1. TOP
  2. >
  3. Kebutuhan rumah tangga
  4. >
  5. Kebutuhan rumah
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Kran Air Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Kran Air Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Kran Air Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Kran Air Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Kran Air Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Kran Air Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Kran Air Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Keran air adalah benda yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya berfungsi untuk mengalirkan atau menghentikan aliran air, keran memiliki banyak sekali variasi. Dengan memilih keran air yang tepat, kegiatan mencuci atau mandi pun jadi lebih nyaman. 


Oleh sebab itu, kami akan memberikan tips memilih keran air untuk Anda. Bisa jadi Anda bertanya-tanya, apa merek keran air yang bagus? Guna menjawab pertanyaan tersebut, kami juga akan mengulas sepuluh produk keran air terbaik. Merek keran air terkenal seperti TOTO atau ONDA pun dapat Anda temukan. 

Diperbaharui 01-31-2023
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace pada 13 Januari 2023.

Cara memilih kran air

Anda tidak boleh asal-asalan saat membeli faucet atau keran air. Agar Anda tidak salah memilih, berikut beberapa poin yang harus Anda perhatikan sebelum membeli kran air. 

① Pilih berdasarkan jenisnya

Terdapat enam macam keran air yang biasa dijual di pasaran. Di bawah ini, kami akan membahas keunggulan tiap-tiap tipe. 

Kran cabang: Ada pengontrol air panas dan dingin

Kran cabang: Ada pengontrol air panas dan dingin

Kran cabang adalah keran air yang memiliki dua lubang air. Keran air tipe ini biasanya banyak ditemui di tempat shower hotel atau apartemen. Karena cabangnya ada dua, tuasnya juga ada dua. Tuas utama berfungsi untuk menyalakan air dan mengatur suhu panas dan dingin


Sementara itu, tuas kedua berbentuk seperti knop yang berfungsi untuk mengubah keluarnya air. Bila tombol ini ditarik, air dari shower akan mengalir. Sebaliknya, ketika knop ditekan, air bagian bawah yang akan keluar. 

Kran angsa: Bentuknya melengkung, cocok untuk dapur

Kran angsa: Bentuknya melengkung, cocok untuk dapur

Seperti terlihat pada gambar, keran air ini berbentuk panjang dan melengkung bagai leher angsa. Lengkungan tersebut biasanya fleksibel digerakkan ke kanan dan ke kiri. Oleh sebab itu, kran air ini lebih cocok digunakan untuk di dapur karena akan memudahkan pencucian. 


Selain itu, bentuk lehernya yang unik juga memberikan lebih banyak ruang di tempat cuci. Dengan begitu, Anda akan lebih leluasa membersihkan banyak peralatan dapur. Tidak hanya di dapur, keran ini juga pas digunakan untuk bathtub

Kran cartridge: Tarik tuasnya untuk mengalirkan air

Kran cartridge: Tarik tuasnya untuk mengalirkan air
Sumber: toto.co.id

Jika pada umumnya tuas keran berupa engkol yang diputar ke kiri dan kanan, tidak demikian dengan kran cartridge. Tuas keran air ini harus diangkat ke atas agar air bisa mengalir. Setelah diangkat, keran ini ada yang bisa fleksibel diputar ke kiri dan ke kanan, ada juga yang tidak. Jika tuasnya fleksibel, berarti keran tersebut dapat difungsikan untuk mengontrol suhu air panas dan air dingin

Kran taman: Kapasitas airnya besar

Kran taman: Kapasitas airnya besar

Keran air ini adalah yang paling sering Anda jumpai baik di tempat indoor maupun outdoor. Biasanya keran air ini tidak memiliki saringan sehingga volume air yang keluar lebih banyak


Tuas kran air taman biasanya memiliki dua tipe, yaitu tipe engkol dan tipe baling. Tuas tipe baling dapat diputar 180°, sedangkan tipe engkol hanya dapat digerakkan 90°

Kran minum: Airnya menyembur ke atas

Kran minum: Airnya menyembur ke atas

Agar airnya mudah dipaskan ke mulut, saluran keran tipe ini menghadap ke atas. Dimensi keran ini tidak begitu besar dan sering dijumpai di fasilitas umum seperti bandara. Tekanan air pada kran minum ini juga tidak sebesar keran pada umumnya. Jadi, pengguna dapat minum dengan nyaman tanpa khawatir air akan menyemprot berlebihan. 

Kran sensor/otomatis: Lebih hemat air

Kran sensor/otomatis: Lebih hemat air

Nah, jenis keran ini dilengkapi dengan sensor sehingga air akan otomatis menyala ketika terdeteksi objek di depannya. Setelah beberapa detik tidak digunakan, airnya akan otomatis mati. Tidak hanya effortless, tetapi juga lebih hemat air, bukan? Akan tetapi, harga keran air ini cukup fantastis sehingga lebih banyak digunakan di mall mewah atau hotel berbintang. 

② Kenali bahannya

Keran air terbuat dari beberapa bahan. Berbeda materialnya, berbeda juga daya tahannya terhadap cuaca dan suhu. Oleh sebab itu, sesuaikan letak penempatan keran dengan bahan keran yang akan Anda beli.

Kuningan/stainless steel: Kuat dan antikarat

Kuningan/stainless steel: Kuat dan antikarat

Bahan kuningan dan stainless steel sama-sama memiliki daya tahan terhadap korosi yang tinggi dan tahan terhadap suhu panas. Meski begitu, keduanya tetap memiliki perbedaan yang signifikan. Keran kuningan lebih tahan bocor, sementara stainless steel memiliki harga lebih ramah kantong.


Sebenarnya warna dasar dari bahan kuningan adalah kuning, tetapi banyak produsen melapisi keran berbahan ini dengan silver chrome. Di sisi lain, warna dasar stainless steel adalah silver. Akan tetapi, stainless steel bisa juga diproses sedemikian rupa sehingga warnanya berubah menjadi hitam atau gold.

Zinc alloy: Durable sekaligus ekonomis

Zinc alloy: Durable sekaligus ekonomis

Sekilas dilihat, warna keran bahan zinc alloy sama dengan stainless steel. Bedanya, bahan zinc alloy tidak tahan terhadap korosi. Meskipun begitu, bahan zinc alloy cukup kuat dan harganya lebih ekonomis. 


Jika Anda ingin mempunyai keran air yang kokoh tanpa keluar banyak dana, pilihlah yang berbahan ini. Agar lebih awet, sebaiknya Anda memakai keran ini di tempat yang jauh dari bahan kimia atau zat asam lainnya.

Plastik PVC: Ringan dan colorful

Plastik PVC: Ringan dan colorful

Keran air berbahan plastik harga jualnya paling murah. Akan tetapi, masa pakai keran plastik ini cenderung lebih sebentar dibanding dengan keran berbahan lainnya. Keran bahan plastik ada yang tahan terhadap suhu panas dan ada yang tidak. Ringan dan mudah didesain dengan aneka warna adalah kelebihan dari keran air ini. 

③ Periksa dimensinya

Periksa dimensinya

Anda tentu tidak ingin keran yang Anda beli ukurannya tidak pas ketika dipasang, bukan? Maka dari itu, ukurlah dahulu tempat yang akan Anda pasangi keran dan sesuaikan dengan ukuran produk.


Untuk keran angsa Anda akan dapat menemukan keran berukuran sekitar 54 cm x 5 cm x 6 cm. Sementara itu, keran taman biasanya diproduksi dengan ukuran 11,5 cm x 5,5 cm x 9,5 cm. 

④ Pastikan ukuran drat pipanya

Pastikan ukuran drat pipanya

Poin terakhir yang tidak kalah penting adalah Anda harus memeriksa ukuran drat pipanya. Drat pipa keran air tersedia dalam dua varian yaitu 1/2 inci dan 3/4 inci. Akan tetapi, standar yang paling sering digunakan adalah yang berukuran 1/2 inci. 


Perbedaan kedua ukuran ini hanya terletak pada volume air yang akan keluar. Jika Anda ingin mengisi air dengan cepat, produk berukuran 3/4 inci pilihannya. 

10 Rekomendasi kran air terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk keran air terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Amico

Exclusive AM K Ball Valve

Amico Exclusive AM K Ball Valve 1枚目

Keran plastik tebal dan tidak mudah patah

2

Flusso

Kran Tembok PB4 KTB ZC Black

Flusso Kran Tembok PB4 KTB ZC Black 1枚目

Bahannya kokoh dan dilengkapi filler system agar air yang keluar lebih jernih

3

ONDA

Kran Dapur Cuci Piring Fleksibel 1/2″

ONDA Kran Dapur Cuci Piring Fleksibel 1/2″ 1枚目

Semprotan airnya bisa diatur sesuai kebutuhan

4

Carlo Fiotini

Kran Sink Tarik

Carlo Fiotini Kran Sink Tarik 1枚目

Kepala kran bisa ditarik, mencuci pun jadi lebih leluasa dan lebih bersih

5

Homeneeds

Keran Putar 360 Derajat

Homeneeds Keran Putar 360 Derajat 1枚目

Kran air yang bagus, lengkap, dan bisa diputar ke segala arah

6

Flusso

Kran KWT Sensor

Flusso Kran KWT Sensor 1枚目

Elegan dan dibekali teknologi kekinian

7

Hioshi

Keran Tembok 3/4 inci

Hioshi Keran Tembok 3/4 inci 1枚目

Volume airnya besar, wadah jadi cepat terisi penuh

8

TOTO

Single Lever Lavatory Faucet (Cold Only)

TOTO Single Lever Lavatory Faucet (Cold Only) 1枚目

Ada tiga lapisan chrome, lebih tebal dan antibocor

9

AER

Wall Faucet

AER Wall Faucet 1枚目

Lebih mudah memasang selang berkat nepel

10

Niagara

Bubbler Keran Air Langsung Minum Type 2

Niagara Bubbler Keran Air Langsung Minum Type 2 1枚目

Siap menumpas dahaga Anda dengan air yang bisa langsung diminum

Perincian produk
Close
No.1

AmicoExclusive AM K Ball Valve

Mulai dari Rp11.182,00

Keran plastik tebal dan tidak mudah patah

Kelebihan:

  • Harga sangat terjangkau
  • Tampilan apik dengan kombinasi warna biru dan hitam
  • Bisa dipasang di dalam ataupun luar ruangan

Kekurangan:

  • Bahan masih menggunakan plastik sehingga rentan patah

Bagi Anda yang membutuhkan keran untuk diletakkan di area indoor sekaligus outdoor, jatuhkan pilihan Anda pada produk ini. Berbahan plastik tebal, kran air Amico ini diklaim lebih awet. Keran ini juga tampak apik karena didesain dengan kombinasi warna biru dan hitam. Produk ini tersedia dalam dua ukuran yaitu 1/2 inci dan 3/4 inci sehingga memudahkan Anda memilihnya sesuai kebutuhan.

No.2

FlussoKran Tembok PB4 KTB ZC Black884

Mulai dari Rp36.800,00

Bahannya kokoh dan dilengkapi filler system agar air yang keluar lebih jernih

Kelebihan:

  • Desain kran air terlihat bersih dan stylish
  • Harga sangat terjangkau

Kekurangan:

  • Ketahanan pada karat berkurang jika terlalu banyak terpapar cahaya matahari

Jika Anda membutuhkan keran air yang awet dan bisa dipasang di mana pun, jangan lewatkan produk ini. Diproduksi dengan tambahan filler system membuat air yang keluar dari keran ini lebih jernih dan bersih. Berbahan zinc alloy yang kuat, produk ini cocok dipakai di teras, garasi, serta di taman. Hebatnya lagi, jantung kran air ini dibuat dari bahan kuningan sehingga produk lebih aman, awet, dan tak mudah macet.

No.3

ONDAKran Dapur Cuci Piring Fleksibel 1/2″V 688 CA

Mulai dari Rp1.395.000,00

Semprotan airnya bisa diatur sesuai kebutuhan

Kelebihan:

  • Bahan kran terbuat dari zinc dan kuningan sehingga daya tahannya terjamin
  • Produk bergaransi hingga 5 tahun

Kekurangan:

  • Meskipun sudah menerapkan finishing chrome 3 lapis, permukaan keran masih rentan mengelupas

Tekanan air pada keran air angsa merek Onda ini dapat diatur sesuai kebutuhan. Jika Anda memerlukan air untuk membersihkan noda lengket, pakailah yang bertenaga tinggi. Namun, apabila Anda hanya memerlukan air untuk membilas sayur, buah, ataupun daging, Anda cukup memakai mode normal saja. Meskipun agak mahal, dengan segala daya tariknya produk ini tetap layak dimiliki. Bila Anda menyukai keran dengan fleksibilitas penggunaan mumpuni, pilih saja produk ini.

No.4

Carlo FiotiniKran Sink Tarik

Mulai dari Rp190.000,00

Kepala kran bisa ditarik, mencuci pun jadi lebih leluasa dan lebih bersih

Kelebihan:

  • Kran sudah menggunakan material yang antikarat dan antikorosi
  • Kepala keran bisa ditarik hingga 60 cm dan dilengkapi dua tombol pengaturan keluaran air
  • Bisa mengeluarkan air panas dan dingin

Kekurangan:

  • Modelnya cukup besar dan bobotnya lumayan berat sehingga kurang cocok untuk wastafel kecil

Anda bosan dengan model kran yang kaku dan ingin mencoba kran air yang anti-mainstream? Produk ini bisa jadi pilihan yang tepat. Mungkin kelihatannya seperti keran air biasa, tetapi ternyata kran air ini memiliki kepala yang bisa ditarik dan fleksibel.


Biasanya, saat selesai mencuci piring selalu ada noda yang tertinggal dan melekat di wastafel. Nah, dengan kepala keran yang bisa ditarik, Anda bisa dengan mudah menjangkau bagian-bagian wastafel yang sulit dibersihkan. Jadi, tidak akan ada noda yang tersisa di wastafel Anda.

No.5

HomeneedsKeran Putar 360 DerajatJS-70

Mulai dari Rp442.930,00

Kran air yang bagus, lengkap, dan bisa diputar ke segala arah

Kelebihan:

  • Kran air sudah bisa mengeluarkan air panas dan dingin
  • Kepala keran bisa diputar dan disesuaikan ketinggiannya sesuai kebutuhan

Kekurangan:

  • Pemasangannya cukup rumit dan butuh ketelitian

Produk keluaran Homeneeds ini memiliki fitur yang cukup lengkap. Kran air ini bisa diputar ke banyak arah dan disesuaikan ketinggiannya untuk berbagai kebutuhan. Jika Anda ingin berkumur atau mencuci rambut, cukup ubah posisi keran dengan memutar kepala keran ke arah atas. Anda juga bisa mengatur jenis semburan air yang keluar dengan menekan tombol di kepala keran. Produk yang sangat recommended!

No.6

FlussoKran KWT Sensor834

Mulai dari Rp309.999,00

Elegan dan dibekali teknologi kekinian

Kelebihan:

  • Bahan terbuat dari stainless yang telah dilapisi chrome sehingga terlihat lebih bersih
  • Sudah dilengkapi sistem penyaring sehingga air yang keluar lebih jernih

Kekurangan:

  • Belum didukung fitur untuk mengeluarkan air dengan dua suhu

Bagi Anda yang ingin membuat wastafel tampak eksklusif, coba gunakan produk ini. Kran air keluaran Flusso ini memiliki desain yang elegan, stylish, dan modern. Kerennya lagi, produk ini telah dilengkapi sistem sensor infrared. Jadi, Anda hanya perlu mengulurkan tangan di bawah keran dan air akan auto keluar. Praktis, bukan?

No.7

HioshiKeran Tembok 3/4 inci

Mulai dari Rp11.000,00

Volume airnya besar, wadah jadi cepat terisi penuh

Kelebihan:

  • Kran tipe dua arah sehingga saat air keluar bisa ditutup ke kiri ataupun ke kanan
  • Kran air menggunakan bahan yang tahan dengan kondisi cuaca

Kekurangan:

  • Material kran masih menggunakan plastik sehingga rentan patah

Jika pada umumnya keran tipe engkol hanya dapat ditutup satu arah, lain halnya dengan produk yang satu ini. Keran air plastik ukuran 3/4 inci ini dapat ditutup ke kiri atau ke kanan. Dengan begitu, Anda tak perlu mengingat-ingat cara mematikan keran air dengan benar.


Mampu mengalirkan air dengan volume besar, produk ini pasti tidak butuh waktu lama untuk segera memenuhi kebutuhan air. Keran ini sempurna untuk mengisi air di kamar mandi umum atau di tempat pengungsian korban bencana alam.

No.8

TOTOSingle Lever Lavatory Faucet (Cold Only)TX109LD

Mulai dari Rp888.000,00

Ada tiga lapisan chrome, lebih tebal dan antibocor

Kelebihan:

  • Badan kran lebih tebal, mengilap, dan tahan lama berkat finishing triple chroming
  • Sudah menggunakan bahan yang antikarat dan ramah lingkungan

Kekurangan:

  • Belum dilengkapi fitur untuk mengeluarkan air dua suhu (panas dan dingin)

Keran air di rumah Anda bocor berulang kali? Coba saja ganti keran Anda dengan kran merek TOTO ini. Telah diakui secara global di seluruh dunia, keran air ini terjamin kualitasnya. Terlebih, ada finishing triple chroming yang menjadikan keran ini makin tahan lama. Tunggu apalagi? Segera checkout produk ini sebelum kehabisan!

No.9

AERWall FaucetSOV 09BX N

Mulai dari Rp270.000,00

Lebih mudah memasang selang berkat nepel

Kelebihan:

  • Ujung kran telah dilengkapi nepel untuk memasang selang air
  • Kran air sudah menggunakan bahan yang tahan karat

Kekurangan:

  • Harganya cukup tinggi dibandingkan produk sekelasnya

Perbedaan diameter antara selang dan kran air kerap kali menjadi masalah. Untuk mengatasi permasalah tersebut, produk ini hadir sebagai solusinya. Dengan adanya nepel pada bagian ujungnya, selang dapat dengan mudah dipasangkan ke keran ini. Bila Anda sering menggunakan selang untuk mencuci mobil atau menyiram tanaman, jangan ragu untuk membeli produk ini.

No.10

NiagaraBubbler Keran Air Langsung Minum Type 2BUBBLER-TYPE02

Mulai dari Rp662.640,00

Siap menumpas dahaga Anda dengan air yang bisa langsung diminum

Kelebihan:

  • Desain lebih modern dan terlihat premium
  • Bahan dari plat besi sehingga daya tahannya lebih kuat

Kekurangan:

  • Perlu perawatan lebih karena belum antikorosi

Fasilitas umum yang makin memadai tentunya akan membuat masyarakat merasa nyaman. Salah satu fasilitas yang dibutuhkan adalah air minum gratis. Keran air ini diciptakan sedemikian rupa agar air mentah dapat langsung diminum.


Namun, penting untuk diingat, Anda perlu membeli tambahan filter air untuk membuat airnya menjadi layak minum. Jika Anda mencari keran air untuk memudahkan pengunjung di tempat wisata melepas haus, produk ini pilihannya.

Baca juga rekomendasi pompa air dan shower lainnya di sini

Setelah menemukan keran yang Anda butuhkan, mungkin Anda membutuhkan pompa untuk melengkapinya. Di bawah ini kami memiliki rekomendasi pompa terbaik. Tidak hanya itu, kami juga sekaligus menyediakan artikel mengenai shower mandi. Silakan dilihat-lihat. 

Kesimpulan

Kami telah membahas sepuluh produk keran air terbaik. Sudahkah Anda menemukan produk yang Anda butuhkan? Ketika akan membeli keran air, perhatikan ukuran drat pipa, bahan, serta dimensi produknya.


Untuk diletakkan di outdoor, pastikan Anda memilih yang bahannya tahan terhadap sinar matahari, ya. Sesuaikan juga tekanan air yang keluar serta ketersediaan panel kontrol panas dan dingin dengan kebutuhan Anda. Dengan begitu, Anda dapat memakai keran dengan lebih nyaman.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer