• 10 Obat Panas Dalam - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Obat Panas Dalam - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Obat Panas Dalam - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Obat Panas Dalam - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Obat Panas Dalam - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Obat Panas Dalam - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)

Mengalami panas dalam di tengah pandemi COVID-19 seperti ini tentu membuat orang jadi was-was. Tenang saja, jika Anda atau anak Anda mengalami panas dalam, sediakan obatnya di rumah. Kami akan membahas cara memilih obat panas dalam yang bagus dan mujarab. Anda bisa menemukannya dengan mudah di marketplace atau apotek.


Jenis produknya pun bermacam-macam, ada vitamin, madu, hingga tablet effervescent. Kami akan merekomendasikan obat panas dalam dari merek terbaik, misalnya Adem Sari dan Larutan Penyegar Cap Kaki Tiga. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr. Prima Dimalouw. Yuk, disimak!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Prima Dimalouw
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 08 Agustus 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter umum, dr. Prima Prakasa Dimalouw

Profil pakar: Dokter umum, dr. Prima Prakasa Dimalouw
dr. Prima Dimalouw
Dokter umum
dr. Prima Dimalouw

dr. Prima adalah dokter umum lulusan Universitas Gadjah Mada 2015. Pria yang lulus dengan predikat Cum Laude ini telah berpraktik selama 6 tahun. Beliau memiliki pengalaman kerja di berbagai klinik dan rumah sakit di kota Manokwari, Papua Barat.

Saat ini, dr. Prima mengabdi sebagai dokter di garis depan dalam penanganan COVID-19. Beliau sedang mengabdi di RS Darurat Covid-19, RSUD Provinsi Papua Barat.

Apa itu panas dalam?

Apa itu panas dalam?

Panas dalam sebenarnya bukan istilah medis. Kondisi ini bisa dikategorikan sebagai kumpulan gejala di area rongga mulut, orofaring (tenggorokan atas), hingga esofagus (kerongkongan). Penyebabnya bervariasi, dari gejala infeksi virus atau bakteri, kekurangan vitamin tertentu, alergi, paparan iritan, hingga refluks asam lambung.


Tergantung penyebabnya, gejala-gejala tersebut bisa langsung hilang sendiri atau menjadi bagian dari gejala awal suatu penyakit. Panas dalam bisa juga menjadi bagian dari gejala kronik suatu penyakit.


Masyarakat memahami sakit panas dalam sebagai perasaan kurang enak di area tenggorokan. Tak hanya dari virus, panas dalam sering diakibatkan karena terlalu banyak makan gorengan atau minuman manis. Panas dalam akibat asam lambung juga sering terjadi di kalangan orang dewasa.


Ciri khas utamanya tentu saja rasa tidak enak di tenggorokan, meliputi gatal, kering, atau sakit saat menelan. Selain itu, panas dalam sering hadir bersamaan dengan sariawan, bibir pecah-pecah, amandel memerah, radang tenggorokan, hingga demam ringan.


Untuk mengatasinya, Anda harus banyak minum air putih dan beristirahat yang cukup. Anda bisa juga mengkonsumsi obat panas dalam agar lebih cepat pulih.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih obat panas dalam

Berikut beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan saat ingin membeli obat panas dalam. Perhatikanlah jenis obat, keamanan untuk anak-anak, hingga dosis konsumsinya.

Pilih sesuai jenis obat yang Anda suka

Ada bermacam jenis obat panas dalam yang bisa dipilih, misalnya obat herbal Tiongkok, minuman penyegar, atau tablet effervescent. Bentuk obatnya pun ada yang tablet, cairan, kapsul, hingga tanaman herbal kering yang harus diseduh.

Minuman penyegar: Solusi praktis menyegarkan panas seketika

Salah satu obat panas dalam yang paling mujarab, ampuh, dan mudah ditemukan di minimarket atau apotek adalah larutan penyegar. Fungsinya simpel, yakni memberi penyegaran. Ada dua merek minuman penyegar yang terkenal, yakni Cap Kaki Tiga dan Cap Badak.


Keunggulan dari minuman penyegar adalah praktis dan efeknya bisa langsung Anda rasakan seketika. Produknya efektif untuk panas dalam yang disebabkan paparan iritan dan suhu tinggi karena konsumsi makanan tertentu. Selain itu, varian rasanya tergolong banyak sehingga pasti lebih disukai berbagai kalangan.

Obat tradisional Tiongkok: Resep turun-temurun yang ampuh mengobati panas dalam

Obat tradisional Tiongkok: Resep turun-temurun yang ampuh mengobati panas dalam

Ada banyak tanaman herbal, buah, dan bahan alami lainnya yang bisa dijadikan obat. Obat tradisional Tiongkok atau yang sering dijuluki sebagai obat herbal Cina menjadi salah satu kiblatnya.


Teh herbal memang banyak membantu untuk mencegah gejala ISPA (infeksi saluran pernapasan akut) dan mengurangi efeknya. Ditambah istirahat yang cukup, produknya mampu mencegah Anda jatuh sakit.


Contoh bahan herbal yang sering dijadikan obat panas dalam adalah buah lo han kuo dan liang tea. Anda tinggal menyeduhnya dengan air panas secukupnya. Selain berkhasiat, tentunya obat-obatan ini lebih aman dikonsumsi.

Bubuk atau tablet effervescent: Sensasi sparkling-nya melegakan tenggorokan

Bubuk atau tablet effervescent: Sensasi sparkling-nya melegakan tenggorokan

Obat panas dalam bubuk atau tablet effervescent akan bereaksi jika dicampurkan dengan air. Gelembung-gelembung soda yang dihasilkan akan memberikan sensasi sparkling di tenggorokan. 


Mirip seperti minuman penyegar tenggorokan, obat ini juga mengandung banyak mineral yang bagus untuk tubuh. Tujuannya pun sama, mengurangi gejala karena paparan iritan. Adem Sari dan Jesscool adalah contoh terbaik dari obat ini.

Sesuaikan dengan usia pemakainya

Sesuaikan dengan usia pemakainya

Anda harus ekstra berhati-hati saat memilih obat untuk anak-anak, khususnya balita. Untuk anak, pilihlah obat yang memang dikhususkan bagi anak-anak atau tertera informasi bahwa aman untuk segala usia.


Sebaiknya, Anda juga tidak memberikan obat panas dalam pada bayi. Obat panas dalam terbaik untuk bayi adalah ASI, MPASI berkuah, dan istirahat yang cukup. Sementara itu, orang dewasa bisa lebih bebas memilih obat panas dalam yang disukai.


Sebagaimana jenis obat apa pun, jangan lupa baca petunjuk sebelum memberi obat panas dalam pada anak. Jika Anda ragu, tanyakanlah ke dokter.

Perhatikan kemasan dan dosis penggunaannya

Perhatikan kemasan dan dosis penggunaannya

Seperti yang sudah disebutkan, panas dalam bisa jadi gejala awal dari infeksi bakteri, virus, atau penyakit lainnya. Sebab itu, Anda sebaiknya menyetok persediaan obatnya di rumah. Makin cepat diatasi akan lebih baik. Panas dalam juga terbilang mudah menyerang siapa saja sehingga lebih baik obatnya ada saat dibutuhkan.


Dosis penggunaan dan cara konsumsinya juga perlu Anda perhatikan. Ada obat yang hanya dikonsumsi saat tenggorokan terasa gatal saja. Namun, ada juga yang dikonsumsi 2–3 kali sehari hingga rasa sakitnya hilang. Saran dari kami, sesuaikan obatnya dengan kesibukan Anda. Jika Anda tidak punya banyak waktu, pilihlah obat yang tidak harus diminum secara rutin.


Panas dalam memiliki gejala yang luas mencakup beberapa penyakit. Alhasil, sangat dianjurkan untuk meminum obat lain seperti parasetamol jika muncul gejala tambahan, misalnya demam atau sakit kepala. Jika gejalanya bertambah dan tidak membaik dalam 3 hari, periksakan diri Anda ke dokter.

Cari tahu ulasan obat tersebut atau konsultasikan dengan dokter

Cari tahu ulasan obat tersebut atau konsultasikan dengan dokter

Meskipun terdengar sepele, tak ada salahnya untuk mengonsultasikan pemilihan obat dengan dokter Anda. Memiliki sumber yang kredibel atau tepercaya tentu akan makin bagus, bukan? Lagi pula, sekarang sudah tersedia layanan konsultasi dokter secara online.


Selain dari dokter, Anda juga bisa mencari informasi ulasan dari blog, YouTube, atau testimoni pengguna. Informasi yang harus Anda cermati saat melihat ulasan adalah khasiat, rasa, dan ada tidaknya efek samping.

10 Rekomendasi produk obat panas dalam terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk obat panas dalam terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Prima Dimalouw.

Sunflower PharmaceuticalJin Yin Hua Syrup

Mulai dari Rp 50.000,00

Jenis obatObat herbal (sirop)
KandunganLonicera japonica thunb, Caulis lonicerae japonicae
RasaTidak ada keterangan
Untuk usiaAnak-anak dan dewasa
Isi100 ml
Jenis obatObat herbal (seduh)
KandunganBuah lo han kuo
RasaBuah lo han kuo
Untuk usiaAnak-anak hingga Dewasa
Isi1 pcs
Jenis obatMinuman penyegar
KandunganGypsum fibrosum, Galcareous spar, Cornu antelopis
RasaJambu dan stroberi
Untuk usia> 6 tahun
Isi238 ml
Jenis obatObat herbal (kapsul)
KandunganHerba taraxaci, Herba androgra phitis
RasaTidak ada keterangan
Untuk usiaDewasa
Isi30 kapsul
Jenis obatTablet effervescent
KandunganThymus vulgaris herba extract, Citri aurantii pericarpium extract (bitter orange peel), Chicorii radix extract.
RasaJeruk nipis, lemon tea
Untuk usiaAnak-anak hingga dewasa
Isi1 tablet, 6 tablet
Jenis obatTablet dan granula
KandunganAkar manis, daun pegagan, daun saga, rumput laut, temulawak, daun saga, herba timi
RasaHerbal
Untuk usiaAnak-anak dan dewasa
Isi10 strip x 4 tablet, 10 stickpack
Jenis obatObat herbal (seduh)
KandunganTidak ada keterangan
RasaLiang teh
Untuk usiaAnak-anak dan dewasa
Isi100 g
Jenis obatMinuman penyegar
KandunganGypsum fibrosum, calcitum, air
RasaPlain, leci, jambu, jeruk, melon, markisa, anggur, jambu biji, jeruk nipis, stroberi
Untuk usiaAnak-anak hingga dewasa
Isi200 ml, 320 ml, 500 ml
Jenis obatMinuman penyegar (bubuk)
KandunganAlang-alang, cincau hijau, jeruk manis, vitamin C
RasaJeruk manis, jeruk nipis, sirsak
Untuk usiaAnak-anak dan dewasa
Isi6 saset x 7 g
Jenis obatMinuman penyegar (bubuk)
KandunganCitrus aurantifolia extract, Alyxia stellata ret. Cortex, Cinnamomum burmannii BI cortex extracts, vitamin C
RasaJeruk nipis
Untuk usiaAnak-anak hingga dewasa
Isi5 saset x 7 g, 24 saset x 7 g

Tabel perbandingan produk obat panas dalam terbaik

Gambar produk
Enesis Adem Sari 1

Enesis

Herbaleo Golden Lohankuo Super 1

Herbaleo

Konimex Jesscool 1

Konimex

Sido Muncul Alang Sari Plus  1

Sido Muncul

SCB Liang Teh Rebus Cap Gunung 1

SCB

Deltomed Kuldon 1

Deltomed

Xiamen Chuan Xin Lian 1

Xiamen

Sunflower Pharmaceutical Jin Yin Hua Syrup 1

Sunflower Pharmaceutical

Sinde Larutan Penyegar Cap Badak Kaleng Anak 1

Sinde

Kino Larutan Cap Kaki Tiga 1

Kino

Nama produk

Adem Sari

Golden Lohankuo Super

Jesscool

Alang Sari Plus

Liang Teh Rebus Cap Gunung

Kuldon

Chuan Xin Lian

Jin Yin Hua Syrup

Larutan Penyegar Cap Badak Kaleng Anak

Larutan Cap Kaki Tiga

Keunggulan

Siap menyegarkan tenggorokan Anda dengan seketika!

Minum teh versi lebih sehat untuk tenggorokan lebih nyaman

Extract thyme dan chicory root andalan untuk meredakan panas dalam

Minuman herbal untuk menghangatkan badan sekaligus immune booster

Tanaman herbal untuk meredakan sakit tenggorokan secara alami

Ramuan herbal yang bisa dimakan langsung tanpa perlu dilarutkan air

Masalah lambung teratasi, panas dalam juga menghilang

Sirup penghilang racun dalam tubuh

Pilih yang gambar badaknya lucu untuk anak-anak

Resep andalan sejak tahun 1937!

Harga mulai dariRp 14.500,00Rp 15.000,00Rp 11.900,00Rp 8.754,00Rp 20.000,00Rp 30.000,00Rp 25.000,00Rp 50.000,00Rp 4.600,00Rp 3.900,00
Jenis obatMinuman penyegar (bubuk)Obat herbal (seduh)Tablet effervescentMinuman penyegar (bubuk)Obat herbal (seduh)Tablet dan granulaObat herbal (kapsul)Obat herbal (sirop)Minuman penyegarMinuman penyegar
KandunganCitrus aurantifolia extract, Alyxia stellata ret. Cortex, Cinnamomum burmannii BI cortex extracts, vitamin CBuah lo han kuoThymus vulgaris herba extract, Citri aurantii pericarpium extract (bitter orange peel), Chicorii radix extract. Alang-alang, cincau hijau, jeruk manis, vitamin CTidak ada keteranganAkar manis, daun pegagan, daun saga, rumput laut, temulawak, daun saga, herba timiHerba taraxaci, Herba androgra phitisLonicera japonica thunb, Caulis lonicerae japonicaeGypsum fibrosum, Galcareous spar, Cornu antelopisGypsum fibrosum, calcitum, air
RasaJeruk nipisBuah lo han kuoJeruk nipis, lemon teaJeruk manis, jeruk nipis, sirsakLiang tehHerbalTidak ada keteranganTidak ada keteranganJambu dan stroberiPlain, leci, jambu, jeruk, melon, markisa, anggur, jambu biji, jeruk nipis, stroberi
Untuk usiaAnak-anak hingga dewasaAnak-anak hingga DewasaAnak-anak hingga dewasaAnak-anak dan dewasaAnak-anak dan dewasaAnak-anak dan dewasaDewasaAnak-anak dan dewasa> 6 tahunAnak-anak hingga dewasa
Isi5 saset x 7 g, 24 saset x 7 g1 pcs1 tablet, 6 tablet6 saset x 7 g100 g10 strip x 4 tablet, 10 stickpack30 kapsul100 ml238 ml200 ml, 320 ml, 500 ml
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar obat panas dalam

Pertanyaan umum seputar obat panas dalam

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar obat panas dalam. Jika Anda masih penasaran dengan suplemen obat panas dalam, simak jawabannya di bawah ini!

Bagaimana cara mencegah panas dalam?

Panas dalam bisa dicegah. Caranya adalah dengan menjaga pola hidup sehat. Pola hidup sehat terdiri dari mencukupi kebutuhan nutrisi harian, istirahat cukup, dan berolahraga. Dengan begitu, daya tahan tubuh dapat terjaga dan penyakit penyebab panas dalam pada umumnya bisa dicegah. Batasilah juga konsumsi makanan berminyak dan air dingin.

Apakah panas dalam perlu dibawa ke dokter?

Jangan ragu untuk konsultasi ke dokter jika panas dalam disertai dengan gejala penyakit lainnya atau tidak sembuh-sembuh. Contoh penyakit lainnya adalah demam tinggi, batuk-batuk berkepanjangan, mual, muntah, atau ada benjolan di leher. Panas dalam bisa timbul dari gejala berbagai penyakit. Jika dalam 3 hari tidak ada perubahan, Anda disarankan untuk pergi ke dokter.

Baca juga rekomendasi obat-obatan lainnya di sini

Obat-obatan selain obat panas dalam perlu disiapkan di rumah. Hal ini karena panas dalam dapat menjadi gejala penyakit lain. Anda juga bisa menyediakan obat flu, obat sakit kepala, dan obat sariawan. Simak rekomendasi produknya dari kami di link berikut!

Kesimpulan

Kami sudah memberikan ulasan sepuluh produk obat panas dalam terbaik untuk Anda. Semoga ada merek obat yang Anda percayai untuk mengatasi masalah panas dalam Anda sekeluarga.


Saat memilih obat panas dalam, perhatikan jenis obat yang paling mudah dikonsumsi dan ada tidaknya efek samping. Jangan lupa untuk menyesuaikan jenis obat dengan usia penderita, ya.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Obat Batuk untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Batuk untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)
    Saat buah hati mengalami batuk, tentu Anda akan segera mencari obat batuk terbaik untuk meredakan batuknya. Di pasaran sendiri, banyak varian obat batuk anak yang dapat Anda temui, seperti merek Anakonidin, OBH Combi, serta Hufagripp BP.Saat memilih obat batuk, Anda pastinya tidak ingin si kecil mengalami efek samping. Untuk itu, kami akan memberikan rekomendasi merk obat batuk anak yang bagus dan dapat diberi secara online. Anda juga tak perlu khawatir karena artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba. 
    Obat-obatan
  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Gatal (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Gatal (Terbaru Tahun 2022)
    Kondisi lingkungan saat musim kemarau menjadi kering dan berdebu sehingga dapat memicu mata gatal dan berair. Jika Anda mengalaminya, obat tetes mata untuk mata gatal bisa menjadi penyelamat. Selain kondisi lingkungan, ada bermacam-macam penyebab mata gatal. Oleh karena itu, produk obat tetes mata gatal juga beragam.Untuk memudahkan Anda, kami akan memberikan informasi cara memilih obat tetes mata yang bagus. Beberapa rekomendasi merek obat tetes mata gatal juga akan kami berikan. Misalnya saja, ada obat tetes mata merek Insto, Rohto, dan Braito. Untuk mendapatkan informasi selengkapnya, silakan baca artikel ini.
    Obat-obatan
  • 10 Obat Pilek untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Pilek untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)
    Anak-anak bisa lebih sering mengalami pilek. Pilek biasanya menjadi alasan utama anak berobat ke dokter atau tidak masuk sekolah. Sebagai orang tua, penting sekali bagi Anda mengenali pilihan obat pilek untuk anak.Di pasaran tersedia berbagai merek obat pilek yang bagus, seperti Hufagripp dan Bodrexin. Supaya memudahkan Anda memilih obat pilek untuk anak, berikut ini kami berikan tips memilihnya. Simak sampai akhir karena kami juga akan memberikan rekomendasi obat pilek yang dapat Anda pilih. Selain itu, artikel ini juga sudah ditinjau oleh dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba.
    Obat-obatan
  • 10 Obat Sakit Perut - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Sakit Perut - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Obat sakit perut dikonsumsi untuk meredakan gangguan perut, seperti mules, nyeri, perut melilit, diare, dan sebagainya. Untuk mengatasinya, banyak masyarakat memilih membeli obat herbal atau obat sakit perut di apotek. Tidak hanya orang dewasa saja, banyak juga anak-anak yang membutuhkan obat sakit perut khusus anak.Anda tentu saja tidak boleh sembarangan memilih obat sakit perut. Bersama dengan dokter umum, Annisa, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih obat sakit perut yang bagus. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek obat sakit perut yang bagus, seperti Mylanta, Tay Pin San, dan Polysilane.
    Obat-obatan
  • 10 Obat Flu - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Flu - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda sedang mengalami bersin-bersin, hidung tersumbat, atau meriang? Jika ya, mungkin Anda sedang terkena flu. Anda perlu segera mengonsumsi obat flu yang bagus. Anda bisa menemukan beragam obat flu di pasaran. Ada jenis obat flu biasa, obat flu dan batuk, hingga obat flu yang tidak menyebabkan kantuk.Kami akan mengulas berbagai hal yang perlu diperhatikan ketika hendak membeli obat flu. Anda juga dapat menyimak rekomendasi obat flu, mulai dari produk dari merek Panadol, Bodrex, Procold, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba.
    Obat-obatan
  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah (Terbaru Tahun 2022)
    Pernahkah Anda merasa mata memerah, kering, serta penglihatan menjadi kabur? Munculnya gejala-gejala tersebut bisa jadi karena Anda mengalami mata lelah. Mata lelah bisa diakibatkan terlalu lama menatap layar televisi, komputer, atau smartphone. Untuk itu, gunakanlah obat tetes mata yang efektif mengatasi mata lelah.Namun, banyaknya obat tetes mata yang beredar di pasaran mungkin membuat Anda bingung saat memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih obat tetes mata untuk mata lelah yang bagus sekaligus merekomendasikan produk pilihan. Berbagai merek ternama, seperti Insto, Rohto, serta Cendo pun tak luput kami ulas.
    Obat-obatan
  • 8 Rekomendasi Lotion Calamine Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    8 Rekomendasi Lotion Calamine Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lotion calamine adalah obat oles yang bermanfaat untuk meredakan gatal dan biduran. Selain itu, calamine lotion juga ampuh mengatasi cacar air, scabies, hingga meringankan reaksi kulit terhadap racun tanaman. Karena memiliki banyak manfaat, lotion calamine tak hanya digunakan orang dewasa, bayi dan ibu hamil juga dapat memakainya.Namun, tentu tak sembarang lotion calamine bisa digunakan, ya. Supaya Anda tidak salah pilih, kami akan memberikan tips memilih lotion calamine terbaik. Delapan rekomendasi produk yang bagus dari berbagai merek, seperti Caladine, juga telah kami siapkan. Harganya pun bervariasi. Jadi, mari disimak!
    Obat-obatan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori