1. TOP
  2. >
  3. Makanan & minuman
  4. >
  5. Minuman instan
  6. >
  7. 10 Air Kelapa Kemasan Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Air Kelapa Kemasan Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Air Kelapa Kemasan Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Air Kelapa Kemasan Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Air Kelapa Kemasan Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Air Kelapa Kemasan Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Air Kelapa Kemasan Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023)

Banyak manfaat yang bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi air kelapa. Selain langsung diminum, air kelapa dapat digunakan untuk memasak. Namun, terkadang Anda tidak bisa mendapatkan air kelapa langsung dari buahnya. Jangan khawatir karena sekarang sudah banyak produk air kelapa dalam kemasan yang praktis.


Kali ini kami akan memberikan tips memilih air kelapa kemasan yang bagus. Tak lupa ada sepuluh rekomendasi merek air kelapa kemasan terbaik, seperti All Coco, Hydro Coco, KARA, Kokonat, dan Mayora Cool Time. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh home cook influencer kami, Mariska Tracy. Selamat membaca!

Diperbaharui 11-23-2022
Pakar
Home Cook, Influencer
Mariska Tracy

Mantan wartawan salah satu majalah remaja terbesar di Indonesia ini pernah menulis buku nonfiksi dan fiksi. Mariska juga pernah menjadi content writer di sebuah online travel agent. Setelah menikah, Mariska aktif memasak dan baking. Ia kerap berbagi resep masak dan baking di Instagram melalui foto dan video masak. Dari hobi tersebut, akhirnya Mariska aktif mengikuti aneka lomba fotografi makanan dan lomba memasak. Ia cukup sering pula meraih gelar juara. Mariska kemudian ikut MasterChef Indonesia dan berhasil menjadi finalis di MasterChef Indonesia season 7, hingga menduduki peringkat Top 10. Kini, Mariska aktif menjadi content creator di bidang memasak. Selain aktif berbagi resep, Mariska juga kerap me-review aneka jajanan, aneka produk memasak, cookware, dan aneka peralatan dapur.

Profil Mariska Tracy
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Dian WN

Dian WN adalah lulusan prodi Kriya Tekstil, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung. Ketertarikannya pada dunia seni, mode, dan kecantikan membuatnya menggeluti profesi fashion designer serta memiliki clothing brand Ettara. Selama tahun 2010–2014, Dian aktif mengikuti pagelaran busana dan kompetisi desainer muda. Sebagai pencinta sastra, Dian juga menekuni dunia literasi dan pernah dikontrak sebagai novelis oleh penerbit webnovel asal Korea Selatan. Berbekal pendidikan informal dan sertifikasi editor profesional dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP-PEP), saat ini Dian bekerja sebagai writerpreneur. Pada waktu luang, Dian yang juga seorang fitness enthusiast senang berburu kuliner dan tempat aesthetic untuk mencari inspirasi menulis.

Profil Dian WN
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Manfaat air kelapa

Manfaat air kelapa

Air kelapa memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, seperti elektrolit, karbohidrat, serat, protein, vitamin C, dan antioksidan. Selain itu, berikut adalah beberapa manfaat lainnya dari mengonsumsi air kelapa:


  • Air kelapa dipercaya dapat mengontrol tekanan darah tinggi, kolesterol, dan gula darah.
  • Air kelapa juga bisa mengatasi keracunan makanan. Minum air kelapa bisa membantu mengurangi racun yang masuk ke tubuh.
  • Anda yang ingin mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular serta pembentukan batu ginjal pun dapat rutin mengonsumsi air kelapa.
  • Jika Anda mengalami gejala diare, meminum air kelapa dapat menguranginya.
  • Kesegaran air kelapa dapat mencegah dehidrasi ringan pada tubuh. Oleh sebab itu, air kelapa kerap dipilih para atlet yang sering berkeringat.

Nah, sekarang sudah banyak dijual produk air kelapa dalam kemasan. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh manfaat air kelapa secara instan kapan saja dan di mana saja.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih air kelapa kemasan

Setelah melihat banyaknya manfaat air kelapa bagi tubuh, apakah Anda makin tertarik untuk mencobanya? Kini kami akan menjabarkan poin-poin yang perlu Anda perhatikan ketika memilih air kelapa kemasan. Simaklah dengan saksama!

① Kenali tipe air kelapa kemasan

Poin pertama yang perlu Anda pertimbangkan adalah kegunaan air kelapa kemasan. Secara garis besar, ada dua tipe air kelapa kemasan, yaitu yang bisa digunakan untuk memasak dan yang langsung diminum. 

Air kelapa murni, untuk dipakai memasak

Air kelapa murni, untuk dipakai memasak

Dalam dunia kuliner, air kelapa juga memiliki sejumlah manfaat. Rasa manis dan gurih alami air kelapa dapat digunakan untuk memperkaya rasa masakan Anda. Air kelapa juga memiliki aroma khas yang dapat membangkitkan selera makan. 


Air kelapa juga dipercaya mampu menghilangkan bau tidak sedap seperti pada seafood atau daging kambing. Selain itu, air kelapa juga sering digunakan untuk mempermudah proses pengempukan daging.


Masakan yang dimasak dengan air kelapa murni bisa membuat rasanya makin gurih serta lebih wangi. Jika Anda ingin menggunakan air kelapa kemasan saat memasak, pilihlah yang terbuat dari air kelapa murni tanpa tambahan perisa.

Air kelapa kemasan dengan varian rasa, untuk langsung diminum (ready to drink)

Air kelapa kemasan dengan varian rasa, untuk langsung diminum (ready to drink)

Air kelapa kemasan saat ini tidak hanya tersedia dalam varian murni saja. Ada cukup banyak varian rasa yang ditambahkan dalam air kelapa siap minum sehingga rasanya lebih segar. 


Sebagai contoh, Anda bisa menemukan air kelapa dengan tambahan lidah buaya. Ada pula air kelapa kemasan dengan topping bulir jeruk, nata de coco, hingga kolang-kaling. Agar lebih menyegarkan, Anda bisa menyajikannya dingin atau menambahkan es batu.

② Utamakan air kelapa hijau dan kelapa muda

Utamakan air kelapa hijau dan kelapa muda

Air kelapa dapat diperoleh dari kelapa hijau, kelapa muda, dan kelapa tua. Namun, tiap sumber air kelapa memiliki karakteristik masing-masing. Akan lebih baik jika Anda memilih air kelapa yang diperoleh dari kelapa hijau atau kelapa muda.


Sebagai informasi, kandungan air pada kelapa hijau lebih banyak dibandingkan kelapa muda. Selain itu, air kelapa hijau memiliki rasa yang lebih manis menyegarkan. Sementara itu, rasa air kelapa muda cenderung bercampur antara manis dan gurih


Di sisi lain, makin tua usia buah kelapa, nutrisi air kelapanya akan makin meresap ke dalam daging kelapa. Alhasil, kandungan nutrisi dalam air kelapa tua telah berkurang. Warnanya pun cenderung keruh dengan rasa yang lebih asam. Karena itu, air dari kelapa matang atau tua kurang dianjurkan, terutama bila Anda seorang atlet. 

③ Cek komposisi air kelapa kemasan

Cek komposisi air kelapa kemasan

Sesuai dengan namanya, bahan baku air kelapa kemasan adalah air kelapa murni. Namun, sebaiknya Anda tetap mengecek komposisi produk sebelum membelinya. Sejumlah merek menyatakan mengandung 100% air kelapa, tetapi ada pula yang berasal dari larutan konsentrat


Jangan lupa juga mengecek kandungan zat aditif dalam air kelapa kemasan. Dalam keadaan alami, air kelapa dari kelapa hijau muda sudah manis sehingga tidak perlu ditambahkan apa-apa lagi. Gula serta perisa biasanya ditambahkan untuk menutupi rasa pahit dan asam air kelapa dari kelapa tua.


Anda juga sebaiknya tidak lupa untuk memeriksa kandungan pewarna buatan dan pengawet. Pengawet akan membuat air kelapa bertahan lebih lama di rak serta menjaga warnanya tetap konsisten. Usahakan Anda memilih merek yang hanya mencantumkan air kelapa sebagai bahan tunggal.

④ Pertimbangkan memilih produk air kelapa organik

Pertimbangkan memilih produk air kelapa organik

Berdasarkan jurnal yang diterbitkan oleh U.S. National Library of Medicine, mengonsumsi produk organik secara rutin dapat mengurangi kemungkinan alergi terhadap makanan. Makanan dan minuman organik juga mengandung banyak antioksidan sebagai penangkal radikal bebas. Karena itu, sebaiknya Anda mempertimbangkan air kelapa kemasan yang berasal dari kelapa organik.


Selain kandungannya lebih alami dan sehat, air kelapa organik rasanya sudah pasti lebih enak. Hanya saja perlu diperhatikan keawetannya. Produk alami biasanya cepat rusak dan memang harus dikonsumsi segera.


Tanaman organik merupakan hasil budi daya alami tanpa menggunakan pestisida. Media tanah dan pupuk yang digunakan pun umumnya bebas bahan kimia. Dengan begitu, manfaat alami yang diperoleh dari air kelapa organik lebih tinggi.

10 Rekomendasi air kelapa kemasan terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk air kelapa kemasan terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Mariska Tracy.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Raw Coco

100% Pure Coco Water

Raw Coco 100% Pure Coco Water 1枚目

Langsung dibuat begitu ada pesanan, super fresh!

2

Nutrifood

WRP Coco Splash

Nutrifood WRP Coco Splash 1枚目

Melembapkan kulit dan membantu membakar lemak

3

KARA

Karacoco Coconut Water

KARA Karacoco Coconut Water 1枚目

Ada pilihan kemasan besar yang lebih ekonomis untuk masak!

4

Kalbe

Hydro Coco Original

Kalbe Hydro Coco Original 1枚目

Pas untuk mencegah tubuh dehidrasi

5

Kokonat Indonesia

Green Kokonat Water

Kokonat Indonesia Green Kokonat Water 1枚目

Selain air kelapa hijau, ada air kelapa "ungu" juga!

6

Mayora

Cool Time Coconut Water

Mayora Cool Time Coconut Water 1枚目

Dengan kemasan travel-friendly yang siap dibawa jalan-jalan!

7

HANDMADE KITCHN

Air Kelapa Hijau

HANDMADE KITCHN Air Kelapa Hijau 1枚目

Temani masa isoman, sangat baik untuk meningkatkan imun tubuh

8

All Coco

Nam Hom Coconut Water

All Coco Nam Hom Coconut Water 1枚目

Berbahan baku kelapa terbaik di dunia, sudah mengantongi sertifikat USDA Organic

9

Mama Roz

Coconut Water

Mama Roz Coconut Water 1枚目

Segarnya air kelapa berpadu dengan lidah buaya atau kolagen

10

Fruters Station

Coconut Detox Water

Fruters Station Coconut Detox Water 1枚目

Beragam varian air kelapa segar yang membantu proses detoksifikasi

Perincian produk
Close
No.1

Raw Coco100% Pure Coco Water

Mulai dari Rp25.000,00

Langsung dibuat begitu ada pesanan, super fresh!

Raw Coco menghadirkan air kelapa muda yang langsung diambil dari buah begitu ada pesanan. Produk ini juga tidak menggunakan pengawet dan pemanis. Karena itu, kesegarannya tetap terjaga asalkan disimpan di kulkas selama maksimal dua hari. 


Selain menghidrasi tubuh, produk ini diklaim dapat mengembalikan energi dan memperkuat imun tubuh. Jadi, produk ini juga cocok menjadi buah tangan saat Anda mengunjungi kerabat yang sedang dalam masa pemulihan. Selain varian kelapa muda murni yang paling best seller, Raw Coco juga punya varian lainnya untuk Anda coba.

No.2

NutrifoodWRP Coco Splash

Mulai dari Rp7.700,00

Melembapkan kulit dan membantu membakar lemak

Produk ini dapat menjadi pilihan para wanita dengan mobilitas tinggi serta aktif berolahraga. WRP Coco Splash tidak hanya mengandung air kelapa, tetapi juga vitamin C, antioksidan, dan L-Carnitine. Minuman ini dapat membantu melembapkan kulit dan meningkatkan pembakaran lemak menjadi energi.


Selain itu, air kelapa kemasan dari WRP diklaim dapat mengganti ion tubuh, detoksifikasi, serta meremajakan kulit. Tubuh yang lebih segar dan kulit tampak awet muda bukan lagi impian!

No.3

KARAKaracoco Coconut Water

Mulai dari Rp8.900,00

Ada pilihan kemasan besar yang lebih ekonomis untuk masak!

Jika Anda memiliki usaha kuliner atau sering membuat olahan dengan air kelapa, produk dari KARA direkomendasikan. KARA menawarkan air kelapa dalam kemasan besar yang hemat biaya. Tak perlu khawatir karena produknya juga bebas kandungan gula, bahan perisa, serta pewarna sintetis. Selain untuk bahan masakan, Kara Coco Coconut Water juga dapat langsung diminum.

No.4

KalbeHydro Coco Original

Mulai dari Rp15.900,00

Pas untuk mencegah tubuh dehidrasi

Jika Anda rutin berolahraga berat, air kelapa kemasan ini layak diminum untuk post-workout drink. Hydro Coco dapat menjaga hidrasi tubuh selama Anda beraktivitas harian. Air kelapa Hydro Coco juga diklaim dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang saat berkeringat atau sakit. Selain itu, produk ini diproduksi menggunakan teknologi modern sehingga bebas mikroorganisme berbahaya.

No.5

Kokonat IndonesiaGreen Kokonat Water

Mulai dari Rp25.000,00

Selain air kelapa hijau, ada air kelapa "ungu" juga!

Kokonat Indonesia adalah salah satu produsen yang memiliki produk air kelapa hijau dan air kelapa muda yang best seller. Selain kedua varian tersebut, ada varian baru Kokonat Water Forget Me Not. Air kelapanya tampak berwarna keunguan! Hal ini karena terdapat campuran butterfly pea yang tinggi antioksidan. Tak hanya berwarna menarik, tetapi juga menyehatkan, ya. 


Jika Anda lebih menyukai minuman dengan topping jeli, Kokonat juga punya varian dengan jeli yang kenyal. Pastikan Anda mencobanya! Tak perlu ragu mengonsumsinya setiap hari karena Kokonat menggunakan air kelapa asli yang dibuat sehari-hari dengan tiga kali penyaringan.

No.6

MayoraCool Time Coconut Water

Mulai dari Rp3.850,00

Dengan kemasan travel-friendly yang siap dibawa jalan-jalan!

Minuman manis dan menyegarkan akan menjadi teman perjalanan yang menyenangkan. Nah, air kelapa kemasan dari Mayora patut Anda pertimbangkan apabila Anda senang bepergian. Cool Time Coconut Water hadir dalam kemasan mungil dan ergonomis.


Air kelapa yang digunakan berasal dari buah kelapa pilihan. Rasa manisnya pas dan aroma khas kelapanya pun menggugah selera. Diminum dingin saat cuaca panas? Dijamin dahaga Anda langsung hilang!

No.7

HANDMADE KITCHNAir Kelapa Hijau

Mulai dari Rp15.000,00

Temani masa isoman, sangat baik untuk meningkatkan imun tubuh

Pilih produk ini jika Anda menginginkan khasiat terbaik dari air kelapa hijau. Tidak ada tambahan gula sehingga Anda benar-benar hanya akan mendapatkan manfaat baik dari air kelapa hijau. HANDMADE KITCHN juga menyediakan Paket Isoman yang terdiri dari tujuh botol air kelapa hijau untuk mempercepat masa pemulihan. Anda juga dapat memilih varian air kelapa hijau dengan tambahan chia seed

No.8

All CocoNam Hom Coconut Water

Mulai dari Rp17.000,00

Berbahan baku kelapa terbaik di dunia, sudah mengantongi sertifikat USDA Organic

Kelapa Nam Hom dari Thailand disebut sebagai kelapa terbaik di dunia dengan rasa air kelapanya manis alami. All Coco Coconut Water ini berbahan 100% air kelapa Nam Hom murni yang diproses dengan teknologi HPP. Teknologi ini tidak menggunakan zat kimia dan zat panas sehingga hanya rasa alami air kelapa yang didapatkan. Tambahan lagi, produk ini sudah mendapatkan sertifikat organik. Sehat maksimal!

No.9

Segarnya air kelapa berpadu dengan lidah buaya atau kolagen

Mama Roz Coconut Water menggunakan teknik pelumatan dan penekanan dengan suhu sangat rendah. Tujuannya adalah untuk mendapatkan sari dan nutrisi dari buah semaksimal mungkin. Ada dua pilihan air kelapa yang ditawarkan oleh Mama Roz.


Varian Coconut Water Aloe Vera memadukan kesegaran air kelapa dengan lidah buaya yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Jadikan minuman ini sebagai pilihan saat Anda ingin merasakan tekstur lidah buaya yang kenyal dan menyegarkan! Namun, jika khasiat kecantikan kulit yang Anda cari, pilihlah varian Collagen!

No.10

Fruters StationCoconut Detox Water

Mulai dari Rp34.999,00

Beragam varian air kelapa segar yang membantu proses detoksifikasi

Minuman detoks sempat menjadi tren di dunia diet. Namun, Anda tak boleh sembarangan memilih minuman detoks, ya. Kami merekomendasikan Coconut Detox Water dari Fruters Station. Selain produk air kelapa murninya yang best seller di e-commerce, Fruters Station juga merilis Coconut Detox Water. 


Minuman ini terdiri dari air kelapa murni dengan potongan buah asli. Selain untuk proses detoksifikasi, Coconut Detox Water dapat membantu menurunkan berat badan, melancarkan pencernaan, dan menjaga kesehatan kulit. Ada banyak varian rasa dengan beragam potongan buah yang dapat dipilih!

Baca juga rekomendasi minuman kemasan lainnya di sini

Jika Anda tidak menemukan produk yang sesuai, cobalah untuk membaca artikel kami lainnya terkait minuman kemasan. Ada cold pressed juice, sari kacang hijau, dan thai thea kemasan. Kami telah membuat ulasan mengenai aneka minuman kemasan tersebut. Untuk membacanya, silakan klik tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Tidak hanya memiliki rasa manis menyegarkan, air kelapa menyimpan banyak manfaat bagi tubuh. Terlebih lagi, sekarang sudah banyak air kelapa kemasan sehingga manfaatnya bisa Anda peroleh secara praktis.


Sebelum membeli produknya, pastikan Anda telah mengetahui fungsi dan komposisi air kelapa kemasan. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi Anda dalam memilih produk air kelapa kemasan yang tepat. Selamat berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer