• 10 Makanan Ikan Cupang Terbaik - Ditinjau oleh Aquarist (Terbaru 2022) 1
  • 10 Makanan Ikan Cupang Terbaik - Ditinjau oleh Aquarist (Terbaru 2022) 2
  • 10 Makanan Ikan Cupang Terbaik - Ditinjau oleh Aquarist (Terbaru 2022) 3
  • 10 Makanan Ikan Cupang Terbaik - Ditinjau oleh Aquarist (Terbaru 2022) 4
  • 10 Makanan Ikan Cupang Terbaik - Ditinjau oleh Aquarist (Terbaru 2022) 5

10 Makanan Ikan Cupang Terbaik - Ditinjau oleh Aquarist (Terbaru 2022)

Ikan cupang memiliki warna-warni yang menawan dan mudah dirawat. Hewan ini juga mudah ditemukan di pet shop sehingga cocok dijadikan sebagai peliharaan. Nah, agar ikan cupang bisa tumbuh dengan optimal, tentu Anda perlu memilih makanan dengan kualitas terbaik.


Dengan banyaknya pilihan produk, Anda mungkin kesulitan memilih pakan yang bagus bagi ikan cupang Anda. Tak perlu khawatir, dalam artikel ini kami merekomendasikan berbagai merek pakan ikan cupang terbaik, seperti Hikari sampai BernAqua. Artikel ini juga telah ditinjau oleh aquarist kami, Albert Deil. Mari simak sampai habis, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Albert Deil
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 09 November 2022
Daftar isi

Profil pakar: Aquarist dan lead educator di akuarium publik, Albert Deil

Profil pakar: Aquarist dan lead educator di akuarium publik, Albert Deil
Albert Deil
Aquarist and lead educator of public aquarium
Albert Deil

Albert Deil adalah seorang aquarist. Ia bekerja dalam hal perawatan dan konservasi satwa akuatik, terutama ikan, pada sebuah akuarium publik di Jakarta. Sudah lebih dari 20 tahun Albert berkecimpung menangani ikan, baik sebagai hewan peliharaan di rumah maupun di tempat kerja.


Minat yang tinggi terhadap sains membuatnya juga aktif dalam kegiatan edukatif. Ia aktif menjadi penggagas dan pembicara seputar hewan akuatik di akuarium publik dan universitas.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih makanan ikan cupang

Sebelum membeli produk makanan bagi ikan cupang, kami akan mengajak Anda untuk memahami cara memilih pakan yang cocok. Catat poin-poin berikut, ya!

Pilihlah makanan yang memiliki kandungan protein tinggi

Pilihlah makanan yang memiliki kandungan protein tinggi

Pada dasarnya, ikan cupang adalah hewan insektivora atau pemakan serangga. Hal ini menyebabkan ikan cupang membutuhkan banyak protein bagi tubuhnya. Dengan demikian, pilihlah makanan yang kaya akan protein. Terdapat berbagai macam makanan dengan kandungan protein tinggi, baik yang alami maupun buatan.


Makanan alami dapat Anda temukan di sekitar, seperti larva nyamuk, cacing darah, dan baby shrimp. Sementara itu, makanan buatan pada umumnya adalah pelet. Pada dasarnya, pakan ikan pasti memiliki kandungan protein di dalamnya. Jadi, saat membeli pastikan pula tingginya kadar protein untuk pelet ikan cupang.


Protein punya banyak manfaat bagi ikan, salah satunya adalah membantu mempercepat pertumbuhan. Burayak yang masih berusia hingga 3 bulan membutuhkan banyak sekali protein untuk tumbuh kembangnya. Selain berguna untuk membantu pertumbuhan ikan, protein juga bermanfaat untuk menambah energi bagi ikan.

Tentukan berdasarkan tipe makanannya

Ada banyak tipe pelet ikan cupang terbaik yang mengandung protein. Secara umum terdapat empat tipe pakan yang dijual di pasaran, yaitu artemia, flake, pelet, dan freeze-dried food.

Artemia, pakan yang cocok untuk burayak

Artemia, pakan yang cocok untuk burayak

Artemia adalah salah satu jenis udang dengan ukuran yang sangat kecil. Artemia dapat dijadikan sebagai salah satu makanan ikan cupang. Hal ini karena Artemia mengandung banyak nutrisi. Oleh sebab kandungan tersebut, Artemia cocok menjadi pakan bagi burayak agar dapat berkembang dengan baik.


Untuk mendapatkan hasil terbaik, Artemia harus ditetaskan dahulu dengan mesin penetas. Waktu penetasan Artemia adalah sekitar 18 jam hingga 36 jam. Setelah menetas, Artemia dapat diberikan kepada ikan cupang untuk disantap.

Flake, makanan ikan yang paling sederhana

Flake, makanan ikan yang paling sederhana

Flake adalah makanan yang paling sederhana dibandingkan makanan lainnya. Kandungan nutrisinya cukup, tetapi tidak sebanyak tipe makanan lain. Oleh sebab itu, flake lebih baik dijadikan makanan pendamping daripada makanan utama yang digunakan sehari-hari.


Selain itu, sulit untuk mengontrol banyaknya flake yang diberikan. Karena itu, Anda harus lebih berhati-hati agar flake yang diberikan tidak terlalu banyak. Makanan jenis flake ini cukup sulit ditemukan di pasaran dibandingkan jenis pelet.

Pelet, memiliki berbagai kandungan nutrisi

Pelet adalah makanan buatan yang komposisinya mengandung berbagai macam nutrisi. Tidak hanya kaya akan protein, pelet juga mengandung zat lain yang dapat membantu mempercantik warna tubuh ikan. Jenis pelet juga bermacam-macam, ada yang mengapung di atas air dan ada yang tenggelam di dasar. Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Freeze-dried food, kaya akan protein

Freeze-dried food, kaya akan protein

Freeze-dried food adalah makanan hidup yang dikeringkan dan dibekukan. Dengan demikian, freeze-dried food memiliki kandungan protein yang tetap tinggi dan tidak rusak.


Meskipun nutrisinya tidak sebaik makanan fresh yang masih hidup, tetapi freeze-dried food masih lebih baik dibandingkan pelet dan flakes. Selain itu, freeze-dried food dapat disimpan dalam waktu lama sehingga Anda tidak perlu khawatir akan penurunan kualitas makanan.

Cari pakan yang mengandung spirulina dan pigmen karotenoid untuk memperindah warna ikan

Cari pakan yang mengandung spirulina dan pigmen karotenoid untuk memperindah warna ikan

Penggemar ikan hias tentu saja berharap sirip dan tubuh ikan memiliki warna yang indah memanjakan mata. Pakan dengan kandungan pigmen karotenoid bisa memicu pigmentasi warna yang lebih tajam pada ikan cupang. Selain itu, pakan dengan kandungan spirulina juga memiliki peran yang sama.


Namun, perlu digarisbawahi bahwa faktor utama yang memengaruhi perubahan warna adalah faktor genetik ikan, bukan pakannya. Jadi, pastikan bahwa ikan Anda berasal dari induk yang memiliki gen tersebut.

Pertimbangkan jenis makanan sesuai usia ikan

Pertimbangkan jenis makanan sesuai usia ikan

Makanan yang Anda berikan pada ikan harus sesuai dengan usia ikan.

  • Burayak yang baru berumur 4 hari membutuhkan pakan dengan kandungan protein yang muat di mulut burayak. Selain itu, burayak juga tertarik pada pakan yang hidup dan bergerak sehingga kurang sesuai bila diberi pakan buatan seperti pelet.
  • Setelah ikan cupang berusia 3 minggu, Anda membutuhkan pakan yang memiliki protein dan nutrisi yang lebih tinggi. Tentu saja, pakannya bisa lebih besar dibandingkan burayak 4 hari.

Mempertimbangkan ukuran makanan ikan cupang amatlah penting. Bila makanan terlalu besar, bisa saja ikan akan mengalami gangguan pencernaan. Hal ini bahkan dapat menyebabkan kematian bagi ikan.


Untuk itu, perhatikan ukuran makanan agar sesuai dengan ukuran mulut dan perut ikan. Pada ikan cupang, ukuran perut ikan hampir sama dengan bola matanya. Jadi, jangan sampai pakannya lebih besar dari matanya, ya!

10 Rekomendasi makanan ikan cupang terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk makanan ikan cupang terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 8 November 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Great Salt Lake Artemia Golden West Artemia Supreme Plus masih memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Super Mutiara Tropical muncul sebagai produk terlaris kedua.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari aquarist Albert Deil.

Gambar produk
1
Great Salt Lake Artemia Golden West Artemia Supreme Plus 1

Great Salt Lake Artemia

2
Super Mutiara Tropical 1

3
BernAqua MeM Prime 1

BernAqua

4
Kyoto Tubifex Worms 1

5
Aqualife Betta Food 1

6
INVE NRD 3/5 Fish Hatchery Diet 1

INVE

7
POLARIS Food SPIRUGANIK+  1

POLARIS Food

8
Koukkai Micro Pellets 1

Koukkai

9
Indobetta Pellet Monster 03 Pro 1

Indobetta

10
KYORIN Hikari Tropical Betta Bio-Gold  1

KYORIN

Nama produk

Golden West Artemia Supreme Plus

Super Mutiara Tropical

MeM Prime

Kyoto Tubifex Worms

Aqualife Betta Food

NRD 3/5 Fish Hatchery Diet

SPIRUGANIK+

Micro Pellets

Pellet Monster 03 Pro

Hikari Tropical Betta Bio-Gold

Keunggulan

Proteinnya tinggi, pakan untuk ikan berumur 3–4 hari

Perkuat imunitas tubuh ikan dengan produk ini

Kaya akan kandungan protein dan nutrisi yang bermanfaat

Pakan ikan yang tidak membuat air menjadi keruh

Pelet cupang terbaik dengan paket komplet!

Kandungannya menjaga kesehatan pencernaan dan metabolisme ikan

Bubuk serbaguna yang kaya akan manfaat!

Berisi dua jenis pelet, ikan cupang makin sehat dan indah!

Dengan kandungan untuk mempercepat pertumbuhan

Pakan ikan yang kaya nutrisi dengan kemasan praktis

Harga mulai dariRp 9.500,00Rp 4.350,00Rp 2.500,00Rp 5.000,00Rp 40.000,00Rp 4.500,00Rp 5.000,00Rp 40.000,00Rp 45.000,00Rp 20.300,00
JenisArtemiaPeletPeletFreeze-dried foodPeletPeletSpirulinaPeletPeletPelet
Saran penggunaanBurayakIkan dewasaBurayak, ikan dewasaIkan dewasaIkan dewasaBurayak, ikan dewasaBurayak, ikan dewasaIkan dewasaIkan dewasaBurayak, ikan dewasa
KegunaanPertumbuhan ikanMutasi warna, daya tahan, pertumbuhanPertumbuhanPertumbuhanPertumbuhan, kekebalan tubuh, mutasi warnaPertumbuhan ikanMutasi warnaMutasi warna, pertumbuhan, daya tahanPertumbuhan ikan, mutasi warnaPertumbuhan, mutasi warna
Tautan produk
10

KYORINHikari Tropical Betta Bio-Gold

Mulai dari Rp 20.300,00

JenisPelet
Saran penggunaanBurayak, ikan dewasa
KegunaanPertumbuhan, mutasi warna
9
JenisPelet
Saran penggunaanIkan dewasa
KegunaanPertumbuhan ikan, mutasi warna
8
JenisPelet
Saran penggunaanIkan dewasa
KegunaanMutasi warna, pertumbuhan, daya tahan
7
JenisSpirulina
Saran penggunaanBurayak, ikan dewasa
KegunaanMutasi warna
6
JenisPelet
Saran penggunaanBurayak, ikan dewasa
KegunaanPertumbuhan ikan
5
JenisPelet
Saran penggunaanIkan dewasa
KegunaanPertumbuhan, kekebalan tubuh, mutasi warna
4
JenisFreeze-dried food
Saran penggunaanIkan dewasa
KegunaanPertumbuhan
3
JenisPelet
Saran penggunaanBurayak, ikan dewasa
KegunaanPertumbuhan
2
JenisPelet
Saran penggunaanIkan dewasa
KegunaanMutasi warna, daya tahan, pertumbuhan
1

Great Salt Lake ArtemiaGolden West Artemia Supreme Plus

Mulai dari Rp 9.500,00

JenisArtemia
Saran penggunaanBurayak
KegunaanPertumbuhan ikan

Tips memberi makan pada ikan cupang

Memberi makan pada ikan cupang bukanlah pekerjaan mudah. Dibutuhkan ketekunan dan ketelitian agar ikan dapat bertumbuh dengan baik. Berikut ini kami berikan dua tips dalam merawat ikan Anda. Simak baik-baik ya!

Frekuensi pemberian makan ikan cupang per hari

Frekuensi pemberian makan ikan cupang per hari

Beri pakan pada ikan Anda dengan porsi yang secukupnya. Ikan cupang merupakan ikan yang berukuran kecil sehingga kebutuhan energinya pun tidak terlalu besar. Oleh sebab itu, cukup beri makanan dua kali sehari dengan porsi secukupnya.


Bila berlebihan, pakan yang tidak termakan akan membuat akuarium menjadi kotor. Hal ini dapat menimbulkan bau busuk dan kualitas air menjadi tidak sehat bagi ikan.

Sediakan makanan alternatif ketika stok pakan habis

Sediakan makanan alternatif ketika stok pakan habis

Meskipun ikan dapat bertahan hingga 14 hari tanpa makanan, tetapi menyediakan pakan alternatif sangat dianjurkan ketika pakan habis. Anda dapat memberikan kuning telur rebus untuk ikan.


Kuning telur memiliki kandungan protein yang dapat menjaga pemenuhan nutrisi ikan Anda. Selain telur, Anda juga dapat memberikan serangga liar yang berukuran kecil. Namun tetap perhatikan kebersihan dan ukurannya, ya!

Baca juga rekomendasi perawatan ikan lainnya di sini

Setelah Anda menemukan pakan yang tepat untuk ikan, jangan lupakan kualitas air dan akuarium untuk merawat ikan Anda, ya! Anda bisa membaca informasi mengenai akuarium dan perlengkapannya pada artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Bagaimana, apakah Anda sudah menemukan produk pilihan Anda? Meskipun terlihat mudah, nyatanya merawat ikan cupang memerlukan banyak pertimbangan, terutama untuk makanannya. 


Pastikan Anda telah memahami pakan apa yang cocok bagi ikan cupang Anda berdasarkan tujuan, ukuran, dan usia. Jangan lupa juga untuk memberikan porsi secukupnya dan menyediakan makanan cadangan untuk ikan. Semoga rekomendasi dari kami dapat membantu Anda. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Kucing seperti Anggora, Persia, British Short Hair, dan sebagainya, merupakan peliharaan favorit banyak orang. Untuk memenuhi nutrisinya, makanan kucing atau cat food dari berbagai merek banyak bermunculan. Merk terkenal, seperti Me-O, PURINA, Royal Canin, dan Orijen, bisa Anda dapatkan dengan mudah. Pertanyaannya, apakah semua merek tersebut bagus untuk kucing Anda? Untuk menjawabnya, Dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, akan memberikan komentarnya di artikel ini. Anda juga bisa mengikuti tips memilih dan melihat rekomendasi produk makanan kucing yang bagus di bawah ini.
    Makanan hewan
  • 10 Pakan Ayam Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pakan Ayam Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Ayam merupakan salah satu hewan yang banyak dipelihara karena telur dan dagingnya bisa dikonsumsi serta diperjualbelikan. Untuk mendapatkan telur dan daging berkualitas, Anda harus memperhatikan pakan yang diberikan. Apabila hal ini tidak diperhatikan dengan baik, kualitas telur dan daging ayam yang dihasilkan tidak akan maksimal.Kali ini kami akan berbagi informasi seputar cara memilih pakan ayam yang bagus. Kami juga merekomendasikan beberapa produk pakan ayam terbaik dari merek ternama, seperti Comfeed, Egg Pro, dan Hi-Pro-Vite. Simak juga komentar dari dokter hewan kami, drh. Doel, untuk menambah wawasan Anda. Selamat membaca!
    Makanan hewan
  • 10 Susu Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Anjing membutuhkan susu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan cairan, serta menjaga kesehatannya. Namun, tidak sembarang susu bisa diberikan pada anjing, terutama jika mengandung laktosa yang dikhawatirkan dapat menyebabkan diare. Ada banyak merek susu yang bagus untuk anjing, seperti Ameri Pro, Royal Canin, Growppy, dan Poochlicious. Pada kesempatan ini, kami akan membagikan rekomendasi dan review susu anjing, baik untuk anjing yang baru lahir maupun yang sudah tua. Tidak ketinggalan, drh. Tito Suprayoga juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. Yuk, simak sampai tuntas dan temukan produk susu terbaik untuk anjing!
    Makanan hewan
  • 10 Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Makanan kering atau dry food adalah tipe makanan kucing yang memiliki segudang kelebihan. Tak sebatas rendah air, produknya juga praktis untuk disimpan. Merek makanan kering kucing yang bagus di antaranya adalah Royal Canin, Purina, dan Whiskas. Anda bisa mendapatkan makanan kesehatan untuk kitten umur 2 bulan hingga yang sepuh.Kali ini kami akan menjelaskan tips cara memilih dry food kucing terbaik. Kami juga akan berbagi rekomendasi dry food kucing untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna. Yuk, temukan produk yang aman untuk kucing Anda!
    Makanan hewan
  • 10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Susu diberikan kepada kucing untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya agar dapat tumbuh sehat dan aktif. Tentu saja hewan peliharaan tidak bisa sembarangan minum susu yang sama dengan manusia. Selain itu, Anda perlu menyesuaikan susu yang cocok untuk anak kucing ataupun kucing dewasa.Merek susu buat kucing, seperti Royal Canin, Growssy, dan Champion Breed telah kami ulas beserta kandungan nutrisinya. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui berbagai pilihan susu kucing lainnya yang bagus. Tidak ketinggalan, dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, M.Sc. juga ikut memberikan informasi tambahan di bawah ini.
    Makanan hewan
  • 10 Pakan Koi Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pakan Koi Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi pencinta ikan hias, pasti sudah tidak asing dengan koi. Ikan hias satu ini banyak digemari karena keindahan corak pada tubuhnya. Koi biasanya dipelihara di kolam taman untuk menambah estetika pekarangan. Ikan ini cepat tumbuh besar dan memiliki corak warna menarik jika dipelihara dengan benar.Salah satu cara merawat yang benar adalah dengan memberi pakan koi berkualitas. Ada berbagai merek pakan ikan koi terbaik, seperti Hiro, Hokky, dan Hiroyuki. Kami akan membahas cara memilih dan merekomendasikan pakan koi yang bagus. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Doel.
    Makanan hewan
  • 10 Makanan Kura-kura Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makanan Kura-kura Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Kura-kura merupakan hewan reptilia yang sering dijadikan peliharaan karena memiliki usia panjang. Kura-kura terdiri dari berbagai jenis, misalnya kura-kura Brazil, Sulcata, dan Ambon. Namun, Anda dapat membaginya menjadi dua kelompok besar, yakni kura-kura air dan kura-kura darat. Kedua jenis ini membutuhkan makanan yang berbeda.Agar tidak kebingungan mencari makanan kura-kura yang bagus, kami akan merekomendasikan merek pelet kura-kura, seperti JBL, Hikari, dan Hokky. Sebelum itu, Anda sebaiknya menyimak poin-poin di bawah ini terlebih dahulu. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Doel. Temukan makanan terbaik untuk kura-kura Anda!
    Makanan hewan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori