• 10 Obat Diare Anak - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Obat Diare Anak - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Obat Diare Anak - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Obat Diare Anak - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Obat Diare Anak - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Obat Diare Anak - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)

Diare adalah salah satu gangguan pencernaan yang bisa menyerang siapa saja, tidak terkecuali anak-anak. Supaya kondisinya tidak memburuk, tentu Anda perlu tahu cara mengatasi diare. Sayangnya, para orang tua kadang kebingungan menentukan obat diare anak yang lebih aman untuk dikonsumsi.


Beberapa dari Anda mungkin kesulitan memutuskan, terutama terkait obat diare anak balita usia 1 atau 2 tahun. Untuk meredakan diare pada anak, Anda mungkin perlu kombinasi beberapa merek yang bagus, seperti Pedialyte, Zinkid, dan Interlac. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr. Prima Dimalouw. Simak sampai akhir, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Prima Dimalouw
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 15 Agustus 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter umum, dr. Prima Prakasa Dimalouw

Profil pakar: Dokter umum, dr. Prima Prakasa Dimalouw
dr. Prima Dimalouw
Dokter umum
dr. Prima Dimalouw

dr. Prima adalah dokter umum lulusan Universitas Gadjah Mada 2015. Pria yang lulus dengan predikat Cum Laude ini telah berpraktik selama 6 tahun. Beliau memiliki pengalaman kerja di berbagai klinik dan rumah sakit di kota Manokwari, Papua Barat.

Saat ini, dr. Prima mengabdi sebagai dokter di garis depan dalam penanganan COVID-19. Beliau sedang mengabdi di RS Darurat Covid-19, RSUD Provinsi Papua Barat.

Mengenal gejala dan penyebab diare

Mengenal gejala dan penyebab diare

Diare adalah kondisi yang ditandai dengan konsistensi kotoran menjadi lebih cair serta meningkatnya frekuensi BAB. Kondisi medis ini cukup sering terjadi pada anak-anak. Di samping frekuensi BAB, Anda dapat mengenali diare dari gejalanya seperti sakit perut, kembung, serta dehidrasi. Beberapa kasus diare juga disertai dengan adanya darah pada kotoran, rasa mulas, dan mual.


Umumnya, diare disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Namun, ada pula penyebab diare yang lain, misalnya alergi makanan, masuknya parasit, dan gangguan organ pencernaan. Jika anak Anda mengalami diare usai meminum obat tertentu, kondisi tersebut kemungkinan dipicu oleh reaksi terhadap obat.


Selain itu, diare juga terjadi sebagai mekanisme pertahanan tubuh untuk mengeluarkan kuman atau racun. Karena itu, sebaiknya anak Anda tidak diberi obat yang menghentikan diare seketika. Jika hal tersebut dilakukan, racun atau kuman justru dapat terperangkap di dalam perut anak.


Sebagai orang tua, Anda perlu memerhatikan hal-hal berikut ini apabila anak terkena diare.

  1. Perhatikan berapa kali buang air besarnya (berapa kali ganti popok).
  2. Perhatikan warna kotoran yang dihasilkan. Apakah ada darah atau tidak? Apakah baunya berubah atau seperti biasa?
  3. Gejala lain, seperti demam, muntah, dan sebagainya.
  4. Jika diare disertai muntah, BAB encer lebih banyak dari kemampuan minum. atau ada perubahan kotoran, segera berobat ke dokter. Hal tersebut perlu terapi tambahan.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih obat diare anak

Obat berupa antibiotik atau antivirus untuk mengatasi penyebab diare tentu hanya boleh diberikan dalam pengawasan dokter. Akan tetapi, Anda dapat memberikan obat diare anak lain untuk meringankan gejalanya. Simak tips memilih di bawah ini agar Anda bisa menemukan obat diare yang tepat untuk si kecil.

Temukan yang dapat mencegah dehidrasi

Mencegah dehidrasi sangat penting sebagai lini pertama dalam penanganan diare anak. Ketika anak mengalami diare dalam jangka waktu tertentu, tubuhnya akan kehilangan cairan lebih banyak dari yang diserap. Akibatnya, anak dapat mengalami dehidrasi yaitu kebutuhan cairan tubuh tidak terpenuhi sehingga tidak bisa berfungsi dengan baik.


Beberapa tanda dehidrasi antara lain kehausan dan kelelahan, jarang kencing, urin berwarna cokelat, serta kulit kering. Di samping itu, anak juga bisa sangat kelelahan, pusing, dan tidak bisa berkeringat saat dehidrasi. Karena itu, orang tua perlu fokus mencegah hal ini saat buah hati sedang diare. 


Caranya, berikanlah oral rehydration solution (ORS), misalnya Pedialyte atau Oralit. Selain memberikan ORS, selingi juga dengan susu atau air hangat. Pastikan anak mampu untuk terus minum sehingga sebanding dengan yang terbuang.

Cari yang bisa meringankan gejala

Dalam perawatan diare pada anak, orang tua juga perlu berusaha mencegah gejala diare tidak makin parah. Mari kenali suplemen yang dapat membantu meredakan gejala diare anak!

Suplemen zinc, mencegah gejala makin memburuk

Suplemen zinc, mencegah gejala makin memburuk

Zinc merupakan salah satu mineral penting untuk pencernaan. Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa kombinasi ORS dengan suplemen zinc bisa mencegah perburukan gejala diare. Lebih dari itu, kombinasi tersebut juga membantu mempersingkat durasi terjadinya diare. 


Berikan kombinasi ORS dengan zinc selama 10 hari. Sebagai catatan, pilihan pengobatan ini diketahui bermanfaat pada anak usia enam bulan sampai empat tahun.

Suplemen probiotik, mengembalikan jumlah bakteri baik

Suplemen probiotik, mengembalikan jumlah bakteri baik

Probiotik merupakan bakteri baik yang ada di usus dan diketahui menawarkan ragam manfaat bagi kesehatan. Ketika jumlah bakteri baik tersebut tidak seimbang serta lebih banyak bakteri yang berdampak negatif, terjadilah diare. Dengan menyeimbangkan kembali populasi bakteri baik, gejala diare dapat diredakan. Maka dari itu, pemberian suplemen probiotik menjadi salah satu rekomendasi obat diare anak.


Probiotik menghasilkan asam laktat, hidrogen peroksida, dan SCFA sehingga menurunkan pH dan menghambat pertumbuhan patogen. Probiotik juga dapat menempel langsung pada patogen sehingga kemampuan patogen untuk menempel pada sel endotel terganggu. 


Probiotik juga mengganggu endotel untuk bekerja dalam regulasi sel goblet penghasil lendir mukosa. Selain itu, probiotik juga dapat merangsang produksi IgA sekretori dan untuk memodulasi sel T regulator.

Perhatikan usia anak sebelum memberikan obat

Perhatikan usia anak sebelum memberikan obat

Seperti yang sudah diketahui, tiap obat mempunyai aturan pakai yang harus diperhatikan, tidak terkecuali obat diare anak. Sebagai contoh, Anda bisa memberikan Pedialyte untuk anak berusia satu tahun ke atas. Bila buah hati Anda masih berusia kurang dari satu tahun, Anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.


Di sisi lain, ada pula suplemen probiotik untuk membantu meringankan diare yang dapat diberikan untuk bayi sekalipun. Itulah alasan, Anda perlu memeriksa dengan saksama batas usia penggunaan tiap-tiap obat. Selain itu, perhatikan pula takaran minum atau dosisnya.

10 Rekomendasi obat diare anak

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk obat diare anak yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Prima.

Prima Medika LaboratoriesBinomic

Botol 60 ml

Mulai dari Rp 38.300,00

Jenis Suplemen zinc
Manfaat Pelengkap terapi diare pada anak-anak, untuk dikombinasi dengan ORS
Aturan pakai Anak 6 bulan–5 tahun: 2 tutup takar (20 mg zinc) sekali sehari selama 10 hari (meskipun diare sudah berhenti)
Jenis Suplemen zinc
Manfaat Pelengkap ORS yang dibutuhkan untuk mengganti cairan tubuh pada kondisi dehidrasi dan mencegah diare pada anak
Aturan pakai Anak usia 6 bulan–5 tahun: 1 takar (20 mg) selama 10 hari berturut-turut (meskipun diare sudah berhenti)

AbbottPedialyte Aroma Bubble Gum

Botol 500 ml

Mulai dari Rp 34.000,00

Jenis Oral rehydration solution (ORS)
Manfaat Mencegah dan mengobati dehidrasi ringan sampai sedang akibat muntah serta diare
Aturan pakai Anak <1 tahun: 300 ml dalam 3 jam pertama, 100 ml setiap BAB • Anak 1–5 tahun: 600 ml dalam tiga jam pertama, 200 ml setiap BAB
Jenis Oral rehydration solution (ORS)
Manfaat Mencegah dehidrasi akibat cairan tubuh yang hilang, mencegah dehidrasi ringan sampai sedang akibat diare atau muntah-muntah
Aturan pakai Sesuai kebutuhan

Indofarma Global Medika Zinkid

Botol 100 ml

Mulai dari Rp 32.000,00

Jenis Suplemen zinc
Manfaat Mengobati diare anak yang berusia di bawah lima tahun
Aturan pakai Anak 6 bulan⁠–⁠5 tahun: 10 ml setiap hari selama 10 hari (meskipun diare sudah berhenti)

Rama Emerald Multi SuksesRamolit

Dus isi 50 saset

Mulai dari Rp 23.000,00

Jenis Oral rehydration solution (ORS)
Manfaat Mencegah dan mengobati dehidrasi akibat diare dan muntah
Aturan pakai Anak 1–5 tahun: 3 jam pertama 3 gelas, selanjutnya 1 gelas tiap kali BAB • Anak 5–12 tahun: 3 jam pertama 6 gelas, selanjutnya 1,5 gelas tiap kali BAB • Anak usia >12 tahun: 3 jam pertama 12 gelas, selanjutnya 2 gelas tiap kali BAB
Jenis Suplemen probiotik
Manfaat Menjaga keseimbangan bakteri baik di saluran pencernaan
Aturan pakai Anak 2–12 tahun: 2–3 saset per hari • Anak ⪰12 tahun: 3 saset per hari

Kalbe Farma Liprolac Kids

Dus isi 30 saset

Mulai dari Rp 250.000,00

Jenis Suplemen probiotik
Manfaat Membantu memelihara kesehatan pencernaan anak
Aturan pakai 1–2 kali sehari 1 saset atau sesuai anjuran dokter
Jenis Suplemen probiotik
Manfaat Mencegah dan mengatasi masalah saluran cerna (diare, kembung, sembelit, kolik, dan gumoh), mengurangi efek samping penggunaan antibiotik, membantu menjaga daya tahan tubuh
Aturan pakai 1⁠–2 saset per hari

Novell PharmaceuticalLacto-B

Dus isi 10 saset

Mulai dari Rp 78.000,00

Jenis Suplemen probiotik
Manfaat Perawatan untuk diare dan pencegahan intoleransi laktosa
Aturan pakai Anak 1–12 tahun: 3 saset per hari

Tabel perbandingan produk obat diare anak

Gambar produk
Novell Pharmaceutical Lacto-B 1

Novell Pharmaceutical

Interbat Interlac  1

Interbat

Kalbe Farma  Liprolac Kids 1

Kalbe Farma

Lapi Laboratories L-Bio 1

Lapi Laboratories

Rama Emerald Multi Sukses Ramolit  1

Rama Emerald Multi Sukses

Indofarma Global Medika  Zinkid 1

Indofarma Global Medika

Fahrenheit Renalyte Electrolytes 1

Fahrenheit

Abbott Pedialyte Aroma Bubble Gum  1

Abbott

Darya Varia  DaryaZinc Sirup  1

Darya Varia

Prima Medika Laboratories Binomic 1

Prima Medika Laboratories

Nama produk

Lacto-B

Interlac

Liprolac Kids

L-Bio

Ramolit

Zinkid

Renalyte Electrolytes

Pedialyte Aroma Bubble Gum

DaryaZinc Sirup

Binomic

Keunggulan

Kombinasi bakteri baik dan berbagai vitamin untuk pengobatan diare

Redakan diare serta nyeri perut yang mungkin timbul

Jaga kesehatan pencernaan si kecil dengan lima jenis bakteri baik

Kandungan Lactobacillus acidophilus di dalamnya bantu menghentikan diare

Bisa dikonsumsi oleh balita sampai remaja

Bantu atasi diare untuk anak usia lima tahun ke bawah

Cegah dehidrasi ringan sampai sedang akibat diare

Dengan aroma bubble gum, lebih menarik bagi anak-anak

Persingkat kondisi diare pada anak berkat kandungan zinc

Pilihan terapi untuk menangani diare akut yang dialami si kecil

Harga mulai dariRp 78.000,00Rp 396.000,00Rp 250.000,00Rp 10.800,00Rp 23.000,00Rp 32.000,00Rp 22.000,00Rp 34.000,00Rp 38.500,00Rp 38.300,00
Jenis Suplemen probiotikSuplemen probiotik Suplemen probiotik Suplemen probiotikOral rehydration solution (ORS)Suplemen zinc Oral rehydration solution (ORS)Oral rehydration solution (ORS)Suplemen zincSuplemen zinc
Manfaat Perawatan untuk diare dan pencegahan intoleransi laktosaMencegah dan mengatasi masalah saluran cerna (diare, kembung, sembelit, kolik, dan gumoh), mengurangi efek samping penggunaan antibiotik, membantu menjaga daya tahan tubuhMembantu memelihara kesehatan pencernaan anakMenjaga keseimbangan bakteri baik di saluran pencernaanMencegah dan mengobati dehidrasi akibat diare dan muntahMengobati diare anak yang berusia di bawah lima tahunMencegah dehidrasi akibat cairan tubuh yang hilang, mencegah dehidrasi ringan sampai sedang akibat diare atau muntah-muntahMencegah dan mengobati dehidrasi ringan sampai sedang akibat muntah serta diarePelengkap ORS yang dibutuhkan untuk mengganti cairan tubuh pada kondisi dehidrasi dan mencegah diare pada anakPelengkap terapi diare pada anak-anak, untuk dikombinasi dengan ORS
Aturan pakai Anak 1–12 tahun: 3 saset per hari1⁠–2 saset per hari 1–2 kali sehari 1 saset atau sesuai anjuran dokterAnak 2–12 tahun: 2–3 saset per hari • Anak ⪰12 tahun: 3 saset per hariAnak 1–5 tahun: 3 jam pertama 3 gelas, selanjutnya 1 gelas tiap kali BAB • Anak 5–12 tahun: 3 jam pertama 6 gelas, selanjutnya 1,5 gelas tiap kali BAB • Anak usia >12 tahun: 3 jam pertama 12 gelas, selanjutnya 2 gelas tiap kali BABAnak 6 bulan⁠–⁠5 tahun: 10 ml setiap hari selama 10 hari (meskipun diare sudah berhenti)Sesuai kebutuhanAnak <1 tahun: 300 ml dalam 3 jam pertama, 100 ml setiap BAB • Anak 1–5 tahun: 600 ml dalam tiga jam pertama, 200 ml setiap BABAnak usia 6 bulan–5 tahun: 1 takar (20 mg) selama 10 hari berturut-turut (meskipun diare sudah berhenti)Anak 6 bulan–5 tahun: 2 tutup takar (20 mg zinc) sekali sehari selama 10 hari (meskipun diare sudah berhenti)
Tautan produk

Baca juga rekomendasi obat dan suplemen anak lainnya di sini

Selain pengobatan untuk penyakit tertentu, anak-anak juga membutuhkan dukungan nutrisi optimal bagi tumbuh kembangnya. Karena itu, berikut ini kami siapkan artikel obat serta suplemen yang mungkin dibutuhkan oleh buah hati Anda. Silakan klik tautannya untuk membaca lebih lanjut! 

Kesimpulan

Saat anak mengalami diare, Anda perlu memastikan anak tidak mengalami dehidrasi dan gejalanya tidak makin memburuk. Anda dapat memberikan ORS serta suplemen untuk meringankan gejala diare pada anak.


Semoga cara memilih di atas memudahkan Anda dalam menemukan obat diare anak yang tepat. Pastikan Anda memeriksa batas usia serta takaran minum setiap obat. Jika kondisi si kecil tidak membaik setelah dua hari, segeralah berkonsultasi dengan dokter!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Obat Batuk untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Batuk untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)
    Saat buah hati mengalami batuk, tentu Anda akan segera mencari obat batuk terbaik untuk meredakan batuknya. Di pasaran sendiri, banyak varian obat batuk anak yang dapat Anda temui, seperti merek Anakonidin, OBH Combi, serta Hufagripp BP.Saat memilih obat batuk, Anda pastinya tidak ingin si kecil mengalami efek samping. Untuk itu, kami akan memberikan rekomendasi merk obat batuk anak yang bagus dan dapat diberi secara online. Anda juga tak perlu khawatir karena artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba. 
    Obat-obatan
  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Gatal (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Gatal (Terbaru Tahun 2022)
    Kondisi lingkungan saat musim kemarau menjadi kering dan berdebu sehingga dapat memicu mata gatal dan berair. Jika Anda mengalaminya, obat tetes mata untuk mata gatal bisa menjadi penyelamat. Selain kondisi lingkungan, ada bermacam-macam penyebab mata gatal. Oleh karena itu, produk obat tetes mata gatal juga beragam.Untuk memudahkan Anda, kami akan memberikan informasi cara memilih obat tetes mata yang bagus. Beberapa rekomendasi merek obat tetes mata gatal juga akan kami berikan. Misalnya saja, ada obat tetes mata merek Insto, Rohto, dan Braito. Untuk mendapatkan informasi selengkapnya, silakan baca artikel ini.
    Obat-obatan
  • 10 Salep Luka Bakar - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Salep Luka Bakar - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Saat beraktivitas, Anda bisa saja mengalami kecelakaan, seperti terkena setrika, tersiram air atau minyak panas, dan terkena knalpot. Karena itu, penting untuk menyediakan salep luka bakar yang aman di kotak obat. Namun, salep luka bakar apa yang sebaiknya Anda beli?Untuk mengetahui tentang salep luka bakar, bacalah artikel ini sampai habis. Anda akan mendapatkan tips memilih salep luka bakar yang bagus, serta rekomendasi produknya. Salep dari berbagai merek terkenal, seperti Bioplacenton, Burnazin, dan Mebo, juga akan kami bahas. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter umum, dr. Afriyani Khusna. Selamat membaca!
    Obat-obatan
  • 10 Obat Flu - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Flu - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda sedang mengalami bersin-bersin, hidung tersumbat, atau meriang? Jika ya, mungkin Anda sedang terkena flu. Anda perlu segera mengonsumsi obat flu yang bagus. Anda bisa menemukan beragam obat flu di pasaran. Ada jenis obat flu biasa, obat flu dan batuk, hingga obat flu yang tidak menyebabkan kantuk.Kami akan mengulas berbagai hal yang perlu diperhatikan ketika hendak membeli obat flu. Anda juga dapat menyimak rekomendasi obat flu, mulai dari produk dari merek Panadol, Bodrex, Procold, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba.
    Obat-obatan
  • 10 Cairan Pembersih Luka - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cairan Pembersih Luka - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Cairan pembersih luka adalah cairan untuk mensterilkan serta membersihkan kotoran dari area luka. Cairan ini penting karena dapat membantu pemulihan luka Anda. Anda bisa menemukan berbagai produk cairan pembersih luka di pasaran. Namun, beberapa di antaranya justru bisa membuat luka Anda makin parah, lho!Agar Anda mendapatkan cairan pembersih luka yang bagus dan aman, simak cara memilihnya di bawah ini. Kami juga akan membahas sepuluh cairan pembersih luka dari berbagai merek, seperti Hansaplast, Betadine, Killbac, dan lainnya. Tentunya, artikel ini juga sudah ditinjau oleh dokter umum, dr. Afriyani Khusna. 
    Obat-obatan
  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah (Terbaru Tahun 2022)
    Pernahkah Anda merasa mata memerah, kering, serta penglihatan menjadi kabur? Munculnya gejala-gejala tersebut bisa jadi karena Anda mengalami mata lelah. Mata lelah bisa diakibatkan terlalu lama menatap layar televisi, komputer, atau smartphone. Untuk itu, gunakanlah obat tetes mata yang efektif mengatasi mata lelah.Namun, banyaknya obat tetes mata yang beredar di pasaran mungkin membuat Anda bingung saat memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih obat tetes mata untuk mata lelah yang bagus sekaligus merekomendasikan produk pilihan. Berbagai merek ternama, seperti Insto, Rohto, serta Cendo pun tak luput kami ulas.
    Obat-obatan
  • 10 Rekomendasi Bedak untuk Meredakan Gatal di Kulit (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bedak untuk Meredakan Gatal di Kulit (Terbaru Tahun 2022)
    Tinggal di negara tropis yang cenderung panas membuat kulit rentan mengalami gatal-gatal. Rasa gatal akibat biang keringat, alergi, atau jamur ini bisa mengangggu aktivitas. Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan bedak untuk gatal. Namun, bedak seperti apa yang sebaiknya dibeli? Kami akan memberikan tips cara memilih bedak yang dapat meredakan gatal di kulit. Setelahnya, ada pula rekomendasi bedak gatal yang bagus, seperti dari merek Herocyn, Caladine, dan Salicyl KF. Anda pun bisa menemukan bedak antipanas yang nyaman dipakai oleh siapa saja. Yuk, temukan bedak terbaik yang cocok dengan kulit Anda!
    Obat-obatan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori