• 10 Rekomendasi Film Box Office Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Film Box Office Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Film Box Office Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Film Box Office Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Film Box Office Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Film Box Office Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Deretan film box office dari berbagai negara membuat industri film makin bergeliat. Setiap tahun selalu ada daftar film yang masuk jajaran box office. Misalnya, Avengers: Endgame sebagai film Hollywood box office 2019. Di jajaran box office Indonesia ada Dilan 1990. Sementara itu, dari Korea ada Parasite yang meraih Academy Awards kategori Best Picture.


Untuk memilih film box office yang bagus, kami akan menyampaikan tips dalam artikel ini. Sepuluh rekomendasi film box office terbaik juga kami siapkan untuk Anda. Dari film lokal, Korea, Bollywood, hingga Hollywood kami rekomendasikan untuk Anda.

  • Pembaharuan terakhir: 16 Oktober 2021
  • 554 Views
Daftar isi

Pengertian box office dan sejarah singkatnya

Istilah box office digunakan di Inggris sejak 1786. Awalnya, istilah ini merujuk pada kotak donasi yang diedarkan saat pertunjukan berlangsung. Penonton meletakkan uang pada kotak tersebut karena dulu belum ada sistem tiket seperti sekarang. Seiring waktu, istilah box office mengalami pergeseran makna.


Saat ini, box office merupakan istilah yang merujuk pada film laris yang meraup penghasilan melebihi biaya produksinya. Penghasilan tersebut diraih hanya dalam beberapa hari atau minggu pertama pemutaran. Data film-film box office bisa dipantau melalui situs boxoffice.com atau boxofficemojo.com.


Salah satu film box office sepanjang masa adalah Avatar. Karya sutradara James Cameron ini diproduksi dengan bujet fantastis senilai 237 juta USD. Bujet jumbo tersebut membawa Avatar pada puncak box office dengan penghasilan sebesar 2,847 miliar USD.


Sementara itu, penghitungan film box office Indonesia sedikit berbeda. Penghitungannya berdasarkan jumlah penonton yang datanya diambil dari jaringan bioskop lokal. Jumlah penonton dikalikan harga rata-rata tiket untuk mengetahui pendapatan kasar sebuah film. Beberapa film box office Indonesia di antaranya Dilan 1990, Laskar Pelangi, Habibie Ainun, dan masih banyak lagi.

Cara memilih film box office

Untuk memilih film box office, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal. Salah satunya adalah genre film. Selain itu, Anda bisa mempertimbangkan tahun rilis dan asal negaranya. Jangan lupa juga untuk mengecek ratingnya. Simak tips memilih film box office berikut ini.

Pilih berdasarkan genre filmnya

Apa genre film favorit Anda? Berdasarkan genre tersebut, Anda bisa memilih film box office yang akan Anda tonton. Menonton film sesuai genre yang Anda sukai tentu lebih mengasyikkan. Berikut ini kami jelaskan beberapa genre populer dalam dunia perfilman.  

Action, penuh adegan pertempuran yang seru dan mendebarkan

Jika Anda menyukai film dengan sensasi seru yang penuh ketegangan, pilihlah genre action. Genre ini menyajikan banyak adegan laga seperti perkelahian dan peperangan. Karakter-karakter dalam film action sering kali tampil dengan kekuatan fisik atau kemampuan khusus. Karena itu, film-film superhero dikemas dengan genre action yang terkadang dipadukan dengan genre lain.


Banyak film box office bergenre action yang bisa Anda pilih. Avengers: End Game adalah salah satunya. Film superhero produksi Marvel Studios ini digemari banyak orang di seluruh dunia. Sementara itu, Bollywood menyuguhkan film action dengan perpaduan genre sport. Anda bisa menonton aksi pegulat perempuan dalam biopik berjudul Dangal.

Drama, menyentuh hati lewat adegan-adegan dramatisnya

Drama, menyentuh hati lewat adegan-adegan dramatisnya

Genre drama identik dengan cerita sehari-hari yang menampilkan sisi human-interest. Ceritanya fokus pada hubungan antarkarakter yang kemudian melahirkan konflik. Ciri utama genre ini adalah adegan-adegan emosional yang menyentuh hati penontonnya. Tak jarang Anda akan larut dalam cerita film drama, bahkan hingga meneteskan air mata.


Saksikan film Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini jika Anda ingin menonton film drama Indonesia. Film ini termasuk salah satu film box office 2020. Jangan lewatkan juga film box office 2017 produksi Pixar Animation Studios. Film drama berjudul Coco ini bisa Anda tonton bersama anak-anak.

Komedi romantis, kisah cinta yang mengundang tawa dan air mata

Komedi romantis merupakan genre favorit banyak penonton. Jika Anda menyukai cerita ringan yang romantis dengan selingan adegan lucu, pilihlah genre komedi romantis. Perpaduan drama romantis dan komedi membuat Anda tertawa sekaligus baper saat menontonnya. Jangan heran jika Anda senyum-senyum sendiri ketika menonton film komedi romantis.


Indonesia memiliki banyak film box office bergenre komedi romantis. Anda bisa menonton Dilan 1990 yang akan membuat Anda tersenyum mendengar pick-up lines-nya. Tonton juga Imperfect: Karier, Cinta, dan Timbangan yang menyajikan cerita romantis, lucu, dan inspiratif. Perjuangan menghadapi body shaming dengan sentuhan komedi romantis akan membuat Anda betah menonton film ini!

Pertimbangkan tahun rilisnya

Pertimbangkan tahun rilisnya

Untuk memilih film box office terbaik, Anda juga perlu mempertimbangkan tahun rilis. Hal ini berkaitan dengan kualitas sinematografi dan efek visual yang digunakan. Film yang dirilis dua atau tiga dekake lalu tentu kualitas gambarnya tak sebagus film-film sekarang. Kecanggihan teknologi menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik, khususnya efek visual yang makin terlihat riil.


Salah satu perkembangan teknologi dalam industri perfilman adalah CGI (computer generated imagery). CGI menghasilkan grafik tiga dimensi yang terlihat sangat riil. Hutan dengan pepohonan yang menyala di Planet Pandora dalam film Avatar merupakan hasil CGI. Sama halnya dengan efek visual dalam film Avengers: End Game yang juga dihasilkan oleh CGI. Kecanggihan teknologi membuat film makin seru ditonton!

Ketahui negara asalnya

Ketahui negara asalnya

Ada banyak film box office dari berbagai negara. Karena itu, pilih film box office beradasarkan negara asalnya. Jika Anda penggemar film-film Hollywood, sesekali cobalah menonton film Bollywood. Deretan film box office India menawarkan cerita yang tidak kalah seru. Sentuhan budaya lokalnya yang masih kental barangkali akan membuka sudut pandang baru dalam hidup Anda.


Untuk film Asia lainnya, Anda bisa memilih film box office Korea Selatan. Dengan booming-nya berbagai hal yang berbau Korea, industri hiburan negeri ginseng ini makin menarik perhatian dunia. 


Namun, jangan lewatkan film-film box office dalam negeri. Industri film Indonesia makin berkembang pesat. Genre dan temanya juga beragam, dari komedi romantis, drama, action, hingga horor. Yuk, dukung industri perfilman dalam negeri dengan menonton hasil karya para sineas Indonesia!

Cek rating dan baca ulasannya

Cek rating dan baca ulasannya

Sebelum menonton film, baca dulu ulasannya agar Anda makin yakin memilih film tersebut. Situs review seperti IMDb dan Rotten Tomatoes dapat Anda jadikan rujukan. Di situs-situs tersebut, orang-orang membagikan review mereka setelah menonton film. Mereka juga memberikan rating untuk menilai film tersebut.


Dengan membaca ulasan film, setidaknya Anda memiliki gambaran tentang hal-hal menarik dari film tersebut. Sebaliknya, Anda juga bisa menemukan kekurangannya. Dari kelebihan dan kekurangan tersebut, Anda bisa memutuskan akan menontonnya atau tidak.   

10 Rekomendasi film box office terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh film box office terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review penonton. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di IMDb.

10
GenreRomansa
Negara asalIndonesia
Tahun rilis2018
Rating di IMDb7,2 dari 10
Rating usia13+
Box office250 miliar rupiah
9

Visinema Pictures, IDN Media, Blibli.com, dan XRM MediaNanti Kita Cerita tentang Hari Ini

GenreDrama
Negara asalIndonesia
Tahun rilis2020
Rating di IMDb7,5 dari 10
Rating usia7+
Box office90,3 miliar rupiah
8

Next Entertainment World dan RedPeter FilmTrain to Busan

GenreAction, horror
Negara asalKorea
Tahun rilis2016
Rating di IMDb7,6 dari 10
Rating usia17+
Box office98,5 juta USD
7

Lightstorm Entertainment, RatPac-Dune Entertainment, dan Ingenious MediaAvatar

GenreAction, science fiction
Negara asalAmerika Serikat
Tahun rilis2009
Rating di IMDb7,8 dari 10
Rating usia13+
Box office2,847 miliar USD
6

Starvision PlusImperfect: Karier, Cinta, dan Timbangan

GenreDrama, romansa
Negara asalIndonesia
Tahun rilis2019
Rating di IMDb7,9 dari 10
Rating usia13+
Box officeTidak disebutkan
5

Salman Khan Films, Rockline Entertainments, dan Kabir Khan FilmsBajrangi Bhaijaan

GenreDrama
Negara asalIndia
Tahun rilis2015
Rating di IMDb8,0 dari 10
Rating usia12+
Box office121 juta USD
4

Walt Disney Pictures, Aamir Khan Productions, dan UTV Motion PicturesDangal

GenreAction, sport
Negara asalIndia
Tahun rilis2016
Rating di IMDb8,4 dari 10
Rating usia7+
Box office311–340 juta USD
3

Walt Disney Pictures dan Pixar Animation StudiosCoco

GenreDrama, comedy
Negara asalAmerika Serikat
Tahun rilis2017
Rating di IMDb8,4 dari 10
Rating usiaParents Guide (PG)
Box office807,8 juta USD
2

Marvel StudiosAvengers: Endgame

GenreAction
Negara asalAmerika Serikat
Tahun rilis2019
Rating di IMDb8,4 dari 10
Rating usia13+
Box office2,798 miliar USD
1
GenreDrama, dark comedy
Negara asalKorea
Tahun rilis2019
Rating di IMDb8,6 dari 10
Rating usia17+
Box office259 juta USD

Tabel perbandingan film box office terbaik

Gambar produk
1
 Barunson E&A Corp Parasite 1

Barunson E&A Corp

2
Marvel Studios Avengers: Endgame 1

Marvel Studios

3
Walt Disney Pictures dan Pixar Animation Studios Coco 1

Walt Disney Pictures dan Pixar Animation Studios

4
Walt Disney Pictures, Aamir Khan Productions, dan UTV Motion Pictures Dangal 1

Walt Disney Pictures, Aamir Khan Productions, dan UTV Motion Pictures

5
Salman Khan Films, Rockline Entertainments, dan Kabir Khan Films Bajrangi Bhaijaan 1

Salman Khan Films, Rockline Entertainments, dan Kabir Khan Films

6
Starvision Plus Imperfect: Karier, Cinta, dan Timbangan 1

Starvision Plus

7
Lightstorm Entertainment, RatPac-Dune Entertainment, dan Ingenious Media Avatar 1

Lightstorm Entertainment, RatPac-Dune Entertainment, dan Ingenious Media

8
Next Entertainment World dan RedPeter Film Train to Busan 1

Next Entertainment World dan RedPeter Film

9
Visinema Pictures, IDN Media, Blibli.com, dan XRM Media Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini 1

Visinema Pictures, IDN Media, Blibli.com, dan XRM Media

10
Max Pictures Dilan 1990 1

Max Pictures

Nama produk

Parasite

Avengers: Endgame

Coco

Dangal

Bajrangi Bhaijaan

Imperfect: Karier, Cinta, dan Timbangan

Avatar

Train to Busan

Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini

Dilan 1990

Keunggulan

Kesenjangan antarkelas sosial dengan ending yang mindblowing

Pertempuran terakhir melawan Thanos

Film animasi petualangan yang asyik ditonton bersama keluarga

Diangkat dari kisah nyata pegulat perempuan India

Kisah mengharukan pemuda India menolong bocah Pakistan

Perjuangan Rara menerima diri sendiri dengan segala kekurangannya

Ekspedisi mencari sumber energi di Planet Pandora

Serangan zombi di atas kereta menuju Busan

Sajikan konflik keluarga yang menyentuh sisi emosional Anda

Romantisnya cinta remaja berlatar tahun 1990

GenreDrama, dark comedyActionDrama, comedyAction, sportDramaDrama, romansaAction, science fictionAction, horrorDramaRomansa
Negara asalKoreaAmerika SerikatAmerika SerikatIndiaIndiaIndonesiaAmerika SerikatKoreaIndonesiaIndonesia
Tahun rilis2019201920172016201520192009201620202018
Rating di IMDb8,6 dari 108,4 dari 108,4 dari 108,4 dari 108,0 dari 107,9 dari 107,8 dari 107,6 dari 107,5 dari 107,2 dari 10
Rating usia17+13+Parents Guide (PG)7+12+13+13+17+7+13+
Box office259 juta USD2,798 miliar USD807,8 juta USD311–340 juta USD121 juta USDTidak disebutkan2,847 miliar USD98,5 juta USD90,3 miliar rupiah250 miliar rupiah
Tautan produk

Baca juga rekomendasi tontonan lainnya di sini

Jika Anda ingin menonton film atau serial dengan cerita yang menarik, berikut ini kami rekomendasikan film lainnya. Film-film tersebut tersedia secara legal di Disney+ Hotstar, Viu, Netflix, dan Vidio. Genrenya pun beragam, mulai dari komedi romantis, horor, hingga detektif, dan masih banyak lagi. Klik tautan berikut ini untuk informasi selengkapnya. 

Kesimpulan

Menonton film-film box office tentu menyenangkan. Pilih judul yang akan Anda tonton dari daftar rekomendasi kami. Untuk mendapat kualitas gambar terbaik, tonton filmnya secara legal lewat situs streaming. Misalnya, Disney+ Hotstar, Viu, Netflix, dan Vidio. Luangkan waktu Anda untuk menikmati serunya menonton film-film box office terlaris. Gunakan artikel ini sebagai rujukan Anda memilih judul film favorit. Selamat menonton!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Genre isekai menceritakan tentang tokoh utama yang terpanggil ke dunia lain. Genre ini menyajikan kisah petualangan dan adegan penuh aksi. Pencinta anime pasti sudah sangat familier dengan anime isekai. Karena itu, artikel ini secara khusus membahas rekomendasi anime isekai terbaik.Cara memilih anime isekai akan kami bahas untuk membantu Anda menentukan pilihan. Rekomendasi anime isekai yang bagus, seperti Sword Art Online, Ni No Kuni, dan The Rising of The Shield Hero, akan Anda temukan pada artikel ini. Oleh karena itu, pastikan Anda membaca hingga akhir, ya!
    Film
    8.044 Views
  • 10 Rekomendasi Film Psikopat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Film Psikopat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Ternyata, ketika menonton film yang menakutkan, otak kita merilis dopamine yang justru membuat kita senang. Hal tersebut diduga sebagai alasan manusia menyukai film psikopat. Tidak heran, bila dari waktu ke waktu berbagai rumah produksi berusaha menghadirkan film psikopat terbaik.Tidak hanya dari Hollywood, Anda juga bisa menikmati film psikopat Korea ataupun film psikopat Indonesia. Judul film psikopat sadis yang menarik untuk ditonton, misalnya Shutter Island dan Memoir of A Murderer. Agar Anda lebih mudah menemukan film psikopat yang bagus, coba simak tips memilih dan rekomendasi berikut ini.
    Film
    5.893 Views
  • 10 Rekomendasi Film Animasi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Film Animasi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Film animasi merupakan salah satu jenis film yang disukai berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Visualisasi yang menarik dan penuh warna membuat film animasi menjadi menyenangkan untuk ditonton.  Di sini, kami akan membahas mengenai film animasi terbaik. Anda akan menemukan berbagai judul film yang bagus, seperti Spirited Away atau Toy Story. Kami juga akan mengulas film animasi terbaru 2021 serta film animasi Indonesia yang wajib Anda tonton! Sebelum menonton, simak dahulu penjelasan kami di bawah ini.
    Film
    8.053 Views
  • 10 Rekomendasi Drama Jepang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Drama Jepang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu cara untuk mengisi waktu luang dan rehat dari pekerjaan adalah dengan menonton acara favorit. Dari sekian banyak tontonan yang tersedia, drama Jepang bisa Anda jadikan pilihan. Drama Jepang mudah ditonton karena durasinya yang pendek dan memiliki alur cerita yang menarik.Apabila Anda sedang mencari tontonan drama Jepang, Anda telah datang ke situs yang tepat! Kami memiliki rekomendasi drama Jepang yang bagus, seperti Alice in Borderland, Good Morning Call, dan Kotaro Lives Alone. Sebelum itu, kami juga akan menjelaskan cara memilih drama yang sesuai dengan selera Anda. Selamat membaca!
    Film
    2.473 Views
  • 10 Rekomendasi Film Thriller Terbaik (Terbaru 2021)
    10 Rekomendasi Film Thriller Terbaik (Terbaru 2021)
    Film thriller termasuk genre favorit banyak orang. Salah satu ciri film thriller adalah mengandung unsur suspense atau ketegangan. Nah, hal inilah yang akan memicu adrenalin hingga membuat orang penasaran mengikuti kelanjutannya.  Kami menyiapkan sejumlah tips untuk memilih film thriller yang bagus. Selain itu, tersedia juga rekomendasi film thriller terbaik dengan beragam subgenre, seperti The Irishman, The Call, hingga Bird Box. Film-film ini bisa Anda tonton di Netflix, Viu, maupun Disney+ Hotstar. Jadi, tunggu apa lagi? Segera temukan film thriller yang akan menjadi favorit Anda di sini!
    Film
    2.137 Views
  • 10 Rekomendasi Film Keluarga Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Film Keluarga Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Film keluarga adalah film yang dirancang agar bisa ditonton oleh seluruh keluarga, baik orang tua maupun anak-anak. Untuk itu, gampang-gampang susah dalam memilih film keluarga. Tidak semua film dengan label "family" atau "keluarga" cocok untuk seluruh keluarga Anda. Nah, artikel ini akan memberikan beberapa tips dalam memilih film keluarga. Kami juga sudah menyeleksi sepuluh film keluarga yang bagus untuk Anda tonton di Netflix, Disney+, maupun Viu. Beberapa di antaranya adalah Keluarga Cemara, Petualangan Sherina, dan The Blind Side. Untuk melihat rekomendasi film keluarga lainnya, silakan baca artikel ini sampai habis. 
    Film
    3.413 Views
  • 10 Rekomendasi Reality Show Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Reality Show Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Korean wave memang sedang melanda seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Salah satu contohnya adalah banyaknya tayangan reality show Korea yang bagus dan populer di dalam negeri. Sebut saja The Return of Superman dan The Law of the Jungle yang pastinya tidak asing bagi Anda.Jika Anda mencari reality show Korea terbaru, silakan simak artikel ini sampai habis. Banyak hal tentang reality show Korea yang kami bahas di sini. Perbedaan antara reality show dan variety show hingga rekomendasi reality show dari tvN dan KBS akan kami bahas juga. Selamat membaca!
    Film
    670 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori