1. TOP
  2. >
  3. Travelling
  4. >
  5. Rekreasi
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Wisata Alam Terbaik di Bandung (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Wisata Alam Terbaik di Bandung (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Wisata Alam Terbaik di Bandung (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Wisata Alam Terbaik di Bandung (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Wisata Alam Terbaik di Bandung (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Wisata Alam Terbaik di Bandung (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Wisata Alam Terbaik di Bandung (Terbaru Tahun 2023)

Bandung, atau yang dijuluki Kota Kembang, memang memiliki beragam pesona wisata alam. Tebing Keraton, Ranca Upas, dan Kawah Putih adalah tempat wisata alam di Bandung yang sedang hits. Tempat-tempat tersebut menyajikan pemandangan alam menakjubkan yang menyegarkan hati dan pikiran.


Jika Anda sedang mencari informasi wisata alam yang bagus di Bandung, silakan baca artikel ini sampai habis. Kami akan mengupas banyak hal tentang wisata alam di Bandung. Mulai dari wisata alam Bandung untuk anak sampai wisata alam Bandung terbaru, semua bisa Anda temukan di sini. Selamat membaca!

Diperbaharui 12-15-2022
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan popularitasnya di situs Traveloka. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Cara memilih wisata alam di Bandung

Sebelum melihat rekomendasi wisata alam di Bandung yang telah kami siapkan, ada baiknya Anda memperhatikan cara memilih berikut ini. Cara memilih ini kami susun agar Anda bisa merasa aman dan nyaman saat berwisata. Jadi, silakan dibaca dengan saksama.

① Pilihlah jenis wisata alam yang Anda minati

Bandung menyajikan banyak ragam wisata alam yang sangat memukau. Untuk itu, mari kenali satu per satu jenis wisata alam yang ada di Bandung. 

Gunung atau bukit, menyajikan pemandangan alam luas yang menakjubkan

Gunung atau bukit, menyajikan pemandangan alam luas yang menakjubkan

Secara geografis, Bandung dikelilingi oleh pegunungan. Jadi, jangan heran jika jenis wisata alam berupa gunung atau bukit banyak Anda jumpai di Bandung. Berikut ini beberapa wisata alam yang akan Anda temui di Bandung.


  • Gunung Tangkuban Perahu

Salah satu wisata gunung di Bandung yang tak lekang oleh waktu adalah Gunung Tangkuban Perahu. Gunung ini terkenal karena cerita legenda yang menyertainya, yakni legenda Sangkuriang. Dikisahkan bahwa Gunung Tangkuban Perahu berasal dari perahu terbalik yang ditendang oleh Sangkuriang. 


  • Bukit Moko dan Bukit Teletubbies

Selain Gunung Tangkuban Perahu, wisata alam lain yang bisa Anda temui adalah Bukit Moko dan Bukit Teletubbies. Dari atas bukit Anda bisa menikmati pemandangan kota atau lembah yang menakjubkan. Namun, untuk mencapainya, tak jarang Anda diharuskan tracking dan mendaki. Siapkan stamina Anda, ya.

Situ, menyajikan pemandangan yang asri dan lebih mudah dicapai

Situ, menyajikan pemandangan yang asri dan lebih mudah dicapai

Situ merupakan bahasa Sunda yang artinya danau atau telaga. Salah satu situ yang paling terkenal di Bandung adalah Situ Patenggang. Kata Patenggang atau Patengan sendiri diambil dari bahasa Sunda, pateang-teangan yang artinya saling mencari. 


Kata ini menggambarkan kisah Ki Santang dan Dewi Rengganis yang terus saling mencari. Suatu ketika, keduanya bertemu di Batu Cinta. Dewi Rengganis minta dibuatkan danau dan perahu untuk berlayar berdua.


Danau inilah yang dikenal sebagai Situ Patenggang dan perahunya adalah Pulau Asmara. Konon, jika ada pasangan yang singgah di Batu Cinta dan mengelilingi Pulau Asmara, cintanya akan abadi. 


Terlepas dari cerita tersebut, Situ Patenggang memiliki pemandangan alam yang sangat asri. Aksesnya pun terbilang mudah. Ditambah lagi, Bandung juga memiliki wisata Situ Cileunca, Situ Lembang, Situ Ciburuy, dan lain-lain. Semuanya memiliki pemandangan alam menakjubkan dengan akses yang mudah. 

Taman atau hutan, hilangkan kepenatan Anda

Taman atau hutan, hilangkan kepenatan Anda

Warna hijau dikenal dapat memberikan efek relaksasi bagi siapa pun yang melihatnya. Jadi, jangan heran bila penat Anda bisa hilang dalam sekejap ketika Anda bermain di taman atau hutan. Taman atau hutan adalah tempat wisata alam yang paling banyak didominasi oleh warna hijau pepohonan. 


Berbicara soal taman dan hutan, Bandung juga memiliki wisata alam taman dan hutan untuk para wisatawannya. Baik taman atau hutan yang masih alami hingga yang sudah dipugar, semuanya bisa Anda temukan di Bandung. 


Taman atau hutan yang sudah dipugar biasanya memiliki akses jalan yang baik, fasilitas lengkap, dan medan yang cenderung aman. Contohnya adalah Grafika Cikole, Orchid Forest Lembang, dan Hutan Pinus Dago Dream Park.

② Ketahui lokasi wisata alam yang ingin Anda kunjungi

Hal kedua yang perlu Anda perhatikan saat akan menyambangi wisata alam adalah lokasinya. Berbeda dengan wisata kota, wisata alam biasanya harus melalui jalan berliku dan waktu tempuh yang panjang. Untuk memudahkan Anda, kami sudah membagi wisata alam Bandung berdasarkan lokasinya. Keep reading!

Bandung Barat, terkenal dengan kawasan Lembang yang sejuk

Bandung Barat, terkenal dengan kawasan Lembang yang sejuk

Kawasan di Bandung Barat yang terkenal sebagai lokasi wisata alam adalah Lembang. Lembang dikenal sebagai "puncaknya" Bandung yang menawarkan udara yang sangat sejuk. Namun, kemacetan di daerah Lembang merupakan sesuatu yang amat lumrah, khususnya pada hari libur.


Jika Anda ingin mengunjungi wisata alam di daerah Lembang, siapkanlah spare waktu. Bukan karena jaraknya yang jauh, tetapi karena kemungkinan banyak titik-titik kemacetan. Terlebih lagi, jika ingin mengunjungi Tebing Keraton yang merupakan tempat favorit melihat sunrise, Anda harus benar-benar memperhitungkan waktunya.

Bandung Selatan, didominasi situ dan taman

Bandung Selatan, didominasi situ dan taman

Wisata alam di kawasan Bandung Selatan banyak didominasi oleh situ dan taman. Situ Patenggang, Situ Cileunca, Ranca Upas, Perkebunan Teh Cukul adalah beberapa destinasi yang bisa Anda jumpai di kawasan ini


Di sisi lain, Bandung Selatan juga menawarkan pemandangan eksotis Kawah Putih Ciwidey. Saking eksotisnya pemandangan di sini, banyak pasangan yang memanfaatkan tempat ini sebagai lokasi pre-wedding. 

Bandung Timur, benar-benar membawa Anda kembali ke alam

Bandung Timur, benar-benar membawa Anda kembali ke alam

Bagi Anda yang mencari wisata alam yang unik dan berbeda, daerah Bandung Timur patut Anda pilih. Banyak wisata alam di Bandung Timur yang menghadirkan suasana alami dan menantang. Beberapa contohnya adalah Curug Baru Templek, Curug Cinulang, dan Bukit Teletubbies Cicalengka. 


Wisata-wisata alam tersebut menawarkan kegiatan menuruni curug dengan tali, hiking, sampai berkemah. Konsep back to nature benar-benar bisa Anda rasakan di daerah ini. 

③ Perhatikan fasilitas yang bisa Anda temukan

Setelah mengetahui lokasinya, penting bagi Anda untuk mengetahui fasilitas yang tersedia di lokasi wisata. Fasilitas apa saja yang patut Anda perhatikan? Simak informasinya di bawah ini.

Toilet, fasilitas standar untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia

Toilet, fasilitas standar untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia

Toilet adalah salah satu fasilitas paling dasar yang sebaiknya dimiliki tempat wisata. Toilet yang layak dengan sanitasi dan bangunan yang baik penting untuk memfasilitasi kebutuhan para pengunjung. Jadi, para pengunjung dapat berlama-lama di suatu tempat wisata tanpa perlu menahan buang air kecil atau buang air besar. 

Tempat makan, memastikan Anda bisa mengisi tenaga kembali setelah beraktivitas

Tempat makan, memastikan Anda bisa mengisi tenaga kembali setelah beraktivitas

Kebutuhan dasar lain manusia adalah makan. Tersedianya tempat makan di suatu wisata alam menjadi poin plus tersendiri. Hal ini khususnya bagi tempat wisata alam yang letaknya jauh dari keramaian. 


Namun, sebaiknya Anda tidak membayangkan tempat makan di tempat-tempat ini serupa dengan restoran. Tempat makan yang tersedia di area wisata alam mungkin saja hanya berupa warung makan yang menjual makanan sederhana.

10 Rekomendasi wisata alam terbaik di Bandung

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh wisata alam terbaik di Bandung yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Rekomendasi ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pengguna. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di situs Traveloka.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Gunung Putri Lembang

 Gunung Putri Lembang 1枚目

Nikmati keindahan sunrise yang membuat Anda terkesima!

2

Taman Lembah Dewata

 Taman Lembah Dewata 1枚目

Nikmati suasana Bali di Kota Bandung

3

Kawah Putih

 Kawah Putih 1枚目

Destinasi wisata alam Instagrammable dengan pemandangan tak biasa

4

Ranca Upas

 Ranca Upas 1枚目

One stop destination untuk liburan Anda

5

Taman Rekreasi Air Panas Alam Sari Ater

 Taman Rekreasi Air Panas Alam Sari Ater 1枚目

Relaksasi diri di pemandian air panas

6

Kampung Batu Ecopark

 Kampung Batu Ecopark 1枚目

Tempat wisata eksotis bekas area penambangan batu

7

Taman Wisata Alam Tangkuban Perahu

 Taman Wisata Alam Tangkuban Perahu 1枚目

Lihat keindahan salah satu gunung purba di Indonesia

8

Kawah Cibuni Rengganis

 Kawah Cibuni Rengganis 1枚目

Berendam air panas di tengah alam nan asri

9

Viva Wisata

Stone Garden Citatah Dan Goa Pawon

Viva Wisata Stone Garden Citatah Dan Goa Pawon 1枚目

Wisata alam untuk para petualang

10

Viva Wisata

Wisata Tebing Keraton Dan Mengunjungi Taman Hutan Raya

Viva Wisata Wisata Tebing Keraton Dan Mengunjungi Taman Hutan Raya 1枚目

Lihat hijaunya Kota Bandung dari ketinggian

Perincian produk
Close
No.1

Nikmati keindahan sunrise yang membuat Anda terkesima!

Kelebihan:

  • Tersedia warung makan dan toilet di dekat area parkir kendaraan
  • Jalur pendakian cukup mudah dengan waktu tempuh sekitar 30 menit

Kekurangan:

  • Kebersihan toilet masih perlu ditingkatkan menurut sebagian pengunjung

Panorama matahari terbit pada pagi hari kerap menjadi pemandangan yang diburu. Beberapa orang mungkin ingin menikmati suasananya, sedangkan beberapa orang lainnya ingin mengambil fotonya. Apa pun tujuan Anda, panorama matahari terbit yang terlihat dari Gunung Putri Lembang ini siap membuat Anda terkesima.


Untuk perjalanan ke Gunung Putri Lembang ini biasanya tersedia dalam bentuk paket. Jadi, setelah dari Gunung Putri Lembang, Anda juga bisa menyambangi Gracia Spa Resort, Orchid Forest, dan Kopi Luwak Cikole. 

No.2

Taman Lembah Dewata

Mulai dari Rp20.000,00

Nikmati suasana Bali di Kota Bandung

Kelebihan:

  • Tidak jauh dari pusat kota, hanya sekitar 45 menit saja

Kekurangan:

  • Tidak boleh membawa makanan dari luar, dikenakan denda Rp300.000 jika ditemukan membawa makanan menurut beberapa konsumen

Bagi Anda yang senang berfoto di berbagai tempat menarik, Taman Lembah Dewata bisa dijadikan alternatif. Pasalnya, di tempat ini banyak terdapat spot foto yang fotogenik. Jadi, Anda bisa mengabadikan momen kebersamaan saat mengunjungi tempat ini bersama keluarga. Selain itu, ornamen dan nuansa khas Bali yang dihadirkan membuat Anda serasa sedang berlibur di Bali. 

No.3

Kawah Putih

Mulai dari Rp28.000,00

Destinasi wisata alam Instagrammable dengan pemandangan tak biasa

Kelebihan:

  • Banyak spot foto menarik
  • Tiket bisa di-refund dan di-reschedule
  • Lahan parkir cukup luas

Kekurangan:

  • Jarak dari pintu gerbang menuju kawah lumayan jauh

Kawah Putih adalah salah satu destinasi favorit wisatawan saat berlibur ke Bandung. Wisata alam ini menyajikan pemandangan tak biasa dengan kabut, pepohonan gersang, dan danau berwarna putih kehijauan. Sangat eksotis! 


Tak jarang tempat ini digunakan untuk pre-wedding karena visual yang dimilikinya. Hampir setiap spot di kawasan Wana Wisata Kawah Putih ini bisa dijadikan tempat berfoto. Bagi Anda yang mencari wisata alam Instagrammable, tempat ini layak dijadikan pilihan. 

No.4

One stop destination untuk liburan Anda

Kelebihan:

  • Memiliki camping ground yang sangat luas dan hijau
  • Tersedia kolam renang air hangat dengan sumber panas alami
  • Jalan menuju ke lokasi sudah beraspal

Kekurangan:

  • Untuk bisa menikmati berbagai fasilitas yang tersedia perlu menyiapkan budget tersendiri

Ranca Upas merupakan area wisata alam yang memungkinkan Anda untuk camping ataupun glamping. Kawasan hutan lindung dengan luas 215 ha ini menyajikan pepohonan langka dan berbagai jenis satwa.


Selain camping dan glamping, banyak hal lain yang bisa Anda nikmati di sini. Ada penangkaran rusa, area outbond, kolam pemandian air panas, hingga waterboom. Benar-benar one stop destination untuk liburan Anda!

No.5

Taman Rekreasi Air Panas Alam Sari Ater

Mulai dari Rp40.000,00

Relaksasi diri di pemandian air panas

Kelebihan:

  • Berdekatan dengan perkebunan teh dan hutan pinus yang memanjakan mata

Kekurangan:

  • Pemandian air panas hanya buka sampai pukul 22.00 WIB

Tempat wisata yang satu ini layak dipertimbangkan sebagai salah satu sarana untuk melepaskan penat setelah seminggu bekerja. Sari Ater merupakan pemandian air panas alami terbesar di Jawa Barat dan lokasinya tidak jauh dari Tangkuban Perahu. 


Menariknya, di tempat ini terdapat tiga macam kolam dengan suhu yang berbeda sehingga lebih mudah disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Terlebih lagi, di sekitar tempat wisata terdapat perkebunan teh dan hutan pinus yang menambah nuansa alami tempat ini.

No.6

Kampung Batu Ecopark

Mulai dari Rp10.000,00

Tempat wisata eksotis bekas area penambangan batu

Kelebihan:

  • Boleh membawa makanan dan minuman dari luar
  • Banyak wahana dan aktivitas yang bisa dicoba oleh anak Anda

Kekurangan:

  • Jam tutupnya relatif singkat, hanya sampai pukul 16.00 WIB

Saat berkunjung ke Bandung, sebaiknya Anda juga menyempatkan waktu ke Kampung Batu Ecopark atau Kampung Batu Malakasari. Di tempat ini, anak Anda bisa bereksplorasi dengan berbagai wahana yang ditawarkan. Mulai dari wahana flying fox hingga aktivitas memberi makan kelinci, semuanya menarik untuk dicoba. Selain sebagai tempat wisata, tempat ini juga sering digunakan untuk foto pre-wedding, lho!

No.7

Taman Wisata Alam Tangkuban Perahu

Mulai dari Rp750.000,00

Lihat keindahan salah satu gunung purba di Indonesia

Kelebihan:

  • Akses menuju lokasi wisata ini sangat mudah
  • Area parkir dekat dengan kawah utama

Kekurangan:

  • Penjual makanan dan oleh-oleh kurang tertata rapi
  • Aroma belerang cukup menyengat

Gunung Tangkuban Perahu yang banyak dikenal masyarakat karena legenda Sangkuriang, nyatanya adalah sisa dari gunung purba. Gunung Tangkuban Perahu ini memiliki beberapa kawah yang menjadi daya tariknya. Anda bisa berswafoto dengan pemandangan kawah-kawah tersebut. 


Di sisi lain, Taman Wisata Alam Tangkuban Perahu ini juga memiliki fasilitas outbound. Jadi, selain melihat kawah-kawah Gunung Tangkuban Perahu, Anda bisa mencoba 33 permainan outbound yang tersedia. Pasti seru!

No.8

Berendam air panas di tengah alam nan asri

Kelebihan:

  • Bisa langsung memberi makan rusa yang ada di dalam area wisata
  • Tersedia pick up service
  • Pembatalan tidak dikenakan biaya 

Kekurangan:

  • Biaya makan siang tidak ditanggung

Kawah Cibuni Rengganis dijamin menyajikan pengalaman berbeda untuk Anda. Anda bisa merelaksasikan tubuh di dalam kolam air panas alami sembari menikmati pemandangan hijau pepohonan. Jika tidak mau berendam, Anda bisa bersantai sambil berswafoto dengan latar pemandangan yang menyejukkan mata.


Suasananya yang asri dan tenang akan membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini. Apalagi, jika Anda mengambil paket tur Traveloka, harganya sudah termasuk biaya tiket masuk ke Glamping Lakeside Rancabali. Penawaran yang menarik!

No.9

Viva WisataStone Garden Citatah Dan Goa Pawon

Mulai dari Rp291.500,00

Wisata alam untuk para petualang

Kelebihan:

  • Berbagai batuan yang ada cocok dijadikan latar belakang foto yang Instagrammable
  • Spot yang pas untuk melihat sunrise dan sunset

Kekurangan:

  • Perlu membeli tiket terpisah jika ingin memasuki Goa Pawon

Wisata alam yang diresmikan pada 2014 ini cukup menarik perhatian para wisatawan. Bebatuan alami berukuran besar dan kecil tersusun sedemikian rupa dan menyajikan pemandangan tak biasa. Menurut para arkeolog, batu-batu yang ada di tempat ini sudah ada sejak puluhan juta tahun yang lalu. 


Selain menikmati hamparan bebatuan yang estetik ini, Anda juga bisa menyambangi Goa Pawon. Gua ini merupakan tempat ditemukannya fosil berusia 9.500 tahun. Bagi Anda yang senang bertualang, wisata alam ini bisa Anda coba.

No.10

Viva WisataWisata Tebing Keraton Dan Mengunjungi Taman Hutan Raya

Mulai dari Rp379.500,00

Lihat hijaunya Kota Bandung dari ketinggian

Kelebihan:

  • Memiliki banyak spot foto yang eksotis dan memanjakan mata
  • Cocok dijadikan trek jalan kaki atau bersepeda
  • Tempat yang pas untuk melakukan bird-watching

Kekurangan:

  • Lokasi wisata cukup jauh dari area parkir mobil
  • Medan licin saat basah

Tebing Keraton merupakan salah satu puncak yang berada di kawasan hutan lindung Ir. H. Juanda. Tempat wisata ini kian terkenal karena banyaknya wisatawan yang mem-post fotonya di media sosial. Pemandangan yang bisa Anda lihat dari Tebing Keraton memang sangat apik. Hijaunya Kota Bandung pun terlihat sangat jelas dari tempat ini.


Namun, kendaraan roda empat tidak diperkenankan masuk ke tempat ini. Anda harus memarkir kendaraan Anda di Dago Warung Bandrek yang lokasinya sekitar 1,5 kilometer dari Tebing Keraton. Setelah itu, Anda bisa memilih berjalan kaki atau menaiki ojek untuk mencapai lokasi wisata.

Sesuaikan outfit Anda dengan wisata alam yang dikunjungi

Sesuaikan outfit Anda dengan wisata alam yang dikunjungi

Demi kenyamanan Anda, gunakanlah outfit yang tepat sesuai dengan tempat tujuan wisata alam.


  • Pilih outfit yang nyaman dan memungkinkan Anda bergerak dengan bebas, seperti celana. Hindari menggunakan rok atau dress. Outfit seperti itu bisa jadi hanya menyulitkan pergerakan Anda. 

  • Saat Anda bepergian ke gunung atau bukit, pastikan Anda menggunakan jaket atau sweater. Gunung atau bukit memiliki suhu yang rendah. Jika hanya menggunakan kaus, Anda bisa kedinginan dan jatuh sakit.

  • Apabila Anda bermain ke curug atau situ, sebaiknya siapkan baju ganti. Pasalnya, Anda mungkin akan bermain air di tempat tersebut. 

  • Kami menyarankan Anda untuk menggunakan sneakers saat bepergian ke wisata alam. Selain nyaman, sneakers juga akan melindungi kaki Anda agar tidak tertusuk ranting atau tersandung batu. 

Baca juga rekomendasi tempat wisata lainnya di sini

Selain Kota Bandung, beberapa kota lainnya, seperti Jakarta, Yogyakarta, dan Bali juga memiliki tempat wisata yang menarik. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai hal tersebut, silakan klik tautan di bawah ini. 

Kesimpulan

Berwisata di alam terbuka adalah hal yang sangat menyenangkan. Anda bisa menikmati pemandangan dan suasana yang berbeda dengan keseharian Anda, terlebih bagi Anda yang bekerja kantoran.


Namun, sebelum memilih tempat wisata alam yang ingin Anda tuju, sebaiknya perhatikan cara memilih yang kami ulas di atas. Dengan demikian, Anda dapat berwisata dengan lebih nyaman. Selamat bersenang-senang dan menikmati indahnya alam!

5 Rekomendasi Wisata Alam di Bandung terbaik

No. 1Gunung Putri Lembang

No. 2Taman Lembah Dewata

No. 3Kawah Putih

No. 4Ranca Upas

No. 5Taman Rekreasi Air Panas Alam Sari Ater

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer