• 10 Gitar Listrik Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Gitar Listrik Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Gitar Listrik Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Gitar Listrik Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Gitar Listrik Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Gitar Listrik Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022)

Terdapat beberapa merek gitar listrik yang bagus di pasaran, seperti Ibanez, Yamaha, Fender, CORT, dan lainnya. Tergantung pada merek dan kualitasnya, harga gitar listrik yang ori ini bervariasi, mulai dari yang murah hingga mahal.


Anda sedang mencari gitar listrik? Untuk seorang pemula, memilih gitar listrik yang tepat tentu sedikit membingungkan. Karena itu, kami akan mengulas hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih gitar listrik. Kami juga memberikan sederet produk rekomendasi. Jadikanlah artikel ini sebagai panduan sebelum Anda membeli. Artikel ini sudah ditinjau oleh pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Satriyo Arwanto
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 31 Mei 2022
Daftar isi

Profil pakar: Pendidik dan produser musik, Satriyo Arwanto

Profil pakar: Pendidik dan produser musik, Satriyo Arwanto
Satriyo Arwanto
Music educator dan music producer
Satriyo Arwanto

Satriyo adalah seorang pendidik sekaligus produser musik lulusan Pendidikan Seni Musik Universitas Negeri Yogyakarta. Terjun di dunia pendidikan musik formal selama lima tahun membuatnya yakin untuk mendirikan kursus musik.


Kursus musik yang ia dirikan diberi nama Bless Music Wonosobo. Selain melahirkan calon-calon musisi, Satriyo juga menggarap jingle, mars, himne, dan aransemen. Akhir-akhir ini ia mulai fokus menggarap lagu-lagu anak.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih gitar listrik

Gitar listrik atau gitar elektrik dijual dalam berbagai model dan merek. Kami akan menjelaskan hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli gitar elektrik, mulai bentuk neck hingga jenis kayunya. Simaklah setiap poinnya dengan saksama dan temukan produk yang cocok dengan keinginan Anda. 

Sesuaikan bentuk neck gitar dengan kenyamanan Anda

Sesuaikan bentuk neck gitar dengan kenyamanan Anda
Ada beberapa bentuk neck (neck shape) gitar listrik, yakni C, D, U, dan V. Tiap-tiap bentuk neck gitar memiliki karakteristik dan keunggulan masing-masing. Berikut ini ulasannya.

  • C-shaped
C-shaped adalah bentuk neck yang paling umum. Neck shape ini berbentuk oval dan tidak terlalu tebal sehingga cocok untuk memainkan berbagai teknik gitar.

  • D-shaped
D-shaped adalah jenis gitar yang sering digunakan oleh para gitaris rock atau metal. D-shaped memiliki kontur yang lebih rata sehingga Anda dapat melakukan teknik shredder ala musik rock dengan mudah.

  • V-shaped
V-shaped dapat dibagi lagi ke dalam dua tipe yakni soft V dan hard V. Tipe soft V memiliki karakter cenderung lebih oval daripada hard V.

  • U-shaped
U-shaped memiliki bentuk yang mirip dengan V-shaped. Perbedaannya, U-shaped memiliki genggaman yang lebih gempal sehingga terasa chunky dan rounded. V-shaped dan U-shaped ini direkomendasikan untuk Anda yang memiliki jari dan tangan besar.

Periksa ukuran fret yang terpasang pada gitar listrik

Tidak hanya bentuk neck, jenis ukuran fret juga memengaruhi kenyamanan jari Anda bermain gitar. Setidaknya, ada tiga jenis ukuran fret yang digunakan pada gitar elektrik, yakni medium, jumbo, dan extra jumbo. 

Medium: Intonasi dan tune nada lebih akurat

Medium: Intonasi dan tune nada lebih akurat

Beberapa gitar listrik merek Fender dan Gibson menggunakan fret berukuran medium. Jenis fret medium ini mengeluarkan intonasi dan tune yang lebih akurat. Gitar elektrik dengan fret medium memungkinkan Anda memainkan beragam genre musik.

Jumbo: Jari lebih relaks untuk improvisasi

Jumbo: Jari lebih relaks untuk improvisasi

Gitar listrik dengan fret ini memiliki playability yang nyaman dan memungkinkan jari lebih relaks. Dengan begitu, Anda dapat melakukan improvisasi dengan nyaman. Fret jumbo juga memungkinkan Anda melakukan berbagai teknik, misalnya hammer-on dan pull off. Hal itu disebabkan radius fret tergolong lebar sehingga menghasilkan nada dengan sustain yang cukup panjang


Dengan fret berukuran jumbo, melakukan teknik bending pun menjadi lebih mudah. Hal ini karena saat melakukan bending, ujung jari Anda tidak bersentuhan dengan fretboard.

Extra jumbo: Cocok untuk memainkan musik rock

Extra jumbo: Cocok untuk memainkan musik rock
Fret extra jumbo biasanya ditemukan pada gitar-gitar rock dan acoustic folk. Gitar listrik dengan fret ini memiliki playability yang baik saat Anda melakukan teknik bending. Sama seperti fret jumbo, fret extra jumbo membuat ujung jari Anda tidak menyentuh fretboard

Anda cukup menekan senar sedikit saja dan senar dapat mengeluarkan bunyi dengan baik. Namun, jika tidak terbiasa, ada risiko nada menjadi fals. Hal ini karena senar ditekan terlalu kuat dan membuat pitch nada naik. 

Perhatikan jenis pickup yang terpasang pada gitar listrik

Pickup adalah perangkat yang akan memengaruhi jenis karakter suara yang keluar dari gitar. Umumnya, ada tiga jenis pickup yang terpasang pada gitar elektrik, yakni single coil, humbucker, dan P90.

Single coil, menghasilkan tone yang cerah dan nyaring

Pada dasarnya, pickup single coil hanya menggunakan sebuah magnet. Jenis pickup ini berbentuk oval dengan ciri khas memiliki bintik-bintik logam berukuran kecil

Pickup single coil mengeluarkan nada seperti kaca yang nyaring, sedangkan tone-nya terdengar lebih bright. Dengan demikian, pickup ini cocok untuk memainkan beragam genre, khususnya lead blues dan rock and roll.

Humbucker, mengeluarkan nada tinggi dengan distorsi gahar

Pickup humbucker adalah gabungan dari dua pickup single coil. Karakter suara dan tone yang dikeluarkan pickup ini terdengar lebih warm

Gitar dengan pickup humbucker sering digunakan oleh banyak gitaris jazz. Tidak hanya itu, pickup ini memiliki output tone yang lebih tinggi dari pickup single coil. Output tone yang tinggi ini cocok untuk Anda yang sering memainkan lagu-lagu metal dengan distorsi tingkat tinggi.

P90, suara menggeram diikuti tone bass yang warm

P90, suara menggeram diikuti tone bass yang warm
Bisa dibilang pickup P90 (soapbar pickup) menjadi penengah antara karakter suara dari pickup humbucker dan single coil


Pickup P90 ini memiliki output tone yang lebih tinggi dari single coil, tetapi tidak sebesar humbucker. Tone yang dikeluarkan pickup P90 memiliki karakter yang menggeram dan diikuti dengan nada bass yang hangat.

Pilih gitar listrik dengan jenis bodi yang sesuai dengan genre yang Anda mainkan

Bodi gitar tidak hanya didesain agar tampilannya terlihat cantik, tetapi juga memberikan karakter suara sesuai genre tertentu. Simak poin ini juga, ya!

Solid body, jenis paling umum untuk memainkan beragam genre musik

Solid body merupakan tipe bodi yang paling umum digunakan pada gitar listrik. Jenis gitar ini tidak mempunyai rongga di bagian bodinya. Dengan bodinya yang tertutup tersebut, tidak ada ruang untuk suara beresonansi. 


Karena itu, kualitas suara dari gitar dengan solid body bergantung pada pickup dan amplifier yang dipakai. Gitar dengan solid body cocok digunakan untuk memainkan beragam genre. Mulai dari rock 'n roll, punk, jazz, blues, rock, hingga heavy metal bisa menggunakan gitar solid body.

Hollow body, suara lebih lembut dan bersih untuk genre jazz, pop, hingga blues

Hollow body, suara lebih lembut dan bersih untuk genre jazz, pop, hingga blues

Gitar hollow body mempunyai rongga seperti gitar akustik sehingga dapat dimainkan secara akustik ataupun elektrik. Gitar elektrik dengan bodi ini biasanya menggunakan variasi pickup yang berbeda dari gitar solid body


Gitar ini mengeluarkan karakter suara dengan mid-range yang hangat dan dalam. Anda yang menyukai gitar bersuara jazzy, pop, hingga blues bisa memilih gitar hollow body. Sayangnya, jenis gitar listrik ini sulit ditemukan di Indonesia.

Semi-hollow body, suara nyaring untuk Anda yang sering melakukan leading

Gitar listrik semi-hollow body memiliki rongga di bagian atas dan bawahnya. Sementara itu, di bagian tengahnya terdapat balok kayu tepat di bawah pickup dan bridge.


Gitar jenis ini memiliki nada nyaring seperti lonceng. Karena itu, gitar semi-hollow body cocok untuk genre country, folk-rock, dan lead gitar.

Ketahui karakter dari material pembuat gitar listrik

Ketahui karakter dari material pembuat gitar listrik
Selain bentuknya, jenis kayu juga menjadi salah satu faktor yang memengaruhi kualitas suara gitar listrik. Berikut ini adalah beberapa jenis kayu yang sering digunakan sebagai bahan pembuat gitar listrik.

  • Ashwood
Ashwood memiliki bobot yang ringan dan resonance yang baik sehingga dinilai mampu menghantarkan bunyi. Kayu ini juga memiliki sustain yang luas dengan karakter suara bright. Clarity suara dari ashwood juga jelas. Jenis kayu ini sering digunakan sebagai konstruksi tunggal dari gitar. Meskipun demikian, ada beberapa gitar yang menggabungkan ashwood dengan beberapa jenis kayu (multi-wood).

 

  • Alder
Dibandingkan ashwood, alder memiliki bobot yang lebih berat. Meskipun demikian, bobot dari kayu ini masih bisa dimaklumi. Kayu alder memiliki clarity suara yang jelas dengan mid frekuensi yang lebih bulat dan berisi. Selain itu, alder juga mempunyai nada resonan dengan sustain yang sangat baik. Bahkan, sustain suara yang dihasilkan alder lebih panjang dari ashwood.

  

  • Basswood

Basswood merupakan jenis kayu yang sering digunakan untuk gitar kelas low dan mid-end. Kayu ini ringan, lebih lembut, dan tetap padat. Seperti alder, basswood memiliki frekuensi suara yang seimbang baik di low, mid, maupun high tone-nya. Namun, untuk clarity suara, basswood masih di bawah alder. Jika dibuat dengan teliti, basswood dapat menghasilkan dinamika yang baik dan cukup grind untuk menghasilkan suara.

 
  • Maple

Kayu maple memiliki sifat padat, keras, dan berat sehingga sering digunakan sebagai bahan dalam konstruksi bodi gitar berlapis. Jenis kayu ini sering dipasangkan dengan kayu yang lebih ringan, salah satunya adalah mahogany. Gitar dengan body maple memiliki nada yang cerah dan tajam.


  • Mahogany
Kayu mahogany memiliki sustain suara yang panjang dengan frekuensi seimbang. Suara gitar dari kayu ini tidak se-bright alder dan ashwood. Saat digabungkan dengan distorsi, suara gitar dari kayu ini terdengar lebih berat. Gitar dengan bodi dari kayu mahogany cocok untuk Anda yang memainkan musik keras, seperti rock, metal, dan sejenisnya.

Cek scale length gitar untuk kenyamanan bermain

Cek scale length gitar untuk kenyamanan bermain
Scale length adalah jarak senar dari nut hingga bridge yang dinyatakan dalam satuan inci. Ada dua jenis scale length paling umum pada gitar elektrik. Pertama adalah Fender (Fender scale length) dengan scale length 25,5 inci. Kedua adalah Gibson (Gibson scale length) dengan scale length 24,75 inci. 

Scale length memengaruhi jangkauan jari saat bermain. Gitar listrik dengan scale length panjang mempunyai jarak fret yang lebih jauh. Jangkauan fret yang jauh ini akan membuat pemain yang berjari kecil kesulitan saat stretch fingering


Sebaliknya, pemain dengan tangan yang besar akan menyukai scale length panjang karena pas di tangan. Scale length yang panjang juga akan memiliki tension atau tegangan senar yang lebih kencang. Gitar listrik ini cocok bila Anda adalah player yang memetik senar dengan keras. Jadi, sesuaikan scale length gitar dengan jari dan gaya bermain Anda, ya.

10 Rekomendasi gitar listrik terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk gitar listrik terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Satriyo Arwanto.

10
Neck shapeTidak disebutkan
Jumlah fret22 (medium)
Scale lengthTidak disebutkan
BodyRosewood
FingerboardBasswood
NeckHard maple
PickupSingle Coil Alnico
WarnaWhite, Sunburst, Black
9
Neck shapeC-shaped
Jumlah fret22
Scale length24,75" (628 mm)
BodyJatoba
FingerboardPoplar
NeckCanadian hard maple
PickupPowersound Pickups
WarnaBlack
8
Neck shapeThin C
Jumlah fret24 (medium)
Scale length25,5" (648 mm)
BodyRosewood
FingerboardBasswood
NeckMaple
PickupSchecter Diamond Plus
WarnaGloss Black, Midnight Satin Black
7
Neck shapeC-shaped
Jumlah fret22
Scale length25,5" (647,7 mm)
BodyRosewood
FingerboardAlder
NeckMaple
PickupAlnico V Single (2), Alnico V Humbucker (1)
WarnaBlack, Vintage White, United Blue, Yellow Natural Satin, Sonic Blue, Old Violin Sunburst
6

ESP Guitar CompanyGitar Elektrik LTD AX 50

LAX50BLKS

Mulai dari Rp 3.691.000,00

Neck shapeThin U
Jumlah fret24 (extra jumbo)
Scale length25,5"
BodyRosewood
FingerboardBasswood
NeckMahogany
PickupLH-150 Humbucker
WarnaBlack Satin, Silver Satin
5

Stranough Guitar TechThe Emperor

Mulai dari Rp 4.675.000,00

Neck shapeThin C
Jumlah fret22 (jumbo)
Scale length25,5" (648 mm)
BodyEbony
FingerboardWhite ash
NeckHard maple
PickupStranough® Single Coil Texas Classic - Alnico V
WarnaCharcoal Black
4
Neck shapeMedium C
Jumlah fret22 (medium jumbo)
Scale length25,5"
BodyMaple
FingerboardSwamp ash, basswood
NeckMaple
PickupG&L CLF-100 Alnico V single-coils
WarnaSurf Green, Fullerton Red, Gloss Black, Natural Gloss
3

Epiphone Les Paul Standard 60s

EILS6EBNH1

Mulai dari Rp 8.300.000,00

Neck shapeSlimTaper™ 60s C
Jumlah fret22 (medium jumbo)
Scale length24,75" (628,65 mm)
BodyIndian Laurel
FingerboardMahogany
NeckMahogany
PickupProBucker™
WarnaEbony, Bourbon Burst, Iced Tea
2
Neck shapeTidak disebutkan
Jumlah fret22 (medium)
Scale length24,7" (628 mm)
BodyLinden
FingerboardBound walnut
NeckNyatoh
PickupClassic Elite (H) neck pickup Passive/Ceramic
WarnaTobacco Brown, Olive Metallic, Transparent Cherry Red
1

FenderPlayer Stratocaster

0144502513

Mulai dari Rp 13.200.000,00

Neck shapeModern C
Jumlah fret22 (medium jumbo)
Scale length25,5" (648 mm)
BodyMaple
FingerboardAlder
NeckMaple
PickupPlayer Series Alnico 5 Strat® Single-Coil
WarnaSunburst, Black, Buttercream, Polar White, Tidepool

Tabel perbandingan produk gitar listrik terbaik

Gambar produk
1
Fender Player Stratocaster 1

Fender

2
Ibanez AS73 1

Ibanez

3
Epiphone  Les Paul Standard 60s  1

Epiphone

4
G&L  Tribute Legacy 1

G&L

5
Stranough Guitar Tech The Emperor 1

Stranough Guitar Tech

6
ESP Guitar Company Gitar Elektrik LTD AX 50 1

ESP Guitar Company

7
Yamaha Pacifica PAC112V 1

Yamaha

8
Schecter C-1 FR SGR  1

Schecter

9
CORT CR50 1

CORT

10
Stinger  Stratocaster SST-10 1

Stinger

Nama produk

Player Stratocaster

AS73

Les Paul Standard 60s

Tribute Legacy

The Emperor

Gitar Elektrik LTD AX 50

Pacifica PAC112V

C-1 FR SGR

CR50

Stratocaster SST-10

Keunggulan

Playability tinggi! Tetap nyaman saat dimainkan berjam-jam!

Desain semi-hollow untuk pencinta musik jazz

Gaya klasik ala retro dengan suara yang warm

Sistem PTB! Tidak perlu takut senar terdengar fals

Produk lokal yang kukuh dengan desain eksentrik!

Siap tampil gahar untuk para rocker

Paket lengkap untuk banyak kegiatan!

Hadir dengan desain yang terlihat minimalis dan elegan!

Didesain khusus untuk musik genre classic rock

Harga terjangkau untuk pemula yang masih belajar

Harga mulai dariRp 13.200.000,00Rp 6.560.000,00Rp 8.300.000,00Rp 7.346.240,00Rp 4.675.000,00Rp 3.691.000,00Rp 3.570.000,00Rp 3.600.000,00Rp 2.590.000,00Rp 1.105.000,00
Neck shapeModern CTidak disebutkanSlimTaper™ 60s CMedium CThin CThin UC-shapedThin CC-shapedTidak disebutkan
Jumlah fret22 (medium jumbo)22 (medium)22 (medium jumbo)22 (medium jumbo)22 (jumbo)24 (extra jumbo)2224 (medium)22 22 (medium)
Scale length25,5" (648 mm)24,7" (628 mm)24,75" (628,65 mm)25,5"25,5" (648 mm)25,5"25,5" (647,7 mm)25,5" (648 mm)24,75" (628 mm)Tidak disebutkan
BodyMapleLinden Indian LaurelMaple EbonyRosewood RosewoodRosewoodJatoba Rosewood
FingerboardAlderBound walnutMahoganySwamp ash, basswood White ashBasswoodAlderBasswoodPoplarBasswood
NeckMapleNyatohMahoganyMaple Hard mapleMahoganyMapleMapleCanadian hard mapleHard maple
PickupPlayer Series Alnico 5 Strat® Single-CoilClassic Elite (H) neck pickup Passive/CeramicProBucker™G&L CLF-100 Alnico V single-coils Stranough® Single Coil Texas Classic - Alnico VLH-150 HumbuckerAlnico V Single (2), Alnico V Humbucker (1)Schecter Diamond PlusPowersound PickupsSingle Coil Alnico
WarnaSunburst, Black, Buttercream, Polar White, TidepoolTobacco Brown, Olive Metallic, Transparent Cherry RedEbony, Bourbon Burst, Iced TeaSurf Green, Fullerton Red, Gloss Black, Natural GlossCharcoal BlackBlack Satin, Silver SatinBlack, Vintage White, United Blue, Yellow Natural Satin, Sonic Blue, Old Violin Sunburst Gloss Black, Midnight Satin BlackBlackWhite, Sunburst, Black
Tautan produk

Tips dari pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto

Tips dari pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto

Tips mengganti senar gitar listrik

Senar gitar Anda sebaiknya diganti secara berkala, misalnya 6 bulan sekali. Apabila salah satu senar putus atau rusak, Anda disarankan menggantinya dengan merek dan seri yang sama dengan senar sebelumnya. Hal tersebut dilakukan supaya karakter dan kualitas tone tetap baik dan seimbang.

Tips memainkan gitar listrik untuk pemula

Bagi para pemula, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengenali urutan nada (open string) dari senar 1 hingga senar 6. Setelah itu, pelajari tangga nada dan latihlah dalam beberapa pola. Latihan akan membuat Anda makin dekat dengan keberhasilan. Jika jari Anda mulai melepuh, istirahatlah sejenak.

Sebelum membeli, sebaiknya Anda mencobanya dahulu

Sebelum membeli, sebaiknya Anda mencobanya dahulu

Jika memungkinkan, sebaiknya Anda mencoba dahulu gitar yang akan Anda beli. Hal ini karena tingkat kenyamanan tiap-tiap orang bermain gitar berbeda-beda. Periksalah apakah gitar tersebut nyaman untuk Anda mainkan atau tidak. Rasakanlah senar saat ditekan dan cek kemudahan jari menjangkau senar lainnya. 


Pastikan juga bagian-bagian gitar, seperti output jack, tombol volume, neck, bodi, hingga tuning peg berfungsi dengan baik. Akan lebih baik jika Anda dapat membelinya di toko offline. 


Namun, jika hal itu tidak memungkinkan, Anda bisa membeli gitar secara online. Sebelum membeli gitar secara online, lakukanlah double check dan lihat review yang ada di internet. Dengan begitu, Anda mendapatkan gitar yang berkualitas.

Baca juga rekomendasi perlengkapan gitar lainnya di sini

Saat memilih gitar listrik, Anda mungkin membutuhkan perlengkapan lainnya, seperti tuner, pick, dan amplifier. Kami telah mengulas produk-produk tersebut untuk Anda. Anda bisa membacanya dengan mengeklik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Apakah sudah ada produk yang menarik untuk Anda miliki? Anda harus memilih gitar listrik yang tepat sesuai dengan penggunaannya. Gitar untuk seorang pemula tentu berbeda dengan gitar untuk kebutuhan performance.

 
Karakter suara yang dikeluarkan tiap-tiap gitar listrik juga berbeda. Pilihlah gitar yang berkualitas dengan karakter suara yang sesuai dengan genre musik Anda. Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan apakah harga gitar listrik pilihan Anda sesuai dengan bujet. Selamat memilih.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Mic Karaoke Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mic Karaoke Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Karaoke merupakan salah satu aktivitas menyenangkan yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang. Selain di tempat hiburan seperti studio musik, karaoke bisa dilakukan di rumah, bahkan saat melakukan perjalanan di dalam mobil. Supaya suara Anda terdengar makin keras dan bagus, siapkanlah mic karaoke. Nah, mic merek apa yang bagus untuk karaoke? Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih mic yang bagus untuk karaoke, baik tipe wireless, Bluetooth, maupun kabel. Kami juga akan memberikan rekomendasi merk mic karaoke terbaik yang dijual secara online, seperti Advance, Shure, dan Sony. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Microphone Terbaik Tipe Dynamic - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Microphone Terbaik Tipe Dynamic - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Pernah mendengar tentang mikrofon dinamik? Mikrofon ini sering kita temukan di live house dan tempat karaoke. Mikrofon dinamik sudah banyak dijual oleh perusahaan yang berkecimpung di bidang audio, seperti SHURE, Audio-Technica, dan Sennheiser. Ada beragam spesifikasi yang diberikan sehingga Anda mungkin bingung untuk memilih.Kali ini, kami akan memberikan beberapa tips cara memilih mikrofon dinamik yang bagus untuk Anda. Dalam artikel ini terdapat juga komentar dari Dennis Novriandi yang merupakan seorang sound engineer. Kami juga mempunyai rekomendasi produk-produk dari merek terbaik. Ikuti tips dari kami untuk menemukan produk yang tepat!
    Musik
  • 10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2022)
    Biola adalah alat musik gesek dengan suara yang cukup nyaring. Apakah Anda berminat untuk berlatih biola dari awal? Ada banyak pilihan biola untuk pemula yang dapat Anda pilih. Harganya pun bervariasi, mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Semua tergantung pada kualitas kayunya.Skylark, Cremona, dan Pearl River adalah beberapa merek biola yang bagus untuk para pemula. Sebelum membeli biola, simak dahulu tips dari kami, ya. Kami akan berbagi tips memilih biola yang tepat untuk para pemula. Selain harga, masih ada poin penting yang harus Anda pertimbangkan. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Gitar Yamaha Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gitar Yamaha Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022)
    Gitar merupakan alat musik yang menarik untuk dipelajari. Suara merdunya dapat menjadi melodi utama sampai melodi pengisi dalam lagu. Di antara banyaknya merek gitar, Yamaha menjadi pilihan top of mind bagi konsumen. Gitar Yamaha original memiliki berbagai seri serta jenis gitar untuk kebutuhan Anda.Kami akan berbagi tips memilih gitar dari Yamaha, termasuk gitar akustik Yamaha terbaik. Simak juga daftar rekomendasi gitar Yamaha yang bagus sebagai referensi Anda. Gitar Yamaha C315, Yamaha F310, dan Yamaha APX600 ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh gitaris, Adriano Pandapotan. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Senar Gitar Akustik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022)
    10 Senar Gitar Akustik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022)
    Senar memberikan pengaruh pada kualitas suara gitar akustik sehingga penting untuk memilih senar terbaik. Senar gitar akustik sendiri terdiri dari beberapa jenis. Ada senar nylon yang digunakan pada gitar klasik. Ada juga senar baja antikarat untuk memainkan musik genre rock, blues, dan country.  Kali ini, kami akan mengulas cara memilih senar untuk menemukan senar terbaik yang original untuk gitar akustik Anda. Kami juga merekomendasikan beragam merek senar gitar akustik yang bagus, seperti Elixir, D'addario, Yamaha, dan Martin & Co. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh gitaris, Adriano Pandapotan. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Rekomendasi Gitar Fender Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Gitar Fender Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Fender adalah salah satu merek gitar yang banyak dipakai oleh musisi lokal maupun internasional, seperti Iga Massardi, Eros Chandra, Eric Clapton, dan Jimi Hendrix. Gitar Fender dapat digunakan untuk memainkan berbagai genre musik, mulai dari country, rock, ataupun pop. Banyaknya model dan seri gitar Fender mungkin membuat Anda bingung saat memilih. Untuk itu, kami akan mengulas gitar Fender secara lengkap. Kami juga Akan memberikan cara memilih serta rekomendasi produk yang bagus dengan kualitas dan harga terbaik untuk Anda. Baca artikel ini sampai selesai, ya!
    Musik
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori