• 10 Sunscreen Stick Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Sunscreen Stick Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Sunscreen Stick Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Sunscreen Stick Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Sunscreen Stick Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Sunscreen Stick Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Sunscreen stick merupakan inovasi baru yang mulai menjadi tren. Meskipun masih didominasi merek Korea, saat ini mulai bermunculan sunscreen stick lokal. Merek lokal yang memproduksi sunscreen stick antara lain Wardah, Ingrid, Dew It, dan Somethinc. Sementara itu, untuk merek Korea Anda bisa menemukan sunscreen stick Innisfree, Hayejin, dan Nature Republic.


Kami akan membagikan tips memilih sunscreen stick terbaik. Kami juga memberikan rekomendasi sunscreen stick yang bagus, baik merek lokal maupun luar. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Temukan sunscreen stick yang cocok untuk Anda!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Dian Pratiwi
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK
dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

dr. Dian Pratiwi menyelesaikan pendidikan dokter umum dan spesialis dari FKUI, Indonesia. Dokter yang telah 16 tahun berpraktek di ERHA DermaCenter Kemanggisan & Klinik Puspa Jakarta ini juga sering menjadi narasumber di berbagai media cetak dan elektronik.


Dengan minat pada Cosmeceuticals & Laser, dr. Dian telah menerbitkan 39 tulisan ilmiah dan menjadi co-author dari dua buku. Beliau juga aktif menjadi trainer dan pembicara di berbagai simposium ilmiah. Untuk informasi tentang kesehatan kulit, dr. Dian bisa disapa melalui Instagram-nya.

Mengenal sunscreen stick dan keunggulannya

Selain sunscreen berbentuk losion, gel, dan spray, kini hadir inovasi baru berupa sunscreen stick. Bentuknya stick padat seperti deodoran dan cara menggunakannya pun mirip deodoran. Anda cukup mengaplikasikan sunscreen stick ini pada wajah. Berdasarkan fungsi utama, sunscreen stick ini tidak ada bedanya dengan sunscreen jenis lain.


Dari segi kemasan, sunscreen stick lebih praktis. Anda bisa membawanya ke mana-mana tanpa khawatir tumpah karena bentuknya padat. Cara mengaplikasikan sunscreen stick juga lebih mudah. Jari tangan Anda tidak perlu menyentuh kulit wajah secara langsung seperti memakai sunscreen losion atau gel. Sunscreen stick juga mempermudah Anda untuk mengaplikasikan kembali sunscreen tersebut.


Jika Anda malas menggunakan sunscreen losion yang terkadang menimbulkan whitecast, Anda bisa memilih sunscreen stick. Saat beraktivitas sehari-hari, jangan lupa membawa sunscreen stick di dalam tas. Untuk perlindungan optimal, aplikasikan sunscreen setiap tiga hingga lima jam sekali. Memilih sunscreen stick membuat re-apply sunscreen lebih mudah dan higienis.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sunscreen stick

Sebagaimana Anda memilih skincare lainnya, saat memilih sunscreen stick Anda juga perlu mempertimbangkan beberapa hal. Misalnya, jenis kulit Anda, kandungan bahan aktifnya, dan lain-lain. Untuk memudahkan Anda memilih sunscreen stick, baca tips dari kami berikut ini.  

Sesuaikan dengan jenis kulit

Sesuaikan dengan jenis kulit

Hal pertama yang harus diketahui saat memilih sunscreen stick adalah jenis kulit Anda. Setelah Anda mengetahuinya, Anda bisa memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit. Inilah beberapa jenis kulit yang perlu Anda ketahui:


  • Kulit normal: Jenis kulit ini memiliki kelembapan yang cukup. Produksi minyaknya juga tidak berlebihan sehingga wajah tidak tampak mengilap. Kulit normal cenderung tidak memiliki masalah khusus seperti iritasi.
  • Kulit kering: Jika kulit wajah terasa ketat setelah Anda mencuci muka, tandanya Anda memiliki kulit kering. Pada umumnya, kulit kering terlihat kusam, kasar, dan mudah iritasi.
  • Kulit berminyak: Kondisi kulit berminyak disebabkan oleh produksi sebum yang berlebihan hingga kulit tampak mengilap. Masalah utama pada kulit berminyak antara lain jerawat dan komedo. Karena itu, pemilik kulit berminyak sebaiknya menggunakan produk yang non-comedogenic.
  • Kulit kombinasi: Kulit kombinasi biasanya berminyak di daerah T, yakni dahi, hidung, dan dagu. Sementara itu, kulit di bagian lain cenderung normal atau kering.     

Pilih kandungan SPF dan PA sesuai aktivitas Anda

SPF (sun protection factor) adalah angka yang mengacu pada tingkat perlindungan dari sinar UVB. Sementara itu, PA (protection grade of UVA) adalah sistem penilaian terhadap level proteksi dari sinar UVA. Pilih sunscreen stick dengan SPF dan PA sesuai aktivitas Anda.

SPF 30 dan PA++ untuk beraktivitas di luar ruangan dan di dalam ruangan yang terkena sinar matahari

SPF 30 dan PA++ untuk beraktivitas di luar ruangan dan di dalam ruangan yang terkena sinar matahari

Makin besar kadar SPF dan PA, makin tinggi pula level proteksinya pada kulit Anda. Namun, hal ini juga akan lebih membebani kulit. Karena itu, Anda perlu memilih besarnya kadar SPF dan PA sesuai kebutuhan. Saat Anda berolahraga di luar ruangan, gunakan sunscreen stick SPF 30 dan PA++. Aplikasikan sunscreen sebelum Anda senam, jogging, atau bersepeda.


Akan tetapi, Anda perlu mengingat bahwa perlindungan sunscreen ini hanya berlangsung selama tiga hingga lima jam. Setelah itu, sebaiknya Anda re-apply untuk melindungi kulit kembali. Cukup usapkan sunscreen stick secara merata pada wajah dan leher.


Selain itu, perlu diingat bahwa sinar UV-A dapat menembus kaca jendela. Oleh karena itu, gunakan sunscreen dengan SPF 30 dan PA++ jika beraktivitas di dalam ruangan yang masih terkena sinar matahari.

SPF 50 dan PA+++ untuk beraktivitas yang membuat Anda terpapar sinar matahari dalam waktu lama

SPF 50 dan PA+++ untuk beraktivitas yang membuat Anda terpapar sinar matahari dalam waktu lama

Ketika Anda beraktivitas cukup lama di bawah paparan sinar matahari, Anda memerlukan SPF dan PA yang lebih tinggi. Dalam hal ini, gunakan SPF 50 dan PA+++. SPF 50 dapat memblokir sinar UV hingga 98%. Level proteksi ini Anda butuhkan saat naik gunung, bermain di pantai, atau kegiatan outdoor lainnya.


Bawa sunscreen stick SPF 50 dan PA+++ saat traveling dan menghabiskan waktu lama di bawah sinar matahari. Meskipun level proteksinya lebih tinggi, Anda tetap disarankan memakai topi. Ingat, tidak ada sunscreen yang mampu memblokir sinar UV hingga 100%.

Cek kandungan bahan aktif lainnya

Cek kandungan bahan aktif lainnya

Selain mempertimbangkan SPF dan PA, Anda juga perlu mengecek kandungan bahan aktif lainnya. Untuk kulit kering, Anda bisa memilih sunscreen stick dengan kandungan Aloe vera yang menyegarkan. Jika kulit Anda berminyak, pilih sunscreen stick dengan sebum absorber dan bersifat non-comedogenic. Pasalnya, komedo termasuk salah satu masalah pada kulit berminyak.


Pertimbangkan juga sunscreen stick merek lokal yang mudah Anda dapatkan. Kandungan bahan pada merek lokal telah disesuaikan dengan tipe kulit orang Indonesia. Dengan demikian, besar kemungkinan kulit Anda juga akan lebih mudah beradaptasi. 


Selain itu, penting juga untuk memilih UV filter yang akan digunakan. Pilih UV filter mineral, seperti zinc oxide dan titanium dioxide, untuk yang berkulit sensitif dan pada anak. Bagi minimal white cast, Anda dapat memilih UV filter kimia, hybrid, atau UV filter mineral yang micronized atau nanosized.

Baca ulasan pengguna lain

Baca ulasan pengguna lain

Internet memberi Anda kemudahan untuk mencari tahu ulasan produk sebelum Anda membelinya. Anda tinggal mengetik nama dan merek produk pada mesin pencari Google, maka muncullah berbagai ulasannya. Media sosial seperti Instagram, Twitter, dan Facebook juga memiliki banyak content creator di bidang kecantikan. Anda bisa membaca ulasan mereka sebagai pertimbangan.


Baca juga ulasan para pembeli di marketplace atau situs-situs ulasan lainnya. Gunakan kemudahan tersebut untuk mendapatkan informasi yang Anda butuhkan. Produk yang sedang hype belum tentu cocok atau tepat untuk Anda. Karena itu, baca ulasan pengguna lain sebelum Anda memutuskan membelinya. 

10 Rekomendasi sunscreen stick terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh sunscreen stick terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Dian Pratiwi, SpKK.

10
UV ProtectionSPF 50+ PA++++
Jenis kulitSemua jenis kulit
Bahan aktif lainnyaVitamin E, sunflower seed oil, Echium plantagineum seed oil, dan lain-lain
Neto19 gram
9

Banila CoHello Sunny Essence Sun Stick Fresh

Mulai dari Rp 189.000,00

UV ProtectionSPF 50+ PA++++
Jenis kulitKombinasi
Bahan aktif lainnyaBirch tree extract, spirulina extract, mint leaf extract, eggplant extract, dan lain-lain
Neto15 gram
8
UV ProtectionSPF 50+ PA++++
Jenis kulitSemua jenis kulit
Bahan aktif lainnyaSea buckthorn oil
Neto24 gram
7
UV ProtectionSPF 50+ PA++++
Jenis kulitSemua jenis kulit
Bahan aktif lainnyaCentella aciatica extract, tea tree extract, peppermint oil, allantoin, dan lain-lain
Neto20 gram
6
UV ProtectionSPF 50+ PA++++
Jenis kulitSemua jenis kulit
Bahan aktif lainnyaXylitol, rose hip seed oil, raspberry seed oil, Selective Oil Balancing Powder™, dan lain-lain
Neto26 gram
5

VaselineDaily Sun Care UV Protection Stick

Mulai dari Rp 149.000,00

UV ProtectionSPF 50+ PA++++
Jenis kulitKulit kering
Bahan aktif lainnyaPetroleum jelly, sunflower oil, dan lain-lain
Neto15 gram
4

Nature RepublicCalifornia Aloe Fresh Powdery Sun

Mulai dari Rp 225.000,00

UV ProtectionSPF 50+ PA++++
Jenis kulitSemua jenis kulit
Bahan aktif lainnyaAloe barbadensis leaf extract, Hibiscus rosa-sinensis flower/leaf extract, Morinda citrifolia extract, dan lain-lain
Neto22 gram
3
UV ProtectionSPF 50++ PA ++++
Jenis kulitSemua jenis kulit
Bahan aktif lainnyaRice bran oil
Neto15 gram
2
UV ProtectionSPF 50 PA++++
Jenis kulitSemua jenis kulit
Bahan aktif lainnyaSerum vitamin E
Neto20 gram
1
UV Protection SPF 50 PA ++++
Jenis kulitSemua jenis kulit
Bahan aktif lainnyaSunflower seed oil, sweet almond oil, vegetable oil /olus oil, dan lain-lain
Neto11 gram

Tabel perbandingan produk sunscreen stick terbaik

Gambar produk
1
Ingrid Stand Strong 1

Ingrid

2
Wardah UV Shield Light Matte Sun Stick 1

Wardah

3
Somethinc Glowing Up Sunscreen Stick 1

Somethinc

4
Nature Republic California Aloe Fresh Powdery Sun 1

Nature Republic

5
Vaseline Daily Sun Care UV Protection Stick  1

Vaseline

6
Laneige Air Light Sun Stick 1

Laneige

7
Hayejin VitaMild Powdery Sun Stick  1

Hayejin

8
Dew It In The Morning Face Sun Stick 1

Dew It

9
Banila Co Hello Sunny Essence Sun Stick Fresh 1

Banila Co

10
Innisfree Intensive Leisure Sun Stick 1

Innisfree

Nama produk

Stand Strong

UV Shield Light Matte Sun Stick

Glowing Up Sunscreen Stick

California Aloe Fresh Powdery Sun

Daily Sun Care UV Protection Stick

Air Light Sun Stick

VitaMild Powdery Sun Stick

In The Morning Face Sun Stick

Hello Sunny Essence Sun Stick Fresh

Intensive Leisure Sun Stick

Keunggulan

Satu produk perlindungan kulit untuk seluruh keluarga

Sunscreen, serum, dan primer dalam satu kemasan praktis!

Mudah menyerap, tidak menyumbat pori-pori, dan vegan friendly

Melindungi kulit sekaligus mencerahkan dan mencegah penuaan

Menjaga kulit tetap lembap, lembut, dan terlindungi

Untuk kulit tetap segar dan matte sepanjang hari!

Tidak menimbulkan iritasi sehingga lebih aman untuk kulit sensitif

Menghidrasi kulit dan tidak menimbulkan komedo

Berikan matte finish dan kesegaran di kulit Anda

Tahan air dan keringat serta mencerahkan kulit

Harga mulai dariRp 129.000,00Rp 96.000,00Rp 125.000,00Rp 225.000,00Rp 149.000,00Rp 370.000,00Rp 300.000,00Rp 195.000,00Rp 189.000,00Rp 290.000,00
UV Protection SPF 50 PA ++++ SPF 50 PA++++SPF 50++ PA ++++SPF 50+ PA++++SPF 50+ PA++++SPF 50+ PA++++SPF 50+ PA++++SPF 50+ PA++++SPF 50+ PA++++SPF 50+ PA++++
Jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitKulit keringSemua jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitKombinasiSemua jenis kulit
Bahan aktif lainnyaSunflower seed oil, sweet almond oil, vegetable oil /olus oil, dan lain-lain Serum vitamin ERice bran oilAloe barbadensis leaf extract, Hibiscus rosa-sinensis flower/leaf extract, Morinda citrifolia extract, dan lain-lainPetroleum jelly, sunflower oil, dan lain-lainXylitol, rose hip seed oil, raspberry seed oil, Selective Oil Balancing Powder™, dan lain-lainCentella aciatica extract, tea tree extract, peppermint oil, allantoin, dan lain-lainSea buckthorn oilBirch tree extract, spirulina extract, mint leaf extract, eggplant extract, dan lain-lainVitamin E, sunflower seed oil, Echium plantagineum seed oil, dan lain-lain
Neto11 gram20 gram15 gram22 gram15 gram26 gram20 gram24 gram15 gram19 gram
Tautan produk

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK

One sunscreen is never enough. Tiap orang umumnya membutuhkan sedikitnya tiga sunscreen sesuai dengan aktivitasnya.

  1. Sunscreen daily dapat digunakan untuk di rumah sebelum berangkat beraktivitas.
  2. Sunscreen untuk reaplikasi on the go atau saat traveling.
  3. Sunscreen untuk kegiatan extreme (pajanan matahari lama atau aktivitas dalam air).

Sunscreen bentuk stick cocok untuk digunakan sebagai sunscreen reaplikasi on the go atau saat traveling. Bentuknya praktis, mudah digunakan, dan Anda tidak perlu khawatir sunscreen tersebut tumpah saat dibawa dalam tas.


Keterbatasan sunscreen stick adalah sulit mengukur jumlah yang digunakan, apakah sudah cukup untuk mencapai SPF & PA yang tertera di kemasan. Tips dari saya adalah sebagai berikut.


Untuk tiap area kulit, oleskan empat kali secara bolak-balik sebelum berpindah ke area kulit lainnya. Hal tersebut akan membantu memastikan sunscreen sudah merata dan cukup untuk mendapatkan perlindungan optimal dari UVB dan UVA. 

Baca juga rekomendasi sunscreen lainnya di sini

Untuk perlindungan wajah dari sinar matahari, kami juga merekomendasikan berbagai sunscreen yang bisa Anda pilih. Misalnya, sunscreen terbaik untuk kulit berminyak, sunscreen gel, sunscreen untuk pria, dan lain-lain. Informasi lengkap dan rekomendasi produknya bisa Anda baca di tautan berikut ini. 

Kesimpulan

Itulah sepuluh rekomendasi sunscreen stick terbaik yang kami susun untuk Anda. Apakah Anda sudah menemukan produk pilihan yang akan Anda gunakan? Temukan sunscreen stick terbaik yang sesuai dengan jenis kulit dan kegiatan Anda.


Jangan lupa untuk mengecek kandungan bahan aktif, membaca ulasan, dan mencari informasi penting lainnya sebelum membeli produk. Gunakan artikel ini sebagai acuan memilih sunscreen stick terbaik.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat masih menghantui Anda. Noda bekas jerawat sulit disamarkan tanpa bantuan makeup. Daripada menggunakan makeup tebal, atasi saja dengan serum penghilang bekas jerawat. Kali ini, kami menyajikan rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.Beragam review serum untuk menghilangkan bekas jerawat terbaik dari Wardah, SOMETHINC, Dear Me Beauty, dan Avoskin ada di sini. Tak ketinggalan, kami juga memberikan tips memilih serum bekas jerawat yang tepat berdasarkan jenis bekas jerawat Anda. Penasaran dengan beragam serum terbaik dari kami? Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit mata punya kondisi yang lebih rentan dibandingkan area wajah lainnya. Itulah sebabnya, area mata lebih mudah berkerut, menghitam, dan kering. Untuk mencegahnya, Anda memerlukan produk eye cream yang bagus. Saat ini telah banyak merek eye cream terbaik yang bisa dipakai untuk remaja hingga dewasa.Dari banyaknya produk yang beredar, bagaimana cara memilih eye cream yang benar? Untuk menjawabnya, kami punya tips dan info menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tak lupa, kami juga punya rekomendasi eye cream dengan harga terjangkau, seperti SOMETHINC, Joylab, dan Wardah.
    Perawatan wajah
  •  10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu masalah yang dialami hampir oleh semua orang dewasa adalah munculnya flek hitam di wajah. Noda hitam yang satu ini memang terkadang membuat Anda jadi kurang percaya diri. Flek hitam terjadi akibat adanya penumpukan pigmen di permukaan kulit, baik di bagian terluar maupun di bagian dalam. Kali ini, kami akan mengulas beberapa produk Wardah yang dapat membantu Anda mengatasi flek hitam tersebut. Bermacam produk, mulai dari eye cream, serum, hingga clay mask ada dalam rekomendasi. Cari tahu cara memilihnya dan keunggulan masing-masing produk di artikel ini, ya! 
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Face Scrub Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Face Scrub Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Face scrub adalah salah satu produk perawatan kulit yang tidak hanya dibutuhkan oleh wanita, tetapi juga pria. Menggunakan face scrub secara rutin dapat mengeksfoliasi sel-sel kulit mati serta sisa kotoran di kulit. Saat ini, telah banyak dijual jenis produk face scrub yang diformulasikan khusus untuk pria. Manakah produk yang sebaiknya dipilih?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan produk face scrub yang bagus untuk membersihkan wajah. Selain dari merk Nivea, Pond’s, dan Vaseline, masih banyak produk yang dapat Anda pilih sesuai dengan jenis kulit. Simak sampai selesai, ya!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori