1. TOP
  2. >
  3. Fashion anak
  4. >
  5. Aksesori anak
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Sajadah Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Sajadah Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Sajadah Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Sajadah Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Sajadah Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Sajadah Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Sajadah Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Ketika menunaikan ibadah salat, hendaklah menggunakan sajadah sebagai alas. Bagi si kecil yang masih dalam tahap belajar salat, gunakanlah sajadah anak. Sajadah anak memiliki desain yang menarik sehingga menambah semangat anak dalam beribadah. Selain itu, bahan dan ukurannya juga telah disesuaikan dengan kebutuhan anak-anak.


Kali ini, kami akan mengulas cara memilih sajadah anak serta memberikan rekomendasi produk terbaik yang ada di e-commerce. Merek sajadah anak yang bagus, seperti Olike Edu Toys, Al-Qolam, dan GUMUN juga akan kami ulas dalam artikel ini. Jadi, baca artikel ini sampai selesai, ya!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih sajadah anak

Sebelum membeli, sebaiknya Anda memperhatikan poin-poin penting dalam memilih sajadah anak. Berikut ini ulasan cara memilih sajadah anak yang dapat dijadikan referensi supaya Anda tak salah pilih.

① Pilih berdasarkan jenis sajadah

Bukan hanya sekadar alas salat, di pasaran tersedia beragam jenis sajadah untuk anak. Apa saja keunggulan dari masing-masing jenis sajadah anak? Simak pembahasannya berikut ini, ya!

Sajadah pintar, jadikan belajar salat makin menyenangkan

Sajadah pintar, jadikan belajar salat makin menyenangkan
Sumber: alqolam.com

Sajadah pintar atau smart sajadah dilengkapi dengan fitur mesin audio berisi bacaan salat. Tak hanya itu, ada pula audio azan dan doa sehari-hari. Dengan begitu, si kecil dapat belajar tata cara salat kapan pun dan di mana pun. Dengan fiturnya yang keren, tak heran jika harga smart sajadah anak dijual dengan harga yang cukup mahal.


Meskipun terdapat mesin audio dan baterai, cara pencucian smart sajadah tidak berbeda dengan sajadah biasa. Hal ini dikarenakan mesin audio yang dipasang pada bagian dalam sajadah dapat dilepas dan dipasang dengan mudah. Namun, sajadah ini kurang ringkas untuk dibawa bepergian karena masih berukuran cukup besar walaupun sudah dilipat.

Sajadah travel, praktis dibawa bepergian

Sajadah travel, praktis dibawa bepergian
Sumber: gumun.id

Sajadah travel tak hanya tersedia bagi orang dewasa, tetapi juga untuk anak-anak. Sajadah travel biasanya berbahan cukup tipis seperti polyester. Walaupun tipis, bagian bawahnya dirancang antiselip sehingga tidak mudah bergeser saat digunakan untuk salat.


Selain untuk bepergian dalam rangka liburan, sajadah travel tentunya juga praktis dibawa ke sekolah. Membawa sajadah sendiri saat bepergian juga berfungsi menjaga kebersihan pada diri anak dan barang-barang yang dimilikinya.

② Pilih berdasarkan bahannya

Pilih berdasarkan bahannya

Dalam memilih sajadah anak, Anda juga perlu mempertimbangkan jenis bahannya. Pilihlah sajadah dengan bahan yang nyaman dan sesuai dengan karakteristik anak-anak yang cenderung aktif. Salah satu bahan yang banyak digunakan dalam pembuatan sajadah anak ialah kain drill.


Kain drill biasanya terbuat dari campuran katun ataupun polyester. Karakteristik kain drill ialah memiliki permukaan yang lembut dan adem sehingga nyaman bagi kulit anak. Kain yang tidak mudah kusut ini juga sangat sesuai digunakan oleh anak-anak yang banyak bergerak.


Kemudian, pertimbangkan juga kain waterproof atau antiair. Mengingat anak-anak suka bermain air, kemungkinan bekas air wudhu akan banyak menetes ke sajadah. Sajadah waterproof juga ideal digunakan untuk anak yang masih menjalani toilet training, yaitu usia sekitar 2–4 tahun. Saat anak tak sengaja mengompol di atas sajadah, Anda dapat membersihkannya dengan lebih mudah.

③ Perhatikan ukurannya

Perhatikan ukurannya

Ukuran sajadah anak tentunya lebih kecil dari ukuran sajadah yang biasa dipakai orang dewasa. Dengan ukuran sajadah yang sesuai dengan besar tubuhnya, anak akan mudah beradaptasi untuk melaksanakan salat.


Masing-masing produsen memiliki ukuran sajadah anak yang berbeda-beda. Ukuran panjangnya berkisar antara 70–100 cm. Sementara itu, lebar sajadah anak berkisar antara 50–70 cm.

④ Pertimbangkan produk yang bisa diberi nama anak

Pertimbangkan produk yang bisa diberi nama anak
Sumber: snapy.id

Di pasaran sendiri, banyak tersedia produk sajadah anak custom nama. Artinya, Anda bisa menambahkan nama anak pada sajadah yang dipilih. Memberi tanda tulisan berupa nama pada barang-barang anak memang penting untuk dilakukan.


Selain bertujuan supaya barang tidak mudah hilang, anak juga bisa belajar konsep kepemilikan. Ia akan menyadari bahwa benda tersebut miliknya dan harus dijaga agar tidak rusak atau hilang. Ia juga akan belajar membedakan barang miliknya dan milik orang lain.

⑤ Periksa ketersediaan aksesori tambahan

Hal yang tak kalah penting saat memilih sajadah anak ialah mengecek ketersediaan aksesori tambahan. Aksesori tambahan tersebut salah satunya bisa berupa tas atau pouch untuk menyimpan sajadah yang dilipat. Untuk smart sajadah, aksesori tambahan selain tas ialah remote control. Benda tersebut berguna untuk menyetel audio dari jarak jauh.

10 Rekomendasi sajadah anak terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sajadah anak terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Snapy

Sajadah Anak

Snapy Sajadah Anak 1枚目

Bebas pilih template dan custom nama sesuai selera

2

Olike Edu Toys

Olike Smart Sajadah

Olike Edu Toys Olike Smart Sajadah 1枚目

Makin mahir gerakan salat berkat fitur Touch & Pray

3

UMMIKU

Sajadah Travel Anak UMMIKU Motif Galaxy & Kabah

UMMIKU Sajadah Travel Anak UMMIKU Motif Galaxy & Kabah 1枚目

Harga bersahabat, beli banyak jadi hemat

4

Al-Qolam

Smart Sajadah

Al-Qolam Smart Sajadah 1枚目

Belajar salat makin mudah berkat mesin audio

5

Sajadah Bulu Rasfur

 Sajadah Bulu Rasfur 1枚目

Lembut dan nyaman untuk penggunaan harian

6

Sajadah Anak Karakter Tayo

 Sajadah Anak Karakter Tayo 1枚目

Motif karakter Tayo kesukaan si jagoan cilik

7

SUJUD x Fox and Bunny

Sajadah SUJUD

SUJUD x Fox and Bunny Sajadah SUJUD 1枚目

Tahan air dan bebas bau berkat micro waterproof

8

GUMUN

Sajadah Travel GUMUN KIDS

GUMUN Sajadah Travel GUMUN KIDS 1枚目

Desain unik buat si kecil makin tertarik

9

Apro

Sajadah Anak Portable Traveling/Kids Prayer Mat

Apro Sajadah Anak Portable Traveling/Kids Prayer Mat 1枚目

Empuk dan mudah dilipat, makin semangat salat berjamaah

10

Hoofla Kids

HOOSAKU REBORN

Hoofla Kids HOOSAKU REBORN 1枚目

Antiribet saat bepergian

Perincian produk
Close
No.1

Bebas pilih template dan custom nama sesuai selera

Jika Anda ingin si kecil memiliki sajadah dengan desain khusus, produk ini dapat dijadikan pilihan. Anda dapat memesannya sesuai desain yang Anda inginkan ataupun mengikuti template yang telah disediakan. Sajadah anak custom ini juga dapat diberi nama pada bagian alas sujudnya. Bagian atas dan bawah sajadah juga diberi aksen rumbai yang mempermanis tampilan. 

No.2

Olike Edu ToysOlike Smart Sajadah

Mulai dari Rp419.000,00

Makin mahir gerakan salat berkat fitur Touch & Pray

Sajadah anak Olike memiliki berbagai fitur yang dapat membantu anak menghafal gerakan dan bacaan salat. Salah satunya ialah fitur Touch & Pray yang mendeteksi gerakan supaya anak salat dengan urutan yang benar. Untuk anak yang sedang memperdalam tata cara salat, khususnya urutan gerakan salat, pilihlah produk ini untuknya. 


Sajadah ini juga dilengkapi dengan gambar sketsa anggota tubuh anak, seperti kaki, lutut, tangan, hidung, dan dahi. Sensor gerakan pada bagian tubuh tersebut akan membantu anak mempraktikkan gerakan salat dengan urutan yang benar.

No.3

UMMIKUSajadah Travel Anak UMMIKU Motif Galaxy & Kabah

Mulai dari Rp28.615,00

Harga bersahabat, beli banyak jadi hemat

Sajadah anak ini tersedia dalam pilihan motif galaksi dan ka'bah. Produk ini terbuat dari material yang ringan, tetapi lembut untuk digunakan oleh anak-anak. Jika Anda sedang mencari souvenir sajadah anak untuk perayaan ulang tahun atau acara syukuran lainnya, produk ini adalah pilihannya. 


Mengapa demikian? Harganya ramah di kantong sehingga ideal untuk Anda yang ingin membeli banyak produk dengan budget terbatas. Terlebih lagi, dengan harga tersebut Anda juga akan mendapat aksesori tambahan berupa pouch. Asyik!

No.4

Belajar salat makin mudah berkat mesin audio

Apakah hari ulang tahun si kecil akan segera tiba? Pertimbangkanlah untuk memberikan smart sajadah ini sebagai kado ulang tahun. Buatlah anak Anda makin semangat beribadah dengan baik dan benar. 


Audionya dapat dioperasikan dengan cara menekan gambar pada sajadah. Sajadah anak bunyi ini juga dilengkapi remote control sehingga dapat dioperasikan dari jauh. Tak hanya bacaan salat, terdapat juga audio lain tentang ilmu agama. Keren, bukan? 

No.5

Lembut dan nyaman untuk penggunaan harian

Untuk si kecil yang sudah lancar menunaikan salat setiap waktu, berikanlah ia sajadah anak bulu rasfur ini. Sajadah ini sangat ideal untuk digunakan sehari-hari di rumah. Bahan bulu rasfur-nya memiliki karakteristik lembut sehingga nyaman di kulit.


Sajadah ini juga dilengkapi dengan busa setebal 5 cm untuk menambah kenyamanan saat beribadah. Adanya ritsleting juga memungkinkan Anda memasukkan dan mengeluarkan busa di dalam sajadah. Jadi, Anda dapat mencuci sajadah bulu rasfur ini dengan mudah.

No.6

Sajadah Anak Karakter Tayo

Mulai dari Rp75.000,00

Motif karakter Tayo kesukaan si jagoan cilik

Jika anak laki-laki Anda menyukai kartun Tayo, pilihlah sajadah karakter anak ini untuknya. Sajadah ini didesain dengan gambar masjid di bagian atas dan Bus Tayo di bagian bawah. Hiasan tersebut membuat sajadah ini makin mudah menarik perhatian sang buah hati.


Pada bagian samping sajadah juga terdapat aksesori tambahan berupa tali jinjing. Tidak hanya itu, sajadah ini pun dapat dilipat menjadi tas kecil sehingga cukup ringkas untuk dibawa-bawa. Hebatnya lagi, Anda juga dapat memesan untuk ditambahkan nama anak pada sajadah. 

No.7

SUJUD x Fox and BunnySajadah SUJUD

Mulai dari Rp169.000,00

Tahan air dan bebas bau berkat micro waterproof

Untuk Anda yang sedang mencari sajadah anak antiair, jangan ragu untuk memilih produk ini. Produk ini terbuat dari bahan micro waterproof yang tentunya tahan air, bahkan juga antibau. Meskipun demikian, sajadah ini tetap washable atau bisa dicuci.


Pada bagian samping, terdapat aksesori pouch yang langsung menempel dengan bagian atas sajadah. Hal ini memudahkan si kecil saat melipat dan tak akan kehilangan pouch sajadahnya. Selain untuk anak, sajadah ini juga bisa digunakan oleh orang dewasa, lho.

No.8

GUMUNSajadah Travel GUMUN KIDS

Mulai dari Rp155.000,00

Desain unik buat si kecil makin tertarik

Jika bosan dengan bentuk sajadah yang persegi panjang, produk ini patut dijadikan pilihan. Bagian atasnya berbentuk runcing menyerupai kubah masjid. Pilihan motifnya pun menarik untuk anak-anak, yakni Green Forest, Seaboat, dan Spaceship.


Pada bagian bawah sajadah terdapat tali pengikat untuk mengencangkan lipatan atau gulungan sajadah usai digunakan. Bagian alas sajadah merupakan bahan antislip dengan tekstur berbintik sehingga sajadah tidak mudah bergeser.

No.9

AproSajadah Anak Portable Traveling/Kids Prayer Mat

Mulai dari Rp135.000,00

Empuk dan mudah dilipat, makin semangat salat berjamaah

Apakah Anda ingin membuat si kecil rajin beribadah ke masjid? Pastikan sajadah anak ini menemani kegiatan keagamaannya. Meskipun dilapisi busa setebal 5 mm, sajadah ini bisa dilipat dan dimasukkan ke dalam tas serut bermotif senada.


Bagian atas sajadah merupakan kain kanvas yang tebal sehingga empuk digunakan sebagai alas sujud. Sementara itu, bagian bawahnya merupakan kain antiselip yang aman untuk digunakan anak-anak.

No.10

Hoofla KidsHOOSAKU REBORN

Mulai dari Rp119.000,00

Antiribet saat bepergian

Sajadah anak dari Hoofla Kids ini dapat dibersihkan dengan mudah karena terbuat dari material waterproof. Aksesori tambahan berupa pouch serut dengan motif senada pun membuat produk ini makin menarik. 


Bahan poli waterproof premium memiliki karakteristik ringan dan cukup tipis. Bagi Anda yang sedang mencari sajadah travel untuk anak, produk ini adalah pilihan tepat. Dengan bobot sebesar 97 gram, tentunya produk ini antiribet untuk dibawa bepergian.

Baca juga rekomendasi perlengkapan salat dan pakaian muslim anak lainnya di sini

Kesimpulan

Kami telah membahas rekomendasi sajadah anak terbaik yang dapat dibeli secara online. Bagaimana menurut Anda? Sudahkan Anda menemukan produk yang tepat untuk buah hati kesayangan?


Sebaiknya, Anda melibatkan anak untuk memilih sajadah dengan motif dan warna yang diinginkan. Namun, jangan lupa untuk mengikuti panduan cara memilih yang sudah kami jelaskan. Semoga si kecil makin semangat belajar dan rajin menunaikan salat, ya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer