mybest
Buah kering

Layanan Rekomendasi

  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Makanan olahan kering
  4. 10 Sale Pisang Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Sale Pisang Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Sale Pisang Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Sale Pisang Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Sale Pisang Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Sale Pisang Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Sale Pisang Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Pada musim hujan, paling enak minum teh hangat, selimutan, dan menonton film yang bagus sambil mencamil. Salah satu camilan yang kami rekomendasikan untuk Anda adalah sale pisang. Perpaduan rasa manis dan gurih melebur di lidah dengan sangat mantap. Apa Anda sudah tahu kalau sale pisang punya banyak jenis, bentuk, serta rasa?


Kami akan membahas lebih mendalam tentang sale pisang, mulai dari tips memilihnya hingga rekomendasi produknya. Merek camilan sale pisang yang enak, seperti Salena, Pisale, dan Sapiring akan turut kami bahas. Simak selengkapnya di sini!

Diperbaharui 02-28-2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace. (Diperbaharui pada 28 Februari 2023)

Daftar isi

Apa itu sale pisang?

Apa itu sale pisang?

Sale pisang adalah salah satu camilan dengan kandungan vitamin B6 dan vitamin C yang mudah diserap tubuh. Pegiat olahraga bisa menjadikannya sumber energi instan saat sedang berolahraga. Sale pisang terbuat dari pisang yang diiris tipis-tipis lalu dijemur dan dikeringkan. Secara garis besar, ada dua jenis sale pisang, yakni kering dan basah.

  • Sale pisang kering dibuat dengan cara digoreng
  • Sale pisang basah diasapi menggunakan asap belerang atau natrium bisulfite.

Ada yang menyebutkan sale pisang merupakan oleh-oleh khas Cilacap atau Kebumen (Jawa Tengah). Namun, ada juga yang menyebut sale pisang berasal dari Bandung (Jawa Barat). Sebagian lagi menyebut sale pisang dari Banyuwangi (Jawa Timur). Yang jelas, kudapan ini sangat nikmat untuk dicamil sendiri, bersama teman, atau dijadikan oleh-oleh.

Cara memilih sale pisang

Sebelum memilih rekomendasi produk yang lezat, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal. Salah satunya adalah jenisnya, pisang yang digunakan, hingga bahan tambahannya. Simak penjelasan berikut ini.

① Pilih berdasarkan jenis sale pisangnya

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada beberapa jenis sale. Secara garis besar ada dua jenis sale, yakni basah dan kering. Namun, ada lagi jenis pisang sale berdasarkan bentuknya, yakni bulat dan gulung. 

Sale pisang basah: Rasa lebih manis, tetapi daya tahannya lebih singkat

Sale pisang basah: Rasa lebih manis, tetapi daya tahannya lebih singkat

Sale pisang basah sering menjadi favorit oleh-oleh dari daerah Puncak Bogor atau Bandung. Warnanya cenderung kecokelatan dan rasanya dominan manis dengan bentuk sale yang lembek. Jenis ini tentunya lebih bisa dinikmati oleh anak-anak dan lansia. 


Sayangnya, pisang sale basah masa simpannya lebih singkat dibandingkan jenis kering. Hal ini disebabkan oleh kadar airnya yang masih cukup tinggi. Ciri-ciri sale pisang basah yang mulai menurun kualitasnya adalah rasanya terlalu asam, muncul aroma tidak sedap, dan agak berair.

Sale pisang kering: Perpaduan tekstur gurih dan rasa manisnya tak boleh Anda lewatkan

Sale pisang kering: Perpaduan tekstur gurih dan rasa manisnya tak boleh Anda lewatkan

Sale pisang kering bisa diibaratkan seperti sedang makan gorengan tempe karena dibalut dengan tepung. Bedanya, sale pisang kering rasanya manis. Sale pisang jenis ini sering jadi camilan favorit saat sedang nonton karena kegurihannya. Selain rasanya yang khas, jenis ini juga lebih tahan lama karena kadar airnya sedikit


Namun, Anda perlu memperhatikan jenis tepung yang digunakan serta ketebalannya. Tepung yang terlalu tebal sering kali justru membuat teksturnya jadi terlalu keras. Usahakan juga untuk tidak memilih produk yang terlalu remuk karena bisa menjadi indikasi barangnya sudah lama.

Sale pisang jari: Bentuknya kecil pipih seperti jari tangan

Sale pisang jari: Bentuknya kecil pipih seperti jari tangan

Sale pisang jari tersedia dalam bentuk kering ataupun basah. Disebut pisang jari tentu saja karena bentuknya yang kecil-kecil, seperti jari tangan. 


Sale pisang kering yang terlalu panjang sering membuat remah-remah tepungnya berceceran saat dimakan. Sale pisang jari yang mungil bisa menjadi solusi atas hal tersebut. Selain itu, produk ini bisa menjadi solusi untuk Anda yang tidak suka tekstur lembek dari sale pisang basah.

Sale pisang gulung: Bentuknya seperti gulungan kue semprong

Sale pisang gulung: Bentuknya seperti gulungan kue semprong

Sebenarnya, sale pisang gulung hampir mirip dengan sale pisang jari. Bentuknya lebih pipih dan lonjong. Namun, sale pisang gulung memiliki lubang seperti pipa. Jika diibaratkan seperti kue lainnya, mungkin Anda bisa membayangkan kue semprong. Ukurannya juga sedikit lebih gemuk dan besar dibandingkan sale pisang jari.

Sale pisang bulat: Bentuknya unik dan mudah dikonsumsi

Sale pisang bulat: Bentuknya unik dan mudah dikonsumsi
Sumber: shopee.co.id

Selain sale pisang berbentuk memanjang, Anda akan menemukan sale pisang berbentuk bulat di pasaran. Bentuknya yang unik akan membuat Anda mudah mengenali camilan ini. Selain itu, tentu saja bentuk seperti ini akan memudahkan Anda saat akan memakannya.


Dengan sale pisang ini, Anda tidak perlu khawatir dengan remah-remah karena bisa langsung dimasukkan seluruhnya ke dalam mulut. Jika Anda menyukai kepraktisan serta mementingkan kebersihan, sale pisang bulat adalah pilihan yang tepat.

② Ketahui jenis pisang untuk sale

Ketahui jenis pisang untuk sale

Tidak semua jenis pisang enak untuk dijadikan sale. Setiap pisang tentunya memiliki karakteristik masing-masing. Beberapa jenis pisang yang biasa digunakan adalah jenis pisang raja, tanduk, Ambon, dan kapas.


  • Pisang raja
Pisang raja umumnya digunakan sebagai jenis pisang untuk sale kering. Pisang ini memiliki kulit yang cukup tebal, daging buah yang empuk, tetapi tidak lembek. Warna dagingnya putih kekuningan dan cenderung jingga saat sudah hampir matang. Karena buahnya tidak lembek, pisang ini mudah dipotong atau disisir sesuai ukuran sale.

  • Pisang tanduk
Jenis pisang ini memiliki karakteristik daging buah yang lebih tebal dari kebanyakan pisang lainnya. Karena dagingnya yang tebal, pisang tanduk cenderung mudah diiris tipis-tipis. Sebenarnya, pisang ini lebih cocok dijadikan keripik pisang. Di daerah Maluku dan Sulawesi, pisang ini sering disajikan dengan sambal roa. Namun, pisang tanduk juga enak untuk dijadikan sale, lho.

  • Pisang Ambon
Pisang Ambon memiliki karakter daging buah yang lebih lembut dan besar. Rasanya sangat manis dibandingkan jenis pisang lainnya. Pisang ini sering digunakan untuk membuat sale pisang basah.


Dari segi kandungan, ketiga jenis pisang tersebut sebenarnya tidak jauh berbeda. Ketiganya memiliki kandungan vitamin, karbohidrat, dan protein yang bagus untuk tubuh. Namun, pisang yang digunakan untuk sale harus yang hampir matang atau sudah matang, ya. Jangan gunakan pisang yang masih mentah atau terlalu matang menuju basi karena bisa membuat rasa sale lebih asam.

③ Pertimbangkan sale pisang dengan tambahan rasa lainnya

Pertimbangkan sale pisang dengan tambahan rasa lainnya

Baik sale pisang kering maupun basah, rasanya sudah maknyus. Jika Anda suka makanan manis, Anda bisa memesan sale pisang madu. Jenis ini biasanya menggunakan sale pisang basah, lalu digoreng. Setelah kering dan ditiriskan minyaknya, tambahkan madu sesuai selera. Rasa manisnya jadi lebih lumer di lidah sehingga memberikan kenikmatan tersendiri.


Makanan manis juga menjadi mood booster yang ampuh saat Anda sedang sedih dan galau. Namun, karena mengandung banyak gula, batasi konsumsinya, ya. Selain madu, ada juga sale pisang yang dibalut dengan cokelat lumer. Teksturnya jadi mirip seperti brownies, tetapi bahan dasarnya sale pisang.

10 Rekomendasi sale pisang terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sale pisang terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Rela Setia Garut

Sapiring Sale Pisang Kering

Rela Setia Garut Sapiring Sale Pisang Kering 1枚目

Perpaduan rasanya bikin ingin ngemil terus!

2

Kanjeng Snack

Sido Berkah Sale Pisang Kering

Kanjeng Snack Sido Berkah Sale Pisang Kering 1枚目

Tersedia dalam kemasan 10 kg, bisa untuk jualan

3

Kirani Snack

Sale Pisang Gulung

Kirani Snack  Sale Pisang Gulung 1枚目

Kemasannya cukup compact, mudah dibawa bepergian

4

Nusasari Snack

Sale Pisang Jari

Nusasari Snack Sale Pisang Jari 1枚目

Cita rasanya fresh hingga ke tangan konsumen

5

Prima Centre Sale Jari

null Prima Centre Sale Jari 1枚目

Harganya ekonomis, cocok untuk dibagi-bagi

6

Siti Nurbaya

Pisale Pisang Sale Cokelat

Siti Nurbaya Pisale Pisang Sale Cokelat 1枚目

Sale pisang dengan rasa kekinian

7

Salena Sale Pisang Ambon Khas Jatim

 Salena Sale Pisang Ambon Khas Jatim 1枚目

Pemrosesan modern menggunakan oven, matang lebih merata

8

Hepy Snack Sale Pisang Basah

null Hepy Snack Sale Pisang Basah 1枚目

Camilan sehat untuk teman minum teh

9

Niki Eco Sale Pisang Gulung

null Niki Eco Sale Pisang Gulung 1枚目

Sensasi krenyes berpadu dengan chewy-nya sale pisang

10

Legit'S

Sale Pisang Bulat

Legit'S Sale Pisang Bulat 1枚目

Si manis yang praktis dikonsumsi di mana saja

Perincian produk
Close
No.1

Rela Setia GarutSapiring Sale Pisang Kering

Mulai dari Rp9.200,00

Perpaduan rasanya bikin ingin ngemil terus!

Pisang sale memang tidak pernah gagal untuk dijadikan sajian para tamu yang berkunjung ke tempat Anda. Ditambah lagi, pisang sale ini memiliki rasa manis yang legit sekaligus sedikit rasa gurih. Perpaduan rasanya dijamin membuat tamu Anda tak bosan-bosan untuk terus mengambil camilan yang satu ini. Pantas saja pisang sale ini terbilang laris di pasaran!

No.2

Kanjeng SnackSido Berkah Sale Pisang Kering

Mulai dari Rp7.000,00

Tersedia dalam kemasan 10 kg, bisa untuk jualan

Produk sale pisang yang satu ini tersedia dalam berbagai macam kemasan sehingga mudah disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Menariknya lagi, tersedia juga kemasan besar berukuran 10 kg dan bisa Anda manfaatkan untuk memulai usaha kecil-kecilan. Anda bisa mengemas ulang dalam ukuran yang lebih kecil dan dijual baik secara online maupun dititip ke warung terdekat.

No.3

Kirani Snack Sale Pisang Gulung

Mulai dari Rp20.000,00

Kemasannya cukup compact, mudah dibawa bepergian

Produk dari Kirani Snack layak dipilih untuk menjadi camilan menemani Anda bepergian. Pasalnya, produk ini memiliki kemasan yang tidak terlalu besar dengan isi hanya 150 gram. Dengan ukuran tersebut, tentu camilan ini tidak akan memakan tempat di dalam tas. Anda pun dapat menikmati perjalanan sambil merasakan lezatnya camilan manis ini. 

No.4

Nusasari SnackSale Pisang Jari

Mulai dari Rp15.000,00

Cita rasanya fresh hingga ke tangan konsumen

Pulang dari liburan tanpa membawa oleh-oleh rasanya seperti ada yang kurang. Namun, memilih oleh-oleh yang tepat juga cukup memusingkan. Tenang saja, jika Anda sedang merencanakan berlibur ke Bandung, Anda bisa memilih sale pisang jari ini sebagai oleh-oleh.


Sale pisang ini memiliki cita rasa yang fresh karena dibuat secara mandiri dan bukan mengambil stok dari toko lain. Jadi, aroma dan rasa dari oleh-oleh ini sudah pasti maknyus!

No.5

Prima Centre Sale Jari

Mulai dari Rp3.000,00

Harganya ekonomis, cocok untuk dibagi-bagi

Apakah Anda sedang mencari snack tradisional yang enak dan tahan lama pada suhu ruang? Kalau begitu, Anda bisa mempertimbangkan Prima Centre Sale Jari. Sale pisang ini adalah pilihan yang pas jika Anda sedang ingin berbagi dengan teman di kantor.


Kemasannya ekonomis sehingga kantong Anda tak akan menipis meski membelinya dalam jumlah banyak sekalipun. Selain itu, sale pisang dikenal tidak mudah basi. Jadi, teman-teman Anda bisa menyimpan dan menikmatinya kembali untuk beberapa waktu kemudian.

No.6

Siti NurbayaPisale Pisang Sale Cokelat

Mulai dari Rp25.000,00

Sale pisang dengan rasa kekinian

Sale pisang mungkin terdengar jadul bagi sebagian orang. Bahkan, beberapa orang mungkin tidak berniat mencoba camilan tradisional ini karena kesan kuno yang melekat kuat.


Jika Anda mengenal orang-orang seperti itu, coba berikan Pisale Pisang Sale Cokelat ini kepadanya. Mungkin saja kenalan Anda akan berubah pikiran saat mencoba sale pisang yang telah dibaluri cokelat ini. Bagaimana pun, melestarikan penganan tradisional itu penting, lho.

No.7

Salena Sale Pisang Ambon Khas Jatim

Mulai dari Rp30.000,00

Pemrosesan modern menggunakan oven, matang lebih merata

Pembuatan sale tradisional dengan proses pengasapan atau penggorengan memang menghasilkan aroma dan rasa yang khas. Namun, jika Anda ingin tekstur kematangan yang merata, pilihlah yang dipanggang dengan oven. 


Selain pemanggangan dengan oven, kemasan yang modern membuat sale pisang Salena ini apik untuk dijadikan oleh-oleh. Ditambah lagi, jenis pisang yang digunakan adalah pisang Ambon kualitas terbaik sehingga empuk dan lezat di mulut. 

No.8

Hepy Snack Sale Pisang Basah

Mulai dari Rp14.880,00

Camilan sehat untuk teman minum teh

Kami merekomendasikan camilan yang satu ini apabila Anda menginginkan camilan yang sehat dan nikmat. Berbahan dasar pisang, tubuh Anda tentu akan mendapatkan manfaat dari kandungan vitamin dan mineral di dalamnya.


Dibuat tanpa bahan pengawet, Anda tidak perlu merasa waswas setiap kali mengudap camilan bertekstur lembut ini. Ditambah lagi, camilan yang satu ini memiliki cita rasa yang tidak perlu diragukan. Buktikan langsung saja, yuk!

No.9

Niki Eco Sale Pisang Gulung

Mulai dari Rp15.000,00

Sensasi krenyes berpadu dengan chewy-nya sale pisang

Jika Anda lebih suka camilan yang crunchy, tetapi sedang membatasi konsumsi garam, coba saja sale pisang ini. Balutan tepung pada sale pisang yang diiris tipis ini akan memberikan sensasi kriuk yang dapat memuaskan selera Anda. Meski terasa renyah, Anda tetap akan merasakan tekstur kenyal yang menyenangkan dari sale pisang. Sekali mencoba, siap-siap susah untuk berhenti, ya!

No.10

Legit'SSale Pisang Bulat

Mulai dari Rp25.000,00

Si manis yang praktis dikonsumsi di mana saja

Jika Anda senang memakan camilan di mana saja dan kapan saja, produk satu ini bisa menjadi pilihan yang pas. Bentuknya yang bulat akan memudahkan Anda mengonsumsinya saat sedang berkendara, bersantai, atau mengerjakan tugas di kantor.


Ukurannya juga pas untuk dimasukkan sekaligus ke dalam mulut. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan remah-remah yang berjatuhan dari sale pisang yang manis dan legit ini.

Pertanyaan seputar sale pisang

Pertanyaan seputar sale pisang

Terlepas dari nikmatnya sale pisang, ada beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh orang-orang. Pertanyaannya sering kali seputar umur simpan sale pisang hingga kandungan kalori di dalamnya. Simak jawabannya di bawah ini, ya.

Berapa kalori sale pisang?

Ada mitos yang menyebutkan sale pisang membuat gemuk. Jawabannya adalah tergantung seberapa banyak Anda mengonsumsinya. Dalam 100 gram sale pisang, terdapat kandungan kalori sekitar 276 kkal.


Adapun kandungan lainnya adalah 66,5 gram karbohidrat, 0,99 gram lemak, dan 2,87 gram protein. Sebagai gambaran, rata-rata pria dewasa membutuhkan 2.500 kkal per hari, sedangkan wanita dewasa sekitar 2.000 kkal per hari.

Sale pisang tahan berapa lama?

Daya tahan sale pisang sangat dipengaruhi oleh bahan serta pengolahannya. Sebagai acuan, warna sale pisang yang baik adalah cokelat kekuningan atau cokelat, tidak remuk, dan tidak tercium bau basi. Jika pengolahannya benar dan baik, sale pisang bisa tahan hingga 1–2 bulan.

Cara menyimpan pisang sale agar tetap renyah dan tahan lama

Cara menyimpan pisang sale agar tetap renyah dan tahan lama

Sama seperti cara menyimpan jenis camilan renyah lainnya, Anda perlu menaruh sale pisang kering dalam wadah tertutup rapat. Hal ini perlu dilakukan terutama setelah kemasan dibuka. Dengan demikian, kerenyahan sale pisang akan lebih terjaga dan tahan lama.

Baca juga rekomendasi camilan lainnya di sini

Tak hanya sale pisang, kami sudah pernah membahas beberapa camilan lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan. Klik tautan di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih serta rekomendasi produknya.

Kesimpulan

Apa Anda sudah mendapatkan produk sale pisang yang menggugah selera? Sale pisang adalah camilan yang lezat dan menyehatkan jika dikonsumsi secukupnya. 


Jangan lupa untuk mengecek ada tidaknya kandungan pengawet dan perhatikan tanggal kedaluwarsanya juga, ya. Menghabiskan akhir pekan dengan bersantai di rumah sambil menonton film favorit dan makan sale pisang sepertinya menarik!

5 Rekomendasi Sale Pisang terbaik

No. 1Rela Setia GarutSapiring Sale Pisang Kering

No. 2Kanjeng SnackSido Berkah Sale Pisang Kering

No. 3Kirani Snack Sale Pisang Gulung

No. 4Nusasari SnackSale Pisang Jari

No. 5Prima Centre Sale Jari

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer