menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Cara memilih jas hujan ponco

Sebelum membeli jas hujan ponco, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Hal-hal yang perlu Anda perhatikan adalah bahan dari jas hujan, model, dan fungsi tambahan.

Perhatikan bahan jas hujan yang digunakan

Pertama-tama, Anda perlu memperhatikan bahannya terlebih dahulu. Pastikan bahannya kuat, antiair, tahan lama, dan berkualitas. Dewasa ini, bahan yang digunakan untuk membuat jas hujan sangat banyak ragamnya. Berikut ini beberapa jenis bahan yang perlu Anda ketahui.

Plastik, harganya ekonomis dan cocok untuk kondisi darurat

Plastik, harganya ekonomis dan cocok untuk kondisi darurat

Jas hujan plastik memiliki karakteristik tipis dan ringan, serta ekonomis. Mudah ditemui di toko-toko pinggir jalan, jas hujan plastik ideal untuk dipakai di kondisi darurat. Sayangnya, plastik kurang mampu menghalau air hujan dengan baik. Jika terkena angin kencang, ia juga mudah robek.


Biasanya, jas hujan plastik hanya direkomendasikan untuk sekali pakai saja. Meskipun demikian, beberapa tipe plastik yang lebih tebal bisa dipakai lebih dari sekali.

PVC, berbobot ringan dan lentur

PVC, berbobot ringan dan lentur

Bahan jas hujan lain yang banyak ditemui adalah PVC (polyvinyl chloride). PVC memiliki bobot yang ringan dan lentur sehingga tidak mengganggu mobilitas Anda. Hal ini karena PVC sendiri terbuat dari plastik, tetapi lebih tebal.


Jas hujan PVC juga memiliki ketahanan terhadap air yang cukup baik. Namun, kelenturan jas hujan PVC tidak bertahan lama sehingga Anda mungkin harus berganti setelah menggunakannya selama beberapa waktu.

Taslan, cepat kering dan antijamur

Taslan, cepat kering dan antijamur

Bahan berikutnya yang sering digunakan untuk membuat jas hujan adalah taslan. Bahan ini terbentuk dari jalinan serat polyester yang diproduksi menggunakan nanoteknologi. Jas hujan dengan bahan taslan memiliki sifat yang elastis, cepat kering, dan antijamur. Cara membersihkannya pun mudah, cukup dilap menggunakan kain yang lembap. Selain itu, taslan memiliki sifat antiair yang tinggi sehingga air hanya akan melewati bahan tanpa terserap

Polyester, jas hujan lebih nyaman saat digunakan

Polyester, jas hujan lebih nyaman saat digunakan

Bahan polyester biasanya digunakan untuk melapisi bagian dalam jas hujan. Hal ini bertujuan untuk menambah kenyamanan jas hujan saat digunakan. Namun, ada juga bahan polyester oil coating yang digunakan sebagai bahan utama dari jas hujan. Polyester oil coating merupakan kain dengan bahan polyester yang dilapisi dengan bahan waterproof sejenis karet sehingga tahan air.

Karet, ketahanan air paling tinggi

Karet, ketahanan air paling tinggi

Bahan terakhir yang biasa digunakan untuk jas hujan adalah bahan karet. Bahan karet sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu bahan semikaret dan full karet. Berikut perbedaan kedua jenis bahan karet ini:


  • Semikaret memiliki ketahanan sedikit di atas PVC. Memiliki sifat yang lemas dan tidak terlalu tebal, bahan ini mudah untuk dibawa dan disimpan dalam bagasi motor. Namun, makin lama bahan ini digunakan, kelenturannya akan makin hilang dan menjadi lebih mudah robek.
  • Full karet merupakan bahan jas hujan dengan ketahanan air yang paling tinggi. Bahannya yang tebal membuat bahan ini tidak mudah robek. Namun, karena ketebalan bahannya, jas hujan full karet akan terasa panas saat digunakan.

Temukan produk yang dapat melindungi tubuh dengan optimal

Tidak hanya berbentuk seperti sayap kelelawar, kini jas hujan ponco memiliki desain yang bervariasi. Pilihlah jas hujan yang mampu melindungi tubuh Anda dengan optimal. Berikut ini inovasi desain jas hujan ponco yang sebaiknya Anda pilih.

Dilengkapi lengan dan celana, untuk perlindungan yang optimal

Dilengkapi lengan dan celana, untuk perlindungan yang optimal

Jas hujan ponco umumnya didesain lebar dengan bagian bawah tak sampai menutupi mata kaki. Jika Anda tidak ingin tubuh bagian bawah Anda basah, kami sarankan untuk memilih jas hujan ponco yang dilengkapi celana. Panjang celananya mencapai mata kaki sehingga dapat mencegah celana basah oleh air hujan.


Selain itu, agar bagian tubuh atas terlindungi dengan optimal, Anda bisa memilih jas hujan ponco yang dilengkapi lengan. Panjang lengan ini menutupi hingga pergelangan tangan. Adanya lengan ini membuat bagian ketiak dan lengan terlindungi dengan baik serta membuat gerak Anda lebih leluasa.

Berbahan tebal, agar awet dan tidak mudah rusak

Berbahan tebal, agar awet dan tidak mudah rusak

Anda tentu kesal jika jas hujan yang Anda beli mudah sobek, bukan? Maka dari itu, pilih jas hujan yang tebal. Selain mampu menghalau air hujan dengan baik, jas hujan tebal tentu lebih awet dan tidak mudah rusak. Sebaiknya Anda memilih jas hujan tebal dari bahan parasut atau PVC. Anda juga bisa membaca review pembeli jika ingin mengetahui kualitas produk.

Tahan air, supaya tetap aman saat hujan lebat

Tahan air, supaya tetap aman saat hujan lebat

Sesuai dengan namanya, jas hujan berfungsi melindungi tubuh dan pakaian dari air hujan. Namun tahukah Anda jas hujan memiliki tingkat ketahanan air yang berbeda? Begitu pula dengan jas hujan ponco. Jadi, ada baiknya Anda cek terlebih dahulu tingkat ketahanan air dari produk yang ingin Anda beli. Tingkatan tersebut dimulai dari water resistant, water repellent dan waterproof.


  • Water resistant
Water resistant merupakan tingkatan tahan air yang paling rendah. Istilah ini merujuk pada kemampuan bahan dalam menahan air supaya tidak merembes ke dalam. Namun, bahan dengan klaim water resistant tidak sepenuhnya dapat menahan air. Makin tinggi resistensi dari bahan ponco, makin rendah kemungkinan air merembes ke dalamnya. Jas hujan dari bahan plastik biasanya memiliki sifat ini

  • Water repellent
Istilah water repellent merujuk pada kemampuan bahan untuk menolak air. Air yang mengenai bahan ini hanya akan lewat tanpa ada rembesan ke bagian dalam. Water repellent sendiri memiliki tingkat ketahanan terhadap air yang lebih tinggi dibandingkan water resistant. Sifat water repellent bisa didapatkan dari jas hujan dengan bahan taslan atau PVC.

  • Waterproof
Waterproof merupakan tingkatan paling tinggi dari klaim tahan air. Artinya, material waterproof sepenuhnya tidak tembus air. Tingkatan inilah yang paling mendekati makna tahan air itu sendiri. Jas hujan yang dibuat dengan bahan full karet dan polyester biasanya memiliki sifat waterproof.

Pastikan ukurannya sesuai dengan Anda

Pastikan ukurannya sesuai dengan Anda

Poin penting berikutnya yang tidak boleh Anda lupakan adalah kesesuaian ukuran jas hujan dengan tubuh Anda. Jika terlalu besar, dikhawatirkan jas hujan dapat masuk ke dalam jeruji motor hingga membahayakan Anda. Di sisi lain, jika terlalu kecil, tentu Anda tidak terlindungi dengan maksimal dari hujan.


Jas hujan ponco umumnya dijual dalam ukuran all size untuk orang dewasa. Meski tertulis all size, biasanya tiap produk memiliki ukuran panjang dan lebar yang berbeda. Jadi, baca keterangan ukuran lebih detail jika Anda membelinya secara online. Anda juga akan menemukan produk yang dijual dengan ukuran yang lebih pas mulai ukuran S, M, L, dan seterusnya.

Periksa jumlah lubang kepala yang ada

Periksa jumlah lubang kepala yang ada

Tidak seperti jas hujan model setelan, jas hujan ponco bisa dipakai untuk dua orang, lho. Banyak jas hujan ponco yang didesain dengan dua lubang kepala. Ini merupakan salah satu kelebihan yang tidak dimiliki jas hujan model lain.


Jika jas hujan hendak dipakai untuk dua orang berkendara motor, pilih produk dengan dua lubang kepala. Anda jadi tidak memerlukan dua jas hujan terpisah. Namun, jika dipakai untuk Anda seorang diri, jas hujan dengan satu lubang kepala cocok dipilih. 

10 Rekomendasi jas hujan ponco terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk jas hujan ponco terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. 


Update 7 November 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Jas Hujan LPDE Ponco masih memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Penguin's Jas Hujan Ponco Lengan muncul sebagai produk terlaris kedua.

Gambar produk
1
Zen Jas Hujan LPDE Ponco 1

Zen

2
Penguin's Jas Hujan Ponco Lengan 1

Penguin's

3
OMG Jasa Hujan Poncho Lengan Celana 1

OMG

4
Elmondo Jas Hujan Ponco Lengan 2in1 Funtastic 1

Elmondo

5
Jas Hujan ponco 2 Kepala Bonceng Full Body 1

6
The North Face Ponco 3 in 1 1

The North Face

7
Elephant Ponco Lengan Celana Varia 1

Elephant

8
Dolphin Blue Poncho 2 in 1 New Vega 1

Dolphin Blue

9
Jack Wolfskin Raincoat Kelelawar Lengan Jas Hujan Ponco Tangan 1

Jack Wolfskin

10
Tiger Head Jas Hujan Ponco Tangan Gemini 1

Tiger Head

Nama produk

Jas Hujan LPDE Ponco

Jas Hujan Ponco Lengan

Jasa Hujan Poncho Lengan Celana

Jas Hujan Ponco Lengan 2in1 Funtastic

Jas Hujan ponco 2 Kepala Bonceng Full Body

Ponco 3 in 1

Ponco Lengan Celana Varia

Poncho 2 in 1 New Vega

Raincoat Kelelawar Lengan Jas Hujan Ponco Tangan

Jas Hujan Ponco Tangan Gemini

Keunggulan

Jas hujan plastik yang murah, tetapi tidak murahan

Dibuat dengan teknologi hot press, lebih rapi dan kuat

Bahan elastis, tidak akan terasa sempit bagi yang berbadan besar

Tak perlu khawatir kehujanan saat berboncengan dengan anak Anda

Melindungi tubuh sekaligus motor saat hujan turun

Ponco 3-in-1, teman untuk mendaki gunung

Bahannya tebal, dijamin tidak mudah robek

Garis scotlet yang mengurangi risiko kecelakaan

Lebih leluasa bergerak saat hujan dengan model kelelawar

Tampil berwarna saat hujan turun, why not?

Harga mulai dariRp 3.450,00Rp 120.000,00Rp 80.000,00Rp 65.538,00Rp 89.499,00Rp 120.000,00Rp 85.000,00Rp 35.900,00Rp 110.000,00Rp 82.900,00
UkuranPlastik HDPEPVCPVCSemi karetOxford, latexPolyester 210TTidak ada keteranganPVCDespo/taslanPVC
Lengan×××
Celana×××××××
UkuranAll sizeAll sizeAll sizeAll sizeTidak disebutkan150 cm x 230 cmAll size dewasaAll sizeAll sizeAll size (Lingkar dada: 128 cm・Panjang badan: 102 cm・Panjang tangan: 23 cm)
Jumlah lubang kepala1112211211
Tautan produk
10

Tiger HeadJas Hujan Ponco Tangan Gemini

68216

Mulai dari Rp 82.900,00

UkuranPVC
Lengan
Celana×
UkuranAll size (Lingkar dada: 128 cm・Panjang badan: 102 cm・Panjang tangan: 23 cm)
Jumlah lubang kepala1
9

Jack WolfskinRaincoat Kelelawar Lengan Jas Hujan Ponco Tangan

Mulai dari Rp 110.000,00

UkuranDespo/taslan
Lengan
Celana
UkuranAll size
Jumlah lubang kepala1
8

Dolphin BluePoncho 2 in 1 New Vega

Mulai dari Rp 35.900,00

UkuranPVC
Lengan×
Celana×
UkuranAll size
Jumlah lubang kepala2
7

ElephantPonco Lengan Celana Varia

Mulai dari Rp 85.000,00

UkuranTidak ada keterangan
Lengan
Celana
UkuranAll size dewasa
Jumlah lubang kepala1
6
UkuranPolyester 210T
Lengan×
Celana×
Ukuran150 cm x 230 cm
Jumlah lubang kepala1
5

Jas Hujan ponco 2 Kepala Bonceng Full Body

Mulai dari Rp 89.499,00

UkuranOxford, latex
Lengan×
Celana×
UkuranTidak disebutkan
Jumlah lubang kepala2
4

ElmondoJas Hujan Ponco Lengan 2in1 Funtastic

708

Mulai dari Rp 65.538,00

UkuranSemi karet
Lengan
Celana×
UkuranAll size
Jumlah lubang kepala2
3

OMGJasa Hujan Poncho Lengan Celana

Mulai dari Rp 80.000,00

UkuranPVC
Lengan
Celana
UkuranAll size
Jumlah lubang kepala1
2

Penguin'sJas Hujan Ponco Lengan

LGX-777

Mulai dari Rp 120.000,00

UkuranPVC
Lengan
Celana×
UkuranAll size
Jumlah lubang kepala1
1
UkuranPlastik HDPE
Lengan
Celana×
UkuranAll size
Jumlah lubang kepala1

Baca juga rekomendasi jas hujan lainnya di sini

Selain model ponco, ada juga beberapa produk jas hujan model lain yang mungkin Anda butuhkan. Kami sudah menyiapkan artikel yang mengulas mengenai jas hujan terbaik, seperti jas hujan setelan, jas hujan anak, dan lainnya. Silakan simak artikelnya melalui link di bawah ini.

Kesimpulan

Jas hujan ponco berfungsi melindungi tubuh dari terpaan air hujan. Beberapa jas hujan ponco tidak hanya memberikan perlindungan, tetapi juga kenyamanan. Bahan yang digunakan serta kelebihan seperti adanya celana dan lengan merupakan hal yang harus Anda perhatikan.


Manfaat dari penggunaan jas hujan ponco akan didapatkan secara maksimal jika produk yang dipilih sesuai dengan kebutuhan. Dari sepuluh rekomendasi produk di atas, sudahkah Anda menemukan satu yang cocok dengan kebutuhan Anda?

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sedia payung sebelum hujan, begitulah kata pepatah. Namun, bagaimana jika Anda mengendarai motor atau sepeda? Mantel atau jas hujan tentu menjadi barang yang lebih tepat untuk dipakai. Baik model ponco maupun setelan, jas hujan dianggap lebih mampu menghalau air hujan dan mencegah pakaian agar tak basah. Ada berbagai macam merek jas hujan yang bagus, seperti Respiro, Axio, hingga EIGER. Kali ini, kami akan memberikan review produk jas hujan terbaik yang hadir dalam berbagai harga. Sebelum itu, kami akan menjelaskan juga cara memilihnya. Simak hingga tuntas, ya!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Teleskop Bintang Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023)
    10 Teleskop Bintang Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023)
    Konstelasi bintang dan benda-benda langit memiliki pesona tersendiri untuk diamati. Sayangnya, jangkauan mata manusia terbatas sehingga tidak bisa melihat gugusan bintang dengan jelas. Karena itu, dibutuhkan teleskop atau teropong bintang agar Anda dapat menikmati keindahan langit.Ada banyak merek teleskop yang tersedia, seperti Celestron, Xiaomi, dan Meade. Tiap-tiap merek memiliki karakteristik dan keunggulan berbeda. Kali ini kami akan mengulas cara memilih teleskop bintang yang bagus untuk pemula dan profesional. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Bacalah dengan saksama dan temukan teleskop bintang terbaik untuk Anda.
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Walkie Talkie/Handy Talky (HT) Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Walkie Talkie/Handy Talky (HT) Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    Walkie talkie dan handy talky sering digunakan sebagai alat komunikasi dalam sejumlah kegiatan. Kedua alat komunikasi ini dijadikan pilihan karena mudah digunakan. Selain itu, walkie talkie dan handy talky dapat dioperasikan tanpa pulsa dan internet sehingga lebih hemat biaya operasional.Anda akan menemukan berbagai merek walkie talkie dan handy talky yang bagus, seperti Motorola, Xiaomi, dan Baofeng. Agar tidak kebingungan saat memilih, kami akan memberikan tips memilih walkie talkie dan handy talky. Kami juga memberikan rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus.
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Down Jacket Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Down Jacket Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda berencana hiking atau pergi ke luar negeri saat musim salju? Jika ya, Anda akan membutuhkan down jacket atau jaket bulu angsa yang sesuai. Namun, ada banyak down jacket atau jaket bulu angsa terbaik yang dijual di pasaran. Ada down jacket merek Columbia, Naturehike, dan Decathlon. Agar Anda tidak bingung, kami akan memperkenalkan berbagai down jacket yang bagus untuk pria. Selain itu, kami juga akan memberitahukan hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan down jacket terbaik untuk pria. Jadi, simaklah artikelnya dengan saksama, ya!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Kacamata Anti UV Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
    10 Rekomendasi Kacamata Anti UV Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
    Salah satu cara melindungi mata saat beraktivitas di luar ruangan adalah dengan menggunakan kacamata anti UV. Namun, banyak orang kebingungan saat mencari kacamata yang efektif mengingat adanya berbagai standar dan perbedaan dalam spesifikasi lensa.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih kacamata anti UV agar Anda dapat menemukan produk yang bagus sesuai kebutuhan. Kami juga akan merekomendasikan produk-produk dari berbagai merek, seperti RockBros, GREY JACK, dan Bitzen. Mari kenakan kacamata yang tepat dan lindungi mata Anda dari radiasi UV!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Fire Starter Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Fire Starter Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Fire starter merupakan teman yang sangat bisa diandalkan saat melakukan kegiatan outdoor. Dengan fire starter, Anda bisa menyalakan api di segala kondisi untuk berbagai kebutuhan. Karena kemudahan penggunaannya, fire starter cukup populer di kalangan penggemar camping.Umumnya, fire starter terbuat dari bahan magnesium dan ferrocerium. Namun, bentuk dan ukurannya beragam sehingga Anda mungkin akan kesulitan menentukan produk yang ingin dibeli. Kali ini kami akan membagikan tips memilih fire starter dan merekomendasikan beberapa produk terbaiknya. Fire starter merek Coghlan's, Survive, Morakniv, dan sebagainya akan Anda temukan. Selamat membaca!
    Perlengkapan outdoor
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori