• 10 Pala Bubuk Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Pala Bubuk Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Pala Bubuk Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Pala Bubuk Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Pala Bubuk Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Pala Bubuk Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022)

Dalam meracik suatu masakan, pala termasuk rempah-rempah yang sering digunakan. Pala berfungsi sebagai penyedap masakan dengan aromanya yang harum dan menghangatkan. Selain untuk bumbu masakan, pala juga kerap dipakai dalam minuman dan kue. Untuk memudahkan penggunaan, saat ini banyak dijual pala dalam bentuk bubuk.


Untuk menemukan merek pala bubuk yang bagus, kami akan memberikan tips memilihnya untuk Anda. Merek pala bubuk kemasan, seperti Koepoe Koepoe, Cap Pohon Mangga, dan Rasa ada dalam review kami. Artikel ini telah ditinjau oleh praktisi herbal kami, Nurrahma Asri Saraswati. Selamat menemukan pala bubuk terbaik!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Nurrahma Asri S.
Ulil Maulida
  • Pembaharuan terakhir: 29 November 2022
Daftar isi

Profil pakar: Praktisi herbal, Nurrahma Asri Saraswati

Profil pakar: Praktisi herbal, Nurrahma Asri Saraswati
Nurrahma Asri S.
Praktisi herbal dan wirausaha
Nurrahma Asri S.

Asri adalah praktisi dan pemilik usaha herbal. Ia sudah menyelesaikan pendidikan sarjana di Bioprocess Chemical Engineering, University Technology of Malaysia. Setelah itu, ia mengikuti short course Mastering Herbal Formulation dari The Herbal Academy United States.


Asri menggeluti dunia rempah dan tanaman herbal sejak tahun 2015 dengan membangun UMKM Agradaya. Agradaya memproduksi minuman rempah kering berstandar BPOM obat tradisional. Penghargaan yang pernah diraihnya antara lain adalah Perempuan Penjaga Bumi versi majalah Tempo 2018, CNN Indonesia Hero, dan Local Hero versi DSC X.

Pala bubuk digunakan untuk apa?

Pala bubuk digunakan untuk apa?

Pala adalah rempah-rempah yang bentuknya lonjong dan berwarna kuning. Saat buah pala matang, kulit dan dagingnya akan terbuka sehingga terlihat biji pala yang berwarna merah. Inilah bagian yang diolah menjadi bumbu masakan, yaitu bunga pala dan biji pala. Pala memiliki aroma yang harum, manis, dan agak pedas.


Perlu Anda ketahui bahwa pala bersifat halusinogen. Terlalu banyak mengonsumsi pala tidak baik karena akan memberi efek “fly” bagi yang mengonsumsinya. Pakai dan gunakanlah sedikit saja yang cukup untuk menambah cita rasa.


Indonesia adalah produsen pala terbesar di dunia, khususnya daerah Pulau Banda, Maluku. Maka, tidak heran jika Indonesia banyak mengekspor pala. Jumlahnya bahkan mencapai 40 persen dari total ekspor dunia. Pala banyak disukai sebagai bumbu masakan di seluruh dunia karena bisa memberi cita rasa yang kuat dan harum.


Pala diolah dengan cara dihaluskan atau diparut. Supaya lebih praktis, banyak produsen yang mengolah pala menjadi bentuk bubuk. Pala bubuk tidak hanya digunakan sebagai bumbu masakan, tetapi juga untuk aneka kue dan minuman. Selain itu, pala bubuk juga banyak digunakan untuk olahan sirop, dodol, selai, jeli, sari buah, pai, kue kering, dan sebagainya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih pala bubuk

Saat mencari pala bubuk, Anda pasti akan menemukan produk dari berbagai merek. Pala bubuk seperti apa yang sebaiknya dipilih? Berikut ini panduan yang bisa Anda gunakan untuk memilih pala bubuk terbaik dan sesuai kebutuhan.

Perhatikan bahan baku bubuk pala

Dalam mencari bubuk pala, bahan baku adalah hal utama yang harus diperhatikan. Ada dua macam bahan baku utama bubuk pala yang akan Anda temui, yaitu biji pala dan bunga pala. Lantas, apa perbedaannya?

Bunga pala, untuk rasa yang lebih lembut

Bunga pala, untuk rasa yang lebih lembut

Di dalam buah pala, terdapat biji yang diselubungi lapisan berwarna merah. Nah, lapisan inilah yang disebut bunga pala. Bunga pala juga diolah menjadi bumbu masakan. Aroma bunga pala lebih ringan dan tidak sekuat biji pala, tetapi tetap sama-sama harum. Jika digambarkan, rasa bunga pala seperti perpaduan rasa kayu manis dan merica.


Bunga pala diolah untuk masakan, makanan ringan, bahan pengawet, selai, atau manisan. Bunga pala juga sering digunakan sebagai ramuan obat tradisional untuk mengatasi mag, mual, muntah, dan perut kembung. Memang tidak banyak bubuk pala yang berbahan dasar bunga pala. Karena itu, perhatikan keterangan di kemasan dan pastikan bumbu tersebut berasal dari bunga pala atau mace.

Biji pala, untuk rasa yang lebih pedas dan kuat

Biji pala, untuk rasa yang lebih pedas dan kuat

Bagian biji yang diselubungi lapisan merah atau bunga pala disebut biji pala. Warnanya kecokelatan dengan aroma lebih kuat, yaitu pedas, harum, manis, dan memberi efek hangat. Setelah dipanen, biji pala tidak bisa langsung digunakan, tetapi harus dikeringkan di bawah sinar matahari selama 6–8 minggu. Setelah biji mengecil, rempah-rempah ini baru bisa diolah.

 
Bubuk pala yang terbuat dari biji pala atau nutmeg adalah jenis yang banyak beredar pasaran. Banyak ragam masakan yang dibumbui dengan bubuk biji pala, seperti sayuran, kari, gulai, dan semur. Karena aromanya kuat, bubuk pala ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan aroma amis dari daging atau ikan.

Pilih pala bubuk berdasarkan kemasannya

Pala bubuk dikemas dalam dua macam, yaitu saset dan stoples. Sebelum membelinya, sesuaikan bentuk kemasan dengan kebutuhan Anda.

Saset, kemasan ringkas dan lebih ekonomis

Anda yang ingin ringkas dan lebih ekonomis bisa memilih pala bubuk dengan kemasan saset. Kemasan saset umumnya tersedia dalam ukuran kecil. Ukuran mini ini sangat ideal untuk keperluan sekali masak atau beberapa kali masak. Dengan demikian, Anda tak perlu menyimpan sisa bubuk pala terlalu lama karena isinya sedikit dan mudah dihabiskan.


Dalam memilih pala bubuk kemasan saset, Anda harus memikirkan wadah lain untuk penyimpanannya. Hal ini karena kemasan saset lebih susah untuk ditutup kembali dan rawan terkontaminasi udara dari luar.

Pouch bag, tersedia dalam kemasan besar

Pouch bag, tersedia dalam kemasan besar

Pala bubuk dalam kemasan pouch umumnya punya ukuran yang lebih besar dibandingkan kemasan lainnya. Ukurannya bisa bermacam-macam, mulai dari 100 gram hingga kiloan. Kemasan yang besar ini cocok untuk Anda yang memiliki usaha kuliner yang membutuhkan banyak stok pala bubuk. Membeli pala dalam kemasan besar akan terasa lebih ekonomis.


Namun, pala bubuk yang sudah dibuka sebaiknya dipindahkan isinya ke dalam stoples kedap udara. Anda juga bisa menyimpannya di dalam lemari pendingin agar pala tidak lembap dan lebih awet. Kemasan pouch bag yang dilengkapi segel zip lock juga bisa dipilih karena lebih aman.

Botol/stoples, tidak mudah tumpah dan penyimpanannya praktis

Untuk Anda yang tidak ingin ribet memindahkan bubuk pala, carilah produk yang dikemas dalam botol, jar, atau stoples. Kemasan seperti ini lebih aman karena tertutup rapat sehingga tidak mudah tumpah. Anda juga bisa memutar bagian tutupnya dan menyesuaikan jumlah pemakaian, misalnya lubang besar atau lubang kecil.


Namun, bubuk pala kemasan ini biasanya tidak tersedia dengan isi yang banyak. Rata-rata isi bubuk pala kemasan botol atau stoples adalah 25–50 gram. Ukuran kemasan ini cocok untuk penggunaan harian di dapur rumah tangga.

Carilah pala bubuk murni tanpa tambahan bahan lainnya

Carilah pala bubuk murni tanpa tambahan bahan lainnya

Supaya pala yang digunakan untuk membumbui masakan lebih terasa kuat, pastikan produk yang Anda beli berbahan dasar pala murni. Beberapa produk pala bubuk ada yang mengandung bahan tambahan lain, seperti tepung, garam, atau MSG. Bahan-bahan ini justru dapat mengurangi cita rasa asli pala sehingga sajian Anda terasa kurang kuat aroma palanya.


Pala terbaik disimpan dalam bentuk biji utuh dengan cangkang. Pecahkan dan parut biji dalamnya ketika Anda akan menggunakannya. Hal ini dilakukan untuk menjaga cita rasa dan wangi pala. Wangi pala dalam bentuk bubuk akan berbeda dengan pala yang disimpan dalam bentuk biji.

Pertimbangkan pala bubuk organik supaya lebih aman dikonsumsi

Pertimbangkan pala bubuk organik supaya lebih aman dikonsumsi

Sajian yang Anda masak tentunya akan dinikmati oleh seluruh anggota keluarga. Demi kesehatan, pertimbangkanlah pala bubuk yang terbuat dari biji atau bunga pala organik. Pala organik dibudidayakan menggunakan pupuk organik atau pupuk kompos, serta tanpa disemprot pestisida. Tidak adanya kandungan kimia yang menempel di buah pala menjadikannya lebih aman dikonsumsi siapa saja, termasuk anak-anak.

10 Rekomendasi pala bubuk terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pala bubuk terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 22 Oktober 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Gunacipta Multirasa Koepoe Koepoe Biji Pala Bubuk masih memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Rasa Ground Nutmeg (Pala Giling) muncul sebagai produk terlaris ketiga.

Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Nurrahma Asri Saraswati

Gambar produk
1
Gunacipta Multirasa Koepoe Koepoe Biji Pala Bubuk 1

Gunacipta Multirasa

2
Wirakarta Sari Cap Pohon Mangga Bubuk Pala Super 1

Wirakarta Sari

3
Rasa Ground Nutmeg (Pala Giling)  1

Rasa

4
Beorganik Nutmeg Powder 1

Beorganik

5
Jay's Kitchen Nutmeg Ground 1

Jay's Kitchen

6
Lemonilo Rempah Bubuk Pala (Ground Nutmeg) 1

Lemonilo

7
Cap Sahabat Pala Bubuk 1

Cap Sahabat

8
Garlickys Pala Bubuk Murni 1

Garlickys

9
Cairo Food Biji Pala Bubuk 1

Cairo Food

10
La Fancy Foods Ground Mace (Bunga Pala Bubuk) 1

La Fancy Foods

Nama produk

Koepoe Koepoe Biji Pala Bubuk

Cap Pohon Mangga Bubuk Pala Super

Ground Nutmeg (Pala Giling)

Nutmeg Powder

Nutmeg Ground

Rempah Bubuk Pala (Ground Nutmeg)

Pala Bubuk

Pala Bubuk Murni

Biji Pala Bubuk

Ground Mace (Bunga Pala Bubuk)

Keunggulan

Produk lokal dengan kualitas ekspor yang sudah mendunia

Kemasan praktis dan ringkas untuk sekali masak

Terbuat dari biji pala fresh, tanpa tambahan pengawet dan pewarna

Cocok untuk menambah rasa dan aroma pada minuman hangat

Superlembut, bisa ditaburkan langsung ke berbagai jenis sajian

Diproduksi dari petani lokal dengan bahan-bahan pilihan

Bumbu aman disimpan dalam botol food grade

Dilengkapi aluminium sealant untuk mempertahankan aroma biji pala

Dengan segel zip lock sehingga mudah dibuka dan ditutup

Diolah dari bunga pala murni dan organik

Harga mulai dariRp 13.200,00Rp 700,00Rp 19.200,00Rp 16.000,00Rp 28.200,00Rp 26.000,00Rp 13.700,00Rp 30.000,00Rp 23.000,00Rp 24.000,00
Berat37 gram2,95 gram50 gram50 g65 gram50 gram45 gram50 g100 g56 gram
KemasanBotolSasetBotolBotolBotolBotolBotolBotolPouch bagBotol
KomposisiBiji palaBiji palaBiji palaBiji palaBiji palaBiji palaBiji palaBiji palaBiji palaBunga pala
SertifikasiBPOM, Halal, ISO 22000, HACCPPIRTPIRTSP-PIRT, LPPOMBPOM, PIRTHalal Tidak ada keteranganPSAT-PDUKP-IRTBPOM
Tautan produk
10

La Fancy FoodsGround Mace (Bunga Pala Bubuk)

Mulai dari Rp 24.000,00

Berat56 gram
KemasanBotol
KomposisiBunga pala
SertifikasiBPOM
9
Berat100 g
KemasanPouch bag
KomposisiBiji pala
SertifikasiP-IRT
8
Berat50 g
KemasanBotol
KomposisiBiji pala
SertifikasiPSAT-PDUK
7
Berat45 gram
KemasanBotol
KomposisiBiji pala
SertifikasiTidak ada keterangan
6

LemoniloRempah Bubuk Pala (Ground Nutmeg)

Mulai dari Rp 26.000,00

Berat50 gram
KemasanBotol
KomposisiBiji pala
SertifikasiHalal
5
Berat65 gram
KemasanBotol
KomposisiBiji pala
SertifikasiBPOM, PIRT
4
Berat50 g
KemasanBotol
KomposisiBiji pala
SertifikasiSP-PIRT, LPPOM
3
Berat50 gram
KemasanBotol
KomposisiBiji pala
SertifikasiPIRT
2

Wirakarta SariCap Pohon Mangga Bubuk Pala Super

Mulai dari Rp 700,00

Berat2,95 gram
KemasanSaset
KomposisiBiji pala
SertifikasiPIRT
1

Gunacipta MultirasaKoepoe Koepoe Biji Pala Bubuk

Mulai dari Rp 13.200,00

Berat37 gram
KemasanBotol
KomposisiBiji pala
SertifikasiBPOM, Halal, ISO 22000, HACCP

Baca juga rekomendasi bumbu masakan lainnya di sini

Untuk membuat sajian masakan yang lezat, Anda tidak hanya memerlukan bubuk pala. Karena itu, kami telah mengulas beberapa macam bumbu masakan, seperti kayu manis, ketumbar bubuk, dan kunyit bubuk. Baca juga artikel di bawah ini dan temukan bumbu terbaik untuk masakan Anda.

Kesimpulan

Bubuk pala bisa membuat masakan Anda lebih harum dan sedap. Ketika digunakan untuk membaluri ikan dan daging, bubuk pala juga bisa menghilangkan bau amisnya. Jadi, bubuk pala adalah bumbu masakan yang tidak boleh dilewatkan.

Kami harap ulasan ini bermanfaat sehingga Anda bisa mendapatkan bubuk pala terbaik. Jangan lupa, simpanlah bubuk pala di tempat tertutup supaya tidak terkontaminasi dari udara luar. Selamat memasak!

Artikel terkait

  • 10 Saus Tiram Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    10 Saus Tiram Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    Saus tiram atau oyster sauce merupakan salah satu bahan pelengkap masakan yang terbuat dari tiram. Selain banyak digunakan pada Chinese food, saus serbaguna ini juga sering ditambahkan pada masakan Jepang dan western. Saat ini, telah banyak merek saus tiram di pasaran seperti Lee Kum Kee, Saori, dan Kikkoman.Nah, di artikel ini kami akan menjelaskan cara memilih saus tiram yang enak dan memberikan rekomendasi produknya. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh pemilik restoran dan chef kami, Laire Siwi Mentari. Dengan menyimaknya, Anda tidak akan salah dalam membeli. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Rekomendasi Biji Wijen Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Biji Wijen Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Biji wijen merupakan jenis biji-bijian yang memiliki segudang manfaat. Meskipun ukurannya kecil, biji wijen kaya akan gizi yang dibutuhkan tubuh. Anda dapat memanfaatkan biji wijen untuk taburan di atas nasi. Biji wijen juga bisa dimanfaatkan sebagai bumbu, saus, dan berbagai olahan lainnya.Banyak produk olahan wijen yang enak beredar di pasaran. Ada biji wijen sangrai dari merek Jay's Kitchen, saus wijen dari Mizkan, serta masih banyak lagi. Untuk lebih jelasnya, silakan simak ulasan kami mengenai cara memilih dan rekomendasi produk wijen terbaik berikut ini. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Rekomendasi Bumbu Kuah Bakso Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bumbu Kuah Bakso Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bakso adalah salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Ada banyak cara untuk menikmati bakso, salah satunya dengan membuatnya sendiri. Kini sudah banyak bumbu instan kuah bakso yang enak dijual di pasaran. Ada yang menghasilkan kuah bening, ada pula yang kental. Nah, bumbu kuah bakso manakah yang sebaiknya dipilih?Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips untuk memilih bumbu kuah bakso instan yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh bumbu kuah bakso instan dari sejumlah merek, seperti MamaSuka, Royco, dan Nafisa. Baca sampai selesai dan bersiaplah untuk menyajikan bakso homemade terlezat!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Rekomendasi Bumbu Sop Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bumbu Sop Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk menghasilkan sop yang enak, Anda membutuhkan berbagai bumbu. Berbagai macam rempah hingga penyedap rasa juga dapat Anda gunakan untuk menghasilkan sop bercita rasa enak. Karena cukup repot, banyak yang malas memasak sop. Namun, sekarang memasak sop bisa lebih praktis berkat bumbu sop instan yang dapat dengan mudah dibeli di mana saja.Agar Anda tidak salah memilih bumbu sop instan, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan membagikan rekomendasi bumbu sop instan terbaik dari merek Racik, MamaSuka, hingga Bamboe. Untuk itu, simak pembahasannya sampai selesai, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Baking Soda yang Bagus - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Baking Soda yang Bagus - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Baking soda atau soda kue biasanya digunakan sebagai pengembang kue. Meski dikenal sebagai bahan untuk kue, baking soda kian populer di masyarakat karena manfaatnya yang luas. Ada beragam merek yang tersedia di pasaran, seperti Koepoe Koepoe, Asahi, dan Nonik. Manakah produk yang paling cocok dengan Anda?Di sini, kami akan memberikan tips memilih baking soda yang bagus. Informasi yang tertera juga sudah ditinjau oleh cooking influencer kami, Inov Pelawi. Temukan juga sepuluh rekomendasi baking soda terbaik yang bisa Anda jadikan referensi. Simak terus informasinya dan temukan produk yang Anda sukai!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Bumbu Nasi Kuning Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bumbu Nasi Kuning Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Nasi kuning sering dijadikan tumpeng untuk momen spesial. Sebagian orang juga sering menyajikan nasi kuning sebagai sarapan. Namun, nasi kuning membutuhkan beraneka macam bumbu dengan cara pembuatan yang sedikit merepotkan. Itulah sebabnya Anda membutuhkan bumbu nasi kuning instan yang enak.Ada beberapa merek bumbu jadi nasi kuning yang bisa Anda pilih, seperti Bamboe, Bango, atau Kokita. Pilihlah produk yang sesuai dengan selera Anda dan bisa dimasak menggunakan magic com. Temukan juga tips tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Baca artikel ini dan temukan tips membuat nasi kuning yang istimewa!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Sunflower Oil Terbaik untuk Memasak - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunflower Oil Terbaik untuk Memasak - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Sunflower oil adalah minyak biji bunga matahari yang memiliki banyak manfaat. Kandungan lemak jenuh pada sunflower oil ternyata lebih rendah dibandingkan minyak kelapa. Selain itu, smoking point-nya lebih tinggi dibandingkan minyak canola. Di artikel ini kami akan membahas minyak bunga matahari untuk menggoreng dan memanggang makanan. Itulah sebabnya sunflower oil cocok untuk diet. Kami akan membagikan tips memilih serta merekomendasikan merek sunflower oil yang bagus untuk memasak. Ada Tropicana Slim, Golden Bridge, hingga Borges. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh home cook influencer kami, Mariska Tracy. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Beras Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Beras Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Beras jagung adalah olahan pangan setengah jadi dengan bentuk butiran seperti beras putih. Beras jagung banyak dikonsumsi dalam bentuk nasi jagung karena kandungannya yang tinggi serat, tetapi tetap rendah kalori. Karena itu, beras jagung memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, mulai dari mengontrol diabetes hingga membantu diet.Kami akan membahas berbagai jenis beras jagung serta membagikan tips memilihnya. Rekomendasi merek beras jagung yang bagus juga telah kami siapkan, seperti Gita Food, Fits, hingga Dollar. Harga produknya pun bervariasi. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Gula Batu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Gula Batu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Gula batu adalah pemanis berbentuk seperti bongkahan kristal yang biasanya berwarna kuning atau putih. Pemanis ini terbuat dari larutan gula yang mengalami proses kristalisasi. Banyak orang beranggapan gula batu ampuh untuk meringankan batuk, serta mengatasi asam lambung. Namun, benarkah gula batu lebih sehat dan aman dibandingkan gula pasir, termasuk untuk penderita diabetes?Khusus untuk Anda, kami akan membahas tentang manfaat gula batu, serta memberi tips memilih gula batu yang bagus. Sepuluh rekomendasi produk terbaik dari beragam merek, seperti Lingkar Organik, Javara, dan Mama Kamu, juga telah kami siapkan. Yuk, disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Mustard Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mustard Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022)
    Penggemar salad, fast food, atau steak, pasti familier dengan mustard. Sebenarnya, mustard merujuk pada biji sawi yang menjadi bumbu rempah khas Eropa. Rasanya agak pedas dan menyengat di lidah. Kemudian, mustard diolah dengan bumbu lainnya, seperti cuka, garam, dan kunyit untuk menghasilkan saus mustard yang lezat.Sekarang kami akan mengulas sepuluh rekomendasi merek mustard yang enak, seperti MamaSuka, French's, Maestro, dan sebagainya. Namun, sebelumnya ketahui dahulu apa bedanya mustard dan mayones. Artikel ini juga telah ditinjau oleh praktisi herbal kami, Nurrahma Asri Saraswati. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.
    Bumbu & bahan masakan
  • Artikel populer

  • 10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang hobi memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung terigu. Tepung ini banyak digunakan untuk membuat kue, gorengan, pasta, dan makanan ringan. Tepung terigu sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tepung dengan protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah.Apabila Anda membutuhkan tepung yang serbaguna, gunakan tepung terigu protein sedang. Di sini kami akan merekomendasikan beberapa merek tepung terigu protein sedang yang bagus dengan harga ekonomis. Contohnya saja, Segitiga Biru, Kompas, dan Falcon. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    Melezatkan berbagai masakan dapat lebih sehat dengan kaldu non MSG. Di pasaran terdapat berbagai produk penyedap yang sehat. Ada kaldu jamur non MSG, bahkan kaldu non MSG untuk bayi dan memasak MPASI. Manakah kaldu non MSG yang enak dan bagus untuk dikonsumsi harian?Artikel yang sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari, ini akan membahas mengenai cara memilih kaldu non MSG terbaik. Keunggulan berbagai rasa kaldu non MSG, seperti ayam, sapi, dan lainnya pun turut diulas. Merek kaldu non MSG, seperti Totole, Royco, hingga Maseko juga ada dalam rekomendasi.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing dengan butter. Selain untuk bahan dasar bolu dan nastar, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, yakni salted butter dan unsalted butter.Kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn, ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Temukan butter terbaik yang murah, enak, dan pastinya halal untuk masakan Anda di sini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Gatotkaca, Jawara, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bentuk perilaku hidup sehat yang terjadi pada masyarakat saat ini berupa meningkatnya konsumsi bahan penyedap non MSG. Salah satu bahan penyedap alami tanpa kandungan MSG adalah kaldu jamur. Jadi, tak heran jika kaldu jamur non MSG banyak dipakai untuk melezatkan berbagai masakan ataupun MPASI bayi.Sejumlah merek kaldu jamur yang bagus, seperti Totole, Lemonilo, dan Royco, menawarkan produk-produknya yang menarik. Nah, di artikel ini kami akan memberi tips memilih kaldu jamur beserta rekomendasi kaldu jamur terbaik. Selamat menyimak dan dapatkan manfaat dari kaldu jamur!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Saus Sambal Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Saus Sambal Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    Lidah orang Indonesia terbiasa dengan makanan pedas dan berbumbu. Tak heran jika saus sambal menjadi pelengkap hidangan paling digemari. Karena kepopulerannya, banyak perusahaan nasional hingga internasional yang memproduksi saus sambal terbaik bercita rasa lokal. Sebut saja merk Indofood, ABC, Dua Belibis, Jawara, hingga Del Monte.Saus sambal juga hadir dalam beragam kemasan botolan hingga sachet. Dalam artikel ini kami akan menjelaskan tips memilih saus sambal yang enak. Kami pun akan merekomendasikan saos sambal terenak, terpedas, dan cocok untuk diet dari berbagai merk di e-commerce Indonesia. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Bumbu Rendang Instan Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Bumbu Rendang Instan Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    Rendang adalah makanan khas Indonesia yang sudah mendunia. Rasanya yang pedas, asin, dan gurih membuat orang-orang ketagihan. Baik rendang daging sapi, ayam, jengkol, maupun telur, semuanya sedap dan membuat lidah berdecak. Sayangnya cara memasak rendang terbilang ribet karena membutuhkan banyak bumbu. Untungnya sekarang sudah ada bumbu jadi sehingga Anda dapat membuat rendang dengan mudah di rumah. Di artikel ini kami akan mengulas bumbu rendang instan. Anda akan menemukan rekomendasi bumbu rendang instan paling enak dari merek Sasa, Bamboe, Rendang Gadih, dan lainnya. Yuk, baca artikelnya dan temukanlah bumbu rendang terbaik.
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori