• 10 Gaming Motherboard Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Gaming Motherboard Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Gaming Motherboard Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Gaming Motherboard Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Gaming Motherboard Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Gaming Motherboard Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022)

Gaming adalah salah satu kegiatan yang paling digemari oleh banyak kalangan. Bermacam perangkat dapat dijadikan platform untuk bermain game, mulai dari smartphone, laptop, hingga PC. PC dengan performa gaming terbaik wajib memiliki hardware khusus untuk bermain game, salah satunya motherboard.


Motherboard merupakan induk tempat Anda memasang kartu grafis, RAM, CPU, dan storage. Kini banyak sekali merek motherboard yang bagus, seperti ASUS, MSI, dan Gigabyte. Kami akan membantu agar Anda tidak bingung dengan merekomendasikan motherboard terbaik beserta cara memilihnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh gaming content creator kami, Faynilla.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Faynilla
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 19 Agustus 2022
Daftar isi

Profil pakar: Gaming content creator, Faynilla

Profil pakar: Gaming content creator, Faynilla
Faynilla
Gaming content creator
Faynilla

Fay adalah seorang content creator di bidang gaming gear. Ia gemar me-review produk gaming gear kemudian mengunggahnya pada TikTok “Faynillaa” dan YouTube channel “Low Tech”. Ia mulai terjun menjadi content creator di YouTube tahun 2019 dan TikTok tahun 2020.


Fay pernah memenangkan lomba review yang diadakan oleh brand “Digital Alliance” sebanyak dua kali. Selain itu, Fay juga menjuarai lomba modding keyboard yang diadakan oleh brand “Fantech” dan lomba pamer setup oleh “Enter Computer”.

Apa bedanya motherboard gaming dengan motherboard biasa?

Secara umum gaming motherboard diciptakan untuk PC dengan performa high-end. Dapat dikatakan bahwa gaming motherboard mampu bekerja dengan baik ketika harus menjalankan program yang berat, terkhusus game. Produknya pun mendukung komponen-komponen yang terpasang pada perangkat agar bekerja lebih optimal.


Selain itu, gaming motherboard mendukung unlocked CPU atau memiliki fitur overclocked. Fitur ini berguna untuk menambah daya kerja komponen sehingga PC dapat bekerja lebih cepat melebihi batas maksimumnya. Namun, hal ini membuat komponen menjadi lebih cepat panas. Untuk mengatasinya, gaming motherboard dapat dilengkapi water-cooling system.


Motherboard biasa umumnya hanya mendukung hingga 16 GB RAM. Sementara itu, gaming motherboard mendukung pemasangan RAM hingga 32 atau 64 GB. Slot tambahan untuk SATA atau PCI-e x16 biasanya juga tersedia pada produknya. Penambahan slot tersebut berpotensi memaksimalkan performa PC Anda.


Kelebihan lain gaming motherboard dari motherboard biasa ialah adanya fitur-fitur yang ditambahkan. LED RGB, game boost button, serta kualitas DAC yang lebih baik hanya akan Anda temukan pada gaming motherboard.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih gaming motherboard

Setelah Anda memahami garis besar perbedaan gaming motherboard dengan regular motherboard, kami akan memberikan tips untuk memilih produknya. Catat poin-poin pentingnya dari kami di bawah ini, ya!

Pastikan bentuk soket dan jenis chipset kompatibel dengan jenis CPU

Hal pertama yang wajib Anda perhatikan adalah jenis soket antara motherboard dan CPU. CPU AMD dan Intel memiliki bentuk soket yang berbeda. Bahkan, perbedaan generasi pada kedua jenis CPU tersebut juga memengaruhi bentuk soketnya.

 
Contohnya, CPU 10th gen Intel Core kompatibel dengan soket LGA 1200. Sementara itu, CPU 8th dan 9th gen sesuai dengan LGA 1151. Karena itu, tentukan dahulu jenis CPU yang akan Anda gunakan. Selanjutnya, cocokkan dengan motherboard pilihan.


Perhatikanlah juga chipset yang kompatibel. Seperti bentuk soket, jenis chipset antara AMD dan Intel juga didesain berbeda-beda. Chipset yang umum digunakan AMD saat ini adalah X570, B450, dan B550.


Sementara itu, Z590, Z490, Z390, serta X299 merupakan beberapa jenis chipset Intel yang dapat menjadi andalan. Hindari memilih chipset lawas karena berpotensi tidak support komponen-komponen keluaran terbaru.

Pertimbangkan empat ukuran motherboard ini

Ukuran motherboard sangat memengaruhi ukuran case dan banyaknya fitur yang akan Anda gunakan. Sebab itu, pertimbangkanlahlah empat ukuran ini.

Mini-ITX, untuk PC yang sederhana

Mini-ITX adalah ukuran yang paling kecil dari semua ukuran motherboard. Hal ini terbukti dengan ukuran umumnya yang kurang lebih sekitar 9 x 7,5 inci. Mini ITX lebih hemat daya dibandingkan dengan ukuran lainnya. Walaupun ukurannya kecil, performanya tidak bisa dianggap remeh.


Biasanya motherboard ini hanya memiliki satu slot ekspansi. Slot untuk komponen lain juga terbatas, umumnya hanya tersedia 2 slot RAM dan 1 slot kartu grafis. Jadi, Anda tidak bisa upgrade komponen kecuali menggantinya dengan yang baru. Selain itu, ukuran ini masih jarang ditemukan di Indonesia.

Micro-ATX, untuk PC medium yang ringkas

Walaupun tidak sekecil mini-ITX, motherboard dengan ukuran micro-ATX termasuk salah satu yang cukup kecil. Ukuran motherboard ini biasanya sekitar 9,6 x 9,6 inci dan dilengkapi empat slot ekspansi.


Slot micro-ATX untuk RAM, kartu grafis, SATA, dan komponen lainnya juga lebih banyak dari mini-ITX. Hal ini memungkinkan Anda untuk upgrade sistem PC tanpa harus mengganti motherboard di kemudian hari.

ATX, untuk PC dengan performa high-end

ATX memiliki ukuran yang lebih besar, yaitu 12 x 9,6 inci. Besarnya ukuran papan membuat motherboard ini mampu menampung lebih banyak komponen. Hal ini dibuktikan dengan total slot ekspansi yang disediakan mencapai 7 slot.


Selain itu, jenis ini memiliki 8 slot RAM, 4 kartu grafis, dan 12 storageKarena begitu banyak komponen yang dapat ditampung, performa sistem juga jadi makin baik.

E-ATX untuk performa extra dengan slot ekspansi yang banyak

Ukuran yang terbesar dimiliki oleh motherboard jenis Extended ATX atau E-ATX. Sesuai namanya, motherboard ini memiliki tambahan slot yang lebih banyak dan space yang lebih besar. Jumlah komponen yang dapat dipasang pun lebih banyak dari ATX.


Jarang sekali para gamer menggunakan motherboard jenis ini karena spesifikasinya yang terkesan berlebihan. Motherboard ini biasanya digunakan sebagai server atau workstation karena memiliki slot prosesor lebih dari satu.

Pilih yang jumlah slotnya sesuai dengan rancangan sistem Anda

Setelah Anda memilih ukuran motherboard yang cocok dengan PC, kini saatnya menentukan jumlah slot pada motherboard. Bila Anda berencana untuk melakukan upgrade pada PC, pilih board yang menyediakan slot tambahan. Jika Anda tidak berencana demikian, pilihlah mobo dengan slot secukupnya agar menghemat ruang.

Temukan yang mempunyai fitur tambahan

Kin, banyak produk motherboard yang menyediakan fitur tambahan. Dari sekian banyak fitur, kami memilih tiga fitur tambahan yang berguna bagi PC Anda.

BIOS Flashback, untuk mempermudah update BIOS

BIOS (Basic Input Output System) adalah komponen yang bertugas menghubungkan hardware dengan software. Karena sering terjadi perkembangan software ataupun hardware, BIOS pun perlu di-update pada waktu-waktu tertentu.


Fitur BIOS Flashback mempermudah Anda ketika update BIOS. Hal ini terbukti dengan tidak diperlukannya aplikasi tambahan untuk melakukan update. Anda hanya perlu mengunduh file BIOS terbaru dan menekan tombol BIOS Flashback. Prosedur yang sungguh mudah, bukan?

LED, sebagai indikator status sistem Anda

Ketika sistem bekerja, muncul kemungkinan sistem akan overworked atau ada gangguan lain yang mungkin terjadi. Untuk mengetahui hal itu dengan cepat, Anda perlu memiliki produk dengan indikator LED. Hal ini berguna supaya Anda bisa mengambil keputusan yang tepat saat indikator sudah memberikan sinyal gangguan.

Konektor RGB, agar inner setup terlihat lebih indah

Jangan lupakan nilai estetika untuk build Anda! Hardware untuk gaming biasanya menawarkan desain yang menarik dan paduan warna RGB yang indah. Karena itu, pastikan ada konektor RGB di motherboard Anda agar interior PC terlihat lebih menarik. Fitur ini cocok bila dipadukan dengan case yang transparan.

Perhatikan kelengkapan port koneksi

Port koneksi pada motherboard bersinggungan langsung dengan port pada case. Jika case Anda mendukung pemasangan water-cooling system, pastikan juga motherboard Anda mendukung instalasi komponen tersebut.


Perhatikanlah hal serupa untuk komponen lain, seperti Audio Jack, SATA, hingga Wi-Fi Antenna Jack. Makin banyak komponen yang ingin Anda gunakan, Anda harus makin teliti memeriksa ketersediaan header pada motherboard.

Produk rekomendasi pakar

SoketLGA 1700
ChipsetIntel B660
UkuranATX
RAMUp to 128 GB
Slot1 x PCI Express x16 (PCIEX16), 2 x PCI Express x16 (PCIEX1_1, PCIEX1_2)
Fitur tambahanLED, konektor RGB

10 Rekomendasi gaming motherboard terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk gaming motherboard terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Faynilla.

Gambar produk
1
ASRock B560 Pro4 1

ASRock

2
ASRock B460 Steel Legend 1

ASRock

3
ASUS TUF GAMING B550M PLUS 1

ASUS

4
ASUS ROG Crosshair VIII Dark Hero 1

ASUS

5
MSI MAG X570 Tomahawk Wi-Fi 1

MSI

6
Gigabyte B550 AORUS PRO AC 1

Gigabyte

7
Gigabyte X570 AORUS ULTRA 1

Gigabyte

8
MSI MPG Z490 Gaming Carbon Wi-Fi 1

MSI

9
MSI MEG Z590 GODLIKE 1

MSI

10
ASUS ROG Maximus XII Extreme 1

ASUS

Nama produk

B560 Pro4

B460 Steel Legend

TUF GAMING B550M PLUS

ROG Crosshair VIII Dark Hero

MAG X570 Tomahawk Wi-Fi

B550 AORUS PRO AC

X570 AORUS ULTRA

MPG Z490 Gaming Carbon Wi-Fi

MEG Z590 GODLIKE

ROG Maximus XII Extreme

Keunggulan

Kombinasi fitur yang simpel dengan performa berkualitas

Dilengkapi fitur RGB dan slot yang menjadikan inner setup powerful

Motherboard terbaik untuk micro-ATX dengan performa overclocking-nya yang luar biasa!

Didesain dengan 90A VRM, sistem AMD jadi lebih powerful!

Koneksinya sangat lengkap dengan Bluetooth dan Wi-Fi 6 AX200

Memory speed support hingga 5400 MHz, pilihan tepat untuk chipset AMD B550

High-performance motherboard dengan write and read speed yang kencang. Gaming makin nyaman!

Motherboard dengan segudang fitur untuk performa overclocking yang maksimal!

Dengan fitur komplet, sesuai untuk high-end gaming

Dibekali fitur AI, produk premium yang terbaik untuk CPU dengan Intel processor

Harga mulai dariRp 1.721.000,00Rp 1.950.000,00Rp 2.950.000,00Rp 6.499.000,00Rp 4.799.000,00Rp 3.541.500,00Rp 5.582.000,00Rp 5.240.000,00Rp 17.550.000,00Rp 13.080.000,00
SoketLGA 1200LGA 1200AM4AM4AM4AM4AM4LGA 1200LGA 1200LGA 1200
ChipsetIntel B560Intel B460AMD B550AMD X570AMD X570AMD B550AMD X570Intel Z490Intel Z590Intel Z490
UkuranATXATXMicro-ATXATXATXATXATXATXExtended ATXExtended ATX
RAMUp to 128 GBUp to 128 GBUp to 128 GBUp to 128 GBUp to 128 GBUp to 128 GBUp to 128 GBUp to 128 GBUp to 128 GBUp to 128 GB
Slot2 x PCI Express x16 (PCIE1/PCIE3: single at Gen4x16 (PCIE1); dual at Gen4x16 (PCIE1) / Gen3x2 (PCIE3))2x PCIe 3.0 x16, 2x PCIe 3.0 x11x PCIe 4.0 x16 2x PCIe 4.0x16, 2x PCIe 3.0x16, 1x PCIe 3.0x16 (x8 mode)1 x PCIe 4.0 x16 (PCI_E1), 1 x PCIe 4.0 x16 (PCI_E2),, 2 x PCIe 3.0 x1 1x PCIe x16 (PCIEX16), 1x PCIe x16 (PCIEX4), 1x PCIe X16 (PCIEX2), 2x PCIex11x PCIe x16 (PCIEX16), 1xPCIe x16 (PCIEX8), 1xPCIe x16 (PCIEX4)3 x PCIe 3.0 x16, 2 x PCIe 3.0 x13x PCIe x161x PCIe 3.0 x4, 2x PCIe 3.0x16
Fitur tambahanASRock POST Status Checker, Clever Access MemoryLED RGBBIOS Flashback button, RGB LED, ASUS Q-DESIGNBIOS Flashback, ASUS Q-Design, AuraFlash BIOS buttonBIOS Flashback buttonMulti GPU, BIOS Flash Button, Wi-Fi, Debug LEDCore Boost Technology, Wi-FiDebug LED, Flash BIOS Button, multi GPU, Clear CMOS buttonBIOS Flashback button, Q-Design, Wi-Fi
Tautan produk
10

ASUSROG Maximus XII Extreme

Mulai dari Rp 13.080.000,00

SoketLGA 1200
ChipsetIntel Z490
UkuranExtended ATX
RAMUp to 128 GB
Slot1x PCIe 3.0 x4, 2x PCIe 3.0x16
Fitur tambahanBIOS Flashback button, Q-Design, Wi-Fi
9
SoketLGA 1200
ChipsetIntel Z590
UkuranExtended ATX
RAMUp to 128 GB
Slot3x PCIe x16
Fitur tambahanDebug LED, Flash BIOS Button, multi GPU, Clear CMOS button
8

MSIMPG Z490 Gaming Carbon Wi-Fi

Mulai dari Rp 5.240.000,00

SoketLGA 1200
ChipsetIntel Z490
UkuranATX
RAMUp to 128 GB
Slot3 x PCIe 3.0 x16, 2 x PCIe 3.0 x1
Fitur tambahanCore Boost Technology, Wi-Fi
7
SoketAM4
ChipsetAMD X570
UkuranATX
RAMUp to 128 GB
Slot1x PCIe x16 (PCIEX16), 1xPCIe x16 (PCIEX8), 1xPCIe x16 (PCIEX4)
Fitur tambahanMulti GPU, BIOS Flash Button, Wi-Fi, Debug LED
6
SoketAM4
ChipsetAMD B550
UkuranATX
RAMUp to 128 GB
Slot1x PCIe x16 (PCIEX16), 1x PCIe x16 (PCIEX4), 1x PCIe X16 (PCIEX2), 2x PCIex1
Fitur tambahanBIOS Flashback button
5
SoketAM4
ChipsetAMD X570
UkuranATX
RAMUp to 128 GB
Slot1 x PCIe 4.0 x16 (PCI_E1), 1 x PCIe 4.0 x16 (PCI_E2),, 2 x PCIe 3.0 x1
Fitur tambahanFlash BIOS button
4

ASUSROG Crosshair VIII Dark Hero

Mulai dari Rp 6.499.000,00

SoketAM4
ChipsetAMD X570
UkuranATX
RAMUp to 128 GB
Slot2x PCIe 4.0x16, 2x PCIe 3.0x16, 1x PCIe 3.0x16 (x8 mode)
Fitur tambahanBIOS Flashback, ASUS Q-Design, Aura
3
SoketAM4
ChipsetAMD B550
UkuranMicro-ATX
RAMUp to 128 GB
Slot1x PCIe 4.0 x16
Fitur tambahanBIOS Flashback button, RGB LED, ASUS Q-DESIGN
2
SoketLGA 1200
ChipsetIntel B460
UkuranATX
RAMUp to 128 GB
Slot2x PCIe 3.0 x16, 2x PCIe 3.0 x1
Fitur tambahanLED RGB
1
SoketLGA 1200
ChipsetIntel B560
UkuranATX
RAMUp to 128 GB
Slot2 x PCI Express x16 (PCIE1/PCIE3: single at Gen4x16 (PCIE1); dual at Gen4x16 (PCIE1) / Gen3x2 (PCIE3))
Fitur tambahanASRock POST Status Checker, Clever Access Memory

Baca juga rekomendasi komponen komputer lainnya di sini

Jangan lupa untuk mencari komponen penting lainnya setelah memilih motherboard, seperti RAM, kartu grafis, dan storage. Di bawah ini kami sudah menyiapkan tautan-tautan yang dapat menjadi referensi Anda dalam memilih produknya. Mari dikunjungi!

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menentukan gaming motherboard terbaik? Pemilihan motherboard memang tidak mudah, terlebih bila Anda memiliki build PC gaming impian dan sudah menyiapkan komponen-komponennya.


Kiranya artikel ini dapat membantu Anda dalam memilih motherboard idaman. Pastikan motherboard memiliki fungsi yang maksimal dan kompatibel dengan komponen dalam daftar setup Anda, ya! Selamat memilih! 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 7 PC Gaming Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    7 PC Gaming Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Bermain game bagi sebagian orang sudah menjadi sebuah kebutuhan, bahkan ada yang menjadikannya sebagai profesi. Industri game berkembang begitu pesat, baik industri pembuatan game maupun perangkat game. PC menjadi salah satu perangkat yang populer digunakan para gamer untuk bermain.Namun, dari banyaknya PC gaming di pasaran, manakah yang layak dipilih? Agar Anda tidak bingung, kami akan membagikan cara memilih PC gaming yang bagus. Rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti ROG ASUS, Dell, dan MSI juga tersedia. Artikel ini sudah ditinjau oleh gaming content creator kami, Faynilla. Jadi, langsung simak informasinya!
    PC gaming
  • 10 Gaming Mouse Murah yang Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gaming Mouse Murah yang Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Gaming mouse merupakan perangkat wajib bila Anda hobi bermain game di komputer. Pemilihan gaming mouse sangat erat kaitannya dengan performa Anda selama bermain. Meski demikian, keterbatasan dana mungkin membuat Anda bingung menemukan gaming mouse murah terbaik.Di artikel ini, kami akan memberikan tips memilih gaming mouse murah lengkap dengan sepuluh rekomendasi produk yang bagus. Anda dapat memilih mouse gaming murah 100 ribuan dengan fitur yang tidak kalah menarik. Kami akan membahas mouse gaming murah wireless dan wired dari sejumlah merek, seperti Logitech, Razer, dan Fantech. Selamat membaca!
    PC gaming
  • 10 Headset Gaming Murah yang Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Headset Gaming Murah yang Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Perlengkapan gaming termasuk headset memang identik dengan harganya mahal. Namun, kini sudah ada beberapa produk headset gaming dengan harga yang lebih murah. Anda dapat menemukan headset gaming seharga 50 ribu, 100 ribu, 200 ribu, sampai maksimal 1 juta. Meski begitu, jangan sembarangan memilih headset agar permainan Anda tetap dapat dinikmati.Kami akan berbagi tips memilih headset gaming murah terbaik untuk HP ataupun PC. Kami juga memberikan rekomendasi merek headset gaming murah yang bagus, seperti Rexus, Logitech G, Sades, Plextone, dan dbE. Agar Anda tidak makin penasaran, langsung simak artikelnya, ya!
    PC gaming
  • 10 Headset Gaming Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Headset Gaming Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Menggunakan headphone saja tentu belum terasa cukup sebagai perangkat audio saat bermain game. Anda perlu menggunakan headset gaming untuk mendapatkan pengalaman terbaik. Produknya memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan teman satu tim saat bermain game FPS, seperti PUBG.Merek headset gaming terbaik, seperti Logitech, ASUS, Razer, dan lainnya, banyak digunakan para gamer. Ada yang menggunakan kabel, ada juga wireless via Bluetooth. Kami akan menjelaskan cara memilihnya untuk Anda. Rekomendasi headset gaming yang bagus beserta ulasannya juga sudah kami siapkan. Sebagai informasi, artikel ini sudah ditinjau oleh tech enthusiast kami, Joshua Pandu. 
    Aksesori mobile gaming
  • 10 Rekomendasi Konsol Game Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Konsol Game Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki konsol game yang tepat akan memberi pengalaman gaming maksimal. Dengan audio jernih atau grafis tajam, kepuasan bermain game turut meningkat. Menariknya lagi, game Android dan iOS kini bisa Anda nikmati di layar televisi.Produk konsol game bervariasi, dari yang terpasang di rumah hingga yang portable. Kami akan memandu Anda memilih konsol game yang bagus dari berbagai merek dan sesuai kebutuhan. Selain itu, kami juga akan mengulas rekomendasi produknya untuk Anda. Ada konsol dari Nintendo, Sony, dan lainnya. Yuk, simak artikel ini untuk menemukan konsol game terbaik Anda.
    Game console
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori