mybest
Selai

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Roti & kue
  4. 10 Selai Blueberry Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Selai Blueberry Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Selai Blueberry Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Selai Blueberry Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Selai Blueberry Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Selai Blueberry Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Selai Blueberry Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2024)

Selai blueberry merupakan salah satu selai rasa buah yang laris di pasaran. Banyak orang menggunakan selai blueberry sebagai campuran aneka resep kue. Anda bisa menggunakannya untuk olesan atau isian roti, dicampur cream cheese, hingga untuk minuman.


Ada selai blueberry yang enak merek Morin, Goldenfil, dan St Dalfour beredar di pasaran. Kami akan membagi tips-tips memilih selai blueberry yang bagus beserta rekomendasi produk terbaiknya. Selain harga, kemasannya juga bervariasi, ada yang kiloan, ada pula yang cup kecil. Artikel ini sudah ditinjau oleh home cook influencer kami, Mariska Tracy.

Diperbaharui 14/07/2023
Mariska Tracy
Pakar
Home Cook, Influencer
Mariska Tracy

Mantan wartawan salah satu majalah remaja terbesar di Indonesia ini pernah menulis buku nonfiksi dan fiksi. Mariska juga pernah menjadi content writer di sebuah online travel agent. Setelah menikah, Mariska aktif memasak dan baking. Ia kerap berbagi resep masak dan baking di Instagram melalui foto dan video masak. Dari hobi tersebut, akhirnya Mariska aktif mengikuti aneka lomba fotografi makanan dan lomba memasak. Ia cukup sering pula meraih gelar juara. Mariska kemudian ikut MasterChef Indonesia dan berhasil menjadi finalis di MasterChef Indonesia season 7, hingga menduduki peringkat Top 10. Kini, Mariska aktif menjadi content creator di bidang memasak. Selain aktif berbagi resep, Mariska juga kerap me-review aneka jajanan, aneka produk memasak, cookware, dan aneka peralatan dapur.

Profil Mariska Tracy
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Buah blueberry, buah mungil kaya manfaat

Buah blueberry, buah mungil kaya manfaat

Rasa asam dan sedikit manis yang dihasilkan oleh buah blueberry memang sangat menggugah selera. Selain lezat, buah mungil ini juga kaya akan vitamin seperti vitamin C, vitamin B6, hingga vitamin A. Dilansir dari U.S Department of Agriculture, setiap 100 gram buah blueberry mengandung vitamin C sebanyak 9,7 mg. Angka tersebut sudah menjangkau 13% kebutuhan harian vitamin C orang dewasa.


Di samping vitamin, buah blueberry juga mengandung kalsium, serat, zat besi, dan magnesium yang cukup tinggi. Kandungan kalori di dalamnya pun tergolong rendah, hanya sekitar 57 kalori. Menurut salah satu jurnal di U.S National Library of Medicine, buah blueberry berfungsi sebagai antioksidan, antikanker, anti-aging, serta anti-inflamasi pada tubuh


Selain itu, buah ini juga bekerja efektif untuk memperkuat tulang, mencegah penyakit jantung, hingga meningkatkan kinerja otak. Tak heran bila buah blueberry juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Bahkan, meski rasanya tergolong asam, buah blueberry tidak akan meningkatkan produksi asam di lambung. Karena itu, buah ini boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung dalam jumlah yang wajar. 


Dalam sehari, sebaiknya tidak mengonsumsi blueberry lebih dari 100 gram. Mengonsumsi blueberry secara berlebihan bisa berakibat negatif, seperti masalah pencernaan (diare, konstipasi, dan perut kembung). Konsumsi blueberry berlebihan juga bisa menimbulkan alergi, meningkatkan produksi asam lambung bagi ibu hamil, dan kelebihan vitamin K. Jika terjadi kelebihan vitamin K, tubuh akan mengalami anemia dan kondisi kuning.


Namun, banyaknya manfaat yang dimiliki membuat produk olahan buah blueberry, seperti selai, makin diminati masyarakat. Akan tetapi, jangan sampai salah pilih, ya. Bacalah artikel ini untuk mengetahui cara memilih selai blueberry yang tepat supaya Anda bisa mendapatkan manfaat terbaiknya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih selai blueberry

Sekarang saatnya kami menjabarkan poin-poin yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli selai blueberry. Simaklah dengan saksama agar Anda bisa mendapatkan produk yang bagus sekaligus sesuai dengan selera!

1

Pilih berdasarkan teksturnya

Meski secara tampilan terlihat sama, ternyata tiap-tiap selai blueberry mempunyai tekstur yang berbeda tergantung pada produsennya. Ada selai bluberi yang bertekstur lembut seperti jelly, ada pula yang masih terasa serat-serat buah bluberinya. Mari kenali perbedaannya supaya Anda bisa menentukan yang paling disuka.

Selai blueberry bertekstur jelly, untuk rasa lebih lembut dan tampilan clean

Selai blueberry bertekstur jelly, untuk rasa lebih lembut dan tampilan clean

Ciri dari selai blueberry bertekstur jelly adalah mudah berbaur ketika dimasukkan ke dalam bahan makanan atau minuman. Oleh sebab itu, jenis selai ini sering digunakan sebagai olesan roti tawar atau campuran smoothies.


Serat-serat buah bluberi di dalamnya hampir tidak ada sehingga selai terasa sangat lembut ketika dikonsumsi. Tampilan minuman pun terlihat lebih clean saat mencampurkan selai blueberry jenis ini. 

Selai blueberry dengan tekstur berserat, untuk mendapatkan cita rasa tinggi

Selai blueberry dengan tekstur berserat, untuk mendapatkan cita rasa tinggi

Sesuai namanya, jenis selai blueberry yang satu ini masih mengandung serat-serat buah yang cukup terasa. Tekstur tersebut diperoleh dari proses penghancuran buah blueberry yang tidak sampai lembut. Bahkan, terkadang menggunakan buah blueberry yang masih fresh untuk mendapatkan cita rasa tinggi.


Berkat keberadaan serat-serat buah, jenis selai ini biasanya memiliki rasa blueberry yang cenderung lebih kuat. Tampilan selainya pun biasanya tampak lebih padat. Karena itu, selai blueberry yang berserat sangat cocok digunakan sebagai isian kue atau cake.

2

Cek komposisi bahan untuk menentukan rasanya

Cek komposisi bahan untuk menentukan rasanya

Pada dasarnya, rasa buah bluberi memang cenderung asam. Namun, saat diolah menjadi selai, buah blueberry dicampur dengan pemanis, seperti gula, corn syrup, atau maltitol. Karena itu, selai blueberry mempunyai sentuhan rasa manis. Namun, tentu saja antara satu selai dengan selai lainnya memiliki rasa manis yang tidak setara. Hal tersebut sangat dipengaruhi oleh jumlah buah bluberi dan pemanis yang digunakan.


Untuk menentukan rasa selai blueberry, silakan periksa tabel komposisinya. Umumnya, bahan-bahan yang ada dalam tabel komposisi disusun berdasarkan proporsi terbesar hingga terkecil. Jika buah blueberry dituliskan di awal, artinya selai tersebut memiliki rasa yang cenderung asam. Sebaliknya, apabila gula yang berada di awal, berarti selai mempunyai rasa yang lebih manis.


Selain itu, Anda juga dapat mengecek persentase kandungan buah bluberi untuk menentukan rasa selai. Jika Anda menyukai rasa asam, kami sangat menyarankan pemilihan selai dengan kandungan buah bluberi lebih dari 50%. Untuk pencinta rasa manis, sebisa mungkin pilihlah selai blueberry dengan kandungan buah bluberi kurang dari 50%.


Di sisi lain, makin tinggi kadar gula di dalamnya, umumnya selainya lebih tahan lama. Hal ini disebabkan gula berperan penting sebagai bahan pengawet alami. Selai yang diproduksi rumahan biasanya menggunakan gula sebagai bahan pengawetnya.

3

Perhatikan kandungan kalorinya

Perhatikan kandungan kalorinya

Meski kandungan kalori dalam buah bluberi tergolong rendah, penggunaan pemanis dalam selai blueberry bisa mengubah hal tersebut. Karena itu, kami sangat menyarankan Anda untuk mengecek kandungan kalori dalam selai blueberry pilihan. Anda bisa memeriksanya pada label kemasan produk.


Apabila Anda sedang diet, konsumsilah selai blueberry dengan kalori rendah. Hal ini juga berlaku untuk ibu hamil yang ingin menikmati selai blueberry. Dengan begitu, berat badan akan lebih terkontrol.


Selain kandungan kalori (terutama kadar gula), Anda juga perlu mengecek kandungan zat aditif pada selai. Zat aditif yang dimaksud seperti pemanis buatan yang berbahaya, bahan pengawet, atau zat pewarna. Sejumlah produk menggunakan pewarna buatan untuk menggugah selera konsumen.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi selai blueberry terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk selai blueberry terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Mariska Tracy.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Primarasa Abadi

Goldenfil Selai Rasa Bluberi

Primarasa Abadi Goldenfil Selai Rasa Bluberi 1

Rp42.500

Agak Murah

Selai kiloan untuk beragam kebutuhan

2

Astaguna Wisesa

Morin Blueberry Jam

Astaguna Wisesa Morin Blueberry Jam 1

Rp26.300

Lebih Murah

Tekstur terlembut untuk meningkatkan mood sarapan

3

Mackays

Blueberry Preserve

Mackays Blueberry Preserve 1

Rp47.800

Agak Murah

Proses pemasakan eksklusif untuk menjaga cita rasa

4

Smucker's

Blueberry Preserves

Smucker's Blueberry Preserves 1

Rp77.600

Agak Mahal

Rasanya manis, tetapi tanpa gula

5

Helios

Diet Blueberry Extra Preserve

Helios Diet Blueberry Extra Preserve 1

Rp62.000

Menengah

Kandungan blueberry paling tinggi, lebih pekat rasa buahnya

6

Hero

Blueberry Jam

Hero Blueberry Jam 1

Rp84.000

Agak Mahal

Hasilkan rasa premium pada beragam resep kue

7

FreshMax

SuperKeto Selai Blueberi

FreshMax SuperKeto Selai Blueberi 1

Rp99.900

Lebih Mahal

Selai blueberry dengan kalori terendah

8

Bonne Manan

Wild Blueberry Preserves

Bonne Manan Wild Blueberry Preserves 1

Rp85.900

Agak Mahal

Perpaduan tampilan cantik plus rasa yang kaya

9

Pondan Pangan Makmur Indonesia

Pondan GUSTO JAM Blueberry 1kg

Pondan Pangan Makmur Indonesia Pondan GUSTO JAM Blueberry 1kg 1

Rp39.400

Agak Murah

Isinya banyak, harga ramah kantong

10

St Dalfour

Wild Blueberry Fruit Spread

St Dalfour Wild Blueberry Fruit Spread 1

Rp65.950

Menengah

Penggunaan 100% buah! Tanpa pemanis, pewarna, atau pengawet

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Primarasa AbadiGoldenfil Selai Rasa Bluberi

Goldenfil Selai Rasa Bluberi 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp42.500
Agak Murah
Harga referensi
Rp42.500
Agak Murah

Selai kiloan untuk beragam kebutuhan

Selai rasa bluberi produksi Goldenfil ini memiliki isi paling banyak di antara produk lainnya, hingga 1 kg. Bahkan, selai kiloan ini dikemas dalam ember mungil supaya mudah diangkat. Anda yang membutuhkan selai blueberry dalam jumlah banyak pasti akan terbantu dengan kehadiran produk ini.


Uniknya lagi, selai blueberry ini tahan terhadap panas hingga 200 ℃ saat dipanggang. Artinya, selai tidak akan ikut mengeras ketika roti matang. Dengan demikian, produk ini dapat dipadukan dengan beragam olahan resep.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Astaguna WisesaMorin Blueberry Jam

Harga referensi
Rp26.300
Lebih Murah

Tekstur terlembut untuk meningkatkan mood sarapan

Kelembutan tekstur Morin Bluberry Jam menjadikannya sangat meleleh di mulut sehingga terasa memanjakan lidah. Apabila Anda termasuk penggemar makanan bertekstur lembut, jangan ragu memilih produk ini. Anda bisa menjadikannya sebagai topping pancake buatan sendiri. Dijamin, rasanya bakal membuat Anda ketagihan. Dijadikan topping ice cream vanila juga cocok, kok!

No.3

MackaysBlueberry Preserve

Harga referensi
Rp47.800
Agak Murah

Proses pemasakan eksklusif untuk menjaga cita rasa

Keunikan dari Mackays Blueberry Preserve terletak pada proses pemasakannya yang menggunakan panci tembaga. Bukan hanya itu, jumlah selai blueberry yang dimasak pun terbatas, hanya sejumlah kecil setiap batch-nya. Karena itu, produk ini mempunyai cita rasa khas yang sangat terjaga. Untuk Anda yang gemar berkreasi membuat kue-kue dengan rasa unik, pastikan Anda selalu menstok selai blueberi ini.

No.4

Smucker'sBlueberry Preserves

Harga referensi
Rp77.600
Agak Mahal

Rasanya manis, tetapi tanpa gula

Jika Anda penggemar rasa manis, pastikan untuk tak melewatkan Smucker's Blueberry Preserves. Meski rasanya manis, produk ini tidak mengandung gula. Untuk memberi rasa manis, selai ini memanfaatkan corn syrup dan high fructose corn syrup. Dengan begitu, Anda tidak perlu menambahkan gula terlalu banyak saat menggunakan selai ini sebagai campuran adonan kue.

No.5

HeliosDiet Blueberry Extra Preserve

Harga referensi
Rp62.000
Menengah

Kandungan blueberry paling tinggi, lebih pekat rasa buahnya

Selai produksi Helios ini mengandung puree blueberry dengan kadar tertinggi, yakni hingga 60%. Tak heran bila rasa buah bluberi yang menyegarkan masih terasa pekat dalam produk ini. Rasa manis dari selai ini juga tidak begitu kuat. Jadi, jika Anda kurang menyukai rasa manis, tetapi ingin mencicipi selai blueberry, produk ini cocok untuk dipilih.

No.6

HeroBlueberry Jam

Harga referensi
Rp84.000
Agak Mahal

Hasilkan rasa premium pada beragam resep kue

Hero Blueberry Jam memanfaatkan buah bluberi yang tumbuh secara alami di Eropa. Tak heran jika kualitas produk ini lebih konsisten, baik dari segi rasa, aroma, maupun warnanya. Bila Anda akan kedatangan tamu di rumah, selai blueberry ini bisa menjadi penyelamat. Anda bisa mengolahnya ke dalam berbagai resep kue atau cake untuk memberikan sentuhan rasa premium.

No.7

FreshMaxSuperKeto Selai Blueberi

SuperKeto Selai Blueberi 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp99.900
Lebih Mahal
Harga referensi
Rp99.900
Lebih Mahal

Selai blueberry dengan kalori terendah

Untuk Anda yang sedang diet, kami sangat menyarankan selai blueberry yang satu ini. Dengan kalori yang paling rendah dibandingkan produk lainnya, Anda dapat mengonsumsinya tanpa mengkhawatirkan kenaikan berat badan. Itu semua berkat penggunaan gula stevia di dalamnya.


Anda pun bisa bebas dari rasa bersalah saat menikmati perpaduan selai blueberry dengan cream cheese. Selain itu, meski serat-serat buah blueberry pada selai ini masih terasa, teksturnya tergolong sangat lembut, lho!

No.8

Bonne MananWild Blueberry Preserves

Harga referensi
Rp85.900
Agak Mahal

Perpaduan tampilan cantik plus rasa yang kaya

Penggunaan bahan wild blueberries segar menjadikan selai ini terasa begitu lezat. Terlebih ketika bahan tersebut dipadukan dengan gula tebu dan lemon juice, selai ini pun menjadi makin kaya rasa. Menggunakan bahan utama fresh blueberry, tidak heran tampilan selai ini tampak cantik. Jika Anda mencari selai bluberi yang tampilannya menggugah dan terasa pekat di lidah, pertimbangkanlah produk ini.

No.9

Pondan Pangan Makmur IndonesiaPondan GUSTO JAM Blueberry 1kg

Pondan GUSTO JAM Blueberry 1kg 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp39.400
Agak Murah
Harga referensi
Rp39.400
Agak Murah

Isinya banyak, harga ramah kantong

Bisa jadi Anda sudah memiliki tempat penyimpanan selai, atau ingin memperoleh selai bluberi sebanyak mungkin tanpa keluar banyak dana. Jika ya, produk ini pantas diperhitungkan. Memiliki harga bersahabat, dompet Anda tidak akan kosong akibat membeli produk ini. Meski begitu, produk ini akan memberi Anda selai bluberi dalam jumlah melimpah, mencapai 1 kg!

No.10

St DalfourWild Blueberry Fruit Spread

Harga referensi
Rp65.950
Menengah

Penggunaan 100% buah! Tanpa pemanis, pewarna, atau pengawet

St Dalfour Wild Blueberry merupakan salah satu selai blueberry yang 100% berasal dari buah. Bahkan, untuk mendapatkan rasa manis, selai ini tidak menggunakan pemanis seperti gula atau corn syrup. Namun, produk ini memanfaatkan konsentrat buah anggur dan kurma.


Oleh sebab itu, selai blueberry ini sangat tepat untuk Anda yang mengutamakan kesehatan. Ketiadaan tambahan pewarna dan pengawet juga membuat produk ini lebih terjaga kandungan nutrisinya. Dengan begitu, selai ini juga aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung dan ibu hamil.

Tips membuat selai blueberry Anda sendiri

Bisa jadi Anda ingin bereksperimen untuk membuat selai Anda sendiri di rumah. Untuk itu, Anda bisa menyimak penjelasan kami berikut ini.

Langkah membuat selai blueberry homemade

Langkah membuat selai blueberry homemade

Selai blueberry yang dijual di pasaran memang nikmat sekaligus praktis digunakan. Namun, tahukah Anda bahwa membuat selai blueberry sendiri di rumah juga tidak kalah mudah?


Pada bagian ini, kami akan mengajarkan cara membuat selai blueberry secara mandiri. Anda hanya membutuhkan tiga bahan, yaitu buah bluberi, gula, dan air perasan lemon. Berikut langkah-langkahnya:


  1. Cuci buah blueberry hingga bersih, lalu blender dengan tingkat kehalusan sesuai selera.
  2. Masukkan blueberry yang telah dihaluskan ke dalam panci.
  3. Masak dengan api sedang selama dua menit, lalu tambahkan gula pasir sesuai selera.
  4. Selanjutnya, masukkan 3 sendok makan air perasan lemon.
  5. Aduk hingga merata sampai gula meleleh. Pastikan Anda mengaduknya terus selama 10 menit supaya gula tidak terbakar di dasar panci.
  6. Setelah itu, matikan api, angkat, dan dinginkan.
  7. Setelah agak dingin, masukkan ke lemari es.
  8. Selai blueberry homemade pun siap dinikmati.

Dengan membuat sendiri, tentu selai blueberry yang dihasilkan lebih higienis, serta memiliki rasa yang sesuai dengan selera. Jadi, jangan ragu untuk mencoba, ya!

Tips dari home cook influencer kami, Mariska Tracy

Tips dari home cook influencer kami, Mariska Tracy

Berry jenis apa pun, termasuk blueberry, sudah mengandung banyak air. Karena itu, untuk membuat selai blueberry di rumah, tidak perlu menggunakan air sama sekali. Cukup gunakan buah blueberry, gula pasir, dan sedikit perasan air lemon untuk cita rasa yang lebih kuat.


Ketika dimasak, usahakan memakai wajan atau panci antilengket. Masak selai dengan api kecil saja dan tidak perlu sering diaduk ketika di awal. Gulanya bisa menjadi kristal bila terlalu sering diaduk. Tunggu gulanya meleleh, baru diaduk. Untuk mendapatkan tekstur yang lebih halus, selai bisa diblender setelah dimasak. Kalau ingin jadi jelly, bisa diproses lagi menggunakan gelatin. 

Baca juga rekomendasi selai buah lainnya di sini

Tak hanya blueberry, Anda juga bisa dengan mudah menemukan beragam selai buah lainnya di pasaran. Contohnya saja selai stroberi, selai nanas, atau selai aprikot. Jika Anda penasaran dengan kenikmatan selai-selai tersebut, kunjungi artikel kami melalui link di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Kemampuan selai blueberry dalam meningkatkan kenikmatan rasa beragam resep kue memang layak diacungi jempol. Roti tawar, roti sobek, hingga cream cheese bisa menjadi lebih kaya rasa saat dicampur dengan selai ini.


Namun, hati-hati dalam memilih selai blueberry di pasaran, ya. Jangan sampai Anda mendapatkan selai dengan rasa bluberi, tetapi tidak ada kandungan buah bluberi asli di dalamnya. Pastikan juga Anda mengacu pada cara memilih yang kami sampaikan. Selamat berbelanja!

5 Rekomendasi Selai Blueberry terbaik

No. 1: Primarasa AbadiGoldenfil Selai Rasa Bluberi

No. 2: Astaguna WisesaMorin Blueberry Jam

No. 3: MackaysBlueberry Preserve

No. 4: Smucker'sBlueberry Preserves

No. 5: HeliosDiet Blueberry Extra Preserve

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Roti & kue
  4. 10 Selai Blueberry Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.