mybest
Pintu

Layanan Rekomendasi

  1. TOP
  2. Interior & furnitur
  3. Kamar mandi
  4. 10 Pintu Terbaik untuk Kamar Mandi - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Pintu Terbaik untuk Kamar Mandi - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Pintu Terbaik untuk Kamar Mandi - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Pintu Terbaik untuk Kamar Mandi - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Pintu Terbaik untuk Kamar Mandi - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Pintu Terbaik untuk Kamar Mandi - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Pintu Terbaik untuk Kamar Mandi - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023)

Pintu kamar mandi sering menjadi bagian yang terlupakan, padahal pintu ini berpengaruh terhadap interior rumah. Karena itu, memilih pintu kamar mandi sebaiknya jangan asal-asalan. Anda mungkin sering merasa kebingungan saat memilih pintu kamar mandi karena mayoritas pintu toilet terlihat sama saja.


Untuk membantu Anda menemukan pintu kamar mandi yang bagus dan awet, kami akan memberi tips memilihnya di bawah ini. Kami juga akan mengulas pintu kamar mandi aluminium, kaca, dan fiber PVC dari merek Alphama, Crystal, dan sebagainya. Artikel ini sudah ditinjau oleh arsitek kami, Rio Maximilian.

Diperbaharui 12-26-2022
Rio Maximilian
Pakar
Arsitek
Rio Maximilian

Bersertifikasi Madya dari Ikatan Arsitek Indonesia, arsitek profesional ini sudah bekerja selama 17 tahun di Indonesia. Pendiri konsultan arsitektur Djalmo Manungso ini pernah menjadi principal architect dan partner di PT. Vindate selama 10 tahun. Rio juga pernah meraih juara pertama desain gedung DIKTI Senayan dan juara harapan desain Museum Nasional. Rio memiliki pengalaman mendesain beragam fungsi bangunan dari rumah tinggal, hotel, gedung kantor di atas 20 lantai, serta bandara.

Profil Rio Maximilian
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar dalam artikel ini meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Daftar isi

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih pintu untuk kamar mandi

Bahan, arah bukaan, dan ukuran merupakan tiga hal yang tidak boleh dilewatkan ketika memilih pintu kamar mandi. Penjelasan lebih lanjut mengenai ketiga hal tersebut dapat Anda baca melalui poin-poin di bawah ini.

① Cari tahu bahannya terlebih dahulu

Plastik dan aluminium merupakan dua jenis bahan yang sering dipilih untuk membuat pintu kamar mandi. Selain itu, ada juga pintu kamar mandi yang terbuat dari PVC atau UPVC dengan tambahan kaca. Agar Anda tidak dilema ketika menentukan pilihan, kami akan memberi tahu kelebihan dari tiap-tiap bahan tersebut.

Aluminium, bahannya tahan lama

Aluminium, bahannya tahan lama

Salah satu kelebihan dari pintu kamar mandi aluminium adalah tahan terhadap cipratan air, udara panas, dan udara dingin. Oleh karena itu, pintu kamar mandi aluminium cocok digunakan di area toilet yang sering terkena paparan sinar matahari. Pintu kamar mandi ini lebih cocok dipasang pada kamar mandi sederhana dengan ukuran yang relatif kecil. 


Desain pintu aluminium juga tersedia dalam beragam warna, seperti abu-abu, cokelat, dan putih. Namun, pintu aluminium memiliki beberapa kekurangan, seperti mudah tergores dan mengeluarkan bunyi saat dibuka atau ditutup. Bahan aluminium juga cenderung tipis sehingga Anda harus berhati-hati saat memasangnya.


Benturan yang agak keras ketika proses pemasangan juga bisa menyebabkan pintu penyok. Meskipun begitu, pintu aluminium tetap banyak digunakan sebagai pintu kamar mandi karena pemasangannya mudah. Beberapa pintu aluminium memiliki desain yang simple sehingga cocok dipadukan dengan interior gaya minimalis.

PVC atau UPVC, perawatannya mudah

PVC atau UPVC, perawatannya mudah

Bahan selanjutnya yang sering digunakan untuk membuat pintu kamar mandi adalah PVC dan UPVC. Kedua bahan ini merupakan plastik, tetapi ada perbedaan di antara keduanya.


Perbedaan bahan PVC dan UPVC:
  • PVC lebih lentur karena mengandung plasticizer
  • UPVC kaku karena tidak mengandung plasticizer
  • Pintu kamar mandi UPVC lebih kuat menahan cuaca panas sehingga tidak mudah mengalami pemuaian
  • Pintu UPVC lebih tahan air dan kedap suara

Di balik perbedaan tersebut, pintu PVC dan UPVC sama-sama mudah dibersihkan. Selain itu, kedua bahan tersebut juga tahan korosi, tahan rayap, dan tahan cipratan air. Tambahan lagi, warna dan desain pintu kamar mandi PVC serta UPVC juga beragam, lho!

Kaca, meningkatkan penerangan di kamar mandi

Kaca, meningkatkan penerangan di kamar mandi

Pintu kaca umum digunakan pada area basah, seperti shower atau kloset. Dari bentuknya, pintu kaca mungkin terkesan rentan mengalami pecah atau retak. Di balik kekurangan tersebut, pintu kaca memiliki beberapa kelebihan. Misalnya, pintu kaca bisa meneruskan cahaya sehingga dapat membuat kamar mandi menjadi lebih terang.


Supaya privasi saat menggunakan kamar mandi tetap terjaga, Anda bisa menggunakan pintu yang dilengkapi kaca buram. Pintu kaca termasuk salah satu jenis pintu yang mudah kotor. Meskipun demikian, pintu kaca bisa dibersihkan dengan mudah menggunakan lap basah. Anda juga tidak perlu khawatir pintu akan mengalami korosi atau pengeroposan.


Pintu kamar mandi yang terbuat dari 100% kaca agak sulit ditemukan. Kalaupun ada biasanya pintu kaca dijual dengan harga yang cukup tinggi. Karena itu, kami hanya merekomendasikan pintu kaca yang kerangkanya terbuat dari PVC, UPVC, atau aluminium.

② Ketahui arah bukaannya

Ketahui arah bukaannya

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan saat memilih pintu kamar mandi adalah arah bukaannya. Produsen pintu kamar mandi biasanya menyediakan satu model dengan dua arah bukaan, yakni bukaan kanan dan bukaan kiri.


Dalam hal ini, Anda sebaiknya memastikan pintu tidak terbuka ke arah cermin, kabinet, atau laci kamar mandi. Bukaan pintu kamar mandi juga sebaiknya tidak menghalangi jalan masuk, jalan keluar, atau mengarah ke kloset. Sebaiknya, arah bukaan bisa langsung melihat wastafel dan posisi sakelar di sisinya.


Pintu kamar mandi yang dibuka ke kanan atau ke kiri setidaknya akan memakan 8% area lantai. Alhasil, area yang terlewati oleh bukaan pintu harus dikosongkan. Jika Anda ingin memanfaatkan area kamar mandi dengan maksimal, pintu model sliding dapat dipertimbangkan. Pintu geser akan menghemat tempat karena Anda hanya perlu menyediakan sedikit ruang di samping dinding untuk jalur pintu.

③ Jangan lupa perhatikan ukurannya

Jangan lupa perhatikan ukurannya

Umumnya pintu kamar mandi yang ada di Indonesia memiliki lebar 70 cm dengan tinggi 180 cm. Ukuran tersebut disesuaikan dengan tinggi badan rata-rata masyarakat Indonesia. Walaupun demikian, Anda mungkin akan menemukan pintu kamar mandi yang ukurannya lebih lebar atau lebih pendek.


Jangan lupa, pintu kamar mandi hendaknya disesuaikan dengan tinggi pintu ruangan lain. Jika pintu kamar Anda memiliki tinggi 220 cm, sebaiknya tinggi pintu kamar mandi juga sama supaya tidak janggal. Lebar pintu kamar mandi yang ada di atas rata-rata mungkin diperlukan jika Anda ingin memasang perabotan berukuran besar.


Sementara itu, pintu kamar mandi yang lebih pendek biasanya digunakan untuk kamar mandi yang kecil supaya tidak terlihat jenjang. Setelah itu, jangan lupa juga untuk memperhatikan engsel dan handle-nya, ya. Jika pintu yang Anda pilih sudah bagus, engsel dan handle-nya juga harus memiliki kualitas yang baik.

10 Rekomendasi pintu terbaik untuk kamar mandi

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pintu terbaik untuk kamar mandi yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Rio Maximilian.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Alphamax Aluminium

Boston - G

Alphamax Aluminium Boston - G 1枚目

Berikan sentuhan natural dengan pintu bermotif kayu

2

Eden

Joice

Eden Joice 1枚目

Maksimalkan kesan vintage dengan pintu UPVC kaca ini

3

Wadja Kaya Dunia

Wing King Eco Door

Wadja Kaya Dunia Wing King Eco Door 1枚目

Pintu kamar mandi murah meriah yang tahan terhadap segala cuaca

4

Vincitory

G Series

Vincitory G Series 1枚目

Warna dan motif bunganya cocok dengan interior klasik

5

Alphamax

Aluminium Clover Door - 70 SL

Alphamax  Aluminium Clover Door - 70 SL 1枚目

Keamanan dan kenyamanan terjaga berkat EPS foam

6

Crystal

Amarilis

Crystal Amarilis 1枚目

Terlihat lebih berwarna dengan kaca bermotif bunga amarilis

7

Veloce

KS Series

Veloce KS Series 1枚目

Desain unik dengan perpaduan material aluminium dan kaca

8

Fortress

Olympus 90.02

Fortress Olympus 90.02 1枚目

Pintu kamar mandi baja dengan ketahanan maksimal

9

Crystal

Pintu PVC Full Panel White

Crystal Pintu PVC Full Panel White 1枚目

Simple dan menyatu dengan berbagai gaya interior

10

Mahottama

MAS14

Mahottama MAS14 1枚目

Bahannya didominasi kaca sehingga mudah dibersihkan

Perincian produk
Close
No.1

Berikan sentuhan natural dengan pintu bermotif kayu

Kelebihan:

  • Mudah dalam hal pemasangan
  • Desain modern minimalis

Kekurangan:

  • Hanya cocok diaplikasikan di rumah dengan konsep modern minimalis

Apakah Anda ingin memasang pintu kayu untuk kamar mandi, tetapi khawatir pintu cepat lapuk karena lembap dan cipratan air? Jika demikian, Anda bisa memilih produk berbahan aluminium dan PVC yang bebas karat dan antijamur ini.


Pintu ini memiliki motif kayu sehingga unsur natural akan terpancar. Produk ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki rumah bergaya minimalis. Hal ini berkat desainnya yang cenderung sederhana, tetapi elegan.

No.2

Maksimalkan kesan vintage dengan pintu UPVC kaca ini

Kelebihan:

  • Mudah dalam perawatan
  • Kedap suara

Kekurangan:

  • Warna bisa memudar seiring berjalannya waktu

Kerangka yang menjepit kaca dan garis horizontal di bagian bawah pintu membuat Eden Joice terlihat vintage. Anda yang memiliki rumah bertema vintage atau semiklasik bisa mempertimbangkan untuk memasang pintu ini di area kamar mandi.


Supaya suasana vintage lebih terasa, Anda bisa memasang gagang pintu berbentuk bulat atau knob. Meskipun pintu ini memiliki perpaduan dengan kaca, Anda tidak perlu menambahkan properti tambahan. Hal ini disebabkan, kaca yang terpasang tidak tembus pandang sehingga privasi pun terjamin.

No.3

Wadja Kaya DuniaWing King Eco Door

Mulai dari Rp285.000,00

Pintu kamar mandi murah meriah yang tahan terhadap segala cuaca

Kelebihan:

  • Harga lebih terjangkau daripada pintu dari material lain
  • Bobot ringan

Kekurangan:

  • Desain kurang estetik dan cenderung sederhana
  • Ada risiko engsel mudah terlepas
  • Suara yang nyaring

Apabila Anda mencari pintu kamar mandi yang terbuat dari Galvalum, produk lokal satu ini bisa dipertimbangkan. Meskipun memiliki desain sederhana, pintu ini tahan karat dan memberikan perlindungan terhadap cuaca. Dengan keunggulan tersebut, produk ini cocok untuk Anda yang mencari pintu kamar mandi dengan budget terbatas dan mengutamakan fungsionalitas.

No.4

Warna dan motif bunganya cocok dengan interior klasik

Kelebihan:

  • Pilihan motif beragam
  • Mudah dalam hal pemasangan

Kekurangan:

  • Rentan terkena kerak air

Untuk Anda yang memiliki kamar mandi dengan konsep Japandi style, pintu satu ini bisa menjadi pilihan. Hal ini karena adanya aksen kayu pada pintu dan ditambah kaca bermotif minimalis. Perpaduan keduanya akan memberikan kesan alami dan hangat pada kamar mandi. Selain Japandi style, pintu ini juga cocok diaplikasikan pada kamar mandi berinterior klasik berkat aksen kayunya yang unik.

No.5

Alphamax Aluminium Clover Door - 70 SL

Mulai dari Rp3.199.000,00

Keamanan dan kenyamanan terjaga berkat EPS foam

Kelebihan:

  • Kedap suara sehingga tidak berbunyi ketika digeser
  • Kerangka tidak berubah warna

Kekurangan:

  • Rentan mengalami kemacetan apabila tidak dibersihkan secara teratur

Liriklah produk ini jika Anda sedang mencari pintu kamar mandi dengan tingkat keamanan dan kenyamanan ekstra. Expanded polystyrene (EPS) foam yang diterapkan pada pintu sliding ini dapat menghambat penyebaran api ketika terjadi kebakaran. Selain itu, EPS foam juga mampu menyerap suara sehingga pintu tak akan berisik ketika dibuka atau ditutup.


Ditambah lagi, warna dan finishing metaliknya memberikan kesan yang mewah dan elegan. Namun, meskipun terlihat gelap, pintu kamar mandi ini masih bisa tembus pandang. Oleh karena itu, pintu ini disarankan untuk dipasang pada kamar mandi privat di kamar tidur Anda.

No.6

Terlihat lebih berwarna dengan kaca bermotif bunga amarilis

Kelebihan:

  • Mudah dibersihkan
  • Desain elegan

Kekurangan:

  • Tidak cocok untuk penggunaan outdoor karena material tidak kuat sinar matahari
  • Mengandung material kaca sehingga rawan retak

Anda mau menambahkan detail pada pintu kamar mandi, tetapi tidak ingin membuat interior terlihat ramai? Kalau begitu, pintu kamar mandi ini bisa jadi jawaban yang tepat. Motif bunganya membuat pintu jauh dari kesan monoton.


Pintu ini tersedia dalam dua pilihan warna. Ada warna cokelat yang hangat dan warna putih yang elegan. Dengan desain tersebut, pintu ini akan serasi dengan hunian bernuansa tropis atau bisa juga diletakkan di kamar anak Anda.

No.7

Desain unik dengan perpaduan material aluminium dan kaca

Kelebihan:

  • Motif beragam
  • Mudah dalam hal pemasangan

Kekurangan:

  • Rentan terkena kerak air

Pintu kamar mandi aluminium memang terkenal dengan desainnya yang cenderung monoton. Namun tidak dengan produk dari Veloce seri KS ini. Produk ini memiliki desain unik dengan perpaduan material kaca bermotif unik. Meski demikian, motifnya begitu elegan dan sederhana sehingga tidak terlalu mencolok. Pintu ini cocok diaplikasikan di rumah dengan konsep minimalis.

No.8

FortressOlympus 90.02

Mulai dari Rp17.600.000,00

Pintu kamar mandi baja dengan ketahanan maksimal

Kelebihan:

  • Perawatan mudah
  • Tahan segala perubahan cuaca
  • Kedap suara

Kekurangan:

  • Harga jauh lebih mahal daripada pintu dari material lainnya

Jika rumah Anda mengusung konsep klasik, produk dari Fortress ini bisa menjadi pilihan untuk pintu kamar mandi. Terbuat dari material baja, produk ini memiliki desain yang begitu mewah. Selain itu, material ini diklaim lebih kuat daripada material lainnya. Pintu kamar mandi ini pun dilengkapi dengan ukiran berbentuk honeycomb pada bagian daunnya untuk meredam suara.

No.9

CrystalPintu PVC Full Panel White

Mulai dari Rp850.000,00

Simple dan menyatu dengan berbagai gaya interior

Kelebihan:

  • Mudah dibersihkan
  • Bisa diaplikasikan pada berbagai desain interior

Kekurangan:

  • Tidak cocok untuk penggunaan outdoor karena material tidak kuat sinar matahari

Beberapa dari Anda mungkin kebingungan memilih pintu kamar mandi yang sesuai dengan interior ruangan. Untuk itu, kami memasukkan pintu ini ke dalam rekomendasi produk. Desainnya yang simpel dan warnanya yang elegan membuat pintu mudah dipadukan dengan berbagai interior.


Anda dapat memadukannya dengan interior bergaya Skandinavian, minimalis, semiklasik, modern, hingga vintage sekalipun. Di pihak lain, pintu berwarna putih juga dapat memberikan kesan luas pada kamar mandi Anda.

No.10

Bahannya didominasi kaca sehingga mudah dibersihkan

Kelebihan:

  • Mudah dibersihkan
  • Desain elegan dan estetik

Kekurangan:

  • Berbahan kaca sehingga terkesan rapuh

Daun pintu yang terbuat dari kaca memang terlihat indah. Akan tetapi, pintu lebih cepat kotor saat terkena cipratan air dan warnanya terlihat kusam jika tak dibersihkan. Apabila Anda tetap ingin memasang pintu kaca, kami merekomendasikan pintu kamar mandi kaca ini.


Bahan kacanya tidak bertekstur sehingga lebih mudah dibersihkan. Jadi, Anda tidak perlu mengeluarkan effort lebih hanya untuk membersihkan pintu kamar mandi. Kacanya juga tidak dilengkapi rangka sehingga proses membersihkan pintu jadi lebih mudah. Namun, pintu ini tembus pandang dari luar. Oleh karena itu, Anda perlu menambahkan stiker kaca film agar tidak terlihat dari luar.

Baca juga rekomendasi perlengkapan rumah lainnya di sini

Di artikel ini kami memang fokus membahas pintu untuk kamar mandi. Apabila Anda memerlukan informasi mengenai perlengkapan rumah lainnya, silakan Anda buka tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Pintu kamar mandi yang dijual di situs e-commerce ternyata beragam, ya! Anda yang menyukai unsur kayu mungkin bisa memilih pintu yang diberi motif kayu. Namun, apabila Anda ingin menghemat area kamar mandi, pintu sliding bisa menjadi pilihan.


Sebelum Anda membeli pintu kamar mandi, jangan lupa memperhatikan bahannya! Selain itu, perhatikan juga arah bukaan dan ukurannya. Nah, sekarang adalah giliran Anda untuk memilih. Selamat berbelanja!

5 Rekomendasi Pintu untuk Kamar Mandi terbaik

No. 1Alphamax AluminiumBoston - G

No. 2EdenJoiceA060

No. 3Wadja Kaya DuniaWing King Eco Door

No. 4VincitoryG Series

No. 5Alphamax Aluminium Clover Door - 70 SL

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer