• 10 Cappucino Sachet Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Cappucino Sachet Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Cappucino Sachet Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Cappucino Sachet Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Cappucino Sachet Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Cappucino Sachet Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)

Cappucino merupakan varian kopi khas Italia yang umum tersedia di kafe. Perpaduan espresso, susu, dan foam menghasilkan cita rasa kopi yang rich. Kini telah banyak cappucino sachet tersedia di pasaran sehingga Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Harga cappucino sachet pun bervariasi. Anda bisa mengolahnya menjadi aneka minuman atau dessert, misalnya cappucino cincau. 


Kami akan memberikan tips memilih cappucino sachet terenak. Kami juga menyediakan rekomendasi bubuk cappucino sachet dari sejumlah merek yang bagus, seperti Torabika, Good Day, hingga TOP Coffee. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Lalu Ahmad Alpian
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Barista dan coffee consultant, Lalu Ahmad Alpian

Profil pakar: Barista dan coffee consultant, Lalu Ahmad Alpian
Lalu Ahmad Alpian
General manager Awor Coffee Group
Lalu Ahmad Alpian

Lalu Alpian memulai perjalanannya di industri kopi sebagai barista pada 2014. Bagi Alpian, kedai kopi bukan sekadar tempat transaksi kopi, melainkan sebuah kultur. Sejak terjun di industri kopi, Alpian terus meningkatkan pengetahuan baik detail tentang kopi maupun sisi bisnis sebuah coffee shop.


Wawasan dan keterampilan tersebut mengantarnya tiba pada posisi general manager Awor Coffee Group. Kedai kopi yang dikelolanya ini telah memiliki cabang di Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Apa itu cappucino?

Apa itu cappucino?

Cappuccino atau kapucino adalah minuman olahan kopi yang populer dari Italia. Cappuccino lahir di Vienna sekitar abad 18, dengan nama asli kapuziner. Cappuccino merupakan minuman dengan gelas kecil yang terdiri dari kopi dicampur dengan susu atau cream. Campuran tersebut menjadikan warna cappuccino menyerupai warna jubah biksu Capuchin.


Karena sama-sama hasil perpaduan espreso dengan susu, sejumlah orang sulit membedakannya dengan latte. Berbeda dengan latte yang lebih didominasi susu sehingga lebih milky, cappuccino biasanya memiliki takaran yang seimbang


Pada dasarnya, cappuccino klasik terdiri dari sepertiga espreso, sepertiga susu, dan sepertiga foam susu. Namun, saat ini Specialty Coffee Association (SCA) menentukan cappuccino sebagai minuman 5–6 oz yang menghasilkan rasa seimbang antara espreso dan susu. Cappuccino disiapkan dengan single shot espreso, textured milk, dan minimum 1 cm foam.


Selain kualitas espreso atau kopinya, tekstur dan temperatur susu merupakan unsur penting dalam membuat cappuccino. Seorang barista harus terlatih dalam memanaskan susu dan membuat microfoam sehingga busa yang dihasilkan tebal, halus, dan manis. 


Banyak juga orang yang menaburkan bubuk cokelat atau bubuk kayu manis di atas busa cappuccino. Kapucino biasanya disajikan dalam keadaan panas agar busanya tidak menipis. 


Untuk Anda yang ingin lebih sering menikmati cappuccino di rumah, kini telah tersedia produk dalam kemasan saset. Cappuccino sachet tentu lebih praktis untuk diolah. Anda bahkan bisa membuatnya menjadi minuman dingin. Meskipun rasanya sedikit berbeda dengan kapucino manual, kapucino saset juga bisa menghasilkan busa yang nikmat

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih cappucino sachet

Ada cukup banyak cappuccino dalam kemasan sachet yang tersedia di pasaran. Agar Anda tidak bingung, kami akan memberikan tips cara memilih kapucino saset. Simak penjelasannya di bawah ini dengan saksama, ya.

Periksa komposisi yang terkandung dalam produk pilihan Anda

Periksa komposisi yang terkandung dalam produk pilihan Anda

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, komposisi utama kapucino adalah kopi dan susu. Namun, cappuccino sachet dari sejumlah merek memiliki komposisi yang berbeda. Karena itu, Anda perlu mengecek komposisi produknya sebelum menjatuhkan pilihan. 


Biji kopi yang digunakan untuk membuat cappuccino sachet bervariasi, seperti robusta dan arabika. Beberapa produk dibuat tanpa gula sehingga rasanya less sweet. Produk yang seperti itu dirancang untuk menonjolkan rasa kopi dan susunya. 


Ada juga cappuccino sachet yang diberi tambahan vanila atau karamel sehingga cita rasanya lebih unik. Selain itu, sejumlah produk mencampurkan cokelat ke dalam bubuk kopinya. Bahkan, ada juga produsen yang menyediakan bubuk cokelat secara terpisah untuk digunakan sebagai topping. Tekstur cokelat bubuknya pun beragam, ada yang halus, ada pula yang crunchy

Cek saran penyajiannya

Cek saran penyajiannya

Mayoritas cappuccino sachet perlu diseduh dengan air panas agar seluruh bubuk bisa larut dan busanya terbentuk. Namun, tidak semua produk memiliki saran penyajian yang sama. Beberapa produk dapat diolah menjadi minuman dingin, sedangkan produk lainnya tidak terlalu pas untuk diminum dalam keadaan dingin.


Karena itu, penting untuk mengecek saran penyajian yang tertulis di kemasan, lalu pilih yang sesuai dengan selera atau kebiasaan Anda. Jangan lupa untuk memperhatikan takaran air yang dibutuhkan, ya. Takaran air yang dibutuhkan untuk membuat cappuccino panas berbeda dengan cappuccino dingin. 

Pertimbangkan produk dari merek yang rasa kopinya sudah tepercaya

Poin lain yang dapat menjadi pertimbangan adalah merek kapucino saset. Karena setiap merek memiliki karakteristik tersendiri, kami akan mengulasnya secara garis besar berikut ini. 

Merek lokal: Rasanya lebih akrab di lidah, harganya lebih terjangkau

Persaingan kopi instan di Indonesia memang cukup ketat. Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya merek kopi di pasaran. Merek kopi lokal dapat menjadi pilihan karena cita rasanya telah disesuaikan dengan selera masyarakat Indonesia. Selain itu, harga yang ditawarkan cenderung lebih terjangkau. Produknya pun mudah ditemukan secara online dan offline


Merek lokal menggunakan berbagai sumber kopi lokal di Indonesia. Produknya rata-rata menggunakan kopi jenis robusta yang memiliki harga lebih terjangkau dibandingkan kopi jenis arabika.


Salah satu merek terkenal, Torabika, menargetkan kaum urban yang menjadikan ngopi sebagai sebuah gaya hidup. Karena itu, Torabika sering menjadi sponsor acara besar seperti pertandingan sepak bola dan film Filosofi Kopi the Movie.


Sementara itu, Good Day lebih menargetkan pembeli usia muda dengan branding yang kekinian. Varian kopi yang dimiliki Good Day biasanya lebih ringan dan manis agar lebih diterima semua kalangan. 

Merek internasional: Memberi pengalaman minum kopi dengan cita rasa global

Tidak ada salahnya sesekali mencoba kopi instan dari merek internasional. Cappuccino sachet dari merek internasional tentunya telah melewati standar dari masing-masing negara produsen. Namun, karena kebanyakan masih berupa produk impor, penjualnya masih terbatas, harganya pun lebih mahal. 


Starbucks termasuk merek global yang turut menyediakan cappuccino instan. Dengan begitu, Anda bisa membuat sendiri minuman yang biasa Anda beli di kedai Starbucks. Ada juga merek Maxim Coffee yang sering muncul di drama korea. Maxim Coffee juga sering menjadikan bintang Korea sebagai brand ambassador-nya sehingga populer di kalangan K-Pop lovers


Pada dasarnya, komposisi bahan merek kopi instan internasional hampir sama dengan merek lokal. Yang membedakannya biasanya adalah pemakaian kopi jenis arabika di merek internasional, seperti Starbucks dan Maxim Coffee.


Akan tetapi, saat ini industri kopi instan di Indonesia sudah mulai bereksperimen menggunakan kopi jenis arabika atau blend robusta arabika. Hal ini dilakukan untuk memberikan karakter pembeda dari produk standar mereka. Produk dengan kopi arabika ini mereka posisikan menjadi kopi instan premium dengan harga yang lebih mahal.

10 Rekomendasi cappucino sachet terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kapucino saset terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Lalu Ahmad Alpian.

10
KomposisiBubuk cokelat, gula, krimer nabati
Isi1 kg
Saran penyajianSeduh tiga sendok teh powder dengan 250 ml air panas
9
KomposisiKopi instan, gula, cokelat, krimer
Isi25 g x 5
Saran penyajianSeduh satu saset dengan 150 ml air panas
8
KomposisiTidak disebutkan
Isi200 g
Saran penyajianSeduh 20 gr powder dengan 250 ml air hangat; Seduh 20 gr powder dengan 100 ml air dan es batu secukupnya
7
KomposisiKrimer nabati, biji kopi, susu bubuk, gula, vanila
Isi13 g x 10
Saran penyajianSeduh dengan 80 ml air panas
6
KomposisiSemi-skimmed milk powder 66%, coffee 15% (instant coffee, finely ground roasted coffee 0.3%), glucose syrup, lactose sugar
Isi14 g
Saran penyajianSeduh dengan 180 ml air panas
5
KomposisiKrimer nabati, gula, kopi instan, kopi bubuk halus
Isi25 g x 12
Saran penyajianSeduh dengan 150 ml air panas
4
KomposisiGula, krimer, susu bubuk skim, kopi instan NESCAFE, penstabil gon arab, perisa identik alami (karamel, kopi), perisa artifisial krim susu, garam
Isi500 g
Saran penyajianSeduh 29 g powder dengan 103 ml air dan 100 gr es batu
3
KomposisiGula, krimer, kopi instan, cokelat granula, susu bubuk skim, ekstra malt, perisa artifisial
Isi25 g x 10
Saran penyajianSeduh dengan 150 ml air panas; Seduh dengan 75 ml air panas, tambahkan 75 gr es batu
2
KomposisiGula, krimer, kopi instan (7,78%), kakao bubuk, perisa sintetik cappuccino, pemanis alami glikosida steviol, gula kelapa
Isi25 g x 10
Saran penyajianSeduh dengan 150 ml air panas
1
KomposisiGula, krimer nabati, kopi bubuk, susu skim bubuk, cokelat butir, perisa sintetik cappuccino
Isi25 g x 6
Saran penyajianSeduh dengan 150 ml air panas; Seduh dengan 75 ml air panas, tambahkan 75 gr es batu

Tabel perbandingan produk cappucino sachet terbaik

Gambar produk
1
Wings TOP Cappuccino 1

Wings

2
Kapal Api Good Day Cappuccino 1

Kapal Api

3
Mayora Torabika Cappuccino 1

Mayora

4
Nestle NESCAFÉ Cappuccino Caramel 1

Nestle

5
Aik Cheong Cafe Art Cappuccino 1

Aik Cheong

6
Starbucks Cappuccino Premium Instant Coffee 1

Starbucks

7
Maxim Coffee Cappuccino 1

Maxim Coffee

8
Jagorista Cappuccino Premium Drink Powder  1

Jagorista

9
Incofood Indocafe Cappuccino 1

Incofood

10
Otten Coffee Cappuccino Powder 1

Otten Coffee

Nama produk

TOP Cappuccino

Good Day Cappuccino

Torabika Cappuccino

NESCAFÉ Cappuccino Caramel

Cafe Art Cappuccino

Cappuccino Premium Instant Coffee

Cappuccino

Cappuccino Premium Drink Powder

Indocafe Cappuccino

Cappuccino Powder

Keunggulan

Perpaduan kopi yang gurih dengan topping cokelat crunchy pasti membikin ketagihan

Rasanya lebih light sehingga nyaman di lambung

Foam-nya lebih creamy dan melimpah!

Ekstra karamelnya membuat rasa kopi lebih legit

Aromanya yang kuat akan membangkitkan semangat

Meracik kopi kekinian ala Starbucks jadi lebih mudah

Kopi instan yang sering muncul di drama Korea!

Bebas berkreasi dengan bubuk kopi premium

Terbuat dari biji kopi terbaik Pegunungan Mandailing

Porsi pas untuk hotel, restoran, dan kafe

Harga mulai dariRp 11.000,00Rp 19.900,00Rp 20.350,00Rp 58.500,00Rp 52.000,00Rp 15.000,00Rp 62.400,00Rp 32.000,00Rp 11.100,00Rp 135.000,00
KomposisiGula, krimer nabati, kopi bubuk, susu skim bubuk, cokelat butir, perisa sintetik cappuccinoGula, krimer, kopi instan (7,78%), kakao bubuk, perisa sintetik cappuccino, pemanis alami glikosida steviol, gula kelapa Gula, krimer, kopi instan, cokelat granula, susu bubuk skim, ekstra malt, perisa artifisialGula, krimer, susu bubuk skim, kopi instan NESCAFE, penstabil gon arab, perisa identik alami (karamel, kopi), perisa artifisial krim susu, garamKrimer nabati, gula, kopi instan, kopi bubuk halusSemi-skimmed milk powder 66%, coffee 15% (instant coffee, finely ground roasted coffee 0.3%), glucose syrup, lactose sugarKrimer nabati, biji kopi, susu bubuk, gula, vanilaTidak disebutkanKopi instan, gula, cokelat, krimerBubuk cokelat, gula, krimer nabati
Isi25 g x 6 25 g x 1025 g x 10 500 g25 g x 1214 g13 g x 10200 g25 g x 51 kg
Saran penyajianSeduh dengan 150 ml air panas; Seduh dengan 75 ml air panas, tambahkan 75 gr es batuSeduh dengan 150 ml air panasSeduh dengan 150 ml air panas; Seduh dengan 75 ml air panas, tambahkan 75 gr es batuSeduh 29 g powder dengan 103 ml air dan 100 gr es batu Seduh dengan 150 ml air panasSeduh dengan 180 ml air panasSeduh dengan 80 ml air panasSeduh 20 gr powder dengan 250 ml air hangat; Seduh 20 gr powder dengan 100 ml air dan es batu secukupnyaSeduh satu saset dengan 150 ml air panasSeduh tiga sendok teh powder dengan 250 ml air panas
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar cappuccino sachet

Pertanyaan umum seputar cappuccino sachet

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar cappucino sachet. Jika Anda masih penasaran dengan cappucino sachet, simak jawabannya di bawah ini!

Tipe kopi apa yang aman untuk lambung?

Kafein berlebih bisa memicu naiknya produksi asam lambung. Untuk mengurangi risiko tersebut, pilihlah kopi instan yang menggunakan kopi jenis arabika. Kafein dalam kopi jenis arabika rata-rata setengah dari kafein di robusta. 

Baca juga rekomendasi kopi lainnya di sini

Selain kapucino instan, masih banyak kopi lain yang patut Anda coba. Kami memiliki sejumlah artikel yang membahas kopi dari berbagai merek, seperti ABC, Nescafe, Torabika, dan Good Day. Bukalah tautan di bawah ini untuk menemukan tips memilih dan rekomendasi produk kopi terbaik lainnya!

Kesimpulan

Sekian pembahasan kami tentang cappuccino sachet. Apakah Anda sudah mendapatkan produk yang Anda inginkan?


Cappuccino merupakan varian kopi yang banyak dipesan oleh orang-orang yang mengunjungi kafe. Kini sudah banyak brand yang menyediakan kapucino saset sehingga lebih praktis. Sebelum membelinya, pastikan Anda telah mempertimbangkan komposisi, saran penyajian, serta mereknya. Semoga artikel ini membantu Anda menemukan produk yang paling sesuai keinginan. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mineral water atau air mineral sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Air mineral memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, antara lain membantu menghidrasi tubuh dan menjaga kesehatan tulang. Selain itu, mineral water dapat membantu mengatur sistem tubuh, seperti tekanan darah serta fungsi otot dan saraf.Kali ini kami akan merekomendasikan produk mineral water dari berbagai merek terbaik, antara lain AQUA, Le Minerale, dan Pristine86+. Namun pertama-tama, simak dahulu cara memilih air mineral yang bagus untuk kesehatan. Temukanlah produk air mineral terbaik untuk mendukung berbagai aktivitas harian Anda.
    Minuman instan
  • 10 Rekomendasi Minuman Berenergi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Minuman Berenergi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat kesibukan datang tak kunjung henti, minuman berenergi dapat menjadi andalan untuk menambah stamina dan pemulihan dari rasa lelah. Minuman berenergi bisa dikonsumsi agar stamina lebih tahan lama dan kebugaran tubuh terjaga. Di pasaran, Anda akan menjumpai berbagai merek minuman berenergi, seperti Hemaviton, Kuku Bima, Kratingdaeng, dan Red Bull.Untuk itu, kami akan membahas mengenai minuman berenergi supaya Anda tak salah pilih. Kami juga akan mengulas beberapa produk untuk membantu Anda memilih energy drink yang bagus dan cocok dengan kondisi tubuh. Selamat membaca!
    Minuman instan
  • 10 Kopi Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kopi Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kopi instan merupakan salah satu cara termudah untuk menikmati kopi yang enak. Tidak hanya kopi panas, ada kopi instan yang bisa disajikan sebagai es kopi, kopi susu, atau kopi rendah kafein. Sekarang, di pasaran Anda akan menjumpai merek kopi yang aman untuk ibu hamil hingga merek kopi instan yang sehat. Nah, kami akan mengulas sepuluh kopi instan dari berbagai merek kenamaan, seperti NESCAFÉ dan Torabika. Agar Anda tidak bingung saat memilih, kami pun akan menjelaskan cara memilihnya. Di bagian akhir, ada cara menyajikan kopi supaya menjadi lebih nikmat juga, lho!
    Minuman instan
  • 10 Merk Matcha Powder Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Matcha Powder Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi penggemar minuman, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan matcha. Matcha adalah minuman teh hijau asal Jepang yang diolah sedemikian rupa sehingga terasa creamy dan enak. Tidak perlu jauh-jauh ke kafe untuk menikmati matcha karena Anda bisa membuatnya di rumah.Dari matcha powder, Anda bisa berkreasi dengan aneka kue, puding, dan minuman matcha. Bahkan, bubuk matcha juga bisa dibuat untuk masker wajah. Nah, kali ini kami akan mengulas matcha powder yang bagus dari berbagai merk, seperti Herbilogy, ITO EN, dan Otten. Yuk, baca dan dapatkan matcha powder terbaik Anda!
    Minuman instan
  • 10 Kopi Sachet Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kopi Sachet Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kopi sachet merupakan kopi instan yang praktis untuk dinikmati karena sudah dikemas untuk porsi individual. Ada banyak merk kopi sachet yang beredar di pasaran, seperti Kapal Api, Nescafe, Torabika, dan banyak lainnya. Rasanya pun sangat beragam dan menarik untuk dicoba satu per satu.Karena banyaknya produk kopi sachet, Anda mungkin jadi bingung memilih. Tidak perlu bingung lagi karena kami akan memberikan tips memilihnya untuk Anda. Jangan lupa juga untuk membaca berbagai rekomendasi merk kopi sachet yang bagus pilihan kami. Simak terus artikel ini dan temukan kopi sachet yang pas untuk Anda.
    Minuman instan
  • 10 Rekomendasi Minuman Coklat Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Minuman Coklat Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Minuman cokelat instan atau yang dalam kondisi panas sering disebut sebagai hot chocolate, populer dinikmati anak-anak hingga orang dewasa. Produsen makanan dan minuman seperti Starbucks, Van Houten, Cadbury, hingga Chocolatos berlomba meracik minuman cokelat terlezat. Jadi, manakah yang paling sesuai dengan selera Anda?Dalam artikel ini, kami akan merekomendasikan sepuluh merek cokelat instan terbaik beserta tips cara memilihnya. Tak hanya dinikmati karena rasa dan aroma, minuman cokelat juga bermanfaat menyehatkan badan. Mari nikmati secangkir lezat cokelat panas atau dingin pilihan Anda!
    Minuman instan
  • 10 Rekomendasi Sari Lemon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sari Lemon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Selain dikonsumsi sebagai minuman, sari lemon umumnya digunakan untuk menambah cita rasa pada berbagai makanan. Ada banyak produsen sari lemon yang terkenal di pasaran, seperti Lakewood, Aqiilah, dan Lemoniq. Tipe dan rasa produk ini pun tersedia dalam berbagai pilihan. Namun, produk manakah yang paling baik untuk dikonsumsi?Untuk membantu Anda menemukan sari lemon terbaik, kami akan memperkenalkan sepuluh produk sari lemon yang dapat Anda pertimbangkan. Tidak lupa, kami juga akan menjelaskan beberapa poin dalam memilih sari lemon sebagai panduan untuk Anda. Yuk, simak informasi selengkapnya!
    Minuman instan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori