1. TOP
  2. >
  3. Hobi
  4. >
  5. Film
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Film Terbaik tentang Luar Angkasa (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Film Terbaik tentang Luar Angkasa (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Film Terbaik tentang Luar Angkasa (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Film Terbaik tentang Luar Angkasa (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Film Terbaik tentang Luar Angkasa (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Film Terbaik tentang Luar Angkasa (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Film Terbaik tentang Luar Angkasa (Terbaru Tahun 2023)

Banyak film luar angkasa yang menampilkan visual memukau. Film ini tak jarang memanjakan mata Anda. Namun, filmnya sebenarnya tidak sekadar mengandalkan efek visual. Film bertema angkasa luar dengan cerita yang bagus juga tidak sedikit, lho.


Kali ini kami akan membagikan cara memilih film terbaik tentang luar angkasa. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi filmnya yang bisa Anda simak di Disney+ Hotstar, Netflix, dan Vidio. Ada yang menegangkan seperti Ad Astra (2019), ada juga yang seru seperti Space Sweepers (2021). Setiap filmnya pun sudah kami ulas untuk Anda. Yuk, dibaca sampai tuntas!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Cara memilih film tentang luar angkasa

Meskipun sama-sama bertema angkasa luar, tiap film mempunyai daya tarik tersendiri. Hal tersebut bisa dipengaruhi genre, cast, hingga prestasinya di ajang Academy Awards. Kami akan menjelaskan poinnya satu per satu untuk Anda. Disimak baik-baik, ya.

① Sesuaikan kombinasi genrenya dengan selera Anda

Film luar angkasa umumnya bergenre science fiction. Filmnya memang tidak bisa lepas dari unsur fiksi ilmiah. Namun, filmnya juga diberikan genre lain yang akan menentukan keseluruhan nuansanya. Nah, pilih saja yang kombinasi genrenya sesuai selera Anda.

Action dan adventure: Mudah dinikmati tanpa perlu berpikir keras

Action dan adventure: Mudah dinikmati tanpa perlu berpikir keras

Film luar angkasa yang bergenre action dan adventure akan menghadirkan petualangan seru untuk Anda. Filmnya cocok untuk Anda yang ingin mengisi waktu luang dengan film-film ringan. Biasanya, cerita dari film bergenre ini tidak akan membuat Anda pusing.


Star Wars saga dan Star Trek saga adalah contoh film luar angkasa yang menyajikan petualangan penuh aksi. Jika Anda menyukai unsur penjelajahan angkasa luarnya saja, 2001: A Space Odyssey (1968) dan The Martian (2015) bisa dipilih.


Film bertema angkasa luar yang bergenre ini biasanya lekat dengan satu genre lain yaitu fantasy. Film dengan kombinasi genre tersebut akan mengajak Anda bertualang di dunia yang sepenuhnya fiksi. Filmnya mungkin menampilkan planet atau makhluk asing.

Drama dan thriller: Penuh situasi menegangkan

Drama dan thriller: Penuh situasi menegangkan
Sumber: netflix.com

Anda mencari film luar angkasa yang ketegangannya dibangun dari dialog dan suasana? Pilihlah yang bergenre drama dan thriller. Jika film berlatar bumi saja sudah bisa menegangkan, bagaimana yang berlatar angkasa luar yang penuh misteri, bukan?


Film dengan genre ini mungkin kurang cocok untuk Anda yang mencari petualangan seru. Filmnya bisa saja hanya menampilkan satu set dengan banyak dialog. Film luar angkasa bergenre ini tak jarang menitikberatkan pada cerita sebagai daya tarik utama.


Salah satu film terbaik tentang luar angkasa yang bergenre drama dan thriller adalah Gravity (2013). Jika Anda menyukai unsur dramanya saja, pilihlah Interstellar (2014) dan Moon (2009). Sebaliknya, Sunshine (2007) cocok bagi Anda yang mengutamakan unsur ketegangan.


Tidak menutup kemungkinan Anda akan menemukan film genre ini yang juga dikombinasikan dengan genre action atau adventure. Filmnya menghadirkan porsi seimbang antara petualangan dengan cerita berbobot.

② Pilih yang melibatkan bintang film favorit Anda

Pilih yang melibatkan bintang film favorit Anda
Sumber: hotstar.com

Aktor dan aktris Hollywood kelas A bisa menjadi daya pikat tersendiri untuk film yang dibintanginya. Bintang tersebut tentu memiliki basis penggemar yang besar, bahkan mungkin Anda adalah salah satunya. Mereka juga tak jarang tampil dalam film bertema antariksa.


Beberapa di antaranya cukup sering tampil di film dengan set angkasa luar. Anda tentu tidak asing dengan nama-nama seperti Matt Damon, Zoe Saldana, dan Chris Pratt. Barangkali Anda merupakan penggemar salah satu bintang tersebut?


Matt Damon adalah aktor yang tidak asing dengan penghargaan di bidang film. Ia selalu menyajikan penampilan yang memukau dalam filmnya. Selain itu, ia cukup selektif dalam membintangi film sehingga rata-rata karyanya berkualitas. Menonton filmnya tidak akan membuat waktu Anda berlalu sia-sia.


Sementara itu, Zoe Saldana dan Chris Pratt biasanya membintangi film yang ringan. Keduanya bisa disebut sebagai spesialis film blockbuster. Tak heran bila dua bintang Hollywood ini pernah bekerja sama lewat Guardians of the Galaxy. Keduanya sanggup memberikan sentuhan komedi dalam berbagai level, terlepas dari genre filmnya.

③ Mau yang visualnya memukau? Cek prestasinya pada ajang Academy Awards

Mau yang visualnya memukau? Cek prestasinya pada ajang Academy Awards

Ajang Academy Awards tidak jarang menjadi patokan film yang berkualitas. Film bertema luar angkasa umumnya lekat dengan penghargaan di bidang audio visual karena menggunakan banyak efek komputer. Nah, bila Anda ingin menonton film yang visualnya dijamin memukau, pilihlah yang berprestasi di ajang ini. 


Anda tidak harus memilih film yang memenangkan penghargaannya. Film-film yang sukses masuk daftar nominasi sudah cukup membuktikan kualitasnya. Beberapa kategori yang identik dengan film luar angkasa adalah Best Sound Mixing dan Best Visual Effects.


Film yang dinominasikan dalam kategori tersebut tentu memanjakan indra pendengaran dan penglihatan Anda. Pasti akan terasa seru sekali jika Anda menikmatinya pada layar televisi berukuran besar atau home theatre.

10 Rekomendasi film terbaik tentang luar angkasa

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh film terbaik tentang luar angkasa yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review penonton. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di IMDb.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Scott Free Productions, Kinberg Genre, TSG Entertainment

The Martian

Scott Free Productions, Kinberg Genre, TSG Entertainment The Martian 1枚目

Film luar angkasa yang banjir nominasi Oscar

2

Marvel Studios

Guardians of the Galaxy

Marvel Studios Guardians of the Galaxy 1枚目

Menyelamatkan galaksi dengan aksi-aksi yang kocak

3

Spyglass Entertainment, Bad Robot Productions

Star Trek

Spyglass Entertainment, Bad Robot Productions Star Trek 1枚目

Tidak hanya mengandalkan CGI saja

4

Lucasfilm Ltd.

Rogue One: A Star Wars Story

Lucasfilm Ltd. Rogue One: A Star Wars Story 1枚目

Pertarungannya akan memanjakan mata Anda

5

Walt Disney Pictures, Walt Disney Feature Animation

Treasure Planet

Walt Disney Pictures, Walt Disney Feature Animation Treasure Planet 1枚目

Film animasi berkualitas yang bisa dinikmati keluarga

6

Columbia Pictures, LStar Capital, Village Roadshow Pictures, Wanda Pictures, Original Film, Company Films, Start Motion Pictures

Passengers

Columbia Pictures, LStar Capital, Village Roadshow Pictures, Wanda Pictures, Original Film, Company Films, Start Motion Pictures Passengers 1枚目

Kisah romansa yang tidak biasa

7

Bidangil Pictures, Dexter Studios

Space Sweepers

Bidangil Pictures, Dexter Studios Space Sweepers 1枚目

Film blockbuster Korea dengan jajaran cast bergengsi

8

Summit Entertainment, OddLot Entertainment, Chartoff Productions, Taleswapper, K/O Paper Products, Digital Domain, Sierra/Affinity

Ender's Game

Summit Entertainment, OddLot Entertainment, Chartoff Productions, Taleswapper, K/O Paper Products, Digital Domain, Sierra/Affinity Ender's Game 1枚目

Menyimulasikan pertarungan di angkasa luar yang hampa udara

9

TriStar Pictures, Media Rights Capital, QED International, Alphacore, Kinberg Genre

Elysium

TriStar Pictures, Media Rights Capital, QED International, Alphacore, Kinberg Genre Elysium 1枚目

Isu sosial di angkasa luar

10

Regency Enterprises, Bona Film Group, New Regency, Plan B Entertainment, Keep Your Head Productions, RT Features, MadRiver Pictures, TSG Entertainment

Ad Astra

Regency Enterprises, Bona Film Group, New Regency, Plan B Entertainment, Keep Your Head Productions, RT Features, MadRiver Pictures, TSG Entertainment Ad Astra 1枚目

Menyajikan petualangan mendebarkan tanpa mengorbankan kualitas ceritanya

Perincian produk
Close
No.1

Scott Free Productions, Kinberg Genre, TSG EntertainmentThe Martian

Film luar angkasa yang banjir nominasi Oscar

Jika Anda ingin menonton film luar angkasa yang berkualitas dari segala sisi, film ini adalah jawabannya. The Martian mendapat beragam nominasi Oscar. Selain audio dan visual, film ini dinominasikan dalam kategori Best Picture dan Best Actor untuk Matt Damon. Tak hanya efek visualnya yang menarik, penampilan aktornya pun luar biasa.


The Martian mengisahkan seorang astronaut yang terjebak di Mars. Ia ditinggalkan kru lainnya karena diprediksi sudah meninggal setelah terjadi badai debu. Satu-satunya kesempatan untuk pulang adalah menunggu misi ke Mars selanjutnya. Anda akan disajikan perjuangan sang astronaut untuk bertahan hidup di planet asing.

No.2

Marvel StudiosGuardians of the Galaxy

Menyelamatkan galaksi dengan aksi-aksi yang kocak

Tidak hanya perlu dijelajahi, galaksi juga perlu dilindungi. Itulah premis dari film ini. Sekelompok pecundang yang gagal pada misinya masing-masing mulai bekerja sama untuk menyelamatkan galaksi dari kehancuran. Namun, sebenarnya motivasi awal mereka hanya untuk keuntungan pribadi. Dari plotnya saja sudah tergambar betapa kocaknya film ini.


Guardians of the Galaxy adalah salah satu film superhero Marvel yang bertema antariksa. Pertarungannya tidak berlangsung di planet alien saja, tetapi juga di angkasa luar. Secara keseluruhan, film ini mudah diikuti, serta tidak ada plot yang rumit. Bila Anda mencari feel-good movie bertema angkasa luar, film ini bisa dipilih.

No.3

Spyglass Entertainment, Bad Robot ProductionsStar Trek

Tidak hanya mengandalkan CGI saja

Anda menggemari serial televisi Star Trek? Kalau begitu, jangan sampai melewatkan yang satu ini. Film ini adalah reboot dari Star Trek, tetapi dalam versi film. Karakter-karakter yang ditampilkan pun disamakan dengan yang ada di serial orisinalnya. Salah satu pemeran pada serial aslinya bahkan tampil sebagai kameo di film ini!


Star Trek diterima dengan baik secara umum. Film ini juga sukses mengundang banyak fans dari generasi baru untuk franchise-nya. Versi barunya ini tentu memiliki efek visual yang lebih modern. Film ini memenangkan penghargaan Oscar kategori Best Makeup, lho! Para makhluk asing dalam film ini bisa tampil meyakinkan tanpa CGI.

No.4

Lucasfilm Ltd.Rogue One: A Star Wars Story

Pertarungannya akan memanjakan mata Anda

Waralaba Star Wars sudah mempersembahkan banyak sekali film. Anda yang belum pernah mengikutinya mungkin bingung harus mulai dari mana. Nah, bagi Anda yang ingin mencoba franchise-nya, Rogue One: A Star Wars Story bisa dipilih. Film ini menampilkan karakter baru. Ceritanya pun tidak berkelanjutan.


Sama seperti film Star Wars lainnya, film ini juga bertema angkasa luar. Dikisahkan sekelompok pemberontak berusaha menghancurkan senjata raksasa dalam bentuk planet bernama Death Star. Pilih film ini bila Anda ingin menikmati film luar angkasa yang memanjakan mata. Film ini meraih nominasi Oscar pada kategori Best Sound Mixing dan Best Visual Effects.

No.5

Walt Disney Pictures, Walt Disney Feature AnimationTreasure Planet

Film animasi berkualitas yang bisa dinikmati keluarga

Film luar angkasa tidak hanya bisa dinikmati remaja dan orang dewasa, lho! Anak-anak juga bisa menikmatinya dengan menonton film animasi dari Disney ini. Treasure Planet dapat dipilih bila Anda ingin menonton film bertema luar angkasa bersama anak yang masih kecil. Film ini memiliki kategori usia Semua Umur sehingga aman ditonton anak-anak.


Dapat dikatakan Treasure Planet gagal di box office. Namun, film ini mendapat respons positif dari kritikus, serta nominasi Best Animated Feature pada 75th Academy Awards. Jadi, film ini juga akan sanggup menghibur orang dewasa yang belum pernah menontonnya.

No.6

Columbia Pictures, LStar Capital, Village Roadshow Pictures, Wanda Pictures, Original Film, Company Films, Start Motion PicturesPassengers

Kisah romansa yang tidak biasa

Film yang menghadirkan kisah romantis tentu berlimpah. Mungkin Anda sendiri sudah banyak menyaksikan judulnya. Namun, bagaimana dengan drama percintaan di angkasa luar seperti yang ditampilkan film ini? Passengers pastinya menyuguhkan romansa berbeda dari film drama romantis yang stereotip.


Jim Preston (Chris Pratt) dan Aurora Land (Jennifer Lawrence) menjadi satu-satunya penumpang sleeper ship yang terbangun lebih awal. Bayangkan saja hidup berdua tanpa insan lain di antariksa. Film ini akan mengaduk-aduk emosi Anda. Passengers kami rekomendasikan bila Anda mencari romance yang berbeda. Film ini juga akan membuat jantung Anda berdebar dengan segala konfliknya yang menegangkan.

No.7

Bidangil Pictures, Dexter StudiosSpace Sweepers

Film blockbuster Korea dengan jajaran cast bergengsi

Anda yang menikmati film-film Korea tidak boleh melewatkan film ini begitu saja. Pasalnya, Space Sweepers menghadirkan nuansa yang berbeda dari film-film yang telah Anda saksikan sebelumnya. Film yang tayang eksklusif di Netflix ini dianggap sebagai film blockbuster pertama produksi Korea yang menggunakan latar antariksa.


Jajaran cast-nya pun tidak main-main. Ada Song Joong-ki dan Kim Tae-ri yang sudah sangat populer lewat sederet CV-nya. Dalam film ini, mereka berperan sebagai space sweepers, pemulung sampah-sampah antariksa untuk dijual kembali. Semuanya berjalan seperti biasa sampai suatu saat seorang anak mengubah haluan mereka di angkasa luar.

No.8

Summit Entertainment, OddLot Entertainment, Chartoff Productions, Taleswapper, K/O Paper Products, Digital Domain, Sierra/AffinityEnder's Game

Menyimulasikan pertarungan di angkasa luar yang hampa udara

Bagaimana bila suatu saat nanti manusia harus melawan alien di angkasa luar? Film ini menyimulasikan kejadian tersebut untuk Anda. Ender's Game menceritakan usaha manusia untuk membumihanguskan ras alien demi melindungi bumi dan isinya. Sekelompok anak bertalenta dikirim ke stasiun ruang angkasa dalam rangka menjalani pelatihan untuk memimpin serangan berikutnya.


Tidak hanya bentrok di antara pesawat tempur saja, film ini juga menyimulasikan pertarungan tanpa gravitasi. Pertarungannya pun dilakukan oleh anak-anak. Ender's Game memang menyimpan banyak kejutan untuk penontonnya. Apabila Anda menikmati film dengan plot twist dan twist ending, masukkanlah film ini dalam watchlist.

No.9

TriStar Pictures, Media Rights Capital, QED International, Alphacore, Kinberg GenreElysium

Isu sosial di angkasa luar

Neill Blomkamp adalah sutradara yang banyak mengangkat isu sosial dalam film arahannya, tidak terkecuali Elysium. Gayanya lugas dan tanpa kompromi dalam menampilkan adegan sadis. Oleh karena itu, film ini hanya cocok dinikmati oleh orang dewasa. Elysium tentu menjadi pilihan untuk para penggemar film Blomkamp. Film ini memiliki gaya yang mirip dengan filmnya yang lain yakni District 9 dan Chappie.


Pada abad ke-22, dikisahkan bumi sudah sangat terpolusi dan kelebihan populasi manusia. Alhasil, para orang kaya pindah ke koloni di angkasa luar yang seperti utopia. Sebaliknya, orang-orang miskin tidak memiliki fasilitas yang memadai di bumi.

No.10

Regency Enterprises, Bona Film Group, New Regency, Plan B Entertainment, Keep Your Head Productions, RT Features, MadRiver Pictures, TSG EntertainmentAd Astra

Menyajikan petualangan mendebarkan tanpa mengorbankan kualitas ceritanya

Ad Astra cocok untuk Anda yang mencari film luar angkasa yang menampilkan petualangan dan cerita berbobot. Tidak hanya itu, film ini juga menghadirkan ketegangan dan misteri. Unsur fiksi ilmiahnya pun menarik untuk ditelusuri. Film ini akan membuat Anda bertanya-tanya tentang peran dari keberadaan manusia dalam panggung alam semesta.


Menariknya, Ad Astra adalah film pertama Brad Pitt dengan set angkasa luar dalam 32 tahun kariernya sebagai aktor. Jika Anda menggemari aktor peraih Oscar tersebut, film ini tentu tidak bisa dilewatkan. Dirinya pun menyajikan penampilan yang memukau seperti di film-filmnya yang lain.

Baca juga rekomendasi film dan serial lainnya di sini

Masih banyak film lain yang bisa memanjakan mata Anda, lho. Yang menampilkan visual memukau lewat adegan aksi pun ada, seperti film action comedy dan action Korea. Mau menambah referensi Anda? Di bawah ini kami sudah menyiapkan rekomendasi filmnya. Ulasannya juga telah tersedia. Yuk, baca pembahasan selengkapnya pada link berikut!

Kesimpulan

Sudah menemukan film luar angkasa yang ingin segera Anda saksikan? Filmnya tidak hanya menampilkan unsur-unsur fiksi ilmiah. Sentuhan genre lain juga mampu menghadirkan nuansa tertentu untuk filmnya. Sesuaikan saja kombinasi genrenya dengan selera Anda.


Film ini juga tak jarang menampilkan bintang Hollywood kelas A, lho! Pilihlah yang melibatkan nama-nama favorit Anda. Mau yang visualnya memukau? Silakan cek prestasinya pada ajang Academy Awards. Film luar angkasa terbaik pastinya akan memukau Anda.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer